Ordo Fratrum Minorum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ordo Fratrum Minorum
Ordo Fratrum Minorum
Coat of Arms of the Order of Friars Minor.svg
Lambang Ordo Fratrum Minorum
SingkatanO.F.M., Fransiskan
SloganPax et bonum
("Damai dan baik")
Tanggal pembentukan24 Februari 1209; 810 tahun lalu (1209-02-24)
PendiriFransiskus dari Assisi
JenisOrdo keagamaan Katolik mendikan
Badan hukumInstitusi keagamaan
Kantor pusatPorziuncola
Lokasi
Michael A. Perry
Organ utama
Kuria Jenderal
Organisasi induk
Gereja Katolik
Anak perusahaanOrdo Fransiskan Sekuler (1221)
Ordo Ketiga Santo Fransiskus (1447)
PerpecahanOrdo Fratrum Minorum Konventual (1517)
Ordo Fratrum Minorum Kapusin (1520)
AfiliasiOrdo Santa Clara (1212)
Situs webofm.or.id
Fransiskus dari Assisi, pendiri Ordo Fratrum Minorum; potret tertua diketahui mengenai eksistensi sang santo, berasal dari retret St. Fransiskus ke Subiaco (1223–1224)

Ordo Fratrum Minorum (juga disebut Fransiskan, Ordo Fransiskan, atau Ordo Serafis;[1] singkatan gelar O.F.M.) adalah sebuah ordo keagamaan Katolik mendikan, didirikan pada 1209 oleh Fransiskus dari Assisi. Ordo tersebut mematuhi ajaran dan disiplin spiritual pendiri dan rekan dan pengikut utamanya, seperti Klara dari Assisi, Antonius dari Padua, dan Erzsébet dari Hongaria, di antara banyak lainnya. Ordo Fratrum Minorum dianggap sebagai penerus Ordo Fransiskan yang asli di dalam Gereja Katolik, dan merupakan yang terbesar dari Ordo Pertama kontemporer dalam gerakan Fransiskan.

Fransiskus mulai berkhotbah sekitar 1207 dan bepergian ke Roma untuk meminta persetujuan ordonya dari Paus Innosensius III pada 1209. Aturan Santo Fransiskus asli yang disetujui oleh paus melarang kepemilikan properti, mengharuskan anggota ordo meminta untuk makanan sambil berkhotbah. Kesederhanaan ini dimaksudkan untuk meniru kehidupan dan pelayanan Yesus Kristus. Fransiskan melakukan perjalanan dan berkhotbah di jalan-jalan, saat memondok di gedung gereja. Santa Clara, di bawah petunjuk Francis, mendirikan Clara Miskin pada 1212, yang tetap menjadi Ordo Kedua dari Fransiskan. Kemiskinan ekstrim yang diharuskan bagi dilonggarkan dalam revisi terakhir dari Aturan tersebut pada tahun 1223. Tingkat ketaatan yang diharuskan bagi anggota tetap menjadi sumber konflik utama dalam ordo, mengakibatkan banyak pemisahan diri.[2][3]

Ordo Fratrum Minorum, yang sebelumnya dikenal sebagai cabang Observan, adalah satu dari tiga Ordo Pertama Fransiskan di dalam Gereja Katolik, yang lainnya adalah Kapusin dan Konventual. Ordo Fratrum Minorum, dalam bentuknya saat ini, adalah hasil dari penggabungan beberapa ordo yang lebih kecil yang diselesaikan pada tahun 1897 oleh Paus Leo XIII.[4] Dua yang terakhir, Kapusin dan Konventual, tetap merupakan institusi keagamaan Katolik yang terpisah di dalam Gereja Katolik, yang menjalankan Aturan Santo Fransiskus dengan penekanan berbeda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Seraphic Order", New Catholic Dictionary. 4 September 2006. Retrieved 25 November 2012.
  2. ^ "Franciscans, Religious Order". Encyclopaedia Britannica. 26 February 2013. Diakses tanggal 7 January 2017. 
  3. ^ "Saint Francis of Assisi, Italian Saint". Encyclopaedia Britannica. 26 February 2013. Diakses tanggal 7 January 2017. 
  4. ^ Wikisource-logo.svg Bihl, Michael (1913). "Order of Friars Minor". Dalam Herbermann, Charles. Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]