Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini, yang sedang diteliti dengan lup, menandakan calon artikel pilihan yang sedang didiskusikan di Wikipedia.

Di sini komunitas menentukan artikel apa yang menjadi artikel pilihan. Artikel pilihan adalah karya terbaik komunitas Wikipedia yang memenuhi kriteria artikel pilihan.

Pengusul calon diharapkan untuk memperbaiki artikel berdasarkan kritikan yang diterima di sini. Bila Anda mengusulkan artikel yang Anda telah kerjakan, catatlah itu sebagai "pengusulan pribadi". Suatu artikel tidak boleh diusulkan menjadi artikel pilihan bersamaan waktu dengan diusulkan jadi artikel bagus. Pengguna tidak boleh mengusulkan suatu artikel untuk kedua kalinya sampai usulan pertama artikel tersebut sudah mendapat dukungan atau kritikan sudah diperbaiki. Mohon menerima kritikan dengan positif.

Untuk mendapatkan status artikel pilihan, artikel tersebut harus mencapai konsensus menyetujui bahwa artikel yang diusulkan sudah memenuhi kriteria. Konsensus ditetapkan setelah komunitas menyetujuinya. Apabila setelah waktu yang lama kritikan terhadap artikel belum diperbaiki atau konsensus tidak dapat dicapai, usulan dapat dihapus dari daftar untuk diarsipkan.

Daftar Isi

Artikel pilihan:

Prosedur pengusulan

  1. Sebelum mengusulkan calon, pastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria artikel pilihan.
  2. Berikan {{StatusAP nominasi}} pada halaman pembicaraan artikel yang diusulkan.
  3. Buat halaman pengusulan:
  4. Salin tulisan ini: {{/nama artikel}}, kemudian sunting halaman ini (halaman utama usulan yang sedang Anda baca sekarang), dan tempelkan templat ini pada paling atas daftar kandidat. Ganti "nama artikel" dengan judul artikel yang Anda usulkan.

Mendukung dan menentang

Bacalah artikel yang diusulkan secara menyeluruh sebelum mendukung atau menentang pengusulan.

  • Untuk merespon pada pengusulan, klik "Sunting" pada kanan judul artikel (Bukan "Sunting" pada paling atas halaman ini).
  • Bila Anda mendukung pengusulan suatu artikel, tulis * {{setuju}}, diikuti dengan alasan. Apabila Anda banyak berkontribusi menulis artikel bersangkutan, mohon diberitahukan.
  • Bila Anda menentang pengusulan suatu artikel, tulis * {{tidak setuju}}, diikuti alasan atau kritikan Anda. Setiap kritikan harus menunjuk pada detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan kriteria yang ada.
  • Penilai yang menentang diharuskan untuk kembali melihat halaman pengusulan setelah beberapa hari, untuk melihat apakah kritikan mereka sudah ditindaklanjuti atau belum. Bila kritikan sudah diperbaiki, penilai yang menentang dapat menarik kritikan mereka dengan mencoretnya (dengan <s>...</s>). Yang berhak mencoret kritikan hanya penilai yang menulis kritikan tersebut. Bila penilai lain menilai bahwa kritikan tersebut sudah ditindak-lanjuti, tulisankan komentar, jangan mencoret tulisan orang lain.
  • Untuk memberikan saran membangun tanpa mendukung atau menentang, tulis * {{komentar}} diikuti dengan saran atau komentar Anda.

Setelah disetujui

Suatu artikel yang sudah disetujui menjadi artikel pilihan akan dihapus dari halaman ini lalu didaftarkan terlebih dahulu ke halaman arsip dan halaman jadwal usulan.

Usulan

Catatan: saat ini sedang diujicobakan sistem pemilihan Artikel Pilihan yang baru. Mohon untuk tidak sekadar memberikan suara setuju, tapi berikanlah peninjauan artikel secara komprehensif. Kalau Anda tidak setuju, alasannya juga harus komprehensif. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dilihat di sini. Terima kasih atas pengertiannya.

