Rumpun bahasa Britonik Barat Daya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Britonik Barat Daya
Letak
persebaran
Bretagne (di Prancis) dan Cornwall (di Britania Raya)
Penggolongan
bahasa
Indo-Eropa
Bahasa indukProto-Britonik Barat Daya
Subbagian
Glottologsout3176

Rumpun bahasa Britonik Barat Daya (bahasa Breton: Predeneg Kreisteizkornôg; bahasa Kernowek: Brythonek Dyghowbarthgorlewin) adalah cabang dari Britonik yang dituturkan di Inggris Barat Daya dan Bretagne, Prancis sejak Abad Pertengahan Awal. Selama zaman tersebut, bentuk awal rumpun bahasa ini masih sangat mirip, tetapi secara bertahap berkembang menjadi bahasa Kernowek dan Breton. Rumpun bahasa ini awalnya merupakan dialek dari bahasa Britonik Umum yang pernah dituturkan di hampir seluruh Pulau Britania sehingga dialek dan turunan lain juga berkembang menjadi bahasa Britonik Barat (yaitu Wales dan Kumbrik).

Tahap awal rumpun bahasa ini diketahui belum memiliki bukti tertulis. Sumber tertulis kemudian ada dari bentuk Kernowek/Breton Kuno, kira-kira pada tahun 800–1100, di mana tahap bahasa-bahasa tersebut masih sangat mirip. Oleh karena itu, beberapa ahli bahasa seperti Peter Schrijver menggunakan istilah "Britonik Barat Daya" untuk menggambarkan ketika bahasa "Kernowek Kuno" dan "Breton Kuno" masih tidak dapat dibedakan dan hanya dipisahkan oleh letak daerah penutur bahasanya ketimbang fitur linguistik yang mencolok.[1]

Perubahan dan pembeda[sunting | sunting sumber]

Rumpun bahasa Britonik Barat Daya dibedakan dari Britonik Barat (dengan contoh bahasa Wales) dalam perubahan suara termasuk:

  • Perubahan peningkatan bunyi */(ɡ)wo-/ menjadi /(ɡ)wu-/ pada suku kata pretonik (dalam bahasa Wales, tidak ada perubahan peningkatan)
  • Perubahan awalan */aː/ menjadi /œː/ (dalam bahasa Wales, awalan */aː/ terdiftongisasi menjadi /aw/)
  • Perubahan */a/ menjadi */e/ sebelum */iː/ atau */j/ dalam suku kata terakhir pada bahasa kuno tertulis (dalam bahasa Wales, */a/ terdiftongisasi menjadi /ei/)

Perbedaan penting lainnya ditemukan dalam perubahan bunyi pada konsonan bahasa Wales yang tidak ditemukan dalam Britonik Barat Daya, seperti perkembangan konsonan geser-sisi rongga-gigi nirsuara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schrijver, Peter (1 January 1995). Studies in British Celtic historical phonology. Rodopi. hlm. 12. ISBN 978-90-5183-820-6. 
  2. ^ Schrijver, Peter (1 January 1995). Studies in British Celtic historical phonology. Rodopi. hlm. 167, 322. ISBN 978-90-5183-820-6. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]