Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Komunitas
Semua
Kembali ke atas


Bot untuk menghapus ikon bendera[sunting sumber]

Belakangan ini saya suka mengontrol dan mengecek artikel tokoh Indonesia secara acak dan membantu menghapus penggunaan flagicon bendera (sesuai konsensus soal penggunaan templat flagicon)


Yang ingin saya tanyakan apakah ada yang tertarik membuat bot-kah untuk membantu merapikan hal seperti itu? Terima kasih sebelumnya F1fans (bicara) 15 September 2022 01.55 (UTC)Balas[balas]

Hi @F1fans, sudah ada Rushingbot yang di kelola NFarras. Henri ngopi lur? 15 September 2022 03.02 (UTC)Balas[balas]
Ah... noted @Henri Aja. Terima kasih. F1fans (bicara) 15 September 2022 03.25 (UTC)Balas[balas]
@F1fans Halo, izin nimbrung. Bot yang saya buat tidak berjalan setiap hari, jadi masih terdapat kemungkinan artikel-artikel baru yang menggunakan bendera. Kalau boleh tau, biografi bertopik apa yang sering Anda temui menggunakan bendera yang salah? Naufal Farrasbicara 17 September 2022 16.37 (UTC)Balas[balas]
Halo bung @NFarras. Rata2 yg saya temukan masih ada yg pake bendera biasanya utk artikel biografi artis. F1fans (bicara) 18 September 2022 00.50 (UTC)Balas[balas]

Saran untuk Memblokir Zaar Dinn[sunting sumber]

Dear, Pengurus yang baik hati. Melalui pesan ini, saya mau menyarankan agar Pengguna bernama Zaar Dinn segera diblokir dari Wikipedia. Saya lihat beberapa kali pengguna ini sering melecehkan pengguna lainnya dengan kata-kata yang tidak pantas. Berikut ini buktinya Special:Diff/21613055. Mohon segera ditindaklanjuti. Tertanda, AA 114.122.100.83 15 September 2022 07.51 (UTC)

@WillsonEP09, RianHS, Veracious, Ustad abu gosok, Bennylin, dan NFarras: Tolong ditindaklanjuti. Dia juga ering nambahin film mendatang yang belum pasti. 2001:448A:3044:823C:21C0:1D29:67A2:B8B4 17 September 2022 13.27 (UTC)

Halo, selamat berjumpa lagi dengan saya. Wah, Anda kan melaporkan saya setiap beberapa bulan sekali yah, seharusnya Anda tidak menutup mata akan fakta bahwa bukan hanya saya yang membuat artikel film mendatang 🤭. Yuk bisa yuk, lakukan riset mendalam sebelum menyerang seseorang. Anda ini memang niat mengkritik saya secara tulus, kan? Bukan hanya karena benci saya sehingga menutup mata akan fakta itu, kan? Zaar Dinn (Bicara) 18 September 2022 00.27 (UTC)Balas[balas]

Bung AA ada benarnya juga, Wikipedia bukanlah bola kristal, kalau belum pasti terjadi memang harus dihapus. Veracious ^(•‿•)^ 20 September 2022 06.25 (UTC)Balas[balas]

Pengguna "Zaar_Dinn" sangat aktif. Juga dia sering menghilangkan peringatan dari halaman pembicaraannya. Dan dia bahkan sudah menyerang pengguna lain lebih dari satu kali. Jika terjadi insiden lain saya akan blokir pengguna "Zaar_Dinn" dengan segera. Taylor 49 (bicara) 20 September 2022 18.41 (UTC)Balas[balas]
@Taylor 49: Oke, ditunggu kabar baiknya. 2001:448A:3044:823C:78A1:C832:A85C:BFAC 22 September 2022 14.00 (UTC)Balas[balas]

Bung @Zaar Dinn: tabel film pendek di halaman Henky Solaiman tolong dibuatkan lagi yaa, tabelnya terhapus sepertinya.. kalau misal film panjangnya banyak, tabel film pendeknya lebih baik dibuatkan terpisah, kalau film panjangnya sedikit bahkan yang bersangkutan sudah meninggal misalnya, film pendeknya digabung saja ke tabel film panjangnya..

@WillsonEP09, RianHS, Veracious, Ustad abu gosok, Bennylin, NFarras, dan Taylor 49: Bagaimana pertimbangannya? Beliau semakin meresahkan. Menambahkan film mendatang yang tanggal tayangnya belum ada kepastian. Tolong ditindaklanjuti. Blokir mungkin salah satunya. 114.122.101.65 28 September 2022 03.53 (UTC)
Dear pengurus, mohon agar pengguna ini segera diblokir dari penyuntingan. Alasannya karena ia sering grasa-grusu menambahkan film dan serial mendatang yang belum ada kepastian tanggal tayangnya. Salah satu artikel yang ia buat baru-baru ini, Gita Cinta dari SMA (film mendatang), Mangkujiwo 2, Perjamuan Iblis, Wakaf (film). Bukankah ini tidak sesuai WP:FILM maupun WP:TV? Mohon segera ditindaklanjuti. Terima kasih.

@RianHS, WillsonEP09, Bennylin, Veracious, Taylor 49, Ustad abu gosok, dan NFarras: Salam, 114.122.101.65 28 September 2022 04.04 (UTC)Balas[balas]

