Wikipedia:Artikel bagus/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bantuan · Komunitas · Portal · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel bagus di Wikipedia
Artikel bagus adalah artikel yang memenuhi standar editorial sebuah artikel tetapi belum memenuhi kualitas sebagai artikel pilihan. Halaman ini berisikan daftar artikel yang diusulkan sebagai artikel bagus, juga petunjuk bagi pengusul dan peninjau. Artikel dapat diajukan oleh siapapun, ditinjau oleh pengguna lain yang tidak berkontribusi banyak dalam artikel usulan ini.

Saat ini terdapat 174 artikel bagus dari 624.050 artikel di Wikipedia Indonesia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel bagus akan diberikan bintang (Fairytale bookmark silver.svg) pada pojok kanan atasnya.

Hapus singgahan

Artikel bagus
Arsip usulan:
< Juni 2008
2008—2010
2011 2012
2013 2014
2015 2016
2017 2018
2019 2020
2021 2022
Menurut topik
Usulan

Artikel bagus:

Prosedur pengusulan

  1. Sebelum mengusulkan calon, pastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria artikel bagus.
  2. Berikan {{StatusAB nominasi}} pada halaman pembicaraan artikel yang diusulkan.
  3. Buat halaman pengusulan:
  4. Salin tulisan ini: {{/nama artikel}}, kemudian sunting bagian Usulan pada halaman yang sedang anda baca saat ini, dan tempelkan yang telah Anda salin di paling atas daftar calon. Ganti "nama artikel" dengan judul artikel yang Anda usulkan.
  5. Setiap pengguna hanya dapat mengusulkan satu artikel saja dan baru dapat mengusulkan satu artikel lain setelah pengusulan tersebut ditutup
  6. Usulan artikel bagus yang baru saja ditutup tanpa penerimaan baru dapat diusulkan lagi setelah satu bulan

Mendukung dan menentang

Bacalah artikel yang diusulkan secara menyeluruh sebelum mendukung atau menentang pengusulan.

  • Untuk merespon pada pengusulan, klik "Sunting" pada kanan judul artikel (Bukan "Sunting" pada paling atas halaman ini).
  • Bila Anda mendukung pengusulan suatu artikel, tulis * {{setuju}}, diikuti dengan alasan. Apabila Anda banyak berkontribusi menulis artikel bersangkutan, mohon diberitahukan.
  • Bila Anda menentang pengusulan suatu artikel, tulis * {{tidak setuju}}, diikuti alasan atau kritikan Anda. Setiap kritikan harus menunjuk pada detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan kriteria yang ada.
  • Penilai yang menentang diharuskan untuk kembali melihat halaman pengusulan setelah beberapa hari, untuk melihat apakah kritikan mereka sudah ditindaklanjuti atau belum. Bila kritikan sudah diperbaiki, penilai yang menentang dapat menarik kritikan mereka dengan mencoretnya (dengan <s>...</s>). Yang berhak mencoret kritikan hanya penilai yang menulis kritikan tersebut. Bila penilai lain menilai bahwa kritikan tersebut sudah ditindaklanjuti, tuliskan komentar, jangan mencoret tulisan orang lain.
  • Untuk memberikan saran membangun tanpa mendukung atau menentang, tulis * {{komentar}} diikuti dengan saran atau komentar Anda.

