Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Sabtu, 20 Oktober 2018
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Artikel pilihan[sunting sumber]

Pengguna HaEr48 baru saja mengangkat isu soal "Proses pengangkatan AP terlalu sederhana?". Dimohon partisipasinya di sini. Terima kasih.  Mimihitam  18 September 2018 06.58 (UTC)

Tahukah Anda[sunting sumber]

Saya perhatikan, sama halnya dengan Hari Ini dalam Sejarah yang kurang mendapatkan perhatian, Tahukah Anda juga mengalami hal serupa. Mempertimbangkan usulan sebelumnya dari Mas Hariadhi, maka TA nantinya akan dirombak total.

  • Untuk mengapresiasi pengguna (entah baru atau lama), maka nantinya artikel yang dapat tampil di HU nantinya akan dipasangi bintang perunggu. Bintang perunggu ini sebelumnya pernah digunakan sebagai lambang AP, tetapi nantinya bintang tersebut dapat digunakan sebagai bintang artikel TA. Sekilas, artikel TA nantinya mirip dengan artikel teladan (recommended article) di beberapa Wikipedia semisal Wikipedia bahasa Jepang, Turki, dan Rusia. Lambang AP dan AB pun nantinya dapat menyesuaikan dengan bintang TA, dari yang sebelumnya tidak memiliki guratan menjadi memiliki guratan. Jenis bintang seperti ini digunakan oleh Wikipedia bahasa Portugal dan Turki; Wikipedia bahasa Arab dulu pernah menggunakan bintang ini. Jadi nantinya, bintang yang digunakan di WBI akan menjadi 3:
    • Lambang artikel TA: Cscr-featured.svg
    • Lambang AB: Cscr-featured2.png
    • Lambang AP dan DP: Cscr-featured1.png
  • Artikel yang direncanakan diusulkan menjadi AB, AP, dan DP nantinya harus melewati pengusulan artikel TA. Pengusulan ini tidak lagi menggunakan sistem pemungutan suara, tetapi sistem peninjauan yang sangat ketat. Artikel yang diterjemahkan harus melewati proses pemeriksaan terjemahan dll. Bila terjemahan artikel ini berantakan, tentunya artikel tidak dapat menjadi artikel TA. Artikel yang murni karya sendiri harus melewati proses penelusuran sumber, pemeriksaan tata bahasa, gambar dll. Ketika artikel yang diusulkan sudah lolos, maka artikel tersebut dapat diusulkan sebagai AB. Jika lolos menjadi AB, maka dapat diusulkan menjadi AP sebagaimana di Wikipedia bahasa Inggris. Untuk artikel yang berbentuk daftar, setelah lolos menjadi artikel TA, maka dapat langsung diusulkan menjadi DP.
  • Persyaratan artikel TA nantinya akan diatur lebih lanjut di waktu lain, tetapi untuk saat ini saya menyarankan kriteria panjang artikel dapat dipertimbangkan dalam persyaratannya. Misalnya artikel yang diusulkan harus mengandung sedikitnya beberapa ribu karakter, beberapa bagian, beberapa rujukan, dll. Untuk informasi lebih lanjut tentang kriteria artikel TA di Wikipedia bahasa Inggris, sila baca en:Wikipedia:Did you know#DYK rules.
  • Untuk mempermudah proses pengusulan, nantinya sebuah bot akan terlibat dalam proses pembuatan halaman pengusulan. Namun, usulan ini hanya dapat dilaksanakan ketika sistem patroli halaman baru sudah berlangsung dengan baik, sememtara untuk saat ini, tampaknya usulan ini belum dapat dijalankan karena patroli halaman baru masih kurang baik sejak bertahun-tahun yang lalu. Sistem kerjanya adalah, setelah suatu artikel yang lolos patroli halaman baru berusia satu hari (24 jam), maka secara otomatis bot akan membuat halaman pengusulan artikel tersebut jika memenuhi kriteria minimal seperti jumlah karakter, jumlah bagian, jumlah rujukan dll. Pembuat artikel atau pengguna lain dapat juga langsung membuat halaman pengusulan suatu artikel jika suatu artikel dirasa sudah memenuhi kriteria yang ada.
  • Lamanya diskusi pada suatu halaman pengusulan berlangsung paling cepat sehari jika artikel tersebut dinilai baik dari segi penulisan dan sudah memenuhi semua kriteria dan paling lambat bisa sampai berbulan-bulan, tergantung dari diskusi yang terjadi. Tidak ada sistem pemberian suara dalam penentuan lolos tidaknya suatu artikel. Jika dinilai memenuhi semua kriteria yang ada, maka artikel dinyatakan lolos menjadi artikel TA.
  • Akan ada koordinator yang mengatur jalannya diskusi dalam pengusulan artikel. Koordinator ini nantinya dipilih berdasarkan pemungutan suara sebagaimana pemilihan pengurus dan birokrat selama ini. Sistem kerja koordinator mirip dengan koordinator pengusulan AP dan DP di Wikipedia bahasa Inggris.

