Melanesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta kawasan Melanesia.

Melanesia (dari bahasa Yunani yang artinya "pulau hitam") adalah gugus kepulauan yang memanjang dari kepulauan Nusa Tenggara Timur di Indonesia dan lalu ke timur sampai Pasifik bagian barat, serta utara dan timur laut Australia. Istilah ini pertama kali digunakan oleh penjelajah Prancis bernama Jules Dumont d'Urville pada tahun 1832 untuk menunjuk ke sebuah kelompok etnis dan pengelompokan pulau-pulau yang berbeda dari Polinesia dan Mikronesia. Sekarang ini, klasifikasi "rasial" Dumont d'Urville dianggap tidak tepat sebab dia menutupi keragaman budaya, linguistik, dan genetik Melanesia dan sekarang ini hanya digunakan untuk penamaan geografis saja.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Gugus kepulauan Melanesia berbatasan dengan kawasan Indonesia di sebelah barat, Australia di sebelah barat daya dan selatan, Selandia Baru di sebelah tenggara, kepulauan Polinesia di sebelah timur dan timur laut, serta kepulauan Mikronesia di sebelah utara. Negara-negara yang termasuk ke dalam kepulauan Melanesia yaitu:

Sebagai tambahan, negara Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Kaledonia Baru (yang merupakan dependensi Prancis), Vanuatu dan Fiji menggunakan istilah ini untuk menggambarkan diri mereka sendiri karena mencerminkan sejarah kolonial bangsa-bangsa Eropa dan situasi regional umum di kepulauan Pasifik sebagai ras Melanesia.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]