Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Selasa, 3 Maret 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Project Google Top Search[sunting | sunting sumber]

Salah satu yang menyebabkan orang mengunjungi wikipedia dalah jika dia melakukan search di Google dan menemukan artikel Wikipedia di peringkat atas. Nah di akhir tahun 2014 ini, Google merilis keyword yang banyak dicari oleh penggunanya, yang saya perhatikan sepertinya ada beberapa yang belum ada artikelnya di Wikipedia Bahasa Indonesia (belum saya cek statistiknya yang tidak ada, hanya mengira-ngira)

Saya jadi berpikir mungkinkah kita membuat proyek untuk melengkapi artikel ini? Hariadhi - Ngobrol 20 Desember 2014 11.02 (UTC)

Sekiranya mempunyai kesempatan, silakan memulai artikel rintisan (dengan pemberian "stub" serta kategori:"artikel Google search yang perlu dikembangkan") untuk hasil search yang belum ada artikelnya di Wikipedia Bahasa Indonesia. Nantinya artikel-artikel ini dapat dijadikan prioritas untuk dikembangkan bersama-sama. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.05 (UTC)

[sunting | sunting sumber]

Selamat Sore, saya membicarakan perihal tentang artikel Trans TV. Di TV Lokal bagian Sumatera Barat menggunakan logo Trans TV dari awal kemunculan hingga 15 Desember 2013. Apa bisa begitu? Muhammad Hanafi 6 Januari 2015 11.17 (UTC)

Tur Kampus[sunting | sunting sumber]

Selamat Malam!

Melihat semakin banyaknya yang berkontribusi untuk Wikipedia, terutama dari kalangan Mahasiswa. Saya ingin mengusulkan untuk diadakan tur ke kampus-kampus. Mungkin tidak ke Seluruh Indonesia, namun bisa di mulai dari daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Terima kasih.


Mohammad Fadhel Irawan S. 6 Januari 2015 17.06 (UTC)

Kategorisasi artikel permintaan[sunting | sunting sumber]

Saya mengusulkan untuk mengkategorisasikan daftar permintaan artikel, supaya user dengan minat tertentu bisa memilih dengan cepat mau membuat artikel apa.

Rosavia Gray (bicara) 10 Januari 2015 10.20 (UTC)

Setuju Setuju ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 10 Januari 2015 10.57 (UTC)
Silakan di lihat pada halaman permintaan yang dibagi menurut topik ini. Terima kasih atas usulannya. JohnThorne (Bicara) 23 Januari 2015 21.27 (UTC)

Perubahan struktur halaman dan istilah "Abstain" untuk pemilihan pengurus tahun depan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula diskusi-diskusi sebelumnya:
  1. Pembicaraan_Wikipedia:Prosedur_penetapan_kebijakan_dan_pedoman/Versi_2#Abstain_dan_netral (2007)
  2. Pembicaraan_Wikipedia:Prosedur_penetapan_kebijakan_dan_pedoman/Amandemen#Abstain/Netral (2011)
  3. Pembicaraan_Wikipedia:Pengurus/Pemungutan_suara/Ciko_untuk_pencabutan_pengurus_24_Mei_2011#Tentang_suara_abstain (jumlah abstain yang dihitung mempengaruhi hasil)
  4. Pembicaraan_Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan/Amandemen_Juni_2011#Tentang_jumlah_suara_yang_diperlukan_untuk_pengangkatan_pengurus_baru/pencabutan_status_pengurus (sambungan/pemungutan suara dari yang di atas [#2])
  5. Pembicaraan_Wikipedia:Pengurus/Pemungutan_suara/Mimihitam_untuk_birokrat_1_Mei_2012#Catatan (pemilihan pertama dengan penghitungan baru, abstain tidak dihitung dalam syarat 70%)
  6. Pembicaraan_Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan#Suara_setuju,_tidak_setuju,_dan_abstain (2012, tindak lanjut dari #5)

Halo! Saya ingin mengusulkan untuk mengubah struktur halaman pemilihan pengurus menjadi seperti ini. Alasan saya ingin melakukan hal tersebut adalah untuk lebih efisen dan memudahkan calon pengurus untuk memantau halaman pemilihannya. Selain itu saya juga ingin mengusulkan untuk mengubah istilah "Abstain" di dalam pemilihan menjadi "Netral", karena menurut pemahaman saya abstain berarti tidak terlibat sama sekali sementara netral berarti terlibat tetapi tidak mendukung. Salam! -- Bonaditya (bicara) 22.13, 13 Januari 2015 (WIB)