Persetujuan

  • Artikel yang telah disetujui oleh minimal 3 suara dapat menjadi artikel bagus, dan pemungutan suara harus sudah berlangsung minimal selama dua pekan.
  • Artikel yang lebih dari sebulan tidak mendapatkan jumlah minimal dukungan 3 suara belum dapat dijadikan artikel bagus
  • Artikel dengan penolakan yang disertai alasan yang jelas, selama masih belum diperbaiki berdasarkan masukan tersebut, belum dapat dijadikan artikel bagus
  • Usulan artikel bagus dapat ditutup tanpa penerimaan, apabila salah satu prasyarat berikut telah dipenuhi: 1) Pengusul menarik usulannya, 2) Mutu artikel terlampau jauh dari kriteria artikel bagus (misalnya terjemahan buruk, tanpa rujukan, dll), 3) Terdapat pengguna yang menyatakan ketidaksetujuannya dengan disertai detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti, tetapi masukan tersebut tidak ditanggapi atau dikerjakan
  • Jika ada yang menyatakan tidak setuju tanpa memberikan alasan sama sekali, suara tidak setuju tersebut dianggap tidak sah
  • Untuk menjaga kenetralan, pengusul maupun penulis utama artikel tidak boleh menjadi orang yang menutup diskusi dengan status "diterima"

Setelah disetujui

Suatu artikel yang sudah disetujui menjadi artikel bagus akan dihapus dari halaman ini lalu didaftarkan terlebih dahulu ke halaman arsip.

Usulan[sunting sumber]

Pelafalan GIF[sunting sumber]

Pengusul: Ärkhézja (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Saya ingin mengusulkan artikel ini sebagai artikel bagus karena saya rasa sudah memenuhi kriteria AB. Ärk beszélgetés? 28 Juni 2022 08.56 (UTC)[balas]

Komentar dari Dedhert.Jr[sunting sumber]

Berdasarkan kriteria artikel bagus, artikel:

  1. ditulis dengan baik: Good article
  2. luas: Good article
  3. faktanya akurat: Good article
  4. netral: Good article
  5. stabil: Good article

Selain itu, artikel ini:

  1. mempunyai bagian pembuka, sistem hierarki, dan bagian daftar isi: Good article
  2. mempunyai gambar yang tepat untuk subjek: Did You Know?
  3. panjang: Good article

@Ärkhézja: Artikelnya bagus dan layak dijadikan sebagai AB, namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki (secara minor). Beri tanda {{selesai}} bila sudah dikerjakan.

