Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Daftar isi

Kebijakan

New Wikipedia Library accounts available now (August 2016)


Hello Wikimedians!

The TWL OWL says sign up today!

The Wikipedia Library is announcing signups today for free, full-access, accounts to published research as part of our publisher donation program. You can now sign up for new accounts and research materials from:

  • Nomos – Primarily German-language publisher of law and social sciences books and journals - 25 accounts
  • World Scientific – Scientific, technical, and medical journals - 50 accounts
  • Edinburgh University Press – Humanities and social sciences journals - 25 accounts
  • American Psychological Association – Psychology books and journals - 10 accounts
  • Emerald – Journals on a range of topics including business, education, health care, and engineering - 10 accounts

Many other partnerships with accounts available are listed on our partners page, including Project MUSE, EBSCO, DeGruyter, Gale and Newspaperarchive.com.

Do better research and help expand the use of high quality references across Wikipedia projects: sign up today!
--The Wikipedia Library Team 30 Agustus 2016 18.38 (UTC)

You can host and coordinate signups for a Wikipedia Library branch in your own language! Please contact Ocaasi (WMF).
This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

RevisionSlider

Birgit Müller (WMDE) 12 September 2016 15.08 (UTC)

Grants to improve your project

Please help translate to your language:

Greetings! The Project Grants program is currently accepting proposals for funding. There is just over a week left to submit before the October 11 deadline. If you have ideas for software, offline outreach, research, online community organizing, or other projects that enhance the work of Wikimedia volunteers, start your proposal today! Please encourage others who have great ideas to apply as well. Support is available if you want help turning your idea into a grant request.

I JethroBT (WMF) (talk) 30 September 2016 20.11 (UTC)

Creative Commons 4.0

Halo! Saya mewakili Yayasan Wikimedia mengundang anda untuk memberi saran dan masukan mengenai rencana perpindahan linsensi dari CC BY-SA 3.0 menjadi CC BY-SA 4.0 di seluruh proyek Wikimedia. Jajak pendapat akan dubuka mulai 5 Oktober sampai 8 November, dan kami berharap akan mendapat banyak masukan dari berbagai sudut pandang. Jika anda tertarik, silakan untuk ikut serta dalam diskusi di Meta-Wiki. Joe Sutherland 6 Oktober 2016 00.20 (UTC)

New Wikipedia Library Accounts Available Now (November 2016)


Hello Wikimedians!

The TWL OWL says sign up today!

The Wikipedia Library is announcing signups today for free, full-access, accounts to published research as part of our Publisher Donation Program. You can sign up for new accounts and research materials from:

Expansions

Many other partnerships with accounts available are listed on our partners page. Sign up today!
--The Wikipedia Library Team 1 November 2016 18.30 (UTC)

You can host and coordinate signups for a Wikipedia Library branch in your own language. Please contact Ocaasi (WMF).
This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

Password reset

I apologise that this message is in English. ⧼Centralnotice-shared-help-translate⧽

We are having a problem with attackers taking over wiki accounts with privileged user rights (for example, admins, bureaucrats, oversighters, checkusers). It appears that this may be because of weak or reused passwords.

Community members are working along with members of multiple teams at the Wikimedia Foundation to address this issue.

In the meantime, we ask that everyone takes a look at the passwords they have chosen for their wiki accounts. If you know that you've chosen a weak password, or if you've chosen a password that you are using somewhere else, please change those passwords.

Select strong passwords – eight or more characters long, and containing letters, numbers, and punctuation. Joe Sutherland (bicara) / MediaWiki message delivery (bicara) 13 November 2016 23.59 (UTC)

Adding to the above section (Password reset)

Please accept my apologies - that first line should read "Help with translations!". Joe Sutherland (WMF) (talk) / MediaWiki message delivery (bicara) 14 November 2016 00.11 (UTC)

Help test offline Wikipedia

Hello! The Reading team at the Foundation is looking to support readers who want to take articles offline to read and share later on their phones - a use case we learned about from deep research earlier this year. We’ve built a few prototypes and are looking for people who would be interested in testing them. If you’d like to learn more and give us feedback, check out the page on Meta! Joe Sutherland (WMF) (talk) 29 November 2016 20.08 (UTC)

New way to edit wikitext

James Forrester (Product Manager, Editing department, Wikimedia Foundation) --14 Desember 2016 19.32 (UTC)

Halo, saya ingin menanyakan pendapat komunitas tentang apakah keberadaan "Galeri logo" (galeri logo nonbebas) di artikel-artikel (khususnya artikel stasiun televisi) perlu dihapus? Menurut saya, merujuk pada WP:F2, seharusnya tidak boleh karena penggunaan berkas nonbebas itu harus diminimalisir dan galeri tersebut tidak menambah nilai artikel tersebut secara signifikan (kecuali ketika artikel tersebut panjang dan logo-logo ini masuk disisipkan sebagai ilustrasi pada bagian sejarah subjek). Bagaimana pendapat yang lain? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 17 Desember 2016 04.58 (UTC)

Dihapus saja lah. Kayaknya memang itu logo-logo menuh-menuhin saja. RaymondSutanto (bicara) 22 Desember 2016 22.27 (UTC)
Kalau tidak bebas menurut saya dihapus saja dan kalau bisa berkasnya dihapus sekalian. Saya lihat lumayan banyak penyalahgunaan gambar nonbebas di Wikipedia, takutnya jadi bikin masalah. HaEr48 (bicara) 16 Januari 2017 18.21 (UTC)
Jika merupakan gambar bebas dapat dipertahankan sebagai informasi sejarah, tetapi tetap memerlukan sumber tepercaya untuk memastikan keakuratannya. Jika gambar nonbebas sebaiknya dihapus demi mencegah pelanggaran lisensi. Demikian sedikit saran saya. JohnThorne (Bicara) 12 Februari 2017 17.08 (UTC)

Penamaan dan ejaan untuk topik berkaitan Indonesia di Wikipedia Bahasa Inggris

Ada usulan untuk memulai aturan resmi penamaan dan ejaan untuk topik berkaitan Indonesia di Wikipedia Bahasa Inggris. Diskusinya en:Wikipedia talk:WikiProject Indonesia#Proposal dan usulan kebijakannya disini: en:Wikipedia:WikiProject Indonesia/Naming and spelling conventions. Kalau tertarik mari dibaca dan silahkan kalau ada tanggapan. HaEr48 (bicara) 16 Januari 2017 18.27 (UTC)

Proposal (Kebijakan Artikel Desa)

Pengusul -- Murbaut (Bicara) 10 Februari 2017 14.33 (UTC)
Dasar Mengenai kebijakan tentang wilayah administratif di Indonesia terutama desa atau kelurahan yang akan dibahas, beberapa kriteria umum dan kebijakan umum dapat diperbarui kembali.
Usulan
Kebijakan kelayakan artikel yang berhubungan
  • "Pembahasan yang signifikan" berarti sumber membahas subyek secara langsung, mendetail, dan nontrivial.1
  • "Sumber",2 didefinisikan dalam Wikipedia sebagai sumber sekunder, harus dapat memberikan bukti kelayakan yang obyektif. Lebih dari satu sumber lebih baik.
  • "Tepercaya" berarti sumber dapat digunakan untuk pemastian kelayakan, sesuai pedoman sumber tepercaya.
Kriteria umum

Sebuah kelurahan atau desa disebut layak apabila memenuhi minimal satu kriteria umum berikut:

  • Informasi standarnya lengkap. yang dimaksud dengan informasi standar adalah: luas wilayah, jumlah penduduk, dan informasi administratif lainnya.
  • Memiliki informasi tambahan di luar informasi standar di atas yang menjadikannya layak untuk berdiri sendiri sebagai artikel, alih-alih hanya bagian dari artikel kecamatan.
  • Memiliki minimal satu sumber, baik sumber buku maupun sumber pranala yang membuktikan keberadaan entitas kelurahan atau desa tersebut. (lihat WP:V)
Penambahan (kemungkinan yang harus ditambahkan)
Kriteria khusus
  • Memiliki panjang minimal 5 kalimat
  • Memiliki minimal 1 referensi/rujukan (sumber terpercaya)
  • Memiliki kotak info dan kotak navigasi standar
Catatan

Beberapa artikel mengenai Desa di Indonesia memang begitu banyak, namun disamping itu banyak juga yang tidak memenuhi standar kelayakan artikel, berikut beberapa desa kemungkina bisa menjadi contoh/panduan dalam menulis artikel seperti:

Status:    Sedang dikerjakan

Komentar

Silahkan berikan pendapat/usulan/tambahan Anda mengenai proposal di atas:

  • Artikel desa, kelurahan, kecamatan, memang harus memiliki pengecualian. Seminim apa pun data yang dimiliki oleh artikel jenis ini, perlu dipertahankan, selagi ditulis secara ensiklopedis. gigho (bicara) 10 Februari 2017 - 19.26 WIB
  • Setuju untuk dibuat pedoman supaya dapat ditingkatkan mutunya secara gotong royong, tetapi tidak untuk menghapus, berhubung artikel-artikel ini merupakan data esensial negara Republik Indonesia. JohnThorne (Bicara) 12 Februari 2017 17.04 (UTC)
  • Apakah artikel desa yang kurang dari lima kalimat akan dihapus? --★★Rusdiana★★(📝) 12 Februari 2017 23.46 (UTC)
@RusdianaDablang: Ada baiknya dihapus saja demi meningkatkan kualitas wikipedia dengan syarat beri sekiranya tag kembangkan selama 3 bulan. -- Murbaut (Bicara) 17 Februari 2017 06.14 (UTC)
  • Setuju untuk kebijakan yang baru guna peningkatan kualitas WBI, dapat dijadikan syarat maupun pedoman bagi pembuatan artikel yang baru. Namun kurang juga jikalau artikel yang telah ada dihapus, alangkah baiknya diberi waktu untuk memperbaikinya bersama-sama. 27christian11 (bicara) 13 Februari 2017 09.02 (UTC)
  • Saya setuju. Mungkin jika nanti setelah diberikan waktu untuk dikembangkan tetapi masih tidak layak, artikel desa/kelurahan tersebut dialihkan ke artikel kecamatannya dan jika ada data-data minimal pada artikel sebelum dialihkan (luas desa, jumlah RT/RW), bisa dimasukkan ke artikel kecamatan dalam bentuk tabel. Yogwi21 (bicara) 17 Februari 2017 04.24 (UTC)
@Yogwi21: Apakah jika artikel tersebut tidak memiliki satupun sumber terpercaya masih dipertahankan?. -- Murbaut (Bicara) 17 Februari 2017 06.14 (UTC)
@Murbaut: Seperti jawaban saya sebelumnya, mungkin bisa dialihkan ke artikel kecamatannya. Yogwi21 (bicara) 17 Februari 2017 06.29 (UTC)
Seperti kata Mas John, dan saya sepakati, "....artikel-artikel ini merupakan data esensial negara Republik Indonesia", maka sebaiknya artikel desa, meskipun tidak ada satu pun sumber terpercaya, tetap perlu kita pertahankan, selama kita tulis sesuai standar Wikipedia. Satu-satunya pranala yang dapat kita gunakan adalah website resmi kabupaten di mana desa tersebut berada. Jadi, tidak ada alasan kita menghapus artikel desa, supaya rakyat Indonesia dapat mengetahui petanya sendiri. Salam gigho (bicara) 17 Februari 2017 - 13.32 WIB
Oke @Igho and Yogwi21: saya hanya takut jika mengalami masalah artikel yang ditulis ngarang(saya kira sangat sedikit atau malah tidak ada yang melakukannya) :). Oh ya kita juga perlu diskusi/usul dari para pengguna atau pengurus yang lainnya. Sebelum dilakukan pemungutan suara. -- Murbaut (Bicara) 17 Februari 2017 09.28 (UTC)
  • Pendapat saya: Memiliki minimal satu sumber itu persyaratan yang sulit. Tidak usah buku atau media cetak lainnya, pernah disebut di internet pun paling hanya sekilas (atau bahkan tidak ada). Saya yang ikut memberikan pelatihan di Wikimedia Indonesia beberapa kali menemukan peserta yang asalnya dari daerah kesulitan untuk menyunting artikel kampung halamannya, karena tidak ada referensi sama sekali (ada pun ya situs kabupaten). Informasi yang dia tahu ya karena dia orang daerah sana. Sepertinya, untuk saat ini sih persyaratan ini bisa dihilangkan dulu. Mungkin 10-15 tahun lagi, ketika banyak daerah sudah berkembang dan banyak sumbernya, syarat ini bisa diusulkan kembali. Salam, RaymondSutanto (bicara) 17 Februari 2017 19.37 (UTC)
  • Menurut saya tetap untuk kedepannya agar penulisan sesuai pedoman yang ditetapkan WBI, agar tidak mengesampingkan sumber. Beberapa hal seperti sekolah, data penduduk misalnya saya rasa bisa dilihat sumbernya. Contoh lainnya, beberapa situs BPS tingkat kabupaten sudah menyediakan informasi dengan tingkat hingga desa. aryphrase 20 Februari 2017 08.55 (UTC)
  • Walaupun tidak memiliki sumber sebaiknya artikel tentang desa tidak perlu dihapus, bisa saja kemungkinan ada pengguna anon yang berkontribusi. Mungkin sebaiknya dibuat kategori tentang artikel desa yang tidak mencantumkan sumber. Hddty. (bicara) 20 Februari 2017 10.02 (UTC)
  • Menurutku, artikel desa yang baru dibuat tahun ini, namun tidak memenuhi kriteria umum dan khusus di atas, dihapus saja selepas diberi tag kembangkan selama dua pekan. Contoh untuk artikel desa dengan informasi sesuai kriteria, bisa dilihat pada artikel berikut yang saya buat atau dilihat pada urutan 190 ke atas di sini. Itu sudah minimal satu sumber. Jika menurut RaymondSutanto minimal satu sumber itu persyaratan yang sulit, sepertinya tidak. Senada yang dikemukakan oleh bung aryphrase, saat ini Badan Pusat Statistik telah memublikasikan hasil statistiknya per kecamatan tiap kabupaten/kota dengan tajuk "Kecamatan Dalam Angka Tahun 201x". Lihat pula daftar kantor desa yang saya potret di Wikimedia Commons. Adapun sebagai alternatif, dalam artikel kecamatan disebutkan pula daftar nama desa/kelurahannya jikalau tak mampu membuat artikel desa tertentu. 에자그렌 (메시지를 보내) 21 Februari 2017 15.37 (UTC)
  • Banyak sekali artikel desa di Indonesia sehingga pasti akan menjadi suatu kerja keras bagi kita jika kita ingin mengembangkannya, sehingga semuanya perlu dilakukan bertahap, misalnya kita mulai mengembangkan artikel kecamatan terlebih dahulu lalu masuk ke artikel desa. ·· JollyF DAUR ULANG! 23 Februari 2017 11.17 (UTC)

Review of initial updates on Wikimedia movement strategy process

Note: Apologies for cross-posting and sending in English. Message is available for translation on Meta-Wiki.

