Wikipedia:Pedoman gaya/Kotak info

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat kotak info (bahasa Inggris: infobox) adalah panel yang umumnya muncul di sudut kanan atas artikel yang biasanya ditempatkan di sebelah kanan paragraf pertama artikel (pada versi desktop) atau di bawah paragraf pembuka artikel (pada versi seluler), yang merangkum hal-hal penting yang dibahas terhadap subjek. Templat kotak info dapat memuat gambar maupun peta, dan masih banyak lagi.

Hampir seluruh templat kotak info ditulis menggunakan fitur perangkat lunak templat. (Dapat juga dibuat menggunakan markah tabel, tetapi akan sulit untuk dirawat dan dikelola). Templat kotak info memiliki parameter yang dapat dengan mudah dikelola oleh pengguna ketika akan dimasukkan ke halaman. Hal ini akan memudahkan dalam menampilkan informasi yang relevan terhadap subjek, dengan sedikit pengkodean dalam artikel.

Tujuan[sunting sumber]

Berkaitan dengan aspek-aspek yang diperlukan dalam mendesain kotak info, harap untuk memastikan apa tujuan Anda membuat kotak info tersebut, yakni untuk merangkum (bukan memperjelas) fakta yang tersedia pada batang tubuh artikel. Sangat disarankan untuk memberikan informasi yang sesingkat-singkatnya pada kotak info sehingga efektif bagi para pembaca untuk mengidentifikasi fakta secara secara cepat. Tidak disarankan membuat pranala ke subbab atau sub-subbab, karena fitur "Daftar isi" sudah tersedia.

Beberapa pengecualian tertentu dapat dirumuskan, apabila informasi tersebut lebih cocok dimasukkan dalam kotak info. Contohnya kode ISO 639 dalam {{Infobox bahasa}} dan banyak sekali parameter dalam {{Chembox}}.

Menggunakan kotak info yang sederhana juga memungkinkan data dapat ditampilkan oleh pengguna pihak ketiga seperti DBpedia dalam format yang mudah terbaca mesin, sering kali menggunakan mikroformat.

Merancang kotak info baru[sunting sumber]

Cara membuat[sunting sumber]

Secara umum, proses pembuatan kotak info cukuplah sederhana seperti mengumpulkan sebanyak-banyaknya persyaratan. Anda dapat menguji format kotak info sebagai tabel statis, kemudian dimigrasikan ke format templat bila konsensus oleh anggota lain di proyek Anda dicapai. Templat harus diperiksa sebelum digunakan secara ekstensif dalam artikel jika templat atau parameter perlu dimodifikasi untuk meminimalkan pengerjaan ulang. Jika bidang dan parameter baru ditambahkan, artikel yang menggunakan templat tersebut perlu diperbarui untuk mencerminkan persyaratan baru. Jika parameter diganti namanya atau dihapus, tidak akan mempengaruhi isinya, karena biasanya diabaikan

Gaya, warna, dan konsistensi[sunting sumber]

Konsistensi harus ditunjukkan pada setiap artikel yang menggunakan kotak info yang sama. Desain kotak info sangat disarankan menampilkan informasi yang sesingkat-singkatnya, dengan tampilan yang sederhana. Pedoman umum WP:NBSP (non-break spacing), WP:ANGKA (angka dan tanggal), dan WP:WARNA (penggunaan warna) dapat digunakan. Tampilan kotak info tidak perlu terlalu dekoratif, karena lebih mengutamakan aspek fungsinya daripada tampilannya.

Gambar[sunting sumber]

Jangan menggunakan keluku (thumbnail) saat menambahkan gambar. Selalu gunakan InfoboxImage untuk membantu memformat gambar. Contohnya, untuk menambah File:Image PlaceHolder.png, Anda boleh menggunakan |image=Image PlaceHolder.png. Takarir harus disediakan menggunakan |caption=. Setiap kotak info berbeda-beda dan dokumentasi kotak info harus didiskusikan supaya memberikan kecocokan gambar dan takarir. Jika modul tersebut belum diimplementasikan, Anda boleh mengajukan permohonan untuk menambahkan modul tersebut ke templat.