Kalimat pengantar
  • Kata "diperselisihkan" kurang cocok dengan isinya, coba diganti dengan "diperdebatkan".
 Selesai
  • Sekedar bertanya, bukan meminta koreksi minor. It's pronounced "JIF" not "GIF" kalau diterjemahkan sebagai "GIF dilafalkan sebagai JIF bukan GIF". Apakah ini malah membingungkan para pembaca? Jika tidak, bisakah Anda jelaskan?
Sebenarnya ya... membingungkan, oleh itu saya gunakan "Ia [GIF]" agar pembaca dapat membaca pembuka artikel untuk penjelasan mengenai JIF dan GIF, sebenarnya saya sebelumnya ingin menerjemahkannya sebagai "... dengan g lemah, bukan keras", tapi bukankah ini agak melenceng jauh dari kalimatnya?
Hmm... saya tidak berpikir sampai situ. Namun ada benarnya juga bila menggunakan kata "Ia" lalu diberi tanda kurung yang mengisikan kata GIF. Baiklah kalau begitu. Ganti pakai "Ia [GIF]", tapi sebaiknya menggunakan "(...)" ketimbang "[...]"
 Selesai
  • Akankah lebih baik "mengatakan" daripada "menyatakan"? Karena menurut KBBI, "menyatakan" berarti menerangkan, memperlihatkan, dan mengemukakan isi pikiran atau hati.
 Selesai
  • Pada paragraf kedua di kalimat pertama, tidak ada kata konjungsi intrakalimat. Ada baiknya ditambahkan dengan kata "namun".
Did You Know? Saya agak bingung dengan ini, kalau bentuk kalimatnya diubah menjadi "Walaupun frekuensi penggunaan fonem pada setiap pelafalan berbeda-beda tergantung daerah penuturan, namun statistik menunjukkan bahwa ...", bukankah itu sedikit aneh, karena kalimat sudah diawali dengan "walaupun".
Ups, saya tarik yang ini.
Latar belakang
  • Di versi bahasa Inggris, tidak ada yang menggunakan gambarbergerak berupa sebuah bumi berotasi. Sepertinya ini kurang cocok dengan isi bagian ini. Ditambah lagi, gambar tersebut mempunyai tulisan "Sebuah animasi bumi berputar dalam format GIF".
 Selesai
  • Pada kalimat Selain itu pelafalan j dapat menggunakan [dʒ] pada beberapa penutur, tambahkan koma setelah kata "Selain itu"
 Selesai
Latar belakang#Bahasa lain
  • Dari kalimat pertama hingga ketiga, dikatakan baik, namun untuk kalimat keempat hingga terakhir, kebanyakan kata "Selain itu" dan "Sementara itu", bisakah Anda mengubah sedikit kalimat tersebut agar terasa lebih enak ketika dibaca?
 Selesai sudah saya coba perbaiki, mungkin masih kurang pas?
  • Untuk yang padanan ke bahasa sasaran, diberi templat {{Lang-id}}. Yang saya maksudkan adalah untuk padanan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, sebaiknya diberi templat tersebut.
 Selesai
  • Saya tidak mengerti kenapa menggunakan 〈gi〉, bukan gi? Apakah lebih baik dimiringkan saja?
 Selesai sebenarnya kurung siku digunakan untuk menandakan ortografi, tapi jika ortografi lain pada artikel ini tidak menggunakan cara yang sama, biar konsisten dihilangkan saja.
Analisa mengenai perdebatan#Penyebab
  • Pada kalimat "...lemah hampir setara, maka, seseorang yang baru pertama kali...", hilangkan kata koma setelah kata "maka".
 Selesai
Analisa mengenai perdebatan#Argumen
  • Pada kalimat "Perbedaan serupa juga muncul dalam NASA (National Aeronautics and Space Administration, dilafalkan sebagai /ˈnæsə/ ( simak))", jangan miringkan kata "NASA".
 Selesai
  • Pada kalimat yang sama, mungkin akan lebih enak dibaca bila ditambahkan kata "singkatan dari" sebelum National Aeronautics and Space Administration dan "yang" sebelum kata "dilafalkan". Apakah Anda keberatan?
 Selesai tentu saja tidak
Analis mengenai perdebatan#Jajak pendapatan
  • Pada kalimat "Ketika pengambilan sampel penutur disetarakan persentasenua", tiada kata "persentasenua" di KBBI. Apakah ini semacam saltik?
 Selesai saltik :/
  • Pada kalimat "... sebagai contoh, Wilhite selaku pembuat format file tersebut." Adakah padanan kata "file"?
 Selesai "berkas", lupa untuk menerjemahkannya
Insiden
  • Adakah padanan kata untuk "slide"? Saya rasa menggunakan kata asing, seolah-olah tidak enak dibaca.
 Selesai "Salindia"
  • Adakah padanan kata untuk "tweet"? Jika tidak, mungkin saya akan memberikan saran, "twit".
 Selesai terimakasih
  • Typo lagi, "berkometar", "menunjukan"
 Selesai
  • Pada kutipan "Mereka [kamus] salah. Ia [GIF] dilafalkan dengan g lemah ... Akhir kata", saya bingung dengan pengguna kata "Ia". Mungkin akan lebih baik jika kata "Ia" dihapus dan ganti "[GIF]" menjadi "GIF".
 Selesai
  • "jawabketiga" tiada di KBBI. Apakah ini semacam saltik atau adakah alasan khusus? Hal yang serupa dengan kata "pelafan".
 Selesai saltik lagi :/
  • "nenar" merupakan bentuk kata takbaku dari "nanar".
 Selesai
  • Pada kalimat "Sebelumnya, Trebek melafalkan GIF huruf per huruf agar Ia tetap netral pada pandangan pelafalan GIF.", kata "Ia" tidak perlu kapital.
 Selesai
Komentar dari Dedhert yang lain
  • Ada beberapa kata yang diketik typo. Jadi, usahakan untuk memperbaiki kata yang typo tersebut. Silahkan beri tanda centang ketika ini sudah selesai.
 Selesai untuk saat ini
    • Belum selesai. Masih ada banyak kata yang saltik. Saya tambahkan lagi di beberapa bagian tertentu.
  • @Ärkhézja: Sebelum saya katakan setuju, keberatankah Anda jika memakai {{lang-id}} untuk terjemahan bahasa Indonesianya pada bagian Latar belakang#Bahasa lain? Tambah lagi, "penglihatan" bukan "pengelihatan".
 Selesai

