Jewish Encyclopedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jewish Encyclopedia adalah suatu ensiklopedia yang diterbitkan pertama kali di New York antara tahun 1901 dan 1906 oleh Funk and Wagnalls. Berisi lebih dari 15,000 artikle dalam 12 jilid mengenai sejarah dan keadaan Yudaisme sampai tahun 1901. Sekarang menjadi ranah publik.

French Jews of the Middle Ages. Dari Jewish Encyclopedia (1901-1906).

Jenny Mendelsohn, dari perpustakaan University of Toronto, dalam pengantar online untuk informasi utama mengenai Yahudi dan Yudaisme, menulis: "Meskipun diterbitkan pada awal tahun 1900-an, karya ini sangat dipandang penting karena mutu ilmiahnya. Banyak materi di dalamnya masih berharga untuk peneliti di bidang sejarah Yahudi."[1] Pada tahun 2003 rabbi Reform Joshua L. Segal mengambarkannya sebagai "suatu karya ilmiah Yahudi yang luar biasa" dan menambahkan, "Untuk peristiwa sebelum tahun 1900, dianggap memberikan informasi ilmiah melebihi ensiklopedia Yahudi yang lebih baru dalam bahasa Inggris."[2] Jewish Encyclopedia ditulis dalam bahasa Inggris, tetapi kebanyakan sumbernya adalah dari bahasa Jerman, karena merupakan bahasa ibu pakar "Wissenschaft" serta lingua franca dari pakar ilmiah secara umum pada masa itu. Sejumlah karya bukan dari bahasa Jerman biasanya adalah naskah yang lebih klasik, sebagian besar dalam bahasa Ibrani atau bahasa Arab. Sumber bahasa Inggris satu-satunya yang sering dikutip adalah terbitan Solomon Schechter dalam Jewish Quarterly Review. Pentingnya terbitan ensiklopedia ini dalam bahasa Inggris, dan bukan bahasa Jerman maupun bahasa Ibrani, dikemukakan oleh Harry Wolfson dalam tulisannya pada tahun 1926.

Penyunting dan pengarang Jewish Encyclopedia terbukti tepat dalam pilihan bahasa penerbitan mereka, karena dalam waktu 25 tahun, bahasa Inggris menjadi bahasa utama untuk pakar ilmiah Yahudi dan orang Yahudi di seluruh dunia. Wolfson mengatakan bahwa "jika sebuah Jewish Encyclopedia dalam bahasa modern direncanakan pertama kali saat ini [tahun 1926], maka pilihan pasti jatuh ke bahasa Inggris."

Versi Online[sunting | sunting sumber]

Naskah asli dapat dilihat di Jewish Encyclopedia website. Di sini dapat dilihat salinan gambar dari halaman asli (dalam format JPEG) maupun teks dalam format Unicode.

Jewish Encyclopedia dalam bahasa Rusia[sunting | sunting sumber]

Jewish Encyclopedia dipakai sebagai sumber utama bagi Jewish Encyclopedia dalam bahasa Rusia yang terdiri dari 16 jilid, terbitan Brockhaus and Efron di Saint Petersburg antara tahun 1906 dan 1913.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jenny Mendelsohn, Academic Guide to Jewish History: Encyclopedias and Biographies, University of Toronto Libraries. Last update: August 13, 2006. Accessed October 7, 2006.
  2. ^ Joshua L. Segal, Rabbi's Message: Nov. 2003 - Cheshvan 5764: A Jewish Reference Library at Betenu, Betenu, Volume 21, No. 4: Nov. 2003. Accessed online October 7, 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]