Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Penjelasan Wikipedia:Bukan riset asli

Saya ada usul (Pembicaraan_Wikipedia:Bukan_riset_asli#Usul_tambahan:_Perhitungan_sederhana_serta_penerjemahan_atau_transkripsi) untuk menambahkan sedikit penjelasan mengenai Wikipedia:Bukan riset asli. Kalau ada yang punya pendapat mengenai silakan berkomentar di usulan tersebut. HaEr48 (bicara) 19 Desember 2018 22.50 (UTC)

Invitation from Wiki Loves Love 2019

Please help translate to your language

WLL Subtitled Logo (transparent).svg

Love is an important subject for humanity and it is expressed in different cultures and regions in different ways across the world through different gestures, ceremonies, festivals and to document expression of this rich and beautiful emotion, we need your help so we can share and spread the depth of cultures that each region has, the best of how people of that region, celebrate love.

Wiki Loves Love (WLL) is an international photography competition of Wikimedia Commons with the subject love testimonials happening in the month of February.

The primary goal of the competition is to document love testimonials through human cultural diversity such as monuments, ceremonies, snapshot of tender gesture, and miscellaneous objects used as symbol of love; to illustrate articles in the worldwide free encyclopedia Wikipedia, and other Wikimedia Foundation (WMF) projects.

The theme of 2019 iteration is Celebrations, Festivals, Ceremonies and rituals of love.

Sign up your affiliate or individually at Participants page.

To know more about the contest, check out our Commons Page and FAQs

There are several prizes to grab. Hope to see you spreading love this February with Wiki Loves Love!

Kind regards,

Wiki Loves Love Team

Imagine... the sum of all love!

--MediaWiki message delivery (bicara) 27 Desember 2018 10.12 (UTC)

FileExporter beta feature

Johanna Strodt (WMDE) 14 Januari 2019 09.41 (UTC)

WBI dan ketakutan akan AP bertema politik

Untuk diskusi yang berkaitan, sila kunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/Mei 2014#Usul untuk tidak menampilkan artikel tokoh politik di masa Pemilu

Tanpa bermaksud mempermasalahkan pandangan para pengguna WBI mengenai ini, maka pesan ini lebih menyoroti tentang ketakutan WBI akan penayangan AP bertema politik di caturwulan pertama (Januari-April) 2019 alih-alih sekadar meributkan pengguna lain yang tidak sefaham dengan saya. Jujur saja, saya perhatikan pengguna WBI akhir-akhir ini sangat ketakutan melihat AP bertema politik (lebih tepatnya politik Indonesia masa kini) ditayangkan di HU terutama pada "masa-masa kritis" Pemilu 2019, yaitu Januari-April 2019. Saya tidak menyebut bahwa semua AP yang ditayangkan pada Januari-April haruslah bertema politik, tetapi setidaknya ada satu-dua slot yang menampilkan AP bertema politik. Buktinya, saya melihat ada kecenderungan untuk paranoid terhadap penayangan AP bertema politik, seraya menyebutkan bahwa jika AP bertema politik tayang selepas Pemilu 2019, maka keadaan akan menjadi baik-baik saja. Lihat ini dan ini. Pertanyaannya, apakah Wikipedia akan bersih dari tuduhan ketidaknetralan jika AP bertema politik ditayangkan selepas Pemilu 2019? Saya belum bisa memastikan apakah AP bertema politik akan tayang pada April nanti, tetapi melihat kecenderungan yang ada, tampaknya tiada satupun AP bertema politik yang tayang pada bulan itu. Walaupun Joko Widodo dan Prabowo Subianto kembali bertarung di Pilpres 2019, tetapi tentu saja artikelnya sudah ditayangkan 5 tahun yang lalu, yang berarti apakah akan ditayangkan ulang atau tidak? Saya ragu kedua artikel tersebut akan ditayangkan ulang mengingat kecenderungan pengguna-pengguna WBI akhir-akhir ini.

