Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan/2019

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ini adalah halaman usulan-usulan artikel pilihan pada tahun 2019.

Periode

1
3
5
7
9
11
13

2
4
6
8
10
12

Periode 1

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-1
Periode pengusulan: 14 November 2018—28 November 2018
Periode pemungutan suara: 29 November 2018—13 Desember 2018
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

1 2019

31 Desember 2018 - 6 Januari 2019

Peta lokasi Australia dan Uni Eropa

Hubungan Australia dengan Uni Eropa adalah hubungan internasional antara Australia dengan Uni Eropa (UE). Hubungan Australia dengan UE bermula sejak pertama ditunjuk duta besar Australia untuk Komunitas Eropa di Brussels pada tahun 1962. UE dan Australia memiliki kemitraan yang terus berkembang dan hubungannya saat ini didasarkan pada Kerangka Kemitraan UE-Australia tahun 2008. UE dan negara-negara anggotanya memiliki hubungan dengan Australia di segala bidang baik politik, ekonomi, ataupun sosial. Pada tahun 2017 UE dan Australia menyetujui perjanjian yang menandai dimulainya era baru kerja sama yang strategis dan lebih erat, dengan peningkatan kerja sama di bidang keamanan, perdagangan, perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan. Pada 22 Mei 2018, Dewan UE mengadopsi keputusan yang mengesahkan pembukaan perundingan untuk Perjanjian Perdagangan Bebas antara UE dengan Australia. (Selengkapnya...)


2 2019

7 Januari 2019 - 13 Januari 2019

Abdoel Moeis Hassan sebagai Gubernur Kalimatan Timur

Abdoel Moeis Hassan adalah seorang tokoh pemuda pergerakan kebangsaan di Samarinda pada masa 1940–1945 dan pemimpin perjuangan diplomasi politik untuk kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah Kalimantan Timur pada masa 1945–1949. Ia bergabung dalam Panitia Persiapan Penyambutan Kemerdekaan Republik Indonesia (P3KRI) dan mendirikan Ikatan Nasional Indonesia (INI) Cabang Samarinda. Tahun 1947 ia menjadi ketua Front Nasional. Pada akhir tahun 1949, bersama Front Nasional, ia menuntut kepada pemerintah lokal untuk keluar dari Republik Indonesia Serikat (RIS) dan bergabung dengan RI-Yogya. Ia mengadakan Kongres Rakyat Kaltim pada 1954 untuk menuntut pembentukan Provinsi Kalimantan Timur supaya pembangunan dapat meningkat. Tahun 1960, ia menjadi Ketua Komisi Gabungan di DPR Gotong Royong. Tahun 1962, ia menjadi Gubernur Kalimantan Timur kedua. Tahun 1966, ia berhenti sebagai Gubernur dan menjadi pegawai di Departemen Dalam Negeri di Jakarta. Tahun 1968 hingga 1970, ia kembali menjadi anggota DPR RI mewakili PNI. Tahun 1976, ia pensiun dari PNS dan berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan serta menulis artikel dan buku hingga 2004 dan meninggal dunia pada 2005 dalam usia 81 tahun. (Selengkapnya...)


3 2019

14 Januari 2019 - 20 Januari 2019

Gude di Amanatun Utara, Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur

Gude adalah sejenis tanaman kacang-kacangan yang bersifat tahunan (perenial). Bijinya dapat dimakan dan menjadi sumber pangan alternatif. Tanaman ini relatif tahan panas dan kering sehingga cocok sebagai tanaman penghijauan kawasan kering. Gude merupakan perdu dengan tinggi mencapai 3 m. Tumbuhan ini juga merupakan kacang tahunan dengan umur yang tidak terlalu panjang, hanya 1-5 tahun. Gude dapat ditemui di Afrika. Pusat keanekaragamannya yang kedua adalah berada di India. Sekarang, tumbuhan ini acapkali ditemui di wilayah-wilayah tropis dan subtropis. Menurut catatan Prosea, gude berasal dari India, dan menyebar hingga Asia Tenggara. Gude sampai ke Afrika 2000 SM atau lebih awal daripada itu, dan mencapai Amerika lewat jalan perdagangan budak-budak Afrika dan sejumlah penaklukan di sana, dan datangnya gude ini diperkirakan melalui Atlantik dan Pasifik. Ia kini tumbuh di seluruh wilayah tropis, termasuk Anakbenua India dan Afrika Selatan, kemungkinan abad ke-17 Masehi. (Selengkapnya...)

  • Alasan pengusulan: Tidak terkait tanggal manapun, jarang artikel pilihan tentang tumbuhan.  Mimihitam  14 November 2018 11.37 (UTC)
  • Setuju Tidak ada masalah tidak terkait tanggal subjek artikel. Albertus Aditya (bicara) 5 Desember 2018 08.40 (UTC)


Ilustrasi naskah Prancis dari Abad Pertengahan yang menampilkan ketiga golongan masyarakat Abad Pertengahan: golongan yang berdoa (rohaniwan), golongan yang bertarung (kesatria), dan golongan yang bekerja (petani)

Abad Pertengahan dalam sejarah Eropa berlangsung dari abad ke-5 sampai abad ke-15 Masehi. Abad Pertengahan bermula sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat dan masih berlanjut manakala Eropa mulai memasuki Abad Pembaharuan dan Abad Penjelajahan. Sejarah Dunia Barat secara tradisional dibagi menjadi tiga kurun waktu, yakni Abad Kuno, Abad Pertengahan, dan Zaman Modern. Dengan kata lain, Abad Pertengahan adalah kurun waktu peralihan dari Abad Kuno ke Zaman Modern. Abad Pertengahan masih terbagi lagi menjadi tiga kurun waktu, yakni Awal Abad Pertengahan, Puncak Abad Pertengahan, dan Akhir Abad Pertengahan. Akhir Abad Pertengahan ditandai oleh berbagai musibah dan malapetaka yang meliputi bencana kelaparan, wabah penyakit, dan perang, yang secara signifikan menyusutkan jumlah penduduk Eropa; antara 1347 sampai 1350, wabah Maut Hitam menewaskan sekitar sepertiga dari penduduk Eropa. Kontroversi, bidah, dan Skisma Barat yang menimpa Gereja Katolik, terjadi bersamaan dengan konflik antarnegara, pertikaian dalam masyarakat, dan pemberontakan-pemberontakan rakyat jelata yang melanda kerajaan-kerajaan di Eropa. Perkembangan budaya dan teknologi mentransformasi masyarakat Eropa, mengakhiri kurun waktu Akhir Abad Pertengahan, dan mengawali kurun waktu Awal Zaman Modern. (Selengkapnya...)


Chou Tzu-yu

Pada akhir 2015, sebuah acara varietas Korea My Little Television, menampilkan Chou Tzu-yu sedang memegang bendera Republik Tiongkok (Taiwan) dan menimbulkan kemarahan di Republik Rakyat Tiongkok. Adanya tuduhan dari penyanyi Huang An pada Januari 2016 melalui akun Sina Weibo miliknya bahwa tindakan tersebut merupakan dukungan terhadap gerakan kemerdekaan Taiwan, membuat insiden ini membesar. Peristiwa awal yang terjadi adalah pembatalan penampilan TWICE yang telah dijadwalkan sebelumnya di Tiongkok daratan, pencabutan tayangan iklan yang dibintangi oleh Tzuyu, pernyataan kontroversial JYP Entertainment yang berbunyi: "Kami tidak dapat memilih antara Tiongkok dan Taiwan," yang mengakibatkan pemboikotan oleh pengguna internet di Tiongkok, dan beberapa portal musik yang menghapus lagu artis JYP dari penyimpanan musik mereka. Pada malam hari tanggal 15 Januari, Tzuyu melakukan permintaan maaf secara publik, dan menyatakan bahwa ia adalah orang Tiongkok. Setelah itu, kontroversi ini secara bertahap mereda. (Selengkapnya...)


4 2019

21 Januari 2019 - 27 Januari 2019


Mosaik Romawi (220–250 M) dari El Djem, Tunisia (Afrika Romawi), dengan tulisan-tulisan Latin

Bahasa-bahasa di Kekaisaran Romawi yang dominan adalah bahasa Latin dan bahasa Yunani, tetapi bahasa-bahasa lain juga dituturkan di tingkat regional. Bahasa orang-orang Romawi Kuno adalah bahasa Latin yang berfungsi sebagai "bahasa kekuasaan". Bahasa Latin sangat tersebar di Kekaisaran Romawi sebagai bahasa pemerintahan dan pengadilan di Kekaisaran Romawi Barat serta bahasa militer di wilayah lain. Sementara itu, Bahasa Yunani Koine sudah menjadi lingua franca wilayah Mediterania timur dan Asia Kecil akibat penaklukan yang dilancarkan oleh Alexander Agung. Namun, masyarakat kuno pada umumnya berkomunikasi secara lisan, sehingga sulit untuk menentukan sejauh mana bahasa regional atau lokal masih digunakan pada masa kekuasaan Romawi. Terdapat bukti yang berasal dari prasasti-prasasti, acuan dalam teks Yunani dan Romawi, serta kebutuhan penafsir di kekaisaran. Selain itu, terdapat sejumlah epigrafi atau sastra dalam bahasa Punik, Koptik, Aram atau Suryani yang masih bertahan. Bahasa-bahasa Kelt sendiri tersebar luas di Eropa barat. Di sisi lain, bahasa-bahasa Jermanik di Kekaisaran tidak meninggalkan karya tertulis (kecuali bahasa Gotik). (Selengkapnya...)


Periode 2

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-2
Periode pengusulan: 1 Desember 2018—15 Desember 2018
Periode pemungutan suara: 16 Desember 2018—30 Desember 2018
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

5 2019

28 Januari 2019 - 3 Februari 2019

Perdana Menteri Rainilaiarivony dari Madagaskar

Rainilaiarivony adalah Perdana Menteri Madagaskar yang menjabat dari tahun 1864 hingga 1895. Sebagai Perdana Menteri, Rainilaiarivony secara aktif berusaha memodernkan pemerintahan negara untuk memperkuat dan melindungi Madagaskar dari ambisi kolonial Britania dan Prancis. Angkatan darat dirombak dan diprofesionalkan, wajib belajar dicanangkan, undang-undang yang didasarkan pada hukum Inggris diberlakukan, dan tiga pengadilan didirikan di Antananarivo. Dalam menerapkan kebijakan, Rainilaiarivony mencoba untuk tidak menyinggung norma-norma tradisional, tetapi pada saat yang sama ia juga membatasi praktik-praktik tradisional secara bertahap, seperti perbudakan, poligami, dan perceraian sepihak yang dilakukan suami terhadap istri. Pada masa kekuasaan Ranavalona II, ia juga mengkristenkan kerajaannya. Berkat kemampuan diplomatik dan militernya, ia berhasil mempertahankan Madagaskar pada permulaan Perang Prancis-Hova, tetapi pada akhirnya pasukan Prancis berhasil mencapai kota Antananarivo dan memaksa Madagaskar menyerah pada September 1895. Meskipun Prancis menghormati Rainilaiarivony, mereka memutuskan untuk mengasingkannya ke Aljazair Prancis, dan ia menjemput ajal di tempat tersebut dalam waktu kurang dari setahun pada Agustus 1896. (Selengkapnya...)

Dari kanan ke kiri: patung Isis, suaminya Osiris, dan putra mereka Horus, protagonis mitos Osiris

Mitos Osiris adalah kisah yang paling rumit dan berpengaruh dalam mitologi Mesir kuno. Mitos ini berkisah tentang pembunuhan dewa Osiris, penguasa awal Mesir Kuno, dan dampak dari pembunuhan tersebut. Pembunuh Osiris adalah saudaranya sendiri, yaitu Set, yang kemudian merebut takhta Osiris. Sementara itu, istri Osiris, Isis, menghidupkan kembali tubuh suaminya, memungkinkan Osiris secara anumerta membuahi istrinya untuk mengandung putra mereka, Horus. Sisa cerita kemudian berfokus pada Horus, putra yang lahir dari persatuan Isis dan Osiris, yang pada mulanya hanyalah seorang anak yang lemah dan berlindung di balik ibunya, menjadi saingan Set untuk takhta. Konflik antara mereka yang sering terjadi dengan kekerasan berakhir dengan kemenangan Horus, yang memulihkan ketertiban di Mesir setelah rezim Set yang zalim dan menyelesaikan proses kebangkitan Osiris. Mitos ini, termasuk simbol-simbol kompleks di dalamnya, merupakan bagian tidak terpisahkan dari konsepsi bangsa Mesir mengenai kerajaan dan suksesi, konflik antara keteraturan dan kekacauan, juga khususnya tentang kematian dan alam baka. Selain itu, mitos ini juga mengilustrasikan ciri khas penting dari keempat dewa dalam pusat cerita tersebut, serta banyaknya unsur-unsur ibadah dalam agama Mesir kuno yang berakar pada mitos ini. (Selengkapnya...)


6 2019

4 Februari 2019 - 10 Februari 2019

Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional adalah museum khusus pers nasional Indonesia yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Koleksinya meliputi teknologi komunikasi dan teknologi reportase, seperti penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon, dan kentongan besar. Museum ini didirikan pada tahun 1978, lebih dari 20 tahun setelah diusulkan dan dioperasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Kompleks monumen terdiri atas gedung societeit lama, yang dibangun pada tahun 1918 dan digunakan untuk pertemuan pertama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) serta beberapa gedung yang ditambahkan pada tahun 1970an. Monumen ini terdaftar sebagai Cagar Budaya Indonesia. Monumen Pers Nasional memiliki koleksi yang terdiri dari lebih dari satu juta koran dan majalah, serta pelbagai benda bersejarah yang terkait dengan pers Indonesia. Sekitar satu juta surat kabar dan majalah sejak masa sebelum dan sesudah Revolusi Nasional Indonesia dari berbagai daerah di Nusantara tersimpan di museum ini. Fasilitas di museum termasuk ruang multimedia, koran yang bisa dibaca secara gratis, dan perpustakaan. Tempat yang telah dikunjungi oleh lebih dari 26.000 orang selama tahun 2013 dipromosikan sebagai tujuan wisata pendidikan melalui Facebook dan beberapa pameran. (Selengkapnya...)

  • Alasan pengusulan: Bertepatan dengan Hari Pers Nasional (9 Februari)  Mimihitam  1 Desember 2018 00.21 (UTC)


7 2019

11 Februari 2019 - 17 Februari 2019

Gedung Majelis Nasional Serbia

Beograd adalah ibu kota dan kota terbesar di Serbia. Kota ini terletak di pertemuan Sungai Sava dan Donau dan juga merupakan tempat bertemunya Daratan Pannonia dengan Balkan. Nama kota ini secara harfiah berarti "kota putih". Wilayah perkotaan Belgrade memiliki jumlah penduduk sebesar 1,34 juta jiwa, sementara lebih dari 1,65 juta orang tinggal di dalam batas administratifnya. Wilayah Beograd dimukimi oleh orang-orang Slavia pada tahun 520-an dan kepemilikannya diperebutkan oleh Kekaisaran Romawi Timur, Kekaisaran Bulgaria, dan Kerajaan Hongaria sebelum akhirnya menjadi ibu kota Raja Serbia Stefan Dragutin (1282–1316). Pada tahun 1521, Beograd ditaklukan oleh Kesultanan Utsmaniyah dan menjadi ibu kota Sanjak Smederevo. Kota ini diperebutkan oleh Utsmaniyah dan Habsburg dan peperangan seringkali menghancurkan kota ini. Beograd kembali menjadi ibu kota Serbia pada tahun 1841. Beograd Utara tetap menjadi pos paling selatan Habsburg hingga tahun 1918 ketika kota Beograd disatukan kembali. Akibat lokasinya yang strategis, kota ini diperebutkan dalam 115 perang dan telah dihancurkan 44 kali. Beograd juga merupakan ibu kota Yugoslavia dari masa pendirian negara tersebut pada tahun 1918 hingga pembubaran resmi pada tahun 2006. (Selengkapnya...)

