Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Daftar isi

Kebijakan

Wikipedia to the Moon: voting has begun

Hello, after six weeks of community discussion about Wikipedia to the Moon, there are now 10 different proposals for content for the mission. Starting today, you can vote for them on Meta-Wiki, and decide what we will work on: a Wikipedia canon, different lists, the Moon in 300 languages, an astronomy editathon, featured articles, articles about technology, endangered things, or DNA-related topics. You can even vote against community involvement. Voting is open until 24 June. Sorry that this message is again in English only, but we are using village pumps to reach as many communities as possible, so that everyone knows they can vote. Best, Moon team at Wikimedia Deutschland 10 Juni 2016 15.31 (UTC)

Tolong jangan sewenang-wenang menghapus dan memblokir tanpa babibu

Saya agak bingung dengan cara interaksi pengurus sekarang. Saya sedang mengajari salah satu teman di kantor untuk membuat artikel wikipedia dengan memanfaatkan list di Daftar taman di Jakarta. Tentunya orang belajar tidak akan sanggup membuat artikel panjang, karena itu sudah saya pesankan, untuk menulis dengan menambahkan kata stub di bawah (walaupun cara menulis tagya salah, tapi tentunya pengurus mengerti namanya stub itu pemberitahuan bahwa itu adalah artikel penggalan pendek yang selanjutnya akan diperbaiki lagi. Tapi salah satu pengurus Erik Fastman tanpa usaha untuk berdiskusi, bertanya, ataupun menegur langsung saja main hapus dan selanjutnya memblokir.

Padahal ini tujuannya melatih pengguna baru untuk mengedit. Tentu saja skillnya tidak serta merta langsung bisa bikin artikel dengan standar hebat dan panjang seperti penulis yang sudah senior. Tapi ini kan namanya membunuh minat penulis baru. Belum-belum, ga ada usaha diskusi dan persuasi sudah main blokir.

Apa gunanya jadi pengurus kalau membuat orang merasa terusir dari Wikipedia Bahasa Indonesia? Sebelum jadi pengurus apa sudah mengerti apa itu stub? Hariadhi - Ngobrol 16 Juni 2016 09.25 (UTC)