Sebenarnya tidak harus terlalu seperti itu sih, tapi pada bagian mengganti "Abstain" menjadi "Netral" saya setuju. Menurut KBBI Abstain berarti Tidak memberikan suara Sementara Netral adala Tidak memihak, saya pikir lucu, orang datang ke halaman pilihan lalu menaruh templat "abstain" lalu menandatangani dan kadang ikut memberikan pendapat pada calon, bukannya ini berarti pengguna tersebut memberikan "suara"? Jadi lebih tepat kalau WBI balik menggunakan kata "netral" sehingga Vote mereka dapat dihitung. Tidak hanya itu di halaman pemilihan seperti yang disampaikan bona, sebaiknya dibukakan juga bagian/seksi "komentar" sebagai pengganti "abstain" bila hanya ingin memberikan komentar tapi tidak memberikan vote, istilahnya dalam bahasa meta adalah "!vote".-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 13 Januari 2015 16.00 (UTC)
Setuju dengan penyederhanaan. Tapi saya lebih menyetujui vote netral dan abstain ditiadakan saja karena membingungkan penghitungan, karena menghitung ataupun tidak menghitung suara abstain bisa dikategorikan sebagai vote (menyetujui atau menolak). Solusinya bisa seperti yang diberikan aldnonymous bahwa yang tidak ingin vote tidak perlu memaksakan diri memberi vote, tapi fasilitasi saja bagian komentar. Hariadhi - Ngobrol 14 Januari 2015 06.19 (UTC)
Ikut nimbrung. Pertama menyangkut ada/tiadanya abstain/netral, saya berpendapat tetap diadakan karena ia tetap merupakan bagian dari suatu pemilihan yang sah, seperti halnya golput. Data abstain/netral ini bisa dijadikan bahan referensi terkait pemilihan yang berlangsung. Kedua soal istilah. Dalam kebanyakan pemilihan suara, istilah yang sering digunakan adalah abstain dan kenapa harus dirubah dengan netral? Padahal, begitu abstain diberikan oleh pemilih, itu juga adalah bentuk suara yang diberikan hanya saja sifatnya bukan mendukung dan bukan pula menolak (alias netral). Ketiga soal komentar, setuju untuk diadakan, terlebih bagi para pemilih abstain, semata untuk mengetahui dasar dari keputusannya untuk abstain. Trims, sekedar pendapat. Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 14 Januari 2015 07.30 (UTC)
Abstain berarti tidak memberikan suara, kalau berbicara masalah abstain semua pengguna yang tidak melakukan voting adalah abstain tandanya 600 ribu pengguna WBI yang terdaftar adalah abstain atau golput. Pemilihan di Wikimedia berbeda dengan pemilihan di dunia nyata, contohnya anda tidak boleh kampanye/canvassing, anda tidak boleh soliticing dan memberikan suara bila anda sedang dicalonkan per peraturan(hanya untuk di WBI dan beberapa wiki lainnya mengenai calon memberikan suara ke calon lainnya).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 14 Januari 2015 07.40 (UTC)

Kalau saya boleh ikut urun rembug, tidak ada salahnya pemilihan di Wikipedia ada miripnya dengan pemilu di dunia nyata. Kalau menurut saya istilah tetap abstain dan bukan netral. Netral mereka yg tidak hadir atau tak menggunakan hak suara mereka. Malah jika suara abstain tetap ikut dihitung lebih baik. Tidak masalah ini membantu yang setuju atau tak setuju. Meursault2004ngobrol 14 Januari 2015 18.09 (UTC)

Kalau mengikuti dunia nyata tandanya Kampanye(canvassing) juga akan diperbolehkan? Perasaan sudah jelaslah kalau wikipedia bukanlah Demokrasi, tapi lebih memilih konsensus dari persetujuan yang waras/menghindari suara ganda dari pengguna siluman, menghindari suara hasil canvassing dan lain lain. (w:en:Wikipedia:What Wikipedia is not#Wikipedia is not a democracy) Lalu menggunakan non-vote (!vote) untuk abstain dan hanya memberikan komentar (w:en:Wikipedia:Polling is not a substitute for discussion#Not-votes).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 14 Januari 2015 18.23 (UTC)

Asal tidak berlebihan saja, saya tidak berkeberatan untuk kampanye. Tetapi jangan menjadi tujuan. Sedangkan voting untuk 'kebenaran' suatu artikel yang tidak disarankan di pranala atas ini. Kalau menjadi pengurus dsb. tidak apa-apa, meski masalah silumanisme harus ditanggulangi. Di sisi lain, semua pengguna pada hakekatnya haknya sama. Jadi ada sedikit paradoks di sini. Kalau semua pengguna sama berarti demokratis. Tidak seperti pada sebuah ensiklopedi non-Wikipedia di mana pangkat dan keahlian menentukan isi. Saya kadang-kadang memikir apa Wikipedia perlu diberi badan editorial secara eksperimen. Tapi ini semua hanya masukan saja. Meursault2004ngobrol 14 Januari 2015 23.43 (UTC)


Sekadar rujukan, secara teknis abstain/netral dibutuhkan dalam mencapai kuorum. Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan#Definisi_dan_ketentuan_umum

  1. Suara yang setuju adalah jumlah suara mendukung (setuju) dikurangi dengan jumlah suara menentang (tidak setuju).
  2. Jumlah suara adalah jumlah keseluruhan suara valid yang masuk (mendukung + menentang + abstain).

