Wikipedia:Artikel bagus/Usulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bantuan · Komunitas · Portal · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Halaman utamaDiskusiKriteriaPanduanPengusulanPeninjauan ulang
Bintang ini melambangkan artikel bagus di Wikipedia
Bintang ini melambangkan artikel bagus di Wikipedia
Artikel bagus adalah artikel yang memenuhi standar editorial sebuah artikel tetapi belum memenuhi kualitas sebagai artikel pilihan. Halaman ini berisikan daftar artikel yang diusulkan sebagai artikel bagus, juga petunjuk bagi pengusul dan peninjau. Artikel dapat diajukan oleh siapapun, ditinjau oleh pengguna lain yang tidak berkontribusi banyak dalam artikel usulan ini.

Saat ini terdapat 202 artikel bagus dari 690.926 artikel di Wikipedia Indonesia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel bagus akan diberikan bintang () pada pojok kanan atasnya.

Hapus singgahan

Artikel bagus
Arsip usulan:
< Juni 2008
2008—2010
2011 2012
2013 2014
2015 2016
2017 2018
2019 2020
2021 2022
2023
Menurut topik
Usulan

Artikel bagus:

Prosedur pengusulan

  1. Sebelum mengusulkan calon, pastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria artikel bagus.
  2. Berikan {{StatusAB nominasi}} pada halaman pembicaraan artikel yang diusulkan.
  3. Buat halaman pengusulan:
  4. Salin tulisan ini: {{/nama artikel}}, kemudian sunting bagian Usulan pada halaman yang sedang anda baca saat ini, dan tempelkan yang telah Anda salin di paling atas daftar calon. Ganti "nama artikel" dengan judul artikel yang Anda usulkan.
  5. Setiap pengguna hanya dapat mengusulkan satu artikel saja dan baru dapat mengusulkan satu artikel lain setelah pengusulan tersebut ditutup
  6. Usulan artikel bagus yang baru saja ditutup tanpa penerimaan baru dapat diusulkan lagi setelah satu bulan

Mendukung dan menentang

Bacalah artikel yang diusulkan secara menyeluruh sebelum mendukung atau menentang pengusulan.

  • Untuk merespon pada pengusulan, klik "Sunting" pada kanan judul artikel (Bukan "Sunting" pada paling atas halaman ini).
  • Bila Anda mendukung pengusulan suatu artikel, tulis * {{setuju}}, diikuti dengan alasan. Apabila Anda banyak berkontribusi menulis artikel bersangkutan, mohon diberitahukan.
  • Bila Anda menentang pengusulan suatu artikel, tulis * {{tidak setuju}}, diikuti alasan atau kritikan Anda. Setiap kritikan harus menunjuk pada detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan kriteria yang ada.
  • Penilai yang menentang diharuskan untuk kembali melihat halaman pengusulan setelah beberapa hari, untuk melihat apakah kritikan mereka sudah ditindaklanjuti atau belum. Bila kritikan sudah diperbaiki, penilai yang menentang dapat menarik kritikan mereka dengan mencoretnya (dengan <s>...</s>). Yang berhak mencoret kritikan hanya penilai yang menulis kritikan tersebut. Bila penilai lain menilai bahwa kritikan tersebut sudah ditindaklanjuti, tuliskan komentar, jangan mencoret tulisan orang lain.
  • Untuk memberikan saran membangun tanpa mendukung atau menentang, tulis * {{komentar}} diikuti dengan saran atau komentar Anda.

Persetujuan

  • Artikel yang telah disetujui oleh minimal 3 suara dapat menjadi artikel bagus, dan pemungutan suara harus sudah berlangsung minimal selama dua pekan.
  • Artikel yang lebih dari sebulan tidak mendapatkan jumlah minimal dukungan 3 suara belum dapat dijadikan artikel bagus
  • Artikel dengan penolakan yang disertai alasan yang jelas, selama masih belum diperbaiki berdasarkan masukan tersebut, belum dapat dijadikan artikel bagus
  • Usulan artikel bagus dapat ditutup tanpa penerimaan, apabila salah satu prasyarat berikut telah dipenuhi: 1) Pengusul menarik usulannya, 2) Mutu artikel terlampau jauh dari kriteria artikel bagus (misalnya terjemahan buruk, tanpa rujukan, dll), 3) Terdapat pengguna yang menyatakan ketidaksetujuannya dengan disertai detail spesifik yang dapat ditindaklanjuti, tetapi masukan tersebut tidak ditanggapi atau dikerjakan
  • Jika ada yang menyatakan tidak setuju tanpa memberikan alasan sama sekali, suara tidak setuju tersebut dianggap tidak sah
  • Untuk menjaga kenetralan, pengusul maupun penulis utama artikel tidak boleh menjadi orang yang menutup diskusi dengan status "diterima"

Setelah disetujui

Suatu artikel yang sudah disetujui menjadi artikel bagus akan dihapus dari halaman ini lalu didaftarkan terlebih dahulu ke halaman arsip.

