Hijir Ismail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hijir Ismail pada musim haji.

Hijir Ismail adalah sebuah tempat sebelah utara bangunan Ka'bah, berbentuk setengah lingkaran, dibangun oleh Nabi Ismail alaihissalam, termasuk bangunan suci umat Islam. Ka'bah sendiri secara keseluruhan dibangun oleh Nabi Ibrahim, kemudian datanglah nabi Ismail membantu bapaknya, dengan membawa batu. Batu-batu yang dikumpulkan, dalam bahasa Arab disebut hijir. Oleh karena itu bagian ka'bah yang dibangun oleh nabi Ismail dinamakan Hijir Ismail alahissalam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail 'Alaihimassalam telah membangun Ka’bah secara sempurna termasuk di dalamnya Hijir ini. Kemudian dinding Ka’bah sempat roboh akibat bekas kebakaran dan banjir yang menerjangnya. Kemudian pada tahun 606 M, kaum Quraisy merobohkan sisa dinding Ka’bah lalu merenovasi kembali. Akan tetapi, karena kekurang dana yang halal untuk menyempurnakan pembangunan sesuai fondasi yang dibangun Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Alaihimassalam, akhirnya mereka mengeluarkan bagian bangunan Hijir dan sebagai gantinya mereka membangun dinding pendek, sebagai tanda bahwa ia termasuk di dalam Ka’bah. Hal ini dilakukan karena mereka telah memberikan syarat pada diri mereka sendiri untuk tidak akan menggunakan dana untuk pembangunan Ka'bah kecuali dari dana yang halal. Mereka tidak menerima biaya dari hasil pelacuran, tidak juga jual beli riba dan tidak juga dana dari menzalimi seseorang.[1]

Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang dinding (maksudnya Hijir Ismail) "Apakah ia termasuk Ka’bah?" Dia menjawab, "Ya." Saya bertanya, "Kenapa mereka tidak memasukkan ke dalam Ka’bah?" Dia menjawab, "Sesungguhnya kaummu kekurangan dana."

— Bukhari (1584) dan Muslim (1333)

Beribadah di Hijir Ismail[sunting | sunting sumber]

Hijir Ismail adalah salah satu tempat dimakbulkannya sebuah do'a. Adapun beribadah di dalam Hijir Ismail hukumnya Sunnah, seperti yang diriwayatkan oleh 'Aisyah,

Aku pernah minta kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam agar diberi izin masuk Ka'bah untuk shalat didalamnya. Lalu dia membawa aku ke Hijir Ismail dan bersabda: "Salatlah di sini kalau ingin salat di dalam Ka'bah karena Hijir Ismail ini termasuk bagian Ka'bah."

Kesunnahan ibadah di sini sifatnya berdiri sendiri, tidak ada kaitan dengan ibadah haji, seperti thawaf, dll.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]