  • Alasan pengusulan: Bertepatan dengan Hari Kenegaraan Serbia (15 & 16 Februari)  Mimihitam  1 Desember 2018 00.24 (UTC)


8 2019

18 Februari 2019 - 24 Februari 2019

Isis menyusu Horus. Karya seni ini dibuat pada abad ketujuh SM.

Isis adalah dewi dalam kepercayaan Mesir Kuno. Ia dipuja sebagai ibu dan istri yang ideal, dan juga sebagai ibu alam dan sihir. Isis merupakan sahabat bagi para budak, pendosa, tukang, dan orang yang tertekan. Ia juga mendengarkan doa-doa orang kaya, aristokrat, dan penguasa. Isis merupakan putri pertama Geb, dewa Bumi, dan Nut, dewi langit. Ia menikahi saudara laki-lakinya, Osiris, dan mengandung Horus darinya. Isis berperan penting dalam kebangkitkan kembali Osiris setelah Osiris dibunuh oleh Set. Dengan menggunakan kemampuan sihirnya, ia berhasil mengembalikan anggota-anggota tubuh Osiris yang sebelumnya terpencar-pencar. Mitos ini menjadi sangat penting pada periode Yunani-Romawi. Misalnya, Sungai Nil diyakini banjir setiap tahunnya karena Isis menangisi kematian Osiris. Kematian dan kelahiran kembali Osiris dihidupkan kembali melalui ritual. Pemujaan Isis pada akhirnya menyebar di Yunani-Romawi, dan terus berlanjut hingga paganisme ditindas pada masa Kekristenan. (Selengkapnya...)

  • Alasan pengusulan: Tidak terkait tanggal apapun, jarang AP mengenai Mesir Kuno tayang di halaman utama.  Mimihitam  1 Desember 2018 00.26 (UTC)
  • Setuju Setuju Ibnu Rusyd kurang tepat jika ditayangkan di minggu ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 17 Desember 2018 05.37 (UTC)
  • Saya pikir Setuju Setuju karena ini lebih tak terkait pada waktu. --AMA Ptk (bicara) 20 Desember 2018 06.45 (UTC)
Patung Ibnu Rusyd di Kordoba, Spanyol.

Ibnu Rusyd adalah seorang pemikir dari Al-Andalus abad ke-12 yang menulis dalam bidang disiplin ilmu, termasuk filsafat, akidah, kedokteran, astronomi, fisika, fikih, dan linguistik. Karya-karya filsafatnya termasuk banyak tafsir, uraian dan ringkasan karya-karya Aristoteles, yang membuatnya dijuluki oleh dunia barat sebagai "Sang Penafsir". Ia juga semasa hidupnya mengabdi sebagai hakim dan dokter istana untuk Kekhalifahan Muwahhidun. Ia adalah pendukung Aristotelianisme, dan berusaha mengembalikan filsafat dunia Islam ke ajaran Aristoteles yang asli. Ia mengkritik corak Neoplatonisme yang terdapat pada filsafat pemikir-pemikir Islam sebelumnya seperti Al-Farabi dan Ibnu Sina, yang ia anggap menyimpang dari filsafat Aristoteles. Ia membela kegiatan berfilsafat dari kritik yang dilancarkan para ulama Asy'ariyah seperti Al-Ghazali. Ia berpendapat bahwa dalam agama Islam berfilsafat hukumnya boleh, bahkan bisa jadi wajib untuk kalangan tertentu. Ia juga berpendapat bahwa teks Quran dan Hadis dapat diinterpretasikan secara tersirat atau kiasan jika teks tersebut terlihat bertentangan dengan kesimpulan yang ditemukan melalui akal dan filsafat. (Selengkapnya...)

  • Alasan pengusulan: Baru saja diangkat jadi AP, dan merupakan tokoh yang lumayan penting dalam sejarah. Tidak spesial untuk tanggal apapun. Ada tanggal kematiannya (11 Desember) tapi sudah terlalu mepet, lagipula hidupnya di zaman dulu sekali, sepertinya ulang tahun kematiannya tidak ada yang memperingati juga. HaEr48 (bicara) 2 Desember 2018 06.02 (UTC)
  • Tidak diusulkan di akhir tahun nanti? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 17 Desember 2018 05.37 (UTC)
  • Kelamaan, he he he. Lagian karena tokoh lama dan dari dunia Islam kemungkinan juga tidak terlalu diingat tanggal kematiannya di kalender Masehi. HaEr48 (bicara) 17 Desember 2018 07.38 (UTC)
  • Saya pikir tidak perlu ditambahkan "Averroes", cukup "Ibnu Rusyd adalah ..." Soal ragam nama, cukup dimasukkan dalam artikel, tidak perlu dimasukkan ke dalam isi slot. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 Desember 2018 09.11 (UTC)
  • Setuju Setuju Sekali-sekali AP yang habis diusulkan langsung dimasukkin ke usulan jadwal. Kalo nanti nggak lolos dimasukin pas bulan Puasa-Lebaran aja, atau kalo enggak pas hari raya Islam lainnya (Idul Adha, Maulid, Hijriah) biar pas momennya. Saran aja --Glorious Engine (bicara) 17 Desember 2018 10.28 (UTC)


Periode 3

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-3
Periode pengusulan: 1 Januari 2019—15 Januari 2019
Periode pemungutan suara: 16 Januari 2019—30 Januari 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

9 2019

25 Februari 2019 - 3 Maret 2019

Pokemon

MissingNo. adalah spesies Pokémon tak resmi yang ditemukan dalam permainan video Pokémon Red, Blue, dan Yellow. MissingNo. merupakan singkatan dari Missing Number ("Angka yang Tidak Ada"), dan dipakai sebagai penangan kesalahan (error handlers) oleh pengembang permainan Game Freak dan muncul saat permainan mencoba mengakses data sebuah spesies Pokémon yang tidak ada. Akibat pemrograman beberapa peristiwa di dalam permainan, para pemain dapat melawan MissingNo. melalui sebuah kesalahan sistem (glitch). Melawan MissingNo. dapat menyebabkan kesalahan grafis dan replikasi massal barang keenam dalam menu barang pemain; akibatnya, kesalahan ini banyak disorot oleh panduan strategi dan majalah permainan. IGN menyebut kemunculan MissingNo. di dalam Pokémon Red dan Blue sebagai salah satu kesalahan sistem dalam permainan video yang paling terkenal. Para penggemar serial Pokémon telah mencoba merasionalisasikan MissingNo. sebagai bagian dari narasi permainan tersebut, dan para sosiolog telah mempelajari dampaknya terhadap pemain. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal peringatan Pokemon (27 Februari).  Mimihitam  1 Januari 2019 05:39 (WIB)

10 2019

4 Maret 2019 - 10 Maret 2019

Muhammad I

Muhammad I (1195–1273) adalah pendiri Kesultanan Granada, negara Islam berdaulat terakhir di Al-Andalus (kini di Spanyol). Pada masa 1230-an ia mendirikan sebuah kerajaan di kota kelahirannya Arjona, lalu memperluasnya ke kota-kota lain di selatan Spanyol, termasuk Granada, Almería and Málaga. Ia membangun ibu kotanya di Granada dan menjadi pemimpin Muslim terkuat di Semenanjung Iberia. Setelah dikalahkan oleh Kastilia, ia terpaksa berjanji menjadi vasal Raja Fernando III pada 1246. Perdamaian dengan kerajaan Kristen tersebut berlanjut hingga akhirnya Muhammad membantu pemberontakan rakyat Muslim di wilayah Kastilia. Pada 1266, ia menghadapi pemberontakan Banu Asyqilula di Málaga yang dibantu Kastilia. Saat krisis ini masih berlangsung, Muhammad meninggal pada tahun 1273 karena jatuh dari kuda. Kerajaan yang ia dirikan tetap bertahan hingga akhirnya dianeksasi Kastilia pada 1492. Peninggalannya yang lain adalah dimulainya pembangunan Alhambra, kompleks istana dan benteng pertahanan yang sekarang masih berdiri dan menjadi Situs Warisan Dunia. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Bertepatan tanggal kematian dalam penanggalan Hijriyah (~1 Rajab 29 Jumadil Akhir yang tahun ini akan jatuh pada ~8 Maret 6 Maret [1]) HaEr48 (bicara) 1 Januari 2019 05.31‎ (WIB)

  • Sudah dilengkapi sekarang. Setelah melihat sumber yang berdasarkan inskripsi makam, tanggal yang benar adalah 29 Jumadil Akhir. 1 Rajab itu hanya perkiraan dengan alat konversi kalender. Seperti yang kuduga sebelumnya, kesalahannya hanya sedikit (2 hari) sehingga masih jatuh ke minggu yang sama. Sudah diperbaiki. HaEr48 (bicara) 2 Januari 2019 07.52 (UTC)
Kleopatra Berlin, arca buatan Romawi yang menggambarkan sosok Kleopatra mengenakan diadem kerajaan, pertengahan abad pertama SM, sekitar waktu lawatan Kleopatra ke Roma (46–44 SM), ditemukan di sebuah vila Italia di pinggiran Via Appia, kini tersimpan di Museum Altes, Jerman
Kleopatra adalah penguasa aktif terakhir Kerajaan Wangsa Ptolemaios di tanah Mesir. Kleopatra juga seorang diplomat, laksamana, administrator, poliglot, dan pujangga ilmu pengobatan. Selaku putri wangsa Ptolemaios, Kleopatra adalah keturunan dari pendiri wangsanya, Ptolemaios I Soter, salah seorang mantan senapati Yunani Makedonia sekaligus pengiring Aleksander Agung. Sepeninggal Kleopatra, Mesir dijadikan salah satu provinsi Kekaisaran Romawi. Perubahan status Mesir ini menandai akhir dari Zaman Helenistik yang bermula pada masa pemerintahan Aleksander Agung (336–323 SM). Walaupun begitu, nama besar Kleopatra terabadikan dalam bentuk karya-karya seni rupa, baik yang kuno maupun modern, dan kejadian-kejadian yang pernah ia alami semasa hidup diabadikan dalam karya-karya sastra maupun media lainnya. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional (8 Maret), sudah melalui peninjauan komprehensif.  Mimihitam  15 Januari 2019 08.35 (UTC)


11 2019

11 Maret 2019 - 17 Maret 2019

Timbal murni dengan kadar 99,989%

Timbal adalah unsur kimia dengan lambang Pb dan nomor atom 82. Unsur ini merupakan logam berat dengan massa jenis yang lebih tinggi daripada banyak bahan yang ditemui sehari-hari. Sifat-sifat timbal yang berguna di antaranya adalah kepadatan tinggi, titik leleh rendah, kemudahan ditempa, dan tahan korosi. Selain itu, logam ini relatif murah dan banyak ditemukan sumbernya, sehingga sering digunakan manusia, termasuk untuk bangunan, pipa air, baterai, peluru, pemberat, solder, cat, zat aditif bahan bakar, dan tameng radiasi. Namun, sejak abad ke-19, sifat racun timbal mulai ditemukan dan penggunaannya mulai dikurangi. Timbal dapat masuk tubuh manusia melalui makanan, minuman, serta udara atau debu yang tercemar. Unsur ini merusak sistem saraf dan mengganggu fungsi enzim dalam tubuh. Timbal sangat berbahaya terutama untuk anak-anak karena dapat mengganggu pertumbuhan otak. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: tidak terkait tanggal manapun, sudah melalui peninjauan komprehensif.  Mimihitam  15 Januari 2019 08.27 (UTC)

Basuki Tjahaja Purnama

Pada 17 Maret 2015, Basuki Tjahaja Purnama diwawancarai secara langsung dengan Aiman Witjaksono dari Kompas TV di Balai Kota DKI Jakarta. Wawancara ini tayang pada acara Kompas Petang. Topik dari wawancara ini mengenai kisruh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Daerah Khusus Ibukota Jakarta 2015. Dalam wawancara ini, Basuki mengucapkan banyak perkataan kasar dan kotor, walau Aiman telah mencoba untuk menghentikan Basuki. Akibat wawancara ini, Kompas TV mendapat sanksi berupa penghentian tayangan selama 3 hari dari Komisi Penyiaran Indonesia karena perkataan kasar dan kotor Basuki. Basuki menyatakan permintaan maaf terhadap semua pihak terkait wawancara tersebut, dan Aiman merasa puas dengan wawancara ini, walau sempat disanksi KPI. Wawancara ini mendapat tanggapan yang beragam dari berbagai pihak. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Sangat disayangkan apabila tiada satupun AP bertema politik Indonesia yang ditayangkan pada tahun ini. Juga bertepatan dengan 4 tahun wawancara. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 2 Januari 2019 07.11 (UTC)

  • Komentar Komentar bagaimana kalau yang ini disimpan dulu sampai setelah pemilu? Memang Bung Ahok tidak ikut pemilu 2019, tetapi mengingat situasi publik yang gampang dipanas-panasin atau mengaitkan hal-hal yang sebenarnya tidak terkait, menurutku menampilkan ini di halaman utama di periode pra-pemilu agaknya cukup riskan. Kadang, kita gak bermaksud apa-apa pun tetap dituduh yang bukan-bukan. Daripada Wikipedia nanti digoreng media atau pihak tertentu dan kita juga yang akan menyesal atau kewalahan, menurutku out of an abundance of caution sebaiknya ini disimpan dulu aja. Aku lebih pilih tanggalnya gak pas anniversary, daripada dipaksakan anniversary tapi malah mengundang risiko atau komentar miring. HaEr48 (bicara) 2 Januari 2019 20.44 (UTC)

Eh ini tidak ada hubungannya dengan penyensoran loh. Ini kan soal pilihan mau tayangkan artikel apa di halaman utama.  Mimihitam  3 Januari 2019 10.08 (UTC)

12 2019

18 Maret 2019 - 24 Maret 2019

El Castillo di Chichen Itza, salah satu mahakarya peradaban Maya

Peradaban Maya adalah sebuah peradaban di Mesoamerika yang dibangun oleh bangsa Maya. Sejarah mereka dimulai pada zaman Arkaik (sebelum tahun 2000 SM), ketika peradaban Maya telah mengembangkan pertanian dan desa-desa. Kota-kota Maya pertama mulai muncul sekitar tahun 750 SM, dan pada tahun 500 SM, kota-kota tersebut memiliki struktur-struktur monumental, termasuk kuil besar dengan tampak depan yang terbuat dari stuko. Dimulai dari sekitar tahun 250 M, peradaban Maya memasuki zaman Klasik, yaitu zaman ketika orang-orang Maya mendirikan tugu-tugu besar dengan pahatan-pahatan yang mencantumkan tanggal dari Kalender Hitung Panjang. Pada zaman ini juga muncul berbagai negara kota besar yang saling terhubung dalam jaringan perdagangan yang rumit. Akan tetapi, pada abad ke-9, terjadi peristiwa keruntuhan Maya Klasik, sehingga kota-kota Maya pun ditinggalkan dan para penduduk berpindah ke arah utara. Kemudian, pada zaman Pascaklasik, kota Chichen Itza mengalami kebangkitan di utara, dan kerajaan K'iche' di dataran tinggi Guatemala juga berhasil memperluas wilayahnya. Pada abad ke-16, Imperium Spanyol menjajah wilayah Mesoamerika, dan setelah berlangsungnya upaya penaklukan yang panjang, kota terakhir Maya, Nojpetén, jatuh ke tangan Spanyol pada tahun 1697. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: tidak terkait tanggal manapun, artikel yang sudah melalui peninjauan komprehensif  Mimihitam  1 Januari 2019 05:54 (WIB)


Periode 4

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-4
Periode pengusulan: 1 Februari 2019—15 Februari 2019
Periode pemungutan suara: 16 Februari 2019—2 Maret 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

13 2019

25 Maret 2019 - 31 Maret 2019

Potret Diri, 1887

Vincent van Gogh adalah seorang pelukis pascaimpresionis Belanda yang menjadi salah satu tokoh paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni di Barat. Dalam waktu lebih dari satu dasawarsa, ia menciptakan kurang lebih 2.100 karya seni, termasuk sekitar 860 lukisan minyak yang kebanyakan dibuat selama dua tahun terakhir kehidupannya. Karya-karya tersebut meliputi lukisan bentang alam, alam benda, potret, dan potret diri, dan memiliki ciri khas berupa warna yang tebal dan dramatis serta goresan kuas yang impulsif dan ekspresif. Van Gogh bukanlah seorang seniman yang sukses pada masa hidupnya dan dianggap sebagai orang gila. Ia menjadi terkenal setelah ia bunuh diri, dan tampil dalam khayalan publik sebagai seorang jenius yang disalahpahami dan "tempat bertemunya kegilaan dengan kreativitas". Reputasinya mulai bertumbuh pada awal abad ke-20 karena unsur-unsur gaya lukisnya digunakan oleh seniman ekspresionis Jerman dan Fauvis. Dalam beberapa dasawarsa berikutnya, ia meraih kesuksesan dari segi popularitas, komersial, dan kritik, dan namanya diingat sebagai seorang pelukis yang penting namun berakhir tragis, dan kepribadiannya yang bermasalah melambangkan idealisme romantik akan seorang seniman yang tersiksa. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Untuk merayakan 166 tahun tanggal lahirnya (30 Maret 1853), jarang sekali artikel tentang seniman tayang di WBI.  Mimihitam  1 Februari 2019 06.30 (WIB)

14 2019

1 April 2019 - 7 April 2019

Angioedema pada wajah hingga anak laki-laki ini tidak dapat membuka matanya. Reaksi ini disebabkan oleh paparan alergen.

