Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Rabu, 2 September 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Pengurus jaga[sunting]

Seperti dokter jaga yang sering diberlakukan di kota-kota besar, saya mengusulkan agar Wikipedia menyediakan halaman yang memuat daftar Pengurus yang sedang online secara realtime. Tujuannya, agar para pengguna yang hendak minta pertolongan atau melaporkan kejadian krusial cepat tertangani. Seperti saat saya menulis usulan ini, tengah berlangsung vandalisme terhadap Halaman arsip pemungutan suara dengan menuliskan kata "b a j o t z" berulang-ulang. Saya bersama Ign christian berulangkali mengembalikan halaman tersebut dari tangan iseng. Halaman ini, bila disetujui, hanya berupa daftar nama Pengurus dan keterangan online/offline.

Nomor Nama Pengurus Status
1 Tuan Aldnonymous (hubungi) Selesai online
2 Bapak JohnThorne (hubungi) Belum offline
3 Ndoro Wagino (hubungi) Selesai online
4 dan seterusnya Belum offline

Demikian usulan saya, mohon kepada para Pengurus, editor, peninjau, agar memberikan komentar dan pendapat di sini. Atas perhatian para Pengurus dan semuanya saja, saya sampaikan terima kasih. Salam hangat penuh semangat. – Miss Andriana (bicara)  9 Juli 2015 jam 01:45 WIB

  1. Setuju Setuju dengan konsepnya, mengenai teknisnya mungkin bisa didiskusikan kembali dan lebih fleksibel. Ign christian (bicara) 9 Juli 2015 01.58 (UTC)

Komentar Komentar Mengingat ini adalah halaman diskusi maka sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu permasalahannya, jika tidak didapati mufakat barulah kemudian kita lakukan voting, itu pun jika memang diperlukan karena teknisnya belum jelas. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 9 Juli 2015 05.56 (UTC)

Komentar Komentar Secara teknis, gagasan saya adalah sebagai berikut:

  • Pranala halaman presensi pengurus ditampilkan pada Perubahan terbaru agar pengguna dapat langsung mengetahui.
  • Jika tidak berupa tabel seperti contoh yang saya bikin di atas, kita dapat memamanfaatkan templat {{Pengurus WBI}} dengan menambahkan field status Pengurus.
  • Pengurus yang sedang online tinggal menambahkan tanda online. Begitu juga yang akan offline, hendaklah menandai namanya dengan status offline
Miss Andriana (bicara)  9 Juli 2015 jam 13:24 WIB

Dulu ada yang namanya Ronda, bukan? Hampir sama konsepnya dengan ini. SpartacksCompatriot (bicara) 10 Juli 2015 15.13 (UTC)

  • Setuju Setuju Dengan demikian WBI akan lebih baik, dan apabila pengguna atau khususnya team editor membutuhkan bantuang tidak bingung lagi siapa yang dituju untuk musyawarah jika terjadi hal-hal yang urgent Andri Dariel (Bicara) 10 Juli 2015 15.30 (UTC)

Saya bukannya tidak setuju, namun saya merasa kurang praktis setiap kali daring atau setiap mau luring harus mengubah status. Ide seperti itu pernah saya temui (dari @Me iwan kalau tidak salah) untuk memantau status daring/luring pengguna (bukan hanya pengurus), lewat skrip en:User:TheDJ/Qui. Namun pengubahan status sekali lagi masih harus manual dan hal ini dapat menyebabkan kelupaan mengubah status Hahaha... ·· KℇℵℭK 10 Juli 2015 16.36 (UTC)

Bukan sekadar tidak praktis jika dilakukan manual, namun berdasarkan pengalaman pribadi sering kali saya membuka halaman perubahan terbaru, memeriksanya 1 atau 2 menit dan saat ditemui ada suntingan yang perlu dikembalikan langsung saya rollback. Namun setelah itu saya kembali fokus ke pekerjaan di dunia nyata. Oleh sebab itu meskipun laptop saya selalu terhubung ke internet, tetapi sesaat kemudian jika ada pengguna lain mengirimkan pesan tidak dapat saya balas dengan cepat.
Mungkin ada solusi lain yang sifatnya semi otomatis atau bahkan full automatic? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 11 Juli 2015 06.01 (UTC)
Mungkin ini dapat membantu Pengguna:Kenrick95/online.js. Dari menu "lainnya" (kulit Vector), terdapat opsi "Pengurus daring" yang jika diklik, muncul daftar pengurus yang melakukan suntingan ataupun tindakan lain dalam 500 suntingan terbaru. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 29 Agustus 2015 09.22 (UTC)

