Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Warung Kopi
Kebijakan
Kebijakan
Usulan
Usulan
Teknis
Teknis
Bahasa
Bahasa
Berita
Berita
Lain-lain
Lain-lain
Komunitas
Komunitas
Semua
Semua
Kembali ke atas
Kembali ke atas


Blokir pengguna anon[sunting sumber]

Saya mohon blokir pengguna anon 103.247.22.100 karena semua suntingannya vandalisme berulang dan selalu dibalikkan atau dikembalikan. Ariandi Lie (bicara) 2 Maret 2023 17.36 (UTC)Balas[balas]

Pengembalian halaman film Indonesia[sunting sumber]

Yuk pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, halaman-halaman film Indonesia yang pernah kalian hapus untuk dikembalikan lagi halamannya..

Dikarenakan film-film tersebut akan segera tayang di bioskop Indonesia..

Tentu kami tidak hapal pasti halaman film mana saja yang kalian hapus yang film tersebut akan segera tayang, tentu kalian yang tahu pasti mana film Indonesia yang tayang segera tahun 2023 mana yang bukan..

Tolong segera dikembalikan yaa halamannya, pengurus Wikipedia bahasa Indonesia..

Terima kasih banyak.. 2001:448A:2098:3008:9952:9194:453C:F8CC 15 Maret 2023 04.03 (UTC)Balas[balas]

Penghapusan halaman film yang belum tayang[sunting sumber]

Halaman film Saranjana Kota Ghaib dan film Begadang Rendang kok belum dihapus, kan belum tayang filmnya, ayok Wikipedia bahasa Indonesia konsisten yuk.. 2001:448A:2098:3008:1984:B324:518B:312E 24 Maret 2023 09.17 (UTC)Balas[balas]

udah dihapus tuh bung anon! ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 31 Mei 2023 09.09 (UTC)Balas[balas]

Mengenai serial FTV[sunting sumber]

Dear, Pengurus Melalui pesan ini saya ingin menyampaikan pendapat saya mengenai artikel serial FTV yang saat ini sudah banyak di Wikipedia. Sebut saja, TV Movie, Pintu Berkah, Suara Hati Istri, FTV Ramadhan, dan masih banyak FTV lainnya yang tidak memiliki referensi tepercaya, terutama pada bagian daftar episode. Bukannya itu tidak sesuai dengan WP:TV yang sudah dibuat oleh salah satu pengurus di sini? Tolong pertimbangannya untuk dihapus. Bukan maksud merendahkan judul tersebut, tapi memang sudah ada kebijakannya. Jangan kasih kendor! Terima kasih. 2001:448A:3043:8055:A4EF:A59:2CF:BB6B 30 Maret 2023 01.08 (UTC)Balas[balas]

@Bennylin @WillsonEP09 @RianHS @Symphonium264 Izin memanggil para suhu. 2001:448A:3043:8055:A4EF:A59:2CF:BB6B 30 Maret 2023 01.10 (UTC)Balas[balas]
Apabila suatu artikel jelas tidak memenuhi unsur kelayakan, karena:
WP:KPC#A9: tidak mengindikasikan kepentingan (film, acara televisi, dan rekaman musik),
langsung berikan templat {{hapus|A9}}. Pengurus akan langsung menghapus artikel yang memenuhi kriteria penghapusan cepat. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 30 Maret 2023 13.34 (WIB) 30 Maret 2023 06.34 (UTC)Balas[balas]
@Bennylin Sudah kasih tag tapi blm dihapus. 2001:448A:3043:8055:A4EF:A59:2CF:BB6B 30 Maret 2023 12.24 (UTC)Balas[balas]

Halaman disambigu[sunting sumber]

Saya menemukan halaman disambigu mengenai Partai Masyumi, seperti:

  1. Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (1945)
  2. Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (2020)
  3. Partai Politik Islam Indonesia Masyumi
  4. Partai Masyumi Baru


Saya mengusulkan untuk digabungkan menjadi satu halaman Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia saja, karena ada yang mempertanyakan kelayakan halaman Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (2020) yang merupakan partai yang tidak lolos kualifikasi sebagai partai peserta pemilu 2024 di wikipedia. Saya juga sudah memasangkan tag gabung pada halaman no. 2-4 ke halaman no. 1. Halaman no. 4 masih abu-abu untuk digabungkan ke halaman no. 1 (jika merujuk pada isi halaman no. 4 tersebut). Mungkin usulan ini bisa dipertimbangkan. Terimakasih. Ariandi Lie Ngobrol aja 31 Maret 2023 21.00 (UTC)Balas[balas]

Gabungin aja mas, saya setuju. Mungkin di halaman Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia bisa ditambahin bagian tersendiri berikut penjelasan singkatnya terkait berdirinya partai baru tsb yg memakai nama partai lama. F1fans (bicara) 1 April 2023 14.16 (UTC)Balas[balas]
Menurut saya sudah tepat keempatnya dipisah. Justru masalah menggabungkan entitas-entitas yang berbeda menjadi satu. Partai-partai baru tsb bukan pelanjut legal dari Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (1945). Rahmatdenas (bicara) 29 Mei 2023 07.14 (UTC)Balas[balas]
@Ariandi Lie dan @F1fans jika artikel-artikel tersebut digabungkan nantinya tambah panjang dong isinya jadi lebih baik disebutkan saja di Partai Masyumi (disambiguasi) Badak Jawa (bicara) 29 Mei 2023 10.10 (UTC)Balas[balas]
Alasan kenapa saya mengusulkan partai ini digabungkan adalah:
  1. Pada Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (2020) disebutkan bahwa partai ini merupakan partai yang dihidupkan kembali setelah dibubarkan tahun 1960. Partai ini merupakan partai Masyumi reborn dari Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia. Antara pro dan kontra, Partai Masyumi 2020 ini kontroversial.
  2. Partai ini (Masyumi 2020) tidak lolos verifikasi pada Pemilu 2024. Sempat ada pengguna yang mempertanyakan Partai-partai politik yang tidak lolos verifikasi Pemilu 2024 semua halamannya dihapus, sementara Partai Masyumi 2020 masih dipertahankan artikelnya.
  3. Pada Partai Politik Islam Indonesia Masyumi disebutkan juga merupakan kepanjangan dari Partai Masyumi yang dibubarkan tahun 1960.
Ariandi Lie Ngobrol aja 29 Mei 2023 10.30 (UTC)Balas[balas]
Sudah 2 bulan masalah ini belum mendapat tanggapan dari Pengurus, apa yang harus dilakukan (digabungkan atau tidak atau bagaimana bila ada solusi lain) ?? Ariandi Lie Ngobrol aja 30 Mei 2023 15.58 (UTC)Balas[balas]

pertahankan yang sudah ada saja. saya sepakat dengan pendapat rahmatdenas cc @Ariandi Lie:
- Ustad abu gosok (bicara) 10 Juli 2023 12.26 (UTC)Balas[balas]

Usulan pengadaan WikiMaraton pada 2023[sunting sumber]

Saya ada usul bagaimana kalau diadakan WikiMaraton untuk menandai 20 tahun peluncuran Wikipedia Bahasa Indonesia? Hanya usulan, tapi sepertinya telat karena berdasarkan info di laman ini, Wikipedia bahasa Indonesia diluncurkan tanggal 30 Mei 2003 yang artinya tanggal perayaan harusnya jatuh 2 hari lagi. Innitiative.35 (bicara) 28 Mei 2023 14.30 (UTC)Balas[balas]

Ide yang bagus, silakan dimulai ya besok. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 29 Mei 2023 18.56 (WIB) 29 Mei 2023 11.56 (UTC)Balas[balas]

Ultah ke-20 WBI[sunting sumber]

Sebenarnya sudah sejak lama didiskusikan lewat Telegram sih, tapi malah lupa untuk membuat utasnya di sini:

  •  Selesai Wikipedia:20 tahun - halaman labuh, dan halaman untuk meninggalkan komentar/kesan-pesan
  •  Selesai Logo komemoratif - ditambahkan lewat CSS tiga kulit: monobook.css, vector.css, dan vector-2022.css
  •  Selesai Panji - ditambahkan lewat sitenotice ASN / {{Ucapan Wikipedia}}
  • Adakah yang mau membuat Wikistories untuk peristiwa ini?