Ranavalona III

Pengusul: Mimihitam (b • k • l) · Status:    Dalam diskusi

Kisah ratu terakhir Kerajaan Madagaskar. Terjemahan sudah dibaca dan diperiksa ulang.  Mimihitam  16 Oktober 2018 21.03 (UTC)

Komentar dari Glorious Engine

  • Komentar Komentar Saya coba komen ala Hanaman
    • Kata Prancis harusnya diubah jadi Perancis
      • Waktu itu bukannya pada setuju ya untuk mengubah Perancis jadi Prancis? Soalnya di KBBI yang baku itu Prancis. Tapi kalau menurut GE sebaiknya tetap jadi Perancis karena belum diresmikan, nanti bisa langsung saya ganti dalam sekejap pakai find and replacenya Microsoft Word . Mohon pendapatnya.  Mimihitam  17 Oktober 2018 08.25 (UTC)
    • "Gambar Ranavalona di kotak biskuit Petit Beurre pada tahun 1916. Tulisan itu berbunyi Tsara ny Petit Beurre (bahasa Malagasi: "Petit Beurre enak")" Yang bold itu kayaknya kurang baku. Mungkin harusnya "Tulisan tersebut" atau mungkin "Gambar tersebut diberi keterangan/kutipan"
    • "Setelah Bosshard dan Marie-Louise bercerai tanpa dikaruniai seorang anak, wanita muda ini dilaporkan memanfaatkan kebebasannya sebagai seorang sosialita yang bersemarak dan riang." Yang bold itu kayaknya bukan ditujukan untuk kata sifat orang.
      • Selesai Selesai diganti jadi "flamboyan" sesuai dengan versi Inggrisnya  Mimihitam  17 Oktober 2018 08.25 (UTC)
    • Rujukan 32 nggak ada halamannya.
    • Rujukan 26 itu keterangan "hlm. 118."-nya harusnya ada di Catatan kaki, bukan Daftar pustaka.
    • "Bayi itu diberi nama Marie-Louise dan dibaptis sebagai seorang Katolik agar tidak membuat marah Prancis. Marie-Louise, yang dapat menjadi pewaris tahta menurut aturan pewarisan tradisional Madagaskar, diadopsi oleh Ranavalona sebagai anaknya sendiri." "Bayi itu" harusnya "Bayi tersebut". "agar tak membuat marah Prancis", ini maksudnya yang marah itu pemerintahnya, atau rakyatnya, umat Katolik-nya, atau siapa ?
      • Selesai Selesai Poin yang sangat bagus. Sudah diganti jadi "pemerintah Prancis", karena rakyatnya banyak yang suka sama Ranavalona.  Mimihitam  17 Oktober 2018 08.25 (UTC)
    • "Razafinandriamanitra muda, yang mengalami tekanan emosional dan fisik selama perjalanan, memulai persalinan tak lama setelah mencapai hotel." mungkin bisa diganti jadi "Pada masa muda, Razafinandriamanitra mengalami tekanan emosional dan fisik selama perjalanan dan mulai menjalani persalinan tak lama setelah sampai ke hotel."
      • Selesai Selesai kata "muda" saya hapus karena di bagian sebelumnya sudah disebutkan kalau umurnya 14 tahun, dan kalimatnya juga sudah disesuaikan.  Mimihitam  17 Oktober 2018 08.25 (UTC)

--Glorious Engine (bicara) 17 Oktober 2018 03.31 (UTC)

