Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Artikel Pilihan)
Lompat ke: navigasi, cari
Bantuan · Komunitas · Portal · Isi Pilihan · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Artikel bagus · Artikel pilihan · Gambar pilihan · Daftar pilihan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 344 artikel pilihan dari 389.649 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.133 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus tembolok

"A Rugrats Chanukah" adalah sebuah episode khusus serial televisi animasi Nickelodeon Rugrats. Episode pertama dari musim keempat acara tersebut dan keenam puluh enam secara keseluruhan, episode tersebut mengisahkan cerita hari raya Yahudi Chanukah di mata Rugrats, yang membayangkan diri mereka sendiri sebagai karakter utama. Raymie Muzquiz menyutradarai "A Rugrats Chanukah" dari sebuah naskah buatan J. David Stem dan David N. Weiss. Pada 1992, Nickelodeon memberikan gagasan untuk membuat episode khusus Chanukah kepada tim produksi, namun konsep tersebut direvisi dan menjadi episode khusus 1995, "A Rugrats Passover". Setelah produksi episode Paskah Yahudi tersebut ditayangkan, para kru kembali pada gagasan Chanukah. Nickelodeon menyiarkan "A Rugrats Chanukah" pada 4 Desember 1996; episode tersebut meraih rating Nielsen sejumlah 7.9 dan ulasan positif dari para kritikus televisi. Bersama dengan episode Rugrats lainnya yang menampilkan Boris dan istrinya, episode khusus tersebut menuai kontroversi ketika Liga Anti-Fitnah membandingkan rancangan karakter tersebut dengan penggambaran anti-Semitik dari sebuah surat kabar Nazisme 1930an. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Sang PenariPong TikuHarta Berdarah

ArsipArtikel pilihan lainnya...


Sang Penari merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 10 November 2011 yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah serta dibintangi oleh Prisia Nasution dan Oka Antara sebagai pemeran utama, serta Slamet Rahardjo, Dewi Irawan dan Hendro Djarot sebagai pemeran pendukung. Film ini diadaptasi dari novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk tahun 1982 karya Ahmad Tohari, penulis asal Banyumas, Jawa Tengah. Film ini menceritakan kisah cinta tragis seorang pemuda desa dengan seorang penari ronggeng baru di desa kecilnya yang dirundung kemiskinan, kelaparan, dan kebodohan di Indonesia tahun 1960-an yang penuh gejolak politik. Setelah rilis pada 10 November 2011, Sang Penari mendulang pujian kritikus. Sang Penari berhasil meraih sepuluh nominasi Festival Film Indonesia 2011, dan berhasil memenangkan empat Piala Citra, semuanya untuk penghargaan utama, di antaranya adalah penghargaan tertinggi Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Ifa Isfansyah, Aktris Terbaik untuk Prisia Nasution, dan Aktris Pendukung Terbaik untuk Dewi Irawan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Pong TikuHarta BerdarahSoeara Berbisa

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Satoru Iwata

Satoru Iwata adalah seorang pemrogram permainan Jepang dan pengusaha yang menjabat sebagai presiden keempat serta pejabat tertinggi eksekutif (CEO) dari Nintendo. Lahir di Sapporo, Jepang, ia menyatakan minatnya pada permainan video, dan kemudian mengambil jurusan ilmu komputer di Institut Teknologi Tokyo. Iwata bergabung dengan pengembang permainan HAL Laboratory pada tahun 1980 dan menjadi presidennya pada 1993. Bergabung dengan Nintendo sebagai kepala divisi perencanaan-perusahaan pada tahun 2000, ia membawa perkembangan pada perusahaan tersebut. Mendeklarasikan dirinya sebagai pemain, ia berfokus pada perluasan terapan permainan video di seluruh demografi dan meningkatkan lingkup pasar. Ia juga membangun hubungan kuat dengan para penggemar Nintendo melalui media sosial dan giat tampil dalam Iwata Asks dan Nintendo Direct, yang menjadikannya citra publik dari perusahaan tersebut. Dirilisnya Nintendo 3DS dan Wii U menurunkan dua pertiga keuntungan bersih dari 2009 sampai 2012, membuat perusahaan mengalami penurunan operasi pertama dalam 30 tahun. Iwata secara sukarela mengurangi separuh gajinya sebagai permintaan maaf pada 2011 dan 2014. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: A Rugrats ChanukahSang PenariPong Tiku

ArsipArtikel pilihan lainnya...

Pengusulan artikel pilihan

Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula