Organisasi internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Organisasi internasional adalah suatu organisasi yang dibuat oleh anggota masyarakat internasional secara sukarela atau atas dasar kesamaan yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia dalam tata hubungan internasional. Pada hakikatnya organisasi internasional memiliki arti luas dan sempit. Secara luas, organisasi internasional meliputi organisasi publik (Public international organization), organisasi privat (Private international organization), organisasi regional, organisasi subregional, dan organisasi bersifat universal (Organization of universal character). Secara sempit hanya meliputi organisasi internasional publik. Contoh: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), NATO, Uni Eropa, OPEC, dan ASEAN.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Organisasi antar pemerintah pertama dan tertua - yang didirikan melalui perjanjian, dan membentuk sekretariat permanen - adalah International Telecommunication Union (didirikan pada tahun 1865). Organisasi internasional umum pertama yang menangani berbagai masalah adalah Liga Bangsa-Bangsa. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengikuti model ini setelah Perang Dunia II.[1]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Peran organisasi internasional membantu mengatur agenda internasional, memediasi tawar-menawar politik, menyediakan tempat bagi inisiatif politik dan bertindak sebagai katalis untuk pembentukan koalisi. Mereka memfasilitasi kerja sama dan koordinasi di antara negara-negara anggota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "International Organizations - Research Guide International Law | Peace Palace Library" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]