Colek @Erik Fastman Gombang (bicara) 16 Juni 2016 11.12 (UTC)
Maaf @Gombang: & @Hariadhi:, soalnya saya lihat artikel-artikel tersebut secara teknis masuk poin A7 untuk penghapusan cepat (jika Hariadhi tak memberitahukan alasan khususnya). Tapi lain kali kalo emang ada keperluan apa untuk membuat artikel semacam itu mbok ya diberitahu pake templat khusus (selain stub) atau apa gitu, kayak dulu kalo nggak salah ada yang ditugasin bikin artikel di WBI ama dosen trus pengurusnya ngasih tag buat ngijinin pembuat artikel ybs bisa mencantumkan namanya pada artikelnya (lupa sih artikel yang mana, tapi seingetku ada kok). Lha, tadi juga ada pengguna yang memohon izin agar artikelnya layak dimasukkan WBI karena sebelumnya artikelnya dihapus 2X ama Rachmat, trus saya sarankan agar artikelnya dikasih sumber lain selain dari sumber lembaga itu sendiri, dan akhirnya dia memenuhi sarannya deh. Gitu aja menurutku. Sekali lagi, mohon maaf sebesar-besarnya --Erik Fastman (bicara) 16 Juni 2016 11.44 (UTC)
Masbro.. yang dijadikan alasan itu kriteria A7: Tidak mengindikasikan kepentingan (tokoh, organisasi, situs). Caranya menentukan layak tidak layak gimana? Kan dicek dulu ada ga liputannya ada ga mengenai topik tersebut di media nasional. Ini kan penulis-penulis baru, mereka memang belum terlalu mengerti cara menggunakan referensi. Kan bisa kita sebagai pengurus yang berinisiatif googling topik tersebut. Ga susah kok google, ketimbang langsung babat habis semua artikel hanya karena terlihat pendek dan ga layak di mata kita. Sekali lagi, kan sudah ditambahi pemberitahuan {{stub}}. Kalau sudah ditandai sebagai stub ya sabar dong lihat dulu perkembangan artikelnya dalam beberapa hari, baru diberi peringatan hapus kalau tidak diapa-apakan. Ini belum genap sehari ditulis sudah hilang. Lalu orangnya diblokir tanpa warning dan tanpa diberitahu kesalahannya apa. Coba dipikirin lah.. dulunya kita semua juga kan pengguna culun biasa. Kalau belum apa-apa sudah diblokir kira-kira akan bertahan di Wikipedia dan jadi pengurus tidak? Hariadhi - Ngobrol 16 Juni 2016 11.49 (UTC)
Sudah sudah, nggak usah diperpanjang, saya tidak sengaja, saya sudah sadar kok & saya minta maaf, saya akan belajar dari pengalaman. Saya juga nggak akan menghalang-halangi teman Anda lagi. Semua orang juga pernah memiliki kesalahan. Dulu juga Bennylin sempet ngutak-atik apa trus sampe bikin para pengguna jadi nggak bisa simpan suntingan selama beberapa jam & beberapa pengguna jadi nggak bisa mengunggah berkas selama beberapa hari, tapi akhirnya juga bener kembali --Erik Fastman (bicara) 16 Juni 2016 12.13 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── @Hariadhi: Jika ada pelatihan seperti ini, tidak ada salahnya menambahkan tag {{dalam perbaikan}} untuk mencegah artikel yang sedang dalam proses pembuatan dihapus secara cepat. @Erik Fastman: Benar apa yang dikatakan Hariadhi, bahwa toh dulu kita juga masih terseok-seok dalam belajar menyunting di Wikipedia. Saya sarankan mas untuk mencoba menyapa pengguna baru jika pengguna yang artikelnya dihapus mengajukan protes. Tidak ada salahnya untuk belajar menghargai pengguna baru, dan saya juga masih terus belajar dalam hal ini. — Bonaditya (bicara) 16 Juni 2016 12.33 (UTC)

Kalaupun tidak ada pelatihan seharusnya bisa dilihat subjeknya layak. Kualitas isinya lain masalah. Kalau soal kualitas bagusnya dikasih kesempatan dulu untuk memperbaiki. Gombang (bicara) 16 Juni 2016 13.32 (UTC)
Setuju saja bon. Saya minta dia pake stub karena lebih umum dan ga sulit bagi si pelajar ini untuk hapal. Cuma 4 huruf: STUB. Tapi kalau emang harus pula pake tag dalam perbaikan ga masalah. Tp minta tolong aje, klo ditandain itu mbo sabar dikasi pengertian kalau artikelnya sedang dalam pengembangan. Lagian kan ada halaman pembicaraan pengguna untuk ngasih teguran sebelum langsung dihapus atau diblokir. Hariadhi - Ngobrol 16 Juni 2016 14.12 (UTC)

Menindak kasus merebaknya artikel tugas kuliah

Beberapa waktu belakangan ini, banyak sekali artikel-artikel berisi makalah mengenai topik lobi, negosiasi, dan semacamnya, ya setidaknya dari jurusan perkuliahan yang sama lah, yang dibuat tak hanya oleh 1, 2 akun, artikel-artikel tersebut dibuat oleh puluhan akun. Saya sudah mencoba untuk membawa hal ini ke Investigasi pengguna siluman untuk menuntaskan kasus ini. Namun ternyata kata Bonaditya akun-akun tersebut bukanlah akun siluman melainkan hanya orang-orang yang membuat tugas kuliah. Bayangkan saja kalau saja tugas kuliah dilakukan semacam itu, apa jadinya jika hal tersebut dilakukan setiap tahun. Jika demikian, apakah harus para pengurus untuk berkali-kali menghapus topik-topik serupa yang tentunya sangat membosankan dan melelahkan ? Atau akun-akun tersebut harus diblokir dengan alasan spamming jika memang alasan pengguna siluman bukan alasan yang tisak cocok ? Atau paling tidak dari pihak WBI ada tindakan khusus untuk mengingatkan dosen-dosen agar tidak menyuruh para mahasiswanya untuk membuat makalah di Wikipedia atau paling tidak dibuat tapi sesuai dengan kriteria Wikipedia gitu. --Erik Fastman (bicara) 21 Juni 2016 13.35 (UTC)

