Flora of China

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Flora of China
中国植物志
Edited byWu Zhengyi, Peter H. Raven & Hong Deyuan
NegaraTiongkok dan Amerika Serikat
BahasaInggris
DisciplineBotani
PenerbitScience Press (Beijing) & Kebun Raya Missouri (St. Louis)
Terbitan1994-sekarang (daring sejak 5/21/2004)
Situs webhttp://www.efloras.org/flora_info.aspx?flora_id=2

Flora of China (FoC) adalah serial publikasi ilmiah yang bertujuan untuk mempertelakan jenis-jenis tumbuhan yang hidup alami di Tiongkok. Proyek ini merupakan upaya ilmiah kolaboratif yang untuk pertama kalinya menerbitkan dalam bahasa Inggris modern akun informasi bagi 31.000 spesies tumbuhan berpembuluh (vascular plants) yang hidup di wilayah Tiongkok. Termasuk di dalamnya adalah keterangan botanis mengenai 8.000 spesies tumbuhan obat dan tumbuhan bernilai ekonomis penting; dan sekitar 7.500 spesies pohon dan semak.

Flora of China merupakan revisi berbahasa Inggris dari Flora Republicae Popularis Sinicae (FRPS) yang mendahuluinya. Sebagaimana pendahulunya, urutan suku-suku tumbuhan di dalam FoC mengikuti Sistem Engler yang dimodifikasi, dengan taksonomi yang telah diperbaiki sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Versi cetaknya didampingi oleh serial Flora of China Illustrations, yang memuat ilustrasi sekitar 65% dari jenis-jenis yang dipertelakan dalam FoC.

Data yang telah diterbitkan dalam seri volume cetak FoC juga disediakan dalam versi daringnya, berupa uraian yang tersusun dalam akun tersendiri menurut suku, marga, dan spesies. Informasi ini dapat dilacak dan dicari melalui eFlora, dengan memasukkan kata kunci berupa nama spesies atau pelbagai informasi lainnya. Kunci identifikasi interaktif juga disediakan untuk marga-marga yang besar.[1]

Lembaga yang terlibat[sunting | sunting sumber]

Ada tujuh lembaga di luar Tiongkok yang terlibat aktif dalam kolaborasi, yakni Herbaria Universitas Harvard, Akademi Ilmu-pengetahuan Kalifornia, Smithsonian Institution, Kebun Raya Edinburgh, Kebun Raya Kew, Museum Sejarah Alam Paris (Muséum National d'Histoire Naturelle), dan Kebun Raya Missouri sebagai pusat koordinasinya. Sedangkan empat lembaga di negara Tiongkok yang terlibat adalah Institut Botani - Akademi Ilmu-pengetahuan Tiongkok (Beijing), Institut Botani Kunming, Institut Botani Jiangsu (Nanjing), dan Kebun Raya Tiongkok Selatan (Guangzhou). Sekitar 478 ilmuwan dari aneka penjuru dunia telah bekerja sama untuk menyiapkan ribuan entri dalam Flora ini.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Flora of China @ efloras.org". www.efloras.org. Diakses tanggal 17 June 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]