Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Komunitas
Semua
Kembali ke atas


Menulis ulang artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang sudah dihapus apakah diperbolehkan?[sunting sumber]

Hallo perkenalkan saya Mona Aswar, izin bertanya saya menemukan artikel Michael Widjaja, dengan catatan telah dihapus oleh pengurus pada tahun 2002, dan 2011 (kalau tidak salah baca), kemudian saya tulis ulang pada Nov, 2021 lalu dihapus pengurus pada Mei 2022.

Apakah saya boleh menulis ulang artikel tersebut dengan referensi baru, saya baru belajar menulis di Wikipedia, dengan senang hati kalau ada yang keliru,saya perbaiki. Jika artikel saya dihapus, alangkah baiknya saya diajak diskusi dulu, supaya tahu letak ksalahan saya Kak, dan supaya saya belajar cara menulis yang benar. Terima kasih.

Salam --Mona Aswar (bicara) 14 Mei 2022 06.52 (UTC)
[balas]

Sudah mengecek en:Michael Widjaja, Bu @Mona Aswar? Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 23.15 (UTC)[balas]
Mungkin bisa melihat artikel yang di wikipedia bahasa inggris, namun WBI punya ketentuan sendiri dalam menulis ulang artikel walaupun tokoh terkenal sudah ada di wikipedia bahasa inggris namun belum tentu di WBI layak. Argamardi (bicara) 19 Mei 2022 19.40 (UTC)[balas]

Pengguna yang tidak menerima saran[sunting sumber]

Jujur, saya kecewa dengan para kontributor Wikipedia yang tidak mendengarkan saran dari anonim. Saya hanya ingin Wikipedia tidak terburu-buru dalam membuat filmografi tokoh. Film belum ada kabar akan tayang sudah dituliskan di filmografi tokoh, ditambah lagi nama yang dituliskan bisa saja salah karena salah sumber. Mohon dievaluasi ulang. Trims 114.122.101.162 16 Mei 2022 15.28 (UTC)

Di kasih saran malah dibentak. Sungguh 😭😭 menyedihkan wikipedia ini. Tidak adil bagi kaum anon yang ingin memperbaiki kualitas. Tolong dengarkan pngurus terhormat @Veracious, RianHS, WillsonEP09, Symphonium264, dan Azmi1995: 114.122.101.162 16 Mei 2022 15.33 (UTC)[balas]
Tolong hargai pengurus, mereka punya pendapat masing masing, mereka tau sumber yang benar dan salah. Argamardi (bicara) 19 Mei 2022 19.44 (UTC)[balas]

Hebat sekali Anda bisa victim blaming dengan mengatakan bahwa pengguna tersebut (alias saya) membentak Anda, padahal terlihat jelas bahwa saya hanya berusaha menasihati Anda. Saya sedih sekali melihat budaya victim blaming tumbuh subur seperti ini. Bisa-bisanya Anda memfitnah saya membentak Anda padahal saya hanya sedang berdebat dengan Anda karena kita memang memiliki perbedaan pendapat, dan itu wajar-wajar saja. Anda tidak bisa menerima pendapat saya, padahal perbedaan pendapat seharusnya menjadi hal yang biasa saja dalam kehidupan manusia. Mengapa Anda sangat ingin pendapat Anda dikatakan sebagai suatu kebenaran? Yang namanya SARAN itu adalah hak orang yang diberikan saran mau menerima atau tidak. Anda tidak bisa memaksakan orang yang diberi saran untuk menerima saran Anda. Itu namanya pemaksaan bukan saran. Ngomong-ngomong sekedar mengingatkan; maaf ya, tapi ini Wikipedia, bukan panggung drama. Jujur saja, saya tidak terima difitnah seperti ini. Sayang sekali Anda hanya akun anonim jadi saya tidak bisa membawanya ke jalur hukum. Zaar Dinn 16 Mei 2022 15.33 (UTC)


