Wikipedia:Isi nonbebas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tujuan dari Wikipedia adalah mewujudkan ensiklopedia bebas, yang artinya isi di dalamnya "tidak ada batasan hak cipta untuk mendistribusikan ulang, mempelajari, memodifikasi, dan meningkatkan kualitasnya", untuk tujuan apa pun dalam medium apa pun bahkan secara komersial sekali pun. Konten yang tidak memenuhi syarat bebas disebut sebagai isi nonbebas. Termasuk dalam hal ini adalah semua konten (termasuk gambar) yang dilindungi hak cipta, atau menggunakan lisensi yang "hanya membolehkan penggunaan secara nonkomersial" atau "hanya untuk Wikipedia saja". (Banyak gambar yang dapat diunduh gratis di Internet, tetapi dapat bersifat "nonbebas" jika digunakan di Wikipedia.) Definisi apa itu "bebas" dapat Anda baca di sini.

Kebijakan lisensi Wikimedia Foundation mengharapkan agar semua konten yang di-host di proyek-proyek Wikimedia adalah bebas; dengan beberapa pengecualian. Kebijakan ini mengizinkan proyek-proyek kecuali Wikimedia Commons untuk memberikan sebuah kebijakan doktrin pembebasan (exemption doctrine policy) yang memberikan izin terhadap penggunaan isi nonbebas. Pemakainnya harus seminimal mungkin dan dibatasi (dengan pengecualian terbatas) hanya untuk menggambarkan kejadian historis, untuk mengidentifikasi karya berhak cipta misalnya lukisan atau logo, atau digunakan dalam menjelaskan topik sebuah karya seni kontemporer. Berkas nonbebas yang dapat diganti dengan berkas bebas tidak diperbolehkan untuk diunggah, termasuk potret tokoh-tokoh yang masih hidup.

Kriteria isi nonbebas (KINB) berlaku sebagai kebijakan doktrin izin pembebasan isi nonbebas (exemption doctrine policy), dan dokumentasi di bawah ini membahas tata cara pengelolaan berkas nonbebas. Isi nonbebas boleh digunakan di Wikipedia dalam kasus tertentu dan terbatas (misalnya, jika kita tidak mungkin menggunakan berkas bebas untuk menjelaskan sesuatu dalam artikel yang kita buat). Aturan penggunaan wajar yang berlaku di Wikipedia bahasa Indonesia adalah dua, yaitu berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat tempat peladen Wikimedia Foundation Inc. berada dan Undang-Undang Hak Cipta Indonesia (UU RI No. 28 Tahun 2014) untuk konten yang berasal dari Indonesia. Penggunaan isi nonbebas di Wikipedia menerapkan standar yang lebih ketat daripada UUHC Amerika Serikat maupun UUHC Indonesia.

Wikimedia Commons tidak memperbolehkan adanya berkas yang berlisensi nonbebas. Agar dapat diunggah di Commons, gambar tersebut harus bebas di negara asalnya, serta Amerika Serikat.

Kebijakan

Ditransklusikan dari Wikipedia:Kriteria isi nonbebas

Sesuai dengan resolusi kebijakan Yayasan Wikimedia 23 Maret 2007, dokumen ini dijadikan sebagai Kebijakan Doktrin Eksempsi untuk Wikipedia bahasa Indonesia.

Alasan

  • Untuk mendukung misi Wikipedia untum memproduksi isi bebas untuk distribusi, modifikasi dan aplikasi tak terbatas oleh seluruh pengguna dalam seluruh media.
  • Untuk meminimalisasikan penindakan hukum dengan membatasi isi non-bebas
  • Untuk memfasilitasi penggunaan yudiksi isi non-bebas untuk mendukung pengembangan ensiklopedia berkualitas tinggi

Kebijakan umum

Artikel dan halaman lain di Wikipedia, berkaitan dengan pedoman umum nonbebas, dapat saja menggunakan materi berhak cipta yang tentunya harus diberikan atribusi atau dikutip sumber atau pengarang aslinya (seperti pada pedoman pengutipan), serta dapat berupa kutipan langsung (menggunakan tanda kutip), <blockquote>, {{Quote}}, atau cara yang sejenis. Isi nonbebas lainnya adalah gambar berhak cipta, audio dan video, atau berkas media lainnya yang jarang dilisensikan secara bebas—boleh digunakan Wikipedia bahasa Indonesia jika sepuluh kriteria ini dipenuhi.

  1. Tidak ada berkas bebas yang ekuivalen. Berkas hanya boleh digunakan bila tidak ada berkas bebas yang ekuivalen, atau dapat dibuat ulang dengan lisensi bebas, asalkan tujuan ensiklopedisnya ada.
  2. Menghormati tujuan komersial. Isi nonbebas tidak boleh digunakan dalam hal bahwa berkas itu mampu menggantikan materi asli yang berhak cipta.
  3. Penggunaan minimum:
    1. Jumlah minimum pemakaian. Terlalu banyak item nonbebas tidak dapat digunakan bila satu item sudah mampu menjelaskan informasi penting.
    2. Tingkat penggunaan minimum. Jika sebagian unsur nonbebas dirasa cukup menjelaskan sebuah informasi, seluruh porsi karya tidak dapat digunakan. Resolusi yang rendah patutlah digunakan daripada yang tinggi (meski versi aslinya dipilih agar tidak dianggap membajak). Aturan ini berlaku termasuk dalam salinannya di ruang nama Berkas:.
  4. Publikasi sebelumnya. Isi nonbebas harus berupa karya atau hasil pekerjaan yang sudah dipublikasi di luar Wikipedia ataupun seizin pemilik hak cipta, termasuk karya turunan yang aslinya dibuat oleh penulis Wikipedia.
  5. Isi. Harus memenuhi kebijakan konten Wikipedia dan ensiklopedis.
  6. Kebijakan penggunaan berkas tetap berlaku. Isi nonbebas harus memenuhi kebijakan penggunaan berkas Wikipedia secara umum.
  7. Minimum satu artikel. Isi nonbebas harus digunakan paling sedikit satu artikel.
  8. Kontekstual. Isi nonbebas dapat digunakan bila keberadaannya mampu meningkatkan pemahaman pembaca terhadap topik yang dibahas dalam artikel.
  9. Penempatannya dibatasi. Isi nonbebas hanya boleh digunakan dalam ruang nama utama/artikel (bukan halaman disambiguasi). (Untuk mencegah agar thumbnail berkas tidak muncul dalam kategori, tambahkan sintaksis ini: __NOGALLERY__; hal ini akan menampilkan pranala ke halaman deskripsi berkas tersebut.)
  10. Halaman deskripsi berkas. Halaman deskripsi berkas wajib memiliki:
    1. Identifikasi sumber asli materi yang berhak cipta, termasuk artis, penerbit, dan pemegang hak cipta dan tahun hak cipta; hal ini untuk membantu meningkatkan nilai pasar potensial dari materi tersebut. Lihat pula: Wikipedia:Kutip sumber tulisan § Multimedia.
    2. Tag hak cipta yang sesuai. Untuk daftarnya, silakan lihat Wikipedia:Tag hak cipta berkas/Nonbebas.
    3. Nama artikel (serta pranalanya) beserta alasan digunakannya berkas nonbebas tersebut. Alasan penggunaannya harus dijelaskan dengan bahasa yang singkat dan jelas, serta relevan dengan penggunaannya.