Untuk pemilihan pengurus:

  1. Calon dapat diangkat apabila "suara yang setuju" mencapai minimal 25 dan disetujui oleh minimal 70% dari "jumlah suara".
  2. Pemungutan suara dinyatakan selesai apabila "jumlah suara" mencapai minimal 60 atau sudah berlangsung selama 2 minggu.

Sebelum diperjelas bahwa status abstain/netral tidak dihitung dalam "suara setuju", mereka malah secara teknis dianggap tidak setuju (tidak masuk ke 70% setuju, otomatis tidak setuju). contoh ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 05.07, 28 Januari 2015 (WIB)

Sudah saya tambahkan diskusi-diskusi sebelumnya di atas. Intinya, mengutip pertanyaan Ivan: "Jadi, intinya kita tidak menghitung suara abstain agar hasil lebih cepat dicapai, ya? Pada zaman yang serba cepat ini, keragu-raguan sudah tidak boleh lagi ada? "

Penambahan Bagian Penghapusan Berkas[sunting | sunting sumber]

Sejauh yang saya telusuri, dalam Wikipedia tidak ada pembahasan yang lebih spesifik terkait penghapusan berkas. Atas dasar itu, bagaimana kalau bagian ini dibuatkan artikelnya pada bagian [[Wikipedia:Kebijakan penghapusan#Penghapusan berkas]]? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 04.38 (UTC)

Silakan langsung dibuat dan diajukan proposalnya ke komunitas. --Ricky Setiawan (bicara) 19 Januari 2015 07.13 (UTC)
Kurang setuju kalau dibilang tidak ada, karena sebagian telah ada di Wikipedia:Penghapusan cepat#Berkas_.28B.29, artinya berkas yang terkena 11 kriteria ini dapat langsung dihapus tanpa diskusi. Kebijakan penghapusan yang memerlukan diskusi terlebih dahulu mungkin tidak ada dan silakan Anda buat ·· KℇℵℭK 20 Januari 2015 00.58 (UTC)

Usul penggantian judul artikel[sunting | sunting sumber]

Saya mau usul, bagaimana kalau artikel Elizabeth II dari Britania Raya diganti judulnya menjadi "Elizabeth II dari Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran" atau "Elizabeth II" saja seperti di Wikipedia bahasa Inggris, karena Elizabeth II bukan hanya ratu Britania Raya saja, tetapi juga Ratu Kanada, Ratu Australia, New Zealand, Papua Nugini, dsb. Karena judul yang sekarang seolah-olah mengenyampingkan negara-negara lain yang juga diperintah oleh ratu yang sama. Terima kasih. -114.125.45.27 21 Januari 2015 10.36 (UTC)

Harusnya cukup nama saja Elizabeth II gak perlu embel embel dari.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 21 Januari 2015 10.37 (UTC)
Setuju. Pasti pikiran orang yang mendengar/membaca nama Elizabeth II langsung tertuju pada ratu dari Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran. Elizabeth II lainnya jadi disambiguasi. -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2015 10.49 (UTC)
Nampaknya pengalihan Elizabeth II ke Elizabeth II dari Britania Raya sudah dibuat (sejak tahun 2005). Mengenai usulan pengubahan nama, perlu dijelaskan bahwa kata "dari" di sini menunjukkan asal tempat, bukan untuk cakupan kekuasaan. Penamaan semacam ini sudah diseragamkan juga bagi banyak tokoh, termasuk leluhur Elizabeth II. Jadi saya rasa tidak perlu ada pengubahan. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.11 (UTC)
Serujuk. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 04.29, 28 Januari 2015 (WIB)

Saya menemukan adanya nama lain, yaitu Elizabeth I dari Inggris. Pertanyaan saya, apakah nama yang digunakan menurut KBBI Britania ataukah Inggris? Jadi mesti ada salah satu halaman (antara Elizabeth I dari Inggris dan Elizabeth II dari Britania Raya) yang dipindah dengan nama yang sesuai Elizabeth I dari Britania supaya sesuai dengan Elizabeth II dari Britania Raya atau Elizabeth II dari Inggris Raya spy sesuai dengan Elizabeth I dari Inggris ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Januari 2015 21.30 (UTC)