Saya sudah periksa Istimewa:Kontribusi yang dihapus/114.122.101.162 dan istimewa:kontribusi/114.122.101.162. Ternyata, eh, ternyata, nggak ada apa², tuh! Jadi, pertanyaan saya: Anda @114.122.101.162: mau bicara tentang apa? Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 23.18 (UTC)[balas]
Karena anonim, kemungkinan kontribusinya dilakukan dengan IP berbeda. Saya lihat ini adalah konflik antar penyunting yang dibawa ke Warkop.
Tentang filmografi dan artikel film pada umumnya, saya setuju bahwa artikel tidak seharusnya ditulis untuk film (dsj.) yang belum rilis, karena bisa jadi tidak akan tayang, (misalnya film 2020-2021, karena pandemi), atau karena masalah lain, dan artikelnya informasinya bisa salah dan tidak ada yang membetulkan (pembuatnya tidak peduli atau tidak menyunting lagi).
Secara logis saja, hal-hal yang belum ada, seharusnya tidak boleh masuk ke ensiklopedia.
Ini adalah saran yang valid, dan sebagai pengguna terdaftar, seharusnya tidak menolak begitu saja masukan pengguna lain hanya karena ia menyunting secara anonim. Salam. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 26 Mei 2022 16.47 (WIB)

@Bennylin: Terima kasih telah mendengar saran dari kami pengguna anonim. Kepada @Zaar Dinn: mohon didengar ya! Ini juga maksud baik. Terima kasih. 🙏🏻 2001:448A:3045:843D:E4E8:6D4E:BA61:9330 27 Mei 2022 02.01 (UTC)

Halo, izinkan saya menjelaskan. Saya menambahkan tidak sembarangan menambahkan, ada sumbernya. Even sumbernya dari Instagram story sang artis yang merekam proses syutingnya, saya sertakan. Nyaris selalu saya sertakan di ringkasan suntingan. Semua film yang saya tambahkan rata-rata sudah ada kepastian untuk tayang. Anda hanya perlu bersabar saja untuk menunggu sekitar beberapa bulan atau beberapa tahun dari sekarang. Bahkan beberapa di antaranya sudah dibuatkan halamannya sendiri.
Berkaitan dengan batal tayang, film yang tidak ada kabarnya setelah 5-6 tahun lebih akan saya hapus; bisa saya pastikan itu. Contohnya, sekitar tahun 2014/2015 Reza Rahadian dan Christine Hakim syuting suatu film, saya lupa judulnya, silakan dicari sendiri. Pada 2021 (setelah 6-7 tahun berlalu), film tersebut saya coret dari daftar filmografi mereka karena tidak ada kabar sama sekali.
Jika masih 4-5 tahun jangka waktunya dari waktu syutingnya, masih ada kemungkinan untuk dirilis. Ini merupakan opini saya pribadi, tapi sudah banyak film Indonesia dengan pola seperti itu. Contoh: Film Oma the Demonic, syuting sekitar 2017-2018, tayang 2022. Film Teachers, syuting 2016-2017, tayang 2021. Siapa tahu pola ini bisa berubah, semisal film yang baru syuting tahun ini, ternyata ditayangkannya puluhan tahun kemudian? Di luar negeri pola seperti itu sudah ada. Di Indonesia nampaknya belum.
Kemarin, saya sempat melihat Instastory sang artis A yang merekam proses syuting film yang tidak disebutkan namanya. Ia terlihat melakukan syuting bersama artis B dan C. Di halaman rumah produksinya, artis B dan C sudah confirmed akan main film ini. Oleh karena itu kita bisa ambil kesimpulan kalau mereka syuting film yang sama. Kemudian saya masukkan filmnya ke halaman artis A. Tapi karena belum ada bukti langsung bahwa artis A terlibat, tak sampai beberapa jam setelahnya saya hapus dari daftar filmografi artisnya. Keesokan harinya ternyata betul artis A main film itu bersama artis B dan C. Ya sudah saya tambahkan lagi. Lihat kan, bahkan ketika saya tidak yakin pun akan saya hapus. Saya tidak mau bertindak sembarangan dan malah dianggap melakukan vandalisme meskipun sebenarnya tidak ada maksud ke sana.
Bahkan untuk artikel seperti Jefri Nichol pola suntingannya mengikuti artikel luar negeri: Untitled (nama sutradara) film -> di Bahasa Indonesia menjadi Film nirjudul (nama sutradara). Itu film yang belum ada judulnya saja dimasukkan, apalagi yang sudah ada? Bedanya mungkin di artikel artis luar negeri di daftar filmografinya ada kolom referensi yang memperkuat bukti pembuatan film tersebut. Sementara di halaman artis Indonesia jarang sekali ada kolom referensi di filmografi artis, baru beberapa artis saja seperti artis lulusan Indonesian Idol seperti Tiara Andini, Lyodra, Mahalini, dan Raja Giannuca.
Kesimpulannya, menambahkan film yang belum pasti kapan tayangnya adalah hal yang lumrah di Wikipedia, termasuk Wikipedia Inggris. Akan semakin valid jika halamannya sudah dibuatkan sendiri.
Terima kasih, maaf kalau kepanjangan, semoga dapat dipahami! Maafkan saya yang trauma terhadap pengguna anonim. Saya mengalami trust issues terhadap anonim kalau boleh jujur. Zaar Dinn (bicara) 2 Juni 2022 13.58 (UTC)[balas]
Izin nimbrung, setuju dengan bang @Bennylin:. Artikel film dll, yang belum tayang sebaiknya tidak dituliskan artikelnya di wikipedia. Sudah jelas aturannya tercantum bahwa Wikipedia bukan peramal masa depan (WP:PERAMAL), jadi tulislah yang pasti-pasti saja. (WP:PASTI)
Dan menurut pengakuan anda