Mungkin Erik dapat membaca Wikipedia:Proyek sekolah dan universitas sebagai panduan menghadapai masalah ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 22 Juni 2016 04.32 (UTC)
Saya paham jika Erik merasa terganggu dengan kehadiran para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas di Wikipedia, sesungguhnya saya pun juga demikian . Menurut hemat saya, itu harus kembali kepada dosen yang memberikan tugas untuk membuat artikel/menyunting di Wikipedia. Jika dosen sebagai pemberi tugas sudah membaca ketentuan ini, maka akan kecil dampak "negatif" yang dapat ditimbulkan. Saya sudah memiliki pengalaman dalam menangani kasus serupa, dan ternyata dosennya terkesan tidak mau tahu[enkoding pribadi] lalu menyuruh mahasiswanya untuk mencari sendiri bagaimana cara menyunting di Wikipedia.
Kembali lagi kepada pernyataan saya di atas, "harus kembali kepada dosen yang memberikan tugas". Bonaditya (bicara) 23 Juni 2016 03.35 (UTC)
Cukup pindahkan ke subhalaman user tersebut, biarkan pengalihan berada di sana hingga beberapa minggu (gunakan bot untuk menandai penghapusan di kemudian hari), proteksi agar tidak dipindahkan lagi. 114.4.76.132 23 Juni 2016 11.41 (UTC)

Wikipedia to the Moon: invitation to edit

Three weeks ago, you were invited to vote on how to take Wikipedia articles to the Moon. Community voting is over and the winning idea is to send all ‘’featured articles and lists’’ to the Moon. This decision means that, starting today, Wikipedians from all language communities are warmly invited to intensively work on their best articles and lists, and submit them to Wikipedia to the Moon. The central site to coordinate between communities will be Meta-Wiki. You will find an overview and more information there. Hopefully, we will be able to represent as many languages as possible, to show Wikipedia’s diversity. Please feel kindly invited to edit on behalf of your community and tell us about your work on featured content!

Best, Moon team at Wikimedia Deutschland 1 Juli 2016 14.10 (UTC)

Pencabutan validasi artikel (lagi)

Setelah dua kali terdapat proposal pencabutan yang gagal (proposal 2011, proposal 2014), sekali lagi, saya mengusulkan proposal untuk mencabut Wikipedia:Validasi artikel (FlaggedRevs) dari Wikipedia bahasa Indonesia. Silakan berdiskusi di halaman yang bersangkutan. Terima kasih. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 Juli 2016 16.20 (UTC)

Open call for Project Grants

IEG barnstar 2.png

Please help translate to your language:

Greetings! The Project Grants program is accepting proposals from July 1st to August 2nd to fund new tools, research, offline outreach (including editathon series, workshops, etc), online organizing (including contests), and other experiments that enhance the work of Wikimedia volunteers.
Whether you need a small or large amount of funds, Project Grants can support you and your team’s project development time in addition to project expenses such as materials, travel, and rental space.
Also accepting candidates to join the Project Grants Committee through July 15.
With thanks, I JethroBT (WMF) 5 Juli 2016 15.25 (UTC)

Compact Links coming soon to this wiki

Please help translate to your language

Screenshot of Compact Language Links interlanguage list

Hello, I wanted to give a heads up about an upcoming feature for this wiki which you may seen already in the Tech News. Compact Language Links has been available as a beta-feature on all Wikimedia wikis since 2014. With compact language links enabled, users are shown a much shorter list of languages on the interlanguage link section of an article (see image). This will be enabled as a feature in the coming week for all users, which can be turned on or off using a preference setting. We look forward to your feedback and please do let us know if you have any questions. Details about Compact Language Links can be read in the project documentation.

