Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip (Jan-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pengurus / Bahasa Indonesia

Mengapa pengguna yang tidak dapat berbahasa Indonesia dengan baik bisa menjadi pengurus di Wikipedia Indonesia ? --Stavenn 05:06, 21 Desember 2006 (UTC)

Karena memang tak ada persyaratan untuk itu :) Eniwei, sebut nama saja, mudah-mudahan jadi bisa lebih baik :) •• ivanlanin •• 06:37, 21 Desember 2006 (UTC)
Selain itu bahkan seorang pengguna yang tidak bisa berbahasa Indonesia sekalianpun bisa menjadi pengurus. Seperti Kowey yang pernah menjadi pengurus. Visi dan misi Wikipedia melebihi kemampuan berbahasa. Benar kata saudara IvanLanin sebaiknya sebut saja siapa :-) Meursault2004 08:58, 21 Desember 2006 (UTC)
Pengurus yang dimaksud : Pengguna:Yosri. Hanya mau tahu kebijakan yang diambil Wikipedia Indonesia. Tq. --Stavenn 12:52, 21 Desember 2006 (UTC)

gue kalo ngomong pake bahasa betokao.. hehehe --Ciko bicara 11:36, 21 Desember 2006 (UTC)

Cik, Betokao bahasa apaan sih? ^^ Ehm, jadi mikir, gw kalo ngomong pake bahasa apa ya (euhh, yang mau disebut itu, bukan gw kan? :D) ~Rex••pesan•• 11:51, 21 Desember 2006 (UTC)

Sebaiknya yang "both-languaged", Inggris bisa, Indonesia bisa. Lebih baik lagi kalau bisa Mandarin, Prancis, Belanda, dan beberapa bahasa terkenal dan banyak dipakai di banyak wiki. Memang kelihatannya sih di bumi tidak ada penghargaannya, namun semoga selalu diberkati di Surga. Amiennn..... :) --  Brian  ►Speak To Me►  12:30, 21 Desember 2006 (UTC)

"Harus menguasai bahasa Indonesia dengan baik" itu memang tidak tercantum sebagai syarat resmi calon pengurus, tetapi itu seperti kata bung Meursault sebelumnya, hal tsb merupakan common sense seperti juga "calon pengurus harus cukup berpartisipasi dalam merintis artikel baru" yang juga tidak ada di syarat resmi. Jika tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik, gimana caranya berkomunikasi atau membuat artikel? borgx(kirim pesan) 09:27, 22 Desember 2006 (UTC)
Pada awalnya yang sangat dibutuhkan di wiki ini adalah semangat membantu dan mengembangkan wiki ini. Dan pada saat itu memang ada bantuan dari Yosri, dia juga bisa dibilang salah satu pendiri wikipedia Indonesia ini. Namun setelah datangnya banyak pengguna baru, pertolongannya (mungkin) menjadi lebih kabur. roscoe_x 06:21, 30 Desember 2006 (UTC)

Dear Stavenn,

Dengan harapan meluruskan kembali pertanyaan awal dan juga meluruskan jawaban-jawaban melenceng dan sindiran2 halus dari pengguna-pengguna lain diatas - let me try my version in answering your question.

But first, I just wanted to point out that I'm a HUGE fan of your animal planet articles. i think they are well translated, well written, and nicely organized. Bacanya sampai terharu, kayak baca surat cinta...bagus...

If there's anything I can do to help, just let me know (I meant everything I said to you but the last one)

Second, incase you haven't notice - there has been other effort from other users to actually inform Yosri (*Hi Yosri*) their objections having Malaysian-language-articles (without under construction/ translation tag whatsoever) in WBI. Personally, I sent him email consist of critiques, suggestions, and encouragement...He replied with.... other critiques, suggestions, and encouragements.

So my conclusion is, both parties are doing the talkin' and none is listening. Which has been a very uneffective communication - if you ask me. Mmhh, how can you reason with something like that? You can't. So dear... why don't you just let things slide this time, and let the others (*melirik birokrat dan pengurus lainnya*) worry about the details later- the next time it happens. Aight? Mean while, looking forward to see more furry and cold blooded articles from you *wink* --Serenity 05:07, 3 Januari 2007 (UTC)