Even sumbernya dari Instagram story sang artis yang merekam proses syutingnya, saya sertakan.

itu artinya adalah anda melakukan riset asli, dan hal tersebut tidak dibenarkan di Wikipedia (WP:RISET).
Dan statement anda yang ini,

...hal yang lumrah di Wikipedia, termasuk Wikipedia Inggris

lumrah belum tentu benar, ingat "umumkan yang benar, bukan membenarkan yang umum", dan maaf di sini Wikipedia Bahasa Indonesia, bukan bahasa Inggris, jangan disamaratakan. Terima kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 2 Juni 2022 14.42 (UTC)[balas]
Ada baiknya hal ini kita jadikan pedoman resmi, bagaimana? Kalau menurut bung aris, dibatasi hanya film, buku, dsb. atau juga untuk hal-hal lainnya, misalnya gedung pencakar langit masa depan, dll.? Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 2 Juni 2022 22.11 (WIB) 2 Juni 2022 15.11 (UTC)[balas]
Mohon maaf saya izin membantah untuk tiga poin penting dalam pendapat Anda, aris riyanto.
Poin pertama -

Artikel film dll, yang belum tayang sebaiknya tidak dituliskan artikelnya di wikipedia.

Di sini saya hanya membahas artikel film sesuai kontribusi saya. Untuk artikel selain film, saya tidak tahu. Untuk artikel film, mohon maaf boleh saya tahu di mana ketidakpastiannya?
Bagaimana bisa syuting film yang memang akan ditayangkan dikatakan sebagai ketidakpastian? Lalu bagaimana dengan artikel film yang sudah dibuat dengan referensi memadai, tapi belum tahu tanggal tayangnya kapan, alias masih segera? Bagaimana bisa itu dikatakan sebagai sebuah ketidakpastian? Apakah Anda tidak melihat di halaman entertainer Wikipedia Bahasa Inggris terdapat banyak list filmografi mereka yang belum tayang, padahal lalu lintas suntingan mereka jauh lebih intensif dibandingkan yang ada di sini? Begitu pula dengan di Wikipedia Bahasa Inggris, bahkan film yang belum ada judulnya bisa dibuat artikel. "Untitled .... (nama sutradara) film", silakan cari sendiri, kemarin saya lihat banyak artikel yang seperti itu. Bagaimana? Masih bisa mengatakan bahwa itu merupakan ketidakpastian? Dapat Anda lihat dengan jelas bahwa yang tidak pasti hanyalah satu: Judulnya. Makanya ditulis untitled. Proyek filmnya? Jelas sudah pasti. Kalau tidak ngapain dibuat artikel?
Poin kedua -

Sudah jelas aturannya tercantum bahwa Wikipedia bukan peramal masa depan (WP:PERAMAL), jadi tulislah yang pasti-pasti saja. (WP:PASTI)