Walaupun WBI menjunjung tinggi kenetralan, apakah kita sudah berlaku netral terhadap AP bertema politik? Kalau benar, mengapakah kita malah melakukan swasensor/sensor mandiri (self-censorship) terutama pada AP bertema politik? Apakah penayangan AP bertema politik akan membuat kenetralan Wikipedia menjadi hilang sama sekali? Apakah penayangan AP bertema politik akan membuat Wikipedia berpihak kepada salah satu pihak politik tertentu? Lebih parahnya, apakah penayangan AP bertema politik akan memecah belah persatuan dan kesatuan negara Indonesia? Bukankah Wikipedia menerapkan Wikipedia bukanlah, yang terdapat satu poin mengenai penyensoran, yang berbunyi "Wikipedia bukanlah penyensoran, Wikipedia tidak menganut penyensoran, oleh karena itu, Wikipedia mungkin berisi konten yang tidak pantas untuk beberapa orang"? Ketika kita tidak mempermasalahkan gambar wanita telanjang di dalam artikel, kita malah sibuk mempermasalahkan penayangan AP bertema politik di HU harus ditayangkan kapan. Bahkan saya tidak melihat gambar belahan dada wanita atau pria bertelanjang dada di AP bertema politik, mengapa harus dipermasalahkan? Apakah sekarang AP bertema politik sudah termasuk "konten yang tidak pantas untuk beberapa orang"? Apakah demi menuruti sifat paranoid kita, lantas semua artikel bertema politik Indonesia, atau lebih parahnya semua artikel bertema politik (bahkan artikel politik sekalipun!) harus dihapus agar tidak menimbulkan fitnah di kalangan masyarakat? Jikapun memang AP bertema politik tersebut benar-benar tidak netral, mengapa tidak mengajukan pencabutan atas status AP tersebut?

Dahulu pernah ada perdebatan mengenai anak kecil dan Wikipedia dan kebanyakan malah menolak usulan tersebut. Selanjutnya terjadi perdebatan mengenai pemajangan AP bertema politik pada tahun berikutnya (pranala sudah diberikan di atas), yang akhirnya malah menggantung. Sampai saat ini Wikipedia berjalan dengan baik-baik saja, dan masyarakat pun juga. Namun, mengapa ketakutan yang sama yang pernah diperdebatkan sebelumnya muncul kembali? Apakah dampaknya lebih parah di tahun ini atau tidak lebih dari perwujudan rasa paranoid semata? Ini yang saya kritisi. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 17 Januari 2019 04.45 (UTC)

Tanggapanku ada dua bagian. Yang pertama, mengenai apakah baik menampilkan artikel bertema politik sebagai artikel pilihan di halaman utama sebelum pemilu? Menurutku—ini pendapat pribadi saja, pengguna lain tentu boleh setuju boleh tidak—sebagian besar tidak masalah, yang aku ingin coba hati-hati hanyalah isu politik aktual yang bersifat partisan. Sebagian besar topik politik bukanlah bersifat aktual atau partisan: Misalnya artikel mengenai konstitusi Indonesia, teori-teori pemerintahan, sistem pemilu, politisi zaman dahulu dan sebagainya. Kalau artikel politiknya tentang hal-hal ini aku rasa tidak ada masalah. Yang perlu berhati-hati adalah ketika topiknya partisan. Kenapa begitu? AP yang terjadwal di halaman utama akan "diusung" selama seminggu. Walaupun artikelnya sendiri netral, pengangkatan isu partisan tertentu di halaman utama (sedangkan isu lainnya tidak ditampilkan) tentu akan menghasilkan keberatsebelahan tersendiri. Contohnya adalah pencalonan ShameOnYouSBY yang bung tautkan. Walaupun isi artikelnya netral, kalau cuma itu yang diutamakan di Halaman Utama, tentu pengutamaan membuat halaman utama tidak berimbang. Kalau bisa dibikin "berimbang" seperti Wikipedia Inggris yang menampilkan John McCain dan Barack Obama bersama-sama pada hari pemilu mereka berdua, baru tidak masalah. Tapi kalau yang diangkat isu-isu khusus, mencari "pengimbang" tidak semudah menampilkan dua calon bersama-sama.
Tanggapan kedua adalah mengenai apakah ada penyensoran? Menurutku ini pun tidak. Di dua contoh yang bung tautkan, yang terjadi adalah pemungutan suara yang memang kondisinya subjektif. Tentu setiap pengguna boleh menyampaikan pendapatnya dan preferensinya. Jika banyak yang memilih tidak setuju atau memilih artikel lain, itu kan hak masing-masing pemilih yang punya selera masing-masing. Yang tidak boleh itu misalnya menghapus artikel, memaksa pengguna lain mencabut usulan atau pendapatnya, dsb. Selera orang bisa bermacam-macam, dan orang lain bisa setuju dan tidak setuju. Sebagai contoh, Bung Hanamanteo kadang tidak setuju dengan penjadwalan AP sebuah biografi yang tidak pas dengan tanggal lahir atau kematiannya. Ini kan bahkan masalah yang (bisa dibilang) lebih sepele dibanding menjaga kenetralan halaman utama. Apakah itu penyensoran? Tidak. Apakah Bung boleh berpendapat seperti itu? Tentu boleh, apalagi dalam pemungutan suara yang subyektif. HaEr48 (bicara) 18 Januari 2019 03.52 (UTC)

