Soviet (dewan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Soviet (tunggal: soviet; Rusia: сове́т, tr. sovét, pengucapan bahasa Rusia: [sɐˈvʲet], artinya "dewan") adalah organisasi politik dan badan pemerintahan, yang biasanya berasosiasi dengan Revolusi Rusia dan sejarah Uni Soviet, yang meraih namanya dari negara tersebut.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

“Soviet” berasal dari kata bahasa Rusia yang artinya dewan, majelis, harmoni, konkorda,[trans 1] dan semuanya berasal dari istilah Proto-Slavik *vět-iti "untuk menginformasikan", yang berkaitan dengan kata Slanik "věst" ("berita"), "wise" ("bijak") dalam bahasa Inggris, akar dari kata "ad-vis-or" (yang datang ke bahasa Inggris melalui bahasa Perancis), atau "weten" (untuk mengetahui; "wetenschap" = sains) dari bahasa Belanda.

Kata "sovietnik" artinya konselor.[1]

Terjemahan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ bahasa Ukraina: рада (rada); bahasa Polandia: rada; bahasa Belarus: савет; bahasa Uzbek: совет; bahasa Kazak: совет/кеңес; bahasa Azerbaijan: совет; bahasa Lituania: taryba; bahasa Moldova: совиет; bahasa Latvia: padome; bahasa Kirgiz: совет; bahasa Tajik: шӯравӣ; bahasa Armenia: խորհուրդ / սովետ; bahasa Turkmenistan: совет; bahasa Estonia: nõukogu

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikisource-logo.svg Klein, Henri F. (1920). "Soviet". Dalam Rines, George Edwin. Encyclopedia Americana. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]