Due to the large scale enablement of this feature, we have had to use MassMessage for this announcement and as a result it is only written in English. We will really appreciate if this message can be translated for other users of this wiki. The main announcement can also be translated on this page. Thank you. On behalf of the Wikimedia Language team: Runa Bhattacharjee (WMF) (talk)--8 Juli 2016 11.46 (UTC)

Tanya ?

Saat ini masih berlangsung pemungutan suara untuk pencabutan validasi artikel. Kalau saya melihat hasil sementara sepertinya akan dicabut. Pertanyaan saya, jika validasi artikel telah dicabut apakah Editor akan dihilangkan/dicabut juga? Karena tugas Editor adalah memvalidasi artikel. Atau Editor masih dipertahankan untuk menjalankan sistem pengganti validasi artikel. Saya sebagai Editor wajib bertanya bagaimana nasib Editor selanjutnya. Farizkang (bicara) 12 Juli 2016 05.12 (UTC)

Pertama-tama, setelah pemungutan suara itu selesai; jika berhasil, maka barulah diskusi lebih lanjut dilakukan, pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan merupakan bahan diskusi yang bagus. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12 Juli 2016 13.37 (UTC)

Compact Language Links enabled in this wiki today

Please help translate to your language

Screenshot of Compact Language Links interlanguage list

Compact Language Links has been available as a beta-feature on all Wikimedia wikis since 2014. With compact language links enabled, users are shown a much shorter list of languages on the interlanguage link section of an article (see image). Based on several factors, this shorter list of languages is expected to be more relevant for them and valuable for finding similar content in a language known to them. More information about compact language links can be found in the documentation.

From today onwards, compact language links has been enabled as the default listing of interlanguage links on this wiki. However, using the button at the bottom, you will be able to see a longer list of all the languages the article has been written in. The setting for this compact list can be changed by using the checkbox under User Preferences -> Appearance -> Languages

The compact language links feature has been tested extensively by the Wikimedia Language team, which developed it. However, in case there are any problems or other feedback please let us know on the project talk page. It is to be noted that on some wikis the presence of an existing older gadget that was used for a similar purpose may cause an interference for compact language list. We would like to bring this to the attention of the admins of this wiki. Full details are on this phabricator ticket (in English).

Due to the large scale enablement of this feature, we have had to use MassMessage for this announcement and as a result it is only written in English. We will really appreciate if this message can be translated for other users of this wiki. Thank you. On behalf of the Wikimedia Language team: Runa Bhattacharjee (WMF) (talk)-15 Juli 2016 02.26 (UTC)

Tanya ? 2

Saya ingin bertanya bagaimana mekanisme dan cara Pengusulan Pencabutan Status Pengurus dan Pengusulan Anggota Kehormatan Wikipedia Bahasa Indonesia? Farizkang (bicara) 19 Juli 2016 06.48 (UTC)

Usulan

Usul

Saya usul WBI memberikan ucapan unutk HUT POLRI. Farizkang (bicara) 1 Juli 2016 00.19 (UTC)

Saya pikir tidak perlu, sebab ucapan selamat di WBI hanya diperuntukkan bagi libur nasional yang bersifat kenegaraan maupun agama, juga tentunya perayaan ulang tahun Wikipedia. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 6 Juli 2016 16.07 (UTC)

Usulan sederhana

Mungkin ini sederhana tetapi bisa sedikit mengurangi pertanyaan tak perlu di Warung Kopi Bantuan. Sebaiknya di laman Warkop Bantuan ditambahkan pranala ke FAQ. Jadi sebelum menanyakan di Warkop, bisa dicari terlebih dahulu jawaban dari pertanyaan yang ingin ditanyakan. Dan bisa mengurangi pekerjaan dari pengurus untuk menjawab pertanyaan yang memang sudah ada di FAQ. John Bicara 25 Juli 2016 06.00 (UTC)