Mengundang HaEr48 dan Mimihitam yang berkomentar di sini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 22 September 2018 07.29 (UTC)

Sebenarnya saya setuju-setuju aja dengan perombakan, karena saya ingat dulu ada yang pernah menambahkan info odong-odong kalau Cheng Ho pernah mencapai benua Amerika. Tapi kayaknya jangan jadikan TA sebagai prasyarat AP/AB/DP deh, karena konsepnya berbeda... TA cuma buat pasang info menarik di halaman utama, kalau mau rombak AP/AB/DP ya buat sistem baru berupa penilaian sejawat sebelum bisa dicalonkan.. untuk TA, halaman pengusulannya cukup untuk fakta menarik/unik yang punya rujukan terpercaya dan lengkap.. terus ntar tinggal diusulkan penjadwalannya kalau sudah diterima dan diverifikasi.  Mimihitam  22 September 2018 07.46 (UTC)
Saya memandang apa yang diusul Sdr. Hanamanteo begitu menarik. Saya lebih sepakat memang, jika halaman yg tlh dibabar (padanan —karangan sy— dari expand) lebih baik dijadikan TA dulu sebelum melangkah ke AB/AP. Mari tengok kenyataan di Wiki English. Toh begitu kan? Saya rasa memang sistem begitu baiknya diadakan saja di Wiki Ind kita ini. Karena kenapa? Kadangkala saya lihat dalam pengusulan DYK d Wiki English itu, segala saran dan perbaikan dari hal yang besar sampai remeh temeh dimasukkan, entah soal kebahasaan, entah soal perbaikan fakta, dll. Nah, nanti baru dia masuk TA. Manakala mau calon AP/AB, ditambah lagi mana² yg perlu dimasukkan, ditambah, dsb. Saya rasa memang jika ada artikel panjang —dan baiknya di atas 10000 bita, ref banyak, hendak jadi AP/AB, calon dulu di TA, sebelum melangkah ke pencalonan dua hal itu. Sekian. --AMA Ptk (bicara) 22 September 2018 08.10 (UTC)
Mimihitam, saya perhatikan cara kerja Tahukah Anda di Wikipedia bahasa Inggris, kebanyakan artikel yang dijadikan artikel TA di sana isinya lebih banyak dan mutunya lebih bagus daripada artikel TA di Wikipedia bahasa Indonesia. Menurut saya, artikel yang lolos menjadi artikel TA bisa menjadi batu loncatan bagi suatu artikel untuk melangkah ke AB, AP atau DP. Itulah sebabnya saya kurang setuju apabila kolom TA hanya menjadi hiasan di HU sama halnya seperti HIDS, karena saya melihat ada potensi bertambahnya minat pengguna WBI untuk menghidupkan kembali TA sekaligus meningkatkan mutu artikel WBI yang semakin hari semakin menurun sebagai dampak dari banjirnya AP dan DP terjemahan mesin. Bahkan saya berharap nama baik WBI yang sempat tercoreng karena banyaknya AP dan DP terjemahan mesin bisa pulih kembali berkat mutu artikel TA yang lebih bagus. Saya kira penilaian sejawat mesti diberlakukan pada pengusulan artikel TA, jadi ketika sebuah artikel yang lolos menjadi artikel TA diusulkan menjadi AB, AP atau DP, maka diskusi AB/AP/DP bisa jadi tidak akan terlalu panjang karena segala permasalahan pada suatu artikel sudah diangkat pada pengusulan TA.
AMA Ptk, saya sepakat dengan Anda. Jikapun nantinya akan ada penyesuaian dengan keadaan WBI, maka ini akan didiskusikan di kemudian hari. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 23 September 2018 06.20 (UTC)
Soalnya setiap hari TA berubah, sementara jumlah AP kalau mau direset dari 0 pasti belum banyak. Nanti tahukah Andanya jadi monoton, isinya gitu2 aja dan topiknya terbatas. Mendingan yang diperiksa secara seksama itu kutipan yang diusulkan. Misalkan statement "tahukah Anda, bahwa Tiranosaurus kemungkinan besar memiliki bulu?", harus diperiksa apakah ada referensinya atau nggak.. kalau ada baru dimasukkan.  Mimihitam  23 September 2018 07.17 (UTC)
Kalau khuatir akan tidak adanya isian dan monoton, kenapa tdk ditentukan saja waktunya? Misal, isi TAnya per 2-3 bulan skali. Dan dalam pada itu, baik dalam sementara tempoh ini, TA itu isinya 2-3 fakta saja dulu. Sambil, kita pelan² menggaet pengguna baru yg bahan bacaannya luas, menulisnya bagus, dan bisa diarahkan agar konsisten di Wikipedia. Mdh²an jika dua hal itu terlaksana, maka terpenting adalah alon² pasti kelakon. --AMA Ptk (bicara) 23 September 2018 12.50 (UTC)
