Wikipedia:Kebijakan pelindungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan kebijakan resmi di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang normalnya harus diikuti oleh semua pengguna. Perubahan yang dibuat harus mendapatkan konsensus terlebih dahulu.

Pengurus dapat melindungi artikel sehingga tidak dapat disunting atau dipindahkan, dan dihapus. Beberapa halaman dilindungi sepenuhnya, atau kadaluwarsa dalam waktu tertentu, perlindungan halaman dibuat untuk mencegah vandalisme berulang-ulang.

Jenis pelindungan:

  1. Pelindungan permanen - ruang nama MediaWiki dan Istimewa.
  2. Pelindungan penuh - melindungi halaman sehingga tidak dapat disunting oleh siapa pun kecuali para pengurus.
  3. Pelindungan sebagian - melindungi halaman sehingga tidak dapat disunting oleh pengguna anonim (belum masuk log) dan yang belum terkonfirmasi otomatis.
  4. Pelindungan dari pembuatan - mencegah agar suatu halaman tidak dapat dibuat. Biasanya untuk artikel yang pernah dihapus dan dibuat berkali-kali.
  5. Pelindungan dari pemindahan - mencegah halaman dipindahkan. Biasanya untuk mencegah perang judul artikel.

Pelindungan permanen

Beberapa halaman dilindungi secara permanen oleh perangkat lunak MediaWiki digunakan untuk Wikipedia, seperti halaman di ruang nama MediaWiki, jadi hanya para pengurus yang dapat menyunting halaman tersebut.

Halaman yang sepenuhnya dilindungi hanya dapat disunting oleh pengurus. Pelindungan penuh bervariasi waktunya, mulai dari beberapa hari (seperti halaman yang sedang viral atau banyak divandal) hingga selamanya (seperti Halaman Utama dan templat-templat berisiko tinggi). Pelindungan ini dapat digunakan untuk mencegah perang suntingan ataupun vandalisme berulang oleh pengguna yang lama (bukan pengguna baru). Jika Anda ingin menyunting halaman yang dilindungi penuh, Anda perlu pergi ke halaman pembicaraan artikelnya dan membuat utas baru dengan menambahkan templat {{edit protected}}.

Untuk pengurus: apabila halaman artikel divandal oleh pengguna baru atau anonim, pertimbangkan melakukan pelindungan sebagian, bukan pelindungan penuh.

Halaman dengan pelindungan sebagian hanya dapat disunting oleh pengguna yang sudah terkonfirmasi otomatis (termasuk pengurus) dan tidak dapat disunting oleh pengguna anonim ataupun pengguna yang baru terdaftar atau jumlah suntingannya masih sangat sedikit. Pelindungan-sebagian biasanya diterapkan untuk melindungi halaman yang sedang divandal oleh anonim. Lama perlindungan biasanya mulai dari beberapa hari, hingga selamanya (untuk Artikel-Artikel Pilihan). Jika Anda ingin menyunting halaman yang dilindungi sebagian, Anda harus masuk log terlebih dahulu dengan akun yang sudah terdaftar beberapa hari dan menyunting beberapa suntingan.

Untuk pengurus: pertimbangkan untuk melindungi artikel yang sedang ramai divandal dengan waktu kadaluarsa pendek terlebih dahulu. Apabila setelah perlindungan kadaluarsa artikel tersebut masih divandal lagi, bisa dilindungi lagi dengan waktu yang lebih panjang. Jangan menerapkan pelindungan selamanya, apabila Anda tidak yakin!

Pelindungan dari pembuatan

Halaman yang masih belum dibuat mungkin dapat dilindungi, hal ini dilakukan untuk mencegah pembuatan artikel yang sudah dihapus berkali-kali karena tidak layak, lihat Wikipedia:Kelayakan artikel.

Pelindungan dari pemindahan

Beberapa artikel dilindungi sehingga tidak dapat dipindahkan kecuali oleh pengurus, perlindungan jenis ini mencegah terjadi vandalisme pemindahan halaman ke judul yang baru.

Pelindungan khusus

Pada kasus yang langka sekali, sebuah halaman dapat dilindungi oleh staf Yayasan Wikimedia. Halaman tidak dapat disunting selain oleh staf Wikimedia, hal ini mungkin terpaksa dilakukan jika terjadi isu pelanggaran hak cipta.

Bagaimana cara menyunting halaman yang dilindungi?

  • Halaman yang dilindungi secara penuh, misalnya Halaman Utama: tambahkan {{editprotect}} di bagian baru pembicaraannya, misalnya Pembicaraan:Halaman Utama, atau kunjungi Wikipedia:Permintaan perhatian pengurus#Penyuntingan halaman yang dilindungi.
  • Halaman yang dilindungi sebagian: idem, atau pertimbangkan untuk membuat akun Wikipedia, masuk log, dan menyunting-nyunting halaman lain selama beberapa hari hingga Anda mendapatkan status pengguna terkonfirmasi otomatis.
  • Halaman yang dilindungi dari pembuatan: biasanya pengurus memiliki alasan kuat untuk artikel tersebut tidak dibuat lagi, karena spam, vandalisme berulang, maupun memaksakan kelayakan artikel. Apabila Anda memiliki alasan kuat, silakan kunjungi WP:PPP atau WP:EP
  • Halaman yang dilindungi dari pemindahann: biasanya karena sebelumnya artikel tersebut berulang kali dipindahkan dalam waktu dekat. Pertimbangkan untuk berdiskusi dengan pengguna yang lain tentang judul artikel yang paling tepat.
  • Halaman yang dilindungi secara khusus: coba gunakan salah satu cara di atas.

Lihat pula