Anafilaksis adalah suatu reaksi alergi berat yang terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan kematian. Anafilaksis biasanya ditunjukkan oleh beberapa gejala termasuk di antaranya ruam gatal, pembengkakan tenggorokan, dispnea, muntah, kepala terasa ringan, dan tekanan darah rendah. Gejala-gejala ini akan timbul dalam hitungan menit hingga jam. Penyebab yang umum dari reaksi ini adalah gigitan serangga, makanan, dan obat. Penyebab lainnya dapat berupa paparan lateks. Selain itu kasus dapat terjadi tanpa alasan yang jelas. Mekanisme terjadinya anafilaksis melibatkan pelepasan mediator dari sel darah putih tertentu. Diagnosis anafilaksis dilakukan berdasarkan gejala dan tanda pada seseorang setelah terjadi paparan dengan alergen potensial. Tata laksana awal anafilaksis adalah pemberian suntikan epinefrin, pemasangan infus, dan pengaturan posisi tubuh mendatar. Dosis epinefrin tambahan dapat diberikan apabila diperlukan. Di seluruh dunia, sekitar 0,05–2% dari populasi pernah mengalami anafilaksis pada suatu saat dalam kehidupannya. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan Hari Kesehatan Dunia (7 April), artikelnya diterjemahkan oleh orang yang ahli di bidangnya dari Translators without Borders.  Mimihitam  1 Februari 2019 06.34 (WIB)

15 2019

8 April 2019 - 14 April 2019

Halaman pertama Regulasi Umum Perlindungan Data

Regulasi Perlindungan Data (bahasa Inggris: Data Protection Regulation) adalah regulasi dalam hukum Uni Eropa (UE) yang mengatur perlindungan data pribadi di dalam maupun di luar UE. Regulasi perlindungan data terbaru yang diadopsi UE adalah Regulasi Umum Perlindungan Data (General Data Protection Regulation/GDPR) Regulasi (EU) 2016/679 tanggal 27 April 2016. Regulasi ini dilandasi oleh Piagam Hak Asasi Uni Eropa yang menetapkan bahwa warga UE memiliki hak untuk melindungi data pribadi mereka. GDPR menstandardisasi undang-undang perlindungan data di semua negara UE dan menerapkan aturan baru yang ketat untuk mengendalikan dan memproses informasi identitas pribadi. Regulasi ini juga memperluas perlindungan data pribadi dan hak perlindungan data dengan memberikan kendali kembali ke penduduk UE. GDPR mengatur perorangan, perusahaan atau organisasi yang memproses data pribadi individu di UE. GDPR menggantikan Direktif Perlindungan Data UE 1995, dan mulai berlaku pada hari Jumat tanggal 25 Mei 2018. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal pembuatan regulasi (14 April 2016)  Mimihitam  1 Februari 2019 06.37 (WIB)

16 2019

15 April 2019 - 21 April 2019

Rancangan Bendera Afrika Selatan

Bendera Afrika Selatan dari 1928 hingga 1994 digunakan oleh Uni Afrika Selatan dan negara penerusnya, Republik Afrika Selatan, hingga 1994. Bendera ini juga digunakan di Afrika Barat Daya (kini Namibia ketika wilayah ini berada di bawah kekuasaan Afrika Selatan. Dengan menggunakan Bendera Pangeran sebagai latar belakang, bendera ini mengandung bendera Britania Raya di sebelah kiri, bendera Republik Transvaal di sebelah kanan dan bendera Negara Bebas Oranje di tengah-tengah. Bendera ini diadopsi pada 1928 berdasarkan undang-undang Parlemen dari pemerintahan pertama yang mayoritas diduduki Afrikaner. Bendera ini digunakan pada zaman apartheid, sehingga bendera ini juga dijuluki "bendera apartheid". Bendera ini digantikan dengan bendera Afrika Selatan yang baru pada 1994 bersamaan dengan berlakunya konstitusi peralihan dan berakhirnya apartheid. Semenjak tidak lagi menjadi bendera resmi pada 1994, bendera ini memicu kontroversi di seluruh Afrika Selatan, dengan beberapa orang menganggapnya sebagai tinggalan sejarah dan simbol warisan Afrikaner, manakala yang lain memandangnya sebagai simbol apartheid dan supremasi kulit putih. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: 25 tahun pencabutan status resmi (20 April 1994)  Mimihitam  1 Februari 2019 06.39 (WIB)


Periode 5

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-5
Periode pengusulan: 1 Maret 2019—15 Maret 2019
Periode pemungutan suara: 16 Maret 2019—30 Maret 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

17 2019

22 April 2019 - 28 April 2019

Rekonstruksi HMS Bounty dari tahun 1960

Sebuah dahagi terjadi di HMS Bounty (gambar rekonstruksi kapal) saat mengarungi Pasifik Selatan pada 28 April 1789. Para awak pendahagi di bawah pimpinan Penjabat Letnan Fletcher Christian merebut kendali kapal dari nakhoda mereka, Letnan William Bligh, dan meninggalkan sang nakhoda terkatung-katung di tengah laut bersama 18 awak kapal yang setia padanya dalam sebuah perahu barkas tanpa atap. Sebagian pendahagi menetap di Tahiti dan selebihnya menetap di Pulau Pitcairn, sementara Letnan Bligh berhasil memandu barkas mengarungi samudra sejauh 3.500 mil laut (4.000 mil atau 6.500 km) hingga berlabuh dengan selamat, dan mulai melakukan upaya hukum untuk menyeret para pendahagi ke pengadilan. Rombongan yang dipimpin Fletcher Christian tetap buron di Pulau Pitcairn sampai 1808; kala itu, tinggal John Adams yang masih hidup. Para pendahagi (termasuk Fletcher Christian) dan para lelaki Polinesia yang ikut bersama mereka, terus-menerus bertikai dan saling bunuh; hanya Ned Young dan John Adams yang selamat. Ned Young wafat akibat penyakit asma pada 1800. Tidak ada tindakan hukum apa pun dari pemerintah Britania terhadap John Adams. Keturunan dari para pendahagi dan perempuan-perempuan Tahiti yang ikut bersama mereka, masih menetap di Pulau Pitcairn sampai abad ke-21. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal kejadian (28 April)  Mimihitam  1 Maret 2019 01.43 (UTC)

  • Komentar Komentar Bagaimana jika kalimat pembukanya "Sebuah dahagi di HMS Bounty terjadi ..." agar HMS Bounty dapat dipranalakan? Pranala Pasifik Selatan malah mengarah ke halaman disambiguasi loh. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 4 Maret 2019 05.45 (UTC)
  • Komentar Komentar apakah bisa gambarnya bisa dikasih caption? Misalnya "Replika HMS Bounty". Sebab aneh jika kapal tua itu sudah ada fotonya. HaEr48 (bicara) 10 Maret 2019 06.39 (UTC)

Di alt-nya sudah tertulis "Rekonstruksi HMS Bounty dari tahun 1960" (coba curcornya ditempatkan di gambar itu, pasti akan muncul tulisan itu dari cursornya). TFA en.wiki-nya saja pake gambar rekonstruksinya (walau sudah dihapus). Kalo pake berkas ini nanti nggak 100% nampak detil gambarnya. Saya tambahin keterangan "(gambar rekonstruksi kapal)" saja di samping kanan pranala HMS Bounty-nya --Glorious Engine (bicara) 10 Maret 2019 06.44 (UTC)


18 2019

29 April 2019 - 5 Mei 2019

Stonehenge, situs prasejarah yang hingga kini masih menjadi kajian arkeoastronomi

Arkeoastronomi merupakan interdisiplin ilmu astronomi dan berbagai ilmu sosial yang menyelidiki keterkaitan kebudayaan masyarakat di masa lampau terhadap benda-benda atau fenomena yang ada dan terjadi di langit. Pengertian arkeoastronomi seringkali disalahartikan terkait nama "arkeo" yang menjadi awalan dari istilah ini — alih-alih hanya mengkaji peninggalan sejarah yang berkaitan dengan astronomi, arkeoastronomi juga terlibat dalam pengkajian nilai, tradisi, dan praktik-praktik dalam kebudayaan masyarakat terkait berbagai benda dan fenomena yang ada di langit. Objek kajian ini menghasilkan istilah lainnya seperti etnoastronomi — interdisiplin ilmu etnografi dan astronomi — dan antropologi astronomi dengan kajian yang seringkali beririsan atau bahkan dianggap sama dengan arkeoastronomi (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: artikel pemenang Proyek Ganesha (karya @Nadiantara), tidak terkait tanggal manapun.  Mimihitam  1 Maret 2019 01.59 (UTC) }}


19 2019

6 Mei 2019 - 12 Mei 2019

Patung Ibnu Rusyd di Kordoba, Spanyol.

Ibnu Rusyd adalah seorang pemikir dari Al-Andalus abad ke-12 yang menulis dalam bidang disiplin ilmu, termasuk filsafat, akidah, kedokteran, astronomi, fisika, fikih, dan linguistik. Karya-karya filsafatnya termasuk banyak tafsir, uraian dan ringkasan karya-karya Aristoteles, yang membuatnya dijuluki oleh dunia barat sebagai "Sang Penafsir". Ia juga semasa hidupnya mengabdi sebagai hakim dan dokter istana untuk Kekhalifahan Muwahhidun. Ia adalah pendukung Aristotelianisme, dan berusaha mengembalikan filsafat dunia Islam ke ajaran Aristoteles yang asli. Ia mengkritik corak Neoplatonisme yang terdapat pada filsafat pemikir-pemikir Islam sebelumnya seperti Al-Farabi dan Ibnu Sina, yang ia anggap menyimpang dari filsafat Aristoteles. Ia membela kegiatan berfilsafat dari kritik yang dilancarkan para ulama Asy'ariyah seperti Al-Ghazali. Ia berpendapat bahwa dalam agama Islam berfilsafat hukumnya boleh, bahkan bisa jadi wajib untuk kalangan tertentu. Ia juga berpendapat bahwa teks Quran dan Hadis dapat diinterpretasikan secara tersirat atau kiasan jika teks tersebut terlihat bertentangan dengan kesimpulan yang ditemukan melalui akal dan filsafat. (Selengkapnya...)


20 2019

13 Mei 2019 - 19 Mei 2019

Lukisan Sang Buddha Gautama saat melakukan ceramah.

Filsafat Buddha mengacu kepada pandangan atau penerapan ajaran Buddha terhadap nilai-nilai kehidupan, keberadaan, pengetahuan, akal budi, materi, serta moralitas manusia. Pokok kajian filsafat Buddha pada awalnya ditekankan pada dukkha yang menjadi awal permasalahan dan eksistensi kehidupan di dunia ini. Pokok kajian tersebut dirangkum dalam empat kebenaran mulia, termasuk di dalamnya jalan pembebasan dari dukkha tersebut untuk mencapai nibbana. Seiring berjalannya waktu, kajian filsafat Buddha kemudian mencakup kajian filsafat pada umumnya seperti etika, epistemologi, fenomenologi, logika, ontologi, serta logika, termasuk nantinya isu-isu kontemporer seperti etika lingkungan, biomedis, perang dan perdamaian, hak asasi manusia, hingga kajian jantina. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan Waisak (19 Mei) --Glorious Engine (bicara) 1 Maret 2019 10.02 (UTC)


Periode 6

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-6
Periode pengusulan: 1 April 2019—15 April 2019
Periode pemungutan suara: 16 April 2019—30 April 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

21 2019

20 Mei 2019 - 26 Mei 2019

Bendera Suku Bangsa Tatar Krimea

Deportasi Tatar Krimea adalah pembersihan etnis yang berdampak terhadap setidaknya 191.044 orang Tatar dari Krimea pada 18–20 Mei 1944. Deportasi ini dilancarkan oleh Lavrentiy Beria, kepala polisi rahasia dan keamanan negara Soviet, yang bertindak atas nama Josef Stalin. Dalam waktu tiga hari, polisi rahasia NKVD menggunakan kereta-kereta ternak untuk mendeportasi orang-orang Tatar Krimea, termasuk wanita, anak-anak, lansia, dan bahkan komunis dan anggota Tentara Merah. Mereka dipindahkan secara paksa ke Uzbekistan yang terletak ribuan kilometer jauhnya. Mereka sendiri merupakan salah satu dari sepuluh suku bangsa yang terkena dampak kebijakan perpindahan populasi di Uni Soviet yang dicanangkan oleh Stalin. Deportasi tersebut dimaksudkan sebagai hukuman kolektif karena terdapat orang-orang Tatar Krimea yang berkolaborasi dengan Jerman Nazi. Sumber-sumber Soviet mendakwa mereka sebagai pengkhianat, tetapi kaum nasionalis Tatar membantahnya. Sekitar 8.000 orang Tatar Krimea tewas saat dideportasi, sementara puluhan ribu orang hilang akibat kondisi pengasingan yang keras. Selain itu, sekitar 80.000 rumah dan 360.000 hektare lahan di Krimea ditinggalkan. Stalin mencoba menghilangkan semua unsur Tatar Krimea dan pada sensus-sensus berikutnya melarang penyebutan nama suku bangsa Tatar Krimea. Mereka kemudian terpaksa menetap di Asia Tengah selama beberapa dasawarsa. 260.000 orang Tatar Krimea baru dapat kembali ke tanah air mereka pada masa perestroika pada akhir era 1980-an, setelah larangan kembalinya kelompok-kelompok etnis yang telah dideportasi dinyatakan batal demi hukum pada tahun 1989. Secara keseluruhan, pengasingan mereka berlangsung selama 45 tahun. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal kejadian (18-20 Mei) --Glorious Engine (bicara) 1 April 2019 00.18 (UTC)

  • Setuju Setuju Blockchain seharusnya baru ditayangkan ketika benar-benar tidak ada AP yang spesifik dengan tanggal penayangan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 April 2019 06.40 (UTC)
  • Setuju Setuju karena toh ini bersesuaian pula dengan sejarah. --AMA Ptk (bicara) 18 April 2019 19.12 (UTC)
Formasi blockchain. Rantai utama (hitam) terdiri dari serangkaian blok terpanjang dari genesis block (hijau) menuju blok terkini. Orphan block (ungu) ada di luar rantai utama.

