Bahasa Irlandia Kuno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Bahasa Irlandia Kuno

Goídelc
Gaelik Kuno
PengucapanTemplat:IPA-sga
Wilayah Irlandia
 Pulau Man, pantai barat pulau Britania Raya
Eraabad ke-6 hingga ke-10; berkembang menjadi bahasa Irlandia Pertengahan kira-kira abad ke-10
Bentuk awal
Abjad Latin
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Kode bahasa
ISO 639-2sga
ISO 639-3sga
Glottologoldi1246[1]
Linguasfer50-AAA-ad
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Irlandia Kuno diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [2][3]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pemberitahuan
Templat ini mendeteksi bahwa artikel bahasa ini masih belum dinilai kualitasnya oleh ProyekWiki Bahasa dan ProyekWiki terkait dengan subjek.

Apa tujuan penilaian artikel?

Sistem penilaian memungkinkan ProyekWiki memantau kualitas artikel dalam bidang subjeknya, dan memprioritaskan pengerjaan artikel ini

Siapa yang dapat menilai artikel?

Secara umum, siapa pun dapat menambah atau mengubah peringkat artikel. Namun, menilai sebuah artikel sebagai "Kelas-A" umumnya membutuhkan persetujuan dari setidaknya dua penyunting, dan label "AB" dan "AP" hanya boleh digunakan pada artikel yang telah diulas dan saat ini ditetapkan sebagai artikel bagus atau artikel pilihan.
07.02, Minggu, 25 Februari, 2024 (UTC) • hapus singgahan

Bahasa Irlandia Kuno (Goídelc; bahasa Irlandia: Sean-Ghaeilge; bahasa Gaelik Skotlandia: Seann Ghàidhlig; bahasa Man: Shenn Yernish), juga disebut bahasa Gaelik Kuno,[4][5] ialah bentuk tertua bahasa-bahasq Goidelik yang teks tertulisnya masih ada secara luas. Bahasa ini digunakan dari ca. 600 hingga ca. 900. Teks-teks kontemporer utama bertanggal ca. 700–850. Pada 900, bahasa ini sudah beralih menjadi bahasa Irlandia Pertengahan awal. Walaupun ini merupakan salinan teks-teks yang disusun pada periode waktu sebelumnya,beberapa teks bahasa Irlandia Kuno berasal dari abad ke-10. Dengan demikian, bahasa Irlandia Kuno merupakan bentuk awal bahasa Irlandia Modern, bahasa Manx, dan bahasa Gaelik Skotlandia.[4]

Bahasa Irlandia Kuno dikenal memiliki sistem morfologi yang sangat kompleks dan khususnya allomorf (lebih kurang variasi yang tidak dapat diprakirakan pada batang dan awalan dalam keadaan yang berbeda), seperti sistem bunyi yang kompleks dan mutasi konsonan yang meliputi tata bahasa yang penting ke dalam konsonan awal suatu kata. Walaupun mutasi awal kemungkinan terdapat dalam bentuk bukan tata bahasa pada zaman prasejarah, [6] tampaknya, tidak ada ciri yang hadir pada periode bahasa Irlandia Primitif[* 1] Sebagian besar alomorf yang kompleks hilang kemudian, tetapi sistem bunyi telah dipertahankan dengan sedikit perubahan dalam bahasa-bahasa modern.

Pembelajaran bahasa Irlandia Kuno kontemporer masih sangat dipengaruhi karya-karya sejumlah kecil cendekiawan yang aktif pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, seperti Rudolf Thurneysen (1857–1940) dan Osborn Bergin (1873–1950).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ini sulit untuk mengetahui dengan pasti, karena betapa sedikitnya bahasa Irlandia Primitif yang terbukti dan keterbatasan alfabet Ogham yang digunakan untuk menulisnya.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Old Irish (8-9th century)". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  3. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  4. ^ a b Koch, John Thomas (2006). Celtic culture: a historical encyclopedia. ABC-CLIO. hlm. 831. The Old Irish of the period c. 600–c. 900 AD is as yet virtually devoid of dialect differences, and may be treated as the common ancestor of the Irish, Scottish Gaelic, and Manx of the Middle Ages and modern period; Old Irish is thus sometimes called 'Old Gaelic' to avoid confusion. 
  5. ^ Ó Baoill, Colm (1997). "13: The Scots-Gaelic Interface". The Edinburgh History of the Scots Language. Edinburgh University Press. hlm. 551. The oldest form of the standard that we have is the language of the period c. AD 600–900, usually called 'Old Irish' – but this use of the word 'Irish' is a misapplication (popular among English-speakers in both Ireland and Scotland), for that period of the language would be more accurately called 'Old Gaelic'. 
  6. ^ Jaskuła 2006.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]