The Wikimedia movement is beginning a movement-wide strategy discussion, a process which will run throughout 2017. For 15 years, Wikimedians have worked together to build the largest free knowledge resource in human history. During this time, we've grown from a small group of editors to a diverse network of editors, developers, affiliates, readers, donors, and partners. Today, we are more than a group of websites. We are a movement rooted in values and a powerful vision: all knowledge for all people. As a movement, we have an opportunity to decide where we go from here.

This movement strategy discussion will focus on the future of our movement: where we want to go together, and what we want to achieve. We hope to design an inclusive process that makes space for everyone: editors, community leaders, affiliates, developers, readers, donors, technology platforms, institutional partners, and people we have yet to reach. There will be multiple ways to participate including on-wiki, in private spaces, and in-person meetings. You are warmly invited to join and make your voice heard.

The immediate goal is to have a strategic direction by Wikimania 2017 to help frame a discussion on how we work together toward that strategic direction.

Regular updates are being sent to the Wikimedia-l mailing list, and posted on Meta-Wiki. Beginning with this message, monthly reviews of these updates will be sent to this page as well. Sign up to receive future announcements and monthly highlights of strategy updates on your user talk page.

Here is a review of the updates that have been sent so far:

More information about the movement strategy is available on the Meta-Wiki 2017 Wikimedia movement strategy portal.

Posted by MediaWiki message delivery on behalf of the Wikimedia Foundation, 15 Februari 2017 20.30 (UTC) • Please help translate to your languageGet help

Upcoming Wikimedia Design Research in Indonesia

Hi,

As you may already know, The Wikimedia Foundation is initiating an important, global discussion to define the Wikimedia movement’s future strategy. As part of this effort, we plan to conduct design research in Indonesia over the next couple of months. The overall research goal will be to learn how people in emerging markets seek and gain information, what kind of technology do they use (if any) in this process, and what is their access to information sources. This will help us to serve Wikimedia projects better and empower new readers in our target countries.

We have started reaching out to design research firms with a ground presence in Indonesia that can do in-depth interviews/qualitative research with people in their environment. You can find our Request for Proposal (RFP) for the research here.

Please take a look at the RFP and let us know if you have any recommendations for local design research firms that meet our requirements. You can reach us at rayyakkannu﹫wikimedia.org and sgupta﹫wikimedia.org.

Regards,

Ravishankar Ayyakkannu, Manager, Strategic Partnerships, Asia, Wikimedia Foundation. --22 Februari 2017 11.27 (UTC)

Usulan

Pembajakan foto-foto

Akhir-akhir ini saya menemukan banyak sekali foto yang diduga merupakan hasil pembajakan karya-karya (anggaplah) master fotografer. Nah, saya meminta usulan begini:

  • pantaskah para pengunggah mengunggah berkas yang tidak mendapat izin dengan lisensi CC-BY-SA atau GNU GFDL (berapa pun versinya);
  • jika terbukti membajak, pantaskah mereka diblokir?

Sekian, terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 28 Oktober 2016 08.42 (UTC)

Tidak diizinkan, kecuali bila penggunaan wajar (itu juga syaratnya ketat, dan fotonya tidak boleh diakui sebagai hasil karya sendiri). Bila terbukti membajak, pengurus paling akan memperingatkan terlebih dahulu, dan semua foto yang melanggar hak cipta dihapus. Pemblokiran baru dilakukan kalau kesalahan diulang (kita berbaik sangka pembajakan dilakukan karena tidak tahu masalah hukum hak cipta). Gombang (bicara) 28 Oktober 2016 15.37 (UTC)
Saya setuju dengan user Gombang. Namun, apakah Anda bisa memberikan contoh foto yang menjadi hasil pembajakan? Terima kasih. IreneTandry (bicara) 29 Oktober 2016 04.57 (UTC)

Kalo terjemah istilah dari wikipedia Inggris ke Indonesia bagaimana kebijakannya? Saya mau terjemahin tentang https://en.wikipedia.org/wiki/Gaslighting namun ga tau juga apa istilah indonesianya, tapi terkait dengan artikel yang sebelomnya saya utak-atik (narsisme).

Trims!

Anaki  ! 5 November 2016 15.48 (UTC)

Slot AP

Halo para Wikipediawan/wati, jika beberapa waktu yang lalu keluhannya adalah kurangnya jumlah AP untuk diisi pada slot, maka lain lagi pada saat ini, jumlah AP yang belum diusulin pada jadwal slot yang tersedia melebihi slot jadwal itu sendiri. Tercatat ada 24 AP yang masih belum diusulin pada jadwal slot sementara cuman ada 20 slot yang masih kosong. Maka dari itu, mumpung masih belum Tahun Baru, saya usulkan saja agar tahun depan dilakukan penambahan jumlah slot AP, ya minim jangka waktu slotnya dikurangin lah dari 10 hari (36 per tahun) jadi 9 (40 per tahun) atau 8 (45 per tahun) atau 7 (52 per tahun) gitu, atas pertimbangan:

  • Untuk meningkatkan daya tarik orang untuk bikin makin banyak AP, sayang juga misalnya ada orang niat buat AP tapi ternyata jumlah AP yang dijadwalkan memenuhi slot-slot yang telah ada pada tahun besok, karena mikir-mikirnya pasti cuman bisa kebagian tahun besoknya lagi
  • Ada beberapa AP yang momen slot-nya (misal tanggal kelahiran, tanggal kejadian, dlsb) berbenturan dengan slot AP yang udah terisi lainnya, misalnya AP Siti Nurhaliza yang momen slot tanggal kelahirannya (11 Januari) berbenturan dengan slot AP Pangeran Sadruddin Aga Khan yang momen slot tanggal kelahirannya 17 Januari. Atau AP Barthélemy Boganda yang momen slot tanggal kelahirannya (4 April 1910) berbenturan dengan slot AP ? (film) yang momen slot tanggal perilisannya 7 April. Nggak enak juga kalo misalnya artikelnya kudu nunggu setahun lagi

Meskipun saya juga tidak memungkiri ketakutan beberapa Wikipediawan yang khawatir akan kembali terjadinya kelangkaan AP yang bisa dimasukkan slot yang bisa-bisa saja terjadi pada tahun-tahun mendatang. --Erik Fastman (bicara) 12 November 2016 15.42 (UTC)

Saya kurang aktif di ranah AP, namun kalau Anda pikir demikian, saya rasa AP mingguan (7 hari per satu AP) lebih cocok karena secara teknis lebih mudah diimplementasikan daripada sekian hari per AP (dan mungkin saatnya juga mengubah angka AP tahunan yang dimulai dengan "0" menjadi dimulai dengan "1"). Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13 November 2016 09.34 (UTC)
Iya gitu aja per kenrick. Murbaut Bicara 29 November 2016 01.17 (UTC)

Sedikit tambahan, kalo dipikir-pikir lagi kalo slot AP diperbanyak & pembuatan AP masih bertumpu pada FA-FA bahasa Inggris juga bakal kesannya nanti AP-APnya jadi banyak yang berunsur Americana/Britanica/Australiana (maklum sih, bahasa Inggris kan jadi bahasa utama mereka) seperti halnya yang saya lihat di AP-nya Wikipedia Tionghoa. Kalaupun ada artikel universal, itupun saya lihat di FAC cuman berkisar 1 banding 5/10. Kecuali sih pengguna-pengguna WBI bisa bikin AP yang bersumber dari Wikipedia bahasa non-Inggris (hal ini pernah dilakukan pada pengembangan artikel dari Wikipedia Melayu & Wikipedia Tionghoa) atau malah bikin AP original/non-terjemahan biar bisa menjaga agar AP tetap diisi artikel-artikel universal, sukur-sukur Indonesiana. Tapi kalo andai ntar AP-APnya jadi banyak yang berunsur Americana/Britanica/Australiana, apa Wikipediawan-Wikipediawan sekalian akan mengikhlaskannya ? --Erik Fastman (bicara) 30 November 2016 03.54 (UTC)

Mungkin saatnya para Wikipediawan belajar bikin artikel orisinil (tidak menerjemahkan?) :p Gombang (bicara) 17 Januari 2017 12.07 (UTC)

Ya, tapi sejauh ini yang saya lihat bisa bikin AP orisinil alias non-terjemahan sih:

  • Crisco, dulu sering bikin AP2 tentang perfilman jadul Indonesia, tapi sekarang udah enggak, katanya sibuk S3
  • Rahmatdenas, biasanya paling enggak tiap 2X setahun, bikin artikel nuansa Minang
  • Ign christian, dulu sempet bikin artikel tentang Pertapaan-Pertapaan di Indonesia
  • Mimihitam, dulu sempet bikin artikel tentang Efek Jokowi ama ARB
  • Muhraz, dulu sempet bikin artikel tentang Hidayat Nur Wahid
  • M. Adiputra
  • Hariadhi
  • Adi.akbartauhidin

Itu aja sih yang saya tau (yang kagak disebut harap maklum)

Kalo saya sendiri sih masih bertumpu pada penerjemahan AP, soalnya:

  • Saya sendiri kurang pandai merangkainya
  • Akses sumber saya juga kurang, paling banter ya nyarinya pake website lain melalui Google, itu pun kudu ada yang pake PDF & hidden dari pencarian Google, kalo pake referensi buku, saya sendiri bingung pake referensi buku apa & nyarinya gimana

--Erik Fastman (bicara) 17 Januari 2017 14.34 (UTC)

Pemilihan pengurus

Sepertinya sudah tradisi beberapa tahun ini, Wikipedia bahasa Indonesia melakukan proses pemilihan pengurus pada akhir tahun. Karena itulah di sini telah saya buatkan halaman pemilihan, beserta jadwal pemilihan yang saya usulkan. Mengapa namanya "2016 kedua" alih-alih "2017"? Karena tanggal mulainya pemungutan suara masih tahn 2016. Jika ada umpan balik, silakan utarakan di sini, maupun di sana. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 24 November 2016 12.36 (UTC)

Dan jika ada yang telah memenuhi syarat namun masih ragu untuk mendaftar atau tidak, bacalah opini saya mengenai kepengurusan Wikipedia. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 24 November 2016 14.02 (UTC)

Teddy Winangun

Mohon awasi pengguna yang bernama Teddy Winangun. Orang ini sebenarnya suka mengutak-atik artikel perkeretaapian dan menjadikannya tidak rapi, penuh dengan gambar tanpa lisensi benar, dan menulis artikel kereta api fiktif, sesuai dengan kutipan mas Karsono Puguh Nindyo Cipto (RF Daop IX) di bawah ini:

Saya memperkirakan orang bernama Noel Sirait, Vicky Prayudha, Muhammad Octo, dan Teddy Winangun, adalah orang yang sama karena cara menulis keempat pengguna itu hampir sama. Terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 24 Desember 2016 13.51 (UTC)

Mengenai beberapa akun tersebut sebaiknya dilakukan penelusuran lebih dalam, sebab gaya menulis sama belum dapat diindikasikan merupakan orang yang sama. Saya sendiri dalam menulis atau menyunting artikel berusaha menyesuaikan gaya penulisan artikel yang sudah ada. Salam. Igho (balas) 25 Desember 2016 - 03:33 WIB

Berbeda

Kalau saya perhatikan biografi di id.wiki pasti format pembukanya begini:

<nama> (<tempat lahir> <tanggal lahir> – <tempat mati> <tanggal mati> pada umur...)