Teknis

Tech News: 2016-23

6 Juni 2016 20.51 (UTC)

Content Translation - Community consultation

Content Translation is an article creation tool that has been in use since January 2015. Content translation helps users translate existing articles from one Wikipedia into languages on other Wikipedias where the article does not exist. It is used by editors to write many new articles, increasing participation by new users and also renewing active editing in many Wikipedias. Translated from existing articles, 88000 new articles with considerably rich content have been written using this tool. Content Translation is an opt-in beta feature. We are now preparing to take Content Translation to a bigger group of users by taking the tool out of beta feature on a few Wikipedias. We prepared a preliminary list with the following wikis: Arabic, Catalan, Chinese, Hebrew, Indonesian, Japanese, Norwegian (Bokmal), Persian, Portuguese, Punjabi, Russian, Spanish, Turkish, and Ukrainian. This set of wikis were selected to create variations in size, language groups, and usage patterns of Content Translation.

Based on an earlier consultation with the editors of the Catalan Wikipedia, the earliest adopter of this tool, the Content Translation team have prepared a preliminary set of requirements that we consider should be fulfilled before the tool is ready for use outside of beta. To focus on the features and concerns that are most important for users of Content Translation, we would like to get more feedback. We are hosting a consultation from June 8, 2016 to June 22, 2016 on this village pump.

As we work on the tool it is being improved every day, but we are particularly looking to better understand the issues in Content Translation that make the tool unusable or add extra workload for our editors. Please let us know on this topic thread. During the conversations, we may point you to Phabricator tickets for ongoing work, so that you can track the status of work. For new issues we will create new Phabricator tickets to help the development team keep the details documented. After June 22, 2016 we will go through all the feedback and follow up with a summary, and an updated plan for Content Translation’s move out of beta.

This message could only be written in English. We will be grateful if the message can be translated for other users of the Wikipedia. Thank you for your support for Content Translation. We look forward to hearing from you! On behalf of the WMF Language team: —Runa Bhattacharjee (bicara) 8 Juni 2016 17.05 (UTC)

Hello, the consultation on this thread is now closed. Thank you for your participation. However, please feel free to leave any further feedback at the project talk page. We are currently going through the comments and discussion, and will post the summary on July 4, 2016. Please watch this page for updates. On behalf of the WMF Language team: —Runa Bhattacharjee (bicara) 23 Juni 2016 09.27 (UTC)
The summary is now available on this page. Thank you.--Runa Bhattacharjee (bicara) 5 Juli 2016 03.57 (UTC)

Tech News: 2016-24

13 Juni 2016 18.41 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-23 tahun 2016)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih gambar pilihan! Ini adalah periode terakhir untuk pengusulan/pemilihan gambar tahun 2016, jadi jangan lupa untuk memberikan suara! Salam.

MediaWiki message delivery (bicara) 16 Juni 2016 00.23 (UTC)

Tech News: 2016-25

20 Juni 2016 19.14 (UTC)

Templat:Infobox mountain pass

Ada yang bisa memperbaiki templat ini ? Kok pas dipakai di artikel ini malah ada tulisan "Lua error in Modul:Location_map at line 337: The value "Galat skrip: tidak ada modul tersebut." provided for longitude is not valid." --Erik Fastman (bicara) 24 Juni 2016 09.53 (UTC)

artikel palsu

Mohon periksa user Joged Pucang Gading, karena sering membuat artikel palsu macam jalan tol yang tidak pernah ada. Saya ingin menerjemahkan ke wiki bahasa lain tapi tidak menemukan referensi sama sekali, di artikel maupun lewat google. Karena Wiki Melayu, Wiki Arab, Wiki Jepang, dan Wiki Inggris lebih ketat dalam pembuatan artikel, tanpa referensi akan dihapus dan templat stub tidak akan menolong. Berbeda sekali dengan Wiki Indonesia. 114.4.83.147 24 Juni 2016 21.48 (UTC)

114.4.83.147 24 Juni 2016 21.48 (UTC)

