Betula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Betula
Periode Ypresian–Saat ini
Betula Edit the value on Wikidata
Betula pendula 001.jpg
Betula pendula (Birch perak)
Data
Sumber daribirch sap (en) Terjemahkan, birch (en) Terjemahkan, birch seed (en) Terjemahkan dan birch oil (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata
Tumbuhan
Jenis buahnucule (en) Terjemahkan Edit the value on Wikidata
Taksonomi
SuperdomainBiota
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
SubkerajaanViridiplantae
InfrakerajaanStreptophyta
SuperdivisiEmbryophyta
KladTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiosperms
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoFagales
FamiliBetulaceae
SubfamiliBetuloideae
GenusBetula Edit the value on Wikidata
Linnaeus, 1753
Tipe taksonomiBetula alba Edit the value on Wikidata
Tata nama
Sinonim takson
  • Betulaster Spach
  • Apterocaryon Opiz
  • Chamaebetula Opiz[1]
Subgenus
  • Betulenta
  • Betulaster
  • Neurobetula
  • Betula
  • Chamaebetula
Distribusi
Areal bereza.png
Persebaran Betula

Genus Betula adalah pohon kayu daun gugur tipis dalam suku Betulaceae. Genus ini terdiri dari 5 subgenus dan berkerabat dekat dengan suku Fagaceae seperti Fagus dan Ek. Genus Betula terdiri dari 30–60 spesies yang 11 di antaranya berada dalam Daftar Merah IUCN tentang Spesies Terancam. Genus ini umumnya spesies perintis berumur pendek yang tersebar di belahan bumi utara, khususnya di wilayah iklim sedang dan iklim subarktik.[2]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Tampak depan dan belakang dari kulit kayu Betula
Daun Betula

Spesies Betula umumnya berupa pohon atau perdu berukuran kecil hingga besar dan sebagian besar ada di iklim sedang utara dan iklim subarktik.[3] Daunnya tunggal tersebar, bertepi gerigi tunggal atau ganda, dan bertulang menyirip.[4] Buahnya berupa samara meski sayapnya mungkin tertutupi pada beberapa spesies. Genus ini berbeda dengan Alnus (genus lain dalam suku yang sama), yaitu untai betinanya tidak berkayu dan akan lepas saat dewasa, jatuh berjauhan untuk menjatuhkan benih.

Pepagan semua Betula dicirikan dengan lentisel mendatar dan panjang serta sering dipisahkan menjadi lempeng tipis bak kertas, khususnya dari Betula kertas.[5] Warna yang mencolok memberinya nama-nama umum tiap spesies seperti abu-abu, putih, hitam, perak/putih, dan kuning.[6]

Tunasnya terbentuk lebih awal dan tumbuh penuh pada pertengahan musim panas. Tunasnya tumbuh menyamping tanpa tunas terminal yang terbentuk. Cabangnya diperpanjang oleh tunas lateral atas. Kayu semua spesies berbutir rapat dengan tekstur yang halus dan mampu menerima polesan yang bagus. Nilai bahan bakarnya cukup baik.

Bunga dan buah[sunting | sunting sumber]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Genus Betula dibagi menjadi 5 subgenus.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Latin Betula berasal dari bentuk diminutif bahasa Galia betua (bandingkan dengan bahasa Irlandia Kuno bethe dan Wales bedw).

Sejarah evolusi[sunting | sunting sumber]

Fosil daun Betula leopoldae

Dalam Betulaceae, Betula paling dekat berkerabat dengan Alnus. Fosil Betula tertua yang diketahui adalah Betula leopoldae dari Formasi Gunung Klondike di Washington, AS, yang diperkirakan berasal dari awal Eosen (Ypresian) sekitar 49 juta tahun yang lalu.[7]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Pohon Betula sering membentuk tegakan berumur merata di tanah yang ringan, berdrainase baik, dan sangat asam. Genus ini dianggap sebagai spesies perintis dan dengan cepat menguasai lahan terbuka terutama pada suksesi sekunder setelah terjadi gangguan atau kebakaran. Pohon Betula adalah jenis pohon awal yang menjadi mapan dalam suksesi primer dan dapat menjadi ancaman bagi lahan kerangas jika bibit dan anakan tidak ditekan dengan penggembalaan atau pembakaran berkala. Pohon Betula umumnya merupakan spesies dataran rendah, tetapi beberapa spesies, seperti Betula nana, tersebar di pegunungan. Di Kepulauan Britania, terdapat beberapa perbedaan antara lingkungan Betula pendula dan Betula pubescens dibandingkan beberapa hibridisasi meskipun keduanya merupakan "oportunis dalam sistem hutan yang stabil". Jamur mikoriza, termasuk selubung (ekto)mikoriza, ditemukan dalam beberapa kasus bermanfaat bagi pertumbuhan pohon.[8]