Kali ini saya sertakan bukti yang cukup jelas sebagai bahan pertimbangan pengurus. Selain film-film di atas masih banyak lagi artikel yang dia rintis. Semoga para pengurus dapat segera mengambil tindakan tegas. Terima kasih. 114.122.101.245 28 September 2022 04.07 (UTC)
Memang ada artikel tentang film di Kategori:Film mendatang yang harus dihapus sesuai WP:FILM. Memang "Zaar Dinn" membuat artikel yang tidak sesuai dan harus dihapus. Saya akan memperingatkan "Zaar Dinn" tentang "WP:FILM". Tidak ada alasan untuk pemblokiran saat ini. Kalau terjadi penyalahguanaan, saya akan blokir. Taylor 49 (bicara) 28 September 2022 20.14 (UTC)Balas[balas]
Kenapa dia belum diblokir juga sih? Aneh!! Tolong dong ditindak. Malah aku yang berniat baik malahh sering diblokir 2001:448A:3044:823C:ED20:856F:EC4E:76CB 2 Oktober 2022 04.20 (UTC)
@RianHS, WillsonEP09, Bennylin, Veracious, Taylor 49, Ustad abu gosok, dan NFarras: Tolong blokir Zaar Dinn. 2001:448A:3044:823C:ED20:856F:EC4E:76CB 2 Oktober 2022 04.21 (UTC)Balas[balas]
Kenapa malah dilindungi oleh pengurus sih dia? Dia pantas diblok. Sungguh tidak adillll!! Pengurus dibayar sama dia ya? Pantas saja. Anon selalu diabaikan. 2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30 2 Oktober 2022 14.16 (UTC)
@2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30: Tindakan Anda sudah termasuk dalam tindakan vandal, yang berarti Anda melakukan spam templat {{mohon diblok}} di halaman pengguna dia. Hal inilah yang membuat halaman pengguna penuh dengan templat tersebut. Pengirim: Asuna (Laura) (bicara) 2 Oktober 2022 14.25 (UTC) Balas[balas]
@Asuna (Laura): Dasar aja kalian tim pembela Zaar Dinn. Saya sudah pernah taruh templat itu sekali, nggak pernah ditanggapi dan akhirnya dihapus. Jadi saya kirim banyak biar dibaca, eh malah kalian bela dia. Sudah ah, capek. 2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30 2 Oktober 2022 14.31 (UTC)
Siap-siap aja Wikipedia Indonesia jadi ajang peramalan 😂😂😂 karena banyak pengguna peramal di dalamnya.@RianHS, WillsonEP09, Bennylin, Veracious, Taylor 49, Ustad abu gosok, dan NFarras: Kalau kalian peduli kabulkan permintaan saya, kalau tidak abaikan saja ya 2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30 2 Oktober 2022 14.34 (UTC)
@RianHS, WillsonEP09, Bennylin, Veracious, Taylor 49, Ustad abu gosok, dan NFarras: Pengurus pada tidurkah? Kok nggak ada jawaban? 2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30 2 Oktober 2022 14.35 (UTC)Balas[balas]
Jangan terburu-buru untuk memanggil pengurus. Pengurus bisa saja tidak aktif/sibuk. Jadi responnya agak lama. Pengirim: Asuna (Laura) (bicara) 2 Oktober 2022 14.44 (UTC) Balas[balas]
@Asuna (Laura): Mereka aktif kok. Hanya pura-pura nggak baca. 2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30 2 Oktober 2022 14.50 (UTC)Balas[balas]
Saya suka memantau aktivitas para pengurus. Memang mereka pura-pura tak melihat pesan ini. 2001:448A:3044:823C:284A:34FA:FEBA:7A30 2 Oktober 2022 14.51 (UTC)
Berbaik sangka saja. Mungkin pengurus lelah. Colek saya – komentar tanpa tanda tangan oleh arya 88 (bk). 4 Oktober 2022 06.08 (UTC)Balas[balas]
@Arya 88, RianHS, WillsonEP09, Bennylin, Veracious, Taylor 49, Ustad abu gosok, NFarras, 27christian11, Agus Damanik, Bennylin, Ezagren, dan Dimas Laksani: Apakah bisa menindaklanjuti hal ini? Beliau semakin meresahkan. 2001:448A:3044:823C:A8BA:8B1E:E7E9:3057 6 Oktober 2022 11.59 (UTC)

Komentar Komentar Menurut saya membuat artikel tentang film yang akan tayang di masa mendatang tidak masalah selama banyak media yang membahas film tersebut dan itu merupakan hal yang lumrah di Wikipedia. Tolong jangan meributkan hal ini lagi karena para pengurus sudah bosan menanggapi anda Si Badak Piye kabare? Welcome 6 Oktober 2022 12.16 (UTC)Balas[balas]

@Badak Jawa: Saya nggak minta pendapatmu! Saya butuh tindakan pengurus 2001:448A:3044:823C:18F:389:9517:B9BA 7 Oktober 2022 13.11 (UTC)
Badak diam aja di Taman Safari. 2001:448A:3044:823C:18F:389:9517:B9BA 7 Oktober 2022 13.13 (UTC)

Tapi pengurus cuma diam tuh ketika anda men tag mereka hahahaha. "Saya nggak minta pendapatmu!" oh tentu, kami tidak butuh pengacau seperti anda. Bagaimana rasanya dicuekin oleh pengurus? Makanya jangan koar-koar minta blokir. Kasihan sekali anda 🤣🤣 Si Badak Piye kabare? Welcome 7 Oktober 2022 13.14 (UTC)Balas[balas]

@Arya 88, RianHS, WillsonEP09, Bennylin, Veracious, Taylor 49, Ustad abu gosok, NFarras, 27christian11, Agus Damanik, Bennylin, Ezagren, dan Dimas Laksani: Tolong ditindak. Jangan jadi tim pembela Zaar Dinn 2001:448A:3044:823C:18F:389:9517:B9BA 7 Oktober 2022 13.22 (UTC)
Percuma saja anda minta beberapa kali karena yang ada ga digubris oleh mereka. Sudah lha jangan ribut-ribut lagi Si Badak Piye kabare? Welcome 7 Oktober 2022 14.00 (UTC)Balas[balas]
Istimewa:Kontribusi pengguna/2001:448A:3044:823C:0:0:0:0/64 diblokir selama 34 jam. Mohon henti "ping-spamming". Kalau Anda ingin mengusul pemblokiran "Zaar Dinn" atau pengguna lain, sebaiknya mengantarkan bukti penyalahgunaan (vandalisme, serangan kepada pengguna lain, persilumanan, ...). Taylor 49 (bicara) 7 Oktober 2022 15.06 (UTC)Balas[balas]
Block, Zaar Dinn ASAP!! 2001:448A:3044:86E6:7003:4F3:1F02:ED1C 22 Oktober 2022 09.45 (UTC)
Zaar Dinn sudah diblokir oleh karena persilumanan. Taylor 49 (bicara) 11 November 2022 22.45 (UTC)Balas[balas]

Tentang agama[sunting sumber]

@65434fedcd, Adam Dorman, Daffa2800, Fahriahmad306, Fazoffic, Irkham Mahfudh, A154, JumadilM, M.Nadian, Mohamadhzanhari, Nara Fortice, Naval Scene, Padliansyah553, ReS99, Satria Alfatih Albantani, Srtq, Teknologi Positif, dan Zubair bin Ahmad:

Keadaan saat ini sama sekali tidak dapat diterima, dan bahkan terjadi perang suntingan baru-baru ini. Juga ada dua kategori Kategori:Kekristenan dan Kategori:Kristen untuk hal yang sama. Saya mengusulkan nama paling netral dan konsisten yang berikut untuk semua artikel dan kategori tentang agama tertentu:

Juga, bentuk benar nomina "Kekristenan", bukan "Kristen" yang kelas katanya adjektiva, dan "Buddhisme", bukan "Buddha" yang nama orang.
Setuju Setuju sebagai pengusul. Taylor 49 (bicara) 20 September 2022 18.22 (UTC)Balas[balas]
Kurang satu lagi kayaknya bung. Agama Khonghucu dialihkan juga ke Konfusianisme. F1fans (bicara) 21 September 2022 01.06 (UTC)Balas[balas]
Memang daftar di atas tidak lengkap. Agama Konghucu -> lebih baik Konfusianisme. Taylor 49 (bicara) 24 September 2022 23.11 (UTC)Balas[balas]

Setuju SetujuM.Nadian (bicara) 20 September 2022 18.42 (UTC)Balas[balas]

