Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Jumat, 18 Januari 2019
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Nama Kepala Desa/Lurah di Templat:Desa/Kelurahan[sunting sumber]

Mengundang: @Albertus Aditya:, @Mimihitam:, @Hanamanteo: Saya memiliki usulan untuk membuka kembali per diskusi Wikipedia:Warung_Kopi_(Lain-lain)/Arsip/September_2010#Hapus_nama_lurah/kepala_desa. Saya pribadi mengusulkan agar tetap mempertahankan entri nama kepala desa dan nama lurah di {{Desa}} dan {{Kelurahan}}, serta templat2 terkait dengan alasan sebagai berikut: Pertama, menyanggah alasan2 diskusi per September 2010

  • Kebenaran nama kepala desa sangat sulit diverifikasi sehingga kemungkinan dimasukkan informasi yang ngaco tanpa kita ketahui. Tidak sependapat, sebagian besar referensi sudah didapat dengan mudah di data BPS per kecamatan dan Prodeskel Binapemdes Kemendagri.
  • Sebagian besar kepala desa tidak notable untuk dijadikan artikel di Wikipedia, sehingga tidak terlalu berguna bila dituliskan. Tidak sependapat, sebagian besar informasi di wikipedia juga belum tentu memiliki kebenaran mutlak. Justru dengan menambahkan informasi terkait kepala desa/lurah ini dapat membuka mata masyarakat luas untuk lebih memperhatikan desanya sendiri dan memantau aktivitas kepala desa/lurah terkait.
  • Informasi nama kepala desa tidak terlalu penting. Tidak sependapat, bagi arsitek dan pengusaha informasi semacam ini akan mempermudah perijinan jika dapat mengetahui kepala desa/lurah di daerah tersebut.

Kedua, membuat aturan terkait hal tersebut diatas;

  1. Tetap harus menggunakan referensi, bisa dilihat di data laporan BPS per kecamatan dalam angka, situs berita daerah, dsb. Contoh: gampong Alue_Bagok
  2. Kebutuhan informasi yang cepat terkait ijin2 seperti IMB, Ijin usaha dan ijin lainnya yg melibatkan pihak desa, sehingga Wikipedia makin banyak yang mengakses terutama artikel2 desa, kelurahan, kecamatan, dsb.
  3. Membuat artikel desa lebih informatif dan dapat diakses banyak orang.
  4. Menjadikan wikipedia sebagai sumber pertama atau akses cepat dari data desa2 yang selama ini masih rintisan. Saya berharap dengan banyaknya informasi terkait desa dapat membantu wikipedia untuk cepat berkembang dan disunting banyak orang.

Terima kasih. Joseagush(Bicara) 15 Desember 2018 05.15 (UTC)