Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Daftar isi

Kebijakan

Kenapa pranala saya di hapus??

Salam kepada pengurus Wikipedia Indonesia Saya menulis di wikipedia berjudul "Wawancara Kerja" pada 10 juli 15 pada tulisan tersebut saya membuat 7 sumber, 3 diantaranya pranala luar, satu diantaranya blogspot, sewaktu di approve saya pranala blogspot di hapus, saya ingin bertanya alasan kenapa dihapus??

beri saya alasan yang kongkrit, saya tidak melakukan SPAMMing, karena itu merupakan sumber utama dari tulisan tersebut. apa karena akun blogspot lantas di hapus?

apa admin tidak mencoba mengecek dulu? terus andai memang di anggap spam, apa batasan spam disini? saya tidak melakukan itu berulang-ulang, saya tidak cuma menambahkan url pada dead link,.

saya sering melihat komentar admin di pembicaraan, usahakan memasukan sumber pranala luar yang valid, ok, usahakan sumber setidaknya media nasional, haaa? seandainya sumber saya dari detik.com atau liputan 6 atau kompas.com, mungkin tidak di hapus? apa kalian pikir info dari situs media nasional tadi pasti berbobot?? bahkan terkadang ga ada isinya sama sekali.

klo memang alasannya krn pranala blogspot, gimana kalau kita bersihkan semua pranala-pranala yang berasal dari blog2 biasa, saya bisa tunjukan banyak sekali klo admin butuh bantuan, termasuk .com .net yang tidak media nasional kita hapus juga.

sudahlah, ga perlu gitu banget, wikipedia besar dari banyak kontribusi sejak bertahun-tahun, selama masih relevan kenapa tidak dimasukan, bukan blog jualan juga, semua berisi info, tujuan utama wikipedia jg sebagai ensiklopedia, saling lengkap melengkapi, jujur kita juga tidak mendukung adanya spamming, karena itu menyebalkan, tapi tolong jangan asal hapus pranala, klo memang tidak bisa jika bukan situs resmi, gimana kalau usulan saya membersihkan semua pranala yang bukan resmi di semua artikel Wiki, baik blogspot, wordpress, .com .net tolong beri jawaban secepatnya

Nama: Ricardo Simbolon email:ricardosimbolon17@gmail.com

     ricardo_simbolon@ymail.com

Seobejo (bicara) 10 Juli 2015 12.09 (UTC)

Halo Bung Ricardo Simbolon. Saya pengguna saja di sini (bukan admin), namun saya menghargai anda yang sudah menyumbangkan artikel dan ingin berkomentar pula. Saya secara pribadi tidak menganggap semua blog itu jelek, malahan sebaliknya banyak pula blog yang isinya benar2 bagus dan bermutu. Namun, setiap situs web tentu ada standarnya ya, dan di Wikipedia blog tidak disarankan digunakan sebagai sumber. Ini bukan berarti tidak menghargai, tapi masalah standar yang dipakai di Wikipedia ini. Cobalah anda lihat di panduan ini: Wikipedia:Sumber tepercaya, ada penjelasannya. Menurut hemat saya, info dari blog lainnya pun sedapat mungkin sebaiknya dihapus saja, sesuai standar tersebut. Dengan demikian, akan tercipta ensiklopedia daring yang bermutu bagi kita semua. Demikian sedikit masukan saya, semoga ada manfaatnya. Salam & tetap semangat, Naval Scene (bicara) 10 Juli 2015 14.23 (UTC)

Little Caprice

Saya melihat ada perang suntingan pada halaman 26 Oktober 1988, apa penyebab Little Caprice tidak bisa masuk ke daftar? Saya lihat ia tidak menyalahi en:Wikipedia:Days of the year bab Birth and Death. Ia sendiri juga subjek di artikel kan ya? Justru tidak memasukannya ke dalam daftar menjadikannya artikel yatim dan hal itu tidak diinginkan di Wikipedia.

Saya tahu Little Caprice, dia sudah mendunia dan menjadi favorit saya. Tapi jika ia tidak layak masuk ke kalender hanya karena alasan yang subjektif, maka sangat mengecewakan sekali; saya memilih menghapus ID ini dan mundur dari Wikipedia. Dina Oktavia (bicara) 12 Juli 2015 12.16 (UTC)

Jangan seperti itu, mari kita selesaikan dengan baik. Perihal artikel tersebut, ada baiknya Anda membantu mencari sumber lebih banyak untuk memastikan kelayakan tokoh ini dan jangan lupa tambahkan catatan kaki di artikel tersebut. Jujur, saya tidak terlalu paham mengenai tokoh tersebut, jadi saya berharap Anda mau membantu. Saya harapkan Anda jangan berhenti, karena setiap kontribusi dari pengguna pastilah bermanfaat. Salam! -- Bonaditya (bicara) 12 Juli 2015 - 19:50 WIB
Nah kan, Saudara Bonaditya subjektif juga. Little Caprice sudah terdaftar di IMDB dan IAFD, ada biodatanya di sana lengkap, dan IMDB/IAFD dibuat oleh lembaga yang terpercaya. Bandingkan dengan Evi Anggraini dan Angki Purbandono yang tanpa referensi sedikitpun dibiarkan begitu saja. Farish Nahdi pun referensi terpercayanya cuma IMDB dibiarkan begitu saja. Dan saya bisa menyebut ratusan artikel2 buatan pengguna Gurniadi, Willy2000, dan Relly Komaruzzaman yang dibiarkan begitu lama tanpa referensi selain twitter dan facebook. Dan juga silahkan klik referensi di artikel Arwys Rangkuti. Pilih kasih? Diskriminatif? Dina Oktavia (bicara) 12 Juli 2015 13.10 (UTC)
Mohon maaf, jika pernyataan saya menyinggung Anda. Tetapi saya benar-benar tidak tahu dan Anda tahu akan hal tersebut, saya hanya meminta Anda untuk memperbaiki artikel tersebut supaya lebih baik. Jika Anda ingin menambahkan tokoh tersebut dalam tanggalan juga diperbolehkan, hanya saja artikel tersebut sedikit diberikan referensi. Saya memang tidak terlalu tertarik dengan budaya populer, oleh karena itu saya membutuhkan Anda. Salam! -- Bonaditya (bicara) 12 Juli 2015 - 20:16 WIB
Halo, saya akan sampaikan alasan-alasan saya mengapa membalikkan suntingan2 tersebut.
  • en:Days_of_the_year#Births_and_deaths : being the subject of a Wikipedia article is only a minimum requirement for inclusion in a Wikicalendar article. Not all people meet the more stringent notability requirements for Wikicalendar articles.
  • Artikel tersebut tidak masuk dalam en:October 28 dan en:1988, sehingga saya mengasumsikan sang tokoh (dari negara Ceko) tidak memenuhi syarat kelayakan minimum secara internasional untuk dimasukkan ke dalam daftar2 tersebut. Karena saya pikir English Wikipedia mewakili kelayakan tokoh secara internasional.
  • Sama seperti tanggapan pengurus Mas Bonaditya, di artikel tersebut tidak ada rujukan yang menyatakan kelayakan minimum atau pengakuan internasional.
  • Jika tokoh tersebut tidak memenuhi syarat kelayakan sebagaimana disebutkan di atas secara internasional, saya tidak menemukan alasan mengapa di Indonesia (diwakili oleh WBI) dipandang layak. Sementara saya juga tidak menemukan relasi antara negara Ceko dengan Indonesia sehingga seorang tokoh dari Ceko dianggap layak di Indonesia walau di dunia internasional tidak memenuhi kriteria kelayakan minimum.
  • Mengenai adanya beberapa tokoh di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut menurut saya ada perlakukan khusus di wikipedia lokal (dalam hal ini WBI) bagi tokoh-tokoh dari Indonesia walaupun tidak diakui secara internasional.
  • Tambahan: baru saja saya lihat di en.wp artikelnya sudah tidak ada. Saya hanya menemukan log penghapusan ini: en:Little Caprice.
Tapi tentu saja penilaian saya mungkin salah, untuk itu saya serahkan kembali kepada komunitas atau pengurus apakah hendak mempertahankan artikel tersebut di daftar 26 Oktober 1988. Salam, Ign christian (bicara) 13 Juli 2015 03.38 (UTC)