Kalau saat ini, terutama untuk hal ini juga, saya sedang mencoba mengembangkan Wikipedia:ProyekWiki Agama dan sedang memikirkan keras konsep untuk Wikipedia:Pedoman gaya/Agama. ▪ Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 20 September 2022 23.21 (UTC)Balas[balas]
Abstain Abstain A154 (bicara) 24 September 2022 09.42 (UTC)Balas[balas]

Overcategorization[sunting sumber]

Saya mengusulkan untuk meletakkan pintasan WP:OVERCAT di Bantuan:Kategori#Gunakan kategori yang tepat sambil menambahkan paragraf baru:

Juga saya mengusulkan untuk meletakkan pintasan dan poin baru seperti di atas pada Wikipedia:Pedoman penamaan/Kategori. Hysocc, Let's talk 22 September 2022 06.58 (UTC)Balas[balas]

Tidak perlu. Kita bisa gunakan WP:PAGECAT untuk kasus ini, sedangkan WP:OVERCAT sudah digunakan untuk "pemisahan dan pengkategorian artikel secara berlebihan", hal ini juga digunakan di Wiki English, artinya sudah susuai dengan kaidah umum, perbedaannya adalah di Wiki English, sudah ada artikelnya tersendiri yang membahas lebih rinci, sedangkan di sini kita masih belum ada sehingga masih menginduk ke Wikipedia: Bukanlah. Usul saya adalah silakan dibuat artikel tersendiri untuk membahas OVERCAT seperti di Wiki English.– komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 30 September 2022 00.22 (UTC)Balas[balas]

LTA Dilla2101[sunting sumber]

Pengguna yang ditemukan: Dilla21019

Saya takut untuk mengembalikan revisinya karena saya mengira suntingannya berniat baik. Jika diidentifikasi sebagai LTA Dilla, mohon untuk diblokir dan saya akan mengembalikan revisinya dengan segera. Maaf jika mengirim topiknya salah.

Terima kasih.

Sara (Yuuki) (bicara) 22 September 2022 14.51 (UTC)Balas[balas]

@Sara (Yuuki): saya juga awalnya mengira ia sedang memvandalisme namun setelah dicek ternyata cuma memperbaiki suntingan dan alhasil tidak jadi saya revert BadakJawa Monggo mampir 22 September 2022 15.06 (UTC)Balas[balas]

@Badak Jawa: Tapi nama penggunanya hampir sama, dimana angka yang dipakai LTA adalah 2101. Nah bagaimana?

Sara (Yuuki) (bicara) 22 September 2022 15.15 (UTC)Balas[balas]

Selain itu, di artikel I Love Jinny dan Bobowow, ia menuliskan bahwa kedua film tersebut adalah produksi Multivision Plus, namun ia tidak menambahkan referensi/rujukan untuk membuktikannya. Sara (Yuuki) (bicara) 22 September 2022 15.21 (UTC)Balas[balas]

@Sara (Yuuki): coba minta tolong kepada Cun Cun, Ustad abu gosok, Aris riyanto atau Taylor49 mungkin diantara mereka ada yang bersedia untuk menindak si Dilla alias LTA Hidayah BadakJawa Monggo mampir 23 September 2022 11.22 (UTC)Balas[balas]

Saat ini saya belum dapat menindak, karena masih menganggap suntingan berniat baik dan belum ada aktivitas signifikan yang bersifat merusak. Masih memantau. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 23 September 2022 22.45 (UTC)Balas[balas]
Belum ada bukti bahwa "Dilla21019" adalah "Dilla2101". Masalah utama dengan suntingan oleh "Dilla21019" adalah "Visual Editor" yang digunakan. Taylor 49 (bicara) 24 September 2022 23.01 (UTC)Balas[balas]

Anonim yang meresahkan[sunting sumber]

Mohon bantuan dan kerjasamanya untuk lebih mengawasi beberapa artikel yang nampaknya beberapa hari belakangan ini disunting terus oleh pengguna anonim yang dalam ringkasannya sering menuliskan wahabi dsb. Contoh yang saya temukan adalah untuk artikel Natasha Wilona dan Nasya Marcella, tapi tidak menutup kemungkinan artikel2 lainnya juga akan pengguna anonim tersebut vandal seenaknya. Salam. F1fans (bicara) 30 September 2022 12.29 (UTC)Balas[balas]

Setuju Setuju– komentar tanpa tanda tangan oleh arya 88 (bk). 2 Oktober 2022 06.35 (UTC)Balas[balas]
juga kelompok yg iseng mengganti tgl lahir tokoh-tokoh (seringkali artis). Cun Cun (bicara) 2 Oktober 2022 06.46 (UTC)Balas[balas]


Usulan pemblokiran Ukupan[sunting sumber]

Selamat malam semuanya, jadi saya ingin melaporkan tindakan yang dilakukan oleh pengguna ukupan. dia baru terdaftar 1 bulan lalu nah, kebanyakan dari suntingan yang dilakukannya tidak ada sumber dan keterangan suntingan serta keseringan menyunting tidak jelas bahkan seperti contohnya dia membuat perubahan pada sebuah artikel, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, tetapi dia tidak menyertakan sumber tepercaya/resmi mengenai perubahan yang dibuatnya. Jadi maksud saya bisakah dibantu selidiki pengguna ini karena di Wiki EN dia sudah diblokir oleh Jellywings, terima kasih semuanya. https://en.wikipedia.org/wiki/User:Ukupan

 
Verboden.png
Pengguna : Ukupan (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
Alasan : Pengguna baru, suntingan dilakukan secara terus menerus dan tanpa keterangan.
Pemohon : JGNTHA (bicara) 2 November 2022 16.10 (UTC)Balas[balas]

JGNTHA (bicara) 2 Oktober 2022 16.10 (UTC)Balas[balas]

Istimewa:Kontribusi_pengguna/Jellywings19 akun dikendali oleh orang yang sama (menurut wikipedia bahasa en) dan sudah diblokir. Saat ini tidak ada alasan memblokir akun "Ukupan". Suntingan kurang sempurna atau tanpa sumber resmi tidak cukup. Tidak ada vandalisme atau penyalahgunaan oleh akun itu di wiki ini. Taylor 49 (bicara) 4 Oktober 2022 05.03 (UTC)Balas[balas]

Terkait Nabi Islam vs Nabi Kristen[sunting sumber]

Artikel tentang tokoh Al-Qur'an dan tokoh Alkitab banyak yang sebenarnya nama tokoh sama, cuma karena beda sudut pandang malah dipecah artikelnya.

Oke lah, kalau misalkan Yesus, mungkin dia berbeda dari Isa Almasih, meski secara nama dan gelar terlihat mirip.

Ini masa, Ishak (tokoh Alkitab) dan Ishak (tokoh Al-Qur'an) dipisah cuma karena beda kitab yang menarasikan kisahnya.

Pas dibuka keduanya pun, ada indikasi Untuk tokoh dalam sudut pandang Kristen, lihat Ishak (tokoh Alkitab). Kan ngeselin. Padahal isinya sama, dalemannya juga sama anjir. Kenapa harus dipisah cuma karena "beda agama".