Tantangan Mingguan[sunting]

Saya melihat Tantangan Mingguan di Halaman Utama ini selalu mencantumkan (calon) artikel terjemahan dari luar negeri. Melalui kesempatan ini saya mengusulkan kepada Pengurus agar tantangan mingguan sekali-sekali difokuskan kepada penyempurnaan artikel. Sebut saja Emma Poeradiredja, artikel ini amat sangat layak menempati ruang nama di WPID. Seperti kita ketahui, Emma Poeradiredja merupakan perempuan tokoh pergerakan dari Jawa Barat yang namanya diabadikan sebagai rumah sakit. Tapi ironisnya, gara-gara cara menulisnya semrawut justru disematkan tag hapus. Selain Emma Poeradiredja, pastilah ada artikel yang notable namun memerlukan sentuhan kita. Mari, saya ketuk hati para Pengurus agar memperhatikan hal-hal kecil semacam ini. Terima kasih. Salam. – Miss Andriana (bicara)  22 Juli 2015 jam 02:44 WIB

Ide awal Tantangan Mingguan setahu saya adalah untuk meningkatkan jumlah artikel dengan menjaring sebanyak mungkin para pendatang baru agar tertarik untuk membuatnya, bukan untuk menyempurnakan artikel. Tetapi jika memang dirasa perlu, ada baiknya kita buka satu sub lagi pada bagian ini, yaitu mengenai penyempurnaan artikel atau katakanlah membuat artikel rintisan menjadi lebih lengkap, artikel biasa menjadi bagus dan yang telah bagus menjadi pilihan. Kendalanya saya kira tentu untuk menyempurnakan artikel dibutuhkan para pengguna yang memiliki kemampuan menulis cukup baik, bukan untuk (kebanyakan) pengguna baru. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 22 Juli 2015 01.15 (UTC)

Pemilihan pengurus 2015 ketiga[sunting]

Dengan belum terpilihnya Hanamanteo dalam Pemilihan pengurus 2015 kedua, otomatis harapan mendapatkan tambahan satu lagi Pengurus pupus sudah. Namun demikian, menurut saya, bukan berarti upaya tersebut berhenti sampai di situ, sebab tampaknya jumlah Pengurus memang perlu ditambah agar dapat membantu Pengurus yang sudah ada untuk menangani masalah-masalah teknis atau kejadian-kejadian krusial yang selama ini kadang cukup mengganggu. Mencermati kebutuhan tersebut, saya, Andriana, mengusulkan agar diadakan sekali lagi Pemilihan pengurus 2015 kedua tahap II, atau apalah namanya. Apabila usulan ini mencapai persetujuan signifikan, Pengurus dapat segera memulai tahapannya. Terima kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh Andriana08 (bk) .

Saya setuju sekiranya menjelang akhir tahun ini diadakan Pemilihan pengurus 2015 ketiga dengan harapan kita bisa mendapatkan pengurus baru setidaknya 2 atau 3 orang sebelum tahun 2015 berakhir. Wagino 20100516 (bicara) 7 Agustus 2015 09.55 (UTC)

Rancangan baru Templat Selamat Datang[sunting]

Dikarenakan templat selamat datang sekarang menurut saya memiliki terlalu banyak tulisan dan membuat orang-orang tidak membaca (saya sendiri termasuk yang tidak membaca pesan selamat datang), maka saya mengusulkan pengubahan rancangan dan penyederhanaan isi sebagaimana yang dapat Anda lihat di Pembicaraan Pengguna:Kenrick95/Sandbox/Templat:Selamat datang. Bagaimana menurut kalian? Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 08.37 (UTC)

Kalimat-kalimatnya sudah lebih sederhana, namun menurut saya sangat perlu ditambahkan warna latar dan beberapa ikon agar tidak terlihat monoton dan lebih menarik. Wagino 20100516 (bicara) 8 Agustus 2015 08.45 (UTC)
Ikon-ikon telah ditambahkan. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 09.02 (UTC)
OK OK Boleh juga. RaymondSutanto (bicara) 8 Agustus 2015 10.11 (UTC)
Bagus. Lebih singkat dan lebih informatif. Tapi memang perlu untuk dibuat lebih menarik. Hidayatsrf (bicara) 8 Agustus 2015 10.16 (UTC)
OK Dukung! --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 8 Agustus 2015 - 17:38 WIB