Aku ngerti & setuju dengan komentar dan "keluhan" dari Hanamanteo tentang kurangnya kualitas TA. Kalau mau diperketat, mungkin kendalanya paling besar adalah, kurangnya SDP (Sumber Daya Pengguna) untuk bikin TA disini "hidup" seperti DYK di en.wp. Kalau tiap hari ada 4-5 entri TA, tiap tahun ada ribuan TA. Apa pengguna/admin aktif disini ada waktu untuk melakukan review sebanyak itu? Kalau di en.wp itu banyak sekali "aktivis" yang terlibat untuk TA. Beda dengan misal, AP yang kita cuma perlu 1/minggu (52/tahun), kebutuhan workload untuk review memang tidak terlalu banyak. Kalau memang kita mau bikin kriteria formal untuk TA, aku usul mungkin untuk awalnya tidak terlalu ketat (misal: cukup minimal panjang dan pastikan kalau hook atau kalimat yang dipajang di Halaman Utama itu ada referensinya). Lalu output dari sini perlahan-lahan kita masukkan untuk mengganti TA-TA yang sudah ada. Trus kita lihat outputnya, berapa TA kah yang bisa keluar dari proses ini, lalu kita evaluasi lagi apa metode ini berguna. HaEr48 (bicara) 24 September 2018 03.38 (UTC)
Mimihitam, saya juga sadar kok kalau jumlah fakta pada TA setiap tahunnya pasti berjumlah ribuan, makanya sebagai langkah awal, hanya beberapa fakta yang sudah terlalu lama tidak diganti. Dulu juga ada upaya untuk mengganti semua fakta TA setiap bulannya, tetapi terkendala kurangnya tenaga. Ini berarti, pengubahan suatu fakta artikel lama dengan artikel baru yang lolos menjadi artikel TA itu tidak harus seradikal itu. Oh ya, perihal pemeriksaan keakuratan fakta, boleh juga. Karena pasti ada fakta yang belum diganti, jadi fakta itu diperiksa dahulu sembari menunggu diganti dengan fakta artikel baru.
AMA Ptk, itu dia. Mungkin bisa disamakan seperti AP yang tayang setiap seminggu sekali? Atau bisa jadi dua minggu atau bahkan sebulan sekali? Kalaupun tetap sehari, paling tidak ada beberapa fakta yang lama tidak diganti yang akan dijadikan sasaran artikel baru yang disetujui menjadi artikel TA nantinya. Jumlah faktanya pun mungkin bisa dikurangi dari 4 menjadi 2 atau 3.
HaEr48, sekitar 4 fakta setiap harinya, berarti sekitar 120 fakta setiap bulannya atau 1440 fakta setiap tahunnya. Saya sadar kok usaha ini tidaklah terlalu mudah. Pada 2013 dan 2014 memang ada upaya untuk memperbarui fakta TA, walau tidak semua fakta TA digantikan dengan yang baru karena kurangnya tenaga SDP. Sehingga, saya memiliki gagasan untuk menghidupkan kembali kepedulian terhadap TA. Dengan dihidupkannya kembali halaman pengusulan TA, diharapkan TA akan kembali hidup seperti AP dan Peristiwa Terkini (PT). Bahkan AP yang bisa dikatakan lumayan aktif pun pernah mengalami kejadian serupa. Pada 2013 sebuah AP yang sama pernah ditayangkan selama sebulan tanpa adanya penggantian karena kurangnya stok AP yang belum ditayangkan. Tetapi apakah demikian program AP dibubarkan? Malah sejak peristiwa itu, jumlah AP meningkat dengan signifikan dan hingga saat ini tidak terjadi lagi penayangan AP yang sama secara berulang, walau tentu saja kebanyakan AP yang disetujui pada rentang 2013-2014 bermasalah dengan terjemahan mesin dan beberapa yang lain bermasalah dengan pranala merah dan catatan kaki. Kembali lagi ke TA, harusnya ini dapat menjadi peluang yang cerah bagi peningkatan mutu TA di tengah permasalahan turunnya mutu AP karena bermasalah dengan terjemahan mesin. Tetapi, agar program TA nantinya tidak bermasalah seperti AP dalam hal mutu terjemahan, maka akan ada kriteria yang lebih ketat, walaupun jumlah kriterianya tidak sebanyak AP. Perihal kriteria artikel TA, saya fikir kriterianya tidak perlu banyak dan ketat untuk saat ini. Jika berjalan dengan baik, kriterianya bisa diperbanyak dan diperketat. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 24 September 2018 07.33 (UTC)

