Australasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Australasia

Australasia adalah sebutan bagi suatu kawasan di Oseania yang mencakup Australia, Selandia Baru dan pulau-pulau di sekitarnya di Samudra Pasifik. Istilah ini diciptakan oleh Charles de Brosses dalam buku Histoire des navigations aux terres australes (1756) dan berasal dari bahasa Latin yang bermakna "selatan Asia". De Brosses membedakan Australasia dari Polinesia (di sebelah timur), Mikronesia di timur laut, dan Magellanika di tenggara Samudra Pasifik.

Dipandang dari sisi geografi fisik, benua Australia, Tasmania, Selandia Baru, dan Melanesia termasuk dalam Australasia, sementara secara geografi politik, istilah "Australasia" kadang digunakan untuk merujuk kepada Australia dan Selandia Baru saja, misalnya dalam nama-nama organisasi. Nama "Australasia" pernah digunakan saat Australia dan Selandia Baru mengirimkan tim gabungan ke Olimpiade 1908 dan Olimpiade 1912.

Dari sisi ekologi, "Australasia" adalah sebuah kawasan yang mempunyai sejarah evolusi yang seragam dan sejumlah flora dan fauna yang hanya dapat ditemukan di kawasan ini. Dalam konteks ini, Australasia adalah Australia, Pulau Irian dan pulau-pulau di sekitarnya, termasuk Pulau Lombok dan Sulawesi serta pulau-pulau di Indonesia yang berada di sebelah timur kedua pulau tersebut. Selandia Baru tidak termasuk jika menggunakan definisi ini. Garis bayangan pemisah Australasia dengan Asia adalah Garis WallaceKalimantan dan Bali berada di sebelah barat, yaitu di Asia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]