Bagaimana kalau diubah jadi seperti format en.wiki:

<nama> (<tanggal lahir> – <tanggal mati>)

Untuk tempat lahir & mati dan umur saat meningggal cukup ditaruh di infobox (atau dibahas diartikel).

Dan buat di infobox seperti dikanan ini bagaimana kalau benderanya dihapus, semua orang juga sudah tau kalau bendera Indonesia itu begitu dsb... Dan juga buat informasi tentang kelahiran/mati seperti ini yang penting ada negaranya, provinsinya, kotanya; bukan benderanya.

Soekarno
Informasi pribadi
Lahir Kusno Sosrodihardjo
6 Juni 1901
Bendera Belanda Surabaya, Jawa Timur, Hindia Belanda
Meninggal 21 Juni 1970 (umur 69)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Bendera Indonesia Indonesia
Partai politik Indonesian National Party logo.gif Partai Nasional Indonesia
Hddty. (bicara) 26 Desember 2016 03.30 (UTC)
Hallo, Hddty.. Perlu Anda ketahui, jika usulan Anda ini diwujudnyatakan, maka ratusan ribu artikel yang sudah ada dan menggunakan templat {{lahirmati}} akan rusak. Oleh sebab itu, untuk menguji efesiensi dan efektivitas usulan ini, silakan Anda mengajukan proposal usulan di Wikipedia:Permohonan pendapat/Penggantian templat lahirmati. Sampaikan alasan mendasar berikut contoh yang Anda maksudkan dalam proposal tersebut. Salam ——igho (bicara) 8 Januari 2017 - 18:49 WIB
Tentang bendera: Artikel biografi di Wikipedia tidak hanya membahas warga Indonesia. Ikon seperti bendera bisa membantu pembaca yang memindai artikel untuk mengetahui topik apa yang dibahas di dalamnya. Kalau ada bendera Indonesia berarti membahas topik Indonesia, bendera Jepang (misalnya) berarti membahas topik Jepang. Gombang (bicara) 17 Januari 2017 12.42 (UTC)
@Gombang: Ya, memang tidak hanya membahas tentang warga Indonesia. Tujuan saya usul agar bendera/logo diinfobox dihapus hanya supaya simple. Di infobox di en.wiki tidak ada logo/bendera di infobox tentang biografi (tidak ditampilkan di parameter lahir & meninggal, partai politik, kebangsaan) Hddty. (bicara) 28 Januari 2017 00.56 (UTC)

privele

yg sy hormati para penurus. sy mohon maaf krn terlalu lama tdk aktif. sy punya kendala, yaitu kesibukan di dunia nyata ditambah komputer sy rusak.. skr sj sy online di warnet. apabila ketidakaktifn sy ini "memaksa" pengurus mencabut wewenang sy sbg editor, sy tidak masalh. mungkin wkt lain sy dpt mendaftarkan lg. namun jika sy diberikan priveles, terima kasih. yg pasti, sy rindu dengan kalian semua. demikian, salam hangat dari sy. Miss Andriana (bicara) 8 Januari 2017 09.54 (UTC)

Wiki Speaks Your Language

Wiki Speaks Your Language logo.svg

Hello all and sorry for writing this message in English. It is my pleasure to inform you about the launch of the Wiki Speaks Your Language initiative with the goal of enriching the Wikimedia projects with freely licenced audio (and video) files documenting spoken examples of every language, language variety and dialect in the world.

The idea originates from the curiosity of many readers viewing language articles not only to read about the language but also to hear how does it sound. In most of the cases, our language articles lack such files and readers usually end up searching videos on YouTube, notwithstanding that we have the capacity as a movement and the resources to meet their wish.

The initiative lists three possible ways of acquiring the freely licenced audio (and video) files: 1) by adapting existing audio and video files on Wikimedia Commons (mostly from the Spoken Wikipedia projects), 2) by liberating existing audio and video files from the repositories of GLAM and educational institutions, and 3) by engaging Wikimedia communities, GLAM and educational institutions in the recording of new audio and video files.

In the first phase of the initiative, the easiest way to start is by working with the resources we already have and therefore my proposal and kind request to the Indonesian Wikipedia community is to get involved in adapting existing videos from the Spoken Wikipedia project. There are some useful tips on what the existing files should be adapted to. The adapted files should be categorised under "Category:Wiki Speaks Indonesian", tagged with WSYL template and added to the list of languages.

Best regards.--Kiril Simeonovski (bicara) 15 Januari 2017 15.02 (UTC)

Penolakan oleh editor

Selamat malam, Semuanya! Saya ingin mengusulkan agar penolakan permohonan hak editor yang tidak memenuhi syarat dapat dilakukan oleh editor.

  • Pertimbangan: Penolakan hanya memerlukan ketelitian pemeriksaan terhadap syarat-syarat pemohon, lalu menutup dengan templat {{kunci belum}} dan {{kunci tutup}}. Lain halnya jika permohonan itu memenuhi syarat, maka penguruslah yang akan mengangkat melalui kewenangannya.
  • Tujuan: Meringankan kerja pengurus.

Apabila usulan ini dipandang perlu untuk ditingkatkan menjadi proposal yang memerlukan pengambilan suara, maka akan segera saya konversikan. Demikian usulan saya. Semoga ini bukan merupakan usulan katrok. Atas perhatian Anda, saya sampaikan terima kasih. Salam gigho (bicara) 6 Februari 2017 - 20.13 WIB

Saya agak kurang paham dengan usulan Bung. Bisa mohon diperjelas? Muhraz (bicara) 6 Februari 2017 23.13 (UTC)
Maaf kalau kalimat saya berbelit-belit, Bung. Menolak permohonan pengguna yang mengajukan diri menjadi editor hanya memerlukan ketelitian pemeriksaan lalu menyematkan tag {{kunci belum}} dan {{kunci tutup}} pada permohonan, alias tidak memerlukan status sebagai pengurus. Lain halnya bila permohonannya memenuhi syarat, editor jelas tidak dapat mengangkat pemohon, karena tidak punya wewenang. Sekarang sudah paham, Bung? Salam gigho (bicara) 7 Februari 2017 - 10.07 WIB
Tambahan. Begini Bung. Apakah menjadi masalah jika saya (editor biasa, bukan pengurus), tanpa menunggu pengurus langsung menolak (menutup) permohonan menjadi editor yang tidak memenuhi syarat? Tentu saja saya harus memiliki ketelitian pemeriksaan, disertai hikmat dan akal budi sebagai landasan penolakan itu. Karena menutup tidak memerlukan status pengurus, hanya ngeblok dengan warna pink itu. Demikian tambahan saya gigho (bicara) 7 Februari 2017 - 10.12 WIB
Saya kira saya tidak punya masalah kalau seorang editor (yang bukan pengurus) menutup permohonan seorang pengguna untuk menjadi editor jika memang si pemohon tidak melengkapi syarat. Lagipula selama ini kan yang biasanya terjadi editor yang mengecek menunggu pendapat pengurus terlebih dahulu setelah mengecek kelengkapan syaratnya. Selain mempermudah kerja pengurus, saya juga termasuk orang yang percaya bahwa orang tidak perlu dipersulit untuk jadi editor. Saya cukup percaya dengan hikmat dan akal budi editor lain yang mengecek kelengkapan syaratnya sebagai seorang trusted user alias pengguna yang tepercaya. Salam, Muhraz (bicara) 7 Februari 2017 03.22 (UTC)
Ya, atas penolakan (penutupan) itu, apabila ada kesalahan atau kekurangcermatan, dapat dikoreksi dan dibatalkan penolakannya oleh pengurus. Terima kasih. Salam gigho (bicara) 7 Februari 2017 - 10.38 WIB
Ya bisa itu -- Murbaut (Bicara) 9 Februari 2017 19.27 (UTC)

Mencegah akun bernama Woerayraiyan dari pembuatan

Selamat pagi para pengurus Wikipedia yang saya hormati, bisakah Anda mencegah Woe Ray Raiyan membuat akun? ArdiPras95 (bicara) 13 Februari 2017 02.17 (UTC)

@ArdiPras95: Pengurus sepertinya tidak dapat membatasi pembuatan akun dari pengguna itu karena tidak memiliki akses khusus untuk melakukannya. Yang bisa melakukannya hanyalah para steward di meta-wiki. ··· 🌸 Rachmat04 · 14 Februari 2017 15.32 (UTC)

Penggunaan situs web selebriti.website ke dalam artikel tokoh

Halo semua,

Beberapa hari ini saya melakukan patroli di perubahan terbaru sebagai aktivitas rutin. Sampai pada suatu hari (hingga hari ini) saya menemukan banyak artikel tokoh Indonesia, khususnya tokoh aktor dan aktris, menggunakan referensi dari selebriti.website. Saya merasa tergelitik untuk menghapusnya karena situs ini tidak dapat dikatakan situs web kredibel untuk referensi. Saya sadar masih banyak situs web serupa yang bertebaran di halaman artikel tokoh. Melalui tulisan ini, saya mengusulkan agar situs web selebriti.website dimasukkan ke dalam halaman MediaWiki:Spam-blacklist agar membatasi penggunaannya di kemudian hari.

Komentar diharapkan. Trims. ··· 🌸 Rachmat04 · 14 Februari 2017 15.29 (UTC)

Sepakat. Silakan ditambahkan. Muhraz (bicara) 15 Februari 2017 03.21 (UTC)

Assalamu'alaikum.. teman-teman semuanya, terkait dengan tugas perkuliahan saya yang berjudul perilaku sosial keagamaan. Saya mencoba mencari pengertian "Sosial Keagamaan", namun saya tak menemukan satu pun yang berisi pengertian. kedua kata yang berdampingan ini banyak disandingkan dengan kata "lembaga" (contoh: lembaga yang bergerak di bidang sosial keagamaan). kemudian saya coba mencari dengan kata kunci "sosiologi agama" dan menemukan Sosiologi agama tapi saya merasa tidak yakin untuk mengutipnya karena saya tidak mengetahui apakah kata sosial keagamaan sama dengan kata sosiologi agama Ubaidillah-bloodlust (bicara) 17 Februari 2017 14.18 (UTC)

Apa pengertian dari Sosial Keagamaan?

Assalamu'alaikum.. teman-teman semuanya, terkait dengan tugas perkuliahan saya yang berjudul perilaku sosial keagamaan. Saya mencoba mencari pengertian "Sosial Keagamaan", namun saya tak menemukan satu pun yang berisi pengertian. kedua kata yang berdampingan ini banyak disandingkan dengan kata "lembaga" (contoh: lembaga yang bergerak di bidang sosial keagamaan). kemudian saya coba mencari dengan kata kunci "sosiologi agama" dan menemukan Sosiologi agama tapi saya merasa tidak yakin untuk mengutipnya karena saya tidak mengetahui apakah kata sosial keagamaan sama dengan kata sosiologi agamagi agama Ubaidillah-bloodlust (bicara) 17 Februari 2017 14.28 (UTC)

Bung Ubaidillah-bloodlust. Karena keagamaan merupakan bagian dari kehidupan sosial, pahamilah itu sebagai suatu pengerucutan pembahasan masalah sosial mengenai agama. Sebagai perbandingan, coba kita ingat istilah sosio-kultural, sosio-ekonomi, sosio-edukasi, dan sebagainya. Karena ilmu sosial memang sangat luas, dan agama hanyalah salah satu. Itulah mengapa kementrian agama berada dalam wilayah koordinasi kementrian koordinator bidang sosial. Jika ingin lebih detil, cobalah bertanya kepada ahlinya, sosiolog Ariel Heryanto melalui jejaring Facebook, biar tidak penasaran. Barangkali beliau ada kesempatan. Salam. gigho (bicara) 17 Februari 2017 - 23.12 WIB

Usul Gambar pilihan (caption)

Usul saya berhubungan dengan Halaman utama, tepatnya gambar pilihan. Yang saya usulkan adalah gambar yang ditampilkan di Halaman utama memiliki caption yang agak panjang atau cuplikan beberapa kalimat dari artikel (seperti dalam Main page (bahasa inggris)), alasannya;

  1. Wikipedia bukan seperti Commons, sehingga gambar pilihan harus memiliki artikel.
  2. Gambar-gambar yang dimuat atau di unggah ke Wikipedia adalah gambar untuk pendidikan, maka caption yang dibutuhkan adalah suatu penjelasan dari suatu artikel yang berhubungan dengan gambar.

Contoh:

Sukhoi Su-30 inflight.jpg
Tampilan caption saat ini (Yang saya maksud seperti Featured image di Halaman Utama Wikimedia Commons) Usulan tampilan caption saya
Sukhoi Su-30 milik Angkatan Udara Rusia terbang di atas langit Rusia Sukhoi Su-30 (kode NATO: Flanker-C) adalah pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996. Pesawat ini adalah pesawat tempur multifungsi, yang efektif dipakai sebagai pesawat serang darat. Pesawat ini dapat disandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle dari Amerika Serikat.