Happy 2007 and thank you all for replying. And Serenity baby, you're my fave wikipedian now ... LOL, thank you for your kind words. I'm fond of yours too, very informative and nicely written. And thanks for the offer. I sure need your help, since I'm pretty new here. It goes the same to you, don't hesitate to ask me if you need any (surat cinta would be nice ... (^@^))
About non-Indonesian speaking administrator, don't get me wrong, I like Yosri. He's friendly and has a well intention to help Wiki Indo. That's why I didn't want to mentioned his name ... until people asked. (To Yosri, sorry if I caused you any trouble) and I hope nobody else get offended. The question was originally intended for administrators (though others are greatly appreciated) about their policy/judgement, since they know more about rules here. Though the answers are not clear, but they are acceptable to me. So, I didn't bother anymore. No harm done. Serenity, its good to know your perspective and you're absolutely right. Let admins deal with it he..he.. I'll follow your advise, hope others does the same. Regards --Stavenn 01:41, 5 Januari 2007 (UTC)
Gw pikir ga ada hubungan antara bisa bahasa Indonesia dengan kelayakan jadi pengurus. Pengguna internet dari Indonesia rata2 bisa diajak berbahasa Inggris dan ga segitu gobloknya kalau disuruh baca tulisan dalam bahasa melayu. Jadi intinya bukan kemampuan bahasanya yang dimiliki, tapi lebih ke apakah dia bisa berkomunikasi dengan pengguna lain atau ngga. Pengurus seperti ini bahkan bisa berguna kalau ada pengguna yang hanya bisa bahasa asing yang ingin berkomunikasi dengan pengguna WBI. (walaupun untuk kasus ini gw lebih setuju mereka ditunjuk jadi duta wikipedia id)
Mari bandingkan tindakan pelarangan artikel bahasa Indonesia di wikipedia malay. Itu mungkin hal yang bikin kita nyesek. Tapi sekarang kita punya kesempatan untuk membalas dengan tindakan lebih objektif: Biarkan pengurus berbahasa asing melakukan tugasnya di wikipedia id, termasuk berkomunikasi dan membuat kebijakan dalam bahasa asing. Kita akan menerjemahkannya secara sukarela ke dalam bahasa Indonesia, bukan dengan menghapusnya. Bukankah itu balas dendam yang baik? ;)
Anyway, dalam pemungutan suara untuk menurunkan status kepengurusan Yosri kemarin gw memilih setuju, tapi bukan karena yang bersangkutan pengurus berbahasa malay, tapi lebih karena ketidakaktivan.Hariadhi - Ngobrol 16:43, 5 Januari 2007 (UTC)

Notability Organisasi

Sesuai dengan kasus yang ada di United Indonesia, gw pengen nanya: Bagaimana batasan notability untuk organisasi? Apakah Fans Club bisa dikategorikan sebagai artikel yang notable?

Pertimbangan:

  1. Karena tidak mengekspos suatu individu, kayanya ga bisa dikategorikan vanity (walaupun biasanya yang nulis artikel begituan ya anggota organisasinya sendiri).
  2. Untuk kasus United Indonesia, bahasanya terkesan bukan promosi
  3. Biasanya informasinya "terlalu lengkap", bahkan sampai susunan organisasinya yang seharusnya bisa dibaca di website resminya. (kalaupun nantinya artikel kaya gini diizinkan, mungkin perlu pengaturan informasi apa yang layak dimasukkan).
  4. Buat sebagian orang, informasi seperti ini mungkin penting. Sementara buat sebagian lagi, ini ga penting.
  5. I dont see the point untuk melarang artikel seperti ini.
  6. Artikel seperti ini mungkin bisa berguna untuk para wartawan olahraga, misalnya.
  7. Bagaimana dengan fans club selebriti? (Misalnya Marshanda Fans Club). Sifatnya ga lokal, tapi apa bisa dimasukkan ke wikipedia?

Sejauh ini saran gw artikel kaya gini lebih baik digabung dengan artikel utamanya sendiri (misal: United Indonesia bisa digabung dengan Manchester United) setelah isinya dipangkas menjadi satu paragraf yang singkat dan deskriptif. Hariadhi - Ngobrol 03:56, 30 Desember 2006 (UTC)

Mungkin bisa dilanjutkan dengan me-revive diskusi yang ada di proposal-proposal Wikipedia:Kelayakan artikel, Wikipedia:Kelayakan artikel (organisasi), dll. dragunova discuss 06:26, 4 Januari 2007 (UTC)
Sebaiknya selain notability organisasi, yang lain (tokoh, artis, dll) juga segera dibahas dan ditetapkan, agar kasus-kasus seperti ini dan lainnya yang pasti akan muncul di masa depan bisa segera diselesaikan. dragunova discuss 15:18, 4 Januari 2007 (UTC)

Pengguna Lama yang Tak Aktif

Pengguna-pengguna lama yang tak aktif, seperti Pengguna:Enda 001, terahkir menyunting tahun 2004, tidak dihapus saja? Karena tidak aktif kurang lebih 3 tahun. Terima kasih. --  Matthew Brian   Speak To Me   05:26, 4 Januari 2007 (UTC)

Di wiki, tidak ada yang namanya penghapusan akun. borgx(kirim pesan) 05:29, 4 Januari 2007 (UTC)
Lama-lama nama akunnya abis dong :) --  Matthew Brian   Speak To Me   06:02, 4 Januari 2007 (UTC)

Gak mungkin abislah. Di en.wiki saja sudah 3,1 juta akun, di id.wiki berapa? baru sekitar 32.000 kan. borgx(kirim pesan) 06:08, 4 Januari 2007 (UTC)