  • en:Days_of_the_year#Births_and_deaths : "being the subject of a Wikipedia article is only a minimum requirement for inclusion in a Wikicalendar article.", maka kalau keperluan minimum sudah tercapai sudah boleh.
Not all people meet the more stringent notability requirements for Wikicalendar articles. Baris ini beberapa kalimat setelah kata di atas untuk menekankan bahwa profil pribadi tidak bisa masuk. Bukan untuk menekankan kalimat awal.
Ngapain disambung2in dengan pranala interwiki yang tidak ada? Saya juga menemukan banyak artikel yang diterjemahkan dari bahasa melayu tapi tidak ada di bahasa Inggris. Itu pengecualian juga ya? Jika memang di Wikipedia bahasa Inggris lebih ketat kelayakannya itu wajar. Gak seperti Wikipedia Indonesia, artikel isinya facebook dan twitter doang dibiarkan bertahun2.
Apa hubungannya relasi antara republik Ceko dan Indonesia menjadi syarat kelayakan umum suatu artikel? Jangan mengada-ada, tidak tertulis itu dalam kebijakan Wikipedia Indonesia.
"Mengenai adanya beberapa tokoh di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut menurut saya ada perlakukan khusus di wikipedia lokal (dalam hal ini WBI) bagi tokoh-tokoh dari Indonesia walaupun tidak diakui secara internasional." Perlakuan khusus lagi, yang tidak tertulis kebijakannya di Wikipedia Indonesia, pilih kasih lagi? Diskriminasi lagi? Wikipedia bahasa Inggris bukanlah Wikipedia Internasional. Ngawur aja. Tanya tuh om Aldnon yang sering jalan-jalan ke Wikimedia, saya udah diajarin sama dia.
Sudahlah, Wikipedia Indonesia gak ada harapan untuk berkembang. Penerapan kebijakannya aja gak setara antara satu artikel dengan artikel lain. Dina Oktavia (bicara) 13 Juli 2015 04.07 (UTC)

siapa sih si little caprice itu mbak Dina?hen58dra 22 juli 2015

Proposal to create PNG thumbnails of static GIF images

The thumbnail of this gif is of really bad quality.
How a PNG thumb of this GIF would look like

There is a proposal at the Commons Village Pump requesting feedback about the thumbnails of static GIF images: It states that static GIF files should have their thumbnails created in PNG. The advantages of PNG over GIF would be visible especially with GIF images using an alpha channel. (compare the thumbnails on the side)

This change would affect all wikis, so if you support/oppose or want to give general feedback/concerns, please post them to the proposal page. Thank you. --McZusatz (talk) & MediaWiki message delivery (bicara) 24 Juli 2015 05.07 (UTC)

What does a Healthy Community look like to you?

Community Health Cover art News portal.png

Hi,
The Community Engagement department at the Wikimedia Foundation has launched a new learning campaign. The WMF wants to record community impressions about what makes a healthy online community. Share your views and/or create a drawing and take a chance to win a Wikimania 2016 scholarship! Join the WMF as we begin a conversation about Community Health. Contribute a drawing or answer the questions on the campaign's page.

Why get involved?

The world is changing. The way we relate to knowledge is transforming. As the next billion people come online, the Wikimedia movement is working to bring more users on the wiki projects. The way we interact and collaborate online are key to building sustainable projects. How accessible are Wikimedia projects to newcomers today? Are we helping each other learn?
Share your views on this matter that affects us all!
We invite everyone to take part in this learning campaign. Wikimedia Foundation will distribute one Wikimania Scholarship 2016 among those participants who are eligible.

More information


Happy editing!

MediaWiki message delivery (bicara) 31 Juli 2015 23.42 (UTC)

Wikidata: Access to data from arbitrary items is coming

(Sorry for writing in English)

When using data from Wikidata on Wikipedia and other sister projects, there is currently a limitation in place that hinders some use cases: data can only be accessed from the corresponding item. So, for example, the Wikipedia article about Berlin can only get data from the Wikidata item about Berlin but not from the item about Germany. This had technical reasons. We are now removing this limitation. It is already done for many projects. Your project is one of the next ones. We will roll out this feature here on August 18.

We invite you to play around with this new feature if you are one of the people who have been waiting for this for a long time. If you have technical issues/questions with this you can come to d:Wikidata:Contact the development team.

A note of caution: Please be careful with how many items you use for a single page. If it is too many pages, loading might get slow. We will have to see how the feature behaves in production to see where we need to tweak and how.

How to use it, once it is enabled:

Cheers Lydia Pintscher MediaWiki message delivery (bicara) 3 Agustus 2015 17.51 (UTC)

Yes! Finally! ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 6 Agustus 2015 - 20:38 WIB

How can we improve Wikimedia grants to support you better?

My apologies for posting this message in English. Please help translate it if you can.

Hello,

The Wikimedia Foundation would like your feedback about how we can reimagine Wikimedia Foundation grants, to better support people and ideas in your Wikimedia project. Ways to participate:

Feedback is welcome in any language.

With thanks,

I JethroBT (WMF), Community Resources, Wikimedia Foundation.

(Opt-out Instructions) This message was sent by I JethroBT (WMF) through MediaWiki message delivery. 19 Agustus 2015 00.41 (UTC)

Wikidata: Access to data from arbitrary items is coming - new date set

Introducing the Wikimedia public policy site

Hi all,

We are excited to introduce a new Wikimedia Public Policy site. The site includes resources and position statements on access, copyright, censorship, intermediary liability, and privacy. The site explains how good public policy supports the Wikimedia projects, editors, and mission.

Visit the public policy portal: https://policy.wikimedia.org/

Please help translate the statements on Meta Wiki. You can read more on the Wikimedia blog.

Thanks,

Yana and Stephen (Talk) 2 September 2015 18.12 (UTC)

(Sent with the Global message delivery system)


Usulan

Pengurus jaga

Seperti dokter jaga yang sering diberlakukan di kota-kota besar, saya mengusulkan agar Wikipedia menyediakan halaman yang memuat daftar Pengurus yang sedang online secara realtime. Tujuannya, agar para pengguna yang hendak minta pertolongan atau melaporkan kejadian krusial cepat tertangani. Seperti saat saya menulis usulan ini, tengah berlangsung vandalisme terhadap Halaman arsip pemungutan suara dengan menuliskan kata "b a j o t z" berulang-ulang. Saya bersama Ign christian berulangkali mengembalikan halaman tersebut dari tangan iseng. Halaman ini, bila disetujui, hanya berupa daftar nama Pengurus dan keterangan online/offline.

