Wikipedia:Kesopanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Galat: tidak ada pintasan yang ditentukan |msg= parameter tidak ditentukan.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.

Kesopanan adalah istilah untuk tindakan menyunting dan menulis ringkasan suntingan, komentar, dan diskusi halaman pembicaraan pada semua Wikipedia. Sedangkan ketidaksopanan kasarnya didefinisikan sebagai perilaku yang ditujukan secara personal yang menimbulkan suasana konflik dan ketegangan yang lebih besar. Aturan kesopanan yang kita pegang menyatakan bahwa setiap orang harus bertindak dengan penuh kesopanan antara satu dengan lainnya.

Permasalahan

Setiap orang diundang untuk menyunting di Wikipedia. Terkadang sulit untuk mengkritisi teks tanpa menjadi subjektif. Editor yang memeriksa mungkin dapat

Contoh

Contoh-contoh (dari halaman pembicaraan pengguna) yang menunjang keadaan yang kurang beradab:

Pedoman umum

Memperingatkan pelanggar kesopanan

Pada kasus-kasus yang jelas melanggar keberadaban, Anda dapat melaporkan hal ini kepada komite arbitrase (belum di terapkan di WBI, masih berupa proposal).

Pengelolaan pada proses mediasi

Permintaan maaf

Permintaan maaf adalah tindakan yang mungkin diperlukan dalam konflik yang melibatkan beberapa orang. Permintaan maaf itu sendiri bukanlah tindakan pemecahan masalah atau negosiasi atau arbitrasi. Permintaan maaf hanyalah sebuah tindakan tukar-menukar kata-kata yang menuju kepada rekonsiliasi.

Bagi sebagian orang, sangat penting untuk menerima permintaan maaf dari orang yang telah menyerang mereka. Dalam hal ini, permintaan maaf yang tulis sering merupakan kunci untuk menyelesaikan konflik: permintaan maaf adalah simbol dari pengampunan. Permintaan maaf sangat dianjurkan ketika seseorang telah menyerang orang lain.

Lihat pula