★★Rusdiana★★(📝) 19 Februari 2017 12.56 (UTC)

Halo, Bung Rusdiana. Saya belum dapat menanggapi usulan Anda, tapi saya ingin sekadar berbagi dengan mengoreksi diksi yang Anda tulis dalam usulan ini. "Yang saya inginkan adalah gambar yang ditampilkan di Halaman utama memiliki..." Mohon diketahui, bahwa keberadaan Wikipedia itu bukan atas dasar keinginan satu orang, melainkan gotong-royong. Jadi kalimat tersebut agar tidak menimbulkan penafsiran lain dan berlaku untuk semua, maka layak dan sepantasnya diganti menjadi "Yang saya usulkan adalah gambar yang ditampilkan di Halaman utama memiliki..." Mohon maaf jika cara berbagi saya salah dan lancang. Terima kasih. Salam gigho (bicara) 19 Februari 2017 - 20.19 WIB
Selesai Selesai!!★★Rusdiana★★(📝) 19 Februari 2017 13.41 (UTC)

Setuju Setuju, biar GP-nya makin enskilopedis. Masak cuman sekedar ngasih gambar doank ama caption pendek doank. Emang HU tuh galeri apa --What a joke (bicara) 19 Februari 2017 13.38 (UTC)

Panggil @Kenrick95:, sesuhunya GP --Erik Fastman (bicara) 20 Februari 2017 00.51 (UTC)

Karena WP:KGP tidak berhasil mendapat konsensus, maka keperluan "tiap gambar harus ada artikel" tidak diimplementasi. Boleh-boleh saja memperpanjang deskripsi, namun bagian "Gambar Pilihan" kan tetap saja fokusnya itu "gambar"-nya. Coba deh angkat lagi diskusi WP:KGP. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 20 Februari 2017 01.31 (UTC)
Lha ! Itu konsensusnya KGP aja masih belum sepakat, tapi proyek GP juga masih jalan bertahun-tahun bahkan nyimeng di HU. Kok proyek DP yang sistem pemilihannya udah disetujuin walau KDP-nya juga sama-sama belum sepakat kagak ditampilin di HU bahkan sempet dicopot dari templatnya Perubahan terbaru. Kagak adil neh. Ya udah, pokoknya ntar kalo slot AP-nya banyak yang nganggur, ane bakalan paksain DP dimasukkin ke slot AP kek di zh.wiki --Erik Fastman (bicara) 20 Februari 2017 02.00 (UTC)

Teknis

Tech News: 2016-34

22 Agustus 2016 21.18 (UTC)

infusi air dihapus

saya ingin tahu perihal alasan artikel infusi air yang dihapus

Unfoldsociety (bicara) 27 Agustus 2016 08.52 (UTC)

Tech News: 2016-35

29 Agustus 2016 15.59 (UTC)

Field gambar di infobox kecamatan yang tidak muncul

Banyuwangi
Kecamatan
Locator Kecamatan Banyuwangi ing Kabupaten Banyuwangi.png
Peta lokasi Kecamatan BanyuwangiKcmtBwi.jpg
Searah jarum jam : Menara suar Pantai Boom, Kerajinan Bata Sumberrejo, Kantor Camat, Patung Kuda Tirta Wangi, Skyline perkotaan Banyuwangi, Masjid Agung Baiturahman, Taman Sritanjung
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Pemerintahan
 • Camat Abdul Azis Hamidi
Luas 31.96 km²
Jumlah penduduk 103.740
Kepadatan 3245 jiwa/km²
Desa/kelurahan 18 kelurahan

Pada infobox kecamatan terdapat field gambar yang biasanya digunakan untuk menampilkan gambar yang berhubungan dengan artikel kecamatan tersebut (seperti gambar potensi alam, atau gambar kantor kecamatan), seperti pada sumber yang ditampilkan di bawah ini.

{{kecamatan|nama=Banyuwangi
|peta        =[[Berkas:Locator Kecamatan Banyuwangi ing Kabupaten Banyuwangi.png|200px]]
|dati2       =Kabupaten
|nama dati2  =Banyuwangi
|gambar      =[[Berkas:KcmtBwi.jpg|220px]]{{br}}<small>Searah jarum jam : Menara suar [[Pantai Boom Banyuwangi|Pantai Boom]], Kerajinan Bata [[Sumber Rejo, Banyuwangi, Banyuwangi|Sumberrejo]], Kantor Camat, Patung Kuda Tirta Wangi, Skyline perkotaan Banyuwangi, Masjid Agung Baiturahman, Taman Sritanjung</small>
|luas        =31.96 km²
|penduduk    =103.740
|kelurahan   =18 kelurahan
|nama camat  =Abdul Azis Hamidi
|kepadatan   =3245 jiwa/km²
|provinsi    =Jawa Timur
}}

Namun sumber ini tidak lagi memunculkan gambar seperti biasanya (bisa lihat contoh di samping), padahal cukup banyak artikel kecamatan yang memiliki gambar. Mohon penjelasan dan alasan sehingga field gambar ini dihilangkan/tidak bisa digunakan, terima kasih.


aryphrase 30 Agustus 2016 06.31 (UTC)


Banyuwangi
Kecamatan
Locator Kecamatan Banyuwangi ing Kabupaten Banyuwangi.png
Peta lokasi Kecamatan BanyuwangiKcmtBwi.jpg
Searah jarum jam : Menara suar Pantai Boom, Kerajinan Bata Sumberrejo, Kantor Camat, Patung Kuda Tirta Wangi, Skyline perkotaan Banyuwangi, Masjid Agung Baiturahman, Taman Sritanjung
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Banyuwangi
Pemerintahan
 • Camat Abdul Azis Hamidi
Luas 31.96 km²
Jumlah penduduk 103.740
Kepadatan 3245 jiwa/km²
Desa/kelurahan 18 kelurahan
Mas @Aryphrase: Hal tersebut terjadi karena kesalahan di kode sumber untuk Templat:Kecamatan. Field gambar tidak memunculkan gambar karena dalam halaman dokumentasi templat tersebut, terjadi misinterpretasi. Dalam halaman dokumentasinya, parameter pada templat untuk memunculkan gambar adalah | gambar = ... . Tapi, pada saat akan digunakan di sebuah artikel, field tersebut malah tidak memunculkan gambar.
Setelah saya melihat kode sumber untuk Templat:Kecamatan, saya kemudian menemukan tiga field di dalam parameter image/gambar. Field peta untuk menampilkan peta, field foto untuk menampilkan gambar, dan field keterangan untuk menampilkan caption. Kira-kira seperti di bawah ini:
|image = {{#if:{{{peta|}}}|{{{peta}}}<br /><small>Peta lokasi {{#ifeq:{{LC:{{{provinsi}}}}}|papua|Distrik|{{#ifeq:{{LC:{{{provinsi}}}}}|papua barat|Distrik|{{#ifeq:{{LC:{{{provinsi}}}}}|irian jaya barat|Distrik|Kecamatan}}}}}} {{{nama}}}</small>|}}{{#if:{{{foto|}}}|{{{foto}}}{{#if:{{{keterangan|}}}|<br /><small>{{{keterangan}}}|}}|}}
Field gambar tidak dapat memunculkan gambar dikarenakan parameter untuk memanggil field tersebut berbeda dengan di halaman dokumentasi. Ceritanya lain jika kode di atas diubah menjadi seperti ini:
|image = {{#if:{{{peta|}}}|{{{peta}}}<br /><small>Peta lokasi {{#ifeq:{{LC:{{{provinsi}}}}}|papua|Distrik|{{#ifeq:{{LC:{{{provinsi}}}}}|papua barat|Distrik|{{#ifeq:{{LC:{{{provinsi}}}}}|irian jaya barat|Distrik|Kecamatan}}}}}} {{{nama}}}</small>|}}{{#if:{{{gambar|}}}|{{{gambar}}}{{#if:{{{caption|}}}|<br /><small>{{{caption}}}|}}|}}
Gambar akan muncul jika field foto diganti menjadi gambar. Hanya saja, templat tersebut sedang dilindungi sehingga tidak dapat disunting oleh pengguna biasa seperti saya ^^. Untuk mengantisipasi disfungsi dari field gambar, mas bisa mencoba untuk menggunakan field | foto = ... untuk memunculkan gambar, sehingga kira-kira hasilnya seperti di samping ini:
Salam. Bagas Chrisara (bicara) 1 September 2016 19.34 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-4 dan ke-5 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 30 Agustus 2016 14.15 (UTC)

Cara memasukkan foto di halaman wikipedia bagaimana?

Halo teman-teman semua...

Saya anggota baru di Wikipedia, jadi mohon pencerahannya agar bisa memasukkan foto di halaman yang kita buat. Terima kasih.

Disini: Istimewa:Pengunggahan

Atau disini: commons:Special:UploadWizard

--Erik Fastman (bicara) 2 September 2016 03.27 (UTC)

Tech News: 2016-36

5 September 2016 17.12 (UTC)

Tech News: 2016-37

12 September 2016 18.04 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-5 dan ke-6 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 17 September 2016 15.31 (UTC)

Tech News: 2016-38

19 September 2016 22.09 (UTC)

Tech News: 2016-39

26 September 2016 18.07 (UTC)

Tech News: 2016-40

3 Oktober 2016 21.30 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-6 and ke-7 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 6 Oktober 2016 02.58 (UTC)

Tech News: 2016-41

10 Oktober 2016 20.29 (UTC)

Terjemahan Artikel Bahasa Lain

Halo rekan pengurus dan editor Wikipedia di mana saja berada, sebagai newbie yang minim pengetahuan teknis saya ingin memulai berkontribusi di Wikipedia dengan membuat artikel terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, tapi saya belum tahu bagaimana caranya. Oleh sebab itu mohon bantuannya baik via inbox maupun dengan menjawab langsung pertanyaan ini, terimakasih sebelumnya.

Giri Utandyo (bicara) 11 Oktober 2016 02.14 (UTC)

@Giri Utandyo: Halo, coba Anda dapat menuju ke halaman ini: Istimewa:ContentTranslation. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14 Oktober 2016 13.59 (UTC)
@Kenrick95: OK terimakasih atas bantuannya. Ini artikel pertama yang saya terjemahkan, tapi masih belum tuntas https://id.wikipedia.org/wiki/Leybold_GmbH Giri Utandyo (bicara) 19 Oktober 2016 14.21 (UTC)

artikel-artikel dari Halaman Sembarang

Saya senang membaca artikel-artikel dari Wikipedia bahasa Indonesia. Untuk mendapatkan pengetahuan secara luas, saya menggunakan tombol Halaman Sembarang untuk mendapatkan artikel dari banyak tema. Namun, hasil dari halaman sembarang seringkali menampilkan artikel dari tema yang itu-itu saja, antara lain : spesies kumbang dan lalat (paling sering muncul), desa-desa di indonesia dan nama asteroid. Jika menggunakan halaman sembarang, lebih dari 50% halaman yang ditampilkan dari tema-tema tersebut. Apakah wikipedia Indonesia didominasi oleh artikel dengan tema tersebut? Atau adasebab teknis yang lain? Terima kasih. Ganyong (bicara) 14 Oktober 2016 02.39 (UTC)

@Ganyong: Sayangnya Anda betul. Dahulu kala, terdapat beberapa pengguna yang mejalankan program komputer (bot) untuk merintis artikel-artikel secara otomatis, dan topik-topik artikel ini yaitu: desa-desa dan asteroid-asteroid (karena struktur artikel topik tersebut hampir selalu sama, tinggal ubah sedikit informasi saja). Saya kurang tahu kalau tentang topik spesies. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14 Oktober 2016 13.57 (UTC)

The Wikimedia Developer Summit wants you

The Wikimedia Developer Summit is the annual meeting to push the evolution of MediaWiki and other technologies supporting the Wikimedia movement. The next edition will be held in San Francisco on January 9–11, 2017.

We welcome all Wikimedia technical contributors, third party developers, and users of MediaWiki and the Wikimedia APIs. We specifically want to increase the participation of volunteer developers and other contributors dealing with extensions, apps, tools, bots, gadgets, and templates.

Important deadlines:

  • Monday, October 24: last day to request travel sponsorship. Applying takes less than five minutes.
  • Monday, October 31: last day to propose an activity. Bring the topics you care about!

More information: https://www.mediawiki.org/wiki/Wikimedia_Developer_Summit

Subscribe to weekly updates: https://www.mediawiki.org/wiki/Topic:Td5wfd70vptn8eu4

MKramer (WMF) (talk) 14 Oktober 2016 19.07 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-7 and ke-8 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 15 Oktober 2016 03.22 (UTC)

Editing News #3—2016

15 Oktober 2016 17.49 (UTC)

Tech News: 2016-42

17 Oktober 2016 16.42 (UTC)

Tech News: 2016-43

24 Oktober 2016 17.39 (UTC)

merangkai kode

@Kenrick95: bisa rangkaikan kode untuk menyunting halaman pembicaraan utaman nih '''Pembicaraan halaman [{{fullurl:{{ns:1}}{{FULLPAGENAME}}|action=edit}} sini]'''

Hasil

Pembicaraan halaman sini

Gimana bingung? Halaman pembicaraaan sama halaman namespace nyambung. Tidak ada tanda (:) setelah pembicaraan.
Harusnya Membuat Pembicaraan:Blablabla
Bukannya Membuat PembicaraanBlablabla
Infonya ya bung?