Nomor Nama Pengurus Status
1 Tuan Aldnonymous (hubungi) Selesai online
2 Bapak JohnThorne (hubungi) Belum offline
3 Ndoro Wagino (hubungi) Selesai online
4 dan seterusnya Belum offline

Demikian usulan saya, mohon kepada para Pengurus, editor, peninjau, agar memberikan komentar dan pendapat di sini. Atas perhatian para Pengurus dan semuanya saja, saya sampaikan terima kasih. Salam hangat penuh semangat. – Miss Andriana (bicara)  9 Juli 2015 jam 01:45 WIB

  1. Setuju Setuju dengan konsepnya, mengenai teknisnya mungkin bisa didiskusikan kembali dan lebih fleksibel. Ign christian (bicara) 9 Juli 2015 01.58 (UTC)

Komentar Komentar Mengingat ini adalah halaman diskusi maka sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu permasalahannya, jika tidak didapati mufakat barulah kemudian kita lakukan voting, itu pun jika memang diperlukan karena teknisnya belum jelas. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 9 Juli 2015 05.56 (UTC)

Komentar Komentar Secara teknis, gagasan saya adalah sebagai berikut:

  • Pranala halaman presensi pengurus ditampilkan pada Perubahan terbaru agar pengguna dapat langsung mengetahui.
  • Jika tidak berupa tabel seperti contoh yang saya bikin di atas, kita dapat memamanfaatkan templat {{Pengurus WBI}} dengan menambahkan field status Pengurus.
  • Pengurus yang sedang online tinggal menambahkan tanda online. Begitu juga yang akan offline, hendaklah menandai namanya dengan status offline
Miss Andriana (bicara)  9 Juli 2015 jam 13:24 WIB

Dulu ada yang namanya Ronda, bukan? Hampir sama konsepnya dengan ini. SpartacksCompatriot (bicara) 10 Juli 2015 15.13 (UTC)

  • Setuju Setuju Dengan demikian WBI akan lebih baik, dan apabila pengguna atau khususnya team editor membutuhkan bantuang tidak bingung lagi siapa yang dituju untuk musyawarah jika terjadi hal-hal yang urgent Andri Dariel (Bicara) 10 Juli 2015 15.30 (UTC)

Saya bukannya tidak setuju, namun saya merasa kurang praktis setiap kali daring atau setiap mau luring harus mengubah status. Ide seperti itu pernah saya temui (dari @Me iwan kalau tidak salah) untuk memantau status daring/luring pengguna (bukan hanya pengurus), lewat skrip en:User:TheDJ/Qui. Namun pengubahan status sekali lagi masih harus manual dan hal ini dapat menyebabkan kelupaan mengubah status Hahaha... ·· KℇℵℭK 10 Juli 2015 16.36 (UTC)

Bukan sekadar tidak praktis jika dilakukan manual, namun berdasarkan pengalaman pribadi sering kali saya membuka halaman perubahan terbaru, memeriksanya 1 atau 2 menit dan saat ditemui ada suntingan yang perlu dikembalikan langsung saya rollback. Namun setelah itu saya kembali fokus ke pekerjaan di dunia nyata. Oleh sebab itu meskipun laptop saya selalu terhubung ke internet, tetapi sesaat kemudian jika ada pengguna lain mengirimkan pesan tidak dapat saya balas dengan cepat.
Mungkin ada solusi lain yang sifatnya semi otomatis atau bahkan full automatic? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 11 Juli 2015 06.01 (UTC)
Mungkin ini dapat membantu Pengguna:Kenrick95/online.js. Dari menu "lainnya" (kulit Vector), terdapat opsi "Pengurus daring" yang jika diklik, muncul daftar pengurus yang melakukan suntingan ataupun tindakan lain dalam 500 suntingan terbaru. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 29 Agustus 2015 09.22 (UTC)

Tantangan Mingguan

Saya melihat Tantangan Mingguan di Halaman Utama ini selalu mencantumkan (calon) artikel terjemahan dari luar negeri. Melalui kesempatan ini saya mengusulkan kepada Pengurus agar tantangan mingguan sekali-sekali difokuskan kepada penyempurnaan artikel. Sebut saja Emma Poeradiredja, artikel ini amat sangat layak menempati ruang nama di WPID. Seperti kita ketahui, Emma Poeradiredja merupakan perempuan tokoh pergerakan dari Jawa Barat yang namanya diabadikan sebagai rumah sakit. Tapi ironisnya, gara-gara cara menulisnya semrawut justru disematkan tag hapus. Selain Emma Poeradiredja, pastilah ada artikel yang notable namun memerlukan sentuhan kita. Mari, saya ketuk hati para Pengurus agar memperhatikan hal-hal kecil semacam ini. Terima kasih. Salam. – Miss Andriana (bicara)  22 Juli 2015 jam 02:44 WIB

Ide awal Tantangan Mingguan setahu saya adalah untuk meningkatkan jumlah artikel dengan menjaring sebanyak mungkin para pendatang baru agar tertarik untuk membuatnya, bukan untuk menyempurnakan artikel. Tetapi jika memang dirasa perlu, ada baiknya kita buka satu sub lagi pada bagian ini, yaitu mengenai penyempurnaan artikel atau katakanlah membuat artikel rintisan menjadi lebih lengkap, artikel biasa menjadi bagus dan yang telah bagus menjadi pilihan. Kendalanya saya kira tentu untuk menyempurnakan artikel dibutuhkan para pengguna yang memiliki kemampuan menulis cukup baik, bukan untuk (kebanyakan) pengguna baru. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 22 Juli 2015 01.15 (UTC)

Pemilihan pengurus 2015 ketiga

Dengan belum terpilihnya Hanamanteo dalam Pemilihan pengurus 2015 kedua, otomatis harapan mendapatkan tambahan satu lagi Pengurus pupus sudah. Namun demikian, menurut saya, bukan berarti upaya tersebut berhenti sampai di situ, sebab tampaknya jumlah Pengurus memang perlu ditambah agar dapat membantu Pengurus yang sudah ada untuk menangani masalah-masalah teknis atau kejadian-kejadian krusial yang selama ini kadang cukup mengganggu. Mencermati kebutuhan tersebut, saya, Andriana, mengusulkan agar diadakan sekali lagi Pemilihan pengurus 2015 kedua tahap II, atau apalah namanya. Apabila usulan ini mencapai persetujuan signifikan, Pengurus dapat segera memulai tahapannya. Terima kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh Andriana08 (bk) .

Saya setuju sekiranya menjelang akhir tahun ini diadakan Pemilihan pengurus 2015 ketiga dengan harapan kita bisa mendapatkan pengurus baru setidaknya 2 atau 3 orang sebelum tahun 2015 berakhir. Wagino 20100516 (bicara) 7 Agustus 2015 09.55 (UTC)

Rancangan baru Templat Selamat Datang

Dikarenakan templat selamat datang sekarang menurut saya memiliki terlalu banyak tulisan dan membuat orang-orang tidak membaca (saya sendiri termasuk yang tidak membaca pesan selamat datang), maka saya mengusulkan pengubahan rancangan dan penyederhanaan isi sebagaimana yang dapat Anda lihat di Pembicaraan Pengguna:Kenrick95/Sandbox/Templat:Selamat datang. Bagaimana menurut kalian? Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 08.37 (UTC)

Kalimat-kalimatnya sudah lebih sederhana, namun menurut saya sangat perlu ditambahkan warna latar dan beberapa ikon agar tidak terlihat monoton dan lebih menarik. Wagino 20100516 (bicara) 8 Agustus 2015 08.45 (UTC)
Ikon-ikon telah ditambahkan. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 09.02 (UTC)
OK OK Boleh juga. RaymondSutanto (bicara) 8 Agustus 2015 10.11 (UTC)
Bagus. Lebih singkat dan lebih informatif. Tapi memang perlu untuk dibuat lebih menarik. Hidayatsrf (bicara) 8 Agustus 2015 10.16 (UTC)
OK Dukung! --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 8 Agustus 2015 - 17:38 WIB

Saya heran ya, disini dari tampilan Halaman Utama, tempat pengusulan GP, templat selamat datang, dlsb selalu aja mengalami pengubahan. Sementara di en.wiki sendiri Halaman Utama-nya saja dari dulu nggak pernah diubah tampilannya. Ada apa ini ? --Erik Fastman (bicara) 8 Agustus 2015 11.22 (UTC)