Tech News: 2016-26

27 Juni 2016 15.42 (UTC)

Templat

{{agumon}} bagaimana cara membuat kotak level evolusi Agumon di samping ini dan kotak Digimon Adventure di bawah ini? Dr. Gure (bicara) 30 Juni 2016 12.12 (UTC) {{Digimon Adventure}}

Templat tersebut sudah ada, tapi sebenarnya maksud Anda adalah menyunting templat tersebutkah? Kalau benar, Anda dapat langsung menyunting di masing-masing templat. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 6 Juli 2016 15.46 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode pertama tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih gambar pilihan! Ini adalah periode pertama untuk gambar pilihan pada tahun 2017.

MediaWiki message delivery (bicara) 2 Juli 2016 14.59 (UTC)

Editing News #2—2016

m:User:Elitre (WMF), 3 Juli 2016 17.20 (UTC)

Tech News: 2016-27

4 Juli 2016 19.45 (UTC)

Tech News: 2016-28

11 Juli 2016 15.14 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-1 dan ke-2 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 16 Juli 2016 04.44 (UTC)

Templat:Sejarah Malaysia

Ada yang bisa membetulkan templat ini: Templat:Sejarah Malaysia --Erik Fastman (bicara) 17 Juli 2016 09.45 (UTC)

Tech News: 2016-29

18 Juli 2016 20.18 (UTC)

Kesalahan di Hari ini dalam sejarah

Sejarah eror.jpg

Perhatikan gambar diatas, gambarnya tidak muncul, yang muncul hanya codingnya saja. Mohon Pengurus untuk diperbaiki. Farizkang (bicara) 19 Juli 2016 06.15 (UTC)

Selesai Selesai --Erik Fastman (bicara) 19 Juli 2016 06.18 (UTC)

Tech News: 2016-30

25 Juli 2016 19.54 (UTC)


Bahasa

Pemenggalan kata "Citra" (menurut EBI, bukan EYD)

Menurut kaidah EBI (yang berlaku sejak akhir 2015, bukan EYD), pemenggalan kata "Citra" yang benar itu apa ya? Gunakan spasi untuk memenggalnya. 111.94.244.90 13 Juni 2016 14.08 (UTC)

"Cit-ra"? Sepertinya kita perlu ping Pak @IvanLanin:.... Muhraz (bicara) 18 Juni 2016 10.43 (UTC)

Standardisasi penamaan partai

Selamat Pagi/Siang/Malam

Saya mengusulkan adanya standardisasi dalam penamaan/penerjemahan partai politik agar tidak menimbulkan kebingungan. Contoh pada penamaan Partai Demokrat Sosial Austria, Partai Sosial Demokrat Ceko, Partai Sosial Demokratik Jerman. Padahal dalam bahasa Inggis, ketiga partai tersebut bernama Social Democratic Party of Austria, Czech Social Democratic Party, dan Social Democratic Party of Germany atau namanya sesama social democratic. Mohon dapat dipertimbangkan usulan ini. Terimakasih

John Bicara 10 Juli 2016 08.44 (UTC)

Dengan analogi penerjemahan social media menjadi "media sosial", maka social democratic party seharusnya jadi "partai demokrat sosial". (coba baca: Hukum D-M) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 Juli 2016 14.14 (UTC)
Seharusnya demikian. Mungkin di pedoman ini sebaiknya ditambahkan poin penggunaan Hukum D-M dalam penerjemahan ke bahasa Indonesia sehingga dalam penerjemahan berikutnya dapat disesuaikan dengan hukum D-M. Terima kasih John Bicara 10 Juli 2016 16.33 (UTC)
Sepertinya tidak perlu karena ini seharusnya pedoman umum dalam menerjemahkan istilah-istilah asing ke dalam bahasa Indonesia. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11 Juli 2016 13.21 (UTC)

@Kenrick95: Partai Demokrat Sosial Jerman merupakan halaman pengalihan, jadi bisakah dihapus dulu untuk memudahkan pemindahan artikel Partai Sosial Demokratik Jerman? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 11 Juli 2016 07.13 (UTC)

