Portal:Mekkah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Hari ini adalah hari Kamis, 19 Oktober 2017 atau 28 Muharram 1439 Hijriah


Makkah Panorama.jpg
Portal Mekkah


Portal ini adalah bagian dari seri



sunting
  Selamat datang di Portal Mekkah al Mukaromah
Makkahi mukarramah.jpg

Mekkah atau Makkah al-Mukarramah (Arab: مكة المكرمة‎) merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji, Di kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidil Haram dengan Ka'bah di dalamnya. Bangunan Ka'bah ini dijadikan patokan arah kiblat untuk ibadah salat umat Islam di seluruh dunia. Kota ini merupakan kota suci umat Islam dan tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW.

sunting
  Artikel pilihan

Islam (Arab: al-islām, الإسلام Tentang suara ini dengarkan : "berserah diri kepada Tuhan") adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: {{lang|arPengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan"

Islam berasal dari kata Arab "aslama-yuslimu-islaman" yang secara kebahasaan berarti "menyelamatkan", misal teks "assalamu alaikum" yang berarti "semoga keselamatan menyertai kalian semuanya". Islam atau Islaman adalah masdar (kata benda) sebagai bahasa penunjuk dari fi'il (kata kerja), yaitu "aslama" bermakna telah selamat (kala lampau) dan "yuslimu" bermakna "menyelamatkan" (past continous tense).

sunting
  Nama lain
Bakkah (بكه) ♦ Baitul Atik (بيت العتيق) ♦ Baladil Amin (بلدالامين) ♦ Hathamah (حاطمه) ♦ Ummul Qura (ام القر) ♦ Umm Zahm (ام زحم)
sunting
  Tahukah anda?
  • ... Bahwa arah kiblat umat muslim pernah diganti? Hal ini diputuskan oleh Allah pada 15 bulan setelah hijrah, yaitu memindahkan kiblat dari Masjid al-Aqsa ke Ka'bah?
  • ... Bahwa ka'bah merupakan pusat dunia?
  • ... Bahwa tahun kelahiran Nabi Muhammad dinamai tahun gajah? Hal ini dikarenakan usaha penyerangan ka'bah oleh raja Abraham yang memakai kendaraan gajah?
  • ... Bahwa gunung pertama di muka bumi adalah Jabal Abu Qubais yaitu sebuah gunung yang berada persis disamping Masjidil Haram?
  • ... Bahwa Tawaf adalah ritual mengelilingi ka'bah dengan arah melawan arah jarum jam? Hal ini sama seperti rotasi planet-planet di tata surya yang juga berputar berlawanan dengan jarum jam?
  • ... Bahwa menara Abraj al Bait adalah menara yang memiliki letak jam tertinggi di dunia?
  • ... Bahwa muslim pertama dari kalangan wanita adalah Khadijah binti Khuwailid?
  • ... Bahwa muslim pertama dari kalangan anak-anak adalah Ali bin Abi Thalib?
  • ... Bahwa muslim pertama dari kalangan budak adalah Bilal bin Rabah?
  • ... Bahwa muslim pertama dari kalangan laki-laki adalah Abu Bakar ash-Shiddiq?
  • ... Bahwa muslim pertama dari kalangan maula adalah Zaid bin Haritsah?
sunting
  Kategori
Kakbah
tidak ada subkategori
sunting
  Di Masjidil Haram

Masjidil Haram (bahasa Arab: المسجد الحرام) adalah sebuah masjid di kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Salat. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar di dunia.

Pengertian Masjidil Haram tidak hanya diartikan sebagai masjid di kota Mekkah saja para ulama berbeda pendapat mengenai hal ini ada yang mengatakan bahwa arti masjidil haram adalah semua tempat di kota Mekkah.

Imam Besar masjid ini adalah Syaikh Abdurrahman As-Sudais seorang imam yang dikenal dalam membaca Al Qur'an dengan artikulasi yang jelas dan suara yang merdu dan Syaikh Shuraim.

