Australia (benua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Australia
Australia-New Guinea (orthographic projection).svg
Luas8.945.000 km2 (3.454.000 sq mi) (7th)
Penduduk38,000,000 (perkiraan populasi Australia, Papua Nugini, Papua dan Papua Barat 2019, 6)
Kepadatn penduduk42/km2 (110/sq mi)
DemonimOrang Australia, Orang Papua
Negara2 (Australia dan Papua Nugini)
BahasaInggris, Indonesia, Tok Pisin, Hiri Motu, 269 bahasa asli Papua dan Bahasa Austronesia, dan 70 lainnya bahasa asli Australia
Zona waktuGMT+10, GMT+9.30, GMT+8
TLD Internet.au, .pg and .id
Kota besarDaftar kota di Australia berdasarkan populasi
Daftar kota di Papua Nugini berdasarkan populasi
The Australian Landas kontinen Australia (biru terang) yang berdekatan dengan Papua Nugini, namun tidak dengan kepulauan Pasifik lainnya seperti Selandia Baru.

Benua Australia terletak di bagian timur dan selatan Indonesia. Dengan luas 8.945.000 Km2. Ditemukan oleh James Cook dari Inggris pada tahun 1770. Oleh karena itu, sampai sekarang Australia masih termasuk dalam Persemakmuran Inggris.

Dalam geologi, Australia (juga disebut Australia-Nugini, Sahul, Meganesia, Australia Besar, Australasia, atau Australinea) adalah sebuah benua yang terdiri dari (dalam kelompok ukuran) tanah daratan Australia, Papua Nugini, Tasmania, dan beberapa pulau terdekat, yang berada di landas kontinen yang sama. Luas wilayah itu dipisahkan dengan lautan di luar landas kontinen — Laut Arafuru dan Selat Torres antara Australia, Papua Nugini, dan Selat Bass antara daratan Australia dan Tasmania.

Daratan ini pernah menyatu, tetapi karena es yg ada pada masa glasial terakhir mencair, dan menenggelamkan bagian dataran rendah. Daratan yang tidak tenggelam menjadikan daratan yang sekarang menjadi Pulau Papua terpisah dengan daratan benua Australia.