Saya usul buat artikel semacam itu dibuat satu (ditubrukkin) saja. Dan di artikel dikasih bagian "Dalam sudut pandang Kristen" sama "Dalam sudut pandang Islam". Diskusikan lah. Pengetik-AMkirim teks! 13 Oktober 2022 16.57 (UTC)Balas[balas]

Coba abaikan Wikipedia bahasa Inggris, kita harus independen, jangan sedikit-sedikit menengok ke sana. Pengetik-AMkirim teks! 13 Oktober 2022 16.57 (UTC)Balas[balas]

Setuju Setuju usulan mas Pengetik-AM. Kalau ada satu tokoh namun dalam dua atau lebih sudut pandang yang berbeda sebaiknya dijadikan dalam satu artikel tinggal nanti dibuat judul tingkat 2 nya "TOKOH dalam sudut pandang A" dan "TOKOH dalam sudut pandang B" dst. ✿Dimas Laksani✿ 15 Oktober 2022 04.24 (UTC)Balas[balas]

Sebetulnya untuk masalah isi artikel yang sama, itu pernah dibahas di Pembicaraan_Pengguna:Hafidh_Wahyu_P#Maryam: "Coba Anda baca kitab sirah para Nabi, semacam karya milik Ibnu Katsir, Anda akan lihat kalau beliau juga menyebutkan berkali2 "Disebutkan dalam kitab mereka (umat Yahudi dan Nasrani) bahwa ini xxxx" dan kalimat sejenisnya. Khazanah literatur Islam sejak awal tidak pernah antipati dengan literatur non-Muslim. Quran dan hadits berperan sebagai "batu pijakan" terhadap sumber luar."

Selain itu, ada yang mempermasalahkan pemasangan gambar terutama dari pelukis Barat pada artikel-artikel tentang tokoh agama Samawi (lupa saya di halaman mana) sehingga perlu dipisahkan berdasarkan sudut pandang agama masing-masing. --Glorious Engine (bicara) 15 Oktober 2022 04.44 (UTC)Balas[balas]

Tidak setuju Sangat tidak setuju, @Pengetik-AM, @Dimas Laksani, @Glorious Engine, saya gak yakin apakah sebaiknya digabungkan menjadi satu. Namun setiap agama memiliki pandangan-nya masing-masing, menurut pendapat saya, dan tidak bisa sembarang digabungkan. Memang betul bahwa ada tokoh-tokoh yang memiliki nama yang sama, tetapi bukan berarti digabungkan menjadi satu. Hal ini malah menjadi bercampuraduk dengan pandangan agama lain, yang saya takutkan, akan menjadi timbul masalah baru. Dedhert.Jr (bicara) 29 Oktober 2022 12.48 (UTC)Balas[balas]
Tidak setuju Tidak setuju seperti yang sudah saya duga, permasalahan mengenai hal semacam ini pasti akan muncul suatu saat di WBI. Dan saya nampaknya harus ikut meluruskannya. Sesuai namanya, Ishak (tokoh Al-Qur'an) berarti menceritakan karakter Ishak sesuai dengan apa yang ada di dalam al-Qur'an. Lalu sebaliknya, Ishak (tokoh Alkitab) menceritakan Ishak di Alkitab. Kedua artikel ini (harusnya) menceritakan tokoh sesuai dengan apa yang disebutkan oleh sumbernya masing². Ishak al-Qur'an dari al-Qur'an dan Ishak Alkitab dari Alkitab tanpa dipengaruhi oleh artikel sebelah (seperti terdapat pemasangan gambar, lukisan dan sebagainya). Dan untuk bung @Pengetik-AM:, apakah anda sudah selesai belajar? ▪ Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 29 Oktober 2022 13.02 (UTC)Balas[balas]
Tidak setuju Tidak setuju kalau misal digabungkan apa gak akan rancu? entar malah ada komentar bahwa Wikipedia mencampuradukan pandangan agama (meski niatnya mencoba netral), apalagi artikel soal nabi cukup sensitif F1fans (bicara) 30 Oktober 2022 08.07 (UTC)Balas[balas]

Templat:Negara infobox[sunting sumber]

Terkait Templat:Negara infobox seperti Templat:Kazakhstan infobox saya berpikir sebaiknya templat seperti ini dihapus saja.

Alasannya karena templat beginian susah buat disunting; harus ke laman templat dulu. Ditambah informasi di templat juga banyak yang usang karena tidak ada pemutakhiran isi templat.

Kebanyakan pengguna baru juga tidak bisa ikut menyunting informasi di tabel karena kesusahan buat akses halaman templat-nya.

Saya pikir ke depannya Templat:Negara infobox ini sebaiknya dihapus digantikan dengan templat yang ditulis manual. Biar informasi baru dapat dimutakhirkan dengan cepat. Pengetik-AM (bicara) 15 Oktober 2022 23.42 (UTC)Balas[balas]

@Pengetik-AM: Untuk penghapusan masih belum dapat dilakukan, dengan alasan #1 menghargai pembuat templat #2 templat masih digunakan. Setidaknya penghapusan harus memiliki dasar, misalkan "templat tidak digunakan", atau alasan lain yang bisa dilihat di KPC atau UP agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.
Justru ke depan kita tinggalkan cara-cara manual, kita gunakan wikidata untuk menyimpan dan menyajikan informasi, contoh {{kotak info spesies}} Colek saya – komentar tanpa tanda tangan oleh arya 88 (bk). 15 Oktober 2022 23.54 (UTC)Balas[balas]
ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 1 November 2022 15.42 (WIB) 1 November 2022 08.42 (UTC)Balas[balas]

Setelah ada bilang begitu saya jadi kepikiran buat bikin templat-templat Negara infobox jika memang itu lebih baik. Akan saya coba buat satu templat. Anda punya usulan templat negara apa yang harus saya buat?. Pengetik-AM (bicara) 16 Oktober 2022 05.23 (UTC)Balas[balas]

@Pengetik-AM: Template manual atau template wikidata? Colek saya – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh arya 88 (bicara) . 28 Oktober 2022 13.03 (UTC)Balas[balas]

Pemantauan film/serial mendatang[sunting sumber]

Dear Semua Kontributor Wikipedia Bahasa Indonesia di mana pun kalian berada. Melalui pesan ini, saya ingin menyampaikan saran agar kita lebih memantau artikel-artikel baru mengenai film/serial mendatang. Banyak film yang masih minim info sudah dibuatkan artikelnya. Bukannya ini hanya nyampah? Belum kalau film itu gagal tayang. Selain itu, seringkali referensinya tidak memadai (terlalu mengandalkan sumber primer, dari Instagram pula maupun sumber yang kurang tepercaya yang tidak terdaftar di Dewan Pers). Mohon bantuan pemantauannya. Terima kasih. 2001:448A:3044:86E6:B57D:BA47:8CCA:4CA7 29 Oktober 2022 00.46 (UTC)