Aight, Setuju Setuju. Tunggu dua suara setuju lagi baru lolos AB. Dedhert.Jr (bicara) 28 Juni 2022 15.26 (UTC)[balas]

Setuju Setuju segera dijadikan artikel bagus jika telah memenuhi kriterianya Urang Depok (Pembicaraan Pengguna:Urang Depok) 1 Juli 2022 10.28 (UTC)[balas]

Setuju Setuju Dijadikan AB duu lah, nanti pas selesai moratorium mungkin bisa saya birukan pranala-pranala merahnya --Glorious Engine (bicara) 1 Juli 2022 05.00 (UTC)[balas]

2 Jam Nggak Ngapa-ngapain[sunting sumber]

Pengusul: Dedhert.Jr (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikel seharusnya sudah memenuhi kriteria artikel bagus. Dipersilahkan untuk memberi suara, izin memanggil @Medelam, @Symphonium264, dan @Azmi1995, khususnya @Gerald Waldo Luis yang sudah mengusulnya di EN. Dedhert.Jr (bicara) 17 Juni 2022 12.31 (UTC)[balas]

Komentar Juxlos[sunting sumber]

Prosa dan bahasa

  • "Video yang berdurasi 2 jam 20 menit 52 detik ini," - apakah koma diperlukan?
    • Aku awalnya perlu menggunakan koma, tapi saya hilangkan.  Selesai
  • "sembari tidak melihat apa-apa" - terjemahan ini agak terlalu langsung dari "staring at nothing". Mungkin "sembari berpandangan kosong?" atau "melamun?"
    •  Selesai, diganti dengan "sembari berpandangan kosong".
  • "dengan persiapannya dimulai sekitar 30 menit sebelumnya." - lebih baik "dengan persiapan sejak 30 menit sebelumnya?"
    •  Selesai
  • "duduk lebih lama dari yang diharapkannya" - rasanya kurang enak ya. Mungkin "lebih lama dari harapan awalnya"?
    •  Selesai
  • "adalah komentar sarkasme" - sarkastik?
    •  Selesai
  • Di bagian "Tanggapan" banyak pranala merah. Sebaiknya dibirukan, disesuaikan, atau dikeluarkan.
    • Padahal menurut kriteria AB, tidak ada yang namanya komprehensif, dalam artian pranala tidak ada yang berwarna merah.
  • "untuk para pelanggannya" - ini "subscribers" kan ya? Apa ada istilah lain?
    • Oops, salah padanan,  Selesai dengan menggantinya menjadi "langganan"
  • "akan tetapi ditemukan video" - dalam konteks ini Vice yang menemukan ya. Kalimat ini perlu dibentuk ulang.
    •  Selesai
  • "mendapatkan jutaan orang." -> "menarik perhatian"?
    • Apakah ini akan menjadi tidak nyaman saat membacanya pada kalimat di depannya, yakni "...yang tidak melakukan apapun selama dua jam [cukup menarik] untuk mendapatkan jutaan orang". Kata "cukup menarik" sudah ada, namun kalau diganti dengan "menarik perhatian", seolah-olah rasanya agak kurang nyaman kalau dibaca. Adakah saran lain?  Selesai diganti dengan "menarik perhatian jutaan orang".
  • "Pertumbuhan [...]" - menjadikan kalimat ini tidak masuk akal. Bisa diganti misal "Selama bertumbuh usia, [...]"
    •  Selesai
  • "seorang mantan" - kata "seorang" tidak perlu, mantan wakil gubernur tidak sebanyak itu
    •  Selesai
  • "mengapresiasi video tersebut 'keren dan orisinil'" - kalimat ini tidak lancar. Bisa ditulis ulang
    •  Selesai Bagaimana dengan "memuji karyanya bahwa video tersebut"? Kalau kurang, bisa diberi sarannya.
  • Sejumlah pranala di bagian "Adaptasi permainan video" tidak sesuai. "Kartu" dipranala merahkan ke "Game over", "stopwatch" ditulis sebagai "jam sukat".
    • Secarik kartu yang dimaksudkan menunjukkan kalau permainannya sudah berakhir (game over). Ini sudah saya hapus, namun mengenai stopwatch yang diterjemahkan menjadi jam sukat, sudah ada padanan di WBI.