Ya, saya paham. Tapi pertanyaannya siapakah yang meramal di sini? Memasukkan list film yang masih belum tahu kapan tayangnya berbeda dengan meramal. Meramal itu ketika Anda menyunting tanggal tayang filmnya sesuka hati Anda, padahal rumah produksinya belum memberikan pengumuman resmi. Itu yang namanya meramal.
Poin ketiga -

di sini Wikipedia Bahasa Indonesia, bukan bahasa Inggris, jangan disamaratakan

Hmm, apakah Anda tidak sadar bahwa kalimat ini bertentangan di Wikipedia Bahasa Indonesia sekarang? Saya lihat Anda sudah menggunakan Wikipedia sejak 14 tahun lalu, seharusnya Anda jauh lebih paham apapun tentang Wikipedia Bahasa Indonesia daripada saya yang baru bergabung satu tahun. Sekitar 7-9 tahun lalu, ketika saya pertama kali menyunting Wikipedia (entah secara anonim atau dengan akun yang saya sudah lupa passwordnya, saya tidak ingat), saya ingat bahwa di Wikipedia Bahasa Indonesia terdapat kolom "Agama" di kotak infobox. Kemudian, beberapa tahun setelahnya, saya pernah membaca diskusi di Wikipedia yang menyatakan bahwa "kolom agama dan suku (yang paling saya ingat secara jelas adalah agama) tidak lagi dimasukkan karena mengikuti format Wikipedia Bahasa Inggris". Padahal, kalau dipikir-pikir bukankah bangsa Indonesia dinyatakan sebagai "bangsa yang beragama", jika dibandingkan dengan negara-negara yang Wikipedianya menggunakan Bahasa Inggris? Lalu kenapa kolom agama dihilangkan? Kenapa harus mengikuti format Wikipedia Bahasa Inggris? Padahal tadi Anda sendiri yang bilang bahwa Wikipedia Bahasa Indonesia dan Inggris berbeda. Namun, dalam persoalan yang berbeda, mengapa bisa bertentangan seperti ini? Apakah Wikipedia Bahasa Indonesia tidak boleh menyamai Wikipedia Bahasa Inggris dalam hal tertentu saja? Jika benar, bolehkah saya tahu dalam hal apa saja Wikipedia Bahasa Indonesia tidak boleh menyamai Wikipedia Bahasa Inggris?
Terlepas dari permasalahan itu, sebenarnya Wikipedia Bahasa Indonesia sudah mulai menyamai format Wikipedia Bahasa Inggris tanpa kita semua sadari. Lihatlah halaman-halaman lulusan Indonesian Idol terbaru seperti Tiara Andini atau Naura Ayu; mereka menggunakan format yang sama seperti Wikipedia Bahasa Inggris. Contoh sederhananya dapat kita lihat di bagian "Filmografi", di saat Wikipedia artis lain menggunakan rumah produksi dan keterangan, halaman Wikipedia mereka menggunakan keterangan dan referensi, sama persis seperti yang bisa didapati di Wikipedia milik entertainer luar negeri.
Oleh karena itu, saya rasa tidak ada yang salah dari menyamai Wikipedia Bahasa Indonesia dengan Wikipedia Bahasa Inggris. Salah satu contoh "Wikipedia Bahasa Indonesia menyamai Wikipedia Bahasa Inggris" yang saya sebutkan di atas, membawa dampak positif untuk Wikipedia Bahasa Indonesia. Ketiadaan kolom agama di kotak infobox, membuat para entertainer Indonesia yang tidak ingin agamanya dibeberkan atau bahkan tidak mempunyai agama merasa sangat terbantu. Perhatikan perbedaannya dengan bertahun-tahun lalu di mana pengguna bisa menyunting kolom agama entertainer Wikipedia Bahasa Indonesia dengan informasi agama yang mereka ketahui, misalkan publik memercayai bahwa artis A beragama X, kemudian bisa diubah oleh pengguna lain yang percaya bahwa artis A justru beragama Y, dan seterusnya. Penghapusan kolom agama di Wikipedia Bahasa Indonesia yang konon katanya terinspirasi dari Wikipedia Bahasa Inggris itu terlihat jelas sangat berdampak positif untuk mengakhiri perdebatan tak jelas seperti "apa agamamu" itu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wikipedia Bahasa Indonesia justru sangat perlu untuk menyamai Wikpedia Bahasa Inggris. Terima kasih. Pengguna: Zaar Dinn bicara 3 Juni 2022 18.56 (UTC)[balas]
Salam. Perkenankan saya menjawab.