Silakan berikan tag pemeliharaan seperti UP, KPC, REF dan sebagainya pada artikel-artikel yang anda maksud. Colek saya – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh arya 88 (bicara) . 29 Oktober 2022 04.32 (UTC)Balas[balas]
Iya, nih banyak banget artikel yang referensinya bermasalah 114.122.68.185 29 Oktober 2022 06.14 (UTC)

Saya turut berkontribusi memantau sejumlah artikel mendatang namun menurut saya sih banyak yang layak hanya saja tinggal menambahkan referensi dan isinya saja. Oh ya, mengapa anda juga memberikan tag KPC pada film India? Padahal referensinya layak dan merupakan terjemahan dari Wikipedia English lho. Kalau memberikan tag KPC sembarangan berarti anda tidak bisa menilai artikelnya dengan benar BJ2002 Ngobrol yuk 😊 29 Oktober 2022 05.12 (UTC)Balas[balas]

Karena nggak setiap artikel harus ada di Wikipedia bahasa lain jika tidak terkenal 114.122.68.185 29 Oktober 2022 06.13 (UTC)
wah, iya nih, makin membludak ternyata.... sepertinya memang harus dikosongkan nihh bapak pengurus! ▪ Fazoffic ( ʖ╎ᓵᔑ∷ᔑ) 29 Oktober 2022 13.12 (UTC)Balas[balas]
@Badak Jawa: Lo nggak tahu apa-apa diam aja deh. Berisik kali. 2001:448A:3044:86E6:A0AB:E40F:9C4:81DB 30 Oktober 2022 01.45 (UTC)Balas[balas]
Gue tandain lo! Salah satu pengguna yang résé kayak si ZD. 2001:448A:3044:86E6:A0AB:E40F:9C4:81DB 30 Oktober 2022 01.51 (UTC)
@Fadly kurniadi, WillsonEP09, Hanamanteo, dan Aditya Dirgantara: Izin memanggil master perfilman dan series. Tolong diperhatikan ya saran yang ini. Saya sudah nambahin tag-nya sebagian. 2001:448A:3044:86E6:A0AB:E40F:9C4:81DB 30 Oktober 2022 01.37 (UTC)
Halo, artikel ini bagaimana?. 103.248.199.110 30 Oktober 2022 06.58 (UTC)
Komentar Komentar Tinggal kasih templat rintisan dan menambahkan referensinya sudah bisa jadi artikel layak tuh Badak Jawa (bicara) 30 Oktober 2022 08.11 (UTC)Balas[balas]
lu sendiri yg sembarangan nilai berarti ga ahli dan ga tau apa-apa tentang artikel film. Kok nyalahin gua? Silakan tandain paling pengurus ga ada yang blokir gue 🤣🤣. Sebaliknya lu yang berisik karena sudah koar-koar minta blokir BJ2002 Ngobrol yuk 😊

30 Oktober 2022 07.52 (UTC)

Daripada ngebacot minta blokir si Zaar Dinn dan mempermasalahkan kelayakan artikelnya lebih baik lu bantu rapikan kalimatnya, mengganti referensi yang lebih terpercaya dan mengembangkan artikel tersebut Badak Jawa (bicara) 30 Oktober 2022 08.08 (UTC)Balas[balas]
Saya cukup setuju dengan WP:FILM#Film,_serial,_acara_televisi_mendatang. Oleh karena itu, perlu penghapusan sejumlah halaman di Kategori:Film mendatang, tetapi tidak semua. Artikel film mendatang yang masih layak apabila proses produksinya layak dibahas di Wikipedia, dibuktikan dengan adanya referensi terpercaya yang membahas proses produksi. Contoh: Buya Hamka (film), Balada Si Roy, atau Sri Asih (film). Andaikata film tersebut gagal tayang, proses produksinya saya rasa tetap layak ada di Wikipedia. Sedangkan untuk halaman film mendatang yang hanya berisi paragraf pembuka seperti Jin & Jun (film), walau dengan referensi terpercaya pun, sebaiknya dihapus saja. Intinya, film mendatang layak karena artikel tersebut membahas proses produksinya yang layak dibahas. Perlu diingat juga bahwa Wikipedia bukanlah basis data seperti IMDb .– Fadly kurniadiBicara 30 Oktober 2022 12.38 (UTC)Balas[balas]

Penghapusan[sunting sumber]

Sudah saya sarankan pengosongan sejak September Pembicaraan_Wikipedia:Kelayakan_artikel/Film_dan_acara_televisi#Penghapusan_artikel-artikel, karena tampaknya semua pengurus tidak sempat memeriksa satu per satu, maka saya berinisiatif mengosongkannya (yang karenanya saya diminta untuk diblokir). Silakan kalau ada artikel film yang sebenarnya layak / sudah tayang, artikelnya bisa dipulihkan (tidak perlu dibuat ulang). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin negosiasi 1 November 2022 16.06 (WIB)

Setuju dengan keputusan Mas Ben Colek saya – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh arya 88 (bicara) . 1 November 2022 09.21 (UTC)Balas[balas]

Instansi vertikal[sunting sumber]

Apakah instansi vertikal pemerintah pusat itu layak untuk dijadikan artikel? Misal artikel Balai Arkeologi dan Balai Pelestarian Kebudayaan.

Usul saya, seharusnya informasi tentang instansi vertikal itu dimasukkan aja ke artikel unit utamanya (unit eselon I, misal Direktorat Jenderal Kebudayaan). Tidak perlu dibikinkan artikel tersendiri. Ardfeb (bicara) 3 November 2022 05.25 (UTC)Balas[balas]

@Ardfeb:, tidak masalah, sepanjang artikelnya memiliki referensi eksternal dan bukan hanya referensi dari website milik pemerintah maupun website internal. Amerika Serikat punya Smithsonian Institute, Belanda punya Royal Netherlands Meteorological Institute, Jepang punya Japan International Cooperation Agency, dan juga berbagai negara lainnya yang mereka tidak disatukan dengan lembaga yang membawahi mereka. Yang tidak memiliki referensi eksternal, saya mendukung untuk disatukan ke artikel induknya. Hysocc, Let's talk 3 November 2022 07.38 (UTC)Balas[balas]
Kalo Royal Netherlands Meteorological Institute sih jelas layak untuk dijadiin artikel, karena di Indonesia kan mirip BMKG.
"Instansi vertikal" yg saya maksud adalah unit yg ada di daerah, misal Stasiun Klimatologi, Stasiun Meteorologi, dan Stasiun Geofisika. Rasanya lebih pas kalo dimasukin ke artikel unit utamanya aja.
Kalo mau dibikin artikel tersendiri, unitnya harus spesifik, misal Stasiun Geofisika Karangkates atau Stasiun Meteorologi Banyuwangi, asalkan ada banyak informasi yg bisa dicantumkan di sana.
Contoh nyata adalah rumah tahanan negara. Rasanya lebih pas kalo dimasukkan ke dalam Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Ardfeb (bicara) 3 November 2022 11.01 (UTC)Balas[balas]