Di Wikipedia:Nama pengguna juga dapat dilihat alasannya, mengapa nama pengguna yang sudah memiliki kontribusi tidak boleh dihapuskan. ~Rex••pesan•• 18:05, 4 Januari 2007 (UTC)

Nama halaman Warung Kopi

Menurut konvensi penamaan di Wikipedia seharusnya halaman ini bernama Wikipedia:Warung Kopi/kebijakan dan bukan Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) (perhatikan juga huruf besar-kecil) karena "kebijakan" adalah bagian dari "Wikipedia:Warung kopi", bukan disambiguasi. Parentheses hanya digunakan dalam disambiguasi, misalnya Ion dan Ion (manga). --16 desember 6 januari 15:36, 23 Desember 2006 (UTC)

Untuk penggunaan huruf kecil pada "k" ("Warung kopi" dan bukan "Warung Kopi"), saya setuju. Untuk penggunaan "subhalaman" dan bukan "disambiguasi", saya tidak setuju. Lihat en:Wikipedia:Subpages#History_of_subpages dan pola di en:Wikipedia:Village pump. •• ivanlanin •• 18:27, 23 Desember 2006 (UTC)
Dulu, forum komunitas Wikipedia Indonesia ini didirikan pada 4 Mei 2004 oleh Meursault2004, dan dinamai "Warung Kopi" (lihat versi terdahulu paling lama). Menurut saya, karena memang sudah memiliki given name demikian, tidak perlu diubah lagi, dan kita appreciate atas apa yang telah dilakukan pendiri dan pemberi nama Warung Kopi kita ini :) ~Rex••pesan•• 18:42, 23 Desember 2006 (UTC)
Kalau begitu setidaknya "Kebijakan" diubah jadi huruf kecil "kebijakan", karena bukan nama orang/tempat/perusahaan. --16 desember 6 januari 19:37, 23 Desember 2006 (UTC)
Ngomong2 memang nama saya juga seharusnya "16 Desember 6 Januari" tapi itu tidak perlu dijadikan huruf besar karena masuk dalam poetic license :) --16 desember 6 januari 19:40, 23 Desember 2006 (UTC)
Personally I think poetic license is a neurotic way to avoid writing laws. *Serenity 08:20, 26 Desember 2006 (UTC)

Bisa jadi, tapi ya memang poets itu live outside the law heheheh --16 desember 6 januari 22:46, 26 Desember 2006 (UTC)

Wah kayanya ada komentar di atas yang bikin gw kecewa. Masa istilah yang salah bisa dibenarkan hanya atas alasan menghormati pendiri wikipedia id? Hal yang ga lucu dan ga relevan! Kalau gitu apa bedanya dengan rezim orde baru yang keukeuh dengan istilah Tuhan Yang Maha Esa (yang jelas-jelas salah, seharusnya Tuhan yang Mahaesa) cuma atas alasan menghormati pendiri negara kita? It's a bullshit and no more than a crap. Pembodohan bangsa, kalau gw bilang.
Kalau memang mau menghormati pendiri wikipedia ya terusin aja usahanya ngembangin wikipedia. Bukan dengan cara mengkultuskan, lalu semua kesalahan yang dilakukannya dianggap benar atau dibener-benerin.Hariadhi - Ngobrol 16:53, 5 Januari 2007 (UTC)

Kelihatannya mas Hariadhi agak off-topic deh. Memang konvensi Wikipedia dulu itu judul-judul halaman memakai kapital. Hal ini diambil dari Wikipedia Inggris dari mana id: berkembang. Kalau mau memindahkan halaman ya boleh-boleh saja kalau konvensinya memang sudah berubah. Tidak ada perlunya menggunakan kata-kata yang kurang sopan, meskipun dalam bahasa asing. Lalu menurut saya tidak ada hubungannya dengan Orde Baru, tidak ada perlunya dan bukanlah pada tempatnya mengkritik Orde Baru di sini. Apalagi hal di sini tidak ada hubungannya dengan pembodohan bangsa. Kalau mungkin REX di atas ini salah tulis ya bisa saja terjadi. Kita juga tidak berada di pengadilan. Kalaupun saya ada kata-kata yang salah ya maafin aja. Meursault2004ngobrol 17:25, 5 Januari 2007 (UTC)

Terus terang, waktu memberi nama setiap section dari Warung Kopi, saya membuatnya sebagai sebuah nama yang mandiri sebagai nama tempat. Tetapi, bila tidak disetujui komunitas, ya silakan saja untuk diubah, kan ini WikiWiki ^^.
Dan untuk Mas Hariadhi, dalam konteks ini, saya tidak mengatakan "pendiri Wikipedia", tapi "pendiri Warung Kopi" loh :) Bagi saya, apresiasi bukanlah kesalahan tapi keharusan.
Kata-kata Anda "bullshit and no more than a crap" telah ditujukan kepada saya, dan akan saya terima sebagai bagian dari dinamika komunitas.
*keep cool*
8D ~Rex••pesan•• 01:22, 6 Januari 2007 (UTC)