Sejumlah besar serangga lepidoptera memakan dedaunan pohon Betula.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Kayu pohon Betula
Sapu mandi Finlandia yang disebut vihta dan dianyam dari ranting Betula

Makanan[sunting | sunting sumber]

Budidaya[sunting | sunting sumber]

Obat-obatan[sunting | sunting sumber]

Kertas[sunting | sunting sumber]

Inskripsi kayu pohon Betula yang ditemukan di Novgorod sekitar tahun 1240–1260

Kayu[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Pohon Betula pada musim semi di sebuah taman di Warsawa, Polandia (1939)
Hutan pohon Betula di Ishkoman, Gilgit-Baltistan, Pakistan
Daun Betula pada lambang kebesaran Karjalohja

Pohon Betula mempunyai nilai spiritual yang penting dalam beberapa agama, baik modern maupun historis. Dalam budaya Kelt, pohon Betula melambangkan pertumbuhan, pembaruan, stabilitas, inisiasi, dan kemampuan beradaptasi karena pohon ini sangat adaptif dan mampu bertahan dalam kondisi yang keras tanpa tanggapan serius. Bukti kemampuan beradaptasi ini terlihat pada kemampuannya yang mudah dan bersemangat untuk mengisi kembali area yang rusak akibat kebakaran hutan atau pembukaan lahan. Pohon Betula juga dikaitkan dengan Tír na nÓg, tanah orang mati dan Aos Sí, dalam cerita rakyat Gaelik. Karenanya, ia sering muncul dalam lagu-lagu rakyat Skotlandia, Irlandia, dan Inggris serta balada yang berkaitan dengan kematian, peri, atau kembali dari kubur. Daun pohon birch perak digunakan dalam festival St. George yang diadakan di Novosej dan desa-desa lain di Albania.[9]

Pohon Betula adalah pohon negara bagian New Hampshire dan pohon nasional Finlandia dan Rusia. Pohon birch kuning adalah pohon resmi provinsi Quebec (Kanada). Pohon Ornäsbjörk adalah pohon nasional Swedia. Kata Ceko untuk bulan Maret, Březen, berasal dari kata Ceko bříza yang berarti pohon Betula karena pohon ini berbunga pada bulan Maret di tempatnya.

"Berayun" pada pohon Betula menjadi permainan umum bagi anak-anak Amerika Serikat pada abadd ke-19. Puisi Lucy Larcom, "Swinging on a Birch Tree" (Berayun pada Pohon Betula), menceritakan permainan ini.[10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World Checklist of Selected Plant Families: Royal Botanic Gardens, Kew". apps.kew.org (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ Ashburner, K.; McAllister, H.A. (2013). The genus Betula: a taxonomic revision of birches (dalam bahasa Inggris). RBG Kew. 
  3. ^ Myers, Vanessa Richins (29 Juli 2022). Hughes, Andrew, ed. "11 Birch Trees Common to North American Landscapes". The Spruce (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Januari 2023. 
  4. ^ Keeler, Harriet L. (1900). Our Native Trees and How to Identify Them (dalam bahasa Inggris). New York: Charles Scribner's Sons. hlm. 295–297. 
  5. ^ "Recognizing Trees Using Bark". Cowling Arboretum, Carleton College (dalam bahasa Inggris). 19 April 2019. Diakses tanggal 20 Januari 2023. 
  6. ^ "Yellow Birch | Betula alleghaniensis". Wild Adirondacks (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Januari 2023. 
  7. ^ Forest, Félix; Savolainen, Vincent; Chase, Mark W.; Lupia, Richard; Bruneau, Anne; Crane, Peter R. (1 Januari 2005). "Teasing Apart Molecular- Versus Fossil-based Error Estimates when Dating Phylogenetic Trees: A Case Study in the Birch Family (Betulaceae)". Systematic Botany (dalam bahasa Inggris). 30 (1): 118–133. doi:10.1600/0363644053661850. ISSN 0363-6445. 
  8. ^ Dickson, J.H. (1984). "Pleistocene History of Betula with Special Reference to the British Isles". Proceedings of the Royal Society of Edinburgh, Section B: Biological Sciences (dalam bahasa Inggris). 85 (1–2: Birches): 1–11. doi:10.1017/S0269727000003845. 
  9. ^ "Traditional celebrations in Novosej" (dalam bahasa Inggris). RASP. 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Desember 2013. Diakses tanggal 28 Agustus 2013. 
  10. ^ Pfileger, Pat. "Our Young Folks: Swinging on a Birch-Tree, by Lucy Larcom & Winslow Homer (1867)". Merry Coz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Januari 2023. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • (Inggris) Betula dalam Flora of North America
  • (Inggris) Betula dalam Flora of China
  • Grimshaw, John (2009). New Trees, Recent introductions to cultivation (dalam bahasa Inggris). Kew Publishing, RBG Kew. hlm. 163–174. 
  • Wikisource-logo.svg Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Birch". Encyclopædia Britannica. 3 (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]