Portal Islam

Portal:Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Halaman utama   Islam dari A sampai Z   Berita baru   Artikel baru   Topik Islam   Tidak mengerti?
Portal Islam Banner.svg

سَلَام عَلَيْكُمْ

Anda telah tiba di Portal Islam, Wikipedia. Manfaatkanlah waktu Anda di sini!

AllahMuhammadAlquranRukun IslamRukun ImanMazhabSejarah

Artikel Pilihan Lainnya
  Pesantren atau Pondok Pesantren (biasanya juga disebut pondok saja) adalah sekolah Islam berasrama (Islamic boarding school). Para pelajar pesantren (disebut sebagai santri) belajar di sekolah ini, sekaligus tinggal pada asrama yang disediakan oleh pesantren. Biasanya pesantren dipimpin oleh seorang kyai. Untuk mengatur kehidupan pondok pesantren, kyai menunjuk seorang santri senior untuk mengatur adik-adik kelasnya, mereka biasanya disebut Lurah Pondok.
Bagikan: Compartilhe via Facebook Compartilhe via Google+ Compartilhe via Twitter Lihat Selengkapnya
  Islam
Islam (Arab: al-islām, الإسلام Tentang suara ini dengarkan : "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia,[1][2] menjadikan Islam sebagai agama terbesar pertama di dunia sebelum agama Kristen.[3] Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: الله, Allāh).[4] Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan"[5], atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah. Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"), yaitu "asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" - yang berarti "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah".
Selengkapnya tentang Islam...
  Tahukah Anda
  • ...bahwa estimasi populasi muslim di dunia saat ini adalah antara 1,2 milyar hingga 1,5 milyar orang dan hanya 18%-nya saja yang tinggal di negara-negara Arab?
  • ... bahwa kalender Islam yang berdasarkan penglihatan bulan, dalam 1 tahun jumlah harinya lebih pendek sekitar 11 hari dari kalender matahari yang jumlahnya 365 hari?
  • ... bahwa Al Qur'an adalah satu-satunya buku/kitab yang dapat dihafal oleh banyak muslim (hafiz) di seluruh dunia selama lebih dari 14 abad?
  • ...bahwa karya pertama mengenai cacar dan campak ditulis oleh cendekiawan Parsi, Ar-Razi?
Lainnya
  Kategori
Kategori Islam
  Hari Besar Islam Tahun Ini

Berikut adalah daftar hari besar Islam tahun ini

  Ayat Pilihan
وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)
“(1) Demi masa. (2) Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, (3) kecuali orang-orang yang beriman den mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.”
QS Surah Al-'Asr ayat 1-3.

Apa itu ayat?
  Doa Pilihan
اللَّهُمَّ ذَا الحَبْلِ الشَّدِيدِ، وَالأَمْرِ الرَّشِيدِ، أَسْأَلُكَ الأَمْنَ يَوْمَ الوَعِيِدِ، وَالجَنَّةَ يَوْمَ الخُلُودِ مَعَ المُقَرَّبِيِنَ الشُّهُودِ، الرُّكَّعِ السُجُودِ، المُوفِيِنَ بِالعُهُودِ، إِنَّكَ رَحِيِمٌ وَدُودٌ وَإِنَّكَ تَفْعَلُ مَا تُرِيِدُ.
Allāhumma ża al-ḥabl al-syadīd, wal-amr al-rasyīd, as’aluka al-amn yaum al-wa‘īd, wal-jannah yaum al-khulūd ma‘a al-muqarrabīn al-syuhūd, al-rukka‘ al-sujūd, al-mūfīn bil-‘uhūd, innaka rahīm wadūd wataf‘al mā turīd
Ya Allah, wahai pemilik tali yang kuat, dan urusan yang terbimbing, aku memohon kepada-Mu keamanan ketika (datang) hari ancaman, dan (aku memohon) surga ketika (datang) hari abadi bersama para saksi yang didekatkan, yang senantiasa rukuk dan sujud, yang menunaikan janji-janji, sesungguhnya Engkau Maha Pemurah lagi Maha Mencintai dan sesungguhnya Engkau berbuat apa yang Engkau kehendaki.
—sumber: Islamweb Library
  Gambar Pilihan
Masjid Al-Azhar di Kairo, sebuah masjid yang dibangun oleh Panglima Jauhar Assiqilli
Masjid Al-Azhar di Kairo, sebuah masjid yang dibangun oleh Panglima Jauhar Assiqilli
(ukuran asli 2.189 × 2.206 piksel, 14,28 MB)

Oleh: Daniel Mayer, diunggah oleh Daniel Mayer
Lisensi: Lisensi Dokumentasi Bebas GNU

Wikipedia Islam.svg
Hal yang dapat Anda lakukan