Sebenarnya itu merupakan hak dari masing-masing Wikipedia itu sendiri (baca: komunitas yang menggerakkannya) untuk melakukan perubahan-perubahan, asalkan setiap perubahan itu tidak mengubah/menghilangkan esensi ensiklopedis dari Wikipedia dan juga harus didiskusikan bersama supaya pengguna lain tahu akan perubahan tersebut. Wikipedia bahasa lain (selain bahasa Inggris) juga melakukan perubahan kok, bahkan halaman utamanya juga demikian. --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 8 Agustus 2015 - 19:00 WIB
Kalau perubahannya untuk membuat Wikipedia lebih baik, kenapa tidak? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 16.00 (UTC)

OK OK Kalau yang ini kemungkinan saya baca, kalau yang lama tidak saya baca sama sekali..hehe. Ign christian (bicara) 8 Agustus 2015 15.28 (UTC)

Saya punya usul, bagaimana kalau pesan dalam bahasa lainnya ditambah? Jadi tidak bahasa Inggris saja, hehehe. Bisa ditambah bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, atau bahasa lainnya yang populer/berguna/penting. Terinspirasi dari tempat umum di luar negeri yang ramah pada orang asing. RaymondSutanto (bicara) 8 Agustus 2015 18.49 (UTC)

Jika templat baru ini disetujui, saran saya sebaiknya dibuat dengan nama baru, yaitu Templat:sd2 atau Templat:Selamat datang2 sedangkan yang lama tetap dipertahankan. Disamping itu seumpama templat ini tidak memiliki warna latar, maka setidaknya heading pada subbagian yang memiliki ikon diberi warna agar tidak terkesan jadul. Wagino 20100516 (bicara) 9 Agustus 2015 04.25 (UTC)
Hmm, bagaimana sekarang? Sudah dapat menangkap perhatian? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11 Agustus 2015 12.41 (UTC)
OK Juhara! Saya dukung kok dari awal! --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 12 Agustus 2015 - 19:53 WIB
OK Cantik Ign christian (bicara) 12 Agustus 2015 14.09 (UTC)
YaY Mohon izin, kalau tidak keberatan saya menyumbangkan koreksi dari "Halo Kenrick95," menjadi "Halo, Kenrick95." agar tampak mengindahkan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terima kasih. -- igho (bicara) 14 Agustus 2015 08.36 (UTC)

Oke, sekarang sudah saya tampilkan di Templat:Selamat datang 2. Mohon dicoba dan laporkan jika terdapat adanya kesalahan. Rencana saya selanjutnya adalah mengubah agar bot saya dapat menyambut pengguna baru dengan rancangan baru pesan selamat datang tersebut. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 25 Agustus 2015 16.18 (UTC)

Kℇℵ: Tadi kayaknya udah dicobakan di halaman pembicaraan saya tapi dikembalikan lagi ya? Bagus kok. Tapi oke, nggak apa-apa deh di-rollback. Oh ya, gimana kalau dibikin pengalihannya sekalian yang lebih pendek, misalnya {{sd2}}? Makasih. Salam. -- Igho (bicara) 25 Agustus 2015 16.39 (UTC)
Selesai Selesai Telah saya terapkan di Templat:Sdbot2 juga. Dan bot saya telah mulai menyapa pengguna baru dengan rancangan baru ini. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 26 Agustus 2015 09.45 (UTC)

Waspada Gerakan Anti Islam di Wikipedia

Dimohon semua pengguna wikipedia untuk mengawasi pengguna ini : https://id.wikipedia.org/wiki/Pengguna:Warmlaw. Dia dari suntingan terlihat memihak PKI dan tidak menyukai kelompok Islam atau tidak netral. Ada banyak data menunjukkan kejahatan komunis di seluruh dunia dan kekerasan PKI tahun 1948-1965. Tapi dia menjadikan PKI seolah olah korban tidak bersalah. PKI terbukti melakukan kudeta 2 kali (1948 dan 1965) Dia membuat daftar Aksi Koalisi Merah Putih ditinjau dari sisi keburukannya. Bahkan ada kalimat "Sepak Terjang Prabowo". Dia juga rajin menyunting keburukan FPI di daftar aksi FPI. Mohon wikipedia tidak menyudutkan golongan ideologi tertentu dan memihak ideologi lain. Bonardaboran (bicara) 25 Agustus 2015 05.49 (UTC)

Bung Bonardaboran yang baik, mohon dapat lebih memahami apa itu Wikipedia. Wikipedia bukanlah forum untuk membahas pandangan politik apapun atau siapapun. Wikipedia adalah ensiklopedia yang bersifat netral, dengan demikian berfokus pada pembuatan artikel dan isi artikelnya dari sudut pandang netral. Hindari menyerang pribadi pengguna manapun. Namun apabila anda melihat ada artikel yang tidak netral, silakan anda memperbaiki atau mengomentarinya. Demikian Etikawiki yang ada di sini. Semoga jelas. Salam, Naval Scene (bicara) 25 Agustus 2015 06.31 (UTC)
Kalau dalam pandangan saya, manakala ada suatu kaum yang memang sudah kita ketahui keburukannya, beberkan saja keburukan dengan apa adanya, dengan sumber yang jelas, maraji' (referensi) yang jelas, sudah itu, netralkan bahasanya. Na'udzubillahi min dzalik, kami semua berlindung dari segala firqah yang jahat, serupa komunisme, seperti apa yang dikatakan Taufiq Ismail, seorang penyair. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 25 Agustus 2015 14.30 (UTC)
Dari gaya suntingan Anda dan pesan Anda di sini-Special:diff/9809710 Anda sepertinya seorang simpatisan salah satu kubu, menjadi simpatisan boleh-boleh saja, tetapi melakukannya di Wikipedia adalah tindakan yang bodoh. Satu hal yang saya tidak senangi dengan pesan Anda adalah Anda membuat tuduhan yang tidak ada bukti (seperti diff, etc) sehingga Anda membuat tuduhan yang tidak berdasar dan hanya membuang buang waktu pengurus untuk mengecek semua suntingan Warmlaw. Bila Anda punya waktu bermain-main dengan kami lebih baik Anda membuat suntingan konstruktif seperti membuat artikel, memperbaiki suntingan, dll. Apakah Anda sudah baca w:en:Wikipedia:Here_to_build_an_encyclopedia#Not_being_here_to_build_an_encyclopedia, yang artinya tidak disini untuk membangun ensiklopedia? Ini benar-benar mirip dengan Anda, dan dapat dihadiahi dengan pemblokiran, saya ingatkan jangan dilakukan lagi. Salam.--AldNonBicara? 25 Agustus 2015 14.55 (UTC)
Bung AldNon, tampaknya pengguna ini perlu diberi kesempatan untuk berpikir, memperbaiki diri, dan belajar banyak hal tentang Wikipedia melalui pemblokiran. --Igho (bicara) 25 Agustus 2015 16.45 (UTC)


Bung Aldon saya minta maaf jika salah. Bukankah wikipedia harus netral dan bebas dari konflik kepentingan. Tapi saya bukan simpatisan salah satu kubu. Saya memilih Jokowi saat pilpres tapi saya sekarang menyatakan netral. Saya tidak setuju kalau ada yang terlalu memojokkan salah satu tokoh. Saya seorang Soekarnois tapi tak setuju dengan orang yang menghujat Soeharto dll. Saya nampak membela Soeharto tapi saya juga mengakui dia ada kesalahan kalau dibaca teliti di pesan saya. Oke saya coba sunting artikelnya. Yaitu Daftar aksi Koalisi Merah Putih. Suntingan pertama : Saya menghapus kalimat : Sepak terjang Prabowo. Karena ini tentang Koalisi Merah Putih bukan individu. Suntingan kedua : Saya menghapus kejadian sebelum Juni 2014 seperti pernyataan Hashim Djojohadikusumo di AS karena itu tahun 2013 dan sebelum Juni 2014 padahal Koalisi Merah Putih terbentuk Juni 2014. Suntingan berikutnya : kalimat yang tendensius dan berbau opini seperti : Apa yang mereka lobby? Berbeda dengan retorika Gerindra dalam kampanye yang ultra-nasionalis itu, usaha lobbying ini justru menunjukkan usaha Hashim – dan Gerindra – untuk menjadi bagian dari permainan politik di Washington.