Komentar dari Hanamanteo

Penulisan
  • Masih terdapat istilah Perancis yang tertinggal, seperti "Namun, kerumunan orang Perancis mencemooh dan berteriak di tempat perahu berlabuh," "... Ranavalona tidak berbicara dengan siapa pun yang bukan orang Perancis," "... dan juga kritik kepada pemerintah Perancis karena ..." dan "... banyak warga Perancis ..."
Selesai Selesai  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • Semestinya jika sudah diberi pranala, keterangan dalam tanda kurung tidak perlu lagi. Ambil contoh, "... beberapa Andriana (bangsawan) yang memenuhi syarat ..." dan "... dengan seorang anggota elit Hova (orang merdeka) yang bernama Rainilaiarivony." Masalahnya, keterangan ini turut diulang lagi, seperti "... Razafindrahety menikah dengan seorang dari golongan Andriana (bangsawan) yang bernama Ratrimo (Ratrimoarivony)" dan "... seorang perdana menteri dari golongan Hova (orang merdeka)." Ada lagi keterangan yang mestinya tidak diperlukan lagi, "... yang dikenal dengan sebutan pemberontakan menalamba ("selendang merah")," "..., Ranavalona menjadi cause célèbre (isu yang memicu kontroversi dan perdebatan) ..."
Selesai Selesai  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "..., ia dipilih dari antara beberapa Andriana (bangsawan) yang memenuhi syarat ..." Tidak efektif.
Selesai Selesai diganti menjadi "Ia berasal dari golongan Andriana, dan saat masih muda ia dipilih untuk menggantikan Ratu Ranavalona II seusai kematiannya"  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "..., dengan kecintaan yang kuat dalam mengkaji Alkitab, ..." "membaca" sepertinya lebih tepat
Selesai Selesai diganti menjadi mempelajari  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "Ranavalona III diproklamirkan sebagai ratu ..." Tidak baku, ganti dengan "diangkat" atau "dinobatkan"
Selesai Selesai diubah menjadi "diangkat"  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "Penobatannya dilakukan di daerah Mahamasina di Antananarivo pada tanggal 22 November 1883 pada saat ulang tahunnya yang ke-22, dan di situ ia diberi gelar "Yang Mulia Ranavalona III atas rahmat Allah dan kehendak rakyat, Ratu Madagaskar, dan Pelindung hukum Bangsa"" Bagaimana jika "Ketika Ranavalona berulang tahun ke-22 pada 22 November 1883, ia dinobatkan di daerah Mahamasina di Antananarivo, dan mendapat gelar "Yang Mulia Ranavalona III atas rahmat Tuhan dan kehendak rakyat, Ratu Madagaskar, dan Pelindung hukum Bangsa""
Selesai Selesai terima kasih atas sarannya.  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "... sekelompok 500 murid pria dan 400 murid perempuan ..." tidak efektif, ganti dengan "... sekelompok siswa yang terdiri dari 500 siswa dan 400 siswi ..."
Selesai Selesai  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "Ratu digambarkan oleh pers Amerika sebagai berikut: "Ia sedikit memiliki tinggi yang lebih dari orang-orang pada umumnya dan memiliki fitur wajah yang lembut, kulitnya sedikit lebih gelap dibandingkan dengan sebagian besar rakyatnya. Ia terlihat sedikit pemalu dan ia memimpin upacara-upacara resmi istana dengan baik." Bagaimana jika "Pers Amerika Serikat menggambarkan Ranavalona memiliki tinggi tubuh yang sedikit lebih tinggi dan kulit yang sedikit lebih gelap dibanding orang-orang pada umumnya, memiliki wajah yang lembut, sedikit pemalu dan memimpin upacara-upacara resmi istana dengan baik"?
Selesai Selesai  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
  • "Peran ratu muda kebanyakan hanya bersifat keupacaraan, ..." Bagaimana jika "Peran ratu muda kebanyakan hanya bersifat jabatan semata, ..."?
Selesai Selesai saya ganti jadi "bersifat upacara semata", sesuai dengan penjelasan KBBI  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)
Sumber
  • Terdapat 4 sumber yang tidak ditulis menggunakan {{sfn}} dan {{sfnRef}}. Bagaimana jika diubah menggunakan kedua templat itu agar penulisan sumber semakin rapi?
Selesai Selesai sumber buku yang tersisa sudah saya ubah dengan menggunakan kedua templat tersebut.  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)

