David Beaton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David Beaton
Kardinal Uskup Agung St Andrews
Primat Skotlandia
Kardinal David Beaton
Keuskupan agung
St Andrews
Masa jabatan
1539–1546
PendahuluJames Beaton
PenerusJohn Hamilton
Jabatan lainImam-kardinal di Santo Stefano al Monte Celio
Imamat
Tahbisan uskup
antara 26 Juli dan 13 Agustus 1538
Pelantikan kardinal
20 December 1538
oleh Paus Paulus III
PeringkatImam-kardinal
Informasi pribadi
Lahirc. 1494
(kemungkinan Balfour), Fife, Skotlandia
Wafat29 May 1546 (umur c. 52)
Kastil St Andrews, Fife, Skotlandia
KewarganegaraanKerajaan Skotlandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Orang tuaJohn Beaton dan Isobel Monypenny
Anak8
Jabatan sebelumnya
Uskup agung koajutor dari St Andrews 1537–1539

David Beaton (juga Beton atau Bethune ; [a] c. 1494 – 29 Mei 1546) adalah Uskup Agung St Andrews dan kardinal Skotlandia terakhir sebelum Reformasi.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kardinal Beaton adalah putra keenam dan bungsu dari sebelas bersaudara dari John Beaton (Bethune) dari Balfour di wilayah Fife, dan istrinya Mary, putri Sir David Boswell dari Balmuto. Keluarga Bethunes dari Balfour adalah bagian dari Klan Bethune, cabang Skotlandia dari Wangsa Bethune, wangsa bangsawan di Prancis.[3] Kardinal dikatakan lahir pada tahun 1494. Ia dididik di universitas St Andrews dan Glasgow, dan pada usia ke-16 dikirim ke Paris, di mana ia belajar hukum sipil dan hukum kanon . Pada tahun 1519 Raja James V dari Skotlandia mengangkatnya sebagai duta besar di Prancis.

Pada tahun 1520, pamannya, James Beaton, Uskup Agung Glasgow, mengangkat David Beaton menjadi rektor dan prebendary di Cambuslang . Setelah pamannya menjadi Uskup Agung St. Andrews pada tahun 1522, ia mengundurkan diri dari posisi Komendator dari Arbroath demi keponakannya. Pada tahun 1525 David Beaton kembali dari Prancis dan duduk sebagai Lord Abbot dari Arbroath di Parlemen Skotlandia. Pada tahun 1528 Raja menamainya Lord Privy Seal.[4]

Antara tahun 1533 dan 1542, ia bertindak beberapa kali sebagai duta besar Raja James V dari Skotlandia untuk Prancis. Dia memainkan peran utama dalam negosiasi yang berhubungan dengan pernikahan raja, pertama dengan Madeleine dari Prancis, dan kemudian dengan Mary dari Guise. Pada tahun 1537 ia diangkat menjadi koadjutor pamannya di St. Andrews, dengan hak suksesi.

Pada bulan Desember 1537, Beaton diangkat menjadi Uskup Mirepoix di Languedoc atas rekomendasi Raja Francis I, dan ditahbiskan pada musim panas berikutnya. Mungkin ia ditahbiskan sekitar waktu itu. Juga pada tahun 1538 ia diangkat sebagai Kardinal oleh Paus Paulus III, dengan gelar St Stefanus di Bukit Caelian.[4] Pada bulan Februari 1539 Kardinal Beaton menggantikan pamannya sebagai Uskup Agung St. Andrews. Pada tahun 1544, dia diangkat menjadi legatus kepausan di Skotlandia.

Secara politis, Beaton disibukkan dengan upaya mempertahankan aliansi Prancis-Skotlandia, dan menentang sikap politik Anglofil, yang dikaitkan dengan tuntutan reformasi Protestan di Skotlandia.