Untuk artikel film, mohon maaf boleh saya tahu di mana ketidakpastiannya?

Sesuatu yang belum terbit tentu saja belum pasti.

Lalu bagaimana dengan artikel film yang sudah dibuat dengan referensi memadai, tapi belum tahu tanggal tayangnya kapan, alias masih segera?

Kita berpedoman saja dengan WP:PERAMAL dan WP:PASTI ada kok aturannya. Misalkan sudah diterbitkan oleh sumber memadai, boleh untuk dimuat, tapi kita lihat juga kepentingannya. Karena semua artikel mengenai kejadian yang akan berlangsung harus dapat diverifikasi dan subjek kejadian yang dibahas harus mempunyai kepentingan yang cukup yang dapat memenuhi standar kelayakan artikel jika kejadian tersebut telah dilaksanakan. Dan referensi anda yang mengatakan "Instagram Story", Mohan maaf Instagram Story belum termasuk ke dalam sumber yang dianggap memadai.
Dan maksud saya untuk poin saya yang selanjutnya adalah, semua aturan yang ada di Wiki English belum tentu dapat diterapkan, memang ada beberapa aturan yang diadopsi dari Wiki English, tapi tentu saja sesuai konsensus kesepakatan yang ada di WBI.
Bang @Bennylin: Sepertinya memang harus dibuatkan aturan yang lebih rinci untuk hal ini. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 4 Juni 2022 04.54 (UTC)[balas]
@Argamardi @Aris riyanto @Azmi1995 @Bennylin @Bennylin Terkait filmografi sepertinya proposal ini perlu segera ditetapkan. WillsonEP09💬 15 Juni 2022 00.14 (UTC)[balas]

Would your community be interested by "Add an image"?[sunting sumber]

Add-an-image-onboarding-ltr.svg

Hello

Sorry to write in English. Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda!

The Growth team has created a feature called "Add an image". It helps newcomers to add an image to an unillustrated article. You can test it at test.wikipedia.org or at any other wikis where it is deployed.

Of course, newcomers won't import a random images: we suggest one image, based on the same topic articles that have an image, or the Wikidata item image. Only articles without any image (or without any infobox) are suggested. Newcomers have to check if the image is correct, and then write a caption based on the article content and the image. At pilot wikis where we test this feature, the revert rate is quite low.

Do you think your community would like to test this feature in advance? The images suggestions with image suggestions will be available at Special:Homepage, for a 50% of newcomers. The test would start mid-June.

Let me know! Trizek (WMF) (bicara) 17 Mei 2022 14.36 (UTC)[balas]

@Trizek (WMF): worth a try! Yes, please. Neocorelight (pesan) 18 Mei 2022 01.51 (UTC)[balas]
Sorry for the late reply. We are in the final stages to prepare the deployment.
Thank you for your reply, @Neocorelight. We are happy to see someone being motivated! It would be better if more people agree with you. Is there a way to have more people commenting on my offer?
Thank you, Trizek (WMF) (bicara) 15 Juni 2022 13.25 (UTC)[balas]

Melaporkan pengurus Hysocc[sunting sumber]

saya ada lihat history kalau pengguna ini pernah di blokir karena melakukan pelecehan, seorang pengurus harusnya memberi contoh yang baik dan memberi nasehat dengan bahasa yang baik, sepertinya pengguna Hysocc sudah saya track sudah sering melakukan pelecehan dengan kata kata yang tidak pantas tolong lihat gambar ini Tolong pak Glorious_Engine diberi nasehat atau teguran, saya bisa tack semua suntingan sebagai bukti bukti beliau sering melakukan perkataan yang tidak pantas dan kasar secara tidak langsung melakukan pelecehan.