Saya heran ya, disini dari tampilan Halaman Utama, tempat pengusulan GP, templat selamat datang, dlsb selalu aja mengalami pengubahan. Sementara di en.wiki sendiri Halaman Utama-nya saja dari dulu nggak pernah diubah tampilannya. Ada apa ini ? --Erik Fastman (bicara) 8 Agustus 2015 11.22 (UTC)

Sebenarnya itu merupakan hak dari masing-masing Wikipedia itu sendiri (baca: komunitas yang menggerakkannya) untuk melakukan perubahan-perubahan, asalkan setiap perubahan itu tidak mengubah/menghilangkan esensi ensiklopedis dari Wikipedia dan juga harus didiskusikan bersama supaya pengguna lain tahu akan perubahan tersebut. Wikipedia bahasa lain (selain bahasa Inggris) juga melakukan perubahan kok, bahkan halaman utamanya juga demikian. --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 8 Agustus 2015 - 19:00 WIB
Kalau perubahannya untuk membuat Wikipedia lebih baik, kenapa tidak? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 16.00 (UTC)

OK OK Kalau yang ini kemungkinan saya baca, kalau yang lama tidak saya baca sama sekali..hehe. Ign christian (bicara) 8 Agustus 2015 15.28 (UTC)

Saya punya usul, bagaimana kalau pesan dalam bahasa lainnya ditambah? Jadi tidak bahasa Inggris saja, hehehe. Bisa ditambah bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, atau bahasa lainnya yang populer/berguna/penting. Terinspirasi dari tempat umum di luar negeri yang ramah pada orang asing. RaymondSutanto (bicara) 8 Agustus 2015 18.49 (UTC)

Jika templat baru ini disetujui, saran saya sebaiknya dibuat dengan nama baru, yaitu Templat:sd2 atau Templat:Selamat datang2 sedangkan yang lama tetap dipertahankan. Disamping itu seumpama templat ini tidak memiliki warna latar, maka setidaknya heading pada subbagian yang memiliki ikon diberi warna agar tidak terkesan jadul. Wagino 20100516 (bicara) 9 Agustus 2015 04.25 (UTC)
Hmm, bagaimana sekarang? Sudah dapat menangkap perhatian? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11 Agustus 2015 12.41 (UTC)
OK Juhara! Saya dukung kok dari awal! --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 12 Agustus 2015 - 19:53 WIB
OK Cantik Ign christian (bicara) 12 Agustus 2015 14.09 (UTC)
YaY Mohon izin, kalau tidak keberatan saya menyumbangkan koreksi dari "Halo Kenrick95," menjadi "Halo, Kenrick95." agar tampak mengindahkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terima kasih. -- igho (bicara) 14 Agustus 2015 08.36 (UTC)

Oke, sekarang sudah saya tampilkan di Templat:Selamat datang 2. Mohon dicoba dan laporkan jika terdapat adanya kesalahan. Rencana saya selanjutnya adalah mengubah agar bot saya dapat menyambut pengguna baru dengan rancangan baru pesan selamat datang tersebut. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 25 Agustus 2015 16.18 (UTC)

Kℇℵ: Tadi kayaknya udah dicobakan di halaman pembicaraan saya tapi dikembalikan lagi ya? Bagus kok. Tapi oke, nggak apa-apa deh di-rollback. Oh ya, gimana kalau dibikin pengalihannya sekalian yang lebih pendek, misalnya {{sd2}}? Makasih. Salam. -- Igho (bicara) 25 Agustus 2015 16.39 (UTC)
Selesai Selesai Telah saya terapkan di Templat:Sdbot2 juga. Dan bot saya telah mulai menyapa pengguna baru dengan rancangan baru ini. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 26 Agustus 2015 09.45 (UTC)

Waspada Gerakan Anti Islam di Wikipedia[sunting]

Dimohon semua pengguna wikipedia untuk mengawasi pengguna ini : https://id.wikipedia.org/wiki/Pengguna:Warmlaw. Dia dari suntingan terlihat memihak PKI dan tidak menyukai kelompok Islam atau tidak netral. Ada banyak data menunjukkan kejahatan komunis di seluruh dunia dan kekerasan PKI tahun 1948-1965. Tapi dia menjadikan PKI seolah olah korban tidak bersalah. PKI terbukti melakukan kudeta 2 kali (1948 dan 1965) Dia membuat daftar Aksi Koalisi Merah Putih ditinjau dari sisi keburukannya. Bahkan ada kalimat "Sepak Terjang Prabowo". Dia juga rajin menyunting keburukan FPI di daftar aksi FPI. Mohon wikipedia tidak menyudutkan golongan ideologi tertentu dan memihak ideologi lain. Bonardaboran (bicara) 25 Agustus 2015 05.49 (UTC)

