Gereja Apostolik Armenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gereja Apostolik Armenia
Armenian Apostolic Church logo.png
Logo resmi Catholicos of All Armenians Gereja Apostolik Armenia.
Situs web resmi
Perkembangan
Pendiri St. Gregory the Illuminator, tetapi menurut legenda, rasul-rasul Bartolomeus dan Tadeus.

Gereja Apostolik Armenia (Armenia: Հայաստանեայց Առաքելական Եկեղեցի, Hayastanyayc̕ Aṙak̕elakan Sowrb Ekeġec̕i; bahasa Inggris: Armenian Apostolic Church) merupakan sebuah Gereja Nasional tertua di dunia. Agama ini merupakan bagian dari Ortodoks Oriental dan termasuk satu dari komunitas Kristen. Armenia menjadi negara pertama yang menganut agama Kristen pada 301 M.

Pada tahun 2012 pemeluk agama Gereja Apostolik Armenia berjumlah sekitar 9.000.000 orang.

Struktur dan Kepemimpinan[sunting | sunting sumber]

Prosesi Pastor-pastor Armenia.

Gereja Apostolik Armenia merupakan otoritas agamawi pusat di kalangan pemeluk Ortodoks Armenia di Republik Armenia dan masyarakat Ortodoks Armenia di seluruh dunia.

Dipimpin oleh seorang Catholicos (baca: [katolikos], bentuk jamaknya: Catholicoi). Biasanya di gereja-gereja Ritus Timur, pemimpin tertinggi gereja disebut Patriarkh, tetapi dalam Gereja Apostolik Armenia, kedudukan seorang Catholicos lebih tinggi dari Patriarkh. Saat ini Gereja Apostolik Armenia mempunyai dua catholicoi (Karekin II, Supreme Patriarch dan Catholicos of All Armenians, serta Aram I, Catholicos of the Great House of Cilicia), ditambah dua patriarkh, dengan sejumlah primata, uskup agung (archbishop) dan uskup (bishop), pejabat gerejawi dan kaum awam yang melayani gereja.

Gereja Apostolik Armenia adalah satu dari beberapa gereja apostolik di dunia yang menggunakan sistem demokrasi; jemaat memutuskan apakah mereka menginginkan seorang pastor di gereja mereka dan dapat meminta pastor lain, mirip dengan gereja-gereja Baptis atau Kongresional lain.

Perlu dicatat bahwa Gereja Apostolik Armenia tidak sama dengan Gereja Katolik Armenia yang dipimpin oleh Patriarch-Catholicos (dari Armenian Catholic Rite) Nerses Bedros XIX, yang merupakan sebuah gereja Katolik timur denga hubungan dengan Holy See di Roma (Gereja Katolik Roma).

Katedral Etchmiadzin (Mother See of Holy Etchmiadzin) di Armenia
Saint Gregory the Illuminator Cathedral (1940) di Antelias, Libanon

Pranala luar[sunting | sunting sumber]