Elizabeth I berasal dari daerah kerajaan yang waktu itu hanya bernama Inggris (England) dan saat itu belum terbentuk Britania Raya. Untuk jelasnya harap dilihat Kotak Info di bagian bawah artikel Elizabeth I tersebut di mana tertulis nama penguasa serta sebutan untuk asal daerahnya. Misalnya, sebelum tahun 1603 ada James VI dari Skotlandia, sedangkan setelahnya ada James I dari Inggris, dan lain-lain. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.56 (UTC)
Monarki Inggris Britania Raya... psshh... saran saya, kalau waktu Anda terbatas, jangan masuk lubang cacing itu... waktu Anda akan tersedot habis... bis... bis... [cf. xkcd/214] ꦱꦭꦩ꧀Bennylin omong 04.27, 28 Januari 2015 (WIB)
(ada James II & VII, ada William III & II, ada orang Spanyol, dan keajaiban-keajaiban lainnya)
Sepanjang sejarahnya, Inggris dan Britania Raya hampir selalu dikuasai dinasti asing (non-Inggris): Saxon (Jerman), Viking (Denmark), Saxon lagi, Normandia (Perancis), Plantegenet (Perancis), Tudor (Wales), Stuart (Skotlandia), Hannover (Jerman; Raja Georg bahkan tidak bisa bahasa Inggris!), dan yang sekarang Saxe-Coburg-Gotha/Windsor (Jerman lagi). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 04.50, 28 Januari 2015 (WIB)
Saya menyalahkan Viking dengan enaknya mengganti monarki Britbong .-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 12.55 (UTC)

Harap muatkan berberapa gambar screenshot wikipedia saat melakukan penghapusan artikel, berkas, dan pengembaliannya, pelindungan, pemblokiran, patroli, penyuntingan halaman utama dan ruang nama mediawiki[sunting | sunting sumber]

Akun ini ingin mengetahui seperti apa peralatan yang hanya dimiliki pengurus karena tidak terpilih menjadi pengurus. Muatkan berberapa gambar fitur wikipedia yang dibatasi! Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 00.46 (UTC)

Saran saya sebaiknya kamu belajar menyunting dan membuat artikel dengan tata bahasa yang baik. Belum saatnya kamu belajar menggunakan perkakas pengurus karena (saya yakin) kamu masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menggunakannya. Jika memang ingin tahu, silakan belajar secara otodidak dengan mencari sendiri ulasan mengenai hal tersebut, baik di proyek ini maupun di tempat lain. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 23 Januari 2015 02.32 (UTC)
Hanya ada sedikit tambahan tulisan. Di bagian atas, setelah versi terdahulu, ada tulisan hapus, lindungi, dll. Tidak ada yg istimewa. --Ricky Setiawan (bicara) 23 Januari 2015 15.39 (UTC)
Supaya tidak mati penasaran.

Blokir.jpg

Tak banyak perubahan yang terjadi setelah jadi pengurus, life as usual saja. Tapi jika sungguh menginginkan peralatan ini, berusahalah membuat ribuan artikel baru di Wikipedia dan banyak berkolaborasi dengan pengguna lain. Jika sudah dianggap layak oleh komunitas untuk menjadi pengurus, siapapun boleh memiliki peralatan ini. Jadi segeralah mulai menabung artikel-artikel dalam setahun ini. Siapa tahu kalau suntingannya cukup banyak, akan beruntung dipilih jadi pengurus. Tapi jika setahun ini hanya bolak balik nanya peralatan apa yang dimiliki pengurus, tanpa pernah berusaha membuat artikel ya tak akan pernah dapat. Boleh banyak tanya, tapi segera amalkan ilmunya Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 07.16 (UTC)

Usulan memecah artikel[sunting | sunting sumber]

Saya mengusulkan untuk memecah artikel Daftar pengusaha Jawa menjadi 2: Pengusaha Jawa dan Daftar pengusaha Jawa. Uraian yang diberikan sepertinya tidak cocok jika dimasukkan artikel berjudul Daftar Pengusaha Jawa. Masalah ini tahun lalu sempat menjadi perdebatan, jadi saya mohon masukan pendapatnya. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 24 Januari 2015 08.43 (UTC)

