Wikipedia:Bagian pembuka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Bagian pembuka, paragraf pembuka, atau pengantar suatu artikel Wikipedia adalah bagian sebelum subjudul pertama. Daftar isi, jika ditampilkan, secara default akan muncul di antara bagian pembukaan dan subjudul pertama.

Unsur-unsur bagian pembuka

Gtk-redo-ltr.svg WP:LEADELEMENTS
WP:LEADORDER

Seperti dijelaskan lebih lengkap di bawah ini, Bagian pembukan bisa berisi: link-link disambiguasi (dablink/hatnote), tag pemeliharaan, infobox, Kotak peringatakan karakter asing, gambar, kotak navigasi (template navigasi), paragraf pembuka, dan daftar isi, dipindahkan ke bagian atas.

Struktur bagian pembuka:

{{Hatnote}}
{{Copy edit}}
{{Infobox rocket|nama=...}}
{{Contains Korean text}}
[[File:TypicalRocket.gif|...|Tipikal roket]] atau{{Navigasi Roket}}
Sebuah '''roket''' adalah  ...

<!--Selain dimodifikasi dengan sintak khusus, atau artikel memiliki bagian atas kuran dari empat bagian, daftar isi otomatis tersusun.-->

== Bagian pertama ==
  • Tautan disambiguasi harus jadi penyusun yang pertama, sebelum tag pemeliharaan lainnya, infobox, ataupun gambar; jika pembaca sampai kepada halaman yang salah, mereka ingin mengetahuinya terlebih dahulu. Peramban Hanya-teks dan pembaca layar menampilkan halaman secara berurutan. sebuah "untuk topik dengan nama sama ..." link disambiguasi terkadang diletakkan di awal sebuah artikel untuk ditautkan di artikel lain yang mendiskusikan arti berbeda dari judul artikel. Dalam hal tersebut, kalimatnya harus digaris miring dan diinden menggunakan templat hatnote. Jangan jadikan tautan khusus ini sebagai bagian. Lihat pula Wikipedia:Hatnote.
  • Tag penghapusan (CSD, PROD, and AFD notices).
  • Tag pemeliharaan harus di bawah tautan disambiguasi. Tanda ini menginformasikan pembaca tentang kualitas artikel secara umum dan harus ditampilkan kepada pengguna sebelum artikel tersebut.
  • Infobox berisi ringkasan informasi atau sebuah ikhtisar berkaitan dengan subyek artikel, sehingga harus diletakkan sebelum naskah lainnya (meski pada kenyataan umumnya muncul di sisi bagian pembuka). Perbedaan utama dari infobox dan sebuah kotak navigasi adalah kehadiran parameter: kotak navigasi sama persis di semua artikel dari topik yang sama, sementara infobox memiliki konten yang berbeda di setiap artikel.
  • Kotak peringatakan karakter asing memberitahu pembaca bahwa karakter asing yang mungkin tidak didukung oleh platform atau perambahan mereka muncul dalam artikel. Jika diperlukan, mereka harus bersebelahan dengan, atau dekat, teks yang memiliki karakter asing yang dipermasalahkan, sehingga penggulungan tidak diharuskan untuk melihat kotaknya. Umumnya diletakkan setelah infobox pendek, tapi sebelum yang panjang.
  • Gambar. Seperti gambar lainnya, tapi terutama yang memimpin, gambar yang digunakan harus relevan dan diproduksi secara teknis dengan baik. Hal ini juga umum untuk gambar utama sebagai perwakilan karena memberikan asosiasi visual untuk topik tersebut, dan memungkinkan pembaca untuk menilai dengan cepat apakah mereka telah sampai di halaman yang benar. Keterangan gambar adalah bagian dari teks artikel. Jika artikel memiliki link disambiguasi (dablinks), maka gambar pengantar harus muncul tepat sebelum teks pengantar. Jika tidak pembaca layar pertama akan membaca caption gambar, yang merupakan bagian dari isi artikel, lalu "melompat" ke luar artikel untuk membaca dablink, dan kemudian kembali ke bagian utama, yang merupakan urutan yang tidak logis.
  • Sidebar adalah koleksi tauan yang digunakan di banyak artikel terkait untuk memfasilitasi navigasi antara artikel-artikel tersebut. Sidebar kadang ditempatkan di bagian utama, terutama jika tidak ada infobox. Jika ada infobox, sidebar navigasi dipindahkan di atas atau dibawah senuah bagian dalam artikel.
  • Semua tapi artikel terpendek harus dimulai dengan teks "'(" timbal "), yang menentukan signifikansi, termasuk menyebutkan kritik atau kontroversi yang signifikan, dan membuat pembaca ingin belajar lebih banyak. Bagian utama tidak memiliki pos; Panjangnya harus sepadan dengan artikel itu, tapi biasanya tidak lebih dari empat paragraf. Lihat juga Wikipedia: Menulis artikel yang lebih baik#Bagian Pembuka.* ' daftar isi' '(TOC) muncul secara otomatis di halaman dengan setidaknya empat judul. Hindari daftar isi melayang jika memungkinkan, karena akan merusak tampilan standar halaman. Jika Anda harus menggunakan TOC melayang, taruh di bawah bagian prospek di markup wiki untuk konsistensi. Pengguna pembaca layar mengharapkan daftar isi mengikuti teks pendahuluan; Mereka juga akan melewatkan teks yang ada di antara TOC dan heading pertama.

Cakupan definisi dan isi artikel

Di Wikipedia, paragraf pertama umumnya merupakan definisi dari judul artikel. Dalam menulis definisi atau isi dari suatu artikel yang bersifat global (topik yang dibahas terdapat juga di negara atau wilayah lain), maka tulislah isi dan definisi pertama kali secara global, barulah menulis definisi atau isi artikel di negara atau wilayah tertentu di bagian tersendiri. Wikipedia bahasa Indonesia bukanlah Wikipedia milik (negara) Indonesia, sehingga definisi atau isinya tidak boleh berdasarkan ketentuan yang berlaku di Indonesia saja. Apabila Anda berniat menulis isi tentang suatu artikel tetapi cakupannya hanya di negara tertentu atau wilayah tertentu (misalnya Indonesia), ubahlah judulnya misalnya dari "Koperasi" menjadi "Koperasi di Indonesia" atau dari "Perikanan" menjadi "Perikanan di Indonesia".

Contoh yang salah dari artikel Nelayan:

Nelayan menurut Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 adalah orang yang mata pencahariannya melakukan penangkapan ikan.

Contoh yang lebih baik dari artikel Nelayan:

Nelayan adalah orang yang beraktivitas dalam penangkapan ikan.
Keterangan: Paragraf pertama yang merupakan definisi dari artikel Nelayan harusnya merupakan definisi nelayan secara global. Definisi nelayan menurut Undang-Undang di Indonesia harus ditulis di sub bagian tersendiri.

Panjang paragraf pembuka

Karena namanya paragraf, maka panjang paragraf pembuka harus lebih dari satu kalimat.

Contoh dari artikel Nelayan

Nelayan adalah istilah bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau biota lainnya yang hidup di dasar, kolom maupun permukaan perairan tawar, payau maupun laut. Di negara-negara berkembang seperti di Asia Tenggara atau di Afrika, masih banyak nelayan yang menggunakan peralatan yang sederhana dalam menangkap ikan. Nelayan di negara-negara maju biasanya menggunakan peralatan modern dan kapal yang besar yang dilengkapi teknologi canggih.

Templat terkait

Templat yang digunakan untuk menandai artikel-artikel yang tidak memiliki bagian pembuka yang jelas: {{paragraf pembuka}}

Lihat pula