Antonius dari Padua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Santo Antonius Padua

Santo Antonius dari Padua, juga divenerasikan sebagai Antonius dari Lisboa, terutama di Portugal (lahir 15 Agustus 1195 – meninggal 13 Juni 1231 pada umur 35 tahun) adalah seorang santo Katolik dilahirkan di Lisbon dengan nama Fernando de Bulhões, di keluarga kaya.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dia dibaptis dengan nama Fernando. Keluarganya mengatur sebuah pendidikan suara untuknya di sekolah kathedral lokal. Menentang keinginan orang tuanya, Fernando masuk ke Abbey Augustinian di St Vincent di pinggiran Lisbon. Canons Regular of St Augustine, di mana dia menjadi anggotanya, terkenal akan dedikasi mereka terhadap pengejaran pendidikan. Fernando belajar Sacred Scripture, Santo Jerome, Santo Agustinus, Santo Gregorius Agung (Paus Gregorius I) dan Santo Bernardus. Dia juga belajar master Latin Ovid, Seneca, dan Cato. Fernando selalu dikunjungi oleh teman dan saudaranya, membawa hadiah dan berita yang memalukan dari dunia sosialnya yang sangat mengganggunya. Pelajarannya terganggu dan dia tidak menemukan kedamaian di sana. Dia membujuk atasannya untuk memindahkan dia ke Abbey Augustinian of the Holy Cross di Coimbra, yang pada saat itu ibu kota Portugal, dan melanjutkan belajarnya.

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Dia pemegang rekor kanonisasi tercepat dalam sejarah; dia diumumkan seorang santo hanya dalam waktu 352 hari setelah kematiannya (Pentakosta, 30 Mei 1232). Hari perayaannya pada tanggal 13 Juni, hari kematiannya, sebuah hari perayaan yang populer dan besar di Lisbon. Santo Anthony adalah santo pelindung Lisbon dan juga pelindung Padua, di mana reliknya tetap setelah kematiannya.

Berbagai mujizat yang dihubungkan dengan namanya membuat nama Antonius terkenal di seluruh dunia. Para penduduk kota Padua mendirikan sebuah basilika yang amat indah untuk mengenang dia, dan ke sana reliknya dipindahkan pada 1263.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]