Portal:Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Halaman utama   Islam dari A sampai Z   Berita baru   Artikel baru   Topik Islam   Tidak mengerti?
Portal Islam

بوابة الإسلام
Basmalah.png
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Allah banner.PNG
Muhammad banner.PNG
Quran cover.jpg
Islam5zuilenknop.png
Syahadatain.png
Islamstromingenknop.png
Arabische Rijk.jpg
Allah Muhammad Al Qur'an Rukun Islam Rukun Iman Mazhab Sejarah
IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Islam


Islam (Arab: al-islām, الإسلام Tentang suara ini dengarkan : "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia,[1][2] menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen.[3] Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: الله, Allāh).[4] Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan"[5], atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah. Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"), yaitu "asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" - yang berarti "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah".
Selengkapnya tentang Islam...
IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Artikel pilihan


Musnad al-Kabir atau lebih dikenal sebagai Musnad Ahmad adalah salah satu dari Sembilan Kitab hadits yang dijadikan rujukan utama umat Islam kebanyakan, terutama dari golongan Ahlus Sunnah. Kitab ini disusun oleh Imam Ahmad bin Hanbal. Yaitu Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad Adz-Dzuhli asy-Syaibani (164 H - 241 H). Seorang Syaikhul Islam, al-Imam, al-Hafizh, al-Hujjah, Pemimpin Umat Islam pada masanya. Musnad ini terbagi menjadi beberapa musnad besar yang terdiri dari beberapa musnad sahabat atau hadits sahabat. Musnad sahabat atau hadits sahabat ini kemudian memuat beberapa hadits. Di antara kutubuttis'ah, kitab ini merupakan kitab dengan jumlah hadits terbanyak.

Selengkapnya...

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Gambar pilihan

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Kutipan pilihan


... اليَومَ أكمَلتُ لَكُم دِينَكُم وَ أَتمَمتُ عَلَيكُم نِعمَتِي وَ رَضِيتُ لَكُم الإِسلَامَ دِينًا ...


Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.
(Surah Al-Ma'idah, ayat 3.)
IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Negara Islam

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Organisasi Islam

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Daftar artikel

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

ProyekWiki

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Lokasi pilihan


Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa, juga ditulis Al-Aqsha (bahasa Arab: Al-Masjid Al-Aqsha المسجد الاقصى, Tentang suara ini dengarkan , arti harfiah: "masjid terjauh") adalah salah satu tempat suci agama Islam yang menjadi bagian dari kompleks bangunan suci di Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Kompleks tempat masjid ini (di dalamnya juga termasuk Kubah Batu) dikenal oleh umat Islam dengan sebutan Al-Haram Asy-Syarif atau "tanah suci yang mulia". Tempat ini oleh umat Yahudi dan Kristen dikenal pula dengan sebutan Bait Suci (bahasa Ibrani: הַר הַבַּיִת, Har haBáyit, bahasa Inggris: Temple Mount), suatu tempat paling suci dalam agama Yahudi yang umumnya dipercaya merupakan tempat Bait Pertama dan Bait Kedua dahulu pernah berdiri.[6][7] Selengkapnya...

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Tokoh Islam


Hamka2.jpg

Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Hamka, yakni singkatan namanya, (lahir di Maninjau, Tanjung Raya, kabupaten Agam, Sumatera Barat, 17 Februari 1908 – meninggal di Jakarta, 24 Juli 1981 pada umur 73 tahun) adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama, ahli filsafat, dan aktivis politik. Hamka diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia berdasarkan Keppres No. 113/TK/Tahun 2011 pada tanggal 9 November 2011.

Hamka merupakan salah satu orang Indonesia yang paling banyak menulis dan menerbitkan buku. Oleh karenanya dia dijuluki sebagai Hamzah Fansuri di era modern. Belakangan ia diberikan sebutan Buya, yaitu panggilan untuk orang Minangkabau yang berasal dari kata abi, abuya dalam bahasa Arab, yang berarti ayahku, atau seseorang yang dihormati. Selengkapnya...

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Berita Islam

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Tahukah Anda...


Lainnya...
IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Hari besar Islam

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Topik Islam

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Kategori


Kategori Islam
IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Hal yang dapat Anda lakukan


Hal yang dapat Anda lakukan
IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Portal agama

IslamSymbolWhite.PNGsunting   

Wikiportal