Konsistensi[sunting sumber]

Untuk konsistensi, petunjuk berikut ini perlu dipertimbangkan:

  • Pastikan apakah templat kotak info lainnya bisa digunakan untuk subjek tersebut. Jika sudah tersedia, tidak usah membuat baru lagi.
  • Beri nama templat tersebut [[Templat:Infobox (masukkan jenis subjek di sini)]] atau [[Templat:Kotak info (masukkan jenis subjek di sini)]] (contohnya, "Infobox settlement" or "Infobox cagar budaya").
  • Selalu gunakan templat {{infobox}} untuk membuat kotak info.
  • Kepala kotak info harus ditulis dengan ukuran lebih besar daripada batang tubuh artikel, dan ditebalkan. Secara umum dapat diisi menggunakan nama umum atau nama legal (terutama organisasi dan perusahaan), tetapi jangan menggunakan markah pranala. {{PAGENAMEBASE}} dapat digunakan secara bawaan jika parameter kepala kotak info diabaikan untuk diisi.
  • Parameter harus:
    • bernama (untuk memudahkan penggunaan lanjut)
    • gunakan huruf kecil kecuali nama diri
    • konsisten di antara kotak-kotak info lainnya. Contohnya, {{Infobox person}} menggunakan |birth_date=, maka kotak info biografi lainnya juga menggunakan label tersebut alih-alih misalnya |date of birth=.
    • Gunakan huruf kecil, seperti |birth_date=), bukan kapital di tengah kata (misal |birthDate=) atau kapitalkan tiap kata (misal |BirthDate=)
    • Spasi diwakili sebagai tanda garis bawah (underscore), contohnya |birth_place= alih-alih |birth-place= atau |birth place=.
  • Templat kotak info geografi memerlukan nama parameter |coordinates=, dengan templat {{coord}} sebagai nilai isiannya.
  • Mohon tidak mengisi parameter yang informasinya tidak ada atau mengada-ada, karena templat kotak info sudah diprogram untuk menyembunyikan informasi yang tidak tersedia.

Alasan inkonsistensi[sunting sumber]

Alasan yang menyebabkan inkonsistensi:

Desain
Kotak info, termasuk turunan yang dispesifikasi untuk kategori tertentu, tetap harus menggunakan tampilan yang sama dengan kotak info terkait lainnya, berkaitan dengan tata letak, struktur, dan warnanya. Contohnya, setiap pembaca tentu berkeinginan supaya ada kesamaan penyajian antara Jakarta dengan New York City, atau Kota Semarang dengan Kabupaten Bantul.
Ketidaklengkapan historis
Informasi tertentu yang diinginkan dapat saja telah hilang seiring waktu. Contohnya, kotak info untuk artikel bank modern dapat memberikan informasi laporan keuangan yang tidak ada bila digunakan untuk bank abad pertengahan.
Hierarki
Kotak info yang menampil hubungan hierarkis dapat memiliki persyaratan yang berbeda bergantung kedudukan subjek dalam hierarkinya. Misalnya, kotak info perusahaan akan menampilkan penyajian yang berbeda antara artikel tentang perusahaan holding dan entitas anaknya.
Fitur
Item dalam satu set dapat memiliki fitur opsional yang biasanya ada di kotak info. Misalnya, kotak info untuk artikel tentang universitas mungkin memuat motto; tetapi tidak semua universitas memilikinya. Sama juga dengan artikel kabupaten, tidak semua kabupaten memiliki motto di lambangnya.
Kekurangan informasi
Beberapa item dalam kotak info dapat tidak tersedia, seperti produser album atau film. Dalam kasus ini, lebih baik memberikan informasi yang tersedia sambil menyembunyikan bidang yang informasinya mungkin tidak tersedia.

Pertimbangan desain[sunting sumber]

Ketersediaan bidang opsional bukan berarti semua bidang harus dibuat opsional, atau sejumlah bidang yang jarang digunakan harus ditambah tanpa memperhatikan tata letak dan kemudahan penggunaannya. Dalam beberapa kasus, markah untuk bidang masih perlu digunakan meskipun tidak ditampilkan. Tidak disarankan untuk membuat templat yang terlalu panjang dengan sejumlah bidang yang tidak relevan.