Blockchain adalah record yang terus berkembang, disebut block, yang terhubung dan diamankan menggunakan teknik kriptografi. Setiap blok biasanya memuat hash kriptografis dari blok sebelumnya, timestamp, dan data transaksi. Secara desain, blockchain resistan terhadap modifikasi data. Blockchain merupakan sebuah buku besar terdistribusi (distributed ledger) terbuka yang dapat mencatat transaksi antara dua pihak secara efisien dan dengan cara yang dapat diverifikasi dan permanen. Untuk pemanfaatannya sebagai buku besar terdistribusi, blockchain biasanya dikelola oleh sebuah jaringan peer-to-peer secara kolektif dengan mengikuti protokol tertentu untuk komunikasi antar node dan mengkonfirmasi blok-blok baru. Setelah direkam, data dalam blok tidak dapat diubah secara retroaktif tanpa perubahan pada blok-blok berikutnya, yang membutuhkan konsensus mayoritas jaringan. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: untuk keragaman topik (artikel tentang teknologi informasi belum pernah tayang tahun ini).  Mimihitam  4 April 2019 00.51 (UTC)

22 2019

27 Mei 2019 - 2 Juni 2019

Gereja Santo Yusuf Semarang

Gereja Santo Yusuf Semarang adalah sebuah gereja Katolik di Semarang yang merupakan gereja Katolik pertama di kota ini. Secara administratif, gereja ini merupakan bagian dari Paroki Santo Yusuf di Keuskupan Agung Semarang. Gereja ini dirancang oleh arsitek Belanda bernama W.I. van Bakel dan dibangun pada tahun 1870 hingga 1875. Gereja tersebut pada awalnya didominasi oleh etnis Eropa dan orang-orang campuran, namun sejak kemerdekaan gereja mayoritas memiliki jemaat pribumi. Kompleks gereja ini terdiri dari, antara lain gedung gereja, pastoran, dan sebuah biara. Gereja Santo Yusuf pun penuh hiasan, termasuk sembilan belas kaca patri jendela, ukiran-ukiran yang menampilkan empat belas salib, dan sebuah altar yang diimpor dari Jerman. Menara tunggal di gereja tersebut adalah rumah bagi dua lonceng yang dibuat oleh Petit & Fritsen. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan hari Kenaikan Isa Almasih (30 Mei) --Glorious Engine (bicara) 1 April 2019 00.22 (UTC)


Pertapaan Trappist Lamanabi adalah suatu kompleks biara para rahib Katolik dari Ordo Trapis (O.C.S.O.) yang terletak di Desa Lamanabi, Tanjung Bunga, di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Pertapaan ini didirikan secara resmi pada tahun 1996 sebagai biara cabang dari Pertapaan Santa Maria Rawaseneng yang berada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Dengan mengikuti yang termuat dalam Peraturan Santo Benediktus, dan sebagaimana para rahib/rubiah lainnya dari Ordo Trapis, para rahib Lamanabi hidup mandiri dengan mengelola berbagai usaha sendiri untuk menafkahi hidup, misalnya memproduksi lilin, dan mengerjakan sendiri semua pekerjaan rumah tangga biara. Pertapaan Lamanabi dikenal sebagai tempat "pilihan peziarah" yang mencari "keheningan dan kedamaian"; Frans Seda dan beberapa pimpinan Kompas Gramedia tercatat pernah "berziarah" ke pertapaan ini. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan hari Kenaikan Isa Almasih (30 Mei)  Mimihitam  4 April 2019 00.37 (UTC)

  • Setuju Setuju Cukup menarik dan informatif. Tema sesuai tanggal. HaEr48 (bicara) 16 April 2019 02.45 (UTC)
  • Komentar Komentar Tidak ada gambarnya?


23 2019

3 Juni 2019 - 9 Juni 2019

Patung Muhammad I di tempat kelahirannya, Arjona

Muhammad I (1195–1273) adalah penguasa pertama Kesultanan Granada, negara Muslim merdeka terakhir di Spanyol. Muhammad I awalnya berkuasa di kota kelahirannya, Arjona pada 1232 dan berhasil mengambil alih kekuasaan di kota-kota di wilayah selatan Spanyol, termasuk Granada (1237), Almeria (1238), dan Malaga (1239). Pada tahun 1244, kota kelahirannya, Arjona, direbut Kastilia. Pada 1246, dia kembali dikalahkan Kastilia di Jaén, sehingga ia harus menyerahkan kota tersebut dan menjadi vasal Fernando sebagai syarat perjanjian damai. Pada tahun 1264, ia berbalik melawan Kastilia dan membantu pemberontakan penduduk Muslim di wilayah yang baru dikuasai Kastilia. Pemberontakan tersebut gagal, dan pada tahun 1266 sekutunya di Málaga, Banu Asyqilula, memberontak melawan Muhammad I dan meminta bantuan raja Kastilia yang baru, Alfonso X. Konflik dengan Kastilia dan Banu Asyqilula masih belum terselesaikan hingga tahun 1273, ketika Muhammad meninggal setelah jatuh dari kudanya. Kerajaan tersebut akhirnya dianeksasi Kastilia pada 1492. Alhambra, sebuah kompleks istana dan benteng yang dibangun oleh Muhammad I, tetap berdiri sebagai peninggalan Kesultanan Granada dan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan Idul Fitri (5-6 Juni) --Glorious Engine (bicara) 1 April 2019 00.33 (UTC)

  • Komentar Komentar Jadi mikir, untuk Idul Fitri efektif ga ya kalau diisi topik yang berkaitan Islam? Mengingat adanya tradisi mudik dan bersilaturahim, mungkin para pembaca Muslim tidak banyak yang sempat membuka Wikipedia. Mungkin bisa disimpan untuk hari besar Islam selanjutnya seperti Idul Adha atau Tahun Baru Hijriyah. HaEr48 (bicara) 3 April 2019 18.17 (UTC)
    • Untuk menambahkan data sebagai bahan pertimbangan, sepertinya tahun lalu pun, artikel-artikel topik Islami pembacanya banyak berkurang sekitar waktu Idul Fitri. Lihat pageviews (tahun lalu Idul Fitri 15 Juni). HaEr48 (bicara) 3 April 2019 18.26 (UTC)
      • HaEr48 Tidak sependapat jika suatu AP yang lebih relevan dengan perayaan tertentu malah ditolak hanya gara-gara jumlah pembaca yang dianggap sedikit. Penayangan AP mestinya menggunakan kaitan antara tema AP dan tanggal yang relevan dengan AP, bukannya malah jumlah pembaca artikel. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 April 2019 06.40 (UTC)
  • Setuju Setuju AP bertema Islam lebih cocok ditayangkan saat Idul Fitri alih-alih AP bertema puspa dan satwa yang mestinya dapat ditayangkan November nanti. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 April 2019 06.40 (UTC)
  • Setuju Setuju Sependapat dengan bung Hanamanteo. Apapun topiknya, toh jumlah pembaca pasti lebih sedikit saat Idul Fitri; jadi tinggal masalah mana yang lebih relevan.  Masjawad99  (bicara) 16 April 2019 10.03 (UTC)
Sebuah karnivora cokelat seperti-garangan dibawa oleh seseorang.

Salanoia durrelli adalah binatang mamalia asal Madagaskar dari famili Eupleridae dan ordo Carnivora. Binatang yang menyerupai luwak ini memiliki hubungan dekat dengan garangan berekor coklat (Salanoia concolor), dan keduanya membentuk genus Salanoia. Setelah penelitian atas seekor spesimen pada tahun 2004, binatang ini menjadi dikenal bagi ilmu pengetahuan dan S. durrelli dideskripsikan sebagai spesies baru pada tahun 2010. Binatang ini endemik di daerah Lac Alaotra. S. durrelli merupakan karnivora kecil berwarna coklat kemerahan, ditandai dengan kaki yang lebar dengan bantalan yang menonjol, warna kemerahan pada kulit bagian dalam, juga gigi yang kokoh dan lebar. S. durrelli adalah hewan yang tinggal di rawa yang mungkin memakan krustasea dan moluska. Daerah Lac Alaotra merupakan ekosistem yang terancam, dan S. durrelli mungkin juga terancam punah karena persaingan dengan spesies pendatang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: Variasi topik, mengingat slot-slot periode 6 terlalu banyak didominasi calon dari topik sejarah (Deportasi Tatar Krimea, Muhammad I dari Granada, Æthelflæd). Artikel ini tidak punya tanggal spesial jadi bisa tampil kapan saja HaEr48 (bicara) 3 April 2019 18.14 (UTC)

Jeruk kalamansi

Jeruk kalamansi adalah jenis buah jeruk yang berkembang pesat di Bengkulu, berbau harum, dan memiliki rasa yang asam ketika sudah masak, dan pahit ketika masih mentah. Jeruk kalamansi memiliki dua jenis yang biasanya dibedakan dari warna kulitnya, yaitu jenis yang disebut dalam nama ilmiah Citrofortunella microcarpa berwarna kuning kehijauan atau seperti gradasi, terdapat bagian yang kuning dan pada beberapa tempat terdapat warna hijau, dan yang kedua, yang disebut Citrofortunella mitis biasanya memiliki warna kuning mencolok. Jeruk ini telah ada di seluruh Asia Tenggara, terutama di Republik Rakyat Tiongkok dan Filipina. Jeruk kalamansi ditemukan banyak berkembang di Republik Rakyat Tiongkok, bagian Swatow. Orang Tiongkok meyakini bahwa keberadaan jeruk kalamansi membawa keberuntungan sebuah rumah, oleh karena itu mereka juga menanamnya di rumah. Jeruk kalamansi banyak dibudidayakan di Bengkulu, dan diproduksi secara besar-besaran untuk dijual dalam hasil olahan bernama sirup kalamansi. Permulaan gerakan budidaya jeruk kalamansi ditandai dengan pencanangan gerakan "satu desa satu produk" oleh Wakil Presiden Boediono pada tahun 2009. Jeruk kalamansi juga dapat dijumpai di Bali dengan sebutan Melayu, yaitu limau kesturi. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: untuk keragaman topik (artikel tentang flora belum pernah tayang tahun ini).  Mimihitam  4 April 2019 00.51 (UTC)


24 2019

10 Juni 2019 - 16 Juni 2019

Æthelflæd (dari Kartularium dan Kebiasaan Keabbasan Abingdon, sekitar tahun 1220)

Æthelflæd adalah penguasa Mercia di daerah tengah Inggris sejak 911 hingga akhir hayatnya. Ia adalah putri sulung Raja Wessex Alfred Agung. Pada pertengahan 880-an, Alfred memperkuat persekutuan antara Mercia dan Wessex dengan menikahkan putrinya Æthelflæd dengan Æthelred. Æthelred meninggal pada 911 dan digantikan oleh Æthelflæd sebagai penguasa Mercia. Pada 917 ia mengirim tentara yang berhasil merebut Derby, kota pertama dari lima kota penting Viking di Mercia yang berhasil dikuasai kembali oleh bangsa Inggris. Pada 918, Leicester menyerah kepada Æthelflæd tanpa perlawanan. Tak lama kemudian, para pemimpin Viking di Jorvik menawarkan untuk tunduk kepadanya, tetapi Æthelflæd meninggal pada 12 Juni 918 sebelum dapat menindaklanjuti tawaran tersebut. Æthelflæd digantikan oleh putrinya, Ælfwynn, tetapi pada Desember tahun yang sama Edward mengambil alih kekuasaan atas Mercia dan memindahkan Ælfwynn ke Wessex. Para sejarawan berbeda pendapat tentang status kemerdekaan Mercia di bawah Æthelred dan Æthelflæd, tetapi kebanyakan sependapat bahwa Æthelflæd adalah pemimpin besar yang berperan penting dalam penaklukan Danelaw. Para penulis abad pertengahan maupun modern amat terpikat oleh Æthelflæd. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal kematiannya (12 Juni) --Glorious Engine (bicara) 1 April 2019 00.42 (UTC)

  • Setuju Setuju Bertepatan tanggal, lulusan proses AP baru, dan kalau terlewat biasanya agak susah mengusulkan biografi yang tak sesuai tanggal. HaEr48 (bicara) 16 April 2019 02.45 (UTC)
  • Setuju Setuju Lebih relevan daripada AP bertema binatang. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 April 2019 06.40 (UTC)
  • Setuju Setuju  Masjawad99  (bicara) 30 April 2019 01.56 (UTC)
Seekor gajah afrika di Taman Nasional Mikumi, Tanzania

Gajah adalah mamalia besar dari famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika (Loxodonta africana) dan gajah asia (Elephas maximus), walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda (L. africana dan L. cyclotis). Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Elephantidae adalah satu-satunya famili dari ordo Proboscidea yang masih ada; famili lain yang kini sudah punah termasuk mamut dan mastodon. Gajah afrika jantan merupakan hewan darat terbesar dengan tinggi hingga 4 m dan massa yang juga dapat mencapai 7.000 kg. Gajah memiliki ciri-ciri khusus, dan yang paling mencolok adalah belalai atau proboscis yang digunakan untuk banyak hal, terutama untuk bernapas, menghisap air, dan mengambil benda. Gigi serinya tumbuh menjadi taring yang dapat digunakan sebagai senjata dan alat untuk memindahkan benda atau menggali. Daun telinganya yang besar membantu mengatur suhu tubuh mereka. Gajah afrika memiliki telinga yang lebih besar dan punggung yang cekung, sementara telinga gajah asia lebih kecil dan punggungnya cembung. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: untuk keragaman topik (artikel tentang fauna belum pernah tayang tahun ini).  Mimihitam  4 April 2019 00.35 (UTC)


Periode 7

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-7
Periode pengusulan: 16 April 2019—30 April 2019
Periode pemungutan suara: 1 Mei 2019—15 Mei 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

25 2019

17 Juni 2019 - 23 Juni 2019

Michael Schumacher mencatat kemenangan satu-satunya di musim 2005 dengan kemenangan di Indianapolis.