Penindakan

  • Berkas yang sudah valid alasan penggunaan nonbebasnya, yang digunakan dalam beberapa (namun tak semua) artikel tidak akan dihapus. Alih-alih, berkas itu harus dihilangkan dari artikel jika pemakaiannya tidak sesuai dengan tujuan, kecuali alasan penggunaannya sudah ditambahkan.
  • Berkas yang sudah ada klaim nonbebasnya, tetapi tidak digunakan dalam sekurang-kurangnya satu artikel (kriteria 7) dapat dihapus paling lama 1 minggu setelah pemberitahuan.
  • Berkas yang masih digunakan dan diunggah di atas 13 Juli 2006 serta tidak mematuhi ketentuan ini akan dihapus paling lama 48 jam setelah pengguna diberi tahu. Untuk menghindari penghapusan, Wikipediawan dapat melakukan pembelaan atas klaim penggunaan nonbebas asalkan sudah mematuhi 10 kriteria di atas. Untuk berkas yang diunggah sebelum 13 Juli 2006, masa 48 jam ini diperpanjang hingga satu minggu.
    • Memberi alasan yang valid dalam hal memasukkan atau mempertahankan isi nonbebas menjadi tanggung jawab pengunggah, bukan pengguna lain.

Kriteria penghapusan atas berkas nonbebas dapat dilihat di WP:KPC#B.

Implementasi

Implementasi terhadap kebijakan ini diatur dalam hal-hal yang wajib ada di halaman deskripsi berkas:

Tag hak cipta berkas
Templat tag lisensi hak cipta berkas berisi status hak cipta karya asli serta tujuan pemakaiannya di Wikipedia. Ini diwajibkan untuk membuktikan bahwa berkas yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat penggunaan wajar di Amerika Serikat.
Daftar tag hak cipta berkas dapat dilihat di sini.
Alasan penggunaan nonbebas
Wajib disertakan untuk menunjukkan bahwa kriteria isi nonbebas telah terpenuhi. Alasan penggunaan isi nonbebas wajib memenuhi sepuluh poin KINB. Templat-templat yang digunakan (pilih salah satu atau sesuai dengan jenis berkasnya, apakah itu sampul album atau sampel audio):
Walaupun penggunaan templat-templat yang lebih spesifik tidak diwajibkan, pastikan bila ingin menggunakan templat-templat tersebut sudah memenuhi sepuluh poin KINB.
Ingat bahwa alasan penggunaan materi nonbebas perlu disertakan untuk setiap pemakaian berkas di Wikipedia. Misalnya, jika ada dua artikel memakai berkas nonbebas, dua alasan penggunaan nonbebas yang berbeda harap disertakan pada halaman deskripsi berkasnya. Untuk pengunggahan berkas manual di Wikipedia, informasi ini harus dimasukkan pada kolom "Ringkasan (jangan lupa sertakan sumber gambar)". Ingat, berkas nonbebas yang tidak memberikan alasan penggunaan media nonbebas dapat dihapus dengan segera oleh Pengurus.

Pemenuhan kriteria tidak ada pengganti bebas yang ekuivalen

Jika ada isi nonbebas memiliki pengganti yang bebas, maka isi nonbebas tidak dapat digunakan bila isi yang bebas memiliki muatan yang ensiklopedis. Anda dapat bertanya pada diri sendiri sebelum mengunggah isi nonbebas:

  1. "Dapatkah isi nonbebas ini bisa diganti dengan isi bebas yang memiliki efek yang sama?" dan
  2. "Apakah subjek artikel ini bisa dijelaskan dengan mudah ke pembaca tanpa memerlukan isi nonbebas sama sekali?"

Jika dua-duanya ya, isi nonbebas gagal memenuhi kriteria ini.

Pertimbangan "tidak ada pengganti yang ekuivalen" dan versi yang lebih "bebas" dari media nonbebas, khususnya termasuk karya turunan. Misalnya, hak cipta foto dengan objek karya seni rupa 3 dimensi yang berhak cipta (patung kontemporer) adalah milik fotografer sebagai tambahan hak cipta dari seniman yang memahat/merancang karya itu. Kita dapat menggunakan foto itu jika fotografernya memberikan lisensi bebas, dan status hak cipta patung adalah milik seniman yang memahat/merancang karya itu. Baca kebebasan panorama untuk informasi lebih lanjut.

Batasan lainnya

Untuk gambar vektor (misal SVG) logo dan desain nonbebas, UUHC Amerika Serikat tidak menjelaskan apakah vektorisasi sebuah logo memiliki status hak cipta yang berbeda dengan logo asli (versi PNG yang Anda dapatkan dari internet misalnya). Untuk menghindari masalah ini, pengunggah diminta untuk mencari logo versi SVG-nya HANYA dari pemilik hak cipta logo tersebut. Anda dapat mencarinya dari situs web seperti seeklogo.com atau Brands of the World tempat vektorisasi logonya dapat dilakukan tanpa seizin pemilik hak cipta logo. Jika pengunggah membuat vektorisasi logo dari suatu logo bebas, harap tunjukkan sumber berkas tempat ia mendapatkan logo itu sehingga status "bebasnya" terkonfirmasi, dan melepaskan kontribusinya menggunakan lisensi bebas.