@Ardfeb: instansi-instansi tersebut saya lebih setuju untuk disatukan pembahasannya dengan instansi "induknya"; kecuali jika memiliki peristiwa luar biasa dan atau memiliki pembahasan yang signifikan, kalau sekadar "instansi" saja tidak cukup untuk dibahas dan dikembangkan lebih lanjut, sama halnya artikel bertopik kodim dan polres yang sulit untuk dikembangkan. Hal-hal seperti ini sebetulnya dibahas di WP: OVERCAT tapi WBI belum ada essai atau kebijakan tersendiri untuk membahas hal ini. Colek saya – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh arya 88 (bicara) . 3 November 2022 11.14 (UTC)Balas[balas]

Contoh nyata pula bukti WP: OVERCAT adalah seperti artikel Balai Arkeologi, sudah tidak ada pembahasan signifikan dan tidak ada referensi, malah dipecah pula berdasarkan lokasi tertentu Balai Arkeologi Yogyakarta, padahal cukup gabungkan saja pembahasannya. Colek saya – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh arya 88 (bicara) . 3 November 2022 11.18 (UTC)Balas[balas]
Nah, itu juga. Mohon izin mengundang @Kembangraps: yang belum lama ini menyunting artikel Balai Pelestarian Kebudayaan. Mungkin punya pendapat lain? Ardfeb (bicara) 3 November 2022 11.31 (UTC)Balas[balas]
@Ardfeb:, maksud dari lembaga vertikal tingkat daerah dan non-daerah definisinya apa? Balai Arkeologi dan Balai Pelestaridan Budaya bekerjanya skala nasional kok karena tidak ada embel-embel nama wilayah setelahnya. Untuk Balai Arkeologi Yogyakarta saya setuju untuk disatukan dengan Balai Arkeologi. Sayangnya artikel Balai Arkeologi sendiri belum layak untuk berdiri sendiri karena kurang referensi sehingga memang cocok untuk disatukan dengan lembaga induknya. Tapi Balai Arkeologi bekerja dalam skala nasional, bukan daerah. Begitu juga dirjen ini itu di bawah kementerian ini itu, bisa disatukan dengan lembaga induknya. Hysocc, Let's talk 3 November 2022 11.39 (UTC)Balas[balas]
Instansi vertikal = unit pemerintah pusat di daerah. Ardfeb (bicara) 3 November 2022 12.03 (UTC)Balas[balas]

Tentang penghapusan halaman[sunting sumber]

Halo pengurus Wikipedia, saya mau bilang yaa.. Atas pemblokiran akun Zaar Dinn saya mengucapkan terima kasih.. Saya bukanlah yang mengusulkan untuk akun tersebut diblokir, saya adalah orang yang lain lagi..

Tapi saya ada sedihnya juga akun dia diblokir, karena saya tidak sepakat dengan alasan yang meminta dia diblokir karena sering membuat halaman film walaupun film tersebut belum di rilis. Saya tidak setuju dalam hal ini.. Coba saya mau tanya sama yang meminta menghapus halaman2 tersebut, kalian bisa nggak tanggung jawab untuk membuat halaman itu lagi nantinya jika akan dirilis filmnya.. Halaman2 film Indonesia yang dibuat oleh Zaar Dinn hampir semua akan tayang dalam waktu dekat, jadi sesungguhnya tidak masalah halaman itu ada, misalnya film Buya Hamka, Hello Ghost, Keluarga Slamet, Surga di Bawah Langit dan masih banyak lagi yang dihapus halamannya, kenapa sih harus diturutin dan dihapus halaman2 itu, emangnya orang Wikipedia akan gesit untuk membuat halaman2 film itu, saya tidak pernah melihat film2 Indonesia akhir-akhir ini yang halamannya dibuat langsung oleh pengurus Wikipedia, itu adalah bukti kalian sebenernya tidak berkontribusi terhadap halaman2 film Indonesia, semuanya nyaris akun Zaar Dinn yang membuatnya..

Jadi tolong kembalikan halaman2 film itu, bagi saya pribadi itu bukan sebuah masalah yang serius untuk kelangsungan informasi di Wikipedia bahasa Indonesia..

Terima Kasih 2001:448A:2083:26DF:6518:4021:7F85:91E7 3 November 2022 06.39 (UTC)

Penghapusan tidak ada hubungannya dengan dibuat oleh siapa. Sebagai pengurus yang menghapus artikel-artikel film masa depan, saya menghapusnya dikarenakan melanggar kebijakan WP:FILM tentanag larangan membuat artikel film/serial masa mendatang. Alasannya mengapa kebijakan ini ada lumayan panjang dan historinya bisa dibaca di sana dan di pembicaraan-pembicaraan lain. Singkat kata, setelah kebijakan ini diketok Juli 2022, maka nasib dari artikel-artikel tersebut sudah terpancang di batu (sudah pasti akan dihapus). Cuma, hingga September jajaran pengurus belum kelar-kelar juga menindaklanjuti artikel-artikel bermasalah tersebut, maka saya berinisiatif menuklir semua artikel di Kategori:Film mendatang.
Namun Anda tidak usah khawatir, karena kalau di masa depan ada film yang sudah selesai produksi dan ditayangkan, artikel yang sebelumnya dihapus bisa diminta untuk dipulihkan (dikembalikan), semua riwayat halamannya utuh akan kembali, dan Anda (atau Wikipediawan lain) bisa memperbarui informasinya. Contohnya adalah
ꦱꦭꦩ꧀Bennylin omong 3 November 2022 15.58 (WIB)

Usul tentang Grid Internet[sunting sumber]

Halo, saya ingin memberi tag KPC di halaman Grid Internet, tetapi agak ragu karena artikelnya dibuat pada tahun 2008. Namun yang membuat saya aneh adalah penulisan di artikel tersebut berantakan, hiperbolis, yatim dan tidak ada referensinya sama sekali. Apakah saya harus beri tag KPC atau dikembangkan saja?

Terima kasih. User-info.svg Sara (Yuuki) (tanya/kontribusi) 4 November 2022 15.03 (UTC)Balas[balas]

@Sara (Yuuki): berikan saja tag KPC karena artikelnya tidak berkonteks dan tidak adanya referensi. Selain itu juga di subjudul "Bagaimana Grid Bekerja" terkesan promosi BJ2002 Ngobrol yuk 😊

4 November 2022 15.13 (UTC)

Moving files to Commons[sunting sumber]

Hi! If you have some time the files in Kategori:Maps made by Meursault2004 should be ready to move to Commons. They should end in a good category on Commons so it is just move and delete :-) --MGA73 (bicara) 6 November 2022 16.13 (UTC)Balas[balas]

I would put this on hold because my concern is these 2006 might already outdated, since there are many changes to Indonesian local geographical divisions. I will put your request to the Village pump (Warung Kopi), to see if others might be able to clarify these maps are still accurate or not. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 7 November 2022 13.37 (WIB) 7 November 2022 06.37 (UTC)Balas[balas]
Historical maps can also be interesstering for Commons. So I would say the relevance depend on if they were ever correct or not. If they were correct it would be a good idea to add information about when they were valid. --MGA73 (bicara) 9 November 2022 11.18 (UTC)Balas[balas]

Menghapus penggayaan warna di infobox[sunting sumber]

Saya mengusulkan bahwa penggayaan warna yang ada pada infobox ini untuk dihapus (atau dikurangi). Sepertinya mereka terlihat out of place dibandingkan dengan infobox-infobox yang ada di Wikipedia lainnya.

