Skandinavia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Skandinavia merujuk kepada dua negara, (Norwegia dan Swedia) yang terletak di Tanjung Skandinavia, ditambah Denmark.

Tanjung Skandinavia mempunyai populasi yang rendah dan ditutupi dengah hutan pinus, birch dan, cemara. Di bagian barat dan utara terdapat pegunungan. Pegunungan Skandinavia adalah salah satu pegunungan tertua di dunia. Gunung yang tertinggi adalah Galdhøpiggen di Norwegia.

Denmark adalah negara Skandinavia yang terkecil, populasinya lebih padat, dan kebanyakan dari lahannya digunakan untuk pertanian. Kopenhagen, ibukota dari Denmark, adalah kota terbesar di Skandinavia.

Skandinavia adalah bagian dari Negara Nordik yang juga mencakup Islandia dan Finlandia. Kelima negara ini mengkordinasi aktivitas politik dan kebudayaan di Dewan Nordik. Denmark, Finlandia, dan Swedia adalah anggota Uni Eropa. Sedangkan Norwegia dan Islandia adalah anggota Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (EFTA)

Bahasa-bahasa di Skandinavia sangat berkaitan dan kebanyakan orang Skandinavia bisa mengerti satu sama lain. Bahasa Skandinavia termasuk dalam bahasa Jermanik, sekeluarga dengan bahasa Jerman dan Inggris.

Setiap negara mempunyai mata uangnya masing masing, walaupun bernama sama, krona atau krone. Satu krona dibagi lagi menjadi 100 øre atau öre. Nilai dari satu krona kira-kira sekitar 10-15 seneuro.

Sepanjang sejarah, negara-negara Skandinavia telah melalui perang dan perbatasannya telah berubah lebih dari sekali, namun sekarang Skandinavia adalah negara yang cukup damai.

Penambahan negara utama Skandinavia:


negara utama Nordik sebagai berikut:

  •  Finlandia (Republik parlementer, kemerdekaan sejak 1917)
    •  Åland (propinsi otonomi di Finlandia sejak 1920)
  •  Kepulauan Faroe (an autonomous country within the Danish Realm, self-governed since 1948)
  •  Greenland (an autonomous country within the Danish Realm, self-governed since 1979)
  •  Islandia (Republik parlementer, kemerdekaan sejak 1918, but in union with Denmark until 1944)
  •  Svalbard, which is under Norwegian sovereignty, is not considered part of Scandinavia as a cultural-historical region, but as a part of the Kingdom of Norway (since 1925), it is part of the Nordic countries (Norden).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]