(Apdet) Kelima di bawah ini dijadikan satu di video https://t.me/idwiki/2221. Dipilih lima peristiwa dari linimasa sejarah WBI, yakni 30 Mei 2003, 2009 (100 rb artikel), 30 Mei 2013, 2019 (500 rb artikel) dan 30 Mei 2023, beserta tampilan halaman utama pada waktu itu. Selain itu video #ArtiWikipedia yang sudah masuk ada 2, ucapan2 dan kuis di Twitter juga diambil tangkapan layarnya, dan pesan-pesan yang masuk lewaat WP:20. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 31 Mei 2023 00.32 (WIB)

  •  Selesai Bisa juga statistik dari tahun ke tahun
  •  Selesai Atau halaman muka (Halaman Utama) Wikipedia dari tahun ke tahun
  •  Selesai jumlah artikel pilihan dari masa ke masa, judulnya bisa dibuat menjadi wordcloud (klik sunting sumber untuk melihat daftar judul AP)
  •  Selesai video pendek [1]
  •  Selesai kuis wikipedia
  • WikiMaraton
  • (Tambahan)  Selesai Kode pada common.js untuk menampilkan ucapan ultah tampilan layar penuh
  • (Tambahan)  Selesai Karena kode common.js di WBI juga digunakan di Wikiquote, Wikisource, Wikibooks, dan Wiktionary, maka keempat situs tersebut juga "tidak sengaja" muncul tampilan selamat ultahnya. Namun hal ini dipandang ketidaksengajaan yang baik. Sebagia tambahan, di Wiktionary dan Wikisource, saya tambahkan Panji di Sitenotice masing-masing.

Usulan lainnya? Silakan tambahkan langsung, atau kalau Anda bisa melakukannya, lakukan langsung ya! ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 29 Mei 2023 19.02 (WIB)

Selain itu pengurus juga perlu bantuan Wikipediawan non-pengurus yang mau membantu aktif dalam memposting konten ke berbagai medsos @idwiki (FB, Telegram, Twitter, Instagram, TikTok). Kalau tertarik, langsung balas di sini ya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin negosiasi 29 Mei 2023 19.05 (WIB)

@Bennylin: saya mengusulkan untuk mengaktifkan kembali NgeWiki Berjamaah Badak Jawa (bicara) 29 Mei 2023 13.02 (UTC)Balas[balas]
Boleh, silakan dibuat detil kegiatannya, dan karena perlu ada PIC, jika bersedia, silakan menjadi PIC-nya juga. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin runding 29 Mei 2023 21.03 (WIB) 29 Mei 2023 14.03 (UTC)Balas[balas]

Lagu NOAH[sunting sumber]

Saya ingin saran dari teman-teman semua. Lagu NOAH yang Cobalah Mengerti diganti lirik dan judulnya jadi Bebaskan Energimu. Apakah harus ditambahkan ke diskografi NOAH atau tidak perlu? Referensi:https://www.celebrities.id/amp/band-noah-ubah-lagu-cobalah-mengerti-jadi-bebaskan-energimu-ariel-itu-challange-x9xN47 , https://m.mediaindonesia.com/hiburan/579960/noah-ubah-lagu-cobalah-mengerti-jadi-bebaskan-energimu , https://www.inews.id/amp/multimedia/photo/noah-rilis-video-bebaskan-energimu. Terima kasih GreatLine (bicara) 31 Mei 2023 00.20 (UTC)Balas[balas]

Kalau versi barunya tidak dirilis sebagai singel (di streaming service atau media fisik), mending tidak dimasukkan ke diskografi. Satu hal lagi, hal ini lebih cocok dibahas di Pembicaraan:Diskografi Noah. Daud (hubungi) 31 Mei 2023 10.15 (UTC)Balas[balas]
@GreatLine Jelas tidak perlu, itu kan bukan lagu baru. Itu kan promosi pakai lagu yang liriknya diubah sedikit. Veracious ^(•‿•)^ 23 Juli 2023 12.11 (UTC)Balas[balas]
Terima kasih sarannya @Veracious dan @Daud I.F. Argana. GreatLine (bicara) 24 Juli 2023 05.59 (UTC)Balas[balas]

Infobox musical artist agar ditambah informasi youtube dari musisi terkait[sunting sumber]

Pengurus semua, saya mengusulkan agar Infobox musical artist agar ditambah informasi youtube resmi dari artis terkait. Saya mencoba usulan ini dengan menambahkan modul dari Infobox youtube ke Infobox musical artist pada artikel Noah (grup musik). Terima kasih GreatLine (bicara) 31 Mei 2023 01.41 (UTC)Balas[balas]

Kalau menurut saya, informasi channel YouTube tidak begitu penting untuk musisi, kecuali memang kariernya di YouTube juga signifikan (tanda-tandanya ada bagian di tubuh artikel yang menceritakan karier YouTube-nya: contoh). Infobox YouTube itu juga termasuk pranala luar, yang seharusnya diminimumkan dan hanya ditambahkan seperlunya saja. Daud (hubungi) 31 Mei 2023 13.07 (UTC)Balas[balas]

Yth Pengurus, mohon dapat dilindungi halaman Rafael Alun Trisambodo karena akhir-akhir ini banyak vandalisme oleh pengguna anon. Terima kasih, salam, Dede2008 (bicara) 3 Juni 2023 12.22 (UTC) @Veracious: @Dimas Laksani: Ⓐⓝⓝⓔ (bicara) 4 Juni 2023 09.59 (UTC)Balas[balas]

 Selesai, saya lindungi sementara, 1 tahun.Dimas Laksani (bicara) 4 Juni 2023 10.33 (UTC)Balas[balas]
Terima kasih, salam Dede2008 (bicara) 5 Juni 2023 04.29 (UTC)Balas[balas]

Proposal lintas kereta api di artikel stasiun KA Pulau Jawa[sunting sumber]

Selamat siang kepada Wikipediawan dan Wikipediawati yang budiman, saya mengajukan usulan untuk menyunting suatu stasiun kereta api dengan empat lintas KA utama di Pulau Jawa yaitu Selatan, Tengah, Utara dan Timur, tetapi sumbernya dari dokumen DJKA dan PT KAI di segmen "Jarak Antar Stasiun di Pulau Jawa" dan saya sisipkan dokumen seperti ini, https://djka.dephub.go.id/uploads/202305/KP-DJKA_67_TAHUN_2023_GAPEKA_JAWA_2023.pdf#page=133 di halaman 133 dan https://sites.google.com/a/semboyan35.com/kakominfo/home/tabjarak karya Totok Purwo dan apakah usulan saya ini cocok untuk menyunting suatu stasiun? Terima kasih.

Gilang Bayu Rakasiwi (bicara) 8 Juni 2023 04.49 (UTC)Balas[balas]

cocok, kok. cc @Gilang Bayu Rakasiwi: saya agak ragu dengan semboyan35 karena, sependek pengetahuan saya, semboyan35 adalah situs yang berisi forum. jadi mirip kaskus
- Ustad abu gosok (bicara) 10 Juli 2023 12.21 (UTC)Balas[balas]
Betul, keakuratan Semboyan35 masih dipertanyakan karena forum tersebut belum mempunyai cukup bukti yang autentik seperti dokumen pemerintah seperti dari DJKA dan PT KAI dan mereka harus memperbaiki keakuratan bukti supaya mendukung artikel yang berkualitas seperti tata bahasa dan sumber. Gilang Bayu Rakasiwi (bicara) 10 Juli 2023 13.52 (UTC)Balas[balas]

Usulan perlindungan halaman Peppa Pig The Movie[sunting sumber]

Kepada pengurus, saya mengusulkan Peppa Pig The Movie dihapus dan dilindungi karena artikelnya sering dihapus berulang kali dan dibuat lagi dan seterusnya dengan isi yg sama. OrangKalideres (bicara) 17 Juni 2023 12.06 (UTC)Balas[balas]

 Selesai. Taylor 49 (bicara) 30 Juni 2023 17.38 (UTC)Balas[balas]

Usulan gabungan 2 kat[sunting sumber]