Mohon untuk bertanya kepada diri Anda sendiri berkait pertimbangan pembuatan kotak info baru:

Apakah bidang tersebut bermanfaat?
Apakah hanya sebatas ringkasan, atau detail yang mungkin lebih cocok ditempatkan pada dalam tubuh artikel?
Apakah bidang tersebut akan relevan dengan banyak artikel yang akan menggunakan kotak info?
Jika bidang tersebut hanya digunakan untuk sedikit sekali artikel, mungkin tidak boleh disertakan sama sekali. Namun, bidang yang sudah cukup umum dapat disertakan – dan dibuat opsional – meskipun tidak berlaku untuk banyak artikel bermasalah.
Seberapa besar kemungkinan bidang itu kosong?
Bidang apa pun yang kemungkinan dapat dikosongkan harus diset ke opsional. Namun, bidang yang kebanyakan kosong mungkin tidak berguna.
Dapatkah bidang tersebut digunakan kembali?
Misalnya, jika menambahkan bidang untuk tanggal kematian subjek, ke templat kotak info biografi, gunakan |death_date= dari {{Infobox person}}, bukan |date_of_death= atau |died=.
Apakah itu untuk tokoh atau organisasi?
Jika ya, gunakanlah microformat hCard.
Apakah itu untuk peristiwa?
Jika ya, gunakanlah microformat hCalendar

Templat kotak info geografi[sunting sumber]

Kotak info untuk objek geografis (misalnya kota dan negara) umumnya harus menggunakan judul artikel sebagai kepala di kotak infonya, meskipun nama resminya dalam bahasa Indonesia (misalnya Republik Indonesia untuk menyebut Indonesia) boleh dipakai. Jika judul artikel mempunyai disambiguasi, nama umum dapat dimasukkan ke kotak info, selama topiknya jelas (misalnya São Paulo untuk menyebut São Paulo (negara bagian)).

Templat dinamis[sunting sumber]

Secara teori, bidang dalam kotak info harus konsisten di setiap artikel yang menggunakannya. Dalam praktiknya hal ini jarang terjadi, karena beberapa alasan. Templat kotak info harus dirancang adaptif secara dinamis berkaitan ada tidaknya bidang tertentu.

Seperti templat statis, templat dinamis dirancang untuk menyajikan informasi ringkasan tentang subjek artikel, sehingga subjek serupa memiliki tampilan yang seragam dan dalam format yang sama. Teknik templat ini memungkinkan pemutakhiran gaya dan teks dari pusatnya, yakni halaman templat.

Meskipun ada cara untuk templat dinamis, seperti membuat percabangan templat atau membiarkan bidang yang kosong, penggunaannya secara umum dihindari, karena beberapa alasan:

Jumlah pembaca > jumlah penyunting
Kami mempertimbangkan pembaca Wikipedia, yang jarang melakukan penyuntingan yang berarti. Templat kotak info yang berisi banyak bidang kosong, tanda tanya, atau "Tidak diketahui" dapat menyebabkan tampilan artikel menjadi kurang profesional.
Jumlah penyunting > jumlah penyunting templat rutin > jumlah pengurus
Supaya meringankan beban mereka, kami mencoba untuk meminimalkan jumlah templat yang harus mereka urus. Oleh karena itu, membuat banyak percabangan templat tidak diperlukan.

Persyaratan[sunting sumber]

Analisislah kebutuhan kotak info baru sebelum mendesainnya. Setidaknya salah satu dari tiga poin ini harus dipertimbangkan saat membuat kotak info baru:

  1. Ada parameter yang memiliki ciri khas tertentu.
  2. Tidak dapat digantikan dengan kotak info lain.
  3. Tidak dapat ditanggapi dengan membuat wrapper dari kotak info lain.

Implementasi[sunting sumber]

Membuat templat kotak info dengan mendasarkan pada Templat:Infobox memungkinkan para desainer untuk memfokuskan apa bidang yang layak untuk dmasukkan. Fungsionalitas seperti gaya bawaan dan penekanan baris pada artikel yang tidak memiliki nilai untuk bidang tertentu akan ditangani secara otomatis.