Grand Prix F1 Amerika Serikat 2005 merupakan acara lomba balap mobil Formula Satu yang diselenggarakan pada tanggal 19 Juni 2005 di Indianapolis Motor Speedway, Indianapolis dan merupakan lomba kesembilan dari rangkaian sembilan belas seri lomba dalam kalender balap Formula Satu musim 2005. Lomba ini menjadi salah satu lomba kontroversial dalam sejarah olahraga automotif modern. Dengan hanya enam mobil yang berlomba, tim Ferrari mendapat keuntungan yang signifikan dengan Michael Schumacher yang tampil sebagai pemenang lomba. Hasil dari lomba ini secara signifikan mengatrol posisi Schumi di klasemen pembalap dengan naik ke posisi ketiga. Situasi ini menciptakan publisitas negatif yang sangat besar untuk ajang balap F1 terutama di Amerika Serikat yang merupakan sebuah pasar tempat F1 selalu dianggap tertinggal dalam hal popularitas. Sebagian penggemar ada juga yang menyebut lomba Grand Prix Amerika Serikat 2005 sebagai "Indygate" dan "Michelingate". (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal acaranya (19 Juni)  Mimihitam  16 April 2019 02.02 (UTC)

Poster film Njai Dasima

Njai Dasima adalah film Hindia Belanda tahun 1932 yang disutradarai Bachtiar Effendi untuk Tan's Film. Ini adalah film kedua yang diadaptasi dari novel karya G. Francis tahun 1896, Tjerita Njai Dasima, setelah versi film bisunya dirilis tahun 1929. Film ini dibintangi pemeran bernama Momo dan Oesman dan mengisahkan seorang nyai muda Sunda yang dipancing agar menikahi seorang pria yang tidak mencintainya dan akhirnya dibunuh dengan niat perampokan. Film suara pertama perusahaan ini juga merupakan film pertama yang disutradarai oleh pribumi Indonesia. Karya yang sekarang dianggap hilang ini disambut beragam tanggapan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: PugSistem imunTari Tumbu Tanah

Alasan: Variasi topik, dan banyaknya artikel-artikel topik film Indonesia zaman dulu yang belum tayang. HaEr48 (bicara) 16 April 2019 03.22 (UTC)


26 2019

24 Juni 2019 - 30 Juni 2019

Kamo, salah satu pelaksana perampokan.

Peristiwa perampokan bank di Tiflis 1907, yang juga dikenal dengan eufemisme penyitaan di Lapangan Yerevan, adalah sebuah perampokan bersenjata yang berlangsung pada tanggal 26 Juni 1907 di kota Tiflis, Kekaisaran Rusia (kini telah menjadi ibu kota Georgia, Tbilisi). Perampokan tersebut direncanakan oleh sejumlah tokoh Bolshevik, yang meliputi Vladimir Lenin, Josef Stalin, Maxim Litvinov, Leonid Krasin, dan Aleksandr Bogdanov, dan dilancarkan oleh kelompok revolusioner yang dipimpin oleh salah satu rekan Stalin yang bernama Ter-Petrosian (Kamo). Kegiatan perampokan dan pembunuhan secara gamblang telah dilarang oleh Kongres Kelima Partai Buruh Demokrat Sosial Rusia (PBDSR), sehingga peristiwa ini membuat kelompok Bolshevik dikutuk oleh faksi-faksi lainnya di PBDSR. Para perampok menyerang kereta kuda milik bank di Lapangan Yerevan (kini disebut Lapangan Kemerdekaan) yang terletak di antara kantor pos dan gedung Bank Negara Kekaisaran Rusia cabang Tiflis. Menurut arsip dokumen resmi, serangan tersebut menewaskan sekitar empat puluh orang dan melukai lima puluh orang lainnya. Para perampok melarikan diri dengan menggondol 341.000 rubel (sekitar 3,4 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 2008). (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal kejadian (26 Juni)  Mimihitam  16 April 2019 02.04 (UTC)


Makam Amangkurat I di Tegal.

Kejatuhan Plered adalah peristiwa direbutnya keraton dan ibu kota Kesultanan Mataram di Plered oleh pasukan Trunajaya pada akhir Juni 1677, dan salah satu kemenangan kunci pemberontak dalam Perang Trunajaya. Serangan ini terjadi setelah serangkaian kemenangan pemberontak, terutama Pertempuran Gegodog dan jatuhnya sebagian besar pantai utara Mataram. Raja Mataram, Amangkurat I—yang berusia lanjut dan sakit-sakitan—dan para putranya tak mampu melakukan perlawanan efektif, dan pemberontak menyerbu ibu kota pada sekitar 28 Juni. Ibu kota Mataram ini dijarah dan kekayaannya dibawa ke ibu kota Trunajaya di Kediri. Kekalahan ini menyebabkan runtuhnya pemerintahan Mataram dan larinya keluarga kerajaan. Amangkurat melarikan diri dengan putra mahkotanya Pangeran Adipati Anom dan sebuah rombongan kecil menuju Tegal dan mangkat di sana (gambar makam). Selanjutnya, Adipati Anom naik takhta sebagai Amangkurat II tanpa ibu kota, tentara, maupun harta yang berarti. (Selengkapnya...)

Alasan: bertepatan dengan tanggal kejadian (sekitar 28 Juni). Terkait sejarah Indonesia. HaEr48 (bicara) 16 April 2019 03.02 (UTC)

  • Setuju Setuju Kedua usulan sama-sama bertopik sejarah, tapi sejarah Indonesia belum dapat jadwal tahun ini.  Masjawad99  (bicara) 2 Mei 2019 03.12 (UTC)

Suara ini dicabut: * Setuju Setuju Hanif Al Husaini (bicara) 13 Mei 2019 16.28 (UTC)

27 2019

1 Juli 2019 - 7 Juli 2019

MacArthur di Manila, Filipina, sekitar tahun 1945, sedang merokok dengan menggunakan sebuah cangklong.

Douglas MacArthur adalah seorang jenderal bintang lima asal Amerika Serikat dan marsekal lapangan Angkatan Darat Filipina. Ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat pada dasawarsa 1930-an dan memiliki sumbangsih yang besar dalam upaya untuk melawan Kekaisaran Jepang di teater Pasifik selama Perang Dunia II. Ia dianugerahi Medal of Honor berkat jasa-jasanya selama kampanye militer Filipina, sehingga dirinya dan ayahnya, Arthur MacArthur, Jr., menjadi pasangan ayah dan anak pertama yang sama-sama mendapatkan medali tersebut. Ia secara resmi menerima pernyataan menyerah tanpa syarat Jepang pada 2 September 1945 di atas USS Missouri yang berlabuh di Teluk Tokyo. Ia lalu menjadi penanggungjawab pendudukan Jepang dari tahun 1945 hingga 1951. Sebagai penguasa de facto Jepang, ia mengawasi proses perombakan sistem ekonomi, politik, dan sosial negara tersebut. Ia lalu memimpin Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa selama Perang Korea dan awalnya ia cukup berhasil; namun, serangan terhadap Korea Utara telah memicu campur tangan dari Republik Rakyat Tiongkok. Setelah mengalami kekalahan dalam berbagai pertempuran yang genting, ia diberhentikan oleh Presiden Harry S. Truman pada 11 April 1951. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (4 Juli)  Mimihitam  16 April 2019 02.07 (UTC)

28 2019

8 Juli 2019 - 14 Juli 2019

Lukisan yang menggambarkan Hipatia karya Alfred Seifert dari tahun 1901. Sebagai catatan, tidak ada gambar Hipatia dari zaman kuno, dan lukisan ini merupakan hasil imajinasi senimannya.

Hipatia adalah seorang filsuf, astronom, dan matematikawan Helenistik yang tinggal di kota Aleksandria, Mesir pada zaman Kekaisaran Romawi. Ia merupakan tokoh neoplatonisme di Aleksandria, dan di kota tersebut ia mengajarkan ilmu filsafat dan astronomi. Ia adalah matematikawan wanita pertama dengan keterangan sejarah yang cukup mudah untuk ditemui. Hipatia dikenal pada masanya sebagai seorang guru besar dan penasihat yang bijak. Ia pernah menulis sebuah tafsir untuk Aritmetika karya Diofantos yang terdiri dari tiga belas jilid, dan tafsir ini telah disisipkan ke dalam naskah aslinya. Ia juga pernah membuat tafsir untuk risalah Apolonios dari Perga mengenai irisan kerucut, tetapi tafsir ini sudah hilang ditelan zaman. Banyak ahli modern yang meyakini bahwa Hipatia mungkin pernah menyunting naskah Almagest karya Ptolemaios berdasarkan judul tafsir buatan ayahnya, Theon, untuk Buku III Almagest. Sumber-sumber kuno mencatat bahwa Hipatia disukai oleh orang pagan maupun Kristen, dan ia sangat berpengaruh di kalangan elit politik Aleksandria. Menjelang akhir hayatnya, Hipatia menasihati Orestes, prefek Romawi di Aleksandria yang saat itu tengah bersaing secara politik dengan Uskup Aleksandria Kirilos. Muncul desas desus bahwa Hipatia adalah orang yang membuat Orestes tidak bisa rukun dengan Kirilos, dan pada Maret 415, Hipatia dibunuh oleh gerombolan Kristen yang dipimpin oleh seorang lektor yang bernama Petros. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: tokoh matematikawan, astronom, dan filsuf wanita dari zaman kuno, tidak terkait tanggal manapun.  Mimihitam  16 April 2019 02.14 (UTC)

Amir Hamzah
Boeah Rindoe adalah kumpulan puisi karya Amir Hamzah (gambar) tahun 1941. Puisi-puisinya berasal dari tahun-tahun pertama Amir di Jawa, antara 1928 dan 1935. Menurut Anthony Johns dari Universitas Nasional Australia, puisi-puisi tersebut disusun secara kronologis, seperti yang ditunjukkan oleh semakin matangnya gaya penulisan Amir. Koleksi tersebut meliputi dua puluh tiga puisi berjudul dan dua karya tak berjudul. Terdapat sepuluh puisi yang sebelumnya pernah diterbitkan, termasuk karya-karya pertama yang diterbitkan Amir (keduanya dari 1932), "Mabuk..." dan "Sunyi". Dalam Buah Rindu, Amir menunjukkan ketertarikannya dalam menggunakan bentuk puisi Melayu tradisional seperti pantun. Namun, tidak seperti bentuk tradisional yang sangat saklek, ia mencampur pola rimanya. Buah Rindu diterbitkan secara keseluruhan dalam majalah Poedjangga Baroe edisi Juni 1941, sebuah majalah yang Amir bantu dirikan pada 1933. Karya tersebut kemudian diterbitkan ulang sebagai buku yang berdiri sendiri oleh Poestaka Rakjat di Jakarta. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: variasi topik.  Masjawad99  (bicara) 30 April 2019 16.31 (UTC)

  • Setuju Setuju. Bagus untuk variasi topik, dan sekaligus menampilkan AP-AP topik sastra Indonesia yang sudah menumpuk. HaEr48 (bicara) 1 Mei 2019 12.00 (UTC)

Periode 8

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-8
Periode pengusulan: 16 Mei 2019—30 Mei 2019
Periode pemungutan suara: 31 Mei 2019—14 Juni 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

29 2019

15 Juli 2019 - 21 Juli 2019

Mohammad Natsir

Mohammad Natsir (lahir di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, kabupaten Solok, Sumatra Barat, 17 Juli 1908 – meninggal di Jakarta, 6 Februari 1993 pada umur 84 tahun) adalah seorang ulama, politisi, dan pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia merupakan pendiri sekaligus pemimpin partai politik Masyumi, dan tokoh Islam terkemuka Indonesia. Di dalam negeri, ia pernah menjabat menteri dan Perdana Menteri Indonesia, sedangkan di kancah internasional, ia pernah menjabat sebagai presiden Liga Muslim se-Dunia (World Muslim Congress) dan ketua Dewan Masjid se-Dunia. Natsir banyak menulis tentang pemikiran Islam. Ia aktif menulis di majalah-majalah Islam setelah karya tulis pertamanya diterbitkan pada tahun 1929; hingga akhir hayatnya ia telah menulis sekitar 45 buku dan ratusan karya tulis lain. Ia memandang Islam sebagai bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia. Pada tanggal 10 November 2008, Natsir dinyatakan sebagai pahlawan nasional Indonesia. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan tanggal kelahiran  Mimihitam  16 Mei 2019 06.27 (UTC)

  • Setuju Setuju Calon tunggal. – Yogwi21 (bicara) 31 Mei 2019 00.38 (UTC)
  • Komentar Komentar Artikel ini bisa juga mengisi AP pada pengusulan periode 9 #33 (hari kemerdekaan RI) mengingat subjek artikel adalah pejuang kemerdekaan Indonesia. Jika memang dipindahkan, salah satu dari usulan pada periode 8 #31 mungkin bisa dialokasikan ke sini. Salam. Albertus Aditya (bicara) 3 Juni 2019 21.31 (UTC)

@Albertus Aditya sudah nggak bisa karena sudah masuk tahap pemungutan suara  Mimihitam  4 Juni 2019 10.17 (UTC)

30 2019

22 Juli 2019 - 28 Juli 2019

Pasukan VOC menyerbu Kediri. Digambarkan dalam sebuah novel anak-anak Belanda tahun 1890.

Kampanye militer Kediri berlangsung dari bulan September hingga November 1678 semasa Pemberontakan Trunajaya. Pasukan Kesultanan Mataram yang dipimpin Amangkurat II dan Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) yang dipimpin oleh Anthonio Hurdt berpawai menuju pedalaman Jawa bagian timur melawan pasukan Trunajaya. Kampanye militer ini mencapai puncaknya dengan direbutnya ibu kota dan benteng Trunajaya di Kediri pada tanggal 25 November, diikuti dengan penjarahannya oleh pemenang Belanda dan Jawa. Trunajaya sendiri melarikan diri dari Kediri dan melanjutkan pemberontakannya sampai penangkapannya pada akhir tahun 1679. Selama perjalanan menuju Kediri, tentara Mataram-VOC dengan sengaja memecah pasukannya menjadi beberapa barisan, yang mengambil rute panjang yang berbeda-beda menuju Kediri. Strategi ini disarankan oleh Amangkurat agar pasukan ini bertemu dengan lebih banyak orang dan agar mereka yang masih bimbang berpihak kepada siapa jadi bergabung dengan Mataram dan VOC setelah melihat kekuatan pasukan ini. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan: Hari Jadi Kota Kediri (27 Juli). [2] HaEr48 (bicara) 16 Mei 2019 00.16 (UTC)

  • Setuju Setuju Terdapat koneksi tanggal. Selain itu, mungkin lebih baik artikel mengenai olimpiade ditayangkan saat Olimpiade Tokyo 2020 sedang berlangsung. Sudah ada artikel bertopik olahraga yang terjadwal bulan Juni mengenai Formula 1 – Yogwi21 (bicara) 31 Mei 2019 00.38 (UTC).
  • Setuju Setuju Hanif Al Husaini (bicara) 31 Mei 2019 09.53 (UTC)
  • Setuju Setuju Masjawad99💬 4 Juni 2019 23.49 (UTC)
Anggota tim Zimbabwe merayakan kemenangan mereka atas Polandia.

Tim nasional hoki putri Zimbabwe memenangkan medali emas dalam turnamen hoki putri pada Olimpiade Musim Panas 1980 di Moskwa, ibu kota Uni Soviet. Skuat yang terdiri dari 16 orang perempuan, semuanya berasal dari minoritas kulit putih Zimbabwe, dikumpulkan kurang dari sebulan sebelum Olimpiade dimulai untuk mengisi tempat yang kosong akibat pemboikotan Olimpiade oleh beberapa negara. Zimbabwe menjadi juara dalam turnamen berformat setengah kompetisi dengan meraih tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Hal ini dianggap sebagai kejutan besar, terutama mengingat kurangnya persiapan dan pengalaman tim ini. Kisah ini disebut sebagai sebuah "cerita dongeng yang sangat menarik". Medali emas ini merupakan medali pertama bagi Zimbabwe di ajang Olimpiade, diraih saat terjadi transisi politik hebat di negara tersebut. Olimpiade 1980 merupakan edisi pertama yang mempertandingkan hoki lapangan putri dan yang pertama menyertakan Zimbabwe dengan namanya saat ini, setelah dilarang mengikuti tiga edisi Olimpiade terakhir karena alasan politik, negara ini terakhir kali berpartisipasi sebagai Rhodesia pada tahun 1964. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan: variasi topik (artikel tentang olahraga belum pernah tampil tahun ini)  Mimihitam  16 Mei 2019 06.33 (UTC)

  • Komentar Komentar Artikel bertema Olimpiade Musim Panas semestinya ditayangkan tahun depan karena bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 12 Juni 2019 01.58 (UTC)


31 2019

29 Juli 2019 - 4 Agustus 2019

Sebuah karnivora cokelat seperti-garangan dibawa oleh seseorang.