Hubungan menjadi tegang antara James V dan pamannya, Henry VIII dari Inggris, yang berusaha melepaskan Skotlandia dari kesetiaannya kepada kepausan dan membuatnya tunduk pada dirinya sendiri. Henry mengirim dua duta besar berturut-turut ke Skotlandia untuk mendesak James agar mengikuti teladannya dalam menolak otoritas Paus di wilayah kekuasaannya. Raja James menolak untuk terlibat dalam rencana Henry dan menolak meninggalkan kerajaannya untuk bertemu dengan Henry. Permusuhan pun pecah antara kedua kerajaan pada tahun 1542. Kardinal disalahkan oleh banyak orang atas perang dengan Inggris yang menyebabkan kekalahan di Solway Moss pada November 1542.

Penginapan Kardinal Beaton di Cowgate Edinburgh

Selama pemerintahan Mary[sunting | sunting sumber]

Ukiran Kardinal Beaton dari abad ke-19
Patung Kardinal David Beaton, Scottish National Portrait Gallery
Beaton melihat dirinya sebagai pelayan Mahkota yang setia. Senjata kerajaan ini berasal dari tempat tinggalnya di Kastil St. Andrews, Fife.

James V meninggal di Istana Falkland pada tanggal 14 Desember 1542. Beaton mencoba menjadi salah satu wali bagi Mary, Ratu Skotlandia yang masih bayi. Dia mendasarkan klaimnya pada dugaan surat wasiat mendiang Raja; tetapi surat wasiat tersebut secara umum dianggap dipalsukan, dan Earl of Arran ke-2, pewaris takhta, dinyatakan sebagai wali penguasa. Salinan surat wasiat yang diduga palsu itu disimpan oleh wali penguasa Arran. Tertanggal 14 Desember 1542 di kamar tidur raja di Istana Falkland, surat wasiat tersebut disaksikan oleh James Learmonth dari Dairsie, Kepala Rumah Tangga; Henry Kemp dari Thomastoun, Gentleman of the Chamber; Michael Durham, dokter raja; John Tennent, William Kirkcaldy dari Grange, Master Michael Dysart, Pengawas St Anthony's di Leith; John Jordan, Rektor dari Yetham; Francis Aikman, pembuat wewangian, dan yang lainnya di samping tempat tidur. Namun, panitera yang menulis instrumen tersebut, Henry Balfour, seorang kanon di Dunkeld, bukanlah seorang notaris yang diakui.[5]

Atas perintah wali penguasa, Beaton diserahkan ke tahanan Lord Seton,[4] dan dipenjarakan di Istana Dalkeith dan kemudian Kastil Blackness. Sebuah larangan kepausan menyusul penangkapan Kardinal Primata, yang menyatakan bahwa semua gereja di negara itu harus ditutup dan pemberian sakramen-sakramen harus ditangguhkan.[6]

Dengan Beaton yang tidak lagi berkuasa, pihak Anglofil membujuk wali penguasa Arran untuk membuat perjanjian pernikahan dengan Inggris atas nama sang Ratu yang masih bayi, dan menunjuk sejumlah pengkhotbah Protestan. Perjanjian yang ditandatangani di Greenwich pada bulan Juli 1543 menetapkan bahwa Mary akan ditemani oleh seorang bangsawan Inggris (dan istrinya) sampai dia berusia sepuluh tahun dan setelah itu akan tinggal di Inggris hingga waktu pernikahannya. Penyatuan takhta Inggris dan Skotlandia yang dicita-citakan dalam perjanjian itu sudah kontroversial sejak awal. Kebijakan Anglo-sentrisnya ditentang oleh banyak orang yang lebih memilih untuk melanjutkan Aliansi Auld dengan Prancis. Penolakan terhadap perjanjian tersebut mengakibatkan lonjakan popularitas faksi Prancis dan pembebasan Beaton dari penjara. Perjanjian Greenwich ditolak oleh Parlemen Skotlandia pada tanggal 11 Desember 1543, yang menyebabkan konflik Anglo-Skotlandia selama delapan tahun yang dikenal dengan sebutan Rough Wooing.[7] Pada tahun 1543, Beaton mendapatkan kembali kekuasaannya, setelah sebelumnya menyusun Ikatan Rahasia. Dua invasi Inggris terjadi setelahnya – dan untuk ini banyak yang menyalahkan Beaton.