┌──────────────────────┘

Hanamanteo - Bisa dibuatkan halaman pengusulan kebijakannya nggak? Saya baru mendapati ada yang mengubah Tahukah Anda untuk tanggal 30 September dan 1 Oktober jadi tentang G30S semua, dan seringkali pakai info2 nggak jelas yang nggak tertulis di artikelnya. Kalau begini dibutuhkan reformasi supaya yang bisa dimasukkan hanya info yang sudah dicantumkan di suatu artikel dengan rujukan. Supaya sederhana, yang penting kalimatnya ada di artikel dan diberi rujukan terpercaya saja, terus nanti tinggal diputuskan bersama2 akan dimasukkan atau tidak. Bagaimana?  Mimihitam  30 September 2018 22.48 (UTC)

Mimihitam, setelah melakukan pertimbangan dengan matang, saya mencoba untuk membuat halaman permohonan pendapat berkenaan dengan ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 07.03 (UTC)

Keminatan akan ilmu di Wikipedia[sunting sumber]

Stlh melihat adanya fakta yg dipaparkan oleh @HaEr48: dan penggu lain seperti @Hanamanteo: juga @Mimihitam: bahwa kita kurang SDP, atau Sumber Daya Pengguna, untuk menulis artikel, maka sy rasa bahwa kita di real life mustilah mencoba mengajak orang —baiknya muda—, dia suka nulis di internet, suka baca buku/majalah, maka sepatutnya kita ajak nulis di Wikipedia. Entah gimana cara yg baiknya. Sy kira, dengan begitu perlahan² SDP yg kita semua harapkan akan membantu pengawasan artikel² di Wikipedia kita. Sekian. --AMA Ptk (bicara) 26 September 2018 06.54 (UTC)

