Fossilworks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Logo Fossilworks

Fossilworks adalah portal berbasis web ke Paleobiology Database.[1] PaleoDB adalah kumpulan besar data tentang fosil. Ini mencakup klasifikasi taksonomi utama yang terintegrasi secara dinamis dan catatan distribusi spesifik lokasi. Fossilworks menambah skala waktu geologis global yang disintesis secara algoritmik yang memungkinkan perangkat kueri dan analisisnya. Beberapa data PaleoDB berasal dari database lama yang telah dimasukkan, seperti database Evolution of Terrestrial Ecosystems dari Institusi Smithsonian dan Proyek Paleogeografis Atlas dari Universitas Chicago. Set data mencakup semua bagian dari catatan fosil, yang berarti bahwa hewan, tumbuhan, dan mikrofosil laut dan darat dari semua umur geologis didokumentasikan.

Fossilworks menyediakan alat kueri, unduhan, dan analisis yang memanfaatkan basis data relasional Paleobiologi yang besar yang dikumpulkan oleh ratusan ahli paleontologi dari seluruh dunia. Dua situs web dan pendahulunya telah digunakan oleh para peneliti profesional, mahasiswa, dan masyarakat sejak tahun 1998. Salinan Fossilworks diperbarui setiap hari. Data dimiliki oleh kontributor dan situs web dan perangkat lunak diciptakan oleh John Alroy. Situs ini bertempat di Universitas Macquarie.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Situs web Fossilworks dan Paleobiology Database berasal dari inisiatif Phanerozoic Marine Paleofaunal Database (PMPD) yang didanai NCEAS, yang beroperasi dari Agustus 1998 hingga Agustus 2000.[2] PMPD dikelola oleh John Alroy dan Charles Marshall. PaleoDB didanai dari 2000 hingga 2006 oleh hibah National Science Foundation kepada Marshall dengan John Alroy sebagai ko-PI. Pengembangan situs ini didanai secara pribadi dari 2006 hingga 2010. Kemudian, dari 2010 hingga 2014, situs ini didanai oleh Dewan Penelitian Australia. Kumpulan data pengumpulan fosil ditemukan di PMPD, Database Paleofaunal Mamalia Amerika Utara John Alroy, Basis Data Evolusi Terestrial Ekosistem Terestrial Kay Behrensmeyer, dan basis data fauna invertebrata invertebrata Ordie dari Arnie Miller. Sistem taksonomi didirikan di Basis Data Sistematika Fosil Mamalia Amerika Utara John Alroy dan Kompendium Genera Hewan Laut Jack Sepkoski. John Alroy telah bertanggung jawab untuk administrasi sistem, manajemen basis data, pengembangan perangkat lunak, dan dukungan pengguna selain administrasi umum sejak awal.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "fossilworks | re3data.org". www.re3data.org. Diakses tanggal 2020-02-11. 
  2. ^ "Fossilworks: Gateway to the Paleobiology Database". fossilworks.org. Diakses tanggal 2020-02-11.