Saya juga menghapus aksi individual anggota KMP dari daftar aksi koalisi merah putih. Karena sesuai judulnya yang dimasukkan hanya aksi koalisi secara keseluruhan. Jangan sampai nanti Fadly Zon makan soto di warung dimasukkan sebagai daftar aksi koalisi merah putih.

--Bonardaboran (bicara) 26 Agustus 2015 03.12 (UTC)

Saya persilakan Bung Bonardaboran artikel yang perlu disunting, mengusulkan penghapus untuk artikel yang perlu dihapus, menambahkan data baru untuk artikel yang perlu diperbaharui. Komunitas Wikipedia akan memantau kinerja anda. Tenang saja. Jika suntingan anda sudah sesuai, maka artikel itu akan dinyatakan layak. Tapi jika suntingan anda kurang sesuai, pastilah ada kawan-kawan komunitas yang bersedia ikut memberikan saran. Namun jika Anda merusak, maka Pengurus yang akan bertindak. Salam. --Igho (bicara) 26 Agustus 2015 03.32 (UTC)
Belum Ditolak, Cukup! Ini peringatan terakhir untuk Anda Bonardaboran, bentuk pembicaraan yang meniru Argument from fallacy tidak diterima disini. Jangan dilanjutkan! Cukup, saya tutup seksi pembicaraan ini.--AldNonBicara? 26 Agustus 2015 03.34 (UTC)

Kontributor teraktif

Di Halaman Utama terpampang lima nama kontributor teraktif berdasarkan jumlah suntingannya yaitu

  1. Albertus Aditya — 83.814 suntingan (g)
  2. Bennylin — 73.995 suntingan (g)
  3. JohnThorne — 66.149 suntingan (g)
  4. Wagino 20100516 — 58.376 suntingan (g)
  5. Mimihitam — 52.743 suntinga

Menurut saya, nama-nama tersebut akhirnya akan menjadi menara gading dan tidak akan mungkin terkalahkan oleh siapa pun karena mereka telah lebih dahulu menyunting dengan sangat aktif. Pengguna baru mungkin akan dapat mengalahkan melampaui jumlah suntingannya apabila benar-benar bekerja keras secara cepat, meskipun cuma artikel rintisan. It's OK itu tak masalah silakan dipasang sebagai motivasi. Kalau disepakati, saya mengusulkan agar juga dipasang kontributor teraktif suatu periode (mungkin per tahun), supaya muncul nama lain yang sebenarnya juga merupakan kontributor produktif. Demikian usulan saya. Semoga dapat diterima, disepakati, dan tentu saja bermanfaat bagi semua pihak. Terima kasih. -- Igho (bicara) 29 Agustus 2015 16.24 (UTC)

Definisi "kontributor teraktif" sebaiknya dihitung mingguan, misal sekian kontribusi per minggu. Sudah pasti beberapa akan melebihi nama-nama di atas yang banyak vakumnya. Nama-nama di atas seharusnya adalah kontributor terbanyak, bukan teraktif. Dennis Vicarth (bicara) 30 Agustus 2015 06.54 (UTC)
Benar juga. Dapat dibuat kolom baru berjudul "Kontributor teraktif", yang berisi daftar pengguna dengan suntingan terbanyak dalam seminggu. Tapi kolom yang lama juga dapat tetap dipertahankan, dengan mengganti namanya menjadi " Kontributor teratas", sebagai penghargaan terhadap pengguna dengan kontribusi terbanyak ardhan (bicara) 31 Agustus 2015 02.49 (UTC)
Sebenarnya kita dapat melakukan pembaruan setiap hari/minggu dari sumber data ini untuk para pengguna aktif, namun (mungkin) kendalanya adalah siapa pengguna yang dapat melakukan hal tersebut secara rutin? Kontributor teraktif saat ini dikatakan aktif karena memenuhi kriteria minimal melakukan 1 kali penyuntingan dalam waktu 30 hari terakhir (dalam hal ini pada bulan itu). Oleh sebab itu jika dikatakan sebagai kontributor teratas maka data yang ditampilkan saat ini kurang tepat juga karena setidaknya ada 3 nama yang terlewati.
Dalam hal ini, mari kita tunggu masukan/pendapat/komentar dari pengguna lain. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 31 Agustus 2015 03.19 (UTC)

Teknis

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode 1 tahun 2016)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk mengusulkan gambar pilihan! Ini merupakan periode pertama dalam pemilihan gambar pilihan tahun 2016! Terima kasih

MediaWiki message delivery (bicara) 3 Juli 2015 16.02 (UTC)

Penggunaan Tabel

Saya pengguna baru di wikipedia dan merasa terpanggil untuk berkontribusi di wikipedia. Salah satu kesulitan secara teknis yang saya hadapi adalah saat membuat tabel. Adakah di antara pengguna lain yang memahami secara detail? mohon bantuannya. Terima kasih.

Arcva Putra (bicara) 6 Juli 2015 07.25 (UTC)

Panduan membuat tabel dapat dilihat di Bantuan:Tabel. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 7 Juli 2015 03.29 (UTC)
Contoh membuat tabel
{| class="wikitable"
|-
! No !! Nama !! Alamat
|-
| 1 || Kuncung Supandi || Jl. Ijeng No. 13, Kota Malang, Jawa Timur
|-
| 2 || Yohanes Muhammad || Jl. Ijeng No. 13, Kota Malang, Jawa Timur
|-
| 3 || Mahatma Gandhi || Jl. Ijeng No. 13, Kota Malang, Jawa Timur
|}
Akan tampak seperti di bawah ini
No Nama Alamat
1 Kuncung Supandi Jl. Ijeng No. 13, Kota Malang, Jawa Timur
2 Yohanes Muhammad Jl. Ijeng No. 13, Kota Malang, Jawa Timur
3 Mahatma Gandhi Jl. Ijeng No. 13, Kota Malang, Jawa Timur
Demikian contoh yang dapat saya berikan. Semoga membantu. Salam. – Miss Andriana (bicara)  7 Juli 2015 jam 14:44 WIB

Tech News: 2015-28

6 Juli 2015 15.13 (UTC)

Minta bantuan mengenai Patroli

Sampai saat ini saya masih bingung untuk meletakkan tanda {{/done}} dan inisial saya pada halaman patroli, saya sudah sering melakukan patroli namun untuk menyematkan tanda itu masih bingung (menurut ketentuan diletakkan pada slot waktu yang dipatroli), jadi mungkin terkesan tidak pernah patroli. Mohon penjelasannya lebih rinci...terima kasih.. Salam Andri Dariel (Bicara) 7 Juli 2015 22.52 (UTC)

Catatan: Pesan ini disalin dari halaman pembicaraan pribadi supaya dapat didiskusikan bersama dengan para pengguna yang lain, karena belum termuat jelas pada halaman-halaman bantuan. Silakan ditanggapi bagi yang sudah berpengalaman dengan hal ini. Terima kasih. JohnThorne (Bicara) 8 Juli 2015 23.04 (UTC)

@Andri Dariel Apakah yang anda maksudkan mengenai peninjauan revisi tunda (halaman tertinjau usang?) Saya melihat bahwa selama anda menjadi editor baru 1 kali melakukan hal tersebut. Wagino 20100516 (bicara) 9 Juli 2015 06.09 (UTC)

Twinkle

Ada apa dengan Twinkle saat ini? Sudah setahun (sejak 1 Juli 2014) saya tidak dapat menggunakan Twinkle. Ada yang tahu penyebabnya? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 9 Juli 2015 04.24 (UTC)


Bisakah Saya Membuat Artikel Melalui Gadget?