Hans5958 bicara 13 November 2022 13.50 (UTC)Balas[balas]

Saya setuju dengan usulan bung @Hans5958. Mungkin skema warna bisa dibikin seragam/standar buat seluruh infobox. F1fans (bicara) 14 November 2022 02.47 (UTC)Balas[balas]

Usulan[sunting sumber]

Saya mengundang @Rifky 2011, Henri Aja, Fazoffic, WillsonEP09, Hans5958, David Wadie Fisher-Freberg, dan Dimas Laksani: dan teman-teman kontributor Wikipedia saya untuk berdiskusi mengenai tinggi badan artis yang suka ditambahkan oleh anonim tanpa referensi. Saya memiliki usulan untuk menghilangkan parameter tinggi badan dari Infoboxnya agar tidak lagi dicantumkan sembarangan oleh si anonim. Apakah kalian setuju? – komentar tanpa tanda tangan oleh Badak Jawa (bk).

Sebenarnya parameter ini juga digunakan pada Kotak info Pageant, Olahragawan dan profesi lain yang memang memerlukan informasi tersebut, tetapi ya dikembalikan aturannya sesuai kebijakan, bahwa setiap penambahan info mengenai hal tersebut harus disertai dengan rujukan/referensi yang kredibel. Penambahan informasi tanpa rujukan, bisa saja dihapus. Henri ngopi lur? 16 November 2022 16.21 (UTC)Balas[balas]

Tidak perlu dihapus parameternya. Saya lebih condong untuk dihapus templatenya dan digantikan semua isinya via wikidata, agar pengawasan dilakukan bersama-sama secara global. Tapi sementara ini, biarkan saja tanpa dihapus parameternya.Colek saya – komentar tanpa tanda tangan ini diberikan oleh arya 88 (bicara) . 16 November 2022 21.46 (UTC)Balas[balas]
@Arya 88: saya setuju dengan untuk menghapus templatnya dan digantikan semua isinya via Wikidata karena itu lebih baik agar tidak terjadi lagi vandalisme penambahan tinggi badan BadakJawa Monggo mampir 21 November 2022 05.23 (UTC)Balas[balas]

Saran untuk Blokir Aditya Dirgantara[sunting sumber]

Tolong blokir pengguna ini karena suka buat film dan serial mendatang kayak ZD padahal udah ada kebijakan WP:FILM . Mohon pengurus pertimbangkan. 125.164.16.197 18 November 2022 13.44 (UTC)

@WillsonEP09, RianHS, Dedhert.Jr, Symphonium264, Ustad abu gosok, dan Bennylin: Mohon segera ditindak. 125.164.19.68 19 November 2022 13.41 (UTC)Balas[balas]

Tolong sertakan bukti. Salam. - Colek saya: Arya 88 (kirim pesan di sini) 19 November 2022 14.35 (UTC)Balas[balas]

Mohon beri salah satu kontribusi terkait pengguna. Sekali lagi, saya bukan pengurus. *sigh* Dedhert.Jr (bicara) 20 November 2022 10.08 (UTC)Balas[balas]

Usulan perbaikan terjemahan dari kriteria A7 WP:KPC[sunting sumber]


Menurut saya point A7: 7. Tidak mengindikasikan kepentingan (tokoh, organisasi, situs) di WP:Kriteria Penghapusan Cepat itu terjemahannya (maaf) agak rancu dan membingungkan. Kalau saya akan menerjemahkannya sbb:

Tidak ada indikasi kalau (tokoh, seekor binatang, organisasi, situs, acara) itu penting.
Ini berlaku untuk setiap artikel tentang tokoh nyata, seekor binatang, organisasi komersial dan non-komersial, situs web, atau acara yang tidak terindikasi penting atau signifikan, dengan pengecualian institusi pendidikan. Hal ini berbeda dengan artikel yang tidak dapat diverifikasi atau sumber yang dipertanyakan reliabilitasnya, dan merupakan sesuatu dengan standar yang lebih rendah dari notabilitas. Hal ini tidak berlaku untuk album (yang mana tercakup pada bagian A9), produk, buku, film, program TV, perangkat lunak, atau karya-karya kreatif lainnya, tidak pula untuk keseluruhan spesies binatang. Kriteria ini berlaku jika klaim akan pentingnya atau signifikannya sesuatu atau seseorang tersebut tidak kredibel, dan artikel apapun yang berisi klaim yang terang-terangan palsu dapat diajukan untuk dihapus dengan cepat sebagai hoax (N2). Jika kredibilitas klaim tidak jelas, anda dapat memperbaiki artikel itu sendiri, mengusulkan penghapusan, atau mencantumkan artikel tersebut di artikel untuk dihapus.

Btw, "Seeokor binatang" di atas itu utk membedakannya dgn spesies binatang. Misal kucing tetangga bernama "meonk" dengan kucing (spesies) secara keseluruhan. Spesies kucing jelas signifikan utk dibuatkan artikelnya sendiri, tapi belum tentu demikian utk kucing tetangga bernama "meonk" tsb. Sekian. Cahyogunadi Cahyogunadi (bicara) 23 November 2022 07.00 (UTC)Balas[balas]

Tidak ada keharusan kita mengikuti WP:EN, jadi tidak perlu terjemahan yang sama persis. Yang penting bahasanya mudah dipahami, dan dimengerti, terutama oleh pengguna baru yang sering melakukan pembuatan artikel A7. Tapi jika anda ingin memperbaiki tata-bahasanya, dipersilakan.- Colek saya: Arya 88 (kirim pesan di sini) 23 November 2022 11.55 (UTC)Balas[balas]
Iya, tata bahasa dari terjemahannya yang saya rasa rancu dan membingungkan, makanya saya usulkan utk perbaikan, permasalahnnya halamannya cuma bisa dirubah oleh pengurus. Cahyogunadi (bicara) 23 November 2022 12.12 (UTC)Balas[balas]
Karena hanya bisa disunting oleh pengurus. Coba ping dulu pengurus lain, saya tidak bisa memberi opini sepihak. Atau silakan pindahkan diskusi ini ke halaman pembicaraan, karena menyangkut kebijakan kepengurusan.- Colek saya: Arya 88 (kirim pesan di sini) 23 November 2022 12.49 (UTC)Balas[balas]