Salanoia durrelli adalah binatang mamalia asal Madagaskar dari famili Eupleridae dan ordo Carnivora. Binatang yang menyerupai luwak ini memiliki hubungan dekat dengan garangan berekor coklat (Salanoia concolor), dan keduanya membentuk genus Salanoia. Setelah penelitian atas seekor spesimen pada tahun 2004, binatang ini menjadi dikenal bagi ilmu pengetahuan dan S. durrelli dideskripsikan sebagai spesies baru pada tahun 2010. Binatang ini endemik di daerah Lac Alaotra. S. durrelli merupakan karnivora kecil berwarna coklat kemerahan, ditandai dengan kaki yang lebar dengan bantalan yang menonjol, warna kemerahan pada kulit bagian dalam, juga gigi yang kokoh dan lebar. S. durrelli adalah hewan yang tinggal di rawa yang mungkin memakan krustasea dan moluska. Daerah Lac Alaotra merupakan ekosistem yang terancam, dan S. durrelli mungkin juga terancam punah karena persaingan dengan spesies pendatang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: Variasi topik, mengingat slot-slot sebelumnya banyak didominasi calon dari topik sejarah. Artikel ini tidak punya tanggal spesial jadi bisa tampil kapan saja HaEr48 (bicara) 16 Mei 2019 00.16 (UTC)

Seekor gajah afrika di Taman Nasional Mikumi, Tanzania

Gajah adalah mamalia besar dari famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika (Loxodonta africana) dan gajah asia (Elephas maximus), walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda (L. africana dan L. cyclotis). Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Elephantidae adalah satu-satunya famili dari ordo Proboscidea yang masih ada; famili lain yang kini sudah punah termasuk mamut dan mastodon. Gajah afrika jantan merupakan hewan darat terbesar dengan tinggi hingga 4 m dan massa yang juga dapat mencapai 7.000 kg. Gajah memiliki ciri-ciri khusus, dan yang paling mencolok adalah belalai atau proboscis yang digunakan untuk banyak hal, terutama untuk bernapas, menghisap air, dan mengambil benda. Gigi serinya tumbuh menjadi taring yang dapat digunakan sebagai senjata dan alat untuk memindahkan benda atau menggali. Daun telinganya yang besar membantu mengatur suhu tubuh mereka. Gajah afrika memiliki telinga yang lebih besar dan punggung yang cekung, sementara telinga gajah asia lebih kecil dan punggungnya cembung. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: untuk keragaman topik (artikel tentang fauna belum pernah tayang tahun ini).  Mimihitam  16 Mei 2019 06.31 (UTC)


Miniatur dari Skylitzes Matritensis yang menggambarkan pengepungan Amorion oleh pasukan Abbasiyah

Penjarahan Amorion yang dilancarkan oleh Kekhalifahan Abbasiyah pada pertengahan Agustus 838 merupakan salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Peperangan Arab-Bizantium. Pasukan Abbasiyah dipimpin secara langsung oleh Khalifah al-Mu'tashim (memerintah 833–842) dan bertujuan membalas penyerangan oleh Kaisar Bizantium Teofilos (memerintah 829–842) terhadap wilayah perbatasan kekhalifahan setahun sebelumnya. Khalifah al-Mu'tashim menyerang Amorion, sebuah kota Bizantium di Anatolia bagian barat, karena tempat tersebut adalah tempat kelahiran dinasti pemerintahan Bizantium dan salah satu kota terbesar dan terpenting di wilayah Bizantium pada masa itu. Sang khalifah berhasil mengumpulkan pasukan dalam jumlah yang besar, yang kemudian ia bagi menjadi dua. Kedua pasukan ini lalu menyerbu dari timur laut dan selatan. Pasukan timur laut berhasil mengalahkan pasukan Bizantium yang dipimpin oleh Teofilos di Anzen, alhasil pasukan Abbasiyah dapat memasuki pedalaman Asia Kecil dan berkumpul di Ankira, yang mereka temukan dalam keadaan ditinggalkan. Setelah menjarah kota tersebut, mereka bergerak ke arah selatan menuju Amorion. Mereka tiba di kota tersebut pada 1 Agustus. Teofilos sendiri tidak dapat mengirimkan bala bantuan ke Amorion akibat persekongkolan di Konstantinopel dan pemberontakan kontingen Khurramiyah. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Peristiwa ini berlangsung pada Agustus, lebih relevan dengan tanggal daripada artikel binatang yang mestinya ditayangkan pada 4 Oktober (Hari Binatang Sedunia) atau 5 November (Hari Cinta Puspa & Satwa Nasional). Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 27 Mei 2019 01.19 (UTC)

32 2019

5 Agustus 2019 - 11 Agustus 2019

Hasil pemindaian mikroskop elektron yang menunjukkan suatu neutrofil (kuning) yang sedang menelan bakteri antraks (jingga)

Sistem imun adalah sebuah sistem yang terdiri dari sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas pertahanan suatu organisme dari penyakit. Untuk berfungsi dengan baik, sistem imun mengenali dan membunuh berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, agar sel dan jaringan organisme yang sehat tetap dapat berfungsi dengan normal. Patogen dapat berevolusi dan beradaptasi agar terhindar dari penghancuran oleh sistem imun, tetapi mekanisme pertahanan tubuh juga berevolusi untuk menetralkannya. Pada manusia dan vertebrata berahang lainnya, sistem imun dapat dibagi menjadi sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Tari Tumbu TanahBoeah RindoePenjarahan Amorion

Alasan pengusulan: Artikel sangat bagus dan cukup vital, hasil peninjauan AP proses baru. Variasi topik mengingat biologi belum banyak diangkat tahun ini. HaEr48 (bicara) 16 Mei 2019 01.01 (UTC) HaEr48 (bicara) 16 Mei 2019 00.16 (UTC)


Amir Hamzah
Boeah Rindoe adalah kumpulan puisi karya Amir Hamzah (gambar) tahun 1941. Puisi-puisinya berasal dari tahun-tahun pertama Amir di Jawa, antara 1928 dan 1935. Menurut Anthony Johns dari Universitas Nasional Australia, puisi-puisi tersebut disusun secara kronologis, seperti yang ditunjukkan oleh semakin matangnya gaya penulisan Amir. Koleksi tersebut meliputi dua puluh tiga puisi berjudul dan dua karya tak berjudul. Terdapat sepuluh puisi yang sebelumnya pernah diterbitkan, termasuk karya-karya pertama yang diterbitkan Amir (keduanya dari 1932), "Mabuk..." dan "Sunyi". Dalam Buah Rindu, Amir menunjukkan ketertarikannya dalam menggunakan bentuk puisi Melayu tradisional seperti pantun. Namun, tidak seperti bentuk tradisional yang sangat saklek, ia mencampur pola rimanya. Buah Rindu diterbitkan secara keseluruhan dalam majalah Poedjangga Baroe edisi Juni 1941, sebuah majalah yang Amir bantu dirikan pada 1933. Karya tersebut kemudian diterbitkan ulang sebagai buku yang berdiri sendiri oleh Poestaka Rakjat di Jakarta. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Variasi topik mengingat artikel tentang sastra belum banyak diangkat tahun ini.  Mimihitam  16 Mei 2019 06.35 (UTC)

Periode 9

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-9
Periode pengusulan: 16 Juni 2019—30 Juni 2019
Periode pemungutan suara: 1 Juli 2019—15 Juli 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

33 2019

12 Agustus 2019 - 18 Agustus 2019

Sebuah karnivora cokelat seperti-garangan dibawa oleh seseorang.

Salanoia durrelli adalah binatang mamalia asal Madagaskar dari famili Eupleridae dan ordo Carnivora. Binatang yang menyerupai luwak ini memiliki hubungan dekat dengan garangan berekor coklat (Salanoia concolor), dan keduanya membentuk genus Salanoia. Setelah penelitian atas seekor spesimen pada tahun 2004, binatang ini menjadi dikenal bagi ilmu pengetahuan dan S. durrelli dideskripsikan sebagai spesies baru pada tahun 2010. Binatang ini endemik di daerah Lac Alaotra. S. durrelli merupakan karnivora kecil berwarna coklat kemerahan, ditandai dengan kaki yang lebar dengan bantalan yang menonjol, warna kemerahan pada kulit bagian dalam, juga gigi yang kokoh dan lebar. S. durrelli adalah hewan yang tinggal di rawa yang mungkin memakan krustasea dan moluska. Daerah Lac Alaotra merupakan ekosistem yang terancam, dan S. durrelli mungkin juga terancam punah karena persaingan dengan spesies pendatang. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: Variasi topik, mengingat slot-slot sebelumnya banyak didominasi calon dari topik sejarah dan sosial. Artikel ini tidak punya tanggal spesial jadi bisa tampil kapan saja HaEr48 (bicara) 16 Juni 2019 16.37 (UTC)

  • Komentar Komentar Artikel bertema binatang dapat ditayangkan pada 4 Oktober (Hari Binatang Sedunia) dan 5 November (Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional). Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 23 Juni 2019 04.15 (UTC)
Gunung Kerinci yang menjadi bentang alam tempat tinggal suku Kerinci

Serayo atau nyanyo adalah sistem gotong royong pada masyarakat suku Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sistem ini juga sering disebut baselang atau berselang. Pada prinsipnya, serayo merupakan gotong royong yang menguntungkan individu atau memenuhi kepentingan seseorang yang meminta bantuan untuk mengerjakan sesuatu. Adapun permintaan tersebut dilakukan oleh salah satu pihak kepada kaum kerabat terdekatnya, para tetangga yang berada di dekat rumahnya, maupun warga sekampung (kelurahan ataupun dusun). Orang yang dimintai pertolongan akan memberikan bantuan sesuai dengan permintaan pihak yang memerlukan bantuan. Dalam sistem serayo terlihat adanya unsur kerja sama dalam mengerjakan sesuatu yang dipimpin oleh orang yang meminta pertolongan. Orang yang diminta biasanya tidak menolak dan ada ekspektasi bahwa warga akan "membalas" kebaikan sebelumnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: Artikel mengenai budaya gotong royong masyarakat Indonesia cocok untuk mengisi momen Hari Kemerdekaan. – Yogwi21 (bicara) 25 Juni 2019 02.47 (UTC)


Tari Tumbu Tanah yang juga dikenal dengan tarian ular

Tari Tumbu Tanah merupakan tari tradisional khas masyarakat Arfak yang tinggal di Manokwari. Tarian ini juga dikenal dengan nama tarian ular karena formasi tarian ini membentuk seekor ular yang melilitkan badannya di atas pohon. Tari Tumbu Tanah biasanya dilakukan untuk menyambut acara-acara penting, yaitu penyambutan tamu dari luar lingkungan masyarakat Arfak, kemenangan perang, dan perayaan pesta pernikahan. Tari Tumbu Tanah merupakan jati diri masyarakat Arfak karena semua gerakan, formasi, lagu pengiring, alat musik, serta aksesoris dalam tari Tumbu Tanah merupakan ciri khas masyarakat Arfak yang membedakannya dengan tarian suku-suku lain di daerah Papua. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: artikel pilihan pertama di WBI yang bertema Papua, cocok untuk dipajang tanggal 17 Agustus.  Mimihitam  29 Juni 2019 20.04 (UTC)

34 2019

19 Agustus 2019 - 25 Agustus 2019

Hasil pemindaian mikroskop elektron yang menunjukkan suatu neutrofil (kuning) yang sedang menelan bakteri antraks (jingga)

Sistem imun adalah sebuah sistem yang terdiri dari sel dan banyak struktur biologis lainnya yang bertanggung jawab atas pertahanan suatu organisme dari penyakit. Untuk berfungsi dengan baik, sistem imun mengenali dan membunuh berbagai macam pengaruh biologis luar seperti dari infeksi, bakteri, virus sampai parasit, agar sel dan jaringan organisme yang sehat tetap dapat berfungsi dengan normal. Patogen dapat berevolusi dan beradaptasi agar terhindar dari penghancuran oleh sistem imun, tetapi mekanisme pertahanan tubuh juga berevolusi untuk menetralkannya. Pada manusia dan vertebrata berahang lainnya, sistem imun dapat dibagi menjadi sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Tari Tumbu TanahBoeah RindoePenjarahan Amorion

Alasan pengusulan: Artikel sangat bagus dan cukup vital, hasil peninjauan AP proses baru. Variasi topik mengingat biologi belum banyak diangkat tahun ini. HaEr48 (bicara) 16 Juni 2019 16.37 (UTC)


35 2019

26 Agustus 2019 - 1 September 2019

Meriam Seri Rambai di Benteng Corvallis, Penang, Malaysia.

Seri Rambai adalah sebuah meriam Belanda abad ke-17 yang kini berada di Benteng Cornwallis, Penang, Malaysia. Meriam tersebut merupakan meriam perunggu terbesar di Malaysia, dan sering disebut-sebut dalam berbagai legenda dan ramalan serta dianggap sebagai simbol kesuburan. Meriam tersebut didatangkan pertama kali ke Selat Malaka awal 1600an, ketika VOC mempersembahkannya kepada Sultan Johor demi mendapatkan konsesi dagang. Pada tahun 1613, Kesultanan Aceh menyerang dan menghancurkan Johor, menawan Sultannya serta membawa pulang Seri Rambai ke Aceh. Menjelang akhir abad ke-18, meriam tersebut dikirim Aceh ke Selangor untuk membantu pertahanan kota tersebut. Pada 1871, pemerintah kolonial Britania menyerang Selangor sebagai balasan atas serangan bajak laut. Britania membakar kota tersebut, menghancurkan bentengnya dan merampas Seri Rambai. Meriam tersebut lalu disimpan di Esplanade di George Town (ibu kota Penang), dan pada 1950an dipindahkan ke area Benteng Cornwallis. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Hari Kemerdekaan Malaysia (31 Agustus). Selain itu rasanya belum ada AP tentang peninggalan bersejarah yang ditampilkan tahun ini. Masjawad99💬 16 Juni 2019 19.27 (UTC)

Wajah seekor pug yang masih kecil

Pug adalah ras anjing dengan wajah yang berkerut, moncong yang pendek, tubuh berukuran sedang, dan ekor yang melingkar. Anjing pug juga memiliki berbagai warna, dengan warna yang paling umum adalah warna hitam dan coklat muda kekuningan. Pug dibawa dari Tiongkok ke Eropa pada abad ke-16 dan dipopulerkan di Eropa Barat oleh keluarga kerajaan Oranje dari Belanda dan keluarga kerajaan Stuart dari Britania. Di Britania Raya pada abad ke-19, Ratu Victoria sangat menyukai pug dan menularkan kesukaannya ini kepada anggota keluarga kerajaan lainnya. Pug dikenal sebagai anjing yang bersahabat dan lemah lembut. American Kennel Club mendeskripsikan anjing ini sebagai anjing yang "bertabiat tenang dan menawan". Pug tetap populer hingga abad ke-21 dan menjadi hewan peliharaan beberapa artis ternama. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan Hari Anjing Sedunia (26 Agustus), variasi topik karena artikel tentang sejarah sudah terlalu sering tampil, sementara tentang hewan belum.  Mimihitam  16 Juni 2019 19.58 (UTC)