Setuju untuk memecah. Artikel daftar seharusnya hanya berisi daftar. Kondisi sekarang itu seperti dua artikel yang digabung. ·· KℇℵℭK 26 Januari 2015 01.31 (UTC)
Setuju Setuju Sebaiknya juga hilangkan berbagai kalimat yang sebenarnya hanya merupakan opini dari penulis artikel sebelumnya. Sisakan hanya yang memang didukung oleh data dan referensi yang jelas. Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 07.33 (UTC)
Setelah masalah selesai, nanti saya pecah menjadi dua artikel. Mohon bantuannya di sini supaya masalah cepat selesai. Terima kasih Okkisafire (bicara) 26 Januari 2015 11.05 (UTC)

Usulan Gambar Pilihan 2015 Periode 8[sunting | sunting sumber]

Saya bermaksud untuk mengulang pengusulan dan pemilihan Gambar Pilihan 2015 Periode 8, karena:

  1. semua gambar yang terpilih sekarang bertema "pesawat" dan diusulkan oleh @Bona Kartono, maksud saya agar mendapatkan topik yang lebih bervariasi alih-alih pesawat
  2. gambar pilihan #32 tahun 2015 telah dihapus; jika usulan mengulang satu periode ini gagal, gambar ini (#32 2015) mau tidak mau harus dipilih ulang.

Bagaimana pendapat yang lain? ·· KℇℵℭK 26 Januari 2015 13.25 (UTC)

Setuju SetujuHariadhi - Ngobrol 27 Januari 2015 13.15 (UTC)
Setuju SetujuAndriana08 - Ngomong 29 Januari 2015 11.50 (UTC)

Pranala yang sesuai[sunting | sunting sumber]

Seingat saya, pranala dan rujukan yang digunakan di Wikipedia harus bisa diverifikasi kebenarannya. Namun banyak sekali rujukan bersebaran di Wikipedia, tidak menunjukkan sumber ilmiah sehingga mirip blog meski bukan blogsite atau wordpress atau sebagainya. Contoh yang saya temukan ada pada artikel sakit jantung. Link http://ensiklo.com/2013/11/inilah-penyebab-sakit-jantung-yang-perlu-diwaspadai/ yang tidak mencantumkan referensi ilmiah apapun. Selain itu, artikel di link tersebut ditulis oleh seorang "Ibu rumah tangga sekaligus enterpreneur. Mengelola butik sebagai hobi selain menulis", bagaimana kita bisa mempercayakan penyakit jantung pada seorang ibu rumah tangga pengelola butik?

Editor haruslah bisa membedakan link yang sesuai dan tidak. Pranala yang berakhiran .biz adalah dikhususkan untuk bisnis, jadi sudah pasti penuh iklan dan tidak bisa berada di Wikipedia. Pranala berakhiran .org dikhususkan untuk organisasi, namun jika organisasi yang mengelola blog tersebut tidak capable atau belum termasyhur dalam topik tersebut, sebaiknya dihilangkan. Pranala berakhiran .ac adalah untuk akademik, misal website universitas tertentu.

Dan juga tentang seberapa "terpercaya" sebuah website berita, itu juga penting. Indonesia sudah cukup bebas dalam membangun laman berita online maupun cetak (tidak seperti negara saya) sehingga verifikasi kualitas berita seolah-olah hanya diserahkan pada konsumen. Saya tidak menebalkan pada laman berita yang memihak pada tokoh politik tertentu (karena itu umum terjadi di setiap negara), namun saya menunjuk pada laman berita yang "mengaku menulis berita padahal blog pribadi", dan laman berita seperti itu, sayangnya, dijadikan rujukan tunggal untuk menulis profil seorang tokoh atau organisasi di Wikipedia. Karena tidak ada sistem "trust rank" atau peringkat kepercayaan, maka saya usulkan agar artikel bertopik tokoh atau organisasi wajib memuat minimal tiga sumber. Tidak cukup dengan satu sumber terpercaya, karena seberapa terpercaya kah sumber itu? Dengan tiga atau lebih, maka kita bisa membandingkan kebenarannya.

Xiao Hua Lan (bicara) 30 Januari 2015 00.29 (UTC)

Menambahkan, website berbagi file seperti scribd.com docstoc.com dan 4shared.com, meski memuat tulisan dalam bentuk ms word namun perlu diverifikasi itu tulisan siapa. Dan seberapa terpercaya kah anneahira.com? Iklannya lebih banyak dari kontennya. Periksa http://www.anneahira.com/pernapasan-serangga.htm . Xiao Hua Lan (bicara) 30 Januari 2015 00.34 (UTC)
@Xiao Hua Lan Ini kasus Citogenesis, sudah saya perbaiki. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 12.47 (UTC)


Usulan penggantian syarat ke-dua untuk permohonan menjadi editor[sunting | sunting sumber]

Status:    Ditutup
, ditarik pengusul.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 15.40 (UTC)