Murbaut Bicara 26 Oktober 2016 04.08 (UTC)

'''Pembicaraan halaman [{{fullurl:{{TALKPAGENAMEE}}|action=edit}} sini]''' 

Pembicaraan halaman sini ·· Kℇℵ℟ℑℭK 26 Oktober 2016 05.28 (UTC)

Trimakasih bung kenrick Murbaut Bicara 27 Oktober 2016 02.08 (UTC)

Penerjemahan kotak info

Saya sedang memulai menerjemahkan artikel dari bahasa inggris. Dalam penerjemahan menggunakan alat penterjemah dari wikipedia, mengapa taxobox/infobox (biasa di sudut kanan atas) tidak ikut dalam penerjemahan? untuk dapat menampilkan infobox di artikel terjemahan, akhirnya saya melakukan edit source di artikel asal (bahasa inggris) untuk mengkopi infobox dan melakukan sunting sumber di artikel terjemahan. Adakah cara yang lebih sederhana untuk menampilkan infobox di artiel hasil terjemahn?

Ganyong (bicara) 28 Oktober 2016 03.28 (UTC)

@Ganyong: Halo, untuk saat ini, tidak dapat menerjemahkan infobox dengan alat penerjemahan. Kata pengembang alat itu, alat ini dipakai agar isi utama artikel dapat dengan mudah diterjemahkan, setelah itu barulah bagian-bagian lainnya (misalnya infobox) ditambahkan dan diterjemahkan secara manual. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 November 2016 03.31 (UTC)

Tech News: 2016-44

31 Oktober 2016 16.18 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-8 dan ke-9 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 1 November 2016 09.40 (UTC)


Bagaimana melihat jumlah bita pada laman pengguna?

Ryushaa Tamtamaa (bicara) 5 November 2016 01.56 (UTC)

Mohon bantuan perlindungan artikel

Artikel Gus Dur sudah beberapa kali divandal dengan kata2 kasar. Apa bisa minta tolong dilindungi permanen dari anon? Atau bagaimana gitu yang agak kuat perlindungannya? Terima kasih. Okkisafire ngobrol yuk 5 November 2016 13.28 (UTC)

Sudah diberikan semi-perlindungan 3 bulan, karena melihat versi terdahulu, hanya beberapa bulan terakhir ini aktivitasnya meningkat. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 5 November 2016 13.39 (UTC)

Tech News: 2016-45

7 November 2016 23.01 (UTC)

Menambahkan Kategori Pada Artikel

Hai semuanya, aku baru di sini dan masih berlummengerti sepenuhnya dengan wikitext. Untuk bagian template infobox sudah bisa dipahami,tapi bagian refrensi list, pranala dan kategori masih belum paham.Bagaimana cara menambahkan kategori dalam suatu artikel? terimakasih sebelumnya.. Icecreamcakezzzzz (bicara) 9 November 2016 00.14 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-9 dan ke-10 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 14 November 2016 13.33 (UTC)

Tech News: 2016-46

14 November 2016 19.17 (UTC)

Tech News: 2016-47

21 November 2016 15.32 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-10 dan ke-11 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 28 November 2016 05.26 (UTC)

Tech News: 2016-48

28 November 2016 21.16 (UTC)

Tech News: 2016-49

5 Desember 2016 18.07 (UTC)

Cara membuat artikel terjemahan dari artikel wikipedia berbahasa Inggris

Halo, Saya ingin bertanya, bagaimana cara membuat artikel terjemahan dari artikel wikipedia berbahasa Inggris? Apakah langkah2nya sama dengan membuat artikel baru, atau ada fitur menerjemahkan dari halaman sunting?

Terima kasih.

Asty.tc (bicara) 7 Desember 2016 07.51 (UTC)

@Asty.tc: Untuk menerjemahkan artikel dari beberapa bahasa, gunakan ini. :) Murbaut (Bicara) 7 Desember 2016 08.23 (UTC)

Tech News: 2016-50

12 Desember 2016 19.29 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-11 dan ke-12 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 13 Desember 2016 14.26 (UTC)

Tech News: 2016-51

19 Desember 2016 20.33 (UTC)



MIKEL S. SARWONO (bicara) 20 Desember 2016 05.59 (UTC)

templat-templat ikonnya diganti

saya ganti ikonnya di semua templat yang kamu balikin soalnya ikonnya bagus. ikonnya itu oxygen dan tango! itu bagus dari nuvola! MIKEL S. SARWONO (bicara) 20 Desember 2016 05.59 (UTC)

Ini bukan masalah ikonnya yang bagus. Perubahan yang berulang kali Anda lakukan itu dapat membebani server setiap kali Anda memencet tombol "Simpan halaman". Gunakan WP:SANDBOX untuk menguji coba perubahan. Mohon kebijaksanaan Anda sebagai pengguna Wikipedia. ··· 👦 Rachmat04 · 💬 20 Desember 2016 06.06 (UTC)
Sependapat dengan Rachmat04. Oh iya, saya akan meninggalkan jejak agar MIKEL S. SARWONO dapat membacanya. Bonaditya (bicara) 20 Desember 2016 06.48 (UTC)

wikipedia logo ganti

mas, saya ganti wikipedia logo di templat:halaman pengguna karena itu logonya lebih baru

Galat

Ada yang bisa mengatasi galat ini: Templat:Table row counter --What a joke (bicara) 23 Desember 2016 06.11 (UTC)

Selesai Selesai --Bagas Chrisara (bicara) 23 Desember 2016 06.53 (UTC)

Templat:Lahirmati

Saya minta bisa nggak agar penggunaan Templat:Lahirmati bisa digunakan dengan hanya mencantumkan tahun atau bulannya saja, dalam kata lain tanpa tanggalnya, seperti halnya saat templat tersebut tidak diberikan keterangan tempat. Soalnya ada beberapa tokoh yang tidak diketahui tanggal pasti kelahiran atau kematiannya tapi hanya diketahui bulan atau tahunnya saja.

Contoh saya tulis: {{lahirmati||||1975||||1998}}

Maka hasilnya eror seperti ini:

lahir Parameter harus diisi 1 — 12 1975; umur Kesalahan ekspresi: Operand tak ditemukan untuk and tahunKesalahan ekspresi: Operator < tak terduga

Sementara bila saya tulis {{lahirmati|||8|1975|||5|1998}}

Maka hasilnya juga eror seperti ini:

lahir Agustus 1975; umur Kesalahan ekspresi: Operand tak ditemukan untuk - tahunKesalahan ekspresi: Operator < tak terduga

Itu saja, terima kasih --Erik Fastman (bicara) 23 Desember 2016 16.39 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-12 dan ke-13 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 28 Desember 2016 04.13 (UTC)

Templat:Reflist

@Kenrick95 and Bonaditya: Tolong update Templat:Reflist dari en:Template:Reflist sepertinya ada masalah lihat Mur&Baut ™ (Bicara) 30 Desember 2016 14.06 (UTC)

Cara menambahkan terjemahan artikel yang belum lengkap tapi sudah dipublish

Saya beberapa kali menemukan artikel terjemahan yang belum lengkap, lalu ingin menambahkan terjemahan sisanya namun bingung krn format yg ada pada "sunting" berbeda. Pertanyaan saya: bagaimana cara menambahkan subjudul dan terjemahan artikel yang belum lengkap tapi sudah di-publish? Krn kalau hanya klik "sunting", tidak muncul format seperti saat pertama menerjemahkan artikel. Terima kasih.

Asty.tc (bicara) 5 Januari 2017 08.46 (UTC)

Sepertinya itu kendala teknis dengan alat penerjemahan. Untuk melanjutkan terjemahakn, solusi yang dapat saya pikirkan: tetap gunakan alat penerjemahan, tulis bahwa halaman tujuan adalah sebuah subhalaman pengguna Anda (buat semacam bak pasir pribadi), terus setelah selesai menerjemahkan, sunting sumber di halaman bak pasir tersebut dan salin-tempel bagian yang sesuai ke halaman yang dimaksud. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 6 Januari 2017 07.20 (UTC)

Keabsahan foto dan perihal hak cipta

Monumen situs.jpg
Peninggalan kerajaan salakanagara.jpg

Mohon konfirmasi @Rois heldan argayudha: mengenai kedua foto di samping, juga perhatian Pengurus/ Editor Wikipedia. Kedua berkas tersebut sudah diupload di Wiki Commons, Rois juga mengupload beberapa gambar yang lain yang bersumber dari blogspot. Untuk kedua gambar di samping, apa memang benar penginggalan Salakanagara? Saya kok tidak melihat ada keterangan resmi mengenai cagar budaya dan juga tidak melihat ada yang spesial kecuali bahwa bangunan tersebut adalah bangunan modern. Di samping itu, apakah Rois juga sudah memperoleh persetujuan/ penyerahan hak cipta dari blogger yang bersangkutan bahwa mereka memang memperbolehkan foto2 mereka utuk diupload di wikipedia? Terima kasih atas perhatiannya Okkisafire ngobrol yuk 6 Januari 2017 04.04 (UTC)

Langsung saja kasih tag {{copyvio}} di halaman berkas di Commons, permasalahan lisensi berkas cukup kuat sebagai alasan penghapusan. (kalau di halaman yang dirujuk sebagai sumber tidak menyatakan sebagai berlisensi bebas, berarti tidak berlisensi bebas) Mengenai isi gambar itu, seperinya objek situs peninggalan itu adalah sesuatu yang dikelilingi pagar & atap kecil itu (bukan bangunan modern di belakangnya). ·· Kℇℵ℟ℑℭK 6 Januari 2017 07.17 (UTC)

Tech News: 2017-02

9 Januari 2017 19.12 (UTC)

Templat:Convert

Pada templat ini: Templat:Convert

Ada yang bisa tidak mengubah kata "square kilometer" menjadi "kilometer persegi" --Erik Fastman (bicara) 11 Januari 2017 14.33 (UTC)

@Erik Fastman: Kalau tidak salah templat itu memakai Modul:Convert, dan beberapa modul lainya. Saya pernah mencoba menerjemahkan di bak pasir modul, tapi hasilnya galat, sepertinya memang tidak bisa asal diterjemahkan. Yang mahir menggunakan Lua mungkin bisa membantu menerjemahkan, ada halaman manualnya di en:Template:Convert/Transwiki guide/translate --Hidayatsrf (bicara) 20 Februari 2017 05.14 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-13 dan ke-14 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 12 Januari 2017 13.25 (UTC)

Tech News: 2017-03

16 Januari 2017 23.24 (UTC)

Developer Wishlist Survey: propose your ideas

At the Wikimedia Developer Summit, we decided to organize a Developer Wishlist Survey, and here we go:

https://www.mediawiki.org/wiki/Developer_Wishlist

The Wikimedia technical community seeks input from developers for developers, to create a high-profile list of desired improvements. The scope of the survey includes the MediaWiki platform (core software, APIs, developer environment, enablers for extensions, gadgets, templates, bots, dumps), the Wikimedia server infrastructure, the contribution process, and documentation.

The best part: we want to have the results published by Wednesday, February 15. Yes, in a month, to have a higher chance to influence the Wikimedia Foundation annual plan FY 2017-18.

There's no time to lose. Propose your ideas before the end of January, either by pushing existing tasks in Phabricator or by creating new ones. You can find instructions on the wiki page. Questions and feedback are welcome especially on the related Talk page.

The voting phase is expected to start on February 6 (tentative). Watch this space (or even better, the wiki page) - SSethi_(WMF) January 21st, 2017 3:07 AM (UTC)

Tech News: 2017-04

23 Januari 2017 20.14 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-14 dan ke-15 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 27 Januari 2017 04.42 (UTC)

Tech News: 2017-05

30 Januari 2017 18.45 (UTC)

Developer Wishlist Survey: Vote for Proposals

Almost two weeks ago, the Technical Collaboration team invited proposals for the first edition of the Developer Wishlist survey!

We collected around 77 proposals that were marked as suitable for the developer wishlist and met the defined scope and criteria. These proposals fall into the following nine categories: Frontend, Backend, Code Contribution (Process, Guidelines), Extensions, Technical Debt, Developer Environment, Documentation, Tools (Phabricator, Gerrit) and Community Engagement.

Voting phase starts now and will run until February 14th, 23:59 UTC. Click here on a category and show support for the proposals you care for most. Use the 'Vote' and 'Endorse' buttons next to a proposal to do so.