@AMA Ptk Wikimedia Indonesia sudah sering mengadakan WikiLatih dan kompetisi-kompetisi menulis loh. Ngomong-ngomong, menurut saya kita juga butuh SDP untuk jaga perubahan terbaru, karena setiap pagi/malam waktu saya cek ulang selalu banyak vandal yang lolos. Kamu juga bisa membantu dengan memfilter perubahan terbaru jadi 500 perubahan dan khusus anon dan pengguna baru (harus diakui ini demografi vandal yang paling besar). Terus setiap siang/malam waktu kamu cek ulang, bakal kelihatan mana saja vandal2 yang lolos.  Mimihitam  26 September 2018 06.58 (UTC)
Well, saya lihat sih maksud daripada WikiLatih itu cukup baik, Mas. Gunanya ialah ada org baru mau mengisi Wikipedia ini. Tapi setelah kita lihat, kadang org² yg ikut pelatihan ini apakah berterusan, konsisten di Wikipedia Indonesia? Jarang, Mas. Kadang ia aktif dlm pelatihan belaka, —namun sesudahnya kita sulit pastikan dia akan tetap menulis di Wikipedia. Jadi, sy kadang sedikit sedih pula bilakah ada tenaga² muda yg baru, yg konsisten hendak menulis di sini? Terima kasih. --AMA Ptk (bicara) 26 September 2018 07.06 (UTC)
@AMA Ptk saya lihat sih problemnya struktural yah. Bangsa Indonesia minat bacanya masih rendah, dan yang minat baca pun kebanyakan yang dibaca bukan buku-buku pengetahuan, tapi novel-novel remaja atau buku aneh-aneh seperti "Napoleon/Hitler mati di Indonesia". Dari antara yang minat membaca pun tidak semuanya punya kemampuan mengolah isi bacaan dengan baik; hasil penelitian PISA menunjukkan siswa-siswa di Indonesia punya kemampuan baca yang sangat buruk, peringkat 66 dari 72. Jadinya susah buat banyak orang untuk memahami isi tulisan dan mengolahnya secara kritis untuk membuat konten ensiklopedia di sini. Belum lagi dengan kurangnya kebiasaan untuk berpikir kritis & ilmiah dan buruknya kemampuan untuk menulis secara ilmiah yang dilengkapi dengan rujukan; makanya kalau kita bandingkan sama negara kecil macam Austria dan Hongaria, mereka secara proporsional memproduksi jauh lebih banyak jurnal ilmiah & ilmuwan daripada kita. Selain itu, minat terhadap pengetahuan juga masih rendah. Jadinya ya wajar kalau negara kita kalah dengan negara kecil macam Norwegia atau Finlandia, karena di sana walau jumlah penduduknya kecil, tapi SDMnya berkualitas, minat bacanya tinggi, kemampuan membaca juga tinggi, dan minat terhadap pengetahuan juga tinggi, jadinya kontributornya yang tergerak untuk membuat ensiklopedia tanpa dibayar juga lebih banyak.  Mimihitam  26 September 2018 08.44 (UTC)
Betul sekali, Wikimedia Indonesia saat ini mengadakan pelatihan menulis bahkan dalam berbagai versi bahasa, ada Indonesia, Jawa, Sunda dan Minang, dan ke depannya Gorontalo. Permintaan pelatihan saat ini memang banyak di berbagai daerah, tapi benar yang diungkapkan AMA Ptk kalau kebanyakan dari mereka hanya aktif saat pelatihan saja--dan menghilang setelah pelatihan. Ada sih beberapa yang bertahan, tapi sedikit sekali. Ke depannya, yang saya dan teman-teman di Wikimedia rencanakan adalah program menulis Wikipedia di sekolah-sekolah dan kampus-kampus. Dengan begitu, mungkin retensi menulisnya lebih tinggi, daripada format seperti saat ini. RaymondSutanto (bicara) 26 September 2018 09.04 (UTC)
@RaymondSutanto bikin di Kanisius lah . Walaupun belum kuliah, tapi banyak yang udah jago bahasa Inggris.. bisa banyak membantu menerjemahkan  Mimihitam  26 September 2018 13.36 (UTC)
Yah ke depannya apabila sudah siap, mungkin bisa saja. Masuk ke tempat yang tidak sembarangan tentu butuh persiapan yang matang. RaymondSutanto (bicara) 26 September 2018 14.29 (UTC)
Saya juga mengakui ngajak teman di perkuliahan utk turut nulis di Wikipedia masih kurang berminat mereka. Harapan saya sih, jika temen² ada mengenal anak² muda yg bagus di membaca, dan menulis secara ilmiah, tlg ajak mereka ke Wikipedia Indonesia ini. Soalnya, jika masih SMA-perkuliahan, kesempatan mereka untuk turut nulis pasti masih besar sekali. Dan terakhir, tlg buat mereka bisa terus bertahan di sini, walaupun event pelatihan usai. Terima kasih. Sekian. --AMA Ptk (bicara) 28 September 2018 06.17 (UTC)
@AMA Ptk: Apabila membutuhkan bantuan dari Wikimedia Indonesia, bisa hubungi saya via email ya. RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 07.31 (UTC)

Perbaikan {{hr}}[sunting sumber]

Saya sedang bermain-main dengan beberapa templat yang tersedia di WBI. Setelah beberapa templat, saya menemukan bahwa templat {{hr}} menghasilkan:

(Kroasia)   

Hal ini tentu saja mungkin menggangu pengguna yang ingin menciptakan garis horizontal (horizontal line) di WBI. Maka sebab itu, saya ingin pengubahan atas templat tersebut.


FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  13 Oktober 2018 13.07 (UTC)

@Firman.Nst: Templat {{hr}} memang di Wikipedia bahasa-bahasa lain dikhususkan untuk Kroasia. Kalau untuk garis horizontal di Wikipedia bahasa Inggris digunakan {{Dividing line}}. Silakan membuat templat {{Garis horisontal}} bila diperlukan. JohnThorne (Bicara) 19 Oktober 2018 20.09 (UTC)
@JohnThorne: Bagaimana dengan {{gh}} saja, agar lebih mudah untuk diketik?

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  20 Oktober 2018 06.31 (UTC)

@JohnThorne: Mas mohon bantuannya untuk memperbaiki visual templatnya di hp. Terima kasih

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  20 Oktober 2018 06.52 (UTC)