Kategori:Administrasi Wikipedia + Kategori:Kepengurusan Wikipedia. Taylor 49 (bicara) 30 Juni 2023 17.38 (UTC)Balas[balas]

Setuju saja bila demi efisiensi. Ezagren (메시지를 보내) 3 Juli 2023 07.56 (UTC)Balas[balas]
Beda. (Timbunan) Administrasi bisa dibantu oleh pengguna non-pengurus. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 23 Juli 2023 19.05 (WIB) 23 Juli 2023 12.05 (UTC)Balas[balas]

Pemindahan halaman 'Moskwa' ke 'Moskow'[sunting sumber]

Bolehkah saya meminta bantuan pengurus untuk memindahkan halaman Moskwa ke Moskow? Saya beralasan bahwa Kemlu pun menggunakan kata 'Moskow' alih-alih 'Moskwa' untuk menyebut ibu kota Rusia tersebut. Dapat dilihat di sini.
Saya tidak bisa melakukannya karena halaman tujuan sudah ada. Apakah memang pemindahan menuju halaman yang sudah ada hanya bisa dilakukan oleh pengurus ataukah ada cara lain yang dapat dilakukan oleh pengguna non pengurus?
Pelautmalaka (bicara) 15 Juli 2023 13.23 (UTC)Balas[balas]

Sepertinya butuh pengurus untuk menghapus halaman pengalihan Moskow yang sudah ada, karena riwayat halamannya sudah punya lebih dari satu revisi.
Diskusi pemilihan nama biasanya dibicarakan di Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa). Mungkin lebih baik ini dipindahkan ke sana dulu? Daud (hubungi) 18 Juli 2023 07.08 (UTC)Balas[balas]
@Pelautmalaka: Coba terlebih dahulu berikan tanda templat pindah ke atau {{pindah ke|halaman yang ingin dipindah}} pada halaman artikel terkait dan letakan paling atas, agar nantinya editor lainnya bisa melihat ada usulan pindah. Jangan lupa juga, memberikan alasannya di halaman pembicaraan. Meabook (bicara) 22 Juli 2023 10.11 (UTC)Balas[balas]

Usulan dipindahkan ke sini. Terima kasih. Pelautmalaka (bicara) 22 Juli 2023 12.49 (UTC)Balas[balas]

Usulan pencabutan status pengurus Pengguna:Ariandi Lie[sunting sumber]

Menimbang tindakan pengurus baru yang memblokir banyak pengguna dengan lama yang tidak wajar, saya mengajukan agar status kepengurusan beliau dicabut. Bukti Dia memblokir banyak pengguna dengan durasi nggak masuk akal dua tahun pemblokiran, bahkan ada yang selamanya. Tidak masuk akal. Siapa sih yang milih dia? Pilihan kalian salah! – komentar tanpa tanda tangan oleh Pelautmalaka (bk).

Bukan di sini tempatnya. Lihat Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan#Pencabutan_status_pengurus. dwadieff 19 Juli 2023 16.52 (UTC)Balas[balas]
Jadi, di mana tempat yang memungkinkan pengguna lain mengajukan usulan pencabutan pengurus? Pelautmalaka (bicara) 23 Juli 2023 11.09 (UTC)Balas[balas]
Wikipedia:Pengurus/Pencabutan status pengurus ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 23 Juli 2023 19.06 (WIB) 23 Juli 2023 12.06 (UTC)Balas[balas]
jadi kita gak boleh ngelamtur kata ariandi lie KTNTIM (bicara) 15 Agustus 2023 09.19 (UTC)Balas[balas]
Untuk Ariandi Lie, diharapkan bisa membaca ulang Wikipedia:Kebijakan_pemblokiran#Prosedur_pemblokiran, dan di sana sudah dijelaskan perihal "Lamanya pemblokiran" yang wajar. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 24 Juli 2023 01.04 (WIB)
Saya baru membaca komentar bung Bennylin. Saya bisa jelaskan masalah ini:
  1. Pengguna ini melakukan serangkaian serangan pada halaman pembicaraan pengguna lain dengan menempatkan {{pengguna siluman}} dalam jumlah yang cukup banyak pada halaman pembicaraan pengguna yang diserang.
  2. Pengguna ini menyebabkan perang suntingan. Pengguna ini terus-menerus melakukan serangkaian serangan tersebut menggunakan 7 alamat IP berbeda (4-5 diantaranya diblokir). Sebelum diblokir pun pengguna ini menyerang halaman yang sama berganti-ganti IP.
  3. Bahkan pengguna ini menyerang siapapun yang mengembalikan suntingannya pada halaman pengguna yang diserangnya.
  4. Pengguna ini juga dilaporkan oleh pengguna lain pada halaman WP:PPP.
  5. Walaupun sudah diberi tahu dan diberikan peringatan, pengguna ini masih melakukan hal yang sama. Sehingga halaman pembicaraan dan halaman pengguna yang diserangnya dilindungi.
  6. Setelah halaman pengguna dan halaman pembicaraan pengguna yang diserangnya dilindungi dari anonim, pengguna ini sepertinya membuat akun pengguna baru. Tapi bukan nama pengguna yang dipakai ini.

Catatan Catatan: halaman-halaman yang diserang oleh pengguna ini sebelumnya sudah masuk WP:IPS. Halaman-halaman tersebut saya blokir selain untuk melindungi serangan pengguna ini juga terkait LTA (walaupun belum ada pemeriksaan hingga saat ini di WP:IPS). Ariandi Lie Diskusi disini saja 30 Juli 2023 15.49 (UTC)Balas[balas]

Menyoal syarat pranala merah pada AP[sunting sumber]

Saya usul untuk mempertimbangkan kembali syarat "tidak memiliki pranala merah yang terlalu banyak" pada Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria atas pertimbangan bahwa syarat tersebut mendorong para pengguna membuat banyak rintisan, perlu diperiksa terjemahannya dan bahkan tanpa sumbernya mengingat artikel-artikel berpotensi jadi AP banyak yang membutuhkan pembiruan pranala merah sesuai dengan syarat AP tersebut sementara saat ini WBI sedang meningkatkan kualitas artikel alih-alih kuantitas artikel apalagi artikel rintisan yang bisa memperbanyak tugas pemeriksa.

Selain itu, saya sendiri juga terkena moratorium dan memiliki banyak proyek AP yang antre bahkan sebelum moratorium tersebut. Kalau saya mengajak pengguna lain apa nggak dianggap canvassing. Cukuplah mengajak pengguna lain untuk memeriksa saja kualitas terjemahan artikel.

Saya sendiri malah berpikir seharusnya pas waktu moratorium tersebut saya memilih untuk memakai opsi terringannya yakni sekali sehari (365/366 artikel setahun) kala bung Benny ngasih saya pilihan tanpa melalui voting karena saya masih sanggup memakai opsi tersebut untuk membirukan pranala merah di AP malah bung Benny memutuskan saya untuk diberi opsi seminggu sekali yang tentu tahun ini saya tolak karena evaluasi moratorium saya tahun ini malah nggak menghasilkan apapun, kecuali kalo ada pihak yang baik untuk mengadakan evaluasi moratorium saya lagi untuk minimal memperingan keputusan yang ada.