Sudah saya pindahkan. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11 Juli 2016 13.21 (UTC)

Pengolahan citra

"Pengolahan citra" jika dihilangkan semua imbuhannya menjadi? 139.193.145.109 11 Juli 2016 09.19 (UTC)

Terjemahan "Various Artists"

Dalam hal musik, dikenal istilah "Various Artists" yang menandakan sebuah album (terutama kompilasi) dinyanyikan oleh lebih satu penyanyi. Padanan apa yang ada dalam bahasa Indonesianya ya? MaxiManuel111 (bicara) 23 Juli 2016 05.47 (UTC)

Mas @IvanLanin: mungkin dapat membantu? :) ··· 👦 Rachmat04 · 💬 23 Juli 2016 06.05 (UTC)

Antara kata "sarjana", "cendekiawan", "scholar" & "bachelor"

Saya lihat ada beberapa artikel, kata "scholar" dari bahasa Inggris diterjemahkan menjadi "sarjana". Padahal, yang namanya "sarjana" itu merupakan sebuah gelar perguruan tinggi yang dalam bahasa Inggris disebut "bachelor" sementara "scholar" tersebut sederhananya adalah untuk mengartikan orang pintar atau ahli dalam bidangnya bahkan digunakan untuk menyebut orang-orang zaman kuno bahkan sebelum perguruan tinggi itu ada. Saya sarankan bila penerjemahan-penerjemahan kata "scholar" ke "sarjana" diubah menjadi "cendekiawan" saja, berdasarkan pada pengamatan saya terhadap penggunaan kata tersebut untuk mengartikan kata "scholar" di Wikipedia bahasa Melayu. --Erik Fastman (bicara) 25 Juli 2016 08.36 (UTC)

Maksudnya tergantung pada konteks kalimat ya, Erik. Mungkin jika memiliki gelar akademik lebih tepat memakai kata sarjana. Sedangkan jika bidang non akademik bisa menggunakan ilmuwan atau cendekiawan. Sedangkan Ahli atau Pakar (expert) dapat digunakan untuk bidang apa saja. ibensis (What’s the Story?) 25 Juli 2016 10.35 (UTC)

Pengalihan tokoh dengan judul "Syekh ..."

Karena Syekh merupakan gelar, saya usulkan artikel berikut dialihkan:

variasi

ꦱꦭꦩ꧀Bennylin musyawarah 26 Juli 2016 - 19:48 WIB

Saya setuju. Tambahan: karena kata yang baku adalah Syekh, alangkah baiknya apabila dapat sekaligus diseragamkan penggunaanya. ibensis (What’s the Story?) 26 Juli 2016 14.51 (UTC)

Berita

Lain-lain

Penghapusan artikel secara semena-mena

Dear admin/pengurus,

Saya hanya ingin memberitahu bahwa saya kecewa dengan wikipedia indonesia karena arogansi penyunting yang tanpa pemberitahuan sebelumnya langsung menghapus artikel saya. Saya tahu artikel saya belum sempurna, tapi alangkah baiknya jika ada pemberitahuannya.

Sefi3qunix (bicara) 27 Juni 2016 08.38 (UTC)sefi

Boleh tahu artikel mana yang dimaksud? Muhraz (bicara) 27 Juni 2016 15.34 (UTC)
Sepertinya yang ini --Erik Fastman (bicara) 28 Juni 2016 05.59 (UTC)

ESEA Newsletter June 2016

ESEA Newsletter Header

ESEA Newsletter is out! Check out some amazing work done by Wikimedia Communities in East and Southeast Asia! Here is the summary of the Newsletter.