Pemenuhan kriteria publikasi sebelumnya

Banyak sekali isi nonbebas berasal dari media berita atau hiburan, pemenuhan kriteria ini sudah tidak perlu diragukan. Dalam kasus yang sangat jarang, ada karya nonbebas yang "bocor", artinya belum dipublikasi atas izin pemegang hak ciptanya—sehingga tidak boleh dimasukkan ke Wikipedia.

Biasanya, pernyataan hak cipta adalah bukti bahwa publikasi tersebut sudah seizin pemilik hak cipta. Jika dalam hal ini, item nonbebas dipertanyakan, sumber publikasi tersebut harus disebutkan sejelas-jelasnya dan dituliskan pada halaman deskripsi berkas.

Pemenuhan kriteria kontekstual

Maksud dari kontekstual adalah:

  • isi nonbebas itu adalah subjek yang dikomentari atau dideskripsikan secara kritis dalam artikel, atau
  • penyertaan isi nonbebas dapat memudahkan pembaca dalam memahami dan mengidentifikasi objek, gaya, atau perilaku, yang menjadi pokok bahasan artikel

Dalam semua kasus, pemenuhan kriteria ini bergantung seberapa pentingnya perhatian terhadap isi nonbebas, yang dapat ditentukan menurut prinsip sudut pandang netral dan seimbang.

Untuk mencari pokok bahasan, umumnya penggambaran aspek yang menonjol dari subjek sudah mencukupi, sehingga cukup digunakan satu item nonbebas. Misalnya, untuk artikelnya membahas album musik, buku, cukup menampilkan sampul mukanya saja. Atau, jika artikelnya membahas uang logam dan kertas, tampak depan dan belakang dua-duanya dapat dipakai.

Sumber

Anda wajib menjelaskan dari mana Anda mendapatkan sumber berkas nonbebas pada halaman deskripsi berkas; semua templat nonbebas mengharuskan adanya sumber berkas yang diisi. Hal ini akan membantu apabila berkas tersebut bermasalah hak cipta, atau mengevaluasi apakah sumber berkas tersebut bermasalah hak cipta atau tidak. Kekurangan sumber bukan mutlak menjadi syarat penghapusan berkas, tetapi jika sumber berkas tersebut dipertanyakan karena berasal dari sumber bermasalah hak cipta, dapat dihapus sewaktu-waktu. Media nonbebas harus berasal dari sumber terpublikasi; DILARANG menyertakan berkas-berkas dari sumber yang belum dipublikasi. Identifikasi sumber akan membantu memvalidasi publikasi sebelumnya dari materi.

Usahakan informasi sumber dijelaskan dengan selengkap-lengkapnya agar pengguna Wikipedia bisa melacak asal muasal materi tersebut. Cara-cara mencari sumber berkas media antara lain:

Pindaian
Identifikasi buku tersebut, nomor halamannya, dan pemilik hak ciptanya.
Tangkapan layar dan klip video
Identifikasi judul film, acara televisi, perangkat lunak, atau video lain, pemilik hak cipta, serta cap waktu pengambilan tangkapan layar tersebut.
Gambar dari internet
Identifikasi URL gambar, serta pemilik hak cipta gambar tersebut.
Sampel musik
Identifikasi album, artis, nomor trek, dan cap waktu sampel tersebut.

Pemenuhan kriteria pemakaian minimum

Jumlah item

Usahakan meminimalkan jumlah isi nonbebas yang disertakan pada artikel. Misalnya, jika ada gambar karya seni (lukisan dsb.), sertakan hanya pada artikel tentang karya seni tersebut, dengan menyebutkan siapa pencipta dan/atau penerbitnya.

Lebih baik memasukkan satu item nonbebas yang dapat menjelaskan semua poin yang dibahas dalam artikel daripada banyak item untuk menjelaskan satu persatu poin, tanpa memandang apakah topik itu cukup dibahas satu artikel atau bahkan beberapa.

Misalnya artikel bertopik ansambel dapat melampirkan berkas-berkas nonbebas untuk keperluan identifikasi. Menyertakan berkas-berkas nonbebas pada artikel bertopik anggota ansambel lebih disukai, bahkan jika artikel dapat dibagi dengan tiap-tiap anggotanya memiliki subbab tersendiri pada artikel.

Resolusi

Meski tidak ada batasan minimum yang jelas berapa ukuran berkas nonbebas dibolehkan; gambar harus dikecilkan agar tetap berguna dalam identifikasi dan komentar kritis sebagaimana dijelaskan dalam alasannya, dan tidak boleh berukuran besar. Mengingat "kecil" atau "besar" tergolong kualitatif, ketentuan sukar untuk diatur sedemikian rupa. Walaupun telah banyak diskusi mengenai ukuran maksimum berkas, diskusi tersebut gagal menarik kesimpulan.

Dalam resolusi rendah, ukuran gambar diusahakan tidak lebih dari kira-kira 100.000 pixel (0,1 megapixel), didapatkan dari mengalikan dimensi piksel horizontal dengan vertikal pada gambar. Hal ini akan memungkinkan gambar dengan perbandingan aspek 4:3 dapat ditayangkan dengan ukuran 320 × 240 pixel (biasanya pada tangkapan layar acara TV, film, dan permainan video), sementara sampul buku/album kira-kira 250 × 400 pixel. Rumus yang bisa Anda gunakan dapat dilihat di bawah ini:

atau gunakan perkakas ini untuk menghitungnya.

Dalam resolusi lebih tinggi, gambar nonbebas yang dimensinya melebihi 1 megapixel, akan memerlukan tinjauan untuk memverifikasi apakah berkas itu memerlukan resolusi sedemikian rupa. Mohon jelaskan mengapa Anda memerlukan resolusi lebih tinggi (misalnya agar bagian detailnya tidak kabur). Gunakan {{non-free no reduce}} menjelaskan bahwa berkas ini memerlukan resolusi lebih dari 0,1 megapixel agar tidak detailnya tidak kabur. Anda tetap wajib menyertakan alasan yang valid; mengingat gambar Anda dapat saja diturunkan resolusinya.

Gambar beresolusi tinggi terkadang kehilangan detail jika memiliki teks yang terlalu kecil. Dalam kasus ini, teks tersebut bisa ditulis ulang dalam deskripsi berkasnya. Mohon agar berhati-hati jika ingin menulis ulang tulisan berhak cipta, meski Anda bisa menuliskan kredit film mengingat data faktual itu tidak dihakciptakan, kutipan-kutipan lirik atau puisi pada suatu sampul album misalnya, tidak boleh disertakan.