Bung Bonardaboran yang baik, mohon dapat lebih memahami apa itu Wikipedia. Wikipedia bukanlah forum untuk membahas pandangan politik apapun atau siapapun. Wikipedia adalah ensiklopedia yang bersifat netral, dengan demikian berfokus pada pembuatan artikel dan isi artikelnya dari sudut pandang netral. Hindari menyerang pribadi pengguna manapun. Namun apabila anda melihat ada artikel yang tidak netral, silakan anda memperbaiki atau mengomentarinya. Demikian Etikawiki yang ada di sini. Semoga jelas. Salam, Naval Scene (bicara) 25 Agustus 2015 06.31 (UTC)
Kalau dalam pandangan saya, manakala ada suatu kaum yang memang sudah kita ketahui keburukannya, beberkan saja keburukan dengan apa adanya, dengan sumber yang jelas, maraji' (referensi) yang jelas, sudah itu, netralkan bahasanya. Na'udzubillahi min dzalik, kami semua berlindung dari segala firqah yang jahat, serupa komunisme, seperti apa yang dikatakan Taufiq Ismail, seorang penyair. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 25 Agustus 2015 14.30 (UTC)
Dari gaya suntingan Anda dan pesan Anda di sini-Special:diff/9809710 Anda sepertinya seorang simpatisan salah satu kubu, menjadi simpatisan boleh-boleh saja, tetapi melakukannya di Wikipedia adalah tindakan yang bodoh. Satu hal yang saya tidak senangi dengan pesan Anda adalah Anda membuat tuduhan yang tidak ada bukti (seperti diff, etc) sehingga Anda membuat tuduhan yang tidak berdasar dan hanya membuang buang waktu pengurus untuk mengecek semua suntingan Warmlaw. Bila Anda punya waktu bermain-main dengan kami lebih baik Anda membuat suntingan konstruktif seperti membuat artikel, memperbaiki suntingan, dll. Apakah Anda sudah baca w:en:Wikipedia:Here_to_build_an_encyclopedia#Not_being_here_to_build_an_encyclopedia, yang artinya tidak disini untuk membangun ensiklopedia? Ini benar-benar mirip dengan Anda, dan dapat dihadiahi dengan pemblokiran, saya ingatkan jangan dilakukan lagi. Salam.--AldNonBicara? 25 Agustus 2015 14.55 (UTC)
Bung AldNon, tampaknya pengguna ini perlu diberi kesempatan untuk berpikir, memperbaiki diri, dan belajar banyak hal tentang Wikipedia melalui pemblokiran. --Igho (bicara) 25 Agustus 2015 16.45 (UTC)


Bung Aldon saya minta maaf jika salah. Bukankah wikipedia harus netral dan bebas dari konflik kepentingan. Tapi saya bukan simpatisan salah satu kubu. Saya memilih Jokowi saat pilpres tapi saya sekarang menyatakan netral. Saya tidak setuju kalau ada yang terlalu memojokkan salah satu tokoh. Saya seorang Soekarnois tapi tak setuju dengan orang yang menghujat Soeharto dll. Saya nampak membela Soeharto tapi saya juga mengakui dia ada kesalahan kalau dibaca teliti di pesan saya. Oke saya coba sunting artikelnya. Yaitu Daftar aksi Koalisi Merah Putih. Suntingan pertama : Saya menghapus kalimat : Sepak terjang Prabowo. Karena ini tentang Koalisi Merah Putih bukan individu. Suntingan kedua : Saya menghapus kejadian sebelum Juni 2014 seperti pernyataan Hashim Djojohadikusumo di AS karena itu tahun 2013 dan sebelum Juni 2014 padahal Koalisi Merah Putih terbentuk Juni 2014. Suntingan berikutnya : kalimat yang tendensius dan berbau opini seperti : Apa yang mereka lobby? Berbeda dengan retorika Gerindra dalam kampanye yang ultra-nasionalis itu, usaha lobbying ini justru menunjukkan usaha Hashim – dan Gerindra – untuk menjadi bagian dari permainan politik di Washington.