Referensi

  • Mohon dicek kembali format referensi. Banyak tanggal yang masih berbahasa Inggris dan sejumlah judul artikel yang sudah dalam Bahasa Indonesia tidak perlu dilengkapi terjemahan Bahasa Inggris.
    • Saya akan coba untuk memperbaikinya satu-satu, agak susah untuk mengkonversikannya.  Selesai Silahkan diperiksa kembali, @Juxlos.

Juxlos (bicara) 17 Juni 2022 13.56 (UTC)[balas]

Komentar GuerraSucia[sunting sumber]

  • "video tersebut menjadi tren di situs 9GAG": "menjadi tren" sepertinya kurang tepat di sini.
    •  Selesai, ditulis ulang menjadi "menjadi tren hangat", namun apakah ini masih kurang cocok?
  • "bahwa video tersebut hanya untuk para langganannya.": apa tidak lebih baik ditulis "para pengikutnya"?
    •  Selesai
  • "Banyak video tantangan yang dibuatnya menyerupai video yang serupa namun durasinya diperpanjang": "yang dibuatnya" maksudnya dibuat oleh Didit atau orang lain? Kalau oleh orang lain, "dibuatnya" bukan kata yang tepat di situ. "Video tantangan" juga bisa dijelaskan maksudnya apa.
    •  Selesai Setelah saya baca di versi Inggrisnya, ternyata salah padanannya. Sudah saya ganti dengan "Banyak warganet yang menantang Didit utnuk membuat video yang serupa dengannya." Hal ini juga disesuaikan dengan kutipannya.

GuerraSucia 19 Juni 2022 09.18 (UTC)[balas]

Halo @GuerraSucia, mohon maaf sekali untuk mem-ping Anda. Mau bertanya adakah yang perlu ditambahkan untuk sarannya? Salam, Dedhert.Jr (bicara) 29 Juni 2022 13.17 (UTC)[balas]

Wreksodiningrat[sunting sumber]

Pengusul: Thoriq85 (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Profil sudah dilengkapi dengan data secara optimal dan beberapa kali ditemui diubah/dikurangi tanpa tahu dasar perubahan sehingga mengurangi informasi. Profil adalah Tokoh Pejuang Kemerdekaan yang mesti dihargai dan dihormati kontribusinya.

Thoriq85 (bicara) 8 Juni 2022 05.43 (UTC)[balas]

