Tumbuhan berpembuluh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
?Tumbuhan berpembuluh
Rentang fosil: mid-Silurian-Holocene[1]
PinusSylvestris.jpg
Klasifikasi ilmiah
Domain: Eukaryota
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk) Tracheophyta
Sinnott, 1935[2]
Divisi
† Punah

Tumbuhan berpembuluh atau Trachaeophyta (dibaca: tra-ke-o-fi-ta) adalah kelompok tumbuhan yang telah memiliki sistem-sistem pembuluh yang jelas dan khas untuk menyalurkan hara/nutrien dari tanah oleh akar ke bagian tajuk (shoot) serta untuk menyalurkan hasil fotosintesis dan metabolisme dari daun ke bagian-bagian lain tubuhnya. Pembuluh ini memiliki tipe sel-sel yang khusus untuk keperluan ini dan dapat dibedakan dengan jelas secara anatomi. Tumbuhan berpembuluh juga memiliki akar, batang, dan daun sejati, sehingga termasuk ke dalam kormofita. Pengelompokan ini bersifat monofiletik.

Ke dalamnya termasuk semua tumbuhan masa kini yang biasa dikenal sebagai tumbuhan tingkat tinggi , tumbuhan hijau daratan, atau Embriophyta, yaitu tumbuhan berbiji dan tumbuhan paku (arti luas), namun tidak mencakup kelompok yang biasa dikenal sebagai tumbuhan lumut (Anthocerophyta, Hepatophyta, dan Bryophyta).

Sistem pembuluh yang dikenal pada tumbuhan ini dikenal sebagai sistem pembuluh kayu (xylem) dan sistem pembuluh tapis (phloem). Masing-masing sistem memiliki jaringan-jaringan dengan tipe sel tertentu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D. Edwards; Feehan, J. (1980). "Records of Cooksonia-type sporangia from late Wenlock strata in Ireland". Nature 287 (5777): 41–42. doi:10.1038/287041a0. 
  2. ^ Sinnott, E. W. 1935. Botany. Principles and Problems, 3d edition. McGraw-Hill, New York.