Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/Agustus 2008

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Betawiki update

  • Currently 99.69% of the MediaWiki messages and 100.00% of the messages of the extensions used by the Wikimedia Foundation projects have been localised. Please help us help your language by localising at Betawiki. This is the recent localisation activity for your language. Thanks, GerardM (bicara) 10:09, 3 Agustus 2008 (UTC)

Sharing Ilmu

Wikipedia saya minta tolong agar diberikan fitur bagi ilmu. Seperti ini, nanti ada seseorang yang memberikan ilmunya, kemudian orang lain membacanya di fitur itu, namun tidak perlu serepot chatting

Bagi ilmu seperti apa? Apa dengan cara menulisnya dan kemudian orang lain membacanya? :D Helouu. borgx(kirim pesan) 01:03, 7 Agustus 2008 (UTC)
Pakai JavaScript kah? --Viva (laVida) 08:38, 7 Agustus 2008 (UTC)

Biografi Atlet Indonesia

Hi semua.. Saya usul nih.. Gimana kalau artikel2 tentang atlet-atlet Indonesia dikembangkan lagi? Misalnya saja tadi saya lihat artikel tentang I Gusti Oka Sulaksana masih stub.. Bahkan di wiki bahasa Inggris belon ada (akhirnya saya tambahkan - tapi stub juga). Menurut saya sih ini lumayan penting n menarik .. kan sekarang lagi Olympic Games.. Oka Sulaksana kan pembawa bendera Indonesia, jadi sebaiknya dikembangkan juga. Makasih! limey (bicara) 14:26, 8 Agustus 2008 (UTC)

Ide anda baik. Nah, marilah sama-sama menyunting dan menambahkannya. Salam, Naval Scene (bicara) 06:26, 12 Agustus 2008 (UTC)

Penggunaan Bot untuk mengganti semua Tiongkok menjadi Cina

Sesuai dengan konsensus tentang penggunaan Cina sebagai negara dan bukan Tiongkok, sebagai pengguna saya meminta secara resmi agar pengurus menggunakan bot untuk menggantinya karena:

  1. terlalu banyak.
  2. adanya pengguna yang meneruskan membuat artikel baru dengan menggunakan Tiongkok, walaupun telah ada konsensus.
  3. [[kategori: tiongkok]] tidak bisa diubah secara manual?
Permintaan ini terbuka untuk masukan karena memang disadari bahwa ada keberatan penggunaan istilah Cina pada jaman kerajaan, yang beberapa cenderung menggunakan Tiongkok sebelum didirikannya republik. Namun menurut hemat saya tetap lebih mudah mengganti Cina menjadi Tiongkok pada kekhususan hal ini.

Konsensus

Mengingatkan pada konsensus bahwa Cina digunakan untuk :

  • merujuk pada negaranya.
  • Cina digunakan untuk merujuk pada orang asli pada negaranya (contoh atlet olimpiade dari Cina adalah atlet Cina dan bukan atlet Tionghoa) atau keturunan Cina di negara lain (contoh Chinese American terjemahannya adalah Keturunan Cina-Amerika dan bukan Tionghoa)
  • Cina digunakan untuk menjelaskan budaya Cina di negaranya dan dinegara lainnya selain Indonesia
  • Nama umum untuk tumbuhan, geografis, tempat dan kejadian yang telah ada: Pacar Cina, Laut Cina Selatan, Geger Pacinan, Tembok Besar Cina

Konsensus bahwa Tionghoa digunakan untuk:

  • Tionghoa digunakan untuk merujuk pada etnis Cina keturunan Indonesia, tinggal di Indonesia atau di negara lainnya dengan kewarganegaraan Indonesia, atau pindah kewarganegaraan, dengan catatan lahir/besar di Indonesia, dan mengakui asalnya.
  • Kebudayaannya Cina yang telah diserap dengan gaya Indonesia dan dipraktekan di Indonesia atau diperkenalkan di negara lain sebagai budaya Tionghoa asal Indonesia: seperti lontong cap gomeh, barongsai, budaya angpaw untuk pernikahan yang secara umum digunakan di Indonesia dll.

