Bahasa Tartessia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Tartessia
WilayahSemenanjung Iberia Barat Daya
KepunahanSetelah abad ke-5 SM
Rincian data penutur

Jumlah penutur beserta (jika ada) metode pengambilan, jenis, tanggal, dan tempat.

  • 0 (2023)
Aksara Paleohispanik Barat Daya
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Kode bahasa
ISO 639-3txr
LINGUIST List
txr
Glottologtart1237[1]
QIDQ36795
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Bahasa Tartessia diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [2][3]
Lokasi penuturan
Perkiraan persebaran bahasa Tartessia
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Tartessia adalah bahasa Paleohispanik yang telah ditemukan di dalam prasasti-prasasti yang diukir dalam aksara Paleohispanik Barat Daya. Prasasti-prasasti ini ditemukan di Semenanjung Iberia barat daya, terutama di Portugal selatan (Algarve dan Alentejo selatan) dan Spanyol barat daya (Extremadura selatan dan Andalusia barat). Telah ditemukan paling tidak 95 prasasti, dan yang terpanjang memiliki 82 tanda yang dapat dibaca. Sekitar sepertiga prasasti tersebut ditemukan di nekropolis dari zaman besi awal atau situs-situs penguburan orang kaya lainnya. Prasasti-prasasti ini berasal dari abad ke-7 SM dan aksara barat daya dianggap sebagai aksara Paleohispanik paling kuno dengan karakter-karakter yang sangat mirip dengan bentuk huruf Fenisia yang ditemukan di prasasti-prasasti dari sekitar tahun 825 SM.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Tartessia". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  3. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022.