Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Komunitas
Semua
Kembali ke atas

Sumber terpercaya (media massa)[sunting sumber]

Mengingat banyaknya referensi artikel yang bersumber dari media massa, saya mengusulkan untuk membatasi sumber referensi yang berasal dari media massa hanya terbatas pada media yang telah terverifikasi oleh Dewan Pers (untuk media lokal). Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas referensi pada artikel. Terima kasih. Adhiwangsa ❯❯❯ Ngobrol 31 Mei 2021 13.08 (UTC)

@Adhiwangsa: ini ide yang baik (dan saya juga sudah lihat daftar yang disusun). Sepertinya yang perlu dijawab terlebih dahulu adalah apakah daftar ini sifatnya anjuran (semua sumber tepercaya boleh dipakai, namun dianjurkan untuk memakai yang ada di daftar) atau eksklusif (hanya boleh menggunakan sumber yang masuk ke daftar ini). Salam, dwadieff 5 Juni 2021 12.23 (UTC)
Izin nimbrung @Adhiwangsa: @David Wadie Fisher-Freberg:. Saya punya saran untuk hanya menggunakan media-media berita yang sudah terverifikasi secara administratif maupun faktual di Dewan Pers, tetapi tetap dipertimbangkan lagi profesionalitas dari isi berita tersebut. Kemudian, saya juga ingin menyarankan untuk menggunakan analisis Tirto untuk menyeleksi media-media dari Papua, karena terdapat media siluman yang salah satunya dimasukkan ke Wikipedia. Lihat: Media Siluman di Papua: Propaganda, Hoaks, hingga Narasumber Fiktif - Tirto.id
Tirto.id juga sempat membuat artikel mengeni analisis bias media Indonesia terhadap konflik Israel-Palestina. Lihat: Adakah Bias di Pemberitaan Media Indonesia Soal Israel-Palestina? - Tirto.id
Dan satu saran lagi, seleksi berita-berita yang menggunakan referensi dari berita luar negeri. AnsyahF(bicara) 16 Juni 2021 02.25 (UTC)