Pada bulan Desember 1545, Beaton mengatur penangkapan, pengadilan, dan eksekusi pengkhotbah Protestan George Wishart, yang pada tanggal 28 Maret 1546 dicekik dan kemudian dibakar.[6] Wishart memiliki banyak simpatisan, dan hal ini menyebabkan pembunuhan Kardinal segera setelahnya.[4]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Kastil St. Andrews

Konspirasi untuk membunuh Kardinal Beaton sudah mulai beredar sejak tahun 1544. Para konspirator dipimpin oleh Norman Leslie, penguasa Rothes, dan William Kirkcaldy dari Grange. Keluarga Leslie telah menderita akibat perluasan kepentingan Beaton di Fife; sedangkan paman Kirkcaldy, James Kirkcaldy dari Grange, merupakan simpatisan Protestan dan telah dicopot pada tahun 1543 sebagai bendahara kerajaan, melalui pengaruh Beaton. Mereka bergabung dengan John Leslie dari Parkhill, salah satu bangsawan Fife yang marah atas pembunuhan Wishart.[8] Leslie dan Kirkcaldy berhasil mendapatkan izin masuk ke Kastil St Andrews saat fajar menyingsing pada tanggal 29 Mei 1546, dan membunuh porter dalam prosesnya. Mereka kemudian membunuh kardinal, memutilasi mayatnya dan menggantungnya di jendela kastil.[9]

Pada saat itu, secara luas diyakini bahwa kematiannya adalah demi kepentingan Henry VIII dari Inggris, yang menganggap Beaton sebagai penghalang utama kebijakannya di Skotlandia. Pembunuhan kardinal ini tentu saja menjadi titik penting dalam kemenangan Protestan di utara perbatasan.

Pada saat kematiannya, Beaton adalah Lord Chancellor Skotlandia, Uskup Agung St Andrews, dan Kardinal legatus di Skotlandia. [10] Ia digantikan sebagai Uskup Agung Saint Andrews oleh Dr. John Hamilton.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ada beberapa ejaan alternatif yang diberikan untuk Kardinal dan keluarganya, yang paling umum Bethune, Beton, atau Beatoun.[1] Kardinal mengeja namanya sendiri Betovn (Betoun).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biographia Britannica (dalam bahasa Inggris). Bathurst. 1780. hlm. 37. Diakses tanggal 29 September 2017. 
  2. ^ Eighth Report of the Royal Commission on Historical Manuscripts (dalam bahasa Inggris). Royal Commission on Historical Manuscripts. 1881. hlm. 304. Diakses tanggal 29 September 2017. 
  3. ^ Anderson, William (1867). The Scottish Nation: Or the Surnames, Families, Literature, Honours, and Biographical History of the People of Scotland (dalam bahasa Inggris). Fullarton. hlm. 288. Diakses tanggal 29 September 2017. 
  4. ^ a b c d Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Beaton, David". Encyclopædia Britannica. Vol. 3 (ed. 11). Cambridge University Press. hlm. 582–583.
  5. ^ HMC, 11th Report, part VI, Manuscripts of the Duke of Hamilton (London, 1887), hlm. 205, 219–220.
  6. ^ a b "Miranda, Salvador. "Beaton, David (1494–1546)", The Cardinals of the Holy Roman Church". Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 January 2018. Diakses tanggal 28 July 2015. 
  7. ^ Loades, David Michael.
  8. ^ Merriman, Marcus.
  9. ^ "Lamont, Stewart". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-29. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  10. ^ Herkless, John.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]