Saya juga menghapus aksi individual anggota KMP dari daftar aksi koalisi merah putih. Karena sesuai judulnya yang dimasukkan hanya aksi koalisi secara keseluruhan. Jangan sampai nanti Fadly Zon makan soto di warung dimasukkan sebagai daftar aksi koalisi merah putih.

--Bonardaboran (bicara) 26 Agustus 2015 03.12 (UTC)

Saya persilakan Bung Bonardaboran artikel yang perlu disunting, mengusulkan penghapus untuk artikel yang perlu dihapus, menambahkan data baru untuk artikel yang perlu diperbaharui. Komunitas Wikipedia akan memantau kinerja anda. Tenang saja. Jika suntingan anda sudah sesuai, maka artikel itu akan dinyatakan layak. Tapi jika suntingan anda kurang sesuai, pastilah ada kawan-kawan komunitas yang bersedia ikut memberikan saran. Namun jika Anda merusak, maka Pengurus yang akan bertindak. Salam. --Igho (bicara) 26 Agustus 2015 03.32 (UTC)
Belum Ditolak, Cukup! Ini peringatan terakhir untuk Anda Bonardaboran, bentuk pembicaraan yang meniru Argument from fallacy tidak diterima disini. Jangan dilanjutkan! Cukup, saya tutup seksi pembicaraan ini.--AldNonBicara? 26 Agustus 2015 03.34 (UTC)

Kontributor teraktif[sunting]

Di Halaman Utama terpampang lima nama kontributor teraktif berdasarkan jumlah suntingannya yaitu

  1. Albertus Aditya — 83.814 suntingan (g)
  2. Bennylin — 73.995 suntingan (g)
  3. JohnThorne — 66.149 suntingan (g)
  4. Wagino 20100516 — 58.376 suntingan (g)
  5. Mimihitam — 52.743 suntinga

Menurut saya, nama-nama tersebut akhirnya akan menjadi menara gading dan tidak akan mungkin terkalahkan oleh siapa pun karena mereka telah lebih dahulu menyunting dengan sangat aktif. Pengguna baru mungkin akan dapat mengalahkan melampaui jumlah suntingannya apabila benar-benar bekerja keras secara cepat, meskipun cuma artikel rintisan. It's OK itu tak masalah silakan dipasang sebagai motivasi. Kalau disepakati, saya mengusulkan agar juga dipasang kontributor teraktif suatu periode (mungkin per tahun), supaya muncul nama lain yang sebenarnya juga merupakan kontributor produktif. Demikian usulan saya. Semoga dapat diterima, disepakati, dan tentu saja bermanfaat bagi semua pihak. Terima kasih. -- Igho (bicara) 29 Agustus 2015 16.24 (UTC)

Definisi "kontributor teraktif" sebaiknya dihitung mingguan, misal sekian kontribusi per minggu. Sudah pasti beberapa akan melebihi nama-nama di atas yang banyak vakumnya. Nama-nama di atas seharusnya adalah kontributor terbanyak, bukan teraktif. Dennis Vicarth (bicara) 30 Agustus 2015 06.54 (UTC)
Benar juga. Dapat dibuat kolom baru berjudul "Kontributor teraktif", yang berisi daftar pengguna dengan suntingan terbanyak dalam seminggu. Tapi kolom yang lama juga dapat tetap dipertahankan, dengan mengganti namanya menjadi " Kontributor teratas", sebagai penghargaan terhadap pengguna dengan kontribusi terbanyak ardhan (bicara) 31 Agustus 2015 02.49 (UTC)
Sebenarnya kita dapat melakukan pembaruan setiap hari/minggu dari sumber data ini untuk para pengguna aktif, namun (mungkin) kendalanya adalah siapa pengguna yang dapat melakukan hal tersebut secara rutin? Kontributor teraktif saat ini dikatakan aktif karena memenuhi kriteria minimal melakukan 1 kali penyuntingan dalam waktu 30 hari terakhir (dalam hal ini pada bulan itu). Oleh sebab itu jika dikatakan sebagai kontributor teratas maka data yang ditampilkan saat ini kurang tepat juga karena setidaknya ada 3 nama yang terlewati.
Dalam hal ini, mari kita tunggu masukan/pendapat/komentar dari pengguna lain. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 31 Agustus 2015 03.19 (UTC)