Bridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bridge

Bidding box dan kartu permaintan untuk bridge
Pemain 4
Usia dianjurkan untuk 12 ke atas
Waktu persiapan < 2 menit
Lama permainan WBF tournament games = 7,5 menit per deal
Kerumitan aturan Menengah
Kedalaman strategi Tinggi
Faktor nasib Rendah
Kecakapan yang dibutuhkan Daya ingat, Taktik

Bridge atau contract bridge adalah permainan kartu yang mengandalkan baik kemampuan bermain maupun keuntungan.

Empat pemain duduk saling berhadapan dengan pasangannya di satu meja. Permainan ini dimulai dengan dibagikannya satu set kartu (52) secara acak ke semua pemain, lalu dilakukannya perebutan kontrak oleh kedua pasangan melalui lelang. Misi dari pasangan yang memenangkan lelang adalah memenuhi kontrak sesuai penawarannya atau bahkan melebihinya, sedangkan pasangan yang lain berusaha agar kontrak tersebut gagal dipenuhi. Kontrak adalah pernyataan oleh salah satu pasangan bahwa pihak mereka akan mengambil sejumlah (atau lebih) trik. Sedangkan, yang dimaksud dengan trik ini adalah kemenangan pada satu putaran kartu dari empat pemain. Karena jumlah kartu ada 52 dan tiap-tiap pemain memegang 13 kartu, maka terdapat 13 trik dalam satu kali permainan. Adapun lelang ini menentukan pihak yang menyatakan, the strain of trump dan lokasi pemimpin untuk kartu di tangan.

Turnamen bridge biasanya diatur untuk memaksimalkan penggunaan kecakapan satu tim dan meminimalkan pengaruh keberuntungan. Bridge telah dibandingkan dengan catur sebagai permainan atau olahraga yang menggunakan akal sehat.

Truf/Trump adalah kartu menang. Artinya, bila kita tidak memiliki kartu yang diminta sesuai giliran, kita boleh menurunkan kartu truf.

Urutan/ranking warna kartu dari yang terkecil: Club -Diamond - Heart - Spade - No Trump.

Jumlah kartu dalam satu set/board ada 52 kartu, terdiri dari C, D, H, S dan masing-masing terdiri dari 2,3,4,5,6,7,8,9.T, J, Q, K, A

1 set kartu ini dibagi rata pada 4 pemain yang duduk di Utara, Timur, Selatan, dan Barat. sehingga masing-masing memperoleh 13 kartu.

Jumlah trik yang harus dikumpulkan oleh pasangan pemenang penawaran kontrak adalah sebesar N+6, dengan N adalah tingkat kontrak yang disepakati.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]