Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 2 Agustus 2015
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Meursault2004!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Pengurus jaga[sunting | sunting sumber]

Seperti dokter jaga yang sering diberlakukan di kota-kota besar, saya mengusulkan agar Wikipedia menyediakan halaman yang memuat daftar Pengurus yang sedang online secara realtime. Tujuannya, agar para pengguna yang hendak minta pertolongan atau melaporkan kejadian krusial cepat tertangani. Seperti saat saya menulis usulan ini, tengah berlangsung vandalisme terhadap Halaman arsip pemungutan suara dengan menuliskan kata "b a j o t z" berulang-ulang. Saya bersama Ign christian berulangkali mengembalikan halaman tersebut dari tangan iseng. Halaman ini, bila disetujui, hanya berupa daftar nama Pengurus dan keterangan online/offline.

Nomor Nama Pengurus Status
1 Tuan Aldnonymous (hubungi) Selesai online
2 Bapak JohnThorne (hubungi) Belum offline
3 Ndoro Wagino (hubungi) Selesai online
4 dan seterusnya Belum offline

Demikian usulan saya, mohon kepada para Pengurus, editor, peninjau, agar memberikan komentar dan pendapat di sini. Atas perhatian para Pengurus dan semuanya saja, saya sampaikan terima kasih. Salam hangat penuh semangat. – Miss Andriana (bicara)  9 Juli 2015 jam 01:45 WIB

  1. Setuju Setuju dengan konsepnya, mengenai teknisnya mungkin bisa didiskusikan kembali dan lebih fleksibel. Ign christian (bicara) 9 Juli 2015 01.58 (UTC)

Komentar Komentar Mengingat ini adalah halaman diskusi maka sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu permasalahannya, jika tidak didapati mufakat barulah kemudian kita lakukan voting, itu pun jika memang diperlukan karena teknisnya belum jelas. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 9 Juli 2015 05.56 (UTC)

Komentar Komentar Secara teknis, gagasan saya adalah sebagai berikut:

  • Pranala halaman presensi pengurus ditampilkan pada Perubahan terbaru agar pengguna dapat langsung mengetahui.
  • Jika tidak berupa tabel seperti contoh yang saya bikin di atas, kita dapat memamanfaatkan templat {{Pengurus WBI}} dengan menambahkan field status Pengurus.
  • Pengurus yang sedang online tinggal menambahkan tanda online. Begitu juga yang akan offline, hendaklah menandai namanya dengan status offline
Miss Andriana (bicara)  9 Juli 2015 jam 13:24 WIB

Dulu ada yang namanya Ronda, bukan? Hampir sama konsepnya dengan ini. SpartacksCompatriot (bicara) 10 Juli 2015 15.13 (UTC)

  • Setuju Setuju Dengan demikian WBI akan lebih baik, dan apabila pengguna atau khususnya team editor membutuhkan bantuang tidak bingung lagi siapa yang dituju untuk musyawarah jika terjadi hal-hal yang urgent Andri Dariel (Bicara) 10 Juli 2015 15.30 (UTC)

Saya bukannya tidak setuju, namun saya merasa kurang praktis setiap kali daring atau setiap mau luring harus mengubah status. Ide seperti itu pernah saya temui (dari @Me iwan kalau tidak salah) untuk memantau status daring/luring pengguna (bukan hanya pengurus), lewat skrip en:User:TheDJ/Qui. Namun pengubahan status sekali lagi masih harus manual dan hal ini dapat menyebabkan kelupaan mengubah status Hahaha... ·· KℇℵℭK 10 Juli 2015 16.36 (UTC)

Bukan sekadar tidak praktis jika dilakukan manual, namun berdasarkan pengalaman pribadi sering kali saya membuka halaman perubahan terbaru, memeriksanya 1 atau 2 menit dan saat ditemui ada suntingan yang perlu dikembalikan langsung saya rollback. Namun setelah itu saya kembali fokus ke pekerjaan di dunia nyata. Oleh sebab itu meskipun laptop saya selalu terhubung ke internet, tetapi sesaat kemudian jika ada pengguna lain mengirimkan pesan tidak dapat saya balas dengan cepat.
Mungkin ada solusi lain yang sifatnya semi otomatis atau bahkan full automatic? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 11 Juli 2015 06.01 (UTC)

Tantangan Mingguan[sunting | sunting sumber]

Saya melihat Tantangan Mingguan di Halaman Utama ini selalu mencantumkan (calon) artikel terjemahan dari luar negeri. Melalui kesempatan ini saya mengusulkan kepada Pengurus agar tantangan mingguan sekali-sekali difokuskan kepada penyempurnaan artikel. Sebut saja Emma Poeradiredja, artikel ini amat sangat layak menempati ruang nama di WPID. Seperti kita ketahui, Emma Poeradiredja merupakan perempuan tokoh pergerakan dari Jawa Barat yang namanya diabadikan sebagai rumah sakit. Tapi ironisnya, gara-gara cara menulisnya semrawut justru disematkan tag hapus. Selain Emma Poeradiredja, pastilah ada artikel yang notable namun memerlukan sentuhan kita. Mari, saya ketuk hati para Pengurus agar memperhatikan hal-hal kecil semacam ini. Terima kasih. Salam. – Miss Andriana (bicara)  22 Juli 2015 jam 02:44 WIB

Ide awal Tantangan Mingguan setahu saya adalah untuk meningkatkan jumlah artikel dengan menjaring sebanyak mungkin para pendatang baru agar tertarik untuk membuatnya, bukan untuk menyempurnakan artikel. Tetapi jika memang dirasa perlu, ada baiknya kita buka satu sub lagi pada bagian ini, yaitu mengenai penyempurnaan artikel atau katakanlah membuat artikel rintisan menjadi lebih lengkap, artikel biasa menjadi bagus dan yang telah bagus menjadi pilihan. Kendalanya saya kira tentu untuk menyempurnakan artikel dibutuhkan para pengguna yang memiliki kemampuan menulis cukup baik, bukan untuk (kebanyakan) pengguna baru. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 22 Juli 2015 01.15 (UTC)