Gregorius dari Narek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Santo Gregorius dari Narek
Grigor Narekatsi 1.jpg
St. Gregorius dari Narek, seperti tergambar dalam sebuah naskah tahun 1173
Rahib, Doktor Gereja
Lahir951
Rshtunik, Vaspurakan, Armenia
Wafat1003[1] or 1010[2]
Narekavank, Vaspurakan, Armenia
Dihormati diGereja Apostolik Armenia
Gereja Katolik
Pesta13 Oktober (hari Holy Translators)
27 Februari (Gereja Katolik Roma)

Gregorius dari Narek (bahasa Armenia: Գրիգոր Նարեկացի Grigor Narekatsi; 951 – 1003) adalah seorang rahib, pujangga, filsuf mistik, teolog, dan seorang santo dalam Gereja Apostolik Armenia, yang merupakan bagian dari Gereja Ortodoks Oriental; basisnya di Biara Narek. Dia lahir dari keluarga penulis dan merupakan seorang "Penyair Besar Pertama Bangsa Armenia".[3]

Gregorius Narek adalah penulis tafsir mistik atas kitab Kidung Agung dan sejumlah puisi. Kitab Doa karyanya dikenal dengan nama Kitab Ratapan (bahasa Inggris: Book of Lamentations) berisikan suatu syair mistik yang panjang dalam 95 bagian yang ditulis di sekitar tahun 977 dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dunia. Kitab tersebut ditulis di sisa hidupnya dan menjadi salah satu mahakarya bagi kepustakaan Armenia. Ia menyebutkan wasiat terakhirnya pada buku itu bahwa: 'tulisan ini layaknya tubuhku dan pesannya bagaikan jiwaku'.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Gregorius lahir tahun 950 dari kalangan keluarga pimpinan Gereja Apostolik Armenia yang terpelajar. Ayahnya, Khosrov, adalah seorang Uskup Agung. Dia ditinggal mangkat ibunya di usia muda sehingga ia dibesarkan oleh sepupunya, Anania Narek, seorang pendiri biara dan sekolah di desa tersebut. Di usia sekolah, ia belajar di Biara Narek yang dikenal sebagai Narekavank, di wilayah tenggara Danau Van di Vaspurakan, Armenia Raya (sekarang Turki). Ia menghabiskan hampir seluruh sisa hidupnya di biara itu. Biara Narek ini dikenal sebagai pusat perkembangan pembelajaran di zamannya, namun kemudian dihancurkan pada zaman pendudukan bangsa Turki dan Mongol. Armenia saat itu mengalami suatu kebangkitan dalam karya sastra, seni lukis, arsitektur, dan teologi, yang mana St Gregorius merupakan seorang tokoh terkemuka. Ia juga mengajar di sekolah biara. Biara tersebut sepenuhnya hancur pada abad ke-20 setelah peristiwa genosida Armenia.

Karya[sunting | sunting sumber]

Buku Doa - Kitab Ratapan[sunting | sunting sumber]

Ditulis menjelang abad pertama kekristenan, Rahib Gregorius Narek 'Pendoa' ini sebelumnya telah dikenal sebagai seorang pujangga dalam kepustakaan Kristen. Ia menyebut Kitab Ratapan itu sebagai 'Ensiklopedi Doa Segala Bangsa', sebagaimana harapan dia agar bisa digunakan oleh semua orang di dunia. Buku ini juga dikenal dengan nama Kitab Para Pendo'a atau Kitab Ratapan yang dikenal dengan sebutan Kitab Narek.

Pengakuan dari Gereja Katolik[sunting | sunting sumber]

Gregorius Narek diakui sebagai orang suci oleh Gereja Katolik Armenia dan Gereja Katolik Roma. Rahib ini ditetapkan sebagai Doktor Gereja pada tanggal 21 Februari 2015 dan diresmikan dengan nama Santo Gregorius dari Narek sebagai Doktor Gereja oleh Paus Fransiskus dalam suatu perayaan misa memperingati 100 tahun peristiwa genosida Armenia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Nersessian, Vrej (2001). The Bible in the Armenian Tradition. Getty Publications. hlm. 46. ISBN 9780892366408. 
  2. ^ (Inggris) Herzig, Edmund; Kurkchiyan, Marina (2004). The Armenians: Past and Present in the Making of National Identity. Routledge. hlm. 63. ISBN 9781135798376. 
  3. ^ (Inggris) Shoemaker, M. Wesley (2013). Russia and The Commonwealth of Independent States 2013. Lanham: Rowman & Littlefield. hlm. 211. ISBN 9781475804911. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]