@Thoriq85: Wikipedia bukanlah untuk mengindikasi kepentingan tokoh, sudah pasti jelas saya katakan {{Tidak setuju} Dedhert.Jr (bicara) 11 Juni 2022 06.30 (UTC) [balas]
Tambah lagi, jika Anda ingin mengusulkan artikel ini menjadi artikel bagus, Anda harus pahami kriteria-kriteria AB yang ada di WBI, lihat WP:KAB. Dedhert.Jr (bicara) 11 Juni 2022 06.35 (UTC)[balas]
Kepentingan apa yang dimaksud ? Profil yang dimaksud adalah orang yang telah membuat temuan untuk masyarakat banyak dan berjuang saat kemerdekaan. Itu tentu adalah persyaratan utama (Kriteria KHUSUS) dari seseorang disebut TOKOH bagian Ilmuwan. WP:TOKOH (https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Kelayakan_artikel/Tokoh) Thoriq85 (bicara) 11 Juni 2022 07.23 (UTC)[balas]
@Thoriq85: Mohon maaf, setelah saya baca lagi, ternyata sudah memenuhi kelayakan di WP:TOKOH. Untuk mengenai isinya, saya katakan Tidak setuju Tidak setuju. Alasannya karena halaman ini tidak memenuhi kriteria WP:KAB. Selain itu, halaman ini perlu diperbaiki terlebih dahulu, dapat ikuti seperti halaman biografi AB lainnya, kutipannya perlu diubah menjadi bentuk standar, bukan berupa tautan. Dedhert.Jr (bicara) 11 Juni 2022 08.23 (UTC)[balas]
@Thoriq85: Terima kasih atas usulan AB nya. Namun, ada beberapa aspek dari artikel yang belum memenuhi standar. Sebagai contoh, terkait dengan referensi. Artikel bagus harus memenuhi standar dalam hal referensi. Mas Thoriq bisa mulai dengan memperbaiki referensinya sesuai Wikipedia:Kutip sumber tulisan. Mas juga bisa melihat contoh-contoh referensi di daftar artikel bagus. Jeromi Mikhael (bicara) 11 Juni 2022 12.43 (UTC)[balas]

Komentar Juxlos[sunting sumber]

Secara umum, kondisi artikel masih belum bisa saya bilang mencukupi untuk artikel bagus:

  • ditulis dengan baik:
    • Tata bahasa artikel belum baku. Dari pilihan kata (Teknik, bukan Tekhnik). Banyak kalimat yang rasanya terlalu panjang ("Pada saat masih menjadi mahasiswa di Delft, Belanda Wreksodiningrat ikut dalam Indische Vereeniging (Perhimpunan Indonesia) di Belanda, ia menjadi salah satu pengurus dalam perhimpunan tersebut yaitu menjadi sekretaris.". Kalimat ini bisa dipisah dua: "Pada saat masih menjadi mahasiswa di Delft, Wreksodiningrat ikut dalam Indische Vereeniging (Perhimpunan Indonesia/PI). Ia turut menjadi salah satu pengurus PI, dengan jabatan sekretaris.") atau terlalu disingkat ("Wreksodiningrat wafat di Yogyakarta 9 Oktober 1969, dimakamkan di Astana Girigondo, Wates, Kulon Progo." sebaiknya ditulis "Wreksodiningrat wafat di Yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 1969, dan dimakamkan di Astana Girigondo, Wates, Kulon Progo").
    • Secara umum, format Wikipedia kronologis. Saat ini, urutan artikel: Lahir-Mati-Mahasiswa-Pekerjaan-Peninggalan. Dengan format kronologis, akan lebih seperti Lahir-Mahasiswa-Pekerjaan-Mati-Peninggalan.
  • luas
  • ybs tiba di Delft tahun 1908
  • ybs sempat menjadi pemimpin STT (Sekolah Tinggi Teknik) di Bandung tahun 1947
  • ybs turut serta sebagai pendiri UGM tahun 1949 selaku pemimpin STT Yogyakarta
  • faktanya akurat
    • Tidak ada referensi yang menunjukkan ybs bergelar dari Kesunanan.
    • Apa bukti bahwa jembatan-jembatan yang tertulis itu merupakan karya beliau? Referensi dibutuhkan.
  • netral
    • Artikel ini agak terlalu ditulis dengan sudut pandang simpatis. Tidak sampai kebablasan, tapi kelihatan sekali bahwa penulis artikel berpihak ke subjek artikel.
  • Panjang artikel agak terlalu pendek menurut saya.
  • Secara umum saya Tidak setuju Tidak setuju menjadikan artikel ini AB. Apabila pengusul menarik usulan, mungkin saya akan coba mengembangkan artikel ini. Juxlos (bicara) 17 Juni 2022 14.18 (UTC)[balas]