Sebagai pertimbangan, di Wikipedia Vietnam saja pranala merah tidak dipermasalahkan, contoh lihat pada AP WBV terkini: vi:Mạng lưới điệp báo Portland Glorious Engine (bicara) 5 Agustus 2023 11.27 (UTC)Balas[balas]

Re: Saya usul untuk mempertimbangkan kembali syarat "tidak memiliki pranala merah yang terlalu banyak" pada Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria Kriteria artikel pilihan memang menyatakan pranala disarankan untuk tidak ada banyak yang merah. Kalau ada yang merah dan ingin membirukannya, baiknya segera dibirukan dengan membuat artikel baru (baik entah itu rintisan maupun dikembangkan lebih lanjut dengan cara ditulis atau diterjemahkan). Karena artikel pilihan ditujukan untuk menampilkan karya-karya bermutu tinggi di halaman utama WBI, pranala juga diperlukan dengan tujuan audiens atau pembaca, sebab ada kemungkinan pembaca tidak akan mengerti maksud dari istilah-istilah yang terdapat di suatu kosakata (terkadang bisa juga frasa) sehingga pranala mengalihkan pembaca kepada artikel yang dimaksud.
Re: berpotensi jadi AP banyak yang membutuhkan pembiruan pranala merah sesuai dengan syarat AP tersebut sementara saat ini WBI sedang meningkatkan kualitas artikel alih-alih kuantitas artikel apalagi artikel rintisan yang bisa memperbanyak tugas pemeriksa. Sepertinya sudah dibilang berkali-kali di diskusi moratorium maupun evaluasi. Kualitas lebih diutamakan sebab artikel harus memberikan isi yang lengkap dan jelas, disertai dengan sumber-sumber sebagai pendukung isi artikel. Ini sudah jelas-jelas dicatat dalam kriteria artikel pilihan juga.
Re: Kalau saya mengajak pengguna lain apa nggak dianggap canvassing. Sepertinya Anda tidak menyimak dengan perkataan saya di diskusi halaman pengguna saya maupun di bung RianHS. Itu karena Anda terus-menerus MEMANGGIL BANYAK pengguna yang tidak bersangkutan; Anda bahkan memanggil lebih dari 5, 6, 7, atau banyak jumlahnya hanya untuk meminta membirukan pranala pada artikel Julius Robert Oppenheimer. Kalau Anda ingin mengajak pengguna untuk mengembangkan artikel, membirukan pranala, dan mengajak untuk mengusulkan artikel (sebagai artikel bagus ataupun artikel pilihan lah), tidak masalah ASALKAN JANGAN BERLEBIHAN.
Re: Sebagai pertimbangan, di Wikipedia Vietnam saja pranala merah tidak dipermasalahkan... Itu semua tergantung keputusan Wikipedia di bahasa lain. Nggak semua aturan pengusulan maupun peninjauan WBI tidak sama dengan Wikipedia bahasa lain (terutama di Wikipedia bahasa Inggris, Wikipedia bahasa Vietnam, dan lain sebagainya). Dedhert.Jr (bicara) 8 Agustus 2023 08.00 (UTC)Balas[balas]

Coba bandingkan isi dari Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria dengan en:Wikipedia:Featured article criteria. Pada kriteria AP WBI tertulis "komprehensif: membahas semua fakta dan rincian utama serta tidak memiliki pranala merah yang terlalu banyak" sementara pada kriteria FA enwiki-nya "comprehensive: it neglects no major facts or details and places the subject in context", lihat kan, tidak ada istilah "red link" ataupun "empty link" pada kriteria FA enwiki, tidak seperti versi WBI-nya. Kalo masalah tergantung keputusan lain-lain Wikipedia, asal tau aja ya kalo penindakan canvassing juga telah ada bahkan sebelum halaman Wikipedia:Penganvasan dibuat, tentunya dengan memakai kaidah yang telah ada di enwiki (walau bahasanya beda).

Ini seperti UU kedokteran tahun 2004 yang menyatakan dokter dan dokter gigi wajib masuk IDI dan PDGI, sementara di luar negeri, keikutsertaan dokter pada organisasi kesehatan sifatnya sukarela, organisasi dokter di Amerika pun hanya meliputi 15% dokter disana (CMIIW), sisanya independen, baru setelah UU kesehatan tahun 2023 yang lalu baru ketunggalan organisasi tersebut dicabut. Dalam artian kalo ditambah-tambahkan seperti itu, apa nanti perlu ditambahkan "harus pake infobox!" (padahal nggak semua AP pake infobox) atau "harus pake berkas!" (padahal nggak semua AP pake berkas)

Lagipula kalo pake kaidah "quality over quantity", misalkan ada artikel berpotensi AP dengan pranala merah berjumlah 50 lah, apa sempat pengembangnya mengembangkan ke50-50nya seenggaknya sampai seenggaknya tidak perlu lagi dipakaikan templat stub atau dibiarkan rintisan sehingga malah menambah-nambah kerja pemeriksa (seperti pra-moratorium dulu). Rintisan enwiki pun tak semuanya bisa dibikin lho di WBI, kek misalnya en:Vorpahavak yang hanya bersifat one liner, atau malah lebih parah lagi, bahasanya rumit dan bukan pada bidangnya perintis itu. --Glorious Engine (bicara) 8 Agustus 2023 10.40 (UTC)Balas[balas]

Re: "Coba bandingkan isi dari Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria dengan en:Wikipedia:Featured article criteria." Seperti yang saya sebutkan di atas sebelumnya, yah. Itu SEMUA tergantung pada keputusan mereka masing-masing. Kita sudah punya arsip kriteria artikel pilihan sejak dulu disini, disertai dengan 8 suara setuju dan 3 suara tidak setuju; suara ini khususnya untuk pranala tak merah. Ada berbagai alasan mengapa pranala merah sebaiknya dihindari, dan Anda dapat lihat sendiri alasannya di diskusi.
Kalo masalah tergantung keputusan lain-lain Wikipedia, asal tau aja ya kalo penindakan canvassing juga telah ada bahkan sebelum halaman Wikipedia:Penganvasan dibuat, tentunya dengan memakai kaidah yang telah ada di enwiki (walau bahasanya beda). Kalau Anda berkata demikian, apakah sekalian juga penilaian status artikel juga dirubah sekalian? Tampilan halaman utama di WBI juga dibuat beda sekalian tanpa harus mengikuti struktur sama sekali? Sistem-sistem proposal, kebijakan, pedoman di Wikipedia dibuat beda sekalian? Oh, ya. Kalau Anda penasaran kenapa langsung dijadikan pedoman tanpa adanya tampilan diskusi di halaman pembicaraan, Anda sebaiknya tanyakan kepada pengguna yang telah memberikan templat tersebut. Ini oldidnya: [2]
...atau "harus pake berkas!" (padahal nggak semua AP pake berkas) WP:KAP jelas-jelas bilang: Artikel memiliki gambar yang tepat untuk subjek, dengan keterangan gambar yang mencukupi dan status hak cipta yang dapat diterima. Apakah ada artikel pilihan yang tidak memiliki berkas sama sekali? Dedhert.Jr (bicara) 8 Agustus 2023 12.27 (UTC)Balas[balas]

Usulan perlindungan halaman dari LTA 180.248.208.37[sunting sumber]

saya mengusul halaman-halaman ini dibawah dilindungi karena sering sekali disunting oleh anonim LTA 180.248.208.37 dan terjadi perang suntingan antara IP LTA dan pengguna:

Sekian. OrangKalideres (bicara) 8 Agustus 2023 04.13 (UTC)Balas[balas]

 Selesai -- Dilindungi dari penyuntingan pengguna anonim selama sebulan. -- Wagino 20100516 (bicara) 8 Agustus 2023 07.57 (UTC)Balas[balas]

Usulan pencabutan pengurus Ariandi Lie[sunting sumber]

Halo, KawanWiki! Sudah lama sekali saya memantau pengurus kita yang satu ini. Pada hari ini, saya memutuskan untuk mengajukan Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Ariandi Lie untuk pencabutan pengurus 14 Agustus 2023 Kiranya semua kawan-kawan dapat ikut berpartisipasi. Terima kasih.

AnggaAle (bicara) 14 Agustus 2023 01.06 (UTC)Balas[balas]

Sepertinya pengguna ini terindikasi pengguna siluman LTA Zaar Dinn (bukti: cek disini dan pembuatan halaman Sinemaku Pictures yang mana "referensi" malah dari media sosial).