Dari pengalaman saya sendiri memang serangan terhadap pribadi tidak perlu ditanggapi karena tidak ada tempatnya di Wikipedia. --Botol 12:14, 6 Januari 2007 (UTC)

Gw pikir ada yang harus lihat lagi susunan kalimat gw: Wah kayanya ada komentar di atas yang bikin gw kecewa.... .. kita? It's a bullshit and no more than a crap. Pembodohan bangsa, Gw pikir. nah sekarang: Lho, apa ga ada yang mau lihat intinya dari kalimat "kasar di atas itu"? Kenapa juga harus dilihat sebagai serangan terhadap pribadi? Yang gw protes komentarnya, kok. Bukan masalah siapa yang ngomong, mau REX, mau borgx, mau mersault, komentar gw akan tetap sama.
Terus apa hubungannya dengan orde baru? Lah.. kenapa juga yang dilihat cuma kata orde barunya? Lihat dong gimana kedua tindakan itu terjadi (pengejaan Tuhan Yang Maha Esa oleh orde baru dengan Warung Kopi oleh komunitas wikipedia), lalu lihat alasan penggunannya (berdasarkan komentar di atas). Sama aja kan?
Nah lho, yang gw permasalahin: Kenapa juga "appreciation" dijadiin alasan? Kalau konvensi di masa lalu, oke. Tapi masalahnya sekarang ada user yang udah berpikir dengan alur yang benar tapi dibantah dengan alasan menghargai usaha seseorang di masa lalu?
It's not about you rex, neither about mersault. It is about REX's argumentation. Nothing personal. Gw ga ngomong dengan emosional. Ini cuma sentilan terhadap cara pikir kita terhadap pembaharuan. Kalau gw ngomong dengan lemah lembut kaya pengantin dari keraton mungkin malah ga ada yang ngerasa kesentil dan ga ada yang mau berubah cara pikir.Hariadhi - Ngobrol 16:22, 6 Januari 2007 (UTC)

Mulut atau bokong LOL ... kata-kata yg keluar berhubungan dgn "crap" semua. Walaupun gak bermaksud apa-apa, tapi penggunaan kata-kata kasar/jorok untuk mengekspresikan pandangan sama sekali tidak diperlukan. Orang-orang lain yang tidak anda kenal atau mengenal anda mungkin mengartikan kata/kalimat anda secara berbeda. Tidak perlu lemah lembut kayak "pengantin" (masa iya ya ? hehehe), juga tidak perlu kasar kayak "???(isi sendiri)", yang penting sopan. Ada cara lain untuk menyentil yg gak jorok ? --Stavenn 17:47, 6 Januari 2007 (UTC)

Terus? Lah --16 desember 6 januari udah pake kalimat sopan di atas untuk nanggapi. Tapi kayanya kok sampai sekarang ada yang mau peduli, ya? Dan sekarang topiknya malah berubah soal tata krama. Hmm.. mungkin gw harus ikut cara Serenity yah? Argumentum ad verecundiam atau lgnoratio_elenchi?
  • Pelopor wikipedia harus dihormati
  • Salah satu pelopor wikipedia adalah XXXX
  • XXXX memulai komunitas dengan nama Warung Kopi

Kesimpulan: Penulisan Warung Kopi harus dipertahankan karena menghormati XXXX. (This is fun! hahaha) Got my point? Buat gw ini kesalahan fatal dalam pengambilan kebijakan di wikipedia, karena itu gw merasa perlu ngomong "kasar" (hah? jorok? bukannya kata xxx itu artinya omong kosong? Kok malah diterjemahin per kata jadi kotoran sapi? Gila apa? Ga bisa bedain kasar ama keras ya?).

TO rex: Apresiasi=kewajiban, tapi apresiasi ga bisa dijadiin alasan untuk mengabaikan kesalahan. Ya kan?

Anyway masalah ini udah ditanggapi REX dengan menyerahkan kepada konvensi. Silakan aja kalau masih ada yang mau nanggapin cara gw ngetik. Hariadhi - Ngobrol 18:32, 6 Januari 2007 (UTC)

Kesalahan, dari sudut pandang yang mana? :) ~Rex••pesan•• 19:42, 6 Januari 2007 (UTC)
ya oloh REX.. ? masa harus diketik ulang?
  1. Menurut konvensi penamaan di Wikipedia seharusnya halaman ini bernama Wikipedia:Warung Kopi/kebijakan dan bukan Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) ...
  2. Untuk penggunaan huruf kecil pada "k" ("Warung kopi" dan bukan "Warung Kopi"), saya setuju. Untuk penggunaan "subhalaman" dan bukan "disambiguasi", saya tidak setuju. Lihat...
  3. Kalau begitu setidaknya "Kebijakan" diubah jadi huruf kecil "kebijakan", karena bukan nama orang/tempat/perusahaan...

