Wikipedia:Artikel bagus/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel bagus di Wikipedia
Artikel bagus adalah artikel yang memenuhi standar editorial sebuah artikel tetapi belum memenuhi kualitas sebagai artikel pilihan. Halaman ini berisikan daftar artikel yang diusulkan sebagai artikel bagus, juga petunjuk bagi pengusul dan peninjau. Artikel dapat diajukan oleh siapapun, ditinjau oleh pengguna lain yang tidak berkontribusi banyak dalam artikel usulan ini.

Saat ini terdapat 167 artikel bagus dari 546.507 artikel di Wikipedia Indonesia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel bagus akan diberikan bintang (Fairytale bookmark silver.svg) pada pojok kanan atasnya.

Hapus singgahan

Artikel bagus
Arsip usulan:
< Juni 2008
2008—2010
2011 2012
2013 2014
2015 2016
2017 2018
2019 2020
Menurut topik
Usulan

Artikel bagus:

Prosedur pengusulan

  1. Sebelum mengusulkan calon, pastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria artikel bagus.
  2. Berikan {{StatusAB nominasi}} pada halaman pembicaraan artikel yang diusulkan.
  3. Buat halaman pengusulan:
  4. Salin tulisan ini: {{/nama artikel}}, kemudian sunting bagian Usulan pada halaman yang sedang anda baca saat ini, dan tempelkan yang telah Anda salin di paling atas daftar calon. Ganti "nama artikel" dengan judul artikel yang Anda usulkan.

Mendukung dan menentang

Bacalah artikel yang diusulkan secara menyeluruh sebelum mendukung atau menentang pengusulan.

  • Untuk merespon pada pengusulan, klik "Sunting" pada kanan judul artikel (Bukan "Sunting" pada paling atas halaman ini).
  • Bila Anda mendukung pengusulan suatu artikel, tulis * {{setuju}}, diikuti dengan alasan. Apabila Anda banyak berkontribusi menulis artikel bersangkutan, mohon diberitahukan.
  • Bila Anda menentang pengusulan suatu artikel, tulis * {{tidak setuju}}, diikuti alasan atau kritikan Anda. Setiap kritikan harus menunjuk pada detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan kriteria yang ada.
  • Penilai yang menentang diharuskan untuk kembali melihat halaman pengusulan setelah beberapa hari, untuk melihat apakah kritikan mereka sudah ditindaklanjuti atau belum. Bila kritikan sudah diperbaiki, penilai yang menentang dapat menarik kritikan mereka dengan mencoretnya (dengan <s>...</s>). Yang berhak mencoret kritikan hanya penilai yang menulis kritikan tersebut. Bila penilai lain menilai bahwa kritikan tersebut sudah ditindaklanjuti, tuliskan komentar, jangan mencoret tulisan orang lain.
  • Untuk memberikan saran membangun tanpa mendukung atau menentang, tulis * {{komentar}} diikuti dengan saran atau komentar Anda.

Persetujuan

  • Artikel yang telah disetujui oleh minimal 3 suara dapat menjadi artikel bagus, dan pemungutan suara harus sudah berlangsung minimal selama dua minggu.
  • Artikel yang lebih dari sebulan tidak mendapatkan jumlah minimal dukungan 3 suara belum dapat dijadikan artikel bagus
  • Artikel dengan penolakan yang disertai alasan yang jelas, selama masih belum diperbaiki berdasarkan masukan tersebut, belum dapat dijadikan artikel bagus
  • Usulan artikel bagus dapat ditutup tanpa penerimaan, apabila salah satu prasyarat berikut telah dipenuhi: 1) Pengusul menarik usulannya, 2) Mutu artikel terlampau jauh dari kriteria artikel bagus (misalnya terjemahan buruk, tanpa rujukan, dll), 3) Terdapat pengguna yang menyatakan ketidaksetujuannya dengan disertai detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti, tetapi masukan tersebut tidak ditanggapi atau dikerjakan
  • Jika ada yang menyatakan tidak setuju tanpa memberikan alasan sama sekali, suara tidak setuju tersebut dianggap tidak sah
  • Untuk menjaga kenetralan, pengusul maupun penulis utama artikel tidak boleh menjadi orang yang menutup diskusi dengan status "diterima"

Setelah disetujui

Suatu artikel yang sudah disetujui menjadi artikel bagus akan dihapus dari halaman ini lalu didaftarkan terlebih dahulu ke halaman arsip.

Usulan[sunting sumber]

Mardaani 2[sunting sumber]

Pengusul: Nicholas Michael Halim (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikel tentang film cerita seru berpusatkan wanita (woman-centric) India yang cukup terkenal. --Nicholas Michael Halim (bicara) 14 September 2020 13.02 (UTC)

  • Bagian pemeran kenapa tidak semua diberi pranala? Hartono W (bicara) 16 September 2020 03.32 (UTC)
Oh... itu soalnya di wikipedia bahasa Inggris-nya memang tidak ada artikel yang ngebahas si pemeran tersebut. Semisal, Tejasvi Singh Ahlawat, dia cuma ngebintangi satu film hingga hari ini. Jadi kayaknya kurang penting kalo harus dibuat artikelnya. --Nicholas Michael Halim (bicara) 16 September 2020 07.58 (UTC)

Johannes Latuharhary[sunting sumber]

Pengusul: Juxlos (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikel yang saya tulis sendiri dari nol di enwiki dan sudah diterima sebagai Good Article. Untuk versi bahasa Indonesia dengan urutan paragraf dan kalimat yang secara umum sama, tapi terjemahan dilakukan secara manual dan ada beberapa kalimat yang ditambahkan setelah saya baca ulang sumber2nya. Lebih cocok disebut "tulis ulang".

Juxlos (bicara) 14 September 2020 03.33 (UTC)

Mardaani[sunting sumber]

Pengusul: Nicholas Michael Halim (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikel tentang film cerita seru berpusatkan wanita (woman-centric) India, yang cukup terkenal namun kebanyakan artikel yang membicarakan tentang film tersebut telah hilang (atau dihapus). --Nicholas Michael Halim (bicara) 8 Agustus 2020 05.44 (UTC)

  • Komentar Komentar Apakah ada kata yang lebih baik untuk menerjemahkan filming alih-alih pemfilman? Pengambilan gambar atau pembuatan film, mungkin? Medelam (bicara) 11 September 2020 03.03 (UTC)
    Selesai Selesai Pengambilan gambar. --Nicholas Michael Halim (bicara) 11 September 2020 03.14 (UTC)
Kalau untuk skor (lihat di kotak info)? Medelam (bicara) 11 September 2020 04.32 (UTC)
Diganti latar belakang. --Nicholas Michael Halim (bicara) 11 September 2020 07.21 (UTC)

No One Killed Jessica[sunting sumber]

Pengusul: Nicholas Michael Halim (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Artikel tentang film cerita seru berpusatkan wanita (woman-centric) India, yang cukup terkenal namun kebanyakan artikel yang membicarakan tentang film tersebut telah hilang (atau dihapus). --Nicholas Michael Halim (bicara) 1 Agustus 2020 08.17 (UTC)