Kepulauan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepulauan di perbatasan Thailand dan Myanmar yang terdiri dari 800 gugus pulau

Kepulauan adalah rantai, gugusan, atau kumpulan dari pulau-pulau yang terbentuk secara tektonik. Kata archipelago dalam bahasa Inggris berasal dari bahasa Yunani ἄρχι- - arkhi- ("kepala") dan πέλαγος - pelagos ("laut") yang berasal dari rekonstruksi linguistik bahasa Yunani abad pertengahan ἀρχιπέλαγος tepatnya nama untuk Laut Aegea, kemudian bergeser untuk merujuk pada Kepulauan Aegea atau merujuk pada jumlah kumpulan/gugusan pulau-pulau. Sekarang digunakan secara umum yang mengacu pada setiap kelompok besar pulau seperti yang tersebar pada Laut Aegea.[1]

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia berdasarkan wilayah, dan jumlah penduduk. Contoh lainnya adalah Jepang, Filipina, Maladewa, Bahama, Komoro, Fiji, dan Kepulauan Solomon.

Dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 1996 Tentang Perairan Indonesia, yang dimaksud dengan Kepulauan adalah suatu gugusan pulau, termasuk bagian pulau, dan perairan di antara pulau-pulau tersebut, dan lain-lain wujud alamiah yang hubungannya satu sama lain demikian eratnya sehingga pulau-pulau, perairan, dan wujud alamiah lainnya itu merupakan satu kesatuan geografi, ekonomi, pertahanan keamanan, dan politik yang hakiki, atau yang secara historis dianggap sebagai demikian.[2]

Jenis geografis[sunting | sunting sumber]

Kepulauan dapat ditemukan terisolasi dalam air dalam jumlah besar atau berdekatan dengan daratan yang luas. Misalnya, Skotlandia memiliki lebih dari 700 pulau di sekitar daratannya yang membentuk kepulauan.

Kepulauan sering vulkanik, terbentuk di sepanjang busur pulau yang dihasilkan oleh zona subduksi atau hotspot, tetapi mungkin juga merupakan hasil dari erosi, pengendapan, dan ketinggian daratan. Bergantung pada asal geologisnya, pulau-pulau yang membentuk kepulauan dapat disebut sebagai kepulauan samudera, fragmen benua, dan kepulauan benua.

Kepulauan samudera[sunting | sunting sumber]

Kepulauan samudera sebagian besar berasal dari gunung berapi, dan banyak terpisah dari benua yang berdekatan. Kepulauan Hawaii dan Pulau Paskah di Pasifik, dan Kepulauan Amsterdam di Samudra Hindia selatan adalah contohnya.

Fragmen benua[sunting | sunting sumber]

Fragmen benua bersesuaian dengan massa daratan yang telah terpisah dari massa benua akibat perpindahan tektonik. Kepulauan Farallon di lepas pantai California adalah contohnya.

Kepulauan benua[sunting | sunting sumber]

Kepulauan yang terbentuk dekat dengan pantai sebuah benua dianggap kepulauan benua ketika mereka membentuk bagian dari landas benua yang sama, ketika pulau-pulau tersebut berada di atas ekstensi air dari paparan. Pulau-pulau di pedalaman bagian lepas pantai British Columbia adalah contohnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archipelago". Farlex, Inc. 6. 2008. Archived from the original on 2006-10-20. Diakses tanggal 2008-10-02. 
  2. ^ "Kepulauan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-25. Diakses tanggal 23 September 2017. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]