3 komentar di atas mempermasalahkan salah tulis Warung Kopi berdasarkan konvensi penamaan dan EYD. ..dan lu nanggapi dengan kalimat ini:

  • Dulu, forum komunitas Wikipedia Indonesia ini didirikan pada 4 Mei 2004 oleh Meursault2004, dan dinamai "Warung Kopi" (lihat versi terdahulu paling lama). Menurut saya, karena memang sudah memiliki given name demikian, tidak perlu diubah lagi, dan kita appreciate atas apa yang telah dilakukan pendiri dan pemberi nama Warung Kopi kita ini :)

Sudut pandang? Sudut pandang pemakaian kapitalisasi sesuai aturan vs favoritisme? Itu maksud lu?Hariadhi - Ngobrol 19:52, 6 Januari 2007 (UTC)

Woi, hehehe, gimana sih nih, dua orang editor "senior" bikin malu aja :) Stay cool dong. Udah, bedua gak usah pada nulis dulu mengenai masalah ini di sini bentar. Udah mulai terlalu "anget". Ok? •• ivanlanin •• 20:06, 6 Januari 2007 (UTC)

Sepertinya masalah yang sebenarnya sudah selesai: sesuai ketentuan nama yang seharusnya memang Warung kopi, bukan Warung Kopi. Mersault pun sudah setuju (atau merelakan?) nama halaman ini diganti jika memang nama tersebut salah. Gitu aja kok repot™ (ikut2an :) ) --(^_^) RickySetiawan (kirim pesan) 05:38, 7 Januari 2007 (UTC)

desain hadiah buat REX
Wehehe, I love you rex! (juga buat yang ikutan bales2an maki). Udah nemenin gw begadang bikin tugas. nih hadiah yang gw janjiin buat lu. Desainnya baru selesai tadi malam, buat tugas UAS.
It was so fun!Hariadhi - Ngobrol 18:08, 7 Januari 2007 (UTC)
Oh dear, what did I miss? <<membaca sepintas>>
Hariadhi, ummm...hati hati kalau menunjuk orang lain melakukan kesesatan penalaran, tanpa diri sendiri menjadi sesat. Coba lihat ya, kalau mau menggunakan logika, berarti masalahnya dipecah menjadi bagian yang kecil-kecil tanpa menggunakan emosi.
1. Argumentum ad hominem 1 & 2, Hariadhi sudah menyerang orangnya, bukan pendapatnya. I did a quick search using keyword: "hormat". Rex, tidak pernah mentioned hormat, Hariadhi did, three times, and make it sound like Rex was saying it... ini tidak baik.
Kalau mau diluruskan, ahli bahasa saja sudah bilang bahwa menggunakan caps masuk kategori tidak apa-apa, berarti benarnya sekian persen dan salahnya sekian persen. Kalau kita sebagai non-ahli ingin berkomentar atau protes, harus memasukkan referensi dari argumentasi kita. Referensinya Hariadhi apa?
Argumentasinya: Dalam uang dollar Amerika ditulis "In God We Trust" (bukan In God we trust) in comparison with "Tuhan Yang Maha Esa" jadi penekanan menggunakan huruf besar memang digunakan dan dibenarkan secara hukum - kebetulan abis nyalin konstitusi ke Bahasa Indonesia di wikisource dan setiap "We The People" berulang kali ditegaskan dengan penggunaan huruf besar, padahal bukan judul.
2. Komentar gambarnya Hariadhi sendiri masuk dalam kategori kesesatan "menggunakan pertanyaan kompleks" tumpang tindih dengan "menyerang orangnya".
Keberanian mengatakan tidak menghindarkan mu dari bahaya
* pernyataan ini sendiri tidak seluruhnya benar, menurut iklan telkomsel (kartu halo edisi tari aceh) orang yang beda sendiri (melihat dari gambarnya) most likely kena tabok. Berarti kita disini setiap kali melontarkan pernyataan harus membuat ruang bahwa pernyataan yang kita lontarkan itu mungkin salah.
* Terus gambarnya dimuat di warung kopi bagian kebijakan, relevansinya apa? I thought we're kind of agree bahwa tempat ini bukan tempat untuk pamer opini/ pamer UAS - kecuali memang ada urgensinya/ request. Dan membuat gambar seperti itu untuk diperlihatkan ke semua orang dalam materi pelajaran di kelas ku sih digolongkan kepada cheap advertising dimana seseorang mengadakan upaya untuk menunjukkan bahwa dirinya superior dan disaat yang bersamaan membuat orang lain merasa inferior. So I politely ask gambar itu, karena tidak relevan dan kemungkinan menyinggung hati orang - dihapus. **Serenity 04:52, 10 Januari 2007 (UTC)

"Warung Kopi" itu kan nama (bukan dalam artian warung kopi yang sebenarnya; warung yg menjual kopi), dan sepengetahuan saya "nama" harus menggunakan huruf kapital. Contohnya kalo di Bogor ada suatu daerah yang namanya Warung Jambu (mungkin REX tau? :-) — W dan J huruf kapital —; di situ gak ada warung yang ngejual jambu — cuma nama doang — karenanya ditulis dengan W dan J kapital. --(^_^) RickySetiawan (kirim pesan) 15:32, 10 Januari 2007 (UTC)

Kalo nama tempat malah kena aturan tambahan: ditulis sambung: Warungjambu. Namun inkonsistensi masih terjadi karena belum diadopsi oleh Pemerintah. Btw, ini agak OOT. Kembangraps 15:43, 10 Januari 2007 (UTC)

to Serenity: Firstly: I would like to say: read my first comment first!