Tolong tangani pengguna ini karena sudah banyak penyuntingan berbau perfilman. Terima kasih. Rʏɴ (bicaratalk) 15 Agustus 2023 03.09 (UTC)Balas[balas]

Permohonan[sunting sumber]

Dear, Pengurus. Melalui usulan ini, saya perwakilan dari anon ingin menyampaikan secara baik-baik agar saudara Ariandi Lie dapat dilengserkan dari jabatan pengurus. Seperti yang kita ketahui, bung Ariandi sering memblokir anonim secara tidak tidak wajar, jangka waktu satu bulan, tiga bulan, setahun, dua tahun, bahkan satu bulan. Ia juga sering memblokir range IP sehingga penyuntingan dari anon yang tidak bersalah menjadi terganggu. (Bukti) Mohon dipertimbangkan ulang. Jangan rampas kebebasan menyunting kami. Terima kasih. 2001:448A:3045:869A:F022:2A50:27C2:FE82 26 Agustus 2023 13.02 (UTC)Balas[balas]

@2001:448A:3045:869A:F022:2A50:27C2:FE82: Saat ini proses pelengseran pengurus dimaksud sedang berlangsung. Silakan diikuti prosesnya sesuai dengan prosedur yang berlaku dan jangan terlalu memaksakan kehendak. Perlu saya ingatkan kepada anda, mohon dihentikan aksi canvassing yang anda lakukan secara masif agar tidak terkena pemblokiran. Terima kasih. Wagino 20100516 (bicara) 26 Agustus 2023 13.30 (UTC)Balas[balas]
Hentikan aksi Canvassing yang anda lakukan. Pemungutan suara pencabutan ybs sedang berlangsung, silahkan ikuti proses yang sedang terjadi. Terimakasih. ✿Dimas Laksani✿ 26 Agustus 2023 13.49 (UTC)Balas[balas]

Mohon untuk memblokir Pengguna:Nduga Language03121988 karena dia melakukan vandalisme dan siluman Sony Esau Mbisikmbo.OrangKalideres (bicara) 27 Agustus 2023 05.03 (UTC)Balas[balas]

Usulan pemblokiran dan perlindungan halaman[sunting sumber]

saya usul anon 36.85.130.104 diblokir karena terindikasi LTA 180.248.208.37. Dan jangan lupa lindungi artikel-artikel dibawah karena sedang berlangsung perang suntingan:

Sekian.OrangKalideres [ bicara | kontrib. ] 6 September 2023 12.26 (UTC)Balas[balas]

 
Pengguna : Muhammad Oukkasyah (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
Alasan : Menghindari pemblokiran dengan logout dari akun ke IP 182.1.135.231 dan 182.1.148.185, masih menyebarkan hoaks atau informasi tanpa sumber ke artikel Motion Radio dan Gramedia TV (sebelumnya memvandal artikel BTV (Indonesia) berulang-ulang dengan akunnya sebelum diblokir selama 3 hari). LTA RendiStwn
Pemohon : Rʏɴ (bicaratalk) 8 September 2023 13.35 (UTC)Balas[balas]

Rʏɴ (bicaratalk) 8 September 2023 13.35 (UTC)Balas[balas]

Vandalisme[sunting sumber]

Saya mengusulkan agar akun miminsastra diblokir karena telah berulang kali melakukan vandalisme di halaman https://id.wikipedia.org/wiki/Pustaka_Rajya_Rajya_i_Bhumi_Nusantara

Vëantur07 (bicara) 10 September 2023 09.15 (UTC)Balas[balas]

Komplain[sunting sumber]

Halo Kak ini saya agak kecewa dengan pengurus yang bernama symphonium264 dia main blokir aja akun Makenode111 dengan alasan LTA Ali Azhar D, padahal dia membuat halaman di bak pasirnya dia sendiri Pengguna:Makenode111/Bak pasir untuk di ajukan ulang pembuatan halaman Ali Azhar D, sedangkan Ali Azhar D seorang penyanyi dan konten kreator, mohon di tinjau ulang terkait pemblokiran dan penghapusan yang namanya LTA Ali Azhar D. Syarilmuhammad67 (bicara) 10 September 2023 14.00 (UTC)Balas[balas]

Gebyar 80 tahun Indonesia merdeka[sunting sumber]

Mohon kiranya dapat ikut berpartisipasi dalam diskusi di tempat ini. Terima kasih. -- Wagino 20100516 (bicara) 27 September 2023 05.23 (UTC)Balas[balas]

okay Ⓐⓝⓝⓔ (bicara) 27 Oktober 2023 11.20 (UTC)Balas[balas]

Bisakah lanjut putaran kedua?[sunting sumber]

Saya masih kurang puas sama hasil Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Ariandi Lie untuk pencabutan pengurus 14 Agustus 2023. Bisakah dilanjut putaran kedua? 2001:448A:3047:81A8:5D8:A978:CF9F:A318 29 September 2023 13.52 (UTC)Balas[balas]

@Bennylin @Symphonium264 @WillsonEP09@Fazoffic@RianHS@Veracious 2001:448A:3047:81A8:5D8:A978:CF9F:A318 29 September 2023 13.54 (UTC)Balas[balas]
Kami warga anon masih nggak terima perlakuan beliau. 2001:448A:3047:81A8:5D8:A978:CF9F:A318 29 September 2023 13.55 (UTC)Balas[balas]
Tidak bisa, Anda jelas-jelas suspek LTA anti-Ariandi Lie. Rʏɴ (bicaratalk) 1 Oktober 2023 04.25 (UTC)Balas[balas]

Pencabutan pengurus[sunting sumber]

Saya ingin mengusulkan agar JohnThorne (bicara+tandaikontrib.kontrib. yang dihapusloglog filter penyalahgunaanblokir penggunalog pemblokiranSULperiksa (log)) status pengurusnya dicabut dikarenakan sudah tidak aktif selama 1 tahun. (Kontribusi terakhirnya)Stevannus rua (bicara) 5 November 2023 14.29 (UTC)Balas[balas]

Lihat: (Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/JohnThorne untuk pencabutan pengurus 5 November 2023) Stevannus rua (bicara) 5 November 2023 15.46 (UTC)Balas[balas]

Apakah terjemahan buruk, terjemahan mesin, dan rintisan pendek merupakan vandalisme?[sunting sumber]

Saya ingin menanyakan pendapat para kontributor mengenai pertanyaan ini. Apakah

  1. Terjemahan buruk
  2. Terjemahan mesin
  3. Rintisan pendek
  4. Rintisan pendek terjemahan mesin massal lintas-wiki

merupakan vandalisme? Apakah hal tersebut dapat dijadikan alasan untuk memblokir pengguna yang melakukannya? RXerself (bicara) 16 November 2023 17.00 (UTC)Balas[balas]

Sepemahaman saya, di Wikipedia, yang termasuk vandalisme itu suntingan yang memang sengaja ingin merusak Wikipedia, jadi empat poin yang disebutkan umumnya tidak termasuk vandalisme, kecuali kalau bisa dibuktikan pelakunya memang berniat buruk. Menurut saya, pelaku poin 1, 2, dan 4 hanya diblokir kalau kasusnya berulang/terus-menerus dan jelas tidak ada niat untuk berdiskusi, menghargai konsensus, atau memperbaiki diri; pelaku poin 3 seharusnya tidak menjadi masalah kecuali rintisannya terbukti melanggar kebijakan tertentu (misalnya, WP:LAYAK); kalau begitu, tindakannya sama dengan poin 1, 2, dan 4. Daud (hubungi) 18 November 2023 13.58 (UTC)Balas[balas]

Apakah hal-hal tersebut mengurangi kualitas artikel Wikipedia? RXerself (bicara) 29 November 2023 18.31 (UTC)Balas[balas]