Bisakah saya membuat artikel via gadget? [[Pengguna:Ghazlan|Ghazlan-airplanes ]Halaman pembicaraan saya 21 Juli 2015 10.50 (UTC)

Tech News: 2015-29

13 Juli 2015 15.06 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode 1 dan 2 tahun 2016)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 18 Juli 2015 16.46 (UTC)

Tech News: 2015-30

21 Juli 2015 03.05 (UTC)

Mohon bantuan tenaga peninjau

Artikel2 artis2 di wiki paling sering disunting dan divandal. Awalnya saya cuma mau membantu memantau vandal di artikel Sm*sh, CJR, dsb. Tapi makin saya memantau, kok makin banyak artikel2 artis yang "teramati" oleh saya yang akhirnya ikut saya pantau. Padahal jujur saja saya paling buta urusan perartisan dan perinfotainmenan. Sampai2 saya sering nggak tau suntingan yang valid itu yang mana yang vandal itu yang mana, akhirnya ya saya biarkan tidak saya klik "telah dipantau" atau "tolak revisi"nya. Tapi kok ya ternyata meski sudah saya biarkan sampai beberapa minggu, kok ternyata tidak ada editor atau pengurus yg memantau perubahan yg dilakukan.

Jika misalnya saya melepaskan pantauan saya pada artikel2 tersebut, bagaimana? Toh saya juga tidak begitu paham dengan masalah sinetron2. Tapi saya takut kalau misalnya tidak saya pantau lagi, artikel2nya bakal divandal gila2an sama para hater. Saya mohon bantuannya bagi yang mengikuti berita infotainmen untuk membantu memantau. Jika sudah ada pemantau yang memang mahir di bidang artis2, saya akan melepaskan artikel tersebut dari pantauan saya. Terima kasih atas perhatiannya. Okkisafire ngobrol yuk 22 Juli 2015 15.16 (UTC)

Interwiki tak nampak

Ada yang aneh nih, di artikel en:Chinese kin interwiki-nya tak nampak, namun di artikel zh:宗族, tautan interwiki menuju ke artikel di en.wiki tersebut ada. Ada yang bisa menyelesaikan masalah teknisnya ? --Erik Fastman (bicara) 25 Juli 2015 00.08 (UTC)

Saya buka di Firefox versi 39.0 interwikinya keluar. Coba restart browser atau komputer anda. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 25 Juli 2015 01.48 (UTC)

Oh, sudah nampak rupanya. Kalo begitu terima kasih --Erik Fastman (bicara) 25 Juli 2015 02.49 (UTC)

Perlindungan templat

Halo.. Mohon bantuan pengurus untuk memberi perlindungan pada Templat:Main. Baru saja saya lihat suntingan vandal di halaman tersebut hasilnya langsung terlihat di halaman2 yang menggunakan templat tersebut. Terima kasih, Ign christian (bicara) 25 Juli 2015 11.53 (UTC)

Selesai Selesai! Templat tersebut sudah saya lindungi (beserta transklusinya, Templat:Utama). Terima kasih atas informasinya. Salam! --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 25 Juli 2015 - 19:30 WIB
Maaf saya salah info, benar maksudnya peralihannya: Templat:Utama. :-) Thanks, Ign christian (bicara) 25 Juli 2015 15.14 (UTC)

Satu lagi, mungkin ini juga perlu diberi perlindungan tertentu: Wikipedia:Memulai halaman baru. Sepertinya cukup sering divandal. Ign christian (bicara) 25 Juli 2015 16.30 (UTC)

Tanya

Mengapa portal isinya itu-itu saja, tidak ada yang berubah?

202.62.16.3 26 Juli 2015 10.42 (UTC)

Jika Bung merasa isi portal di sini itu-itu saja, maka saya sarankan Bung untuk ikut menambahi dan menyuntingnya agar tidak itu-itu saja :) SpartacksCompatriot (bicara) 26 Juli 2015 10.58 (UTC)

Tech News: 2015-31

27 Juli 2015 15.05 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode 2 dan 3 tahun 2016)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 2 Agustus 2015 14.12 (UTC)

Tech News: 2015-32

3 Agustus 2015 15.51 (UTC)

Tech News: 2015-33

10 Agustus 2015 14.57 (UTC)

Wikipedia:Gambar pilihan/Topik

Selama ini proyek Gambar pilihan (GP) cuman diurus bagian pengusulannya (itu pun masih nggak terlalu banget), tapi saya baru sadari bahwa pada Wikipedia:Gambar pilihan/Topik ternyata masih belum di-update sejak 2009. Oh ya, berhubung karena semenjak 2009 jumlah slot GP-nya meningkat, pastilah jika semua GP dimasukkan situ semua bakal membludak, maka dari itu sekalian dibuat kaya versi halaman Wikipedia bahasa Inggris-nya donk yakni dibikin jadi sub-sub halaman gitu (NB: subhalaman yang masih ada saat ini cuman Wikipedia:Gambar pilihan/Binatang doank, yang lainnya belum) Mohon dibantu ya pengerjaan peng-update-an ini --Erik Fastman (bicara) 14 Agustus 2015 11.08 (UTC)

VisualEditor News #4—2015

Elitre (WMF), 14 Agustus 2015 22.28 (UTC)

Wiki labels & Revision Scoring as a Service for Indonesian Wikipedia

Hello Indonesian Wikipedia,

I apologize for my complete lack of Indonesian skills. I would most welcome if my post is translated to Indonesian.

So computers are very good at crunching numbers. Your average calculator can out smart you in arithmetic. However computers are terrible at pretty much in everything else. Programming computers to under take any task no matter how simple beyond computing tends to be very difficult. This is where Artificial Intelligence comes in. With Artificial Intelligence we teach computers how to solve problems without explicit programming for the solution. This is what we are doing.

We are working on a project called m:Research:Revision scoring as a service which aims to provide quality control Artificial Intelligence infrastructure for Mediawiki and Wikimedia projects. We already have our system implemented and running on Azerbaijani, English, French, Indonesian, Persian, Portuguese, Spanish, Turkish and Vietnamese editions on Wikipedia. We are hoping to adapt our tool to serve Indonesian language as well as a number of other languages.

We are currently mainly focusing on vandalism detection where we provide an API (m:ORES) that provides scores. We have made an effort to keep our system robust.

The examples I'll provide are based on a machine learning algorithm that was trained to use 20,000 reverted edits. This is kind of modelling is problematic for two reasons. First is, there are non-vandalism related reasons for edits to be reverted such as mistakes from new users, this would develop such an unproductive bias. Second problem would be it lacks the ability to distinguish good faith users from malicious ones. To demonstrate our system I will give three examples from English wikipedia. I have picked these three semi-random.