Jika ada suatu daerah pada gambar besar memerlukan resolusi tinggi untuk melihat detailnya (misalnya ada teks atau detail berukuran sangat kecil dan dapat "hilang" jika resolusinya direndahkan), cukup sorot daerah itu dan potong (crop) bagian lainnya asalkan daerah tersebut dideskripsikan. Selanjutnya, Anda dapat mengecilkan resolusi gambar penuhnya. Pastikan agar sumber asli gambar dan tempat cropping gambar tersebut disebutkan dalam halaman deskripsi berkasnya.

Kalau Anda mengakui gambar yang diunggah masih terlalu besar, unggah ulang versi barunya (klik Muatkan versi terbaru dari berkas ini), atau tandai dengan tag {{Non-free reduce}} untuk meminta perhatian penghapusan pada versi sebelumnya.

Panduan ini hanya digunakan untuk menentukan resolusi gambar pada halaman deskripsi berkasnya; pemakaiannya di artikel harap mengikuti pedoman gaya gambar secara umum: gambar proporsional dengan kotak info dan artikelnya dan enak dilihat

Audio dan video juga memiliki ketentuan resolusi rendah (ukuran bita diusahakan sekecil mungkin).

Pedoman

Pemakaian yang dibolehkan

Kasus-kasus ini adalah daftar lengkap dari contoh-contoh pemakaian media nonbebas yang umum di Wikipedia. Ingat, pemakaiannya wajib mengikuti kriteria isi nonbebas dan tunjukkan alasan dan lisensinya.

Teks

Kutipan teks berhak cipta dapat digunakan untuk menjelaskan poin, konteks, atau gagasan. Dalam semua kasus, kutipan dengan catatan kaki dan/atau perut wajib disertakan. Pernyataan yang berhak cipta harus disertakan dalam tanda kutip atau menggunakan templat kutipan (misalnya {{Quote box}}. Perubahannya wajib ditandai: [kurung siku] untuk teks yang ditambahkan, tanda elipsis ((...)) untuk teks yang dihilangkan, dan penekanan seperti "(penekanan)". DILARANG KERAS MENGUTIP SEMUA KETERANGAN BERHAK CIPTA.

Klip audio

Semua berkas audio nonbebas wajib memenuhi kriteria isi nonbebas; jika tidak, maka akan dihapus. Daftar berikut ini belum lengkap tetapi berisi kasus yang paling umum kapan berkas nonbebas boleh digunakan:

  1. Klip musik dapat digunakan untuk menjelaskan genre musik, grup musik, atau bagian yang cukup ikonik dari sebuah lagu yang dapat menyertakan komentar kritisnya dengan atribusi dari pemilik hak cipta. Sampel ini tidak boleh direkam melebihi 10% durasi lagu (jika kurang dari 5 menit, jika lebih dari 5 menit, maksimal 30 detik) dengan resolusi rendah.
  2. Cuplikan pidato, ceramah, atau kuliah dapat disertakan dapat menampilkan komentar kritisnya dengan atribusi dari pemilik hak cipta.

Gambar

Beberapa berkas nonbebas boleh digunakan di Wikipedia, menunjukkan bahwa gambar itu sudah mematuhi ketentuan penggunaan wajar secara legal serta pedoman nonbebas Wikipedia. Gambar nonbebas yang bisa digantikan dengan gambar bebas tidak boleh digunakan di Wikipedia. Semua berkas ini wajib mematuhi kriteria isi nonbebas (KINB), jika tidak, maka akan dihapus. Daftar berikut ini belum lengkap tetapi berisi kasus yang paling umum kapan berkas nonbebas boleh digunakan di bawah batasan berikut; lihat pula #Pemakaian yang tidak diperbolehkan:

  1. Sampul: Sampul buku, album, dsb., untuk identifikasi visual dari subjek dengan menyertakan komentar kritis terkait item yang bersangkutan[1]
  2. Logo: Untuk identifikasi. Lihat Wikipedia:Logo.[2]
  3. Prangko dan uang: Untuk identifikasi prangko dan uang, bukan tokoh yang muncul padanya.
  4. Materi promosi: Iklan, poster, baliho, dan yang dapat dipersamakan dengan itu.
  5. Tangkapan layar video: Untuk komentar kritis terhadap sebuah cuplikan tersebut (misalnya, film, acara TV, dan video musik)
  6. Tangkapan layar perangkat lunak: Komentar kritis
  7. Lukisan dan karya seni rupa: Untuk komentar kritis, termasuk bagaimana teknik mengolah gambar, atau aliran yang dianut pelukis itu.
  8. Gambar ikonik atau bersejarah
    • Gambar ikonik dan bersejarah yang memiliki komentar kritis.
    • Jika tidak, tetapi dapat membantu mengilustrasikan peristiwa bersejarah dapat digunakan jika memenuhi kriteria isi nonbebas (tidak ada pengganti bebas, menghormati tujuan komersial, dan kontekstual). Jika foto itu berasal dari kantor berita atau kantor fotografi seperti AP, Corbis, atau Getty Images dan tidak memberikan komentar kritis, foto tersebut gagal memenuhi KINB menghormati tujuan komersial.
  9. Gambar yang subjeknya merupakan sasaran komentar kritis.
  10. Gambar tokoh yang sudah meninggal dunia, menunjukkan bahwa sulit mendapatkan gambar bebas yang ekuivalen. Jika foto itu berasal dari kantor berita atau kantor fotografi seperti AP, Corbis, atau Getty Images dan tidak memberikan komentar kritis, foto tersebut gagal memenuhi KINB menghormati tujuan komersial.

Pemakaian yang tidak diperbolehkan

Teks

  1. Mengutip teks berhak cipta tanpa atribusi.
  2. Mengutip suatu teks berhak cipta terlalu panjang.
  3. Semua teks berhak cipta akan menghasilkan masalah hukum saat membuat versi suara dari artikel Wikipedia, dan harus dihindari karena audionya tidak dapat dilisensikan dengan GFDL.
  4. Pembuatan ulang sebagian dari seluruhnya terhadap daftar "100 Terbaik versi X", "Top 100", dll. yang pemilihannya dilakukan secara kreatif. (Wikipedia:Hak cipta daftar) Artikel dari tiap-tiap elemen yang masuk dalam daftar tersebut dapat didiskusikan penyertaannya dalam daftarnya (misalnya tangga musik). Daftar lengkap berdasarkan data faktual, misalnya daftar film dengan penghasilan kotor tertinggi, boleh disertakan.[3] Daftar yang menggunakan lisensi bebas (seperti AFI 100 Years... series) boleh digunakan kembali seluruhnya asalkan atribusi sumber harus dicantumkan secara lengkap.