Betul, seperti yang aku bilang di halaman lain beberapa waktu ini, ini nggak ada kaitannya dengan penyensoran. Kalau ada penyensoran, maka akan ada pelarangan tayang untuk semua artikel bertema politik Indonesia, dan bahkan usulan menayangkan pun akan langsung dihapus. Nyatanya kan tetap boleh, tetapi pada akhirnya kembali lagi ke pengguna WBI mau menayangkan apa. Karena saat ini lebih banyak pengguna yang lebih memilih menayangkan artikel timbal daripada wawancara Aiman Witjaksono dengan Basuki Tjahaja Purnama, ya masak mau dipaksakan? Tokh tidak semua artikel harus dipajang secara tematik.

Makanya aku jauh jauh jauh jauh lebih setuju dengan sistem penjadwalan AP yang sekarang daripada dulu. Kalau dulu, satu suara setuju bisa langsung memveto penayangan artikel apapun, termasuk kalau bung mau menayangkan artikel politik, bisa langsung diveto dengan "tidak setuju" oleh satu orang (dan dulu juga saya ingat bung sendiri dapat dengan mudah memveto usulan penayangan artikel2 lain yang bung tidak suka). Sekarang dengan tidak adanya lagi suara "tidak setuju" yang bikin runyam, kita kembalikan kepada pengguna lain mau tayangkan artikel apa. Sistemnya sekarang, kalau Anda tidak setuju, calonkan penjadwalan tandingan alih2 memveto, dan kemudian keputusan akhir diserahkan kepada pengguna2 lain. Kalau bung mau mencalonkan penjadwalan artikel2 politik Indo yang lain dalam beberapa bulan ke depan, silakan saja (dan tidak ada yang melarang, ergo bukan penyensoran).  Mimihitam  18 Januari 2019 11.30 (UTC)

Kalau ingin menampilkan artikel bertopik politik, mungkin sebaiknya sekarang tidak membahas tokoh. Tapi hal yang lebih abstrak. Misalnya Otonomi daerah? Saran saja. Gombang (bicara) 18 Januari 2019 12.51 (UTC)

@Gombang artikelnya belum melalui peninjauan AP, jadi nggak bisa ditayangkan :P dan sekarang sepertinya belum ada cadangan AP WBI yang bertemakan politik Indo dan tidak berkaitan dengan tokoh. Ngomong2 mas Gombang mau ikutan kasih peninjauan di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan? Sekarang sistemnya baru, sudah tidak ada voting lagi, tapi lewat peninjauan komprehensif. Contoh: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Disetujui/Januari 2019.  Mimihitam  18 Januari 2019 15.22 (UTC)

