ProyekWiki Islam

Portal:Islam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Halaman utama   Islam dari A sampai Z   Berita baru   Artikel baru   Topik Islam   Tidak mengerti?  
Artikel Pilihan Lainnya
  Al-Qur'an adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Tuhan, kepada Nabi Muhammad. Kitab ini dikenal luas dan dihormati sebagai sebuah karya seni sastra bahasa Arab terbaik di dunia. Umat Muslim percaya bahwa Al-Qur'an di firmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad. Al-Qur’an menjelaskan sendiri bahwa isi dari Al-Qur’an adalah sebuah petunjuk. Terkadang juga dapat berisi cerita mengenai kisah bersejarah, dan menekankan pentingnya moral. Al-Qur’an digunakan bersama dengan hadits untuk menentukan hukum syari'ah. Saat melaksanakan Salat, Al-Qur’an dibaca hanya dalam bahasa Arab. Seseorang yang menghapal isi Al-Qur'an disebut Hafiz. Beberapa umat Muslim membacakan Al-Qur’an dengan bernada, dan peraturan, yang disebut tajwid. Saat bulan suci Ramadan, biasanya umat Muslim melengkapi hapalan Al-Qur’an mereka saat melakasanakan salat tarawih. Untuk memperkirakan kemungkinan arti lain dalam Al-Qur’an, umat Muslim menggunakan rujukan yang disebut tafsir.
Bagikan: Compartilhe via Facebook Compartilhe via Twitter Lihat Selengkapnya
  Islam
Islam (bahasa Arab: الإسلام, translit. al-islām, har. 'berserah diri'‎; Tentang suara ini dengarkan) adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia,[1][2] menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen.[3] Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: الله, Allāh).[4] Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan"[5], atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah. Kepercayaan dasar Islam dapat ditemukan pada dua kalimah shahādatāin ("dua kalimat persaksian"), yaitu "asyhadu an-laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah" - yang berarti "Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah utusan Allah".
Selengkapnya tentang Islam...
  Kategori
Kategori Islam
  Hari Besar Islam Tahun Ini
1442 H
1
Syawal
Komunitas mengucapkan
Selamat Hari Raya Idulfitri
Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى menerima amal ibadah kita semua!

Hari raya

Hari besar Islam lainnya

  Hadis Pilihan

Dari Abu Hurairah, Nabi ﷺ bersabda,

وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لاَسْتَبَقُوا ‏{‏إِلَيْهِ‏}‏ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي الْعَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا، وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي الصَّفِّ الْمُقَدَّمِ لاَسْتَهَمُوا
“Seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat dalam bersegera menuju shalat, tentulah mereka akan berlomba-limba. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat pada waktu 'atamah (shalat 'Isya) dan Subuh, tentulah mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang ada pada saf pertama, tentulah mereka akan berlomba meraihnya.”[6]
—Hadis riwayat Bukhari 721 [7]

LainnyaApa itu hadis?Segarkan halaman (?)
  Doa Pilihan
اللَّهُمَّ ذَا الحَبْلِ الشَّدِيدِ، وَالأَمْرِ الرَّشِيدِ، أَسْأَلُكَ الأَمْنَ يَوْمَ الوَعِيِدِ، وَالجَنَّةَ يَوْمَ الخُلُودِ مَعَ المُقَرَّبِيِنَ الشُّهُودِ، الرُّكَّعِ السُجُودِ، المُوفِيِنَ بِالعُهُودِ، إِنَّكَ رَحِيِمٌ وَدُودٌ وَإِنَّكَ تَفْعَلُ مَا تُرِيِدُ.
Allāhumma ża al-ḥabl al-syadīd, wal-amr al-rasyīd, as’aluka al-amn yaum al-wa‘īd, wal-jannah yaum al-khulūd ma‘a al-muqarrabīn al-syuhūd, al-rukka‘ al-sujūd, al-mūfīn bil-‘uhūd, innaka rahīm wadūd wataf‘al mā turīd
Ya Allah, wahai pemilik tali yang kuat, dan urusan yang terbimbing, aku memohon kepada-Mu keamanan ketika (datang) hari ancaman, dan (aku memohon) surga ketika (datang) hari abadi bersama para saksi yang didekatkan, yang senantiasa rukuk dan sujud, yang menunaikan janji-janji, sesungguhnya Engkau Maha Pemurah lagi Maha Mencintai dan sesungguhnya Engkau berbuat apa yang Engkau kehendaki.
—sumber: Islamweb Library

LainnyaSegarkan halaman (?)
Peninggalan Emmaus-Nikopolis
Peninggalan Emmaus-Nikopolis, disebut 'Amwas' dalam bahasa Arab. Wabah Amwas awalnya menimpa pasukan Arab Muslim di kota ini sebelum menyebar ke seluruh Syam dan Palestina, dan kemudian Mesir dan Irak.
Diunggah oleh Panoramio upload bot (ukuran asli: 3.648 × 2.736 piksel, ukuran berkas: 4,29 MB, tipe MIME: image/jpeg)
Islam portal icon color 1.svg