Penggunaan Wikipedia sebagai media propaganda oleh pihak tertentu

Usulan ini juga sekaligus menunjukkan bahwa kajian secara ilmiah logika telah menunjukkan upaya (yang entah disadari atau tidak) oleh pengguna Bennylin menggunakan teknik propaganda menggunakan media wikipedia untuk upayanya. Teknik yang sama telah digunakan oleh kelompok propaganda dalam isu yang sama menggunakan media umum. Saya minta upaya ini dihentikan untuk penggunaan/ penunggangan wikipedia sebagai media penyebar luasan.

Propaganda adalah usaha untuk menyesatkan publik/ pemirsa saat pesan-pesan yang disampaikan menyembunyikan (atau ketiadaan): sumber informasi, tujuan sumber, sisi lain dari cerita, dan konsekuensinya apabila pesan diadopsi.

Ada tujuh teknik propaganda dan lima diantaranya sudah digunakan dalam kontroversi Cina vs Tiongkok/ Tionghoa. yaitu:

1. Name calling. Penggunaan julukan untuk melakukan kampanye hitam terhadap istilah Cina itu buruk

Cina luh
Cina loleng

Perbandingkan dengan hal yang sama pada etnis lain:

Padang bengkok
Batak kasar

Teknik ini adalah teknik propaganda menjelekkan, contoh lain adalah cap PKI untuk menjelekkan seseorang. Karena penggunaan julukan umum terjadi pada semua etnis, dan bukan khusus, sebenarnya tidak bisa digunakan sebagai alasan dan harus dijelaskan bahwa penggunaannya merupakan teknik propaganda hitam agar netral.

Istilah Cina sendiri adalah netral (lihat pendapat pakar A. Dahana dalam tulisannya dengan mengutip ucapan nabi Muhammad "Tuntutlah ilmu hingga negeri Cina" Negerinya benar dinamakan Cina dalam referensi=http://www.ceritanet.com/15cina.htm) namun ada propaganda hitam yang mendesak penggunaan Tionghoa (bukan Tiongkok) dengan menggunakan teknik propaganda julukan atau name calling.

2. Bandwagon. Implikasi bahwa sebuah pernyataan atau produk diinginkan oleh banyak orang atau mempunyai dukungan luas.

Jutaan orang mendukung aborsi (orang dimana?)
Semua dokter gigi menggunakan oral B (dokter gigi dimana? berapa orang tepatnya?)
Penggunaan Tiongkok juga dipaksakan dinyatakan mendapatkan dukungan luas, padahal tidak pernah ada survey dengan variabel yang valid untuk bisa menyatakan hal ini. Yang ada hanya permintaan pemerintah Cina. Berbeda dengan penggunaan Tionghoa yang pernah diteliti oleh Tempo (misalnya).

3. Transfer Teknik yang menggunakan pengasosiasian orang, produk, atau organisasi dengan sesuatu yang mempunyai kredibilitas baik/ buruk.

Contoh: Sampoerna Hijau, enaknya rame-rame (baca: rokok diasosiasikan dengan persahabatan)
Cina diasosiasikan dengan menghina (padahal istilahnya netral lihat kutipan oleh Nabi Muhammad)

4. Card Stacking. Pemilihan fakta dan data untuk membangun kasus dimana yang terlihat hanya satu sisi isue saja, sementara fakta yang lain tidak diperlihatkan.

Artikel Tiongkok sebelum diubah. Parah...

5. Glittering generalities. Teknik dimana sebuah ide, misi, atau produk diasosiasikan dengan hal baik seperti kebebasan, keadilan, dan demokrasi.

Kalau tidak salah pernah ada upaya pencantuman pernyataan tanpa referensi dimana penggunaan Tiongkok/ Tionghoa lebih bersahabat, padahal tidak ada yang salah dengan penggunaan Cina (card stacking and glittering generalities.)

Ada dua lagi yang lain termasuk etika yang diperbolehkan namun tidak berkaitan dengan hal ini dan akan saya cantumkan dalam artikel propaganda.

