Shane Filan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shane Filan
Informasi latar belakang
Nama lahirShane Steven Filan
LahirSligo, 5 Juli 1979

mom and dad = Mae Filan, Peter Filan brother = Finbarr, Liam, Peter jr sister = Yvone, Mairead address =

school = Summer Hill Collage, Sligo
AsalSligo, Republik Irlandia
GenrePop, Folk, Acoustic
PekerjaanPenyanyi, penulis lagu
Tahun aktif1998–sekarang
LabelCapitol (2012 - 2015)

Warner Music (2015 - 2017) / London (2013–2017)

Ocean Wave Records (2017-Present)
Artis terkaitWestlife

Shane Steven Filan (lahir 5 Juli 1979) adalah anggota boy band Irlandia Westlife . Filan adalah satu dari 4 anggota Westlife yang tersisa, dengan diantaranya Nicky Byrne, Kian Egan, Mark Feehily dan Brian McFadden yang memutuskan keluar pada tahun 2004 silam.

Dulunya Shane bersama Kian Egan, Mark Feehily dan teman sekolahnya membentuk sebuah band bernama I.O.U pada tahun 1998 dan disempurnakan kembali oleh Louis Walsh dan Simon Cowell. Kedatangan Nicky Byrne dan Brian McFadden dari Dublin melalui sebuah audisi yang diadakan untuk membentuk boyband ini.

Mulailah debut Shane dengan Westlife pada 1999 dan langsung menguasai tangga lagu dunia dengan pencapaiannya. Mereka berhasil menjual lebih dari 50 juta copy dengan 14 hits nomor 1 di Irlandia dan Britania Raya.

Tahun 2014 silam, Shane sempat dinyatakan bangkrut atas perusahaan properti miliknya dan kakaknya, Peter Filan. Namun keringan tanganan Louis Walsh lah yang berhasil membantunya melewati itu semua. Terbukti, album You and Me dengan lagu andalannya Everything to Me Album, Right Here Album dengan Me and the Moon hingga album terakhir yang dia rilis tahun 2017 silam; Love Always Album dengan single andalannya Unbreakable selalu menjadi favorit bagi para penikmat musik dari seluruh dunia hingga kini.

Alunan musik yang menenangkan dan suara khas milik Shane-lah menjadi daya tarik tersendiri bagi para fansnya.

Karier grup[sunting | sunting sumber]

Ia tumbuh di Sligo, kota kecil di barat laut Irlandia. Ia bersekolah di Summerhill College (bersama Mark Feehily dan Kian Egan). Dan ia sangat menyukai olahraga berkuda dan sering memenangkan berbagai macam perlombaan saat ia masih kecil.Saat berusia 7 tahun shane pernah memenangkan kontes menyanyi dengan menyanyikan lagu Billy Joel "Uptown Girl".Beberapa tahun kemudian lagu Uptown Girl kembali dipopulerkan oleh grup band Westlife.

Ia menikah pada tanggal 28 Desember 2003 silam dengan seorang wanita cantik bernama Gillian (adik sepupu Kian Egan) dan sekarang memiliki 3 orang anak (Nicole, Patrick dan Shane Jr.).

Dalam hampir semua single Westlife, Shane berperan sebagai vokalis utama. Suara Shane yang lembut namun tegas banyak disukai penggemarnya. Lagu-lagu yang dibawakan Shane memiliki ciri khas kaya akan kata-kata yang menenangkan, tegas, dan romantis.

Karier solo[sunting | sunting sumber]

Shane merilis album solo pertamanya pada tahun 2013. Album pertamanya berjudul You and Me. Single andalannya adalah Everything To Me, About You, Knee Deep in My Heart. Pada 25 September 2015, album keduanya berjudul Right Here dirilis. Album tersebut menempati peringkat 1 pada Irish Album Chart pada minggu pertama perilisannya. Pada tahun yang sama, Shane juga menerbitkan sebuah buku autobiografi yang berisi tentang perjalanan hidupnya, mulai dari masa kecil hingga kebangkrutan yang pernah dialaminya. Buku tersebut berjudul My Side of Life.

Beberapa tahun kemudian, pada 2016 Shane merilis album ketiganya yaitu Love Always. Album tersebut sebagian besar berisi lagu-lagu balada lawas yang ia sukai. Di album itu juga ada lagu-lagu yang ia ciptakan dengan penulis lagu lainnya. Single andalan dalam album ini ialah "Unbreakable".