Multimedia

  1. Klip audio yang terlalu panjang dalam artikel tunggal.
  2. Kutipan audio yang terlalu panjang untuk menjelaskan gaya bermusik sebuah grup musik kontemporer.
  3. Kutipan video pendek dari sebuah film yang tidak disertai komentar kritis.

Penggunaan media nonbebas (baik gambar, audio atau klip video) di bagian Galeri, Diskografi, dan antarmuka navigasi dapat melanggar KINB#8.

Gambar

  1. Foto gambar orang yang masih hidup, grup musik yang masih aktif, dan bangunan yang masih berdiri; menunjukkan bahwa ada pengganti gambar yang bebas, tidak termasuk gambar promosi.
    Untuk grup musik yang bubar, atau tokoh terkenal yang pensiun dari dunia hiburan dengan penampilan visual yang sekarang sudah tua dan berbeda jauh daripada saat-saat terkenalnya, gambar baru mungkin tidak memiliki tujuan yang sama dengan gambar lama, sehingga gambar tersebut bisa diterima dalam beberapa kasus.
    Terkait dengan memotret sendiri tokoh-tokoh kesayangan Anda, patuhilah peraturan fotografi di wilayah Anda. Kami tidak menerima foto bebas di dalam suatu ruang pribadi yang tidak sembarang bisa diakses publik.
  2. Sampul album yang dimasukkan dalam artikel "Diskografi xxx".
  3. Gambar bunga yang di-crop dari sebuah sampul album untuk mengilustrasikan artikel bertopik bunga.
  4. Peta yang dipindai atau dijejak dari buku atlas. Pemakaiannya hanya boleh dilakukan asalkan ada komentar kritis: misalnya daerah/teritori yang dipersengketakan, jika kontroversi tersebut dibahas pada artikel.
  5. Gambar yang subjeknya berupa perang, untuk mengilustrasikan artikel tentang perang. Boleh dipakai jika gambar itu cocok dengan komentar kritisnya pada artikel, misalnya, gambar ikonik yang mendapat perhatian jika gambar tersebut dibahas pada artikel.
  6. Gambar yang digunakan untuk menjelaskan ulang gambar tersebut di artikel B, jika gambar tersebut sudah memiliki artikelnya sendiri (artikel A) (gambar itu boleh dijelaskan dan pranala wiki lebih baik diberikan ke artikel tentang gambar itu)
  7. Foto dari kantor berita atau kantor fotografi (misalnya, AP, Corbis atau Getty Images), kecuali jika foto tersebut merupakan subjek komentar kritis.
  8. Sampul majalah, buku, dan album yang digunakan pada kotak info artikel bertopik orang yang fotonya ada di sampul tersebut. Namun, jika sampulnya itu adalah subjek dari pembahasan artikel, penempatannya harus berada dekat dengan komentar kritisnya. Mirip juga dengan foto dari sebuah patung (anggap tidak ada kebebasan panorama di negara tempat foto tersebut dipotret) hanya bisa dipakai untuk membahas patungnya, bukan subjeknya (misalnya Patung Jenderal Sudirman di Yogyakarta, alih-alih Soedirman).
  9. Gambar yang asalnya tidak dikenal atau belum diverifikasi. Ini tidak berlaku untuk gambar bersejarah, yang terkadang hanya sumber sekundernya yang jelas, karena sumber paling awal dari foto sejarah belum diketahui.
  10. Gambar grafik. Gambar grafik tersebut dapat dibuat ulang dengan data yang sama dan lisensi bebas.
  11. Foto komersial yang direproduksi dalam resolusi yang cukup tinggi untuk menghambat keuntungan yang diraup pemegang hak cipta.
  12. Tampilan permainan papan/kartu yang memiliki nilai seni, dipotret melanggar kaidah de minimis; meski itu dapat diganti dengan foto yang mematuhi kaidah de minimis misalnya saat ada orang yang bermain dengan papan/kartu itu. Dikecualikan bagi bagian dari permainan itu yang mendapatkan komentar kritis.
  13. Logo dari sebuah acara tahunan (atau perusahaan yang menajanya (sponsor)), digunakan untuk menggambarkan artikel tentang contoh spesifik dari peristiwa itu. Jika setiap tahun acara itu menggunakan logo berbeda, logo hanya boleh dimasukkan dalam artikel yang bersangkutan. Misalnya, diperbolehkan memasukkan logo Premier League pada artikel Liga Utama Inggris, tetapi jangan masukkan itu ke Liga Utama Inggris 2019–2020.
  14. Pindaian koran atau majalah yang berisi kalimat berhak cipta yang cukup panjang. Jika itu penting untuk dimasukkan, tulislah dalam artikel Wikipedia serta cantumkan sumber dan sitasinya.
  15. Foto publisitas suatu produk komersial yang dibuat oleh produsennya (misalnya gambar contoh mobil). Gambar itu bisa digantikan dengan yang bebas.
  16. Logo suatu entitas yang digunakan untuk identifikasi anak-anak entitasnya, bila anak usahanya sama sekali tidak memiliki penjenamaan sendiri. Logo anak usahanya yang lebih spesifik masih dapat diterima

Pada daftar

Di artikel dan bagian artikel yang terdiri dari bab kecil informasi untuk daftar unsur-unsur yang berkaitan dengan topik, misalnya daftar tokoh-tokoh dalam karya fiksi, gambar nonbebas harus digunakan dengan bijak untuk menampilkan aspek visual yang penting pada topik. Tidak disarankan menggunakan gambar nonbebas di setiap entri dalam artikel atau bagian. Mohon pertimbangkan hal-hal berikut untuk mengurangi jumlah gambar nonbebas terkait pada daftar:

