Wikipedia:Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:Artikel Pilihan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantuan · Komunitas · Portal · ProyekWiki · Permintaan artikel · Pengusulan
Bintang ini melambangkan artikel pilihan di Wikipedia.
Artikel pilihan adalah artikel-artikel terbaik di Wikipedia, yang ditentukan oleh komunitas. Sebelum dimasukkan ke dalam daftar ini, artikel-artikel tersebut dinilai dan dibahas di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, untuk memastikan keakuratan, kenetralan, kelengkapan, dan gaya penulisan, berdasarkan Wikipedia:Kriteria artikel pilihan.

Saat ini terdapat 336 artikel pilihan dari 532.084 artikel di Wikipedia, yang berarti ada satu artikel pilihan untuk setiap 1.584 artikel di Wikipedia.

Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang (Fairytale bookmark gold.svg) pada pojok kanan atasnya. Selain itu, apabila suatu artikel merupakan artikel pilihan di Wikipedia bahasa lain, akan diberikan bintang pada pranala interwiki di sisi kiri bawah artikel.

Hapus singgahan

Artikel pilihan
2004 2005
2006 2007
2008 2009
2010 2011
2012 2013
2014 2015
2016 2017
2018 2019
2020 2021
Menurut topik
Usulan

Artikel pilihan:

Artikel pilihan periode ini

I. M. Pei di Luksemburg pada tahun 2006

I. M. Pei adalah seorang arsitek Tionghoa Amerika. Nama Pei mulai mencuat setelah ia merancang bangunan National Center for Atmospheric Research di Colorado pada tahun 1961. Berkat pencapaiannya ini, ia terpilih sebagai perancang Perpustakaan John F. Kennedy di Massachusetts. Pada awal dasawarsa 1980-an, Pei menuai kontroversi karena ia merancang sebuah piramida kaca dan baja untuk Museum Louvre di Paris. Pada tahun 1983, ia memenangkan Penghargaan Pritzker, yang terkadang disebut Penghargaan Nobel untuk bidang arsitektur. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Deportasi Tatar KrimeaKetopong Benty GrangeWolfenstein 3D


Bendera Suku Bangsa Tatar Krimea

Deportasi Tatar Krimea adalah pembersihan etnis yang berdampak terhadap setidaknya 191.044 orang Tatar dari Krimea pada 18–20 Mei 1944. Deportasi ini dilancarkan oleh Lavrentiy Beria, kepala polisi rahasia dan keamanan negara Soviet, yang bertindak atas nama Josef Stalin. Dalam waktu tiga hari, polisi rahasia NKVD menggunakan kereta-kereta ternak untuk mendeportasi orang-orang Tatar Krimea, termasuk wanita, anak-anak, lansia, dan bahkan komunis dan anggota Tentara Merah. Mereka dipindahkan secara paksa ke Uzbekistan yang terletak ribuan kilometer jauhnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Ketopong Benty GrangeWolfenstein 3DPengantar tentang virus

Pertempuran Lepanto

Perang Utsmaniyah–Venesia pecah antara Kesultanan Utsmaniyah dan Republik Venesia dari tahun 1570 hingga 1573. Venesia kemudian juga dibantu Liga Suci, koalisi negara-negara Kristen yang dibentuk Paus Pius V. Perang ini terjadi pada masa pemerintahan Sultan Selim II, dimulai dengan invasi Utsmaniyah terhadap Pulau Siprus, jajahan Republik Venesia. Ibu kota Siprus, Nikosia, dan sejumlah kota lain direbut dalam waktu singkat oleh bala tentara Utsmaniyah yang jauh lebih kuat. Famagusta sempat bertahan selama 11 bulan, tetapi bala bantuan terhadap kota tersebut datang terlambat sehingga jatuh pada Agustus 1571. Dua bulan kemudian, armada laut Liga Suci datang dan menghancurkan armada Utsmaniyah dalam Pertempuran Lepanto. Kesultanan Utsmaniyah dapat memulihkan kekuatan tempur angkatan lautnya dalam waktu singkat. Alhasil, Venesia terpaksa meminta damai, mengakui kekuasaan Utsmaniyah di Siprus, dan membayar 300.000 keping dukat. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: I. M. PeiDeportasi Tatar KrimeaKetopong Benty Grange


Artikel pilihan sebelumnya

Lihat pula