  1. "Wah kayanya ada komentar di atas yang bikin gw kecewa ... (and so on blah blah). " (gw menunjuk kepada komentar, bukan REX.)
  2. "It's a bullshit and no more than a crap." (Sebagai kalimat lanjutan, gw pakai kata ganti IT, bukan He)

Gw ga pernah mengomentari REX secara pribadi, ok? (geeze, sepanjang itu penjelasan gw kok masih aja mempersoalkan penyerangan pribadi?). Yang mau gw bilang: Wah REX, komentar lu bullshit. masa lu menjawab argumen orang dengan kata2 penghargaan, dsb? Gw bahkan udah kasi tau kalau gw akan tetap ngomong seperti itu kalau ucapan seperti itu datang dari pengurus/user yang lain. Bukan spesifik REX.

Rex ga pernah nyebut hormat? Lalu apa maksud kata Appreciate? Reffering to this: [1], Appreciation is also a term meaning an expression of gratitude.

Yang kedua: Berkaitan dengan kasus di atas: Gw ga pernah mempermasalahkan bahwa REX punya pendapat warung kopi harus punya kapitalisasi WK, bukan Wk. Itu hak dia, tapi argument yang dia ajukan soal penghargaan terhadap pendiri komunitas itu sangat irritating, terutama pengguna baru.

Mari gw tanya: Kalau Jimbo Wales mengubah nama Warung Kopi menjadi WaRuNG KoPi, apakah akan dikasi alasan yang sama, menghargai pendiri wikipedia? Apa di sini pendapat/perbuatan seorang pendiri dianggap lebih mulia dari pengguna baru/biasa?

Yang ketiga:

Kalau mau diluruskan, ahli bahasa saja sudah bilang bahwa menggunakan caps masuk kategori tidak apa-apa, berarti benarnya sekian persen dan salahnya sekian persen. Kalau kita sebagai non-ahli ingin berkomentar atau protes, harus memasukkan referensi dari argumentasi kita. Referensinya Hariadhi apa?

Ok, kalau gitu mulai sekarang semua judul artikel gw ganti dengan kapitalisasi sembarangan, boleh dong? Toh bukan keharusan. Oh iya.. gw pengen ganti Halaman_Utama jadi hAlAmAn_uTaMa, ah. Bikin error ga ya?

Geeze, sekarang gw disuruh kasih referensi. Yang diprotes dong yang harus referensi, kenapa juga dulu harus ngasih nama Warung Kopi? Kok kewajibannya malah ada pada yang mereview? Aneh ya, sekali ini gw baru denger Dosen pembimbing bawa2 buku referensi seabrek-abrek sementara mahasiswa yang mau bimbingan cuma bawa karya tulisnya.

Gw bukan ahli bahasa, tapi itu ga menghalangi gw untuk merasa ada yang aneh dengan kapitalisasi.

Ah yah sudahlah gw ngalah dikit. mau referensi? Baca ini: Wikipedia:Pedoman_Ejaan#Huruf_kapital. Di sana ga ada pengecualian untuk Warung kopi, nama komunitas, dan kata majemuk.

Argumentasinya: Dalam uang dollar Amerika ditulis "In God We Trust" (bukan In God we trust) in comparison with "Tuhan Yang Maha Esa" jadi penekanan menggunakan huruf besar memang digunakan dan dibenarkan secara hukum - kebetulan abis nyalin konstitusi ke Bahasa Indonesia di wikisource dan setiap "We The People" berulang kali ditegaskan dengan penggunaan huruf besar, padahal bukan judul.

Wah, gw males komentar bagian ini. Kaya beginian pernah dikomentari di artikel bahasa di Kompas. Gw males cari lagi. Pada dasarnya itu juga mengamini perbuatan orang di masa lalu dengan maksud menghormati kan?

Sedikit aja gw kasi contoh. Dulu penulisan Pancasila ga pake EYD. Jadi seharusnya yang paling tepat kan: Ketoehanan Jang Maha Esa, Serenity? Lho kan itu naskah masa lalu ejaannya juga harus persis sama dong? Kan menjaga keotentikan sejarah. Jadi sekarang lu juga harus pake Toehan Jang Maha Esa, Manoesia jang adil dan beradab, persatoean Indonesia, dsb.. termasuk kalau lu bahkan ga sedang ngebahas pancasila.