  1. Gambar yang menampilkan banyak unsur daftar pada waktu yang sama, misalnya foto dari seluruh pemeran pada sampul film atau montase pada acara televisi, biasanya lebih disukai daripada gambar tunggal. Gambar-gambar ini dapat disediakan dari pemilik hak cipta atau dapat di-screenshot dari karya yang berhak cipta, alih-alih dibuat dari banyak gambar nonbebas yang dirangkai secara langsung oleh pengguna (mengingat pemakaiannya ditentukan jumlah dan resolusi gambar, dan bukan jumlah berkasnya.)
  2. Gambar yang dibahas secara detail dalam konteks tubuh artikel, misalnya gaya atau aliran seni yang digunakan, atau unsur yang menonjol dari karya tersebut, lebih disukai daripada sekadar identifikasi visual dari tiap elemen.
  3. Gambar yang menyediakan rujukan visual representatif untuk elemen lain pada artikel, seperti bagaimana wajah alien pada acara televisi bergenre fiksi ilmiah, lebih disukai daripada menyediakan gambar untuk tiap-tiap elemen yang dibahas.
  4. Jika gambar nonbebas lainnya akan digunakan pada tempat lain di Wikipedia (misalnya di "Daftar X"), memberikan pranala ke halaman yang memuat gambar tersebut sesuai alasan penggunaannya (artikel A misalnya) lebih disukai daripada menggunakan ulang berkas tersebut di Daftar X dan/atau mengunggah gambar nonbebas baru yang terpisah. Untuk menggunakan gambar nonbebas pada lebih dari satu artikel, ingat bahwa alasan penggunaan nonbebas yang berbeda wajib disertakan untuk tiap-tiap artikel yang menggunakannya.
  5. Untuk media yang melibatkan aktor yang masih hidup, dilarang memasukkan gambar aktor yang sedang berperan dalam suatu acara/film mengingat ada pengganti gambar yang lebih bebas (per WP:HIDUP dan di atas). Akan tetapi, jika ada perubahan penampilan yang berbeda signifikan akibat faktor usia, make-up, dan busana, dan bila dibutuhkan, maka diperbolehkan memasukkan gambar nonbebas untuk menunjukkan peranan aktor dalam media itu.
  6. Kecuali disebutkan di atas, gambar yang hanya digunakan untuk mengidentifikasi tiap-tiap elemen visual harus seminimal mungkin. Selalu batasi penggunaannya hanya untuk elemen-elemen yang tidak dapat dijelaskan hanya sekadar menggunakan teks, sebagaimana yang sudah disepakati bersama.

Pada galeri dan tabel

Umumnya, kita tidak diperbolehkan menyertakan gambar nonbebas pada galeri dan tabel. Pengecualian terhadap hal ini harus bisa ditunjukkan secara jelas dan silakan menggunakan cara lain untuk menampilkan gambar-gambar tersebut. Misalnya untuk membandingkan tampilan permainan video berhak cipta pada dua platform berbeda, serta berikanlah komentar kritis untuk itu.

Pada kategori yang berisi berkas nonbebas, kode __NOGALLERY__ dari MediaWiki harus disertakan agar thumbnail berkas tidak muncul.

Kolase dan montase yang berisi gambar nonbebas harus sebisa mungkin dihindari. Sesuai KINB#3a, montase dianggap sebagai "kumpulan banyak gambar nonbebas" yang klaim nonbebasnya pada tiap gambar yang dikolase turut berkontribusi. Jika montase itu digunakan, semua item nonbebas yang memberikan kontribusi nonbebas pada montase harus diberikan sumbernya dari mana. Jika kolase dan montase dibuat oleh pemilik hak cipta gambar, item itu dianggap satu, tidak tersusun dari banyak item.

Berkas nonbebas yang dimasukkan dalam halaman pengguna dapat dihapus mengikuti KPC#H3.

Pembebasan

Sejumlah halaman dengan ruang nama selain artikel dapat dibebaskan dari kebijakan media nonbebas. Pemakaiannya diperlukan untuk pemeliharaan, seperti halaman istimewa dan kategori yang digunakan untuk meninjau pemakaian isi nonbebas. Terkadang, gambar nonbebas dapat muncul pada pratayang artikel.

Pengunggahan

Lisensi Unggah lokal? Unggah di Commons?
Green copyright.svg Berhak cipta, tetapi pemilik hak cipta sudah mengizinkan distribusi ulang, pembuatan turunan, dan penggunaan secara komersial dengan syarat sumber harus dicantumkan boleh boleh, dengan OTRS
Karya sendiri (foto wajib menggunakan lisensi bebas, minimal CC BY-SA 2.0) boleh boleh
Karya orang lain dengan lisensi bebas (foto wajib menggunakan lisensi bebas, minimal CC BY-SA 2.0) boleh boleh
Domain publik boleh boleh, asalkan sudah DP di negaranya dan Amerika Serikat
Nonbebas harus tidak boleh

Penjelasan atas kebijakan ini

Latar belakang

"Bebas" artinya mengikuti apa itu "Pengertian Karya Seni Budaya Bebas".

Materi yang tidak bebas diperbolehkan jika itu memenuhi pembatasan dalam kebijakan ini. Pernyataan ini dideklarasikan berdasarkan amanat 19 Mei 2005 oleh Jimbo Wales, pendiri Wikipedia.[4] Misi Wikimedia Foundation, Inc. sebagai pemilik peladen Wikipedia, adalah "untuk memberdayakan dan melibatkan orang-orang di seluruh dunia untuk mengumpulkan dan mengembangkan pendidikan di bawah lisensi bebas atau dalam domain publik, serta menyebarluaskannya secara efektif dan global." Perihal ini kelak mensyaratkan apa yang harus dipatuhi oleh semua konten tak bebas, dan Wikimedia mewajibkan penghapusan konten yang tidak mematuhinya. Menjadi dermawan bagi seluruh dunia terkadang harus berlaku keras pada diri sendiri. Ini bukan perkara "menzalimi kita sendiri"; pahami bahwa aturan ini tidak sewenang-wenang, semuanya berpusat pada misi kami.

Wikipedia mendistribusikan isinya tanpa batasan apa pun. Secara hukum, kami boleh menggunakan materi berhak cipta baik yang dilisensikan secara eksklusif bagi kami oleh pemilik-pemiliknya, atau memenuhi pengertian "penggunaan wajar" mematuhi Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat. Namun, kami menyukai konten yang siapa pun bisa menggunakannya, tidak hanya Wikipedia. Kami ingin materi kami bebas digunakan, didistribusikan ulang, dimodifikasi, tanpa dibatasi hukum, khususnya berkait dengan hak cipta.