  • What is Affiliations Committee and how ESEA is related with it? ESEA editors interviewed one of the members Ting Chen on Wikimedia Conference 2016.
  • Wikimedia Indonesia brings the news on Sundanese Wikipedia community held a Wikipedia writing competition, and one participant who was only 12 years old managed to edit 118 articles using a 4-inch smartphone, using source editor!
  • Wikimedia Taiwan invites parliament members to take open licensed photo, 38 out of 113 congresspeople have participated in this event.
  • Wikimedians in Thailand organised two meetups in March 2016 at Mahidol University International College. They gathered around 30 new editors, including a visually impaired student.
  • One of Wikimedia Hong Kong members was invited to give a presentation about building up an Arts database in Asia on Wikipedia, and the Ministry of Culture in Taiwan expressed their interest to cooperate with us in order to establish the database.

MediaWiki message delivery (bicara) 3 Juli 2016 17.52 (UTC)

Ichcha dan Tapasya & Uttaran

Saya mau tanya, apakah artikel Ichcha dan Tapasya & Uttaran harus digabung atau tetap dipisah. Pasalnya kedua artikel tersebut berasal dari sebuah serial TV yang sama hanya saja dibagi jadi 2 serial oleh antv dengan yang satu (Ichcha dan Tapasya) khusus berkisah tentang masa kecilnya dan yang satunya lagi (Uttaran) khusus berkisah tentang masa dewasanya. --Erik Fastman (bicara) 13 Juli 2016 10.34 (UTC)

Gabung Gabungkan Saya perhatikan, untuk masalah ini, Anda dapat menambahkan perihal Ichcha dan Tapasya berikut sumbernya ke artikel Uttaran. Nantinya, Anda dapat mengalihkan artikel Ichcha dan Tapasya ke artikel Uttaran. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 14 Juli 2016 14.01 (UTC)

Revisi tertunda

Dear Admin dan kontributor. Saya lihat ada revisi tertunda pada artikel tentang darah. Yang mau saya tanyakan:

  1. Bagaimana cara mengajukan perubahan agar segera ditindaklanjuti perubahan pada artikel ?
  2. Siapa yang berwenang memeriksa penambahan dan perubahan pada artikel dan memberi status artikel telah diperiksa

Mohon maaf pertanyaan dasar, saya anggota baru di wiki Indonesia ini, Terima kasih. MTG Wiki (bicara) 15 Juli 2016 03.35 (UTC)

Anda dapat mendatangi halaman pembicaraan editor atau pengurus untuk meminta validasi atas revisi tertunda. Yang berwenang memeriksa revisi tunda adalah editor dan pengurus. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 15 Juli 2016 14.27 (UTC)

Wiki-Indonesia di Wikipedia Ukraina

Halo semua, @Mimihitam: @Johnstad Di Maria:, Wikipediawan Ukraina berencana membuat artikel bertopik Indonesia. Kalau ada usulan artikel untuk dibuat di Wikipedia Ukraina (banyak sekali artikel yang belum ada), silakan ditambahkan ke uk:Вікіпедія:Проект:Тематичний тиждень/Тиждень Індонезії#За запитом користувачів із Індонезії / Request from Indonesia Community atau ke halaman pembicaraan saya untuk saya masukkan.

Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 04.53 (UTC)

@Beeyan apakah dari Ukraina sendiri ada request? Mungkin kita perlu buat halamannya juga?  Mimihitam  15 Juli 2016 09.10 (UTC)
Sudah saya buatkan di Wikipedia:Bulan Ukraina Wikipedia, @Mimihitam:, bantu untuk lihat dan perbaiki ya :) --Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 09.15 (UTC)

Ada apa dengan Stephensuleeman ?

Ada apa gerangan, kenapa Stephensuleeman menghapus halaman Mermaid In Love, Uttaran, Young Lex(kecuali yang Young Lex yang saya lihat memang melanggar A7) yang jelas-jelas suntingannya banyak tapi dihapus padahal masalahnya hanya isinya saja yang divandal ? Bukannya harusnya bila suntingannya ngawur harusnya dicek terlebuh dahulu riwayat suntingannya untuk mengecek apakah itu hanya divandal atau memang jelas-jelas ngawur. --Erik Fastman (bicara) 25 Juli 2016 15.10 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/groups/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/groups/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.