Pelecehan Hysocc
Pelecehan Hysocc

Jono200 (bicara) 20 Mei 2022 12.47 (UTC)[balas]

@Jono200:, Yap, betul itu saya. Semua user juga bisa melihatnya di Istimewa:Perubahan terbaru. Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 12.53 (UTC)[balas]
Hysocc pelecehan
ya anda pernah di blokir karena pelecehan, tapi hingga saat ini anda belum bisa belajar berbicara yang baik, tolong periksakan diri anda ke psikologis secepatnya.
nanti di blokir lagi sama beliau Glorious_Engine, tolong beri nasehat pengurus ini. Jono200 (bicara) 20 Mei 2022 12.58 (UTC)[balas]
@Jono200:, betul sekali. Duh, luka lama tahun 2016 malah saya letakkan di halaman pengguna saya sendiri. Kenapa ya? Sebagai perbandingan, ini kontribusi anda --> Istimewa:Kontribusi_pengguna/Jono200 yang telah melakukan spam pranala ke dalam berbagai artikel di Wikipedia. Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 13.05 (UTC)[balas]
jika kami salah, anda cukup memberi catatan tolong jangan spam bukan mengatakan, KAMU MISKIN YA, GAK SANGGUP BAYAR IKLAN,
apa kata kata itu pantas buat anda sebagai seorang pengurus ?
anda memberi contoh yang baik ? Jono200 (bicara) 20 Mei 2022 13.14 (UTC)[balas]
Baiklah, saya mengaku salah. Btw, saya bukan pengurus, cuma user biasa seperti anda :D Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 13.19 (UTC)[balas]
@Jono200: waduh, ada kesalahan ini. Kok anda yang diblokir permanen dan bukannya saya? :D Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 13.36 (UTC)[balas]

Perlindungan artikel lawas[sunting sumber]

Halo, Pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia. Melalui pesan ini saya ingin memberikan sedikit usulan mengenai artikel-artikel film dan serial televisi lawas agar dapat dilindungi dari anon selamanya. Saya merasa miris melihat artikelnya yang sangat berantakan penulisannya (Banyak CAPSLOCK, tidak sesuai EYD, Huruf Awal Besar Semua Seperti Ini, dsb). Mohon agar bisa ditindaklanjuti. Saya saran agar artikel di antara 1980—2020 sudah mulai dilindungi untuk mencegah aksi vandalisme. Terima kasih. Izin memanggil para pengurus @Veracious, RianHS, WillsonEP09, Symphonium264, dan Azmi1995: 2001:448A:3045:843D:C5DF:E318:EE84:1854 2 Juni 2022 02.46 (UTC)[balas]

Saya rasa yang sering kena vandal kebanyakan artikel film/serial Indonesia. Kalaupun ada yang luar biasanya yang judul Korea sama Jepang. Artikel film/serial Eropa dan Amerika saya lihat aman-aman saja, jd mungkin gak harus semuanya jg. F1fans (bicara) 2 Juni 2022 14.50 (UTC)[balas]
iya setuju sekalian referensi juga di tambahkan, Helmandiana (bicara) 7 Juni 2022 09.29 (UTC)[balas]

kuyou.id dan dailysia.com[sunting sumber]

Bisakah Wikipedia mulai melarang penyisipan kuyou.id dan dailysia.com juga yang sejenisnya ke dalam artikel? Atau setidaknya menandai mereka sebagai "kemungkinan spam". Karena:

  1. Mereka situs user content generated, situs yang isinya merupakan hasil submit dari pengguna internet. Bisa dilihat di bagian "about us", "disclaimer", dan "policy" mereka.
  2. Artikel-artikel mereka tidak dibuat berdasarkan proses jurnalistik, lebih banyak salin tempel dari media sosial seleb terkait, bahkan judul artikel-artikel mereka cenderung serupa seperti "biodata dan koleksi foto selebritis anu". Sehingga "selebritis-selebritis" yang sumber referensi utamanya kuyou dan dailysia seharusnya dicap tidak layak.
  3. Kedua situs tidak terdaftar di dalam dewan pers, semakin menjadikan mereka bukan referensi yang layak digunakan.
  4. Kedua situs punya banyak sekali iklan pop-up. Adblock saya menemukan sampai 17 iklan pop-up, sehingga mereka merugikan pembaca.

