Dunia Muslim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Negara dengan mayoritas Muslim berwarna hijau, dan negara dengan jumlah 50% Muslim berwarna kuning.

Dunia Muslim (Arab: العالم الإسلامي; Inggris: Islamic world; Prancis: Civilisation Islamique) merupakan istilah yang memiliki beberapa arti. Dari segi budaya, istilah ini merujuk pada komunitas Muslim sedunia, pengikut ajaran Islam. Komunitas ini berjumlah kira-kira 1.8 miliar orang. Komunitas ini tersebar luas di banyak negara dan kumpulan etnis yang dihubungkan dengan agama. Dari segi sejarah atau geopolitik , istilah ini biasanya merujuk kepada negara mayoritas Muslim atau negara yang Islam menonjol dalam politiknya.

Komunitas Muslim sedunia juga dikenal secara kolektif sebagai "ummah". Islam menekankan perpaduan dan pembelaan sesama Muslim, walaupun terdapat beberapa pembagian Islam (seperti pemisahan Sunni-Syiah). Dulu, ideologi "pan-Islamisme" dan nasionalisme pernah memengaruhi Dunia Islam.

Dunia Muslim juga merupakan istilah untuk negara-negara yang memiliki polulasi muslim terbanyak.

Mazhab[sunting | sunting sumber]

Mazhab Islam utama oleh negara mayoritas Muslim dan distribusinya

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Dalam dunia Muslim, bahasa yang paling dominan digunakan adalah bahasa Arab. Tentu, karena Islam berasal dari bahasa Arab. Selain itu, Al-Qur'an sekalipun menggunakan bahasa Arab.

Selain bahasa Arab, di Asia Selatan rumpun bahasa Indo-Eropa dan Dravida digunakan, antara lain bahasa Hindi, Tamil, Bengal, Punjabi, dan Gujarati.

Sementara di Asia Tenggara, rumpun bahasa Austronesia yang sering digunakan, seperti Melayu, Indonesia, Minangkabau, Banjar, Jawa, Sunda, dan Tagalog.

Adapun di Eropa, yang menggunakan rumpun bahasa Indo-Eropa antara lain bahasa Rusia, Prancis, dan Spanyol.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]