Bahasa Tartessia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bahasa Tartessia
Wilayah Semananjung Iberia Barat Daya
Punah Setelah abad ke-5 SM
Belum diklasifikasi
  • Bahasa Tartessia
Aksara Paleohispanik Barat Daya
Kode bahasa
ISO 639-3 txr
Daftar bahasawan
txr
Glottolog tart1237[1]
{{{mapalt}}}
Perkiraan persebaran bahasa Tartessia
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Tartessia adalah bahasa Paleohispanik yang telah ditemukan di dalam prasasti-prasasti yang diukir dalam aksara Paleohispanik Barat Daya. Prasasti-prasasti ini ditemukan di Semenanjung Iberia barat daya, terutama di Portugal selatan (Algarve dan Alentejo selatan) dan Spanyol barat daya (Extremadura selatan dan Andalusia barat). Telah ditemukan paling tidak 95 prasasti, dan yang terpanjang memiliki 82 tanda yang dapat dibaca. Sekitar sepertiga prasasti tersebut ditemukan di nekropolis dari zaman besi awal atau situs-situs penguburan orang kaya lainnya. Prasasti-prasasti ini berasal dari abad ke-7 SM dan aksara barat daya dianggap sebagai aksara Paleohispanik paling kuno dengan karakter-karakter yang sangat mirip dengan bentuk huruf Fenisia yang ditemukan di prasasti-prasasti dari sekitar tahun 825 SM.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Tartessia". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology.