James V dari Skotlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
James V
James V of Scotland2.jpg
Anonymous portrait of James V, probably contemporary
Raja Skotlandia
Berkuasa9 September 1513 – 14 Desember 1542
Penobatan21 September 1513
PendahuluJames IV
PenerusMary I
Lahir(1512-04-10)10 April 1512
Istana Linlithgow, Linlithgowshire
Wafat14 Desember 1542(1542-12-14) (umur 30)
Istana Falkland, Fife
Pemakaman
WangsaDinasti Stewart
AyahJames IV dari Skotlandia
IbuMargaret Tudor
PasanganMadeleine dari Valois (1537)
Mary dari Guise (1538–42)
AnakRobert Stewart, Earl I dari Orkney
James Stewart, Earl II dari Moray
Mary, Ratu Skotlandia

James V (10 April 1512 – 14 Desember 1542) adalah Raja Skotlandia dari 9 September 1513 sampai kematiannya, yang diikuti oleh kekalahan Skotlandia pada Pertempuran Solway Moss. Ia hanya memiliki satu anak yang sah yang bertahan hidup, Mary, yang mewarisi tahta ketika berusia enam tahun.

Masa muda

James adalah putra ketiga Raja James IV dari Skotlandia dan istrinya Margaret Tudor, putri Henry VII dari Inggris dan saudara perempuan Henry VIII, dan merupakan satu-satunya anak sah James IV yang bertahan hidup.  Ia lahir pada 10 April 1512 di Istana Linlithgow, Linlithgowshire, dan dibaptis pada hari berikutnya, menerima gelar Adipati Rothesay dan Pangeran dan Pejabat Agung Skotlandia.  Ia menjadi raja pada usia tujuh belas bulan ketika ayahnya terbunuh dalam Pertempuran Flodden pada 9 September 1513.
James dimahkotai di Kapel Kerajaan di Kastil Stirling pada 21 September 1513. Selama masa kanak-kanaknya, negara ini diperintah oleh bupati, pertama oleh ibunya, sampai dia menikah lagi pada tahun berikutnya, dan kemudian oleh John Stewart, Adipati Albany ke-2, selanjutnya  sejalan dengan Mahkota setelah James dan adiknya Alexander Stewart, Adipati Ross, yang meninggal saat masih bayi.  Bupati lainnya termasuk Robert Maxwell, 5 Lord Maxwell, anggota Dewan Kabupaten yang juga dianugerahi sebagai Bupati Arran, pulau terbesar di Firth of Clyde.  Pada bulan Februari 1517, James datang dari Stirling ke Holyroodhouse, Edinburgh, tetapi selama wabah wabah di kota, ia dipindahkan ke perawatan Antoine d'Arces di dekat pedesaan Kastil Craigmillar.  Di Stirling, James yang berusia 10 tahun memiliki penjaga yang terdiri dari 20 bujang yang mengenakan pakaian berwarna, merah dan kuning.  Ketika dia pergi ke taman di bawah Kastil, "secara rahasia dan dalam cuaca yang cerah dan lembut," enam penunggang kuda akan menjelajahi pedesaan sekitar dua mil bundaran untuk mencari penyusup.  Penyair menulis sajak anak-anak mereka sendiri untuk James dan menasihatinya tentang perilaku kerajaan.  Sebagai seorang pemuda, pendidikannya berada di bawah asuhan Sir David Lyndsay.  William Stewart, dalam puisinya Princelie Majestie, yang ditulis dalam bahasa Middle Scots, menasihati James agar tidak bermain ice-skating:

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait James V of Scotland di Wikimedia Commons

James V dari Skotlandia
Lahir: 10 April 1512 Wafat: 14 Desember 1542
Gelar
Didahului oleh:
James IV
Raja Skotlandia
9 September 1513 – 14 December 1542
Diteruskan oleh:
Mary I