Kepulauan Nikobar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peta Kepulauan Nikobar

Kepulauan Nikobar adalah gugusan kepulauan di timur Samudra Hindia, dan merupakan bagian dari India.

Kepulauan Nikobar terdiri dari 32 pulau dalam ukuran yang beragam, yang terbesar adalah Nikobar Besar. Total luas wilayah kepulauan ini adalah 1841 km². Titik tertinggi di Kepulauan Nikobar adalah Gunung Thullier dengan ketinggian 670 m. Populasi kepulauan ini adalah 42.026 jiwa pada tahun 2001.

Kepulauan ini terletak di tenggara anak benua India, dipisahkan oleh Teluk Benggala di barat laut. Kepulauan Andaman dan Nikobar memisahkan Teluk Benggala dengan Laut Andaman.

Kepulauan ini terbagi menjadi tiga kelompok pulau, yakni bagian utara, pusat, dan selatan. Kelompok utara terdiri atas Car Nicobar (127 km²) dan Batti Malv (2 km²) yang tak berpenghuni. Kelompok pusat termasuk Chowra (8 km²), Teressa (101 km²), Poahat (13.3 km²), Katchal (174 km²), Kamorta (188 km²), Nancowry (67 km²), dan Trinket (86 km²); Pulau Man dan Tillangchong (17 km²) tidak berpenghuni. Tillangchong adalah sebuah cagar alam. Kelompok selatan termasuk Nikobar Besar (1045 km² ), Nicobar Kecil (157 km²), Kondul (4 km²) and Pulomilo (1 km²); dan pulau-pulau kecil Meroe, Trak, Treis, Menchal, Cubra, Pigeon, dan Megapod tidak berpenghuni. Megapod adalah sebuah cagar alam.

Secara administratif kepulauan And aman dan Nikobar termasuk dalam Wilayah Uni Kepulauan Andaman dan Nikobar bagian dari India. Ibukota dari wilayah ini adalah Port Blair di selatan Andaman. Wilayah uni ini dibagi menjadi dua distrik, yaitu Andaman dan Nicobar. Pemerintah India sekarang ini melarang orang non-India untuk mengunjungi Kepulauan Nikobar.