  • Score of 90% diff en:Moncef Mezghanni
    • As visible in the diff, it is clearly something that shouldn't be welcome on English wikipedia. Algorithms confidence also matches my human assessment.
  • Score of 75% diff en:Monin
    • When I look at the diff it isn't immediately clear to me if this should be reverted. Detailed look reveals that prior version had more neutral information, but new version at a glance isn't exactly clear cut vandalism, albeit spammy. Algorithms confidence drops just as my human assessment.
  • Score of 19% diff en:Curiosity killed the cat, but satisfaction brought it back
    • As visible in the diff this edit clearly improves the article. The algorithms confidence plummets as well. Algorithm is more confident that this edit should NOT be reveted.

We are also working towards a system for article quality where we use existing assessment by en:Wikipedia:Version 1.0 Editorial Teamto train our system. We only have this system on English wikipedia at the moment but we would be more than happy to expand to other language editions. I am uncertain if Indonesian Wikipedia has a similar quality assessment scale. I have picked 5 random articles to demonstrate this.

Typical problem is that humans typically do not re-asses articles over time or articles are never assessed in the first place. Our system circumvents this problem by automating this.

We have already gathered some language features such as bad words and informal words.

We need a localization of en:Wikipedia:Labels serving as our local landing page. After this is done, we would like to start an edit quality campaign where we request the local community to hand code/label ~2000 revisions labeling them productive/damaging and good faith/bad faith. This would be similar to the campaign on English Wikipedia en:Wikipedia:Labels/Edit quality.

After this we will be able to generate scores for revisions that is usable by gadgets such as ScoredRevisions as well as (potentially) tools like huggle. If community desires it, it can even be used to create a local vandalism reversion bot.

So in a nutshell our algorithm relies on community input to support the community. Feel free to ask any questions. Either here, on meta or on IRC on the freenode server and #wikimedia-ai channel where we hang out. You can also reach us at https://github.com/wiki-ai

-- とある白い猫 chi? 17 Agustus 2015 11.36 (UTC)

👍Suka ·· Kℇℵ℟ℑℭK 19 Agustus 2015 00.32 (UTC)

Tech News: 2015-34

17 Agustus 2015 16.17 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode 3 dan 4 tahun 2016)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 19 Agustus 2015 00.30 (UTC)

Tech News: 2015-35

24 Agustus 2015 13.02 (UTC)

Your attention please: VisualEditor feedback will be centralized on www.mediawiki.org

VisualEditor-logo-pacifico.svg

Hello. The VisualEditor team would like to inform you of a plan to redirect local pages for VisualEditor feedback to the board on mediawiki.org a few weeks from now. This applies to all the wikis where such pages are inactive or have low traffic, including yours. When this happens, editors will be free to use their own language to write on the mediawiki.org's page - although English is the most popular language there. Even feedback left from within VisualEditor with the built-in tool will be posted to the board on mediawiki.org.

Click on the image to enlarge it: location of the built-in feedback tool in VisualEditor.
Click on the image to enlarge it: screenshot of the new feedback board on mediawiki.org.

Having all the feedback on a single, centralized place mainly means getting faster, more frequent replies and more attention from a higher number of people, including the people who are building the software. It also means chances are high, that editors will find that someone else has already written there about the issues or requests they wanted to post.

Maintaining a local page instead can be cumbersome: it needs to be checked frequently in case someone reports urgent issues. Old threads need to be archived from time to time. Off-topic comments should be removed to keep readability. Feedback left there is sometimes not easily understandable or actionable at all.

We think this will help us in being more effective while processing feedback from a larger pool of wikis, not just the biggest ones. If you have any comments about this announcement, please leave them at my talk page. Thanks for your understanding, Elitre (WMF) 27 Agustus 2015 17.40 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode 4 dan 5 tahun 2016)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 30 Agustus 2015 12.40 (UTC)

Tech News: 2015-36

31 Agustus 2015 21.36 (UTC)


Bahasa

Terjemah

Ada yang bisa menerjemahkan kalimat ini tidak: I found that the best way to handle [filmmakers] was to hang medals all over them ... If I got them cups and awards they'd kill them to produce what I wanted. That's why the Academy Award was created --Erik Fastman (bicara) 10 Juli 2015 23.20 (UTC)

Berita

Lain-lain

Ada apa dengan bagian "Current events" ?

Aneh ya, kemarin pas ada peristiwa Perompakan MT Orkim Harmony dan Gempa bumi Sabah 2015, di en.wiki pranala artikelnya dimasukkin Main Page, tapi di WBI kagak. Sekarang malah kebalikannya, pas ada peristiwa Kecelakaan pesawat C-130 Hercules 2015, di WBI dimasukkin ke Halaman Utama, tapi di en.wiki kagak. --Erik Fastman (bicara) 1 Juli 2015 04.34 (UTC)

Saya tidak melihat ada yang aneh dengan hal tersebut..... Wagino 20100516 (bicara) 1 Juli 2015 04.47 (UTC)

Begini, kemarin-kemarin pas ada peristiwa Perompakan MT Orkim Harmony dan Gempa bumi Sabah 2015 kenapa kagak dimasukkin ke Templat:Peristiwa Terkini, entah para pengguna WBI yang ngurusin nggak memperhatikan atau tidak. Bahkan saya lihat dua peristiwa tersebut pun juga nggak pernah saya lihat disorot media televisi Indonesia, cuman di media internet-nya doank. Memang ada apa dengan 2 peristiwa tersebut ? --Erik Fastman (bicara) 1 Juli 2015 05.30 (UTC)

Buku dan film

Akhir-akhir ini saya merintis beberapa artikel bertopik film dan karya sastra. Sebenarnya ada hal yang cukup mengganjal tapi terpaksa saya lakukan, lantaran tidak menemukan jalan lain. Hal mengganjal tersebut terletak pada referensi. Jujur saja, sebagian referensi saya sematkan dari toko buku online, termasuk di antaranya Gramedia. Jika bukan dari situ, dari mana saya akan mendapatkan referensi tentang judul buku, nama penerbit, tebal buku, ISBN, nama ilustrator, dan lain-lain. Saya cukup khawatir ada pengguna lain yang menyangkakan saya menyematkan spam iklan. Tapi mau bagaimana? Ada hal lain yang paling mengganjal, yaitu masalah sinopsis. Sebagian toko buku online memang ada yang menyertakan sinopsis, sebagian besar lainnya tidak ada. Muncul pertanyaan, jika saya tidak mendapatkan referensi yang memuat latar belakang atau sinopsis buku/film, lantas dari mana? Dengan terpaksa saya membaca bukunya. Padahal, menurut pedoman, riset asli pengguna tidak boleh dimasukkan ke dalam kalimat artikel Wikipedia.

Mencermati kesulitan ini, saya mohon pendapat para pengurus yang mengurusi pedoman Wikipedia, agar saya semakin nyaman menulis artikel bertopik buku atau film. Terima kasih. Salam. – Miss Andriana (bicara)  3 Juli 2015 jam 22:44 WIB

Usulan kopi darat di area Jawa Timur

Adakah saudara/i yang berdomisili disekitar Jawa Timur? Kalau tidak keberatan silahkan absen, dan kalau memungkinkan bisa membicarakan acara kopi darat di area Jawa Timur (tempat bisa di musyawarahkan). Setidaknya bisa saling tukar pendapat dan menambah keakraban. Salam Andri Dariel (Bicara) 9 Juli 2015 14.31 (UTC)

Bajotz

Mengapa pengguna-pengguna yang melakukan vandalisme dengan membuat halaman yang isinya kata "Bajotz" secara berulang-ulang sulit untuk dihentikan? Ketika satu pengguna diblokir dengan alasan melakukan vandalisme dengan membuat halaman yang isinya kata "Bajotz" secara berulang-ulang, maka akan timbul lagi pengguna lainnya yang melakukan hal yang serupa. Parahnya, hal seperti ini sudah terjadi selama berbulan-bulan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 19 Juli 2015 14.14 (UTC)

Butir pelajaran dari Wikimania 2015

Halo, saya ingin berbagi butir-butir pelajaran yang saya dapat dari perjalanan saya ke Wikimania 2015. Silakan dibaca Pengguna:Kenrick95/Wikimania 2015 dan silakan berikan komentar Anda. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 26 Juli 2015 14.57 (UTC)

Pelatihan

Saya dengar, Wikipedia terkadang memberikan pelatihan penulisan artikel ke sekolah-sekolah, bahkan menyelenggarakan kompetisi. Saya hanya sekadar ingin tahu, benarkah pada waktu pelatihan disekolah itu mengajarkan menulis artikel bertopik sekolah dengan mencantumkan kalimat seperti contoh berikut ini?:

"Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Ambon ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII."