36 2019

2 September 2019 - 8 September 2019

Poster film Njai Dasima

Njai Dasima adalah film Hindia Belanda tahun 1932 yang disutradarai Bachtiar Effendi untuk Tan's Film. Ini adalah film kedua yang diadaptasi dari novel karya G. Francis tahun 1896, Tjerita Njai Dasima, setelah versi film bisunya dirilis tahun 1929. Film ini dibintangi pemeran bernama Momo dan Oesman dan mengisahkan seorang nyai muda Sunda yang dipancing agar menikahi seorang pria yang tidak mencintainya dan akhirnya dibunuh dengan niat perampokan. Film suara pertama perusahaan ini juga merupakan film pertama yang disutradarai oleh pribumi Indonesia. Karya yang sekarang dianggap hilang ini disambut beragam tanggapan. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: PugSistem imunTari Tumbu Tanah

Alasan: Variasi topik, dan banyaknya artikel-artikel topik film Indonesia zaman dulu yang belum tayang. Kalau hanya sekali setahun pada hari film nasional kayaknya AP perfilman akan menunggu lama sekali. HaEr48 (bicara) 16 Juni 2019 16.37 (UTC)

Citra belahan selatan Titania yang diabadikan oleh Voyager 2 pada 24 Januari 1986

Titania adalah satelit alami terbesar planet Uranus sekaligus satelit alami terbesar kedelapan di Tata Surya dengan diameter 1.578 km. Titania ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1787 dan dinamai menurut nama seorang ratu peri dalam sebuah sandiwara komedi karya William Shakespeare, yakni Impian di Tengah Musim. Orbitnya terletak di dalam magnetosfer Uranus. Titania terdiri atas kandungan es dan bebatuan yang kurang lebih sama banyak, dan kemungkinan terdiferensiasi menjadi inti yang berbatu dan mantel yang terdiri dari es. Di batas antara inti dan mantel mungkin terdapat sebuah lapisan air. Permukaan Titania, yang relatif gelap dan sedikit berwarna merah, tampaknya terbentuk akibat tubrukan dan proses endogenik. Permukaan Titania juga penuh akan kawah tubrukan yang diameternya dapat mencapai 326 km. Selain itu, di permukaan Titania terdapat rangkaian ngarai dan gawir besar, yang merupakan dampak dari pengembangan bagian dalamnya selama tahap akhir evolusinya. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: artikel bertopik astronomi belum pernah tayang tahun ini.  Mimihitam  16 Juni 2019 20.05 (UTC)

Periode 10

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-10
Periode pengusulan: 16 Juli 2019—30 Juli 2019
Periode pemungutan suara: 31 Juli 2019—14 Agustus 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

37 2019

9 September 2019 - 15 September 2019

Citra belahan selatan Titania yang diabadikan oleh Voyager 2 pada 24 Januari 1986

Titania adalah satelit alami terbesar planet Uranus sekaligus satelit alami terbesar kedelapan di Tata Surya dengan diameter 1.578 km. Titania ditemukan oleh William Herschel pada tahun 1787 dan dinamai menurut nama seorang ratu peri dalam sebuah sandiwara komedi karya William Shakespeare, yakni Impian di Tengah Musim. Orbitnya terletak di dalam magnetosfer Uranus. Titania terdiri atas kandungan es dan bebatuan yang kurang lebih sama banyak, dan kemungkinan terdiferensiasi menjadi inti yang berbatu dan mantel yang terdiri dari es. Di batas antara inti dan mantel mungkin terdapat sebuah lapisan air. Permukaan Titania, yang relatif gelap dan sedikit berwarna merah, tampaknya terbentuk akibat tubrukan dan proses endogenik. Permukaan Titania juga penuh akan kawah tubrukan yang diameternya dapat mencapai 326 km. Selain itu, di permukaan Titania terdapat rangkaian ngarai dan gawir besar, yang merupakan dampak dari pengembangan bagian dalamnya selama tahap akhir evolusinya. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: artikel bertopik astronomi belum pernah tayang tahun ini.  Mimihitam  16 Juli 2019 03.07 (UTC)


38 2019

16 September 2019 - 22 September 2019

Dari kanan ke kiri: patung Isis, suaminya Osiris, dan putra mereka Horus, protagonis mitos Osiris

Mitos Osiris adalah kisah yang paling rumit dan berpengaruh dalam mitologi Mesir kuno. Mitos ini berkisah tentang pembunuhan dewa Osiris, penguasa awal Mesir Kuno, dan dampak dari pembunuhan tersebut. Pembunuh Osiris adalah saudaranya sendiri, yaitu Set, yang kemudian merebut takhta Osiris. Sementara itu, istri Osiris, Isis, menghidupkan kembali tubuh suaminya, memungkinkan Osiris secara anumerta membuahi istrinya untuk mengandung putra mereka, Horus. Sisa cerita kemudian berfokus pada Horus, putra yang lahir dari persatuan Isis dan Osiris, yang pada mulanya hanyalah seorang anak yang lemah dan berlindung di balik ibunya, menjadi saingan Set untuk takhta. Konflik antara mereka yang sering terjadi dengan kekerasan berakhir dengan kemenangan Horus, yang memulihkan ketertiban di Mesir setelah rezim Set yang zalim dan menyelesaikan proses kebangkitan Osiris. Mitos ini, termasuk simbol-simbol kompleks di dalamnya, merupakan bagian tidak terpisahkan dari konsepsi bangsa Mesir mengenai kerajaan dan suksesi, konflik antara keteraturan dan kekacauan, juga khususnya tentang kematian dan alam baka. Selain itu, mitos ini juga mengilustrasikan ciri khas penting dari keempat dewa dalam pusat cerita tersebut, serta banyaknya unsur-unsur ibadah dalam agama Mesir kuno yang berakar pada mitos ini. (Selengkapnya...)

Artikel tentang mitologi yang tidak terkait tanggal mana pun  Mimihitam  16 Juli 2019 08.13 (UTC)


39 2019

23 September 2019 - 29 September 2019

Laksmi Pamuntjak

Aruna & Lidahnya merupakan film drama Indonesia yang diadaptasi lepas dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak (gambar) dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Hannah Al Rashid, dan Oka Antara. Film ini adalah film kedua yang diproduksi Palari Films setelah Posesif dan film panjang keempat karya Edwin. Tema dari film ini adalah masakan Indonesia yang dituangkan ke dalam sebuah alur cerita yang berfokus pada persahabatan dua pria dan dua wanita yang semuanya berusia 30 tahunan, bersamaan pula dengan penyelidikan kasus flu burung yang dilakukan dua orang di antara mereka. Film ini menggunakan musik yang merupakan perpaduan dari lagu lawas dan lagu baru. Film ini memenangi dua dari sembilan nominasi Festival Film Indonesia 2018 serta dinominasikan di delapan kategori Piala Maya 2018. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan setahun tanggal penayangannya (27 September) --Glorious Engine (bicara) 16 Juli 2019 21.47 (UTC)


40 2019

30 September 2019 - 6 Oktober 2019

Harimau tasmania di Kebun Binatang Washington D.C., kira-kira tahun 1906

Harimau tasmania adalah marsupialia karnivora terbesar pada kala modern. Hewan ini dinamai "harimau" karena memiliki punggung yang bercorak belang, tetapi ada juga yang menyebutnya serigala tasmania karena bentuk tubuh dan sifatnya mirip hewan dari famili Canidae. Hewan ini merupakan hewan asli Australia, Tasmania, dan Papua. Harimau tasmania mengalami kepunahan pada abad ke-20, dan hewan ini sendiri merupakan spesies terakhir dari familinya, Thylacinidae. Spesimen-spesimen anggota famili Thylacinidae sendiri telah ditemukan dalam rekaman fosil yang dapat ditilik kembali hingga kala Oligosen. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan hari binatang sedunia (4 Oktober) --Glorious Engine (bicara) 15 Juli 2019 21.50 (UTC)

Uji coba nuklir pertama Britania, 3 Oktober 1952

High Explosive Research adalah proyek pengembangan senjata nuklir oleh Britania Raya setelah Perang Dunia II. Britania memutuskan mengembangkan senjata nuklir setelah Amerika Serikat membatalkan kerja sama teknologi kedua negara dan didorong kekhawatiran bahwa Britania akan kehilangan status sebagai kekuatan besar dunia. Proyek ini dikepalai oleh Charles Portal, Pengendali Produksi Tenaga Atom di Kementerian Pemasok Britania. Reaktor dan fasilitas-fasilitas produksi dibangun di bawah kepemimpinan Christopher Hinton, termasuk pabrik logam uranium, dua reaktor nuklir, sebuah pabrik pengolahan plutonium, serta fasilitas pengayaan uranium melalui difusi gas. Selanjutnya, William Penney memimpin perancangan bom nuklir di Fort Halstead. Hasilnya, Britania menguji coba bom atom pertamanya pada 3 Oktober 1952 dalam Operasi Hurricane (gambar). Proyek ini diselesaikan dengan pengiriman bom atom Blue Danube kepada Angkatan Udara pada November 1953. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: bertepatan uji coba nuklir pertama Britania (3 Oktober 1952). Selain itu, topik ilmu terapan belum pernah tayang tahun ini. HaEr48 19 Juli 2019 05.33 (UTC)


Periode 11

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-11
Periode pengusulan: 1 Agustus 2019—15 Agustus 2019
Periode pemungutan suara: 16 Agustus 2019—30 Agustus 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

41 2019

7 Oktober 2019 - 13 Oktober 2019

Gunung Kerinci yang menjadi bentang alam tempat tinggal suku Kerinci

Serayo atau nyanyo adalah sistem gotong royong pada masyarakat suku Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sistem ini juga sering disebut baselang atau berselang. Pada prinsipnya, serayo merupakan gotong royong yang menguntungkan individu atau memenuhi kepentingan seseorang yang meminta bantuan untuk mengerjakan sesuatu. Adapun permintaan tersebut dilakukan oleh salah satu pihak kepada kaum kerabat terdekatnya, para tetangga yang berada di dekat rumahnya, maupun warga sekampung (kelurahan ataupun dusun). Orang yang dimintai pertolongan akan memberikan bantuan sesuai dengan permintaan pihak yang memerlukan bantuan. Dalam sistem serayo terlihat adanya unsur kerja sama dalam mengerjakan sesuatu yang dipimpin oleh orang yang meminta pertolongan. Orang yang diminta biasanya tidak menolak dan ada ekspektasi bahwa warga akan "membalas" kebaikan sebelumnya. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan pengusulan: Salah satu artikel Wiki Jelajah, tidak terkait tanggal manapun.  Mimihitam  1 Agustus 2019 17.40 (UTC)


42 2019

14 Oktober 2019 - 20 Oktober 2019

Muammar Khadafi saat tengah menghadiri pertemuan puncak Uni Afrika ke-12 di Addis Ababa pada tanggal 2 Februari 2009

Muammar Khadafi adalah seorang tokoh revolusi dan politikus asal Libya. Ia berkuasa di Libya sebagai Kepala Revolusioner Republik Arab Libya dari tahun 1969 hingga 1977, dan kemudian sebagai "Pemimpin dan Penuntun Revolusi" Jamahiriyah Arab Libya dari tahun 1977 hingga 2011. Ia awalnya memperjuangkan nasionalisme dan sosialisme Arab, tetapi kemudian mengikuti ideologinya sendiri yang disebut Teori Internasional Ketiga. Khadafi adalah tokoh yang kontroversial. Ia merajai politik Libya selama empat dasawarsa dan menjadi subjek kultus kepribadian. Ia mendapatkan berbagai penghargaan dan menuai pujian karena ia memiliki pandangan anti-imperialis dan mendukung kesatuan Arab (dan kemudian berubah menjadi kesatuan Afrika), dan ia juga telah meningkatkan taraf hidup rakyatnya. Di sisi lain, kelompok fundamentalis Islam sangat menentang reformasi sosial dan ekonominya. Selain itu, ia juga dikutuk sebagai seorang diktator yang telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan mendanai terorisme di luar negeri. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: bertepatan dengan 8 tahun setelah tumbang dan tewasnya Khadafi (20 Oktober) --Glorious Engine (bicara) 1 Agustus 2019 07.31 (UTC)


43 2019

21 Oktober 2019 - 27 Oktober 2019

Lukisan karya Martin van Meytens, 1759

Maria Theresia adalah satu-satunya penguasa wanita yang pernah ada dalam sejarah Habsburg. Masa kekuasaannya selama 40 tahun dimulai setelah ayahnya, Kaisar Karl VI, tutup usia pada Oktober 1740. Maria Theresia melancarkan reformasi pemerintahan, keuangan, dan pendidikan dengan dukungan dari Wenzel Anton von Kaunitz-Rietberg, Graf Friedrich Wilhelm von Haugwitz, dan Gerard van Swieten. Ia juga menggalakkan perdagangan dan mengembangkan pertanian, dan merombak militer Austria, sehingga ia berhasil memperkuat kedudukan Austria di mata dunia. Namun, ia sangat tidak menyukai orang Yahudi dan Protestan sampai-sampai ia pernah memerintahkan agar mereka diusir ke daerah terpencil di wilayah Habsburg. Ia juga menganjurkan agama Katolik sebagai agama negara dan menolak pluralisme agama, alhasil rezimnya dicap tidak toleran. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Bertepatan dengan Hari Nasional Austria (26 Oktober) --Glorious Engine (bicara) 1 Agustus 2019 07.31 (UTC)


44 2019

28 Oktober 2019 - 3 November 2019

Tampak depan Rumah si Pitung atau sering disebut Rumah Tinggi di Kelurahan Marunda Jakarta Utara. Rumah si Pitung merupakan rumah adat panggung khas Betawi di wilayah pesisir.

Rumah panggung adalah salah satu jenis rumah tradisional suku Betawi yang lantainya ditinggikan dari tanah dengan menggunakan tiang-tiang kayu. Rumah ini berbeda dengan rumah darat yang menempel ke tanah. Rumah panggung Betawi dibangun di kawasan pesisir dengan tujuan untuk menanggulangi banjir atau air pasang. Sementara itu, rumah panggung yang terletak di tepi sungai seperti di Bekasi tidak hanya dibangun untuk menghindari banjir, tetapi juga untuk keamanan dari binatang-binatang buas. (Selengkapnya...)

Alasan pengusulan: Salah satu finalis Wiki Jelajah, tidak terkait tanggal manapun.  Mimihitam  1 Agustus 2019 17.44 (UTC)


Periode 12

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-12
Periode pengusulan: 1 September 2019—15 September 2019
Periode pemungutan suara: 16 September 2019—30 September 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

45 2019

4 November 2019 - 10 November 2019

Seekor gajah afrika di Taman Nasional Mikumi, Tanzania

Gajah adalah mamalia besar dari famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika (Loxodonta africana) dan gajah asia (Elephas maximus), walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda (L. africana dan L. cyclotis). Gajah tersebar di seluruh Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Elephantidae adalah satu-satunya famili dari ordo Proboscidea yang masih ada; famili lain yang kini sudah punah termasuk mamut dan mastodon. Gajah afrika jantan merupakan hewan darat terbesar dengan tinggi hingga 4 m dan massa yang juga dapat mencapai 7.000 kg. Gajah memiliki ciri-ciri khusus, dan yang paling mencolok adalah belalai atau proboscis yang digunakan untuk banyak hal, terutama untuk bernapas, menghisap air, dan mengambil benda. Gigi serinya tumbuh menjadi taring yang dapat digunakan sebagai senjata dan alat untuk memindahkan benda atau menggali. Daun telinganya yang besar membantu mengatur suhu tubuh mereka. Gajah afrika memiliki telinga yang lebih besar dan punggung yang cekung, sementara telinga gajah asia lebih kecil dan punggungnya cembung. (Selengkapnya...)