What happens next?
Proposals that will gather most votes will be included in the final results which will be published on Wednesday, February 15th. These proposals will also be considered in the Wikimedia Foundation’s annual plan FY 2017-18 - SSethi_(WMF) (talk) 04:41, 6 February 2017 (UTC)

Tech News: 2017-06

6 Februari 2017 19.45 (UTC)

Pembicaraan Modul:Citation/CS1

Please see Pembicaraan Modul:Citation/CS1. I apologize for posting in English. Jonesey95 (bicara) 11 Februari 2017 02.58 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-15 dan ke-16 tahun 2017)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 13 Februari 2017 14.57 (UTC)

Tech News: 2017-07

13 Februari 2017 18.06 (UTC)

Saran untuk fitur baru WBI

Saya lihat WBI ngasih fitur baru ya yakni ngasih warna pada bagan penyuntingannya (warna jingga buat ttd, warna kuning buat templat, warna biru buat pranala, warna abu-abu buat huruf miring/tebal, CMIIW). Pantas saja kemaren malem pas nyunting jadi lemot padahal ke situs lain enggak (dan rada keganggu juga sih karena pas bikin artikel, saya nggak sadar kalo artikelnya udah ada di WBI, but not serious problem) Saran aja, begimana kalo para pengguna WBI mbok ya dikasih opsi aja mau pake fiturnya apa enggak kayak pas para pengguna dikasih opsi mau make tampilan Beta atau yang lawas, pasalnya saya rasa juga pasti ada pengguna yang masih belum kebiasa dengan fitur ini.Itu aja, terima kasih --Erik Fastman (bicara) 14 Februari 2017 02.59 (UTC)

Maksudnya "Syntax highlighter" ya? Bisa dinonaktifkan di Preferensi tab Perkakas. Saya juga baru nyadar ada fitur baru ini. -Yogwi21 (bicara) 14 Februari 2017 04.58 (UTC)
Oh begitu, terima kasih atas infonya. Sejujurnya saya masih kurang afdol sama fitur semacam itu, walaupun dalam sistem HTML sendiri juga memakai fitur semacam itu --Erik Fastman (bicara) 14 Februari 2017 06.31 (UTC)
Saya yang mengaktifkanya, kalau koneksi internet lelet bisa dinonaktifkan di preferensi > perkakas, maaf belum sempat menulis pemberitahuan di warung kopi, karena saya baru sadar kalau fitur itu secara otomatis diaktifkan untuk semua pengguna. Hidayatsrf (bicara) 14 Februari 2017 06.54 (UTC)
@Erik Fastman: Selesai Selesai sekarang secara default dinonaktifkan. --Hidayatsrf (bicara) 14 Februari 2017 07.01 (UTC)

Oh ya satu lagi, kok di akun ane kok nggak bisa ngelakuin nuklir artikel massal ya dari kemaren, entah cuman akun ane aja apa emang ada masalah teknis. Soalnya ane lebih suka aja pake alat ntu, lebih praktik aja terutama kalo yang bikin artikel-artikel nggak karuannya tuh pengguna yang sama --Erik Fastman (bicara) 14 Februari 2017 07.06 (UTC)

Seharusnya ada di bagian paling atas, di halaman kontribusi pengguna:
Kontribusi pengguna
Untuk Hidayatsrf (bicara | blokir | log pemblokiran | unggahan | log | kontribusi pengguna yang dihapus | pengelolaan hak pengguna | hapus massal | catatan penyalahgunaan)

Atau kalau memang ada masalah teknis yang menyebabkan pranala hapus massal tidak muncul, saya kurang tahu, tetapi tetap bisa menggunakan halaman Istimewa:Nuklir untuk melakukan penghapusan massal. --Hidayatsrf (bicara) 14 Februari 2017 07.39 (UTC)

data sudah disunting, tapi belum ada perubahan

saya menyunting data milik saudara saya. hingga saat ini belum ada perubahan. menurut notif yang saya lihat, harus menunggu persetujuan.

pertanyaannya:

  1. siapa yang menyetujui?
  2. kira kira kapan di setujui data yang sudah di sunting?
  3. bagaimana cara agar data yang sudah di sunting bisa segera di approve?

terima kasih -- Tyo inst (bicara) 17 Februari 2017 23.46 (UTC)

@Tyo inst: Saya tidak menemukan artikel yang Anda sunting dari kontribusi Anda. Apa Anda menyuntingnya menggunakan akun pengguna atau IP lain?. Jika Anda benar menyunting artikel "saudara" Anda, hati-hati dalam melakukannya karena tindakan tersebut termasuk konflik kepentingan.
  1. Yang dapat menyetujui sebuah revisi hanya Pengurus dan Editor.
  2. Lihat jawaban ketiga.
  3. Tergantung, apabila revisi yang Anda lakukan dilengkapi dengan sumber dan referensi tepercaya, maka hal tersebut dapat mempermudah Pengurus/Editor yang sedang bertugas untuk segera memeriksanya. Atau jika Anda hanya melakukan revisi kecil-kecilan seperti kesalahan huruf dan kosmetika, saya pikir bisa diterima dengan sesegera mungkin.
Saya kira itu saja. Salam. -- Bagas Chrisara (bicara) 18 Februari 2017 00.40 (UTC)

SpBot untuk mengarsipkan diskusi dan halaman pembicaraan yang telah selesai

Halo teman-teman komunitas,

Saya ingin mengusulkan untuk mengaktifkan bot "SpBot" di sini. Tujuannya adalah untuk melakukan otomatisasi pengarsipan subbagian pada halaman diskusi di Warung Kopi dan halaman pengguna. Bot ini telah dijalankan di Commons dan mengarsipkan subbagian diskusi yang telah ditandai dengan {{Section resolved|1=~~~~}}. Saya berpikir untuk mengaktifkan bot ini di sini agar halaman Warung Kopi tidak terlalu panjang ke bawah apabila editor lupa mengarsipkan subbagian yang telah selesai didiskusikan.

Saya telah menghubungi operator bot ini dan ia mengatakan bot tersebut bisa dijalankan di Wikipedia ini dengan beberapa persiapan. Apabila komunitas di sini setuju bot ini diaktifkan, maka saya akan mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Para editor lain juga dipersilakan untuk membantu bila ingin. Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 18 Februari 2017 03.41 (UTC)

Setuju. Sekalian mau tanya mas Rachmat04, bagaimana dengan para pengguna yang halaman user-talk-nya memang telah diatur sedemikian rupa agar pesan baru langsung masuk ke arsip pribadi mereka? Contohnya, halaman pembicaraan saya, pak Igho, dan bung Erik? Apakah fitur ini berlaku untuk semua pengguna atau dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing?[a]) Salam. -- Bagas Chrisara (bicara) 20 Februari 2017 01.15 (UTC)
Sebenarnya bot saya juga sedang diuji coba untuk melakukan pengarsipan otomatis, lihat disini, cara kerjanya sama persis dengan en:User:Lowercase sigmabot III, bedanya dengan SpBot cuma tidak mendukung fungsi section resolved. Jadi bot saya hanya bekerja berdasarkan parameter waktu, tidak perlu menuliskan templat {{section resolved}} supaya bagian itu diarsipkan, misalnya bagian yang tidak disunting lebih dari seminggu/sebulan (bisa diatur) secara otomatis akan diarsipkan tanpa perlu kita tambahkan templat apapun.
NB: bot saya sebenarnya sudah bisa dijalankan tanpa perlu konfigurasi atau templat tambahan, tinggal halaman manualnya saja belum selesai diterjemahkan. --Hidayatsrf (bicara) 20 Februari 2017 01.55 (UTC)
  1. ^ Istilahnya Opt-in atau Opt-out.
@Bagas Chrisara: Untuk halaman pembicaraan pengguna, pengguna sendiri bisa menentukan apakah halaman pembicaraannya ingin diarsipkan otomatis dengan bantuan bot ini atau tidak. Dengan kata lain, pengaturan baku bot ini adalah dia tidak akan mengarsipkan otomatis suatu halaman tanpa ada {{Autoarchive resolved section}} di bagian paling atas suatu halaman. Teknisnya, jika bot ini menemukan templat {{Autoarchive resolved section}} di bagian atas suatu halaman, maka dia akan mengarsipkan otomatis subbagian yang sudah selesai didiskusikan selama periode waktu tertentu. Barangkali, Mas Bagas dapat melihat bagaimana bot itu bekerja di Commons, seperti halaman pembicaraan saya. Terima kasih. ··· 🌸 Rachmat04 · 20 Februari 2017 03.18 (UTC)
@Hidayatsrf: Boleh juga jika bot Mas Hidayat dijalankan untuk melakukan tugas pengarsipan ini. Namun, saya sedikit mempertanyakan apakah jika pengarsipan ini dilakukan menurut jeda penyuntingan selama periode tertentu akan baik-baik saja? Soalnya, mungkin saja ada satu diskusi yang memang sudah lama tidak disunting, namun belum selesai didiskusikannya. Khawatirnya, bot itu langsung mengarsipkannya secara otomatis. Kalau SpBot ini, ia baru akan mengarsipkannya jika diskusi sudah ditandai selesai pakai {{Section resolved}}. ··· 🌸 Rachmat04 · 20 Februari 2017 03.18 (UTC)
@Rachmat04: Menurut Wikipedia:Warung kopi#Pengarsipan "Topik yang sudah tidak dibicarakan selama 30 hari (dari tanggal komentar terakhir) akan diarsipkan ke halaman pembicaraan masing-masing bagian." Saya rasa tak masalah, lagipula nantinya akan ada subbagian yang mungkin kelupaan diberi tag section resolved seperti pesan gambar pilihan atau dari MediaWiki message delivery yang sudah menumpuk. Tetapi jika menurut rekan-rekan SpBot diperlukan, saya kira tak masalah, saya akan mengatur bot saya bekerja pada diskusi berusia lebih 30 hari yang luput dari pemberian tag {{section resolved}} (jika pengaturan pemberian templat bot saya bisa diubah kebagian bawah templat SpBot). Intinya saya mendukung jika bot ini dijalankan di WBI dan saya siap membantu penerjemahan konfigurasi SpBot jika diperlukan. Mungkin SpBot ini nantinya bisa dijalankan juga di halaman permohonan status editor. Hidayatsrf (bicara) 20 Februari 2017 04.35 (UTC)
Sepertinya dua bot untuk melakukan pengarsipan lumayan berguna juga. Saya akan mempersiapkan hal-hal teknis untuk menjalankan SpBot. Dan Mas Hidayatsrf bisa mempersiapkan botnya juga. Berarti sepakat ya SpBot ini dijalankan? ··· 🌸 Rachmat04 · 21 Februari 2017 12.43 (UTC)
Sepakat. Tidak ada masalah. -- Bagas Chrisara (bicara) 21 Februari 2017 13.20 (UTC)

perihal suntingan

Terima kasih Pak Bagas atas jawabannya. sangat membantu sekali. saya ada pertanyaan lain lagi pak. perihal jawaban bapak.

  1. Beberapa suntingan sudah ada tapi masih dalam daftar tunggu dan bagaimana cara nya agar suntingan tersebut dapat dilihat oleh Pak Bagas ?
  2. saya menyunting menggunakan akun pengguna karena penyuntingan ini berdasarkan permintaan dari si pengguna
  3. bagaimana cara melengkapi dengan "sumber & referensi" terpercaya ?

terima kasih Pak Bagas atas jawabannya. selamat pagi. -- Tyo inst (bicara) 19 Februari 2017 03.32 (UTC)

Jawaban telah saya berikan di halaman pembicaraan saya. Salam. -- Bagas Chrisara (bicara) 19 Februari 2017 10.23 (UTC)

Tech News: 2017-08

20 Februari 2017 19.25 (UTC)


Bahasa

Pemenggalan

Menurut PUEBI (bukan EYD), kalau kata "Citra" dipenggal menurut suku katanya, dengan menggunakan spasi (misalnya "kata" menjadi "ka ta")? Masih agak bingung sedikit. 202.62.17.178 24 September 2016 13.48 (UTC)

Adakah terjemahan yang cocok untuk kata sambung "Co-..." ?

Saya mau tanya, kalo kata sambung "Co-..." macam pada kata Co Pilot dan Co-Pangeran Andorra apakah perlu dipertahankan saja dari penulisannya dari en.wiki ? Dijadikan "Ko-..." (C diganti K) ? Atau ada terjemahan lain yang cocok untuk dijadikan padanan ? Misalnya "Wakil" (jadinya "Wakil Pilot") ? atau "...Bersama" (jadinya Pangeran Bersama Andorra) gitu ? --Erik Fastman (bicara) 27 September 2016 15.17 (UTC)

Kopilot, per KBBI. "co-" itu kalau diserap, jadinya "ko-", tapi aneh juga sih kalau co-prince, jadi "Ko-Pangeran". ·· Kℇℵ℟ℑℭK 27 September 2016 15.55 (UTC)
Copilot dan Co-prince of Andorra agak beda artinya, karena copilot itu semacam wakil pilot, sedangkan co-prince itu ada 2 orang yang kedudukannya sama (jadi bukan "Wakil Pangeran"). Menurut saya co-prince diterjemahkan jadi Pangeran aja, biar tidak usah bingung. Misal, "Selain Presiden Perancis, Francois Hollande juga menjabat sebagai Pangeran Andorra" tidak keliatan salah. Sama juga dengan cofounder, "Jimmy Wales adalah seorang pendiri Wikipedia", atau "Sergey Brin adalah seorang pengusaha Amerika Serikat yang menjadi pendiri Google" menurut saya tidak salah dan masih akurat juga. HaEr48 (bicara) 28 September 2016 01.10 (UTC)
Co-prince dan co-founder lebih mirip. Karena belum ada istilah padanannya, usul HaEr48 bisa jadi solusi. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin omong 14 November 2016 - 13:01 WIB
Nimbrung ya. Mencoba membuka padanannya, walaupun tidak bisa langsung dieksekusi.
Dalam bahasa Minang ada istilah konco. Teman/partner yang seiring dan gak bisa terpisahkan. Nah saya pengen menawarkan kata "konco-" untuk padanan "co-", tidak panjang dan ada kemiripannya. Konco-sutradara, konco-pendiri, konco-pilot... Senang bisa mengusulkan, salam. Rahmatdenas (bicara) 15 November 2016 10.55 (UTC)

Isidor Isaac Rabi

Bagi yang ahli dalam bidang fisika atau kimia, tolong dibetulkan yang bila ada kata-kata yang salah dalam artikel Isidor Isaac Rabi --Erik Fastman (bicara) 7 Oktober 2016 05.21 (UTC)

Edit-a-thon

Sebaiknya edit-a-thon dipadankan jadi apa ya? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 30 Oktober 2016 11.50 (UTC)

Bagaimana jika Sunting maraton? tidak terdengar janggal. ibensis (What’s the Story?) 31 Oktober 2016 08.40 (UTC)
Tapi jika demikian, "sunting" bukanlah nomina dan karena itu, per Hukum D-M, tidak dapat diterangkan oleh "maraton". "Maraton penyuntingan" bisa diambil namun memiliki suku kata yang cukup banyak dan tidak terdengar menarik. Kalau dibiarkan saja "edit-a-thon", takutnya orang tidak dapat mengucapkan dengan baik dan/atau mengerti arti istilah itu. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 November 2016 03.29 (UTC)

Edit-a-thon dalam konteks menyunting wiki, saya rasa "maraton wiki" dapat dipahami. Kita telah juga telah beberapa kali mengadakan Maraton (Wikipedia). Bagaimana? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 November 2016 05.17 (UTC)

Begitu ya. Soalnya saya fokus agar tetap terdengar catchy dan sesuai kata asalnya yang merupakan portmanteau. Maraton wiki boleh juga. ibensis (What’s the Story?) 1 November 2016 07.36 (UTC)
Sunting gegas? Muhraz (bicara) 3 November 2016 22.21 (UTC)

Masalahnya bakal sama dengan Sunting maraton, mas Muhraz. Juga a-thon-nya merujuk pada suntingan yang panjang bukannya cepat. ibensis (What’s the Story?) 5 November 2016 14.11 (UTC)

@Kenrick95:, Mas @Wirjadisastra:, sering pakai besut untuk padanan sunting di Wikipedia Jawa, coba Besut-a-ton :p. --Beeyan (bicara) 29 November 2016 08.07 (UTC)

Wanita kanselir atau kanselir wanita?