Usulan ini datang dari Tuan Andiaz ketika tadi sama-sama meninjau permohonan pemohon yang ingin menjadi editor. Tanpa bermaksud tidak menyetujui pengangkatan editor baru tersebut, Tuan Andiaz memberi kesempatan agar pemohon merintis sebuah artikel baru, barangkali dapat dijadikan tolak ukur kemampuan seorang editor. Pada prinsipnya saya sangat menyetujui, sehingga pada kesempatan ini saya mengusulkan kepada segenap pengurus agar syaratnya diganti berbunyi 150 suntingan dalam tiga bulan terakhir, dan minimal 1 artikel rintisan sendiri sejak mendaftar. Atau bagaimanalah kalimatnya yang kira-kira lebih luwes.

Demikian usulan ini, mohon komentar para pengurus dan pengguna lainnya, dengan harapan setiap editor dapat lebih berkontribusi melalui kemampuannya. Terimakasih.  ANDRIANA  SUKE 

bicara 3 Februari 2015 11.02 (UTC)
Adalah benar yang disampaikan Sdr. Andriana tentang usulan ini. Permohonan ini yang menjadi dasar usuluan ini. Kami merasa perlunya penambahan syarat yang teknisnya bisa dimusyawarahkan disini. Poin yang dimaksud adalah:
minimal memiliki 2 [dimusyawarahkan] artikel yang sudah berstatus tertinjau atau setidaknya memiliki kriteria layak (walaupun belum tervalidasi).
Demikian. Thanks. Andi bapander 19.17, 3 Februari 2015 (WITA)
  • Tidak setuju Tidak setuju, pertama, status editor bersifat gnome, jadi memvalidasi artikel, memang ada istilah "kalau mengerti cara membuat artikel pasti mengerti kebijakan"<-- Ini saya anggap bias, karena gnome editor hanya membantu bersih-bersih bukan membuat artikel (Wikipedia:WikiGnome), kedua editor tipe teknis akan terbelenggu dari menyunting, misal mereka tipe yang suka menyunting templat, bukan artikel dan membuat templat, mengapa tidak diberikan saja hak editor ke pengguna ini agar templat yang lebih baik dan cantik bisa segera live?, ketiga "buat satu artikel rintisan" ini juga membelenggu pengguna tipe CV/CounterVandalism atau melawan vandalisme dan spam, mereka tidak membuat artikel, tapi lebih sering memperbaiki dan menghapus konten vandalisme dan spam. Saya pikir usulan ini sangat buruk dan tidak terlalu dipikir matang dulu, saya memilih tidak setuju untuk usulan ini. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 11.28 (UTC)
Mas Aldnon, saya pribadi setuju dan faham dengan maksud mas tentang Editor yg bersifat gnome ini, tentunya dalam konteks ia mengerti arti bersih-bersih. Maksud saya, bagaimana Editor bisa bersih-bersih sementara ia tidak tahu apa yang akan dibersihkan, kurangnya pengalaman, bahkan tidak ada pengalaman sama sekali. Yang pernah membuat artikel pun terkadang keliru dalam melaksanakan tugasnya sebagai editor (dlm hal ini saya), nah, bagaiman dengan yang tak ada pengalaman sama sekali? Setidaknya, jika ia ada pengalaman untuk membuat satu artikel saja yang layak, ia merasakan pemahaman tentang apa yang harus dikerjakan, yang diperbaiki, yang dibersihkan dsb yang sesuai tugas dan fungsi Editor. Mungkin kekwawatiran saya berlebihan. Sekian dulu. Mohon tanggapannya. Andi bapander 20.07, 3 Februari 2015 (WITA)
Semua orang dapat belajar, kalau saya benar-benar killer dan ketat, kamu AndiAz dan Andriana08 sebenarnya belum pantas mendapatkan Editor, tapi saya mengikuti Wikipedia:Asumsikan niat baik, kalau mau saya highlight kesalahan kalian berdua dalam kurang waktu 2 hari terakhir saya bisa dapatkan lebih dari 10, salah satunya yang paling saya sorot kesalahan menggunakan templat, kesalahan penggunaan ruang nama templat, kesalahan penyuntingan di halaman pengguna lain, dan yang paling saya sorot, salah satu dari kalian masih sering menggunakan Visual Editor yang notabene tidak melatih pengguna tersebut agar familiar dengan Wiki text script, dan Java AJAX. Jadi kalian berdua seharusnya BELUM dapat menjadi editor kalau saya super ketat dan saya heran kenapa kalian berdua malah niat memperketat aturan ini dan melawan arus tujuan adanya flag editor yang hanya untuk menyaring suntingan vandal dan spam, perhatikan baik-baik, EDITOR disini adalah perubahan tertunda atau pending change bukan benar benar "editor" seperti di en.wikibooks, jadi saya pikir, pengusulan ini ngawur (lebih lanjut lihat w:en:Wikipedia:Reviewing#Becoming_a_reviewer/Syarat lebih ringan malahan menjadi reviewer di English Wikipedia daripada id.wp, lihat halaman permohonan mereka w:en:Wikipedia:Requests for permissions/Pending changes reviewer <-- Simple padat dan menggunakan diskresi pengurus, lihat kriteria di Wikibuku Bahasa inggris kriteria ini otomatis dan tidak ada satupun kriteria yang menyatakan "harus pernah buat satu halaman buku" wikibooks:Wikibooks:Reviewers, lihat pengangkatan saya menjadi reviewer di en.wikibooks secara otomatis wikibooks:User talk:Aldnonymous), simplenya tujuan editor adalah untuk mengedit makanya namanya edit atau sunting, entah mengapa menjadi ada usulan buat artikel.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 12.38 (UTC)
  • Tidak setuju Tidak setuju, menyusahkan saya yang lebih suka memperbaiki artikel (sehingga suntingan saya tidak live), mengunggah gambar di commons dan menambahkannya di WBI, dan menerjemahkan konten baru ke WBI. Minimaxima (bicara) 3 Februari 2015 12.00 (UTC)
  • Penjelasan beberapa pengguna yang tidak setuju menjadikan saya semakin tahu, betapa pengetahuan saya tentang dunia wiki masilah sangat sempit. Untuk itu, dengan kerendahatian, saya memohon maaf kepada Tuan-tuan semua atas kebodohan saya mengusulkan hal-hal buruk semacam ini. Atas ilmu yang telah Tuan bagikan, saya sampaikan terimakasih. Saya masih tetap menunggu uluran kasih Tuan-tuan, di kesempatan lain untuk tetap bersedia mengajari saya. Salam dari saya,  ANDRIANA  SUKE 
22.03, 3 Februari 2015 (WIB)
  • Tidak masalah Andriana08, semua usulan bersifat baik sebenarnya, terima kasih usulannya @Andriana08. Jadi ditutup saja usulan ini?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 15.08 (UTC)
  • Baiklah, Tuan AldNon. Apabila berkenan, tutup saja usulan ini. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya karena telah merepotkan Tuan. Salam  ANDRIANA  SUKE 
22.34, 3 Februari 2015 (WIB)