Alasan: bertepatan dengan Hari Puspa dan Satwa (5 November), variasi biar nggak nampilin artikel sejarah melulu.  Mimihitam  1 September 2019 01.29 (WIB)

  1. Setuju Setuju -- Dzaky17 Bicara 20 September 2019 02.50 (UTC)
  2. Setuju Setuju Knucklepuff (bicara) 20 September 2019 03.26 (UTC)
  3. Setuju SetujuYogwi21 (bicara) 27 September 2019 05.43 (UTC)


Benteng Somba Opu

Sejarah awal Gowa dan Tallo dimulai sekitar 1300 saat Gowa muncul sebagai entitas agraris di Sulawesi Selatan, Indonesia. Tallo yang juga bersuku Makassar didirikan dua abad setelahnya oleh seorang pangeran Gowa yang melarikan diri ke daerah pantai setelah kalah dalam perang takhta. Gowa tumbuh pesat berkat intensifikasi pertanian padi—hutan-hutan dibabat untuk dijadikan sawah—sedangkan Tallo berkembang melalui perdagangan maritim. Gowa dan Tallo menjadi sekutu dekat pada abad ke-16, melakukan reformasi pemerintahan maupun militer, dan bersama-sama mendominasi sebagian besar semenanjung Sulawesi Selatan. Benteng Somba Opu (gambar) dibangun sebagai sebagai salah satu pusat kekuatannya. Pada sekitar 1600, pasangan kerajaan ini memeluk agama Islam, mengalahkan musuh-musuhnya, dan menjadi kerajaan terkuat di Indonesia Timur. (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan HUT Kota Makassar (9 November) HaEr48 (bicara) 5 September 2019 02.17 (UTC)

  1. Setuju Setuju --Glorious Engine (bicara) 16 September 2019 03.49 (UTC)


46 2019

11 November 2019 - 17 November 2019

Foto SMS Breslau

Pengejaran SMS Goeben dan SMS Breslau merujuk pada peristiwa pelarian yang dilakukan oleh dua kapal perang Jerman, SMS Goeben dan SMS Breslau, pada saat-saat awal pecahnya Perang Dunia I di Laut Mediterania atau Laut Tengah. Kedua kapal ini melarikan diri dari kejaran dan pantauan kapal-kapal perang sekutu untuk dapat sampai ke pelabuhan Kesultanan Utsmaniyah (saat ini Turki) di Konstantinopel. Pelarian ini diakhiri oleh keberhasilan kedua kapal mengelabui tiga armada gabungan Inggris-Prancis (terdiri dari 20 kapal lebih) yang saat itu tengah berpatroli di Laut Tengah, untuk kemudian sampai ke Dardanelles, dan pada akhirnya ke Konstantinopel. Kedua kapal ini kemudian diserahkan oleh Jerman kepada Kesultanan Utsmaniyah untuk mewujudkan alliansi di Perang Dunia I. Kesultanan Utsmaniyah sebelumnya telah dibuat berang oleh Inggris akibat pembatalan secara sepihak terkait penyerahan dua buah kapal perang yang sebelumnya telah dipesan dan dibayarkan. Lolosnya SMS Goeben dan SMS Breslau menandai berakhirnya netralitas Kesultanan Utsmaniyah di Perang Dunia I untuk kemudian bergabung kedalam blok poros, bersama Kekaisaran Jerman dan Austria-Hongaria. Saat menjadi bagian dari angkatan laut Kesultanan Utsmaniyah, kedua kapal ini kemudian berganti nama; SMS Goeben menjadi Yavuz Sultan Selim dan SMS Breslau menjadi Midilli. (Selengkapnya...)

Alasan: artikel karya Nadiantara, bertepatan dengan akhir Perang Dunia I (11 November)  Mimihitam  1 September 2019 01.47 (WIB)

  1. Setuju SetujuYogwi21 (bicara) 27 September 2019 05.42 (UTC)


47 2019

18 November 2019 - 24 November 2019

Patung kepala Pythagoras dari Samos di Museum Capitolini, Roma

Pythagoras adalah seorang filsuf Yunani Ionia kuno dan perintis aliran pythagoreanisme. Ajaran politik dan keagamaannya dikenal di kawasan Magna Graecia pada masanya dan telah memengaruhi pemikiran Plato dan Aristoteles, sehingga secara tidak langsung ia juga telah berdampak terhadap perkembangan filsafat Barat. Rincian mengenai kehidupannya diselubungi legenda, tetapi tampaknya ia adalah anak Mnesarkos, seorang pengukir permata atau saudagar kaya di Pulau Samos, lepas pantai Anatolia. Ajaran yang paling jelas dikemukakan oleh Pythagoras adalah metempsikosis, yaitu keyakinan bahwa setiap jiwa itu abadi, dan setelah kematian, jiwa tersebut akan masuk ke tubuh yang baru. Ia mungkin juga merupakan penggagas doktrin musica universalis, yang menyatakan bahwa planet-planet bergerak sesuai dengan persamaan matematika, sehingga menghasilkan simfoni musik yang tak terdengar. Pada zaman kuno, nama Pythagoras dikaitkan dengan berbagai penemuan matematika dan ilmiah, seperti teorema Pythagoras. Namun, para ahli sejarah klasik masih memperdebatkan apakah Pythagoras benar-benar telah membuat temuan-temuan ini, dan banyak pencapaian yang dikaitkan dengan namanya mungkin sudah ada sebelumnya atau dicetuskan oleh rekan atau penerusnya. Selain itu, masih diperdebatkan apakah ia benar-benar telah bersumbangsih terhadap bidang matematika atau filsafat alam. (Selengkapnya...)

Alasan: tidak terkait tanggal manapun  Mimihitam  1 September 2019 01.59 (WIB)

  1. Setuju Setuju. Mitos Osiris tayang minggu ini, mungkin Pythagoras dulu agar AP yang bertopik Mesir Kuno tidak terlalu berdekatan. HaEr48 (bicara) 17 September 2019 00.38 (UTC)
  2. Setuju Setuju --Glorious Engine (bicara) 17 September 2019 00.40 (UTC)
  3. Setuju Setuju -- Dzaky17 Bicara 20 September 2019 02.52 (UTC)
  4. Setuju Setuju Knucklepuff (bicara) 20 September 2019 03.27 (UTC)
Dewa Osiris, Anubis, dan Horus.

Agama Mesir Kuno adalah bentuk kepercayaan dan ritual politeisme nan kompleks yang melekat pada masyarakat Mesir Kuno. Agama ini berpusat pada interaksi orang-orang Mesir dengan dewa-dewi yang mereka yakini muncul dan mengendalikan kekuatan alam. Ritual-ritual seperti doa dan pemberian persembahan merupakan upaya agar mendapat pertolongan dari para dewa. Praktik keagamaan formal tertumpu pada firaun, sang penguasa Mesir yang dipercaya memiliki kekuatan suci karena kedudukannya. Para firaun berperan sebagai perantara rakyatnya dengan para dewa serta berkewajiban untuk menjunjung mereka melalui ritual-ritual dan persembahan agar keseimbangan di alam semesta tetap terjaga. Negeri tersebut juga mendedikasikan sumber daya yang sangat besar terutama untuk kegiatan-kegiatan ritual dan pembangunan kuil-kuil. Agama ini bermula sejak zaman prasejarah Mesir dan berlangsung selama lebih dari 3.000 tahun. (Selengkapnya...)

Alasan: tidak terkait tanggal manapun. – Yogwi21 (bicara) 1 September 2019 01.21 (UTC)


48 2019

25 November 2019 - 1 Desember 2019

Uji coba nuklir pertama Britania, 3 Oktober 1952

High Explosive Research adalah proyek pengembangan senjata nuklir oleh Britania Raya setelah Perang Dunia II. Britania memutuskan mengembangkan senjata nuklir setelah Amerika Serikat membatalkan kerja sama teknologi kedua negara dan didorong kekhawatiran bahwa Britania akan kehilangan status sebagai kekuatan besar dunia. Proyek ini dikepalai oleh Charles Portal, Pengendali Produksi Tenaga Atom di Kementerian Pemasok Britania. Reaktor dan fasilitas-fasilitas produksi dibangun di bawah kepemimpinan Christopher Hinton, termasuk pabrik logam uranium, dua reaktor nuklir, sebuah pabrik pengolahan plutonium, serta fasilitas pengayaan uranium melalui difusi gas. Selanjutnya, William Penney memimpin perancangan bom nuklir di Fort Halstead. Hasilnya, Britania menguji coba bom atom pertamanya pada 3 Oktober 1952 dalam Operasi Hurricane (gambar). Proyek ini diselesaikan dengan pengiriman bom atom Blue Danube kepada Angkatan Udara pada November 1953. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: ? – ? – ?

Alasan: variasi topik biar nggak tentang sejarah terus.  Mimihitam  31 Agustus 2019 19.01 (UTC)

  1. Setuju Setuju HaEr48 (bicara) 17 September 2019 00.23 (UTC)
  2. Setuju Setuju Taan Prof (bicara) 20 September 2019 12.16 (UTC)
Bendera Uni Eropa.

Prosedur legislasi Uni Eropa adalah proses pengambilan keputusan dalam pembentukan dan adopsi undang-undang di tingkat Uni Eropa (UE). Perjanjian Lisboa menetapkan dua prosedur legislasi UE, prosedur standar dikenal sebagai Prosedur Legislatif Biasa (Ordinary Legislative Procedure) atau Codecision dan Prosedur Legislatif Khusus (Special Legislative Procedures). Sebagian besar bidang kebijakan diadopsi menggunakan prosedur legislatif biasa. Lembaga-lembaga UE yang berperan dalam penyusunan legislasi adalah Komisi Eropa sebagai inisiator yang mengusulkan rancangan, sedangkan Parlemen Eropa dan Dewan UE berbagi tanggung jawab dalam menyetujuinya. (Selengkapnya...)

Alasan: Variasi topik selain sejarah. Bertepatan dengan tanggal berlakunya Perjanjian Lisboa (1 Desember). – Yogwi21 (bicara) 1 September 2019 06.59 (UTC)

  1. Setuju Setuju variasi menarik untuk menambah wawasan politik Knucklepuff (bicara) 20 September 2019 03.28 (UTC)

Periode 13

Penjadwalan artikel pilihan periode ke-13
Periode pengusulan: 1 Oktober 2019—15 Oktober 2019
Periode pemungutan suara: 16 Oktober 2019—30 Oktober 2019
Periode pengusulan dan pemungutan suara telah berakhir

49 2019

2 Desember 2019 - 8 Desember 2019

Bendera Uni Eropa.

Prosedur legislasi Uni Eropa adalah proses pengambilan keputusan dalam pembentukan dan adopsi undang-undang di tingkat Uni Eropa (UE). Perjanjian Lisboa menetapkan dua prosedur legislasi UE, prosedur standar dikenal sebagai Prosedur Legislatif Biasa (Ordinary Legislative Procedure) atau Codecision dan Prosedur Legislatif Khusus (Special Legislative Procedures). Sebagian besar bidang kebijakan diadopsi menggunakan prosedur legislatif biasa. Lembaga-lembaga UE yang berperan dalam penyusunan legislasi adalah Komisi Eropa sebagai inisiator yang mengusulkan rancangan, sedangkan Parlemen Eropa dan Dewan UE berbagi tanggung jawab dalam menyetujuinya. (Selengkapnya...)

Variasi topik. Sedikit terlewat dari dengan tanggal berlakunya Perjanjian Lisboa (1 Desember, kelewatan sehari), dan tanggalnya tidak diperingati sebagai hari besar atau semacamnya, jadi tidak persis di hari-H tidak terlalu masalah menurutku. HaEr48 (bicara) 1 Oktober 2019 18.57 (UTC)


50 2019

9 Desember 2019 - 15 Desember 2019

Hak asasi manusia bersifat universal dan berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali.

Hak asasi manusia adalah sebuah konsep hukum dan normatif yang menyatakan bahwa manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya karena ia adalah seorang manusia. Hak asasi manusia berlaku kapanpun, di manapun, dan kepada siapapun, sehingga sifatnya universal. HAM pada prinsipnya tidak dapat dicabut. Hak asasi manusia juga tidak dapat dibagi-bagi, saling berhubungan, dan saling bergantung. Hak asasi manusia biasanya dialamatkan kepada negara, atau dalam kata lain, negaralah yang mengemban kewajiban untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak asasi manusia, termasuk dengan mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran yang dilakukan oleh swasta. Dalam terminologi modern, hak asasi manusia dapat digolongkan menjadi hak sipil dan politik yang berkenaan dengan kebebasan sipil (misalnya hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, dan kebebasan berpendapat), serta hak ekonomi, sosial, dan budaya yang berkaitan dengan akses ke barang publik (seperti hak untuk memperoleh pendidikan yang layak, hak atas kesehatan, atau hak atas perumahan). (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan Hari HAM sedunia (10 Desember) --Glorious Engine (bicara) 1 Oktober 2019 02.19 (UTC)

51 2019

16 Desember 2019 - 22 Desember 2019

Sak K'uk', Pemimpin Palenque

Wanita di peradaban Maya merujuk pada catatan atau informasi mengenai aktivitas dan peran wanita di peradaban Maya. Sumber rujukan mengenai peran wanita di peradaban Maya dapat berupa simbol-simbol atau hieroglif, lukisan, ritual-ritual, dan lain-lain. Di peradaban Maya, wanita telah mendapatkan peran yang cukup beragam dalam masyarakat. Bahkan pada zaman ini telah ditemukan beberapa wanita yang menjabat sebagai pemimpin kota dalam wilayah kekuasaan Bangsa Maya, contohnya adalah Putri Tikal dan Putri Sak K'uk'. (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan Hari Ibu (22 Desember)  Mimihitam  1 Oktober 2019 21.13 (UTC)



52 2019

23 Desember 2019 - 29 Desember 2019

Maria Magdalena Menjalani Laku Silih (ca. 1598) karya Domenico Tintoretto

Maria Magdalena adalah seorang perempuan Yahudi pengikut Yesus yang ikut serta dalam pewartaan-pewartaan Yesus, dan pada kemudian hari menjadi saksi mata peristiwa penyaliban, penguburan, dan kebangkitan Yesus. Namanya disebut sebanyak dua belas kali dalam injil-injil kanonik, lebih banyak dibanding kebanyakan rasul. Mungkin sekali ia dijuluki "Magdalena" karena berasal dari Magdala, kota nelayan di tepi barat Danau Galilea. Banyak Gereja dari berbagai mazhab menghormatinya sebagai "rasul para rasul". Maria Magdalena dijadikan tokoh utama dalam karya-karya tulis Kristen Gnostik yang apokrif (tidak sahih), antara lain Percakapan Juru Selamat, Pistis Sofia, Injil Tomas, Injil Filipus, dan Injil Maria. Maria Magdalena dihormati sebagai orang kudus oleh Gereja Katolik, Gereja Ortodoks Timur, persekutuan gereja-gereja Anglikan, dan gereja-gereja Protestan bermazhab Lutheran. Bagi sebagian besar sejarawan, spekulasi-spekulasi yang mengatakan bahwa Maria Magdalena adalah istri Yesus atau pernah bersebadan dengan Yesus adalah pendapat-pendapat yang sangat diragukan kebenarannya. (Selengkapnya...)

Alasan: Bertepatan dengan Hari Natal (25 Desember) --Glorious Engine (bicara) 1 Oktober 2019 02.16 (UTC)