Jika benar, ada Wikipediawan yang pernah melatih dengan menyarnkan pencantuman kalimat seperti contoh tersebut untuk artikel bertopik sekolah, itu amat saya sayangkan. Tanpa kalimat itu pun, dari Sabang Sampai Merauke, sekolah SMP atau SMA atau SMK pada umumnya ditempuh dalam waktu tiga tahun dan kelasnya juga sesuai yang disyaratkan peraturan. Itu otomatis dan sudah menjadi pengetahuan umum. Kecuali beberapa sekolah khusus yang memang menerapkan pendidikan selama 4 tahun seperti sekolah perawat dan sekolah musik (sekarang sudah diubah namanya). Jadi, kalimat tersebut rasanya tidak perlu dicantumkan jika tanpa alasan atau tidak ada relevansinya. Pernah suatu saat saya menyunting artikel sekolah dengan menghapus kalimat dengan modus seperti contoh tersebut, tapi yang bersangkutan beralasan bahwa dia meniru artikel bertopik sekolah lainnya yang juga menuliskan seperti itu. Wikipediawan yang pernah memberikan pelatihan, mohon memberikan komentar di sini. Terima kasih. – Miss Andriana (bicara)  28 Juli 2015 jam 17:05 WIB

Seingat saya baru-baru ini saja komunitas mulai intensif melakukan pelatihan penulisan artikel ke sekolah/perguruan tinggi. Kalimat yang Anda sebut tadi itu memang sudah populer dan banyak sekali digunakan dalam artikel-artikel sekolah, namun saya kira bukanlah karena ada Wikipediawan yang mengajarkannya saat pelatihan. Benar sih, kalimatnya tidak efisien. Kalau ketemu seperti itu silakan diubah saja ke bentuk yang dirasa lebih pas. Salam, SpartacksCompatriot (bicara) 28 Juli 2015 11.34 (UTC)
Saya juga sering mendapatkan artikel sekolah dengan bahasa yang tidak ensiklopedis atau mencantumkan visi misi. (Lebih dari 20 saya temukan melalui searching, tentu langsung saya hapus visi misinya. Bukankah ini melanggar WP:VISIMISI?). Kepada yang menjadi pelatih, saya sarankan jangan hanya memberi motivasi menulis, tolong diajarkan juga sedikit kebijakan dan pedoman di WBI. Sehingga pengguna-pengguna baru paling tidak sudah mengerti apa saja yang pantas ditulis dan apa yang tidak boleh ditulis di wikipedia. Terima kasih.

--Hidayat.srf(bicara|surel) 28 Juli 2015 12.10 (UTC)

mau nanya soal blog/ website

saya ingin membuat artikel di wikipedia mengenai suatu blog atau website, bisa bantu saya caranya bagaimana soalnya kemarin pernah saya buat langsung terhapus. terima kasih.

Cosmopolist (bicara) 2 Agustus 2015 10.35 (UTC)

Blog atau situs web tersebut haruslah memenuhi kriteria kelayakan artikel (termasuk diulas oleh sumber tepercaya). Jika tidak, artikel tersebut bisa jadi jatuh dalam kriteria penghapusan halaman dan dapat segera dihapus. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 2 Agustus 2015 11.59 (UTC)

Perihal Wikipedia:Halaman perkenalan

Mengingat halaman Wikipedia:Halaman perkenalan jarang dipatroli oleh Wikipediawan dan tak jarang isinya dibiarkan berantakan oleh pengguna yang baru belajar menyunting, maka saya mengusulkan halaman tersebut tidak perlu diarsip dan langsung dihapus saja isinya jika sudah terlalu banyak. Pertimbangan saya adalah, halaman tersebut jarang diperhatikan oleh Wikipediawan lainnya (juga jarang dipatroli). Bagaimana menurut rekan-rekan sekalian? Mohon komentar dan pendapatnya. --Asumsikan niat baik-- Bonaditya (bicara) 3 Agustus 2015 - 22:13 WIB

Sepakat. Lagipula saya rasa halaman ini tidak banyak diperhatikan orang, bahkan pengguna baru sekalipun. Saya usul agar pengelolaannya dibuat seperti bak pasir. Salam, SpartacksCompatriot (bicara) 3 Agustus 2015 15.16 (UTC)
Menurut saya sih ada baiknya ditutup saja halaman tersebut dan mendorong para pengguna baru membuat halaman penggunanya menggunakan templat dari halaman perkenalan. Selain itu, ada baiknya juga pengguna baru didorong mencoba menyunting dengan VisualEditor. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 8 Agustus 2015 09.10 (UTC)
+1 Setuju.--AldNonBicara? 31 Agustus 2015 05.08 (UTC)
Setuju, kebanyakan hanya berisi spam dan uji coba.—Hidayatsrf (bicara) 3 September 2015 02.06 (UTC)

Statistik kontribusi pengguna

Bagi anda yang suka dengan statistik, silakan melihat kontribusi 500 pengguna yang paling banyak menyunting di proyek ini dengan mengunjungi halaman ini dan ini juga. Data tersebut rencananya akan diperbarui setiap hari dengan menggunakan robot. Terima kasih dan selamat berkarya. Wagino 20100516 (bicara) 10 Agustus 2015 09.06 (UTC)

Mohon pendapatnya

Apakah bagian galeri pada artikel-artikel Edmund Pevensie, Lucy Pevensie, Peter Pevensie, Skandar Keynes, dan Caspian X perlu dipertahankan? Karena isinya hanyalah berkas berhak cipta yang tidak ensiklopedis dan tidak mendukung isi artikel. Bagaimana menurut pendapat anda?

tahun berapakah terjadinya legenda dae laminga putri kerajaan sanggar 36.84.11.199 28 Agustus 2015 12.34 (UTC)

Bak pasir modul

Saya telah membuat halaman Modul:Bak pasir yang saya ambil dari w:en:module:sandbox, lengkap dengan dokumentasi, dengan harapan supaya dapat dimanfaatkan sebagai tempat uji coba pembuatan modul (jika ada yang mau bereksperimen dengan modul-modul lua). Hidayatsrf (bicara) 31 Agustus 2015 09.20 (UTC)

-- Wagino 20100516 (bicara) 3 September 2015 04.37 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/group/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/group/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.


Khadirun (bicara) 29 Agustus 2015 17.54 (UTC) warung kopi tradisi

Grants:IEG/Automatically Generate Categories for some small-scale Wikis

Hello, I am sorry if I posted in wrong place or wrong format and in English. I am from Vietnamese Wikipedia. My project is to generate automatically new categories based on NL patterns for ASEAN Wikipedias and enrich the category classification. The crucial benefits are to make more fine-grained category structure as well as improve category classification. I did use my bot to contribute category classfication to your Wiki here [61]. You can read my project here. Let me know about your opinions about this project. You can contact me at Thành viên:Alphama. Thank you very much! Alphama (bicara) 15 September 2014 03.09 (UTC)