Hysocc, Let's talk 12 Juni 2022 04.19 (UTC)[balas]

Silakan dibahas di Pembicaraan MediaWiki:Spam-blacklist. dwadieff 12 Juni 2022 05.05 (UTC)[balas]

KECEWA[sunting sumber]

Saya kecewa dengan keputusan para pengurus untuk melindungi pengguna yang tidak menerima saran dari anon. Ya sudahlah, ku bisa apa. Padahal saya sangat peduli dengan nasib filmografi para tokoh. Saya ambil contoh lagi dia menambahkan tanpa sumber. Bukti lagi. Yang gini masih dipertahankan? Sudahlah. Saya nggak bisa berharap banyak. Kalau itu menjadi keputusan para pengurus. Informasi penyesatan akan terus dibuat.. Terima kasih. Salam, 2001:448A:3044:816D:A98E:8112:D486:616E 19 Juni 2022 02.53 (UTC) Anon yang tidak didengar

@Azmi1995, WillsonEP09, RianHS, dan Symphonium264: Cepat dilihat keburu dihapus lagi pesannya sama dia. 2001:448A:3044:816D:A98E:8112:D486:616E 19 Juni 2022 03.05 (UTC)
Ada baiknya anda membuat akun terlebih dahulu agar diskusi bisa lebih sehat. Untuk @Zaar Dinn: mohon untuk tidak langsung menghapus, selalu berprasangka baik, dan semua orang bebas menyunting, karena ini Wikipedia bebas. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 19 Juni 2022 12.40 (UTC)[balas]

Halo 2001:448A:3044:816D:A98E:8112:D486:616E mohon maaf atas kekecewaan anda, namun saat ini sedang ada Pemungutan Suara Pemungutan suara (2022) untuk mendiskusikan ktiteria-kriteria artikel film. Mohon bersabar untuk menunggu hasilnya. Salam, Urang Depok (Silakan Bertamu) 20 Juni 2022 10.20 (UTC)[balas]

#BOIKOT ZAAR DINN[sunting sumber]

Kepada Yth. Pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia Melalui pesan ini, saya ingin memberikan usulan agar Pengguna:Zaar Dinn secepatnya diblokir selamanya dari Wikipedia. Sebelumnya saya minta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi beberapa hari ini. Jujur, saya sudah mulai memaafkan kelakuan beliau yang tidak menghormati pengguna anon, tapi baru-baru ini dia kembali menantang dan mencari gara-gara lagi. (bukti) Semoga saran ini dapat dipertimbangkan kembali oleh pengurus. Terima kasih. 2001:448A:3044:816D:154A:A6CD:B216:2FE 20 Juni 2022 09.29 (UTC)

Untuk gan/sis anon, mohon untuk segera membuat akun, dan jangan bersembunyi di balik topeng anonim. Dan peringatan untuk anda agar tidak melakukan provokasi dan Canvassing.
Untuk @Zaar Dinn: mohon untuk tidak sembarangan menghapus dan memaksakan kehendak. Jika Anda merasa tidak bersalah, jangan main sembarangan menghapus begitu saja, jika anda bertindak seperti itu, maka artinya anda memang "salah" dan atau mudah terprovokasi. Berkaca dan belajarlah dari pengguna @Hysocc: pada #Melaporkan pengurus Hysocc, jika merasa benar, maka silakan counter pakai data dan fakta, bukan main serampangan menghapus, ini bukan kali pertama anda begitu loh. Silakan berdiskusi secara sehat, jika anda merasa anon sudah "keterlaluan" biarkan orang lain yang menilai, counter dengan argumen kuat, bukan main hapus begitu saja.
Salam. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 20 Juni 2022 12.33 (UTC)[balas]

Halo 2001:448A:3044:816D:154A:A6CD:B216:2FE jika anda tidak menyukai Zaar Dinn dimohon untuk tidak melakukan perbuatan provokasi kepada beliau dan tetaplah menyelesaikan masalah ini dengan sabar dan kepala dingin. Oh ya, Pengurus tidak bisa memblokir sesama Pengurus dengan asal-asalan lho, justru anda bisa di blokir oleh mereka karena telah memprovokasi pengguna lain. Salam ~Urang Depok~ Urang Depok (Silakan Bertamu) 23 Juni 2022 9.45 (UTC)