Bahasa Ejain (Ejaan Indonesia)[sunting | sunting sumber]

Tolong tambahkan Bahas baru diwikipedia. Saya berencana ingin membuat bahasa sendiri yaitu Ejain, Ejain adalah singkatan dari "Ejaan Indonesia". Maksud saya ingin mempermudah cara pengucapan bahasa asing ke bahasa indonesia, seperti contoh : dari bahasa inggris "We" atau "kita" dalam bahasa indonesia, yang saya sederhanakan menjadi "Wi". "You" = Yu "Me" = Mi "I" = ai "Car" = Kar "Sunglass" = San-gles dll.

Prubahan (bicara) 8 Februari 2015 13.47 (UTC)

  • Belum No. Wikipedia bukan tempatmu untuk buat istilah baru, atau mengada-ngada.--AldNonBicara? 8 Februari 2015 17.10 (UTC)

Penggunaan ekstensi Upload Wizard di idwp[sunting | sunting sumber]

Dikarenakan Undang-Undang tentang Hak Cipta di Indonesia telah berubah sejak Oktober 2014, dan juga karena File metadata cleanup drive yang dilaksananakan WMF sejak September 2014, idwp telah teridentifikasi sebagai wiki yang memiliki ribuan gambar yang lisesninya tidak jelas (dengan kata lain: copyvio). Diskusi mengenai apa yang akan dilakukan dengan ribuan gambar tersebut sedang didiskusikan di antara para pengurus, dan untuk mencegah hal tersebut terulang lagi pada masa yang akan datang, kami berpikiran untuk mengganti fitur "Istimewa:Unggah" menjadi Upload Wizard. Alasannya adalah kami berpikir bahwa yang menyebabkan ribuan berkas copyvio ini adalah karena para pengguna tidak tahu lisensi apa yang sebaiknya dipilih di Istimewa:Unggah (karena pilihan lisensi hanyalah sebuah daftar dengan penjelasan sangat singkat), karena itulah mereka kadang-kadang tidak memilih ataupun memilih secara sembarang.

Pengunaan ekstensi Upload Wizard telah diminta di Phabricator (phabricator:T88918), namun mereka membutuhkan konsensus komunitas dan Penerjemahan ekstensi ini di TranslateWiki.

