Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip (Jul-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kelayakan artikel anime dan manga

Akhir-akhir ini sepertinya makin banyak artikel mengenai manga/fiksi/anime dsb. Mungkin satu artikel per satu judul manga/fiksi/anime okelah, tapi kalau setiap karakternya dibuatkan artikel masing-masing rasanya terlalu berlebihan deh, apalagi satu artikel tersendiri untuk katakanlah "perkumpulan bajak laut", "jurus pamungkas" dsb. Kita cepat sekali memberikan tag hapus kelayakan untuk tokoh seniman, penulis yang tidak notable dsb, tetapi tidak untuk karakter fiksi/anime/manga. Apakah karakter fiksi "lebih layak" dari seorang manusia meskipun ia tidak layak untuk Wikipedia? Karakter fiksi itu kan hanya rekaan manusia yang relatif mudah dibuat/dikarang/direkayasa. Seharusnya hanya karakter fiksi yang sudah sangat dikenal luas yang layak dijadikan artikel tersendiri, selain dari itu seharusnya dihapus/digabungkan ke artikel utamanya. borgx(kirim pesan) 00:53, 7 Juli 2007 (UTC)

Saya setuju dengan pendapat Kang Borgx, mungkin perlu dibuat peraturan yang lebih jelas --Andri.h 01:29, 7 Juli 2007 (UTC)

Masalahnya "sudah sangat dikenal luas" menurut siapa dulu? Kalo sebuah komik/manga udah bisa beredar di luar negeri (dari Jepang ke Indonesia, AS, dan Eropa, misalnya) berarti manga itu bisa dianggap "sudah sangat dikenal luas," kan? Yang kedua, layak atau nggaknya bukan dilihat dari fiksi atau tidaknya, tetapi apakah dia dikenal orang banyak atau tidak, ya kan? Lagi pula, kebanyakan artikel tokoh manga memiliki pranala ke wikipedia lain kok, jadi bisa di-crosscheck (sorry kalo salah istilahnya) kelayakannya. --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 04:22, 7 Juli 2007 (UTC)

Sudah sangat dikenal luas bisa juga relatif kan? Apalagi kalau "sudah sangat dikenal luas" di luar negeri belum tentu dikenal luas di dalam negeri. Mungkin usulan Kang Borgx perlu dipertimbangkan juga, misalnya karakter itu sangat terkenal luas di Indonesia (contoh: Doraemon, Voltus V, Son Goku, Crayon Shin-chan) baru dibuatkan artikel tersendiri, sisanya yang kurang terkenal luas digabungkan ke dalam artikel utamanya? Bagaimana? --Andri.h 00:36, 8 Juli 2007 (UTC)
Meskipun artikel tersebut memiliki versi :en atau bahasa lain, bukan berarti artikel tersebut langsung layak dimasukkan di :id sebagai artikel tersendiri. Wikipedia :en sepertinya memberi kelonggaran yang terlalu banyak untuk artikel2 tokoh fiksi dibandingkan dengan Wikipedia2 besar lainnya. Hayabusa future (\0-0/) 01:38, 8 Juli 2007 (UTC)

Kalo diliat dari ini dan ini sih, kayaknya anime/manga yg dibuatkan artikel secara detail (karakter, kelompok, "jurus" <emang ada ya? artikel yg mana?>, geografi) cuma yg terkenal-terkenal aja: Bleach, Naruto, Dragon Ball, Evangelion, One Piece, Conan, Gash Bell, Tokyo Mew Mew, dan Gundam (hah, akhirnya daftar itu berguna juga :D); dan semuanya diterbitkan oleh "anak" Gramedia (penerbit besar di Indonesia, pasti tau dong :D): Elex media atau MnC. --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 04:48, 8 Juli 2007 (UTC)

Saya bukan menentang semua artikel anime dan manga, dan memang daftar yang diberikan BlackKnigh di atas rada dikenal luas, tetapi coba lihat artikel karakter manga yang dibuat akhir-akhir ini. borgx(kirim pesan) 07:20, 8 Juli 2007 (UTC)
setuju, jangan semua karakter dibikin artikel sendiri, ntar Wikipedia jadi wikianime (bukannya anti anime nih, ane juga seneng loh) tapi mo gimana lagi, artikel kayak gini susah ngontrolnya, partisipan di PW-nya aja yang aktif ga semua T^TBloodseeker 12:43, 11 Juli 2007 (UTC)
Lho kenapa ga? Wikianime lucu juga. Coba aja usulin! Supaya punya tempat sendiri biar ga ngebaur sama wikipedianya. :) Hariadhi - Ngobrol 11:17, 23 Juli 2007 (UTC)
Yah di sini aja gak begitu jalan lagi, gimana mau dipisahin :-) --(^_^)BlackKnight (kirim pesan) 12:18, 23 Juli 2007 (UTC)

Wikipedia pilih-pilih

sebenarnya, apa sih yang menjadi standar penulisan di wikipedia untuk sebuah perusahaan? Apakah perusahaan itu harus besar terlebih dahulu, baru bisa masuk di entry wikipedia?? Jadi, gak ada tempat bagi perusahaan kecil menengah untuk unjuk jejak di wikipedia? Memang wikipedia bukan tempat untuk promosi, tapi jika perusahaan besar semacam Telkom, Gramedia, dll diperkenankan ada, apa itu bukan promosi namanya? terlepas dari siapapun yang menulisnya. Kalau memang mau konsisten dengan kebijakan bahwa wikipedia bukan tempat promosi, perusahaan besar semacam itu harus dihapus juga. Jika tidak, berarti wikipedia pilih-pilih, tidak fair!

salam dan terima kasih! – komentar tanpa tanda tangan oleh Jalaindra (bk) pada 19:07, 21 Juli 2007.

Silakan baca ini dan ini (bahasa Inggris). Terima kasih. Meursault2004ngobrol 19:27, 21 Juli 2007 (UTC)