Yang Keempat Kalau lu merasa irritated dengan gambar itu ya hapus aja. Gambar itu sebenarnya mau gw buat untuk artikel Gestalt (lihat ringkasan yang gw tulis di gambar itu). Dan kebetulan kemarin sebelum mengupload gambar itu, atas kejadian pertengkaran ini, gw udah kasi tau di MiRC kalau gw mau kasi hadiah buat REX, dan dia ga keberatan. so, do you have any objection?

Intinya dari hadiah itu: Hoi.. tadi malam waktu kita berantem gw lagi begadang ngerjain ini lho. Thanks ya lu udah ngeladenin gw berdebat. Jadinya gw ngga ngantuk, makasih banget yaa...

Jadi ini bukan masalah pamer atau mau merendahkan, tapi kalau lu mau berpendapat kaya gitu, ya terserah lu. Ga ada hubungan, kok. Gw cuma kasi poster anti narkoba. Emang lu pake narkoba REX?

Yang kelima

  1. Ok, warung kopi itu bukan warung yang menjual kopi. Terus bagaimana dengan Orang tua (means:parents), Rumah sakit (bukan rumah yang sakit, dan bukan juga rumah tempat orang sakit), Sapu tangan (sapu untuk tangan?)?. Contoh-contoh kaya itu ga ada hubungan dengan artian kata per kata, toh masih ditulis dengan kapitalisasi sesuai aturan.
  2. Kita ga bisa menganalogikan warung kopi dengan nama tempat. Posisi Warung kopi itu LU berapa? LS berapa? BB berapa? BT berapa?
  3. Kita juga ga bisa menganalogikan Warung kopi dengan organisasi/komunitas. Setau gw yang ada Komunitas Wikipedian, bukan komunitas Warung kopi. Kalaupun ada organisasi Warung kopi, lalu siapa ketuanya? Siapa pengurus khusus warung kopi? Siapa sekretarisnya? Bendaharanya? Akta pendirian apa ada?

So, kesimpulan gw (sesuai dengan yang gw chattingkan dengan IvanLanin): Wah, ternyata kalau memberi komentar di Warung kopi, yang diperhatikan cuma masalah bagaimana lu ngomong dan siapa elu, bukan inti sebenarnya apa yang lu omongin.

Untuk kejadian itu, sekali lagi gw bilang: Yah.. terus aja komentarin cara ngetik gw! Bagus deh lama2 gw bisa jadi seleb di sini. In the end ga akan pernah ada kesimpulan bahwa WArung kopi itu sebenarnya harus Warung Kopi, Warung kopi, warung kopi, atau warung Kopi?Hariadhi - Ngobrol 21:12, 10 Januari 2007 (UTC)

Setuju

Tidak setuju

  1. Tidak setuju Nama khas aja. ...Aurora... 11:07, 10 Januari 2007 (UTC)
  2. Tidak setuju --(^_^) RickySetiawan (kirim pesan) 15:32, 10 Januari 2007 (UTC)
  3. Tidak setuju (Ini jadi kan votingnya ya?) Sebenarnya Warung Kopi atau warung kopi atau Warung kopi sama saja menurut saya; karena itu, ngapain repot-repot ngeganti. sentausa 01:04, 11 Januari 2007 (UTC)

Abstain

  1. Mau huruf kecil, kalau kita menganggap rubrik ini sebagai "warung kopi" biasa. Tetapi bisa juga huruf besar (Warung Kopi), kalau itu menjadi namadiri (semacam merek dagang). Masing2 boleh memandang dari sisi yang berbeda. Ngga ada yg perlu dipermasalahkan. Konvensi2 yang ada ngga ada satu pun yg dilanggar. Kembangraps 08:04, 8 Januari 2007 (UTC)
  2. Yup! N/A(bicara) 12:26, 8 Januari 2007 (UTC)
  3. tidak semua harus huruf besar, begitu pula tidak semua harus huruf kecil. Apakah "T" pada Jawa Timur juga harus dikecilkan? atau "k" pada Energi kinetis harus dibesarkan? gue setuju dengan Kembangraps. Ini gak masalah sebenernya, tergantung cara memandang "warung kopi" ini sebagai apa. --Ciko bicara 02:12, 9 Januari 2007 (UTC)

Kembangkan

Artikel-artikel yang diberikan tag {{kembangkan}} sebelum konsensus dicapai, akan diberikan tenggang waktu hingga tanggal 14 Januari 2007, dan akan dihapuskan pada tanggal tersebut. ~Rex••pesan•• 03:42, 3 Januari 2007 (UTC)

Pemberitahuan itu sebaiknya diletakkan pada Halaman Utama. --  Matthew Brian   Speak To Me   09:08, 3 Januari 2007 (UTC)
Sudah ditampilkan di notifikasi perubahan terbaru dan di setiap halaman warung kopi. ~Rex••pesan•• 17:40, 4 Januari 2007 (UTC)