Fungsi parser[sunting sumber]

Fungsi parser digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan konten tertentu secara selektif (seperti baris tabel) dalam kotak info berdasarkan nilai satu atau beberapa parameter templat.

Misalnya, parameter dirancang untuk ditampilkan hanya jika ada parameter lain. Pengujian sederhana untuk menampilkan takarir hanya jika parameter gambar telah diisi gambar dapat berupa:

| caption        = {{#if:{{{gambar|}}}|{{{takarir|}}} }}

Templat meta berdasarkan nama[sunting sumber]

Beberapa subtemplat (dan templat independen) dapat memiliki awalan yang sama. Templat-templat ini disertakan dalam kotak info berdasarkan nilai parameter tertentu, yang bertindak sebagai akhiran nama. Misalnya, saya membuat {{Infobox Ship/Military}} dan {{Infobox Ship/Civilian}} dan menggunakan {{Infobox Ship/{{{type}}}}}. Menggunakan |type=Military pada artikel membuat {{Infobox Ship/Military}} dipakai.

Kotak info multibagian[sunting sumber]

Daripada menggunakan masing-masing bidang sesuai dengan parameternya pada satu templat, kotak info dapat memuat subtemplat individu untuk setiap bidang, misalnya Templat:Taxobox.

Interaksi antartemplat[sunting sumber]

Templat dapat dirancang dengan cara modular, sehingga berbagai kombinasi dimungkinkan. Kombinasi dua kotak info dapat muncul di halaman sebagai satu kotak info.

Contohnya, di artikel seorang penyanyi dapat memuat templat dasar {{Infobox person}} yang digabungkan dengan {{Infobox musical artist}}.

Menggunakan kotak info di artikel[sunting sumber]

Boleh-boleh saja Anda menggunakan kotak info di artikel buatan Anda. Jika Anda merasa bingung tentang kotak info apa yang cocok untuk subjek artikel yang Anda buat, Anda dapat berdiskusi di halaman pembicaraannya.

Setiap pemaknaan parameter dalam artikel harus sama menyesuaikan dengan dokumentasi templat. Sebagai contoh, parameter tinggi badan itu maksudnya apa? Apakah tinggi badan saat lahir, atau tinggi badan saat berusia 20 tahun? Apakah ada bukti yang dapat menunjukkan bahwa yang bersangkutan memiliki tinggi badan demikian

Templat kotak info mengharuskan adanya dokumentasi terkait bagaimana seharusnya parameter digunakan.

Per pedoman gaya ini, jangan sekali-kali menambahkan ikon bendera pada kotak info, kecuali dinyatakan lain dalam pedoman gaya tersebut.

Referensi di kotak info[sunting sumber]

Jika Anda merasa referensi untuk sebuah parameter di kotak info telah disediakan di batang tubuh artikel, kutipan tidak diperlukan. Namun, jika tidak ada referensi di batang tubuh artikel, Anda boleh memberikannya di kotak info. Pengguna sangat disarankan menempatkannya di batang tubuh artikel.

SARA, kebangsaan, dan kewarganegaraan[sunting sumber]

Sesuai dengan konsensus permohonan pendapat di Wikipedia bahasa Inggris berkaitan dengan suku bangsa dan agama, parameter |ethnicity= dan |religion=, atau yang sejenis dengan itu yang mencerminkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dilarang ada di kotak info biografi tokoh, kecuali kasus khusus tertentu (seperti {{Infobox religious biography}} yang boleh menggunakan parameter |religion=).

Kebanyakan templat biografi juga memuat parameter |nationality= dan |citizenship= (kebangsaan/kewarganegaraan). Kecuali ada perubahan status kebangsaan/kewarganegaraan subjek, penggunaannya dapat diabaikan karena kewarganegaraan dapat dijelaskan berdasarkan tempat lahir: |birthplace=. Penggunaan |nationality= dan |citizenship= jarang sekali digunakan dan hanya dapat dijelaskan menggunakan prosa di batang tubuh artikel. Tidak ada parameter yang boleh digunakan untuk menjelaskan suku bangsa asal subjek.

Lihat pula[sunting sumber]

Templat lainnya[sunting sumber]