Di Halaman Utama bagian peristiwa terkini 22 November, salah satu poin tertulis "2005 - Angela Merkel menjadi kanselir wanita pertama Jerman". Terus terang, jika mengacu kepada hukum DM dalam bahasa Indonesia, saya agak terganggu, sebab maknanya menjadi rusak. Mari kita telisik lebih lanjut:

  • penulis wanita: penulis (apa pun jenis kelaminnya) yang banyak menulis tentang dunia kewanitaan.
  • wanita penulis: wanita yang menekuni profesi sebagai penulis
  • wanita pengusaha: wanita yang menekuni profesi sebagai pengusaha
  • pengusaha wanita: orang (apa pun jenis kelaminnya) yang memperjualbelikan wanita sebagai usahanya

Jadi, mari kita kembali ke kaidah bahasa Indonesia. Salam hangat, salam Wikipedia! Igho (bicara) -  22 November 2016 jam 14:27 WIB

Menurut saya, ini tidak bertentangan dengan Hukum D-M sama sekali, wanita di sini menerangkan jenis kelamin dari kanselir tersebut. Kalau dalam bahasa Inggris akan ditulis (secara MD) sebagai "female chancellor". Contoh lain: "Henk Ngantung adalah gubernur non-Muslim pertama di Jakarta" (bukan non-Muslim gubernur), "Barack Obama menjadi presiden berkulit hitam pertama Amerika Serikat. Namun kalau mau diubah biar tidak ambigu, misal "Angela Merkel menjadi wanita pertama yang terpilih sebagai kanselir Jerman", saya kira juga tidak apa-apa. HaEr48 (bicara) 22 November 2016 19.50 (UTC)
Ya, langkah antisipatif paling tepat adalah menghindari ambigu. Sebab kanselir wanita tetap memiliki makna: kanselir yang bertugas mengurusi masalah wanita. Sedangkan wanita kanselir adalah wanita yang menjabat sebagai kanselir. Igho (bicara) 22 November 2016 21.35 (UTC)

Unsur kimia

Mengikuti pola penerjemahan yang sudah ada, saya menerjemahkan empat unsur kimia yang namanya baru-baru ini diresmikan oleh IUPAC menjadi nihonium, moskovium (moscovium), tenesin (tennessine), dan oganeson (oganesson). Ini terjemahan sepihak sih. Terima kasih. — FarrasLa Poste 3 Desember 2016 18.53 (UTC)

Apa huruf ganda dipertahankan saja? Jadi "tennessin" dan "oganesson". Karena asal katanya dari nama daerah (Tennessee) dan nama orang (en:Yuri Oganessian), yang biasanya ejaannya tidak diubah, rasanya aneh kalau ejaannya diubah sepihak seperti itu. HaEr48 (bicara) 3 Desember 2016 22.33 (UTC)
Terima kasih Farras. Tidak, karena telah menjadi nama unsur, ini bukan lagi nama tempat/orang, jadi penulisan nama unsur pun tidak perlu dikapitalisasi huruf pertamanya (misalnya "oksigen" alih-alih "Oksigen"). Lagi pula, "palladium" --> "paladium"; "tellurium" --> "telurium". ·· Kℇℵ℟ℑℭK 4 Desember 2016 03.23 (UTC)

Wiki Bahasa Batak Toba

Dear Team Wikipedia Indonesia, Seperti Judul, Saya berniat dan ingin mengembangkan wiki versi bahasa batak toba, (layaknya Bhs Aceh, Jawa, Sunda dll) Untuk artikelnya sudah siap upload sekitar 54 Artikel. namun untuk prosesnya saya kurang paham, (Proses buat halaman baru dan simpan dimana)

Mohon advice,

Rgds, onald 19 Desember 2016 07.01 (UTC)

Silahkan lakukan disini: https://incubator.wikimedia.org/wiki/Wp/bbc/Main_Page --Erik Fastman (bicara) 20 Desember 2016 02.27 (UTC)

Sharpshooter dan marksman

Ada artikel berjudul Penembak Jitu (dengan "j" kapital) yang diterjemahkan dari artikel bahasa Inggris, sharpshooter. Padahal ada artikel yang judulnya serupa Penembak jitu (dengan "j" kecil) yang artikelnya terhubung dengan artikel bahasa Inggris marksman. Adakah perbedaan antara isi dua artikel ini yang mengharuskan ditulis ke dalam dua artikel berbeda? ··· 👦 Rachmat04 · 💬 22 Desember 2016 08.54 (UTC)

sesuai info yg saya dapat dari artikel marksman ini : "In popular and historical usage, " sharpshooter " and "marksman" are considered synonyms. Within the shooting sports and military usages today, however, sharpshooter and marksman refer to distinctly different levels of skill, which are never conflated. Specifically, in the US Army, "marksman" is a rating below "sharpshooter" and "expert".". Jadi sebenarnya, di kalangan umum, marksman dan sharpshooter itu sinonim, namun untuk di kalangan militer AS, kedua kata ini menunjukkan tingkat kemampuan yang berbeda, jadi ada baiknya kedua artikel tersebut tetap dipertahankan, namun saya tidak punya ide soal gimana cara membedakan judulnya. Semoga membantu :D ardhan (bicara) 31 Desember 2016 04.38 (UTC)
Oke, keputusan saya, kedua artikel itu saya ganti judulnya pake judul bahasa Inggrisnya & laman penembak jitu saya jadikan halaman disambiguasi --Erik Fastman (bicara) 8 Februari 2017 15.05 (UTC)

Israeli settlements

Portal:Peristiwa terkini

Bukannya settlement artinya 'pemukiman'? 'Pendudukan' setahu saya occupation. Sersan Mayor Kururu (bicara) 28 Desember 2016 03.42 (UTC)

  • Pemukiman: upaya memukimkan (pemukiman warga ex-Bantar Gebang ke Bantar Bolang mengalami kendala karena cuaca buruk)
  • Permukiman: semua hal mengenai mukim, kawasan yang dihuni penduduk (banjir langsung masuk ke permukiman, tak lama setelah bendungan jebol)

——igho (bicara) 10 Januari 2017 - 21:28 WIB

Empress, Duchess, & County

Saya mau nanya, sebenernya apa sih terjemahan yang cocok untuk kata "Empress" (sebutan untuk Kaisar/Emperor tapi yang berjenis kelamin perempuan), apakah itu:

Selain itu juga, bagaimana dengan gelar "Duchess" (sebutan untuk Duke (biasanya saya lihat diterjemahkan menjadi "Adipati" dalam bahasa Indonesia) tapi berjenis kelamin perempuan, CMIIW), apakah itu:

Selain itu juga, saya seringkali menerjemahkan "County" menjadi "Kabupaten", pasalnya dari yang saya lihat, wilayah "County" berada di bawah Provinsi (meskipun biasanya Kabupaten di Indonesia diterjemahkan menjadi "Regency"). Kalau begitu, bisakah kalo kata "Count" (kepala dari sebuah County) diterjemahkan menjadi "Bupati" (kepala Kabupaten) dan Countess (sebutan untuk Count tapi yang berjenis kelamin perempuan) diterjemahkan menjadi "Istri Bupati/Bupati Wanita" --Erik Fastman (bicara) 8 Januari 2017 07.34 (UTC)

Mengenai county

Sepertinya saya ingat pernah ada diskusi tentang county dan sempat cukup hangat. Menurut saya ini istilah yang tidak dapat diterjemahkan dan biarkan saja tetap "county" dan tidak dapat setara dengan "kabupaten" karena tidak konsisten per negara (di RRT, "county" itu dati ke-3; di Amerika Serikat, "county" itu dati ke-2). Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 9 Januari 2017 10.33 (UTC)

Mengenai "Kaisarina"
Jujur saja, neologisme ini sudah parah. Entah dari manakah sumbernya. Speechless saya saat tahu bahwa neologisme itu mampu bertahan di Wikipedia ini selama bertahun-tahun. -- Adiputra बिचर -- 10 Januari 2017 14.00 (UTC)

Paviliun → Bangsal

Ada yang bisa mengubah seluruh kata Paviliun menjadi Bangsal nggak di WBI, kek pas dulu si Benny ngubah-ngubah kata Cina jadi Tiongkok/Tionghoa, pake bot sekalian gitu. Karena saya lihat di artikel en:Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, kata paviliun dipadankan dengan kata bangsal. Biar nggak terlalu neoglotisme gitu --Erik Fastman (bicara) 12 Januari 2017 13.36 (UTC)

paviliun itu sudah ada di KBBI kok. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12 Januari 2017 13.43 (UTC)

Memorabilia dan Cendera mata

Kemarin, saya merintis artikel bertopik bahasa berjudul Memorabilia. Setelah selesai, saya mencoba meng-interwiki-kan ke dalam bahasa lain, namun ternyata sudah ada artikel sejenis yang terbubung, yaitu Cendera mata. Di artikel bahasa Inggris pun, en:Memorabilia sendiri ternyata juga sudah dipindahkan ke en:Souvenir. Namun dari isinya, saya melihat perbedaan pengertian antara memorabilia dengan cendera mata, di mana menurut saya, memorabilia bukan sekadar cendera mata. Lantaran itulah, sampai sekarang saya belum memindahkan artikel Memorabilia ke Cendera mata. Barangkali artikel saya kurang pas, mohon kawan-kawan, yang berkenan, dapat membandingkan antara keduanya, dan memberikan komentar di sini. Demikian yang saya sampaikan. Atas perhatian dan kesediaan kawan-kawan, saya sampaikan terima kasih. Salam hangat dari saya. gigho (bicara) 22 Januari 2017 - 01.43 WIB

Jika berkenan, dengan hormat dan sedikit menghiba-hiba saya mengundang beberapa pengurus untuk berkomentar di sini @Bonaditya: @Farras: @Kenrick95: @Hidayatsrf: @Arifin.wijaya: @JohnThorne: @Erik Fastman: @Murbaut: @Johnstad Di Maria: @Meursault2004: @RaymondSutanto:. Jika tidak ada tanggapan, postingan saya ini akan segera saya arsipkan. Terima kasih. Salam gigho (bicara) 3 Februari 2017 - 01.57 WIB
Menurut definisi KBBI kedua istilah itu berbeda, jadi dapat tetap berupa dua artikel yang terpisah. Mengenai pranala ke artikel bahasa Inggris, tidak jarang ada dua artikel bahasa lain yang hanya menjadi satu artikel dalam bahasa Inggris, sehingga dapat diberi interwiki secara manual. Demikian saran saya. JohnThorne (Bicara) 2 Februari 2017 21.25 (UTC)
Terima kasih atas jawaban Anda, Mas John. Salam gigho (bicara) 8 Februari 2017 - 21.46 WIB

Jenis kelamin

Akhir-akhir ini saya sedang melengkapi artikel pemeran Hollywood, tetapi ada satu hal yang mengganggu, yaitu penerjemahan profesi sesuai jenis kelamin. Wikipedia bahasa Inggris membagi actor menjadi dua jenis kelamin, male actor dan actress, jadi actor itu kategori induk yang netral. Contohnya, en:Category:American film actors terbagi menjadi en:Category:American male film actors untuk laki-laki dan en:Category:American film actresses untuk perempuan.

Bagaimana sebaiknya kita menerjemahkan Actor (male actor/actress)?