Untuk menghormati misi tersebut, Wikipedia menerima lisensi hak cipta hanya jika mematuhi pengertian apa itu "bebas" di Wikipedia. Standar kami sangat tinggi. Namun kemampuan kami dalam menggunakan karya itu tidak menjamin bahwa orang lain dapat menggunakannya. Kami MENOLAK lisensi yang "hanya eksklusif untuk Wikipedia" atau untuk "tujuan nonkomersial". Penggunaan secara komersial merupakan persoalan yang lebih rumit daripada status laba-nirlaba perusahaan, sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Faktanya, kami menolak lisensi dengan batasan yang signifikan. Itu dianggap tidak cukup bebas.

Wikipedia memiliki standar yang lebih tinggi daripada UUHC Amerika Serikat. Ada karya seperti foto-foto penting, karya seni rupa modern, yang menurut kami tidak layak dilisensikan secara bebas, tetapi sulit untuk membahas dalam konteks pendidikan tanpa menyertakan contoh-contohnya dari media itu sendiri. Dalam kasus tertentu seperti sampul/kemasan produk, karya nonbebas digunakan untuk membahas subjek bersangkutan. Kebijakan ini membolehkan materi dapat dipergunakan mengikuti aturan penggunaan wajar UUHC Amerika Serikat, dengan menyediakan batasan tambahan. Karena "penggunaan wajar" di Amerika Serikat belum tentu memenuhi wajar dalam konteks lain. Penggunaan di negara lainnya dengan aturan penggunaan wajar yang berbeda atau bahkan "tanpa penggunaan wajar" dapat bersifat ilegal dan itu bisa menyalahi misi kami. Oleh karena itu, kami membatasi media yang kita tawarkan itu untuk memastikan apa yang kita tawarkan memiliki distribusi legal yang lebih luas.

Kami tidak menginginkan pengguna ulang hilir hanya mengandalkan jaminan kami. Mereka patutlah bertanggung jawab atas apa yang dilakukan, tak peduli apa yang kita katakan kepada mereka. Oleh karena itu kami tunjukkan itu dan biarkan mereka melakukan apa yang mereka perbuat, sehingga kami memerlukan tag hak cipta yang menjelaskan asal usul karya berhak cipta itu, memberi sumber pada materi yang menyatakan dari manakah berkas itu berasal dan alasan penggunaan media nonbebas untuk tiap pemakaiannya di artikel, menunjukkan mengapa pemakaiannya dibolehkan.

Tujuan utama meminimalkan materi nonbebas adalah untuk mendorong (seniman) terus berkarya, daripada hanya sebatas meminjam isi yang dibatasi.

Hukum

Secara umum

Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat menyatakan bahwa karya seni kreatif yang diterbitkan di Amerika Serikat sampai tahun 1925 sudah dilepas ke domain publik. Beberapa karya seni kreatif di Amerika Serikat yang dibuat antara 1925 dan 1963 masih berhak cipta. Membuat karya turunan atau mereproduksi karya berhak cipta tanpa seizin tertulis pemilik hak cipta dianggap ilegal.[5] Kecuali penelusuran karya tersebut menemukan bahwa materi tersebut sudah kedaluwarsa atau tidak diperpanjang masa berlaku hak ciptanya, karya itu masih dianggap berhak cipta.[6]

Ada juga materi yang tidak dihakciptakan; karya yang diterbitkan di AS sebelum 1925, karya yang diterbitkan sebelum tahun 1978 tanpa pernyataan hak cipta, hak cipta sudah kedaluwarsa, atau dibuat oleh Pemerintahan Amerika Serikat adalah domain publik, tidak dihakciptakan. Sejumlah foto atau pindaian karya seni 2 dimensi, "reproduksi kasar", frasa teks pendek, logo yang hanya berupa tulisan dan bentuk geometris sederhana, dan desain produk, dianggap tidak memiliki tingkatan kreativitas daripada segi fungsional agar karya itu bisa dihakciptakan.

Undang-undang hak cipta hanya mengatur ekspresi kreatif yang "dituangkan dalam media nyata", bukan ide atau informasi yang ada di balik karya tersebut. Membuat ulang ide berdasarkan teks tertulis diperbolehkan secara hukum, atau membuat gambar atau lagu yang terilhami dari orang lain, asalkan tidak meniru-niru materi yang asli (lihat aturan mengenai plagiarisme).

Jika dihakciptakan, materi itu hanya boleh disalin atau didistribusikan di bawah izin pemegang hak cipta, atau mengikuti kaidah penggunaan wajar. Jika ada lisensi yang valid, pengguna itu wajib menggunakan lisensi itu termasuk batasan pemakaiannya, daerah tempat karya itu diciptakan, masa berlaku, sumber penggunaan, dll. Penggunaan wajar adalah hak terbatas untuk menggunakan karya berhak cipta tanpa izin, bergantung seberapakah khususnya pemakaian itu. Doktrin ini ada dalam klausul UUHC Amerika Serikat, dengan pembatasan hanya untuk kritik, komentar, pendidikan, dan hak-hak kebebasan berpendapat lainnya. Tidak semua negara menerapkan hal yang sama dengan UUHC Amerika Serikat, bentuk-bentuk lainnya adalah fair dealing.

Sebagian karya berhak cipta yang dibuat sesudah 1925 di luar Amerika Serikat, juga dihakciptakan di Amerika Serikat.[7][butuh klarifikasi]

Di Wikipedia

JANGAN PERNAH MENGGUNAKAN MATERI YANG MELANGGAR HAK CIPTA ORANG LAIN. Hal ini dapat menimbulkan masalah hukum dan dapat mengganggu proyek Wikimedia.

Mengunggah gambar, audio, dan video, atau kutipan teks berhak cipta secara langsung ke Wikipedia, dan menambahkannya ke proyek ini, dapat menimbulkan masalah hak cipta. Pengguna yang melakukan itu harus memastikan bahwa kontribusinya legal. Jika diragukan, silakan bertanya di Warung Kopi, cari pengganti bebas, atau "gunakan kata-katamu sendiri" untuk memberikan poin penting. Anda dapat bertanya ke pemegang hak cipta untuk meminta agar berkasnya dilisensikan dengan lisensi CC BY-SA 3.0 ke atas (lisensi ganda dengan GFDL juga bisa). Harap melihat Wikipedia:Permintaan izin untuk melihat contoh-contoh perizinannya.