Bagaimana pendapat kalian? ·· KℇℵℭK 9 Februari 2015 00.53 (UTC)

  • Setuju Setuju Sudah saya tunggu-tunggu akhirnya dibuat... HAH! Bisa bernapas lega saya sekarang, gak dicekek staff WMF tiap kali masuk IRC Wikimedia :p --AldNonBicara? 9 Februari 2015 00.54 (UTC)
  • Setuju Setuju Lebih memudahkan pengguna, baik lama maupun baru dalam mengunggah berkas. -- Bonaditya (bicara) 07.58, 9 Februari 2015 (WIB)
  • Setuju Setuju Saya bantu terjemahkan ya. FarrasLa Poste 11 Februari 2015 10.03 (UTC)
  • Setuju Setuju Aku meninjau terjemahannya ya? Biar cepat diterima tlwiki.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 11 Februari 2015 - 19:40 wib.
  • Setuju Setuju Hariadhi - Ngobrol 14 Februari 2015 11.59 (UTC)
  • Setuju Setuju -- Wagino 20100516 (bicara) 14 Februari 2015 23.30 (UTC)
  • Setuju Setuju 에자그렌 (메시지를 보내) 17 Februari 2015 05.43 (UTC)

Komentar Komentar 
Penerjemahan "Upload Campaign" disini rasanya bukan untuk kata Kampanye. Karena ada kalimat "A campaign with this name exists already.", apa mungkin kampanye yang sama sudah kita lakukan dalam pengunggahan berkas? Kalau diterjemahkan menjadi "Pengoperasian Unggah" atau "Operasi Pengunggahan" bagaimana? Atau ada saran lain?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 11 Februari 2015 - 19:57 wib.
Kalau menurut saya, seharusnya boleh karena "kampanye" tersebut merujuk ke "kumpulan pengaturan yang telah disimpan sebelumnya" (selengkapnya baca: mw:Extension:UploadWizard/Campaigns). ·· KℇℵℭK 11 Februari 2015 15.36 (UTC)
Sayangnya pengertian kampanye bagi kita di Indonesia tidak berhubungan dgn "kumpulan peraturan". Jadi mohon kiranya dicarikan alternatif lain untuk artinya, agar tidak membuat bingung pengguna yang baru pertama (nanti) memakainya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 12 Februari 2015 - 00:57 wib.
Setahu saya, di bahasa Inggris kata "kampanye" juga tidak berarti "kumpulan peraturan". Di bahasa Indonesia, artinya:

kampanye n 1. gerakan (tindakan) serentak (untuk melawan, mengadakan aksi, dsb); 2. kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon yang bersaing memperebutkan kedudukan dalam parlemen dsb untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara; (Kateglo)

Arti "kampanye" yang pertama menurut saya cukup mewakili "kumpulan peraturan" tersebut karena "kumpulan peraturan" ini digunakan untuk menindak sesuatu secara serentak. ·· KℇℵℭK 12 Februari 2015 01.54 (UTC)
Bukannya akan lebih dimengerti jika "kumpulan peraturan yg digunakan untuk menindak sesuatu secara serentak" itu diterjemahkan dgn kata operasi atau pengoperasian alih-alih kampanye?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 12 Februari 2015 - 10:04 wib.
Hmm, sepertinya bisa juga, namun saya tetap pilih "kampanye" agar lebih sama dengan pesan dalam bahasa Inggris. Bagaimana menurut yang lain? ·· KℇℵℭK 12 Februari 2015 09.01 (UTC)
Saya setuju dengan Kenrick, saya lebih memilih kampanye. alagos 13 Februari 2015 09.40 (UTC)
Komentar Komentar 
Sesuai konsensus di sini, maka URL untuk Meja bantuan di translatewiki saya ubah menjadi seperti ini, karena akan berpengaruh pada halaman pertama UploadWizard yang berisi gambar tutorial seperti contoh di sini, pada bagian bawah gambar. Mohon pendapatnya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 15 Februari 2015 - 12:09 wib.
Templat:Kurang setuju karena perubahan yang Anda lakukan itu berdampak ke semua wiki berbahasa Indonesia yang menggunakan perangkat lunak MediaWiki dan ekstensi UploadWizard ini karena tidak semua wiki berbahasa Indonesia memiliki "Warung Kopi (Teknis)". Menurut saya, pertahankan "Meja bantuan" di tlwiki dan halaman Wikipedia:Meja bantuan dialihkan saja ke halaman ini. ·· KℇℵℭK 15 Februari 2015 10.32 (UTC)
Upss.. betul juga.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 15 Februari 2015 - 21:41 wib.