Permintaan

Permintaan saya adalah penggunaan bot, karena keputusan konsensus, dengan alasan diatas. Permintaan terbuka untuk diubah apabila ada masukan lain dengan alasan yang lebih kuat. Terima kasih.Serenity (bicara)

Menggunakan bot atau tidak itu masalah gampang, yang penting adalah mengganti atau tidak. Kalau sudah konsensus seharusnya diikuti oleh semua pihak. borgx(kirim pesan) 08:02, 10 Agustus 2008 (UTC)
Persetujuan untuk mengganti sudah ada kan? Seharusnya memang sudah diganti, bot itu kan hanya sistem untuk mempermudah. Apakah harus ditarik suara lagi untuk hal yang sudah disetujui? Serenity (bicara) 12:14, 10 Agustus 2008 (UTC)

Harusnya bisa langsung diganti dengan bot. Toh sudah ada keputusannya. Kecuali mungkin rujukan ke artikel Tiongkok, tetap dipertahankan sebagai Tiongkok.

Kalau Tionghoa memang sebaiknya diganti satu-satu, soalnya tidak semua bisa diganti ke Cina. Ada yang harus dipertahankan. --Gombang (bicara) 12:24, 10 Agustus 2008 (UTC)

Menurut saya, kalau kerajaan sebelum republik (pecah jadi Taiwan dll) tetap pakai Tiongkok juga tidak masalah, menggantinya jauh lebih mudah karena sedikit. Setuju untuk Tionghoa, beberapa harus diganti ke Cina, namun ada juga yang harus dipertahankan. Kalau untuk Tionghoa memang membutuhkan human interface Serenity (bicara)

Menurut saya anggapan menggunakan bot agak salah tafsir. Bukan berarti menggunakan bot maka hasilnya akan sesuai harapan. Buktinya di atas saja, ada "kecuali artikel Tiongkok.. kecuali Tionghoa, kecuali sebelum republik dll.. Bot kan gak bisa diatur kecuali ini, kecuali itu. Menurut saya ganti manual saja. Tidak susah kok, apalagi kalau bareng-bareng. borgx(kirim pesan) 00:29, 11 Agustus 2008 (UTC)

Setuju bot

  1. Serenity (bicara) 12:14, 10 Agustus 2008 (UTC)
  2.  Azmi   Bicara  03:29, 25 September 2008 (UTC)
  3. --  -iNu-  ►  08:36, 28 September 2008 (UTC)
  4. Mikhailov Kusserow (bicara) 02:34, 29 September 2008 (UTC)

Tidak setuju bot (pergantian manual)

Komentar

Subbagian Penggunaan Wikipedia sebagai media propaganda oleh pihak tertentu menurut saya sebaiknya dihapus, karena mengandung penyerangan pribadi terhadap Pengguna:Bennylin. Kalau konsensus telah diambil, maka hal-hal seperti itu seharusnya tidak dipermasalahkan lagi. --BlackKnight(kirim pesan) 15:15, 10 Agustus 2008 (UTC)

Saya setuju sama BlackKnight. --  ERd  ►  09:06, 11 Agustus 2008 (UTC)

Bikin Balon Ucapan buat Pembicaraan!!

Wah asik loh, kalo kita bikin balon ucapan (kaek di komik gitu) buat mengganti gaya berkomentar kita yang selalu pake paragraf (kaek gini nih...). Tapi kalo bikin templatnya tuh gimana ngatur warna, line, text color, dll-nya ay belom tau seeh...cuma kalo ada yang bisa nyari tau ato bikinin templatnya di sini, please donk bikinin.

Contoh balon ucapan ada di sini. Liat aja deh. Rea sekar (bicara) 13:55, 13 Agustus 2008 (UTC)

Menurut saya itu tidak perlu dilakukan, karena selain tidak ada fungsinya (selain sebagai hiasan), hal itu juga bisa menambah besar size halaman, nanti jadi lambat dibukanya.--BlackKnight(kirim pesan) 14:17, 13 Agustus 2008 (UTC)
Eheheh...namanya juga usulan iseng...... m(_ _)m Rea sekar (bicara) 14:27, 13 Agustus 2008 (UTC)

--BlackKnight(kirim pesan) 14:29, 13 Agustus 2008 (UTC)

Wikipedia:Panduan pembuatan artikel

Ada yang mau membantu saya menuliskan (baca:menerjemahkan) Wikipedia:Panduan pembuatan artikel yang terambil dari en:Wikipedia:Articles for creation? – (-_-)V bennylin (404sumbangan) 00:23, 28 Agustus 2008 (UTC)