Jika karya itu tidak berhak cipta dan dilisensikan ke Wikipedia di bawah lisensi "bebas" yang diterima, karya itu bebas dan boleh digunakan di Wikipedia tanpa batasan hukum hak cipta. Lihat domain publik, hak cipta, dan panduan dari Universitas Cornell ini untuk membahas mengenai apa yang dilindungi. Lihat juga lisensi bebas dan Wikipedia:Tag hak cipta berkas/Lisensi bebas. Lisensi terbatas, meski menawarkan beberapa hak legal, Wikipedia tetap menolak lisensi terbatas (termasuk nonkomersial dan tanpa turunan). Alih-alih, karya yang tidak sesuai dengan daftar lisensi yang diperbolehkan di Wikipedia dianggap sebagai "tanpa lisensi".

Kalau karya itu tidak bebas, Wikipedia mewajibkan berkas itu memenuhi syarat nonbebas. Seperti yang dijelaskan di atas, kebijakan ini lebih ketat daripada persyaratan UUHC Amerika Serikat. Secara logis, materi yang memenuhi kebijakan ini juga pasti memenuhi persyaratan hukum tersebut. Namun, untuk mencegah permasalahan hukum, dan untuk menegaskan apa makna kebijakan tersebut, peraturan hukumnya juga harus dipahami secara mendalam. Lihat penggunaan wajar untuk informasi lebih lanjut, dan rangkuman oleh Universitas Stanford terkait kasus yang relevan terhadap penggunaan wajar.

Materi bebas hanya digunakan bila, sebagai tambahan batasan lain, bahkan kami tetap menyebut bahwa pemakaian konten tersebut berdasarkan penggunaan wajar bahkan sampai kami dituntut ke pengadilan sekali pun. Wikimedia Foundation berhak menghapus materi tak bebas yang berhak cipta setiap saat. Ingat bahwa sumber kutipan dan pranala luar akan menghasilkan persoalan hak cipta yang kemudian dibahas dalam kebijakan yang lain.

Dasar hukum di Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta tidak melarang penggunaan wajar sebuah media seperti termaktub di bawah ini (hal-hal yang relevan untuk Wikipedia dicetak tebal).

Bahasa Indonesia
English (official translation; terjemahan resmi)

Menangani pelanggaran aturan isi nonbebas

Pemakaian berkas yang tidak sesuai dengan aturan nonbebas dapat menyebabkan penghilangan di artikel atau templat yang bersangkutan, atau dihapus. Untuk teks, penghapusan atau penghilangan sebagian atau seluruh kalimat dapat berlaku sesuai dengan kebijakan plagiarisme.

Proyek Wikimedia lainnya

Meski Wikipedia bahasa Indonesia memperbolehkan penggunaan wajar seperti halnya Wikipedia bahasa Inggris, Wikipedia bahasa lainnya (misalnya bahasa daerah Indonesia) tidak menerapkan aturan penggunaan wajar. Anda dapat melihat daftar proyek Wikimedia yang menerapkan kriteria isi nonbebas di Meta-Wiki. Beberapa aturan terkait di beberapa negara dapat dilihat di Meta.

Lihat pula

Referensi

  1. ^ INB#1 berkaitan dengan pemakaian sampul dalam artikel yang subjeknya adalah karya yang berhubungan dengan sampul tersebut (misalnya album musik). Sampul sangat memenuhi kriteria KINB "kontekstual" (KINB#8) terkait pemasaran, penjenamaan, dan identifikasi terhadap karya tersebut. Alasan yang sama biasanya tidak berlaku jika sampul dibahas pada artikel bertopik pengarang atau musisi; di sejumlah artikel, kriteria KINB mengharapkan adanya pembahasan mengenai sampul tersebut dalam artikelnya.
  2. ^ INB#2 hanya membolehkan logo digunakan pada kotak info atau paragraf pembuka artikel bertopik perusahaan yang bersangkutan dah harus menampilkan logo yang terkini. Pemakaian logo lama atau bersejarah tidak diperbolehkan kecuali jika logo bersejarah tersebut dibahas dalam artikel.
  3. ^ Petinggi Wikimedia Foundation memberi nasihat pada Maret 2011 bahwa meski sidang belum memutuskan solusi masalah tersebut, jajak pendapat mungkin dilindungi karena parameternya dipilih oleh orang yang mengikuti jajak pendapat dan pemilihan oleh responden menunjukkan "adanya kreativitas." Penggunaan jajak pendapat diyakini sesuai dengan prinsip-prinsip penggunaan wajar, serta mengingatkan bahwa "Penerbitan ulang tanpa komentar atau transformasi apa pun bukanlah penggunaan wajar." Ia juga merekomendasikan bahwa penggunaan daftar yang bahkan tidak dapat dilindungi hak cipta dipertimbangkan sehubungan dengan perjanjian lisensi yang dapat "mengikat pengguna/pembaca dari menerbitkan kembali daftar/hasil survei tanpa izin", mencatat bahwa "Kalau tak ada kesepakatan, berarti Anda melanggar peraturan pemberantasan persaingan tidak sehat dan/atau penyalahgunaan hasil survei jika mengambil sebagian dari daftar atau hasil survei."
  4. ^ Amanat 19 Mei 2005 oleh Jimbo Wales
  5. ^ "A 1961 Copyright Office study found that fewer than 15% of all registered copyrights were renewed. For books, the figure was even lower: 7%. Barbara Ringer, "Study No. 31: Renewal of Copyright" (1960) "Study No. 31: Renewal of Copyright" (1960), reprinted in Library of Congress Copyright Office. Copyright law revision: Studies prepared for the Subcommittee on Patents, Trademarks, and Copyrights of the Committee on the Judiciary, United States Senate, Eighty-sixth Congress, first [-second] session. (Washington: U. S. Govt. Print. Off, 1961), p. 220. A good guide to investigating the copyright and renewal status of published work is Samuel Demas and Jennie L. Brogdon, "Determining Copyright Status for Preservation and Access: Defining Reasonable Effort," Library Resources and Technical Services 41:4 (October, 1997): 323-334." , Hirtle, Peter (2007) Copyright Term and the Public Domain in the United States footnote 7. Of the total US material first published between 1925 and 1963, the percentage of renewed copyrights is far lower, because most published material was never registered at all.
  6. ^ Lihat di sini: How to Investigate the Copyright Status of a Work, Stanford's Copyright Renewal Database, Project Gutenberg danInformation about The Catalog of Copyright Entries.
  7. ^ Hak cipta non-AS berlaku di AS menurut URAA.

Pranala luar