@Cahyogunadi dan Arya 88: saya setuju dengan kalian. @Ustad abu gosok, Rachmat04, Dimas Laksani, Nyilvoskt, Symphonium264, dan Bennylin: bagaimana pendapat kalian? BadakJawa Monggo mampir 23 November 2022 13.03 (UTC)Balas[balas]

saya Setuju Setuju setuju saja dengan usul perubahan paragraf
ustad abu gosok (kotak wicara) 23 November 2022 13.19 (UTC)Balas[balas]
Setuju Setuju ! Nyilven sört hoztál ? 23 November 2022 13.27 (UTC)Balas[balas]


Usulan untuk menambahkan tag KPC U13[sunting sumber]

Halo, saya meminta usul untuk menambahkan tag KPC U13 dengan pesan:

Artikel yang berisi otobiografi tentang suatu pengguna atau pembuat halaman

Karena secara umum, di Wikipedia bahasa Indonesia banyak sekali artikel yang berisi otobiografi dari pembuat halaman atau seorang pengguna. Saya kasih contoh:

Bagaimana? Apakah layak ditambahkan? Rikka (Hina) (Bicara dengan saya) 23 November 2022 14.14 (UTC)Balas[balas]

Usul untuk menggabungkan kategori:pengusaha ke dalam kategori:wirausahawan[sunting sumber]

Sepertinya sinonim. Hysocc, Let's talk 24 November 2022 13.15 (UTC)Balas[balas]

Setuju- Colek saya: Arya 88 (kirim pesan di sini) 24 November 2022 13.47 (UTC)Balas[balas]

Usul pemindahan Hongaria ke Hungaria[sunting sumber]

Per KBBI dan diskusi di halaman pembicaraannya yang kayaknya macet, apa boleh diskusi tsb dibawa ke sini? Bang IWA (bicara) 24 November 2022 13.51 (UTC)Balas[balas]

Tanpa basa-basi, langsung dieksekusi. Di halaman pembicaraan yang macet pun tidak ada yang keberatan. Bagi yang merasa keberatan atas pemindahan ini, bisa buat diskusi/usulan baru. - Colek saya: Arya 88 (kirim pesan di sini) 24 November 2022 14.05 (UTC)Balas[balas]
Bisa minta tolong semua kategori, templat, dan artikel terkait seperti Kategori:Hongaria, Kategori:Tokoh Hongaria, Templat:Country data Hongaria, Tim nasional sepak bola Hongaria, Tim nasional sepak bola wanita Hongaria, Tim nasional futsal Hongaria, dan Tim nasional sepak bola pantai Hongaria dipindahkan juga? Py21 (kirim pesan) 28 November 2022 02.13 (UTC)Balas[balas]

Dugaan pengguna siluman[sunting sumber]

Halo, pengurus! Bisa di cek pengguna Sara (Yuki) dan Asuna (Laura). Saya curiga ini orang yang sama, tolong ditindak karena penyalahgunaan beberapa akun bukan sesuatu yang baik. Bukti. Yang gini kok jadi peninjau? Izin memanggil @Bennylin, Rachmat04, RianHS, Symphonium264, WillsonEP09, Arya 88, Dedhert.Jr, David Wadie Fisher-Freberg, dan Dimas Laksani: 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 13.59 (UTC)Balas[balas]

Mohon cepat ditindak. Dia mulai menghapus pesan ini agar kedoknya tidak terbongkar 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 14.09 (UTC)
Anda ini siapa? Kok mulai menuduh saya? Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 27 November 2022 14.10 (UTC)Balas[balas]
Seorang pengguna yang mau memberantas pengguna siluman. 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 14.11 (UTC)
Anda tahu pengguna siluman itu apa? Yang Anda sebut (Asuna (Laura)), itu adalah akun alternatif saya, jadi itu digunakan untuk berjaga-jaga jika akun utama ini ada masalah. Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 27 November 2022 14.13 (UTC)Balas[balas]
Tahu Pengguna siluman adalah akun tambahan yang digunakan oleh seorang pengguna yang menyunting Wikipedia dengan menggunakan lebih dari satu akun, yaitu Anda!!! 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 14.15 (UTC)

Mari kita kaji di WP: SOCK:

@Arya 88: Sudah saya tambahkan templat {{Akun lain}} di halaman pengguna Asuna (Laura) Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 27 November 2022 14.22 (UTC)Balas[balas]
Akun ini Asuna (Laura) suka merusak ya! Berarti penyalahgunaan. bisa lihat kontribusinya. 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 14.19 (UTC)
Akun tersebut itu waktu saya belum seberapa tahu tentang Wikipedia. Tahu gak? Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 27 November 2022 14.21 (UTC)Balas[balas]
Tetap saja! Blokir! Blokir! Blokir! 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 14.22 (UTC)
Eits ga bisa ga gitu. Memangnya anda pengurus? BadakJawa Monggo mampir 27 November 2022 14.23 (UTC)Balas[balas]
coba baca lagi baik-baik Wikipedia:Pengguna siluman BadakJawa Monggo mampir 27 November 2022 14.24 (UTC)Balas[balas]
Saya sudah stress dengan Anda yang suka menuduh saya telah menyalahgunakan beberapa akun. Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 27 November 2022 14.26 (UTC)Balas[balas]
Dak, lo kenapa muncul sih? 'Kan nggak saya panggil. Mohon jangan ikut campur. 2001:448A:3042:86C2:C134:AF58:A7EE:F698 27 November 2022 14.27 (UTC)
Saya ikut campur untuk membela teman saya yang lu tuduh BadakJawa Monggo mampir 27 November 2022 14.27 (UTC)Balas[balas]
Daripada lu ngerusuh dan ga tau apa-apa tentang akun alternatif lebih baik diam saja BadakJawa Monggo mampir 27 November 2022 14.31 (UTC)Balas[balas]
@Bennylin, Rachmat04, RianHS, Symphonium264, WillsonEP09, Arya 88, Dedhert.Jr, David Wadie Fisher-Freberg, dan Dimas Laksani: Setuju Setuju pengguna siluman harus diberantas! Mohon para pengurus untuk blokir pengguna ini. 2001:448A:3042:86C2:6845:329D:6CF7:4B8A 28 November 2022 13.06 (UTC)
Anda kurang literasi ya? Sudah dikasih link kebijakan sama @Arya 88: tetapi Anda masih aja "ngomel". Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 28 November 2022 14.04 (UTC)Balas[balas]
Untuk pengguna anonim, silakan baca ini.

Lihat poin 2, 3, 4. Itu sudah termasuk penyalahgunaan akun siluman bukan? Akun saya (Sara (Yuuki) dan Asuna (Laura)), tidak memiliki riwayat suntingan "vandal". Bisa berikan buktinya? Sara (Yuuki) (📞Chat yuk! 📝Kontribusi) 28 November 2022 14.10 (UTC)Balas[balas]

Halo semua, permintaan pemblokiran atas dasar penyalahgunaan akun ini tidak valid. Karena pengguna IP terus-menerus melakukan permintaan yang tak beralasan, saya memblokir 2001:448A:3040:0:0:0:0:0/44 selama seminggu. Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 30 November 2022 05.59 (UTC)Balas[balas]