Fungsi baru bagi admin

Itu ada fungsi baru untuk membatalkan artikel yg baru yagh? Ada yg tau bedanya dengan fungsi kembalikan? Kayanya sama aja deh. Thankx. roscoe_x 13:51, 10 Januari 2007 (UTC)

Beda dong. kalo fungsi kembalikan = semua revisi pengguna dikembalikan ke revisi pengguna sebelumnya, sedangkan fungsi undo/membatalkan = hanya bagian 1 revisi ke sebelumnya --•• Jagawana 19:51, 10 Januari 2007 (UTC)

Fungsi "undo" dimiliki juga oleh pengguna terdaftar bukan pengurus. borgx(kirim pesan) 02:29, 11 Januari 2007 (UTC)

tapi fungsi undo seperti yang borgx bilang, pada pengguna bukankah lebih repot harus klik ini dan itu (langkah2nya lebih banyak), sedangkan fungsi undo pada pengurus tinggal seperti klik tombol--a_tumiwa(bicara) 02:46, 12 Januari 2007 (UTC)

Kewenangan

Saya mau tanya mengenai kewenangan pembuatan sebuah portal. Apakah hanya boleh dibuat oleh pengurus? Atau boleh dibuat oleh siapapun? Saya sedang merancang sebuah portal mengenai Islam, diupayakan dilanjutkan dengan agama-agama yang lain. Inipun masih dirancang di bak pasir pribadi saya. ARdhan 03:11, 16 Januari 2007 (UTC)

Tidak harus dibuat oleh Pengurus, silakan saja untuk menginisiasikan, seperti rujukan contoh di en:Portal:Islam. ^^ ~Rex••pesan•• 05:04, 16 Januari 2007 (UTC)
Maaf pertanyaan simpel, Portal itu apa ya?++a_tumiwa(bicara) 03:38, 17 Januari 2007 (UTC)
  • Portal dalam Wikipedia:Portal adalah halaman yang diharapkan dapat bertindak sebagai "Halaman Utama" untuk area atau topik yang khusus. Portal dapat dihubungkan dengan satu atau lebih dari poyek wiki dan tidak sama dengan Proyek wiki lain, portal dimaksud untuk para editor dan pembaca sebagai mempromosikan isi dan mendorong pengguna lebih berkontribusi.
  • Portal adalah nama sepasi (ns) ke 100 --•• Jagawana 04:07, 17 Januari 2007 (UTC)

Lihat Wikipedia:Portal :) •• ivanlanin •• 04:27, 17 Januari 2007 (UTC)

Bot Selamat Datang

setelah Borgx melontarkan usulan menggunakan Bot untuk menyambut pendatang baru, dan tanpa kelanjutan, setelah uji coba selama 1 bulan ini dengan jumlah pengguna yang telah disambut 738 dan akan bertambah :), apakah akan dilanjutkan ? , karena terusterang saya kurang enak dengan komunitas dengan penggunaan bot ini (malu), seperti bung Ivan utarakan sebelumnya, unsur human toch nya dan juga ada pertanyaan dari wikipedia bahasa Slovak .(lihat halaman Diskusi Ivan) (sebagai catatan program bot ini belum sempurna dan bila ini dikembangkan, saya akan buka / kirim salinan program ke wikipedia bahasa Slovak bila mereka membutuhkan).. silahkan utarakan komentar anda disini... --•• Jagawana 14:04, 27 Januari 2007 (UTC)

Lho, kenapa mesti malu, Kang? Sudah disepakati, kita jalankan saja :) Wah, bangga juga nih "produk" kita bisa diadaptasi oleh Wikipedia lain. ••ivanlanin •• 14:09, 27 Januari 2007 (UTC)

Lanjutkan saja, mungkin ada sedikit penyesuaian, seperti jangan menggunakan templat {{sd}} lagi, tapi mungkin {{sdbot}} agar membedakan antara bot dengan manusia. Kemudian kita harus membuat halaman yang dituju untuk menuliskan pertanyaan. Sori kalau terkesan tidak ada kelanjutan, sebenarnya program yang saya buat (selain yang digunakan bung Jagawana) sudah selesai dan penggunanya tidak perlu menjaganya (online) terus, tetapi karena keterbatasan bandwidth, jadi belum dilanjutkan lagi. Jadi untuk sementara Pengguna:TottyBot jalan terus saja. Atau bung Jagawana bisa mencoba programku? borgx(kirim pesan) 16:18, 27 Januari 2007 (UTC)

bung Borgx ok, akan saya coba gunakan program anda kirim saja ke surat-e atau kesini terimaksih sebelumnya. --•• Jagawana 03:46, 28 Januari 2007 (UTC)

Pedoman otobiografi

Saya mengusulkan untuk menerapkan Wikipedia:Otobiografi sebagai pedoman di WBI melihat fenomena semakin banyaknya pengguna yang berupaya membuat otobiografi. Silakan berkomentar. Thx! • ivanlanin • 05:29, 30 Januari 2007 (UTC)