Lucknow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Chotaimambara di Lucknow

Lucknow (Devanagari: लखनऊ Lakhnau) adalah ibu kota negara bagian Uttar Pradesh, India. Kota ini memiliki wilayah sebesar 3.204 km² dan populasi 2.207.340 jiwa (2001). Lucknow merupakan pusat administratif Distrik Lucknow dan Divisi Lucknow. Lucknow adalah kota multikultural, dan berkembang sebagai ibu kota budaya dan seni India Utara pada abad 18 dan 19. Perilaku sopan, taman yang indah, puisi, musik, dan santapan masakan lezat. Lucknow yang populer dikenal sebagai Kota Nawabs . Juga dikenal sebagai Golden City Timur, Shiraz -i-Hind dan Konstantinopelnya India.

Kota ini peringkat 6 besar di antara semua kota di India (2 kalangan non metro) untuk tercepat-penciptaan lapangan kerja, Lucknow tidak hanya merupakan pasar utama & kota perdagangan di India Utara, tetapi juga merupakan rantai bagi produsen barang dan jasa. Kota ini masuk ke dalam daftar Kota dengan Pembangunan yang Tercepat di India ke-17, dan ke-74 di dunia.

Dilihat dari sejarahnya, Ibu Kota Awadh dikendalikan oleh Kesultanan Delhi yang kemudian berada di bawah kekuasaan Kerajaan Mughal. Pada tahun 1856, Perusahaan British East India menghapuskan peraturan lokal dan mengambil kendali penuh atas kota ini bersama dengan sisa wilayah Awadh lainnya, dan pada 1857 memindahkannya pada British Raj. Lucknow telah merdeka dari Inggris pada 15 Agustus 1947.

Lucknow, bersama dengan Agra dan Varanasi berada dalam Uttar Pradesh Heritage Arc, sebuah rantai survei triangulasi yang diciptakan Pemerintah Uttar Pradesh untuk meningkatkan pariwisata di negara bagian ini.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]