  • Pemeran (pemeran laki-laki/pemeran perempuan)
  • Pemeran (pemeran pria/pemeran wanita)
  • Pemeran (aktor/aktris) — "aktor" di sini penanda jenis kelamin. Orang Indonesia biasanya langsung terpikir laki-laki apabila mendengar kata "aktor".

Soal jenis kelamin ini penting karena bisa diterapkan di berbagai kategori profesi lain. Oleh karena itu, kita perlu sekalian menyeragamkan "laki-laki/perempuan" atau "pria/wanita". Apabila sudah pasti, nanti bisa diperbaiki secara massal pakai bot atau AWB. Terima kasih. — FarrasLa Poste 25 Januari 2017 01.56 (UTC)

Melihat pada Festival Film Indonesia dan nomenklatur penghargaannya, saya kira "pemeran pria/wanita" lebih cocok, tepat, dan sesuai. Muhraz (bicara) 25 Januari 2017 02.03 (UTC)
Menurut hemat saya, lebih baik gunakan "pemeran laki-laki/perempuan". Alasannya adalah tidak semua para pemeran adalah sosok dewasa, melainkan usia remaja maupun anak-anak dapat menjadi pemeran jika memang layak. Sebagai bahan pertimbangan; silakan lihat kata wanita, perempuan, pria, dan laki-laki di KBBI. Salam. — Bonaditya (bicara) 25 Januari 2017 02.13 (UTC)
Saya pikir sebaiknya konvensi perfilman yang telah jamak dipakai di Indonesia, dan telah umum pada masyarakat awam, tak ada salahnya diikuti. Muhraz (bicara) 25 Januari 2017 02.16 (UTC)
Pemikiran saya bahwa membiarkan yang kurang tepat adalah kurang baik, jadi harus diubah demi kemaslahatan kita bersama. Hayah Bonaditya (bicara) 25 Januari 2017 02.20 (UTC)
Sistem penamaan FFI itu menarik, yha. Akan tetapi, poin 1 sepertinya lebih sesuai atas alasan kenetralan bahasa dan kecocokan penerjemahan (male child actor tidak cocok diterjemahkan menjadi "pemeran cilik pria"; dewasa sekali :P). Ini untuk penamaan kategori artikel saja, bukan kategori penghargaan. — FarrasLa Poste 25 Januari 2017 06.55 (UTC)

Opsi "pemeran laki-laki/perempuan" atau "pemeran pria/wanita" menurut saya boleh saja dipakai. (bercanda dimulai) Kalau bingung, pakai saja simbol/emoji: "pemeran ♂️/♀️" (bercanda selesai). Secara arti, "pemeran aktor/aktris" itu tidak masuk akal toh kalau dikembangkan, arti dari frasa "pemeran aktor" itu "pemeran pemeran" (jadinya aneh). Sekian pendapat saya. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 25 Januari 2017 05.51 (UTC)

Saya klarifikasi dulu. Sepertinya saya salah menggambar "silsilah". :P Maksud poin ketiga itu kategori induk yang netral Kategori:Pemeran film Zimbabwe terbagi menjadi dua, Kategori:Aktor film Zimbabwe (laki-laki) dan Kategori:Aktris film Zimbabwe (perempuan). "Pemeran" itu jadi blanket term untuk kedua jenis kelamin, tetapi berpotensi membingungkan.
Komunitas Wikipedia bahasa Inggris pernah memperdebatkan soal ini. Kata mereka, "actor" itu dengan sendirinya sudah netral, jadi perlu dibuat kategori terpisah untuk laki-laki, "male actor". Aneh memang, tetapi konsensusnya demikian di sana. — FarrasLa Poste 25 Januari 2017 06.55 (UTC)
Dalam KBBI sudah jelas diakui kata-kata "aktor" dan "aktris" masing-masing untuk pemeran laki-laki dan perempuan. Kita ikuti istilah-istilah itu saja. Jika menerjemahkan kata Inggris "actor" dalam arti netral, maka gunakanlah kata Indonesia "pemeran". Demikian saran saya. JohnThorne (Bicara) 2 Februari 2017 22.52 (UTC)

Templat Tahukah Anda yang terlindung

Gak tahu sih apa bener apa nggak minta di bagian sini. Tapi Templat:Tahukah Anda/Januari untuk hari ini (25 Januari), link Harpi yang dimaksud itu Elang Harpi (elang beneran di Amerika Selatan, bukan makhluk mitologi seperti di artikel). Artikel b. Inggrisnya ada di en:Harpy eagle. Saya nggak edit karena templatnya dilindungi. Trims. Sersan Mayor Kururu (bicara) 25 Januari 2017 09.36 (UTC)

Selesai Telah disunting, terima kasih koreksinya, untuk mencegah vandalisme, templat-templat yang dipakai di halaman utama memang dikenakan perlindangan beruntun, dan bisa minta bantuan pengurus kalau ingin menyuntingnya, atau tambahkan {{edit protected}} di halaman pembicaraanya.--Hidayatsrf (bicara) 25 Januari 2017 09.56 (UTC)

Transportasi vs. Angkutan

MRT Singapura kini tengah menjadi artikel pilihan yang ditampilkan di Halaman Utama. Di dalamnya terdapat pranala menuju Angkutan rel di Singapura tetapi setelah saya lihat, ternyata artikel tentang subjek yang terkait memiliki judul Transportasi rel seperti Transportasi rel di India, Transportasi rel di Indonesia, dan Transportasi rel di Jepang. Saya ingin menyeragamkan nama artikelnya agar dapat ditampilkan menggunakan {{Topik Asia}}, tapi sebaiknya mana yang harus digunakan, Transportasi atau Angkutan? Trims. Sersan Mayor Kururu (bicara) 8 Februari 2017 14.39 (UTC)

Saya lebih sepakat dengan "transportasi". Salam, Muhraz (bicara) 13 Februari 2017 16.31 (UTC)

Aksi 112 VS Aksi 11 Februari

Saya mau nanya, apakah Aksi Bela Islam VI cocoknya diberi judul Aksi 112 mengingat aksi tersebut populer dengan sebutan itu atau Aksi 11 Februari seperti halnya Aksi 4 November (Aksi 411) sama Aksi 2 Desember (Aksi 212). Sekedar info aja, penyebutan aksi-aksi tersebut dengan sebutan angka semua (411, 212, 112) seingat saya baru dilakukan saat aksi 212, sementara pada masa-masa sebelumnya terutama pada aksi 411, aksinya masih disebut Aksi 4 November.

Apakah penyebutan aksi-aksi tersebut harus kompakan semua (yang satu pake angka semua maka yang lainnya juga pake angka semua, yang satu nyebutin nama bulannya maka yang lainnya juga nyebutin nama bulannya) atau nggak perlu kompakan, aksi yang terjadi pada masa 411 disebut dengan nama panjangnya karena pada masa kontemporer dikenal dengan nama kepanjangannya & baru disebut dengan singkatan pada masa belakangan sementara aksi 212 & 112 disebut dengan sebutan singkatannya karena pada masa kontemporer sudah dikenal dengan sebutan singkatannya.

Sekadar tambahan aja, Malaysia Airlines Penerbangan 370 itu baru populer istilah MH370 itu pada waktu belakangan pada masa pencarian, walaupun sebetulnya penyebutan MH370 sudah ada bahkan sebelum terjadi musibah tersebut tapi tetep aja pada penulisan judulnya di Wikipedia, nama artikelnya memakai nama panjangnya, Malaysia Airlines Penerbangan 370. Meskipun sebetulnya beda konteks, MH370 itu sebutan rute penerbangan yang mengalami musibah, sementara aksi 411, 212, 112 itu aksi sosial) --Erik Fastman (bicara) 12 Februari 2017 06.31 (UTC)

Saya mengusulkan mengganti frasa "aksi damai" hanya dengan kata "aksi" saja untuk gerakan 4 November 2016, sebab kenyataannya aksi tersebut berbuntut ricuh yang disebabkan oleh belum bubarnya pada saat batas waktu demo. gigho (bicara) 14 Februari 2017 - 02.29 WIB
Hhhhmmm... menurut saya boleh juga sih. Tapi menurut saya kasusnya jadi kayak Kekaisaran Romawi Suci, namanya sih boleh pake kata "suci" tapi ya bukan berarti bersih dari kesalahan --Erik Fastman (bicara) 14 Februari 2017 02.53 (UTC)
Ya, begitu juga boleh, asal fakta ricuhnya tetap dipaparkan. Salam gigho (bicara) 14 Februari 2017 - 12.31 WIB
Saya malah berpikir bahwa masukkan saja isi artikel itu ke Aksi Bela Islam karena aksi terakhir ini dampaknya kurang luas dibandingkan aksi ke-2 dan ke-3. Kalau tidak dilakukan demikian, saya berpikir bahwa aksi-aksi atau demonstrasi-demonstrasi lainnya (misalnya setiap kali ada demo antikenaikan harga BBM) bisa jadi memiliki artikel sendiri atas dasar dipertahankannya artikel "aksi 112". Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14 Februari 2017 05.58 (UTC)
Artikel tentang demo boleh kok dimasukkin Wikipedia, contohnya nih yang di luar negeri: 8N sama 18A --Erik Fastman (bicara) 14 Februari 2017 06.32 (UTC)
Iya, maksud saya adalah untuk yang dampak demonya tidak besar, seperti "aksi 112" ini, digabungkan saja ke artikel utamanya. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 14 Februari 2017 13.13 (UTC)

Liga Utama Inggris

Permisi. Saya mau bertanya untuk judul artikel liga sepak bola Inggris (Premier League) dalam bahasa Indonesia menjadi Liga Utama Inggris 2016–17 atau Liga Primer Inggris 2016–17. Terima kasih. Yogwi21 (bicara) 15 Februari 2017 04.35 (UTC)

Resor atau Resort?

Singkat saja, saya sedang "berjalan-jalan" dan menemukan artikel tentang Kepolisian Resort/Resor (Kepolisian Resort Magelang Kota; Kepolisian Resort Cirebon; Kepolisian Resort Sorong). Di KBBI daring, yang ada hanyalah resor. Artikel terkait Polres di WBI pun bertitel Kepolisian resor. Saya berniat memindahkan artikel-artikel tsb per KBBI, tetapi sepertinya ada neologisme yang mengakar kuat tentang pemakaian kata "resort" di WBI, contohnya semua artikel dengan prefiks Komando resort militer (semuanya menggunakan "resort" dibandingkan "resor"). Bagaimana pendapat komunitas? -- Bagas Chrisara (bicara) 15 Februari 2017 08.27 (UTC)

Disesuaikan dengan PUEBI (KBBI) saja, Mas. Kalau memang yang baku adalah "resor", semua "resort" kita pindahkan ke "resor". Sedangkan artikel pengalihan dengan kata "resort" biarkan saja, untuk mengakomodasikan para pengunjung yang salah ketik "resort" saat pencarian di google atau langsung di Wikipedia. Dengan demikian, belajar dari kesalahan tersebut, ketika digiring menuju artikel yang benar ejaannya, maka pengunjung (atau kita semua) akan terbiasa menggunakan ejaan yang betul. Salam gigho (bicara) 15 Februari 2017 - 17.58 WIB
Saya pun sependapat dengan Mas Igho perihal pemindahan artikel-artikel terkait, dengan membiarkan halaman pengalihan ke judul yang baru. Dalam hal neologisme, penggiringan opini publik dapat dimulai setidaknya dari Wikipedia. Contoh kecilnya tentu saja dengan melaksanakan metode sederhana ini. Salam. -- Bagas Chrisara (bicara) 15 Februari 2017 23.46 (UTC)

Penganiayaan atau penindasan

Mau nanya, kata persecution tuh cocoknya diterjemahin jadi penganiayaan (kek Penganiayaan terhadap orang Kristen) atau penindasan (kek Penindasan terhadap Muslim di Myanmar dan Penindasan terhadap Rohingya di Myanmar 2016–2017). Itu aja, makasih --What a joke (bicara) 17 Februari 2017 02.30 (UTC)

Menurut saya, penindasan itu lebih luas daripada penganiayaan. Jadi penganiayaan (yang secara umum lebih mengerucut kepada hal-hal fisik) merupakan salah satu bentuk penindasan. Nah, untuk artikel yang menggunakan penganiayaan mestinya isinya harus penganiayaan. Sedangkan untuk artikel yang menggunakan judul penindasan, mestinya isinya lebih luas, salah satunya (mungkin) penganiayaan. Namun semua itu juga tergantung bagaimana dialektika yang digunakan dalam memungut dua kata tersebut. Mengingat bahwa bahasa kita itu sangat lentur, ada baiknya kita juga lentur. Salam gigho (bicara) 17 Februari 2017 - 10.12 WIB

Kalo Open Doors Indonesia setau ane lebih suka pake kata "penganiayaan" untuk menerjemahkan kata "persecution", kadang juga pake neoglotisme sendiri "persekusi" (suatu tindakan yang katanya perlu dihindari menurut M. Adiputra) Padahal setau ane yang dimaksud penganiayaan/persekusi/persecution disana juga mengacu pada pelarangan penginjilan, Bhutan contohnya, kagak pernah ngancurin gereja, menganiaya apalagi membantai umat Kristen tapi tetep dibilang menganiaya hanya karena melarang penginjilan sama sekali dan menