Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi bahasa   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia di Wikipedia berpedoman kepada ejaan yang disempurnakan. Lihat pula:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Jumat, 12 Februari 2016
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Andriana08!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Pejawat vs Petahana (incumbent)[sunting sumber]

Saya baru ketemu artikel Republika yang menyebutkan bahwa Republika mulai menggunakan kata "pejawat" untuk menggantikan istilah asing incumbent. Sepertinya Wikipedia memakai istilah "petahana", misal di infobox Basuki Tjahaja Purnama atau banyak pejabat lainnya. Apakah "pejawat" mungkin lebih cocok? Kalau petahana mungkin cocok untuk pejabat yang mempertahankan jabatannya dalam pemilu (misal SBY adalah petahana di Pemilu 2009), tapi rasanya kurang cocok untuk di luar konteks itu? Misal: apakah SBY bisa dibilang "petahana" di Pemilu 2014 walaupun dia tidak ikut pemilu dan tidak mempertahankan jabatannya? Apakah cocok kalau Ahok disebut gubernur petahana di luar konteks pemilu? Kalau istilah "pejawat" saya rasa tidak ada masalah untuk konteks ini. HaEr48 (bicara) 19 Januari 2016 04.54 (UTC)

Sepertinya cukup cocok "petahana" = incumbent, sesuai dengan opini yang dimuat dalam Kompas via blog Rubrik Bahasa. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 19 Januari 2016 13.59 (UTC)

Gisik[sunting sumber]

Ada yang tau tautan bahasa Inggris dari Gisik ? --Erik Fastman (bicara) 24 Januari 2016 10.52 (UTC)

Holokaus atau Holocaust?[sunting sumber]

Holokaus atau holocaust? sewaktu membuat artikel Hari Peringatan Holokaus saya memutuskan menggunakan istilah holokaus daripada holocaust karena ada artikel Holokaus. Jadi yang mana yang benar menurut tata bahasa? Terima kasih. Henky Yoga (bicara} 27 Januari 2016 10.20 (UTC)

Setek dan cangkok[sunting sumber]

Adakah di sini yang tahu apa bahasa inggris cangkok dan setek? --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 6 Februari 2016 12.58 (UTC)