Eh iya aku baru ingat.. minggu lalu kan artikel Abdoel Moeis Hassan baru tayang.. itu artikel tentang politik Indonesia loh.  Mimihitam  18 Januari 2019 18.37 (UTC)
Tadi itu contohnya yang kebetulan teringat saja. Contoh yang lebih baik mungkin Presiden Indonesia atau Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Memang harus diperbaiki artikelnya :p. Soal Artikel Pilihan saya tengok dulu. Gombang (bicara) 18 Januari 2019 20.10 (UTC)
Ya setuju kalau topik umum dan non partisan gitu. Sekilas lihat daftar AP kita, ada Mohammad Natsir yang belum tayang atau Fakih Usman yang sudah tayang. Mungkin bisa dipertimbangkan. HaEr48 (bicara) 18 Januari 2019 23.02 (UTC)

Usulan


Nama Kepala Desa/Lurah di Templat:Desa/Kelurahan

Mengundang: @Albertus Aditya:, @Mimihitam:, @Hanamanteo: Saya memiliki usulan untuk membuka kembali per diskusi Wikipedia:Warung_Kopi_(Lain-lain)/Arsip/September_2010#Hapus_nama_lurah/kepala_desa. Saya pribadi mengusulkan agar tetap mempertahankan entri nama kepala desa dan nama lurah di {{Desa}} dan {{Kelurahan}}, serta templat2 terkait dengan alasan sebagai berikut: Pertama, menyanggah alasan2 diskusi per September 2010

  • Kebenaran nama kepala desa sangat sulit diverifikasi sehingga kemungkinan dimasukkan informasi yang ngaco tanpa kita ketahui. Tidak sependapat, sebagian besar referensi sudah didapat dengan mudah di data BPS per kecamatan dan Prodeskel Binapemdes Kemendagri.
  • Sebagian besar kepala desa tidak notable untuk dijadikan artikel di Wikipedia, sehingga tidak terlalu berguna bila dituliskan. Tidak sependapat, sebagian besar informasi di wikipedia juga belum tentu memiliki kebenaran mutlak. Justru dengan menambahkan informasi terkait kepala desa/lurah ini dapat membuka mata masyarakat luas untuk lebih memperhatikan desanya sendiri dan memantau aktivitas kepala desa/lurah terkait.
  • Informasi nama kepala desa tidak terlalu penting. Tidak sependapat, bagi arsitek dan pengusaha informasi semacam ini akan mempermudah perijinan jika dapat mengetahui kepala desa/lurah di daerah tersebut.

Kedua, membuat aturan terkait hal tersebut diatas;

  1. Tetap harus menggunakan referensi, bisa dilihat di data laporan BPS per kecamatan dalam angka, situs berita daerah, dsb. Contoh: gampong Alue_Bagok
  2. Kebutuhan informasi yang cepat terkait ijin2 seperti IMB, Ijin usaha dan ijin lainnya yg melibatkan pihak desa, sehingga Wikipedia makin banyak yang mengakses terutama artikel2 desa, kelurahan, kecamatan, dsb.
  3. Membuat artikel desa lebih informatif dan dapat diakses banyak orang.
  4. Menjadikan wikipedia sebagai sumber pertama atau akses cepat dari data desa2 yang selama ini masih rintisan. Saya berharap dengan banyaknya informasi terkait desa dapat membantu wikipedia untuk cepat berkembang dan disunting banyak orang.

Terima kasih. Joseagush(Bicara) 15 Desember 2018 05.15 (UTC)

Teknis

Tech News: 2018-50

10 Desember 2018 17.33 (UTC)

Istimewa:Sumber buku

Pengurus: Minta tolong melengkapi sumber di Istimewa:Sumber buku dong. Misal Istimewa:Sumber_buku/978-1-58544-389-5 cuma ada 5 pranala dan tidak terlalu berguna. Kalau dibandingkan en:Special:BookSources/978-1-58544-389-5, jauh lebih banyak. Tapi kalau susah menambahkan semua, saranku tolong tambahkan Google Books (misal [4]) serta worldcat (misal [5]. Karena di Google Books sering ketemu teks buku itu (walaupun sebagian) dan di worlcat ada daftar perpustakaan tempat buku itu bisa dipinjam. Pranala sumber buku ini biasanya muncul di bagian referensi untuk buku yang ada ISBN-nya, dan kalau ketemu teks aslinya (misal di Google Books) akan membantu sekali untuk pemastian informasi, atau untuk membaca lebih lanjut. Karena ini halaman istimewa, sepertinya pengguna biasa tidak bisa mengubahnya. HaEr48 (bicara) 16 Desember 2018 19.02 (UTC)