Terima kasih banyak atas masukannya  Mimihitam  18 Oktober 2018 08.12 (UTC)

Komentar dari HaEr48

Artikelnya bagus, rapi, enak dibaca dan referensinya memadai. Good job! Berikut saranku:

  • “Ia memerintah dari 30 Juli 1883 hingga 28 Februari 1897” -> apakah “bertakhta” lebih cocok karena ia seorang ratu. Lebih sering dengar raja/ratu disebut “bertakhta” dibanding memerintah walaupun raja/ratunya juga memerintah (misal raja Arab Saudi). Saran/pertanyaan aja, aku juga ga terlalu yakin.
    • Selesai Selesai. Secara de facto lebih pas "bertakhta" karena yang memerintah adalah suaminya yang juga Perdana Menteri, dan kemudian Prancis untuk waktu yang singkat.  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • Aljir, Aljazair => Aljir, Aljazair Perancis? Mengingat negara Aljazair yang sekarang belum berdiri. Ketika Aljazair pertama kali disebutkan di konten juga ada baiknya disebutkan bahwa Aljazair adalah jajahan Prancis.
  • Di artikel disebutkan kalau peran ratu lumayan bersifat upacara semata.. Kayaknya perlu disebutkan di paragraf pembuka juga, supaya jelas?
    • Selesai Selesai - di kalimat kedua sudah ditambahkan "meskipun perannya hanya bersifat upacara semata"  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • Apa ada info kenapa dia menjadi ratu padahal cuma keponakan (bukan anak) dari ratu sebelumnya? Ratu sebelumnya ga punya anak? Apa anak perempuan lebih didahulukan dari anak laki-laki?
    • Sudah ada penjelasannya di Ranavalona_III#Tahun-tahun_awal: "Revolusi Aristokrat pada tahun 1863, yang didalangi oleh kakak laki-laki Rainilaiarivony (yaitu Perdana Menteri Rainivoninahitriniony), telah menyebabkan bergantinya pemerintahan absolut kaum Andriana menjadi monarki konstitusional. Dalam sistem tersebut kekuasaan dibagi oleh seorang penguasa monarki dari golongan Andriana dan seorang perdana menteri dari golongan Hova. Sistem ini dikukuhkan oleh pernikahan politik antara perdana menteri dengan seorang ratu yang bertakhta. Saat Ratu Ranavalona II mendekati kematiannya, upaya untuk mencari penerusnya dimulai..."  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.42 (UTC)
  • “... menemaninya diberikan tunjangan” => mungkin perlu disebut siapa yang memberi tunjangan
    • Selesai Selesai "oleh Prancis"  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • “Pengakuan hak Prancis di Madagaskar timur laut” -> Mungkin perlu dijelaskan “hak” apa yang dimaksud disini. Agak aneh negara Eropa tiba-tiba punya “hak” di Madagaskar ;)
    • Selesai Selesai saya ganti jadi "pengakuan klaim Prancis"  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • “Pengakuan asas-asas properti Prancis” => ini juga mungkin perlu dijelaskan… apakah artinya hukum hak milik Prancis jadi mengikat di Madagaskar?
    • Saya nggak bisa cek langsung sumbernya untuk memastikan, jadinya saya hilangkan saja supaya aman  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • “atas orang-orang Sakalava” -> Bisa dijelaskan sedikit siapa itu orang Sakalava?
    • Sebenarnya bisa saya tambahkan penjelasan dalam kurung, tapi di peninjauan di atas sempat dikomplain. Menurut HaEr48 gimana?  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • Di paragraf pembuka istilah menalamba ditulis miring, dibawah tidak. Yang mana yang benar?
  • Istilah asing cause célèbre, Andriana, dan Hova baiknya dijelaskan singkat apa artinya sehingga bisa dimengerti tanpa membuka link.
    • Sebelumnya sebenarnya sudah dijelaskan secara singkat di dalam tanda kurung, tapi di peninjauan di atas sempat dikomplain. Menurut HaEr48 gimana?  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • Jelaskan apa itu lamba? Apalagi tidak ada pranala birunya.
    • Selesai Selesai sudah saya tambahkan "kain lamba" dan pranala merah sudah saya isi  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)
  • Referensi no 7: (“Madagascar (Kingdom)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2011. …) tolong disebutkan diambil dari buku atau ensiklopedia apa, juga perlu tahunnya serta siapa pengarang atau penerbitnya.
    • Tanggal dan nama penulisnya tidak ada, tapi penerbitnya sudah saya tambahkan, yaitu The University of Queensland, Australia  Mimihitam  21 Oktober 2018 08.40 (UTC)