Muadzin besar dan paling senior di Masjid Al-Haram adalah Ali Mulla yang suara azannya sangat terkenal di dunia Islam termasuk pada media internasional

sunting
  Biografi pilihan

Abu Bakar (Arab: أبو بكر الصديق‎, Abu Bakr ash-Shiddiq) (lahir: 572 - wafat: 23 Agustus 634/21 Jumadil Akhir 13 H) termasuk di antara mereka yang paling awal memeluk Islam atau yang dikenal dengan ash-shabiqun al-awwalun. Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, Abu Bakar menjadi khalifah Islam yang pertama pada tahun 632 hingga tahun 634 M. Lahir dengan nama Abdul ka'bah bin Abi Quhafah, ia adalah satu di antara empat khalifah yang diberi gelar Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk.

Nama lengkapnya adalah 'Abdullah bin 'Utsman bin Amir bin Amru bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay bin Ghalib bin Quraisy. Bertemu nasabnya dengan nabi pada kakeknya Murrah bin Ka'ab bin Lu'ay, dan ibu dari Abu Bakar adalah Ummu al-Khair Salma binti Shakhr bin Amir bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim yang berarti ayah dan ibunya sama-sama dari kabilah Bani Taim.

sunting
  Gambar pilihan
Supplicating Pilgrim at Masjid Al Haram. Mecca, Saudi Arabia.jpg
Seorang jamaah haji yang sedang berdoa di Masjidil Haram dan menghadap ke Ka'bah
sunting
  Garis waktu
  • 31 Juli 1987: 402 jamaah tewas, 275 di antaranya dari Iran, setelah ribuan jamaah Iran yang melakukan demonstrasi mendapat perlawanan fisik dari keamanan Arab Saudi. Akibat dari insiden itu Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, yang akhirnya tidak mengirimkan jamaahnya ke Makkah hingga tahun 1991.
  • 10 Juli 1989: satu jamaah tewas dan 16 terluka akibat penembakan di dalam Masjidil Haram. Akibatnya 16 orang Kuwait yang melakukan penyerangan dihukum tembak mati.
  • 15 Juli 1989: lima jamaah asal Pakistan tewas dan 34 lainnya terluka akibat insiden penembakan oleh sekelompok orang bersenjata di perumahan mereka di Makkah.
  • 2 Juli 1990: 1.426 jamaah tewas kebanyakan dari Asia akibat terperangkap di dalam terowongan Mina.
  • 24 Mei 1994: 270 jamaah tewas akibat saling dorong dan injak di Mina.
  • 7 Mei 1995: tiga jamaah tewas akibat kebakaran di Mina.
  • 15 April 1997: 343 jamaah tewas dan 1.500 lainnya terluka karena kehabisan napas karena terjebak di dalam kebakaran tenda di Mina.
  • 9 April 1998: 118 jamaah tewas karena berdesak–desakkan saat pelaksanaan lontar jumroh.
  • 5 Maret 2001: 35 jamaah tewas serta puluhan lainnya luka – luka karena berdesak – desakan di Jammarat.
  • 11 Februari 2003: 14 jamaah tewas di Jumrotul Mina – enam di antaranya wanita.
  • 1 Februari 2004: Sebanyak 251 jamaah tewas selama pelaksanaan lontar jumrah.
  • 23 Januari 2005: 29 jamaah tewas akibat banjir terburuk dalam 20 tahun terakhir di Madinah.
  • 5 Januari 2006: Sebanyak 76 tewas akibat runtuhnya sebuah penginapan al-Rayahin di jalan Gaza, sekitar 200 meter sebelah barat Masjidil Haram.
  • 12 Januari 2006: Sedikitnya 345 jamaah tewas di Jammarat selama pelaksanaan lontar jumrah. Insiden ini terjadi pada pukul 15.30 waktu setempat usai salat Zuhur, setelah jutaan jamaah saling berdesak–desakkan di pintu masuk sebelah utara lantai dua Jammarat.
  • 11 September 2015: 107 jamaah tewas dan 238 jamaah luka-luka akibat jatuhnya crane yang digunakan dalam proyek perluasan Masjidil Haram saat hujan dan angin kencang.
  • 24 September 2015: lebih dari 700 jamaah tewas dan lebih dari 800 jamaah luka-luka akibat terinjak-injak saat melakukan lempar jumroh di Mina.
sunting
  Topik
sunting
  Wikimedia
HSWtionary.svg HSCommons.svg HSWSource.svg HSWQuote.svg
Wikikamus Commons Wikisumber Wikikutipan
Kamus Media dan gambar Sumber Kutipan