Tag pengurus Mimihitam atau Bagas Chrisara yang mungkin tau caranya. HaEr48 (bicara) 16 Desember 2018 19.02 (UTC)

Coba panggil Bennylin  Mimihitam  18 Desember 2018 14.07 (UTC)

@HaEr48: Coba diuji kembali dengan cara masukkan kode ISBN di Istimewa:Sumber buku. Untuk sementara sudah saya tambahkan—meski belum lengkap—beberapa pranala pencarian yang serupa dengan versi WPEN, dan nanti akan saya lengkapi. -- Bagas Chrisara (bicara) 19 Desember 2018 12.21 (UTC)
Mantap. Sekarang pun udah oke, bung Bagas Chrisara. Yang penting-penting seperti Google Books atau worldcat sudah ada. Kalau yang di en.wp kebanyakan, gak perlu ditambahkan ke sini semua juga menurutku gak apa apa. Btw, kalau mau utak atik di sini ya? Versi yang sebelumnya (yang ada gramedia segala macam) ada di mana? HaEr48 (bicara) 19 Desember 2018 17.04 (UTC)
Benar, Anda dapat menyunting halaman tersebut. Saya membuat halaman Wikipedia:Sumber buku setelah mengikuti instruksi dari sini. Versi sebelumnya saya kurang tahu, mungkin bawaan perangkat lunak MediaWiki. -- Bagas Chrisara (bicara) 20 Desember 2018 02.49 (UTC)
Oke, terima kasih banyak bung Bagas Chrisara! HaEr48 (bicara) 20 Desember 2018 03.14 (UTC)

Tech News: 2018-51

17 Desember 2018 20.35 (UTC)

Wikipedia Android app

Please help translate to your language


Hey everyone,

We need your help. As you know, our readers mainly read the wikis on mobile phones, but our editing tools are focused on desktop and keyboards. This will be a problem for us: Wikipedia became a big thing because everyone who read it could add information. If this is not true in the future, we’ll have a harder time getting new editors. In the long run, effective mobile editing is about our survival.

The Wikipedia Android app is going to try a couple of things to see if we can get more people to start doing small tasks like adding or translating short title descriptions.

Would you be willing to help out by testing this and telling us how it worked? You’d have to have an Android phone and be willing to install the app. We need to hear both from users who are used to editing on mobile and desktop and from users who usually edit only on desktop, so you don’t worry if you haven’t edited on mobile before.

Please fill out this form to help out: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScUj-8iCJf63OXEhMrtQCXfVksC8QF4souAX-Y7lmZubyAFfA/viewform

Thank you! Whatamidoing (WMF) (bicara) 21 Desember 2018 20.28 (UTC)

Galat pada modul daftar episode di artikel Hukum Milo Murphy

Adakah yang bisa memperbaiki galat di artikel Hukum Milo Murphy? Mungkin ada kesalahan di modul daftar episodenya. Saya tidak terlalu paham masalah teknis seperti ini. Terima kasih. – Arifin.wijaya (bicara)  25 Desember 2018 pukul 12.01 WIB

Orang Iseng Menyisipkan Link di Laman Wikipedia

Selamat siang admin Perkenalkan nama saya M Yafei, saya ingin melaporkan ada penyalahgunaan laman wikipedia dengan menyisipkan link di laman wikipedia tanpa sepengetahuan pemilik laman. Saya sudah beberapa kali menyuntingnya tapi belum di setujui sama admin sampai sekarang. Mohon peninjauan admin https://id.wikipedia.org/wiki/Supeno_Surija Myafei026 (bicara) 29 Desember 2018 04.47 (UTC)