Demikian dulu. HaEr48 (bicara) 21 Oktober 2018 02.06 (UTC)

Harimau tasmania

Pengusul: Mimihitam (b • k • l) · Status:    Dalam diskusi

Sudah diperiksa dan dibaca ulang.  Mimihitam  11 Oktober 2018 15.39 (UTC)

Penulisan
  • Bagian sinonim di kotak info berisikan 7 poin yang belum diberi rujukan, sedangkan di Wikipedia bahasa Inggris diberi rujukan. Perlu diberi rujukan di sini? (Harris, 1808) juga belum diberi rujukan, padahal di Wikipedia bahasa Inggris diberi.
  • "Prangko", bukan "perangko".
Rujukan
  • Rujukan 1 tidak memiliki lokasi penerbitan. Jika mau terlihat lebih rapi sebaiknya ditulis seperti Paddle (2000) yang menggunakan {{sfn}}
    • Selesai Selesai, tapi tidak bisa pakai sfn karena itu dari templat.  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 3 "Paddle (2000)" tidak merujuk ke halaman tertentu.
    • Rujukan saya hapus dari situ karena tidak tepat, mengingat gambarnya diambil dari commons.  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 16 tidak memiliki lokasi penerbitan dan ISBN. Jika mau terlihat lebih rapi sebaiknya ditulis seperti Paddle (2000) yang menggunakan {{sfn}}
    • Rujukan 16 bukan buku, tapi link. Tapi sekarang urutan rujukannya sudah berubah lagi, jadi mohon dikonfirmasi maksudnya yang mana. Kalau yang dimaksud adalah Dawkins, Selesai Selesai saya sudah tambahkan  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 18 sepertinya sama saja seperti Paddle (2000), hanya tahun penerbitan yang berbeda.
  • Rujukan 19 tidak merujuk ke halaman tertentu.
    • Selesai Selesai saya ganti jadi pranala ke Merriam-Webster Dictionary  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 22 sebaiknya ditulis seperti Paddle (2000) yang menggunakan {{sfn}}
  • Rujukan 53 sepertinya bermasalah, Galaxy Science Fiction justru adalah majalah fiksi ilmiah, kelayakannya dipertanyakan.
    • Selesai Selesai saya musnahkan beserta kalimat2 yg tidak terlalu penting.  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 67 menggunakan YouTube, tepercaya?
    • Selesai Selesai - rujukan ilmiahnya sebenarnya di kalimat selanjutnya, dan saya sempat biarkan YouTube di situ karena saya pikir untuk orang yang mau nonton, tapi saya sudah hapus untuk menjaga keilmiahannya.  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 72 lebih mirip seperti catatan alih-alih penulisan rujukan yang semestinya.
    • Selesai Selesai - sudah dihapus.  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)
  • Rujukan 95 tidak memiliki lokasi penerbitan dan ISBN
    • Selesai Selesai saya ganti jadi pranala, karena di situ kalimatnya ngomongin permainan video, jadi yang dipakai bukan literatur ilmiah.  Mimihitam  12 Oktober 2018 10.17 (UTC)