Westlife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Westlife
Westlife 2011 3.jpg
Westlife sedang tampil secara langsung di Hanoi, Vietnam pada Oktober 2011.
Latar belakang
AsalDublin dan Sligo,  Irlandia
GenrePop
Tahun aktif1998–2012; 2018-sekarang
LabelSony BMG, RCA, Syco Music, Arista
Situs webwestlife.com
AnggotaShane Filan
Kian Egan
Nicky Byrne
Mark Feehily
Mantan anggotaBrian McFadden

Westlife adalah sebuah boyband dari Irlandia yang beranggotakan Shane Filan, Brian McFadden, Kian Egan, Nicky Byrne, dan Mark Feehily. Westlife terbentuk pada tanggal 3 Juli 1998, lalu membubarkan diri pada tanggal 23 Juni 2012 dan kembali pada tahun 2018. Anggota grup Westlife sekarang terdiri dari Shane Filan, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily. [1]

Westlife juga empat kali berturut-turut memenangkan penghargaan "Record of the Year" ITV dengan single mereka "Flying Without Wings", "My Love", "Mandy", dan "You Raise Me Up". Di Indonesia album perdana mereka berhasil mendapat penghargaan 20 kali platinum untuk penjualan lebih dari satu juta kopi. Westlife memegang rekor untuk album asing terlaris dalam sejarah musik Indonesia dan juga merupakan satu-satunya artis internasional yang mampu menjual sebuah album di atas satu juta unit di wilayah Indonesia.[2][3]

Westlife tidak berhasil menembus industri permusikan di Amerika Serikat, walaupun single perdana mereka, "Swear it Again", pada waktu itu cukup populer di radio dan MTV AS. Pada acara MTV TRL, video klip "Swear it Again" pernah diminta beberapa kali, dan masuk pada chart "hot 100" di salah satu majalah di AS (Billboard Magazine) edisi musim panas di urutan ke-20. Album debut mereka gagal setelah dirilis pada 2000 dan itulah satu-satunya album mereka yang dirilis di sana. Band ini sangat terkenal di Asia, Eropa, Australia, dan beberapa negara di Amerika selain AS.

Seperti boyband lainnya, album-album mereka ditujukan kepada para remaja perempuan, walaupun ada juga penggemar mereka yang pria. Beberapa kali Westlife pernah tampil di beberapa tempat komunitas gay.

Pada Oktober 2011 Westlife mengumumkan bahwa mereka akan membubarkan diri setelah tur mereka selesai pada bulan Juni 2012.

Namun pada akhirnya mereka pun comeback pada akhir tahun 2018 dan membuat single lagu berjudul "Hello My World" pada April 2019. Hal ini membuat para penggemarnya senang atas kembali nya mereka

Mereka pun membuat tour konser ke seluruh dunia yang bertajuk "The Twenty Tour" yang di mulai pada April lalu hingga 15 September kemarin.

Westlife pun membuat album baru bernama "spectrum" yang di rilis pada bulan November. Album tersebut memiliki 11 lagu di mana 4 lagu single mereka ada di dalamnya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]