Portal:Rumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Portal Rumania


Selamat datang di Portal Rumania

Rumania (juga dieja Romania atau Roumania; bahasa Rumania: România) adalah negara yang terletak di Eropa Tengah dan Tenggara, di bagian utara semenanjung Balkan dan berbatasan dengan Laut Hitam. Hampir seluruh delta sungai Donau terletak di wilayah Rumania. Negara ini berbatasan dengan Hongaria dan Serbia di barat, Ukraina dan Republik Moldova di timur laut, dan Bulgaria di selatan. Sejarah mencatat bahwa bangsa Dacia, Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Bulgaria, Kerajaan Hongaria, dan Kesultanan Utsmaniyah pernah menguasai wilayah ini. Sebagai sebuah negara, Rumania terbentuk pada tahun 1859 dari penyatuan wilayah Moldavia dan Wallachia, dan memperoleh pengakuan internasional pada tahun 1878.

Tampilkan isi pilihan baru...

Artikel pilihan

Rumania

Bahasa Rumania atau Limba Română, merupakan anak cabang paling timur bahasa-bahasa Roman dan satu-satunya cabang bahasa Latin yang dikelilingi oleh bahasa-bahasa Slavia dan Hongaria. Bahasa ini dituturkan oleh lebih kurang 30 juta orang yang tersebar di Rumania, Moldova, Ukraina, Hongaria, Bulgaria hingga Serbia. Bahasa-bahasa Rumania ini terbagi atas beberapa cabang, yakni Rumania baku (wilayah Rumania dan Moldova, Istro-Rumania (dituturkan di semenanjung Istria, Kroasia), Macedo-Rumania (dituturkan di kawasan Makedonia dan Arumania (dituturkan di kawasan utara Yunani). (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Peristiwa terkini di Rumania

Tokoh pilihan

Rumania

Nicolae Ceauşescu (pengucapan bahasa Rumania: [nikoˈla.e tʃa.uˈʃesku]) (26 Januari 1918-25 Desember 1989) adalah politikus Rumania yang menjadi sekjen Partai Komunis Rumania dari 1965 hingga 1989, Presiden Dewan Negara dari 1967, dan Presiden Rumania dari 1974 hingga 1989. Awal kekuasaannya sebagai presiden Rumania ditandai dengan kebijakan terbuka terhadap Eropa Barat dan Amerika Serikat, yang berbeda dengan negara-negara Pakta Warsawa lainnya selama Perang Dingin. Dekade kedua kekuasaan Ceauşescu berciri meningkatnya pemujaan kepribadian dan hubungan yang memburuk dengan negara-negara Barat dan Uni Soviet. Rezim Ceauşescu dijatuhkan pada Desember 1989. Bersama dengan istrinya, Nicolae Ceauşescu dieksekusi. (Selengkapnya)

Tahukah anda

...bahwa Delta Donau di Rumania adalah delta terbesar kedua di Eropa?
...bahwa Rumania adalah negara terbesar di Eropa Tenggara dengan wilayah seluas 238.391 km²?
...bahwa Rumania bergabung dengan Uni Eropa pada 1 Januari 2007?

Kutipan pilihan



Kategori