Untuk terjemahan mesin yang buruk, saya baru baca WP:NOMT dan mungkin bisa menjeratnya dengan pasal itu apabila memenuhi beberapa kondisi yang saya sebutkan:
  • Terjemahannya luar biasa kasar, sampai sulit dipahami.
  • Habis diterjemahkan dengan kasar, artikel langsung ditinggal pergi, tidak diperbaiki. Dan ini terjadi berulang kali.
  • Sudah ditegur berkali-kali, tapi tidak kunjung diperbaiki, atau bahkan malah makin ngelunjak.
Nah, kalau kondisinya sudah begini, saya rasa bisa diblokir dengan WP:NOMT. Standar saya di sini adalah standar "bagaimana supaya orang awam paham/mengerti". Kalau tidak bisa dimengerti sekiranya oleh orang awam, maka bisa ditegur atau bahkan, jika berulang kali terjafi dan tak kunjung diperbaiki, diblokir. Ini opini saya pribadi lho ya... bisa jadi salah atau keliru. Mungkin @Glorious Engine, Nyilvoskt, Ariandi Lie, dan Badak Jawa: atau pengguna lain ada pendapat atau masukan lain? ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 9 Desember 2023 22.54 (UTC)Balas[balas]
@RXerself saya pernah melihat artikel biografi yang dibuat menggunakan mesin terjemahan oleh seorang pengguna lintas wiki. Ada yang membuat artikelnya lengkap maupun hanya sedikit saja kalimatnya sehingga bisa dikatakan vandalisme Badak Jawa (bicara) 10 Desember 2023 08.07 (UTC)Balas[balas]
Kita bisa pakai standar Wiki Inggris untuk terjemahan mesin ini. Kalau isinya acak-acakan sebaiknya langsung hapus saja.
Saya sendiri masih memakai Google Translate tapi sudah mulai beralih memakai ChatGPT yang terjemahan kalimatnya lebih akurat. F1fans (bicara) 10 Desember 2023 08.15 (UTC)Balas[balas]
@Fazoffic di sini menyebut poin menarik terutama WP:NOMT. Saya jadi berpikir, katakan ada kasus seorang pengguna sudah ditegur bahwa yang dilakukannya telah mengurangi kualitas artikel namun tidak ia gubris dan tetap mengedit dengan cara serupa esoknya. Apakah yang ia lakukan selanjutnya itu berarti sengaja? Dengan tidak merespon atas tanggapan pengguna-pengguna lain beberapa kali, suntingan yang mengurangi kualitas tetap terus dibuat. Dalam hal ini jadi ada dua bagian:
  • Pengguna yang menyunting artikel pendek/terjemahan buruk/mesin, dsb. sekali-sekali saja di beberapa waktu awal
  • Pengguna yang menyunting artikel pendek/terjemahan buruk/mesin, dsb. yang telah ditegur atau dibilang hentikan oleh pengguna-pengguna lain, namun tetap terus menyunting seperti itu.
Apakah ada yang dapat disebut vandalisme?
RXerself (bicara) 10 Desember 2023 09.57 (UTC)Balas[balas]

Usulan filter kata-kata LTA Dilla[sunting sumber]

Teruntuk pengurus: @Ariandi Lie, @Fazoffic, @Herryz, @Rachmat04, @Symphonium264, @ustad abu gosok, @Veracious, saya mengusulkan kepada pengurus untuk masukkan kata-kata yang sering digunakan LTA Dilla di daftar ini ke dalam filter penyalahgunaan:

  1. sekarang
  2. Di Indonesia,
  3. tanggal,
  4. 2023
  5. 2024
  6. NET.
  7. Rajawali Televisi
  8. OKTV
  9. Moji
  10. Mentari TV
  11. Magna Channel
  12. Garuda TV
  13. BTV
  14. IDTV
  15. IEG

agar LTA Dilla tidak bisa vandal artikel acara televisi lagi. Terima kasih. Rʏɴ (bicaratalk) 9 Desember 2023 23.24 (UTC)Balas[balas]

Tidak setuju. Dengan memasukkan kata-kaya yang bersifat umum ke dalam filter, secara langsung tidak mendukung kebebasan berkontribusi di WBI. Adanya LTA membuat kita waspada, bukan dengan mencekal segalanya. – S264 [badhé ngobrol?] 9 Desember 2023 23.32 (UTC)Balas[balas]
ada cara lain memfilter LTA Dilla tanpa menyaring suatu kata yang sering digunakan? Rʏɴ (bicaratalk) 9 Desember 2023 23.43 (UTC)Balas[balas]
Sependapat, terlalu banyak filter tentunya akan mengganggu penyuntingan. Beberapa kali saya mencoba menyunting tanpa login sulit karena terhalang filter. WillsonEP09💬 9 Desember 2023 23.48 (UTC)Balas[balas]
Padahal suntingan membangun. WillsonEP09💬 9 Desember 2023 23.48 (UTC)Balas[balas]
Saya setuju dengan bung Symphonium, terlalu banyak filter yang ditambahkan malah akan mempersulit kontribusi. Saya pernah menyunting secara anonim di infobox pada suatu artikel biografi tokoh malah berujung filter penyalahgunaan, padahal hanya sekadar koreksi kata saja. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 10 Desember 2023 08.21 (UTC)Balas[balas]
@Raja Nine to Five kalau anda menemukan suntingannya LTA DILLA langsung dikembalikan ke versi sebelumnya dan saya juga tidak setuju jika dimasukkan ke filter penyalahgunaan seperti yang dibilang Symphonium264 Badak Jawa (bicara) 10 Desember 2023 08.29 (UTC)Balas[balas]
@Fazoffic @Symphonium264 @WillsonEP09 bagaimana jika perubahan parameter siaran tayang difilter hanya untuk anonim, apakah bisa diterapkan? Kelemahannya LTA Dilla adalah parameter distributor, network dan channel. Rʏɴ (bicaratalk) 12 Desember 2023 14.12 (UTC)Balas[balas]
@Raja Nine to Five: Masalahnya, untuk memodifikasi filter pasti akan agak sulit. Apalagi untuk membedakan anonim dan pengguna terdaftar dalam penyuntingan. Kemudian, walaupun parameter yang anda sebutkan tadi "ditutup" untuk anonim, tidak ada jaminan bahwa LTA Dilla tidak akan memvandal parameter lainnya. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 14 Desember 2023 11.36 (UTC)Balas[balas]

Tokoh yang berpindah partai[sunting sumber]

Di Wikipedia kan sudah ada Kategori:Tokoh yang berpindah agama, tanpa bermaksud SARA lho ya. Bagaimana kalo dibikin juga Kategori:Tokoh yang berpindah partai, seperti Kategori:Tokoh yang berpindah dari Partai Solidaritas Indonesia ke Partai NasDem (contohnya Surya Tjandra) atau Kategori:Tokoh yang berpindah dari Partai Berkarya ke Partai Solidaritas Indonesia (contohnya Badaruddin Andi Picunang) gitu misalnya ? Glorious Engine (bicara) 11 Desember 2023 04.59 (UTC)Balas[balas]

Apa gunanya? dwadieff 11 Desember 2023 09.08 (UTC)Balas[balas]

Buat informasi. Kalo misal kategori pindah partai dianggap terlalu spesifik, mungkin bikin aja daftar tokoh yang pindah partai kayak artikel en:List of party switchers in the United States di enwiki. Tapi sayangnya saya sendiri nggak punya data atau hapal tokoh yang demikian soalnya. --Glorious Engine (bicara) 11 Desember 2023 10.44 (UTC)Balas[balas]

Usulan pemblokiran LTA DILLA[sunting sumber]

Yang terhormat para pengurus,

@Ariandi Lie, @Cun Cun, @David Wadie Fisher-Freberg, @Fazoffic, @Kuramochi Akihiko, @Nyilvoskt, @Rachmat04, @Symphonium264, @ustad abu gosok, @WillsonEP09

bisa minta tolong blokir 2001:448A:4060::/44 selama 1 tahun? Sebab range IP ini adalah 100% digunakan suspek LTA DILLA yang sudah memvandal dan menyebarkan hoaks pada sejumlah artikel acara televisi, film dan saluran televisi berulang-ulang dan sebelumnya sudah diblokir beberapa kali atas perilakunya (lihat log pemblokiran). Rʏɴ (bicaratalk) 19 Desember 2023 14.00 (UTC)Balas[balas]

Di Indonesia,[sunting sumber]

Halo para pengurus, @Fazoffic, Ariandi Lie, dan WillsonEP09: dan lain-lain, bisa masukkan kata "Di Indonesia," [Di<spasi>Indonesia<koma>] kedalam filter penyalahgunaan? Pasalnya LTA Dilla2101 selalu memakai embel-embel apa-apa yang ditayangkan di televisi Indonesia, padahal bukan saluran asli yang menayangkan. Mohon masukkan kata ini segera ke filter. Terima kasih. Rʏɴ (bicaratalk) 16 Januari 2024 14.31 (UTC)Balas[balas]