Ceki[sunting sumber]

Pengusul: Alteaven (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

artikel mengenai permainan tradisional yang dulu banyak dimainkan, dan hingga kini masih populer di beberapa tempat. Berbagai sumber eksisting sudah dikompilasikan dan artikel sudah dilengkapi gambar serta diagram relevan. Namun begitu karena artikel masih baru, kurang yakin apakah memenuhi salah satu kriteria "stabil". Mohon penjelasannya jika ternyata belum bisa, atau masukkan jika ada aspek lain yang perlu diperbaiki

Alteaven (bicara) 15 Desember 2023 03.24 (UTC)[balas]

Saya rasa artikel masih perlu dikembangkan. Rujukan yang ada juga tidak jelas bahan bacaannya. Disana hanya disebutkan Jones 2008. hlm. 48. Walaupun saya temukan di bawah pada bagian Daftar pustaka namun tidak berurutan sesuai penomoran referensi/rujukan. Cukup membingungkan pembaca. Ariandi Lie Diskusi disini saja 15 Desember 2023 08.29 (UTC)[balas]
Salam. Maaf, boleh tolong jelaskan tidak jelas bahan bacaannya seperti apa? Menurut saya itu cukup jelas mana yang artikel dari jurnal, mana yang buku, mana yang berita. Ketika ada informasi DOI atau ISBN sudah dicantumkan. Kemudian daftar pustaka memang tidak disusun sesuai kemunculan, untuk hal seperti itu lihat rujukan di atas daftar pustaka dengan tag sfn. Daftar pustaka disusun alfabetis dan ini sudah memudahkan pembaca dalam men-crosscheck rujukan atas. Ini yang diberitahukan ke saya oleh komentator, terakhir saya mengajukan artikel Pitis Palembang sebagai AB tidak dimasalahkan. Alteaven (bicara) 15 Desember 2023 08.57 (UTC)[balas]
Komentar Komentar @Alteaven, sepertinya yang dimaksud oleh @Ariandi Lie ialah penautan dari subjudul Rujukan ke Daftar Pustaka yang tidak terhubung. Misalnya ketika Amaro 1993 di Subjudul Rujukan diklik, maka akan mengarahkan ke Amaro, Ana Maria (1993) pada Subjudul Daftar Pustaka.
Saya sudah mencoba untuk membantu menautkan salah satunya (Jones, 2008) tetapi tidak berhasil. Contoh penautan yang telah berhasil bisa Anda lihat pada artikel Pitis Palembang yang telah saya sunting. Silakan dicek dan semoga dapat membantu. – JumadilM Diskusi 8 Januari 2024 16.36 (UTC)[balas]
Owh ya ok paham. Dan iya ya kenapa Jones tidak bisa. saya coba dulu agar seperti yang di pitis palembang Alteaven (bicara) 9 Januari 2024 06.44 (UTC)[balas]
@Ariandi Lie@JumadilM Sudah saya coba perbaiki, tapi saya cukup bingung. Meskipun formatnya saya lihat sama, hanya beberapa link yang nyala dan mengantarkan pada pustaka di reflist; misal Amaro (1993), Mayer (1897), Muhammad (2021), Pwee (2003), Siem (1941). Ada saran cara membereskannya? Alteaven (bicara)

Komentar minor Medelam[sunting sumber]

  • Harap tambakan kotak info pada awal artikel, bisa merujuk seperti pada mahyong.
  • Koreksi: 1864-1943 menjadi 1864–1943; 1980an menjadi 1980-an; bebarengan menjadi berbarengan (atau pilih kata lain seperti bersamaan)
  • Akhir paragraf kedua pada bagian Penggunaan Populer hanya berupa catatan, belum ada referensi.
  • Akhir paragraf pada bagian Nilai belum ada referensi.
  • Beberapa referensi belum ada pada daftar pustaka: Pollard 2023, Pollard 2003, dan Mayer 1849.

Salam. Medelam (bicara) 18 April 2024 05.52 (UTC)[balas]

1-Pentadekanol[sunting sumber]

Pengusul: Wiz Qyurei (b • k • l)
Status:    Dalam diskusi

Saya cukup terkesan melihat artikel ini merupakan GA di enwiki. Semoga saja juga bisa jadi AB di WBI.

Wiz Qyurei (bicara) 22 Januari 2024 06.40 (UTC)[balas]

komentar saya: masih ada yang bertanda merah jadi belum bisa. nanti artikelnya akan saya baca-baca lagi. Cc @Wiz Qyurei:
Ustad abu gosok (bicara) 22 Januari 2024 10.15 (UTC)[balas]
 Selesai @Ustad abu gosok Semua pranala merah telah dibirukan. Wiz Qyurei (bicara) 26 Januari 2024 14.12 (UTC)[balas]

Komentar Medelam[sunting sumber]

  • Saya lupa mengenai penamaan, apakah judul artikel ini seharusnya "1-Pentadekanol" atau "1-pentadekanol" (dengan p kecil).
  • "dengan sebuah gugus hidroksi sebagai substituen di salah satu ujungnya." Apakah ada penjelasan lebih lanjut pada badan artikel mengenai hal ini?
  • "1-Pentadekanol umumnya merupakan senyawa yang stabil." Stabil dalam hal apa ya?
  • "dengan 85,5 miligram dikembangkan per 10 gram pentadekana". Apakah maksudnya dihasilkan?
  • "Beberapa konversi menjadi 2-pentadekanol dan 2-pentadekanona juga teramati." Apa maknanya dalam kaitan dengan produksi 1-pentadekanol?

Mungkin itu saja dari saya. Semoga berkenan. Salam. Medelam (bicara) 25 Maret 2024 02.37 (UTC)[balas]