@Myafei026: Saya lihat tidak ada suntingan yang tertunda. Atau ada hal lain yang luput dari saya? ··· 🌸 Rachmat04 · 31 Desember 2018 10.03 (UTC)

Tech News: 2019-02

7 Januari 2019 18.30 (UTC)

Halaman tentang sekolah dan topik lain yang kasar

  • SMP Xaverius 1 Palembang (sekolah swasta)
  • SMA Xaverius 1 Palembang (sekolah swasta) -- "Artikel ini akan dihapus pada 2 Desember 2018 jika tidak diperbaiki" -- templat "tidak memenuhi kriteria kelayaka" ditambahkan Nov-18, halaman belum dihapus
  • SMA Negeri 4 Pangkep (sekolah negeri?) -- halaman dihapus sesudah 2 hari saja tanpa pembicaraan -- saya tidak setuju dengan penghapusan ini
  • Bambang_Supriadi&oldid=14154985 -- versi sangat kasar (banyak iklan, tidak ada referensi) yang diperiksa oleh pengurus

Taylor 49 (bicara) 4 Januari 2019 12:16 (UTC)

Artikel SMA Negeri 4 Pangkep tidak perlu diskusi. Artikel tersebut tidak memiliki satu pun sumber dan referensi tepercaya dan hanya memiliki satu pranala luar berupa situs web resmi dari sekolah yang bersangkutan. Kualitas artikelnya juga dipertanyakan karena memuat konten non-ensiklopedis seperti visi, misi, dan tujuan sekolah. Atas pertimbangan ini, artikel tersebut dihapus per kebijakan kriteria penghapusan cepat bagian A7. -- Bagas Chrisara (bicara) 4 Januari 2019 14.43 (UTC)
Saya belum diyakinkan. Ada beribu-ribu halaman kasar yang tidak memiliki referensi tepercaya cukup atau bersifat iklan atau berisi kesalahan sintaks:
Menurut pendapat saya, Anhar_syawal pengguna yang berniat baik dan halaman SMA Negeri 4 Pangkep dihapus dengan terlalu cepat. Taylor 49 (bicara) 8 Januari 2019 13.33 (UTC)

Templat yang tidak digunakan "Pedoman_pengguna"

Rupanya {{Pedoman_pengguna}} (tidak digunakan, tidak dikategorikan) sama dengan {{Selamat datang}}. Taylor 49 (bicara) 8 Januari 2019 12.43 (UTC)

Gambar yang dihapus dari Commons

Apakah kita bisa memiliki gambar yang dihapus dari Commons? Taylor 49 (bicara) 8 Januari 2019 13.03 (UTC)

@Taylor 49: Prinsipnya bisa saja. Karena Commons hanya untuk gambar berstatus bebas sedangkan kalau di Wikipedia bisa saja gambar berhak cipta dengan alasan fair use ("penggunaan wajar"). Masalahnya, gambar yang Bung tautkan di atas sepertinya digunakan melebihi kewajaran untuk fair use. Misalnya Berkas:Windows XP logo.png digunakan di banyak kotak pengguna. Menurutku pemakaiannya dibatasi di tempat yang benar-benar terkait (misalnya untuk artikel Windows XP sendiri), bukan dipakai sembarangan begitu. Kalau Bung punya alternatif, bisa kita ganti gambar yang ada di {{Pengguna Windows XP}} HaEr48 (bicara) 16 Januari 2019 17.10 (UTC)
Baik. Sekarang kita bisa memperbolehkan gambar demikian. Pendapat saya mengenai hal ini bersifat netral. Taylor 49 (bicara) 17 Januari 2019 10.32 (UTC)

Templat "vandal" dan "spam"

Apakah itu benar? Mungkin sebaiknya ada anjuran sama untuk kedya-duanya? Taylor 49 (bicara) 10 Januari 2019 13.21 (UTC)

Saya sudah menyunting kedua-dua templat ini mengubah anjuran menjadi "Templat ini harus selalu disubstitusi.". Taylor 49 (bicara) 17 Januari 2019 11.27 (UTC)

Tech News: 2019-03