Bung kalo menurut saya, jika di filter maka akan berpengaruh juga ke artikel2 lain yang topiknya diluar televisi/film/hiburan. Saya cenderung kurang setuju dengan usulan Anda. F1fans (bicara) 16 Januari 2024 14.36 (UTC)Balas[balas]
Ada cara lain filter LTA itu, bagaimana? Rʏɴ (bicaratalk) 16 Januari 2024 14.38 (UTC)Balas[balas]
Kalau saya sendiri pakai skrip hidden, terutama buat bagian2 yg "menarik perhatian" akun LTA. Memang agak repotin, tapi dalam hemat saya ini cara terbaik. Contoh bisa dilihat di sini. Coba tebak yang mana yang saya hidden teksnya? F1fans (bicara) 16 Januari 2024 14.42 (UTC)Balas[balas]
Sudah dijawab oleh bung F1Fans, jika dimasukkan kata tersebut, maka semua artikel yang mengandung kata "di Indonesia" akan terkena filter penyalahgunaan ketika disunting. Ariandi Lie Diskusi disini saja 16 Januari 2024 17.20 (UTC)Balas[balas]
@F1fans dan Raja Nine to Five: ini yang disembunyikan Badak Jawa (bicara) 21 Januari 2024 02.57 (UTC)Balas[balas]

Penghapusan artikel turunan kontes-kontes[sunting sumber]

Per WP:ENN (kelayakan tak dapat diturunkan), ataupun pedoman di WP:ROUTINE (liputan berita rutin seperti pengumuman tidak cukup sebagai dasar untuk sebuah artikel), saya mengusulkan menghapus artikel turunan mengenai kontes kecantikan nasional tingkat penjaringan daerah. Misalnya ini.

Ada case serupa lain dengan subjek kontes kecantikan, tapi saya masih mempelajarinya (semisal Miss DKI Jakarta dan Putri Pariwisata DKI Jakarta). Bagaimana pendapat rekan-rekan?

Ohya sebagai catatan, artikel-artikel kontes kecantikan nasional tingkat penjaringan daerah ini dibuat oleh satu pengguna yang sama, kecuali ini dibuat oleh pengguna yang punya kecenderungan membuat artikel soal Miss Mega Bintang. Rahmatdenas (bicara) 21 Januari 2024 02.40 (UTC)Balas[balas]

Modul partisipasi[sunting sumber]

Begini, ini mungkin urusannya dengan Danu yang sekarang sudah pensiun, jadi saya nggak tau nih usulannya mau dibawa kemana. Soalnya hari ini (21 Januari 2024) pranala merah yang dibirukan pada Templat:Halaman Utama/Modul partisipasi mencapai rekor yakni semuanya (10 pranala) meskipun seluruh pembiruannya dilakukan oleh 1 pengguna (Raksasabonga). Tapi juga nggak tau pencapaian rekor tersebut dapat bertahan sampai kapan.

Sekilas info saja, dulu modul partisipasi itu terdiri dari 25 pranala yang kemudian dikurangi menjadi 10 karena dianggap mengalami kekurangan pengguna yang berminat untuk membirukannya, dan saya minta (di halaman pembicaraannya juga) kalo pembiruannya meningkat lagi, maka jumlah pranalanya juga ditambah lagi, ya sekitar 20-25 lah. Nah, karena tadi sudah mengalami peningkatan pesat, apakah saya boleh diperkenankan untuk menambahkan pranala pada Modul partisipasi (20-25 pranala) atau dipertahankan saja (10 pranala). Kalo boleh ditambah, pranala pada Hasil kolaborasi terbaru-nya saya tambah deh dari (awalnya) 5 jadi 10. Glorious Engine (bicara) 21 Januari 2024 06.35 (UTC)Balas[balas]

LTA Dilla lagi[sunting sumber]

Beberapa waktu terakhir ini artikel-artikel acara serial berkali-kali divandal LTA yang sama, kali ini dia sudah vandal artikel-artikel seri web dan tokusatsu dengan mengubah parameter saluran/jaringan yang menayangkan.

Teruntuk pengurus, bisakah terapkan filter batas penyuntingan parameter network dan channel untuk anonim seperti halnya filter parameter tinggi badan? Terima kasih. Rʏɴ (bicaratalk) 27 Januari 2024 11.48 (UTC)Balas[balas]

izin berkomentar, kalau misalnya ada filter seperti itu. Nanti pengguna yang menyunting di artikel acara TV dan semacamnya, akan terkena pemblokiran suntingan akibat filter tersebut. Memang susah sih untuk filter saluran TV menurut saya. Pinkash Ngobrol yuk 16 Februari 2024 04.11 (UTC)Balas[balas]

Wikipedia:Artikel pilihan/Topik[sunting sumber]

Saya usul agar pranala-pranala artikel biografi Wikipedia:Artikel pilihan/Topik dibagi jadi per topik kayak versi enwiki-nya mengingat jumlahnya sudah "membludak". Jadi misalkan ada artikel biografi terkait agama maka ditempatkan pada bagian "Biografi agama". Setau saya upaya ini sempet dilakukan sama bung Danu tapi batal karena ada artikel biografi yang tokohnya dianggap bertopik ganda (CMIIW) Glorious Engine (bicara) 2 Februari 2024 22.58 (UTC)Balas[balas]

Tokoh dari ...[sunting sumber]

@User:Gaung Tebono dan pengguna lain

dan banyak lainnya. Apakah ada kebijakan tentang judul kat seperti itu? Taylor 49 (bicara) 4 Februari 2024 15.10 (UTC)Balas[balas]

@Taylor 49 gabungin aja bang biar ga bingung 149.108.41.193 8 Februari 2024 11.50 (UTC)Balas[balas]
Bentuk yang mana yang benar? Saya mengutamakan bentuk panjang "Kategori:Tokoh dari Kuningan". Bentuk pendek kurang jelas. Taylor 49 (bicara) 8 Februari 2024 14.27 (UTC)Balas[balas]
Keduanya berbeda. Dulu pernah dibahas pula:
  • Kategori:Tokoh dari Kuningan = tokoh yang berasal dari Kuningan, bisa jadi berperan di daerah lain
  • Kategori:Tokoh Kuningan = tokoh yang berperan di Kuningan, bisa jadi tokoh tersebut berasal dari daerah lain
Misal Presiden Jokowi, beliau termasuk tokoh Jakarta dan tokoh dari Surakarta karena pernah menjabat menjadi gubernur Jakarta, dan beliau dari Solo/Surakarta. @Taylor 49 - Ariyanto 16 Februari 2024 07.51 (UTC)Balas[balas]
Saya sudah menghilangkan permintaan penggabungan dari dua kategori yang tersebut di atas. Tetapi, masih ada banyak kategori tipe "tokoh" lain yang harus diperbaiki. Taylor 49 (bicara) 18 Februari 2024 07.37 (UTC)Balas[balas]

Kontribusi pengembangan artikel[sunting sumber]

Saya sedang berkontribusi dalam pengembangan artikel latto-latto. Kontribusinya adalah menambahkan beberapa kutipan referensi pada beberapa kalimat yang tidak ada kutipan referensi sama sekali, membakukan kalimat, memperbaiki kalimat yang salah, dsb. Hal ini bertujuan untuk mengangkat artikel tersebut menjadi AP pada usulan keduanya. Tentu saja saya tidak bisa sendirian dan harus ada pengguna lain yang membantu mengembangkannya karena cukup banyak problem dalam artikel tersebut seperti yang saya jelaskan di atas. Apakah Anda bersedia membantu saya juga? Serigala Sumatera 🐺🏍️ (diskusi nang kene☕) 8 Februari 2024 09.14 (UTC)Balas[balas]

@Wagino 20100516: Sekadar saran dari saya mengenai periode pendaftaran untuk pemilihan pengurus Wikipedia sebaiknya memberikan waktu yang cukup bagi calon untuk mempersiapkan pencalonan mereka, dan memungkinkan pemilih membuat keputusan yang berdasarkan informasi yang cukup. Periode pendaftaran berlangsung lima hari terjadi pada 2023 lalu yang mungkin tidak memberikan waktu yang cukup bagi calon untuk mempresentasikan kualifikasi dan niat mereka dengan baik, maupun bagi komunitas untuk mengevaluasi mereka secara menyeluruh.

Oleh karena itu, saya tidak sarankan panitia pencalonan membuat periode pendaftaran yang begitu mepet untuk pemilihan pengurus. Saya sarankan periode pendaftaran 2024 kali ini sedikit lebih panjang, sekurang-kurangnya berlangsung selama beberapa minggu, dan memungkinkan proses yang lebih inklusif dan mendalam. Tetapi ini hanyalah opini saya yang mungkin bisa menjadi masukan. Kalau ada alasan tertentu yang memungkinkan periode pendaftaran singkat, melakukannya dengan pertimbangan akan lebih baik. Terima kasih. Serigala Sumatera 🐺🏍️ (diskusi nang kene☕) 20 Februari 2024 10.38 (UTC)Balas[balas]

Pemilihan pengurus[sunting sumber]

@Wagino 20100516, Bennylin, Nyilvoskt, David Wadie Fisher-Freberg, Nyilvoskt, Ariandi Lie, Cun Cun, WillsonEP09, dan IvanLanin: kira-kira enaknya pemilihan pengurus 2024 kapan ya? Kalau saran dari saya sih diusahakan batas akhirnya (yaitu ketika pengangkatan pengurus baru) adalah 20 Oktober nanti, bertepatan dengan pelantikan presiden baru. Boleh saya minta pendapatnya? ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 10.39 (UTC)Balas[balas]

Menimbang daripada Wikipedia:Pengurus/Sistem pemilihan pengurus, saya mengusulkan:
  • 12 – 20 September 2024 = Pendaftaran, kesediaan, dan Verifikasi
  • 21 September – 4 Oktober 2024 = STJ
  • 5 – 19 Oktober 2024 = Pemungutan suara
  • 20 Oktober 2024 = Pengangkatan pengurus baru.
Bagaimana kira-kira? ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 10.48 (UTC)Balas[balas]
Izin mention lagi biar rame : @Rachmat04, Rahmatdenas, Taylor 49, Enperfectify World, Agus Damanik, 27christian11, dan Ariyanto:ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 10.59 (UTC)Balas[balas]
Apa tidak terlalu lama ?
Saya lihat riwayat pemilihan pengurus sejak 2011 - 2023 selalu berubah-ubah. Kadang di awal tahun (Januari-Februari), kadang di pertengahan tahun (Mei-Agustus). Kalau pendapat saya, lebih baik Mei-Juni/Juli seperti pemilihan pengurus tahun 2011, 2012, 2017(I) dan 2023. Ariandi Lie Diskusi disini saja 28 Februari 2024 11.30 (UTC)Balas[balas]
@Ariandi Lie, @Fazoffic saya lebih setuju bulan depan saja sih diadain pemilihan pengurus. Karena saya sudah gak sabar ingin bertanya kepada calon calon pengurus baru. Rara Lie (bicara) 28 Februari 2024 11.38 (UTC)Balas[balas]
@Rara Lie ternyata anda bersemangat sekali untuk turut berpartisipasi menjadi penanya namun kalau bulan depan terlalu cepat jadi lebih baik dimulai bulan Juni saja Badak Jawa (bicara) 28 Februari 2024 11.41 (UTC)Balas[balas]
@Ariandi Lie: Kita juga perlu menimbang-nimbang calon pengurus yang diajukan. Masak cuma yang pengguna lawas saja yang jadi calon, pengguna baru juga harus turut andil dong! Jadi saran saya, kita tunggu sedikit lebih lama, biar matangnya merata. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 12.09 (UTC)Balas[balas]
Yah, kalau ada usulan lain, dan kiranya lebih pantas, saya terima kok. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 12.10 (UTC)Balas[balas]
@Fazoffic jika dirasa belum matang, pengguna baru bisa ikut ditahun depan saja. Setuju Setuju dengan badak bulan Juni. Rara Lie (bicara) 28 Februari 2024 12.19 (UTC)Balas[balas]
Di WP:KMK pada syarat-syarat calon pengurus poin 1 sangat jelas disebutkan "Telah terdaftar minimal 3 bulan". Ini juga berarti pengguna baru bisa ikut mendaftar sebagai calon pengurus dengan tambahan harus memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditetapkan. Ariandi Lie Diskusi disini saja 28 Februari 2024 12.21 (UTC)Balas[balas]
Benar, tapi proses verifikasi dan STJ nantilah yang akan menyeleksi dan "menyisihkan" serta "memisahkan" pengguna baru yang kurang berpengalaman, dengan mereka yang betul-betul memahami Wikipedia. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 12.24 (UTC)Balas[balas]
Betul. Pengguna baru pun bisa ikut mendaftar, tapi pengguna yang belum/kurang memiliki pengalaman pada tahap verifikasi pun mungkin sudah gugur. Pengguna berpengalaman pun terkadang ikut gugur juga di tahap verifikasi. STJ digunakan untuk melihat pemahaman mendalam calon mengenai Wikipedia untuk menentukan kelayakan calon di tahap akhir. Ariandi Lie Diskusi disini saja 28 Februari 2024 12.45 (UTC)Balas[balas]
Maka dari itu saya mengusulkan agar dimulai September nanti. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 28 Februari 2024 23.01 (UTC)Balas[balas]
Pemilihan pengurus di akhir tahun, akan berisiko gagal. Lebih baik di awal atau pertengahan, jika "mulur" maka masih ada bulan-bulan depan di tahun yang sama. @Fazoffic
Tapi sebetulnya kita harus concern juga pada tautan ini, kadang saya butuh "teman" untuk melakukan bersih-bersih. - Ariyanto 29 Februari 2024 00.37 (UTC)Balas[balas]

Usulan jadwal pemilihan pengurus tahun 2024[sunting sumber]

Tanggal
(waktu UTC)
Agenda Durasi
(hari)
27 April - 3 Mei Perekrutan anggota Panitia Pemilihan Pengurus 7
4 Mei - 6 Mei Persiapan infrastruktur pemilihan oleh Panitia Pemilihan Pengurus 3
00.00 7 Mei – 23.59 3 Juni Pendaftaran bakal calon 28
4 Juni - 10 Juni Verifikasi kelayakan bakal calon oleh Panitia Pemilihan Pengurus 7
11 Juni Pengumuman Hasil verifikasi calon pengurus oleh Panitia Pemilihan Pengurus 1
12 Juni - 23.59 14 Juni Masa pengajuan banding atas hasil verifikasi calon pengurus oleh Panitia Pemilihan Pengurus 3
15 Juni - Pengumuman hasil banding verifikasi calon pengurus
- Pengumuman calon-calon pengurus oleh Panitia Pemilihan Pengurus di warung kopi dan media sosial
1
00.00 16 Juni – 23.59 29 Juni Sesi tanya jawab 14
30 Juni Hari tenang 1
00.00 1 Juli – 23.59 14 Juli Pemungutan suara 14
15 Juli Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat 1
Agustus/September Sarasehan pengurus idwiki 2024 (daring) -

Daftar di atas merupakan usulan awal dari saya. Mungkin team dari WMID dapat menyesuaikan dengan agenda besar di tahun 2024 ini. Terima kasih. -- Wagino 20100516 (bicara) 29 Februari 2024 04.02 (UTC)Balas[balas]

Terima kasih Pak Wagino sudah memulai usulan jadwalnya. Saya lihat ini jadwal yang baik. Sarasehan nanti kita bisa gabungkan pada saat Wikimania (tahun ini tanggal 7-10 Agustus 2024 di Katowice, Polandia). Saya tidak keberatan dengan usulan ini, silakan rekan2 pengurus lain meannggapi. Salam, dwadieff 29 Februari 2024 08.58 (UTC)Balas[balas]
Yah, tampaknya usulan saya sebelumnya cukup buruk. Saya memilih untuk Setuju Setuju dengan bung Wagino saja. ▪ ꦩꦣꦪ. Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 29 Februari 2024 10.34 (UTC)Balas[balas]
Menurut saya bukan buruk, hanya Anda mungkin terlalu jauh mengambil rentang waktu untuk pemilihan pengurus tersebut. Pemilihan pengurus 2022 saja diselenggarakan di bulan Agustus berakhir di September.
Santai saja, bung. Ariandi Lie Diskusi disini saja 29 Februari 2024 12.31 (UTC)Balas[balas]
Setuju Setuju dengan usulan jadwal oleh Wagino mulai 2024-04-27 sampai 2024-07-15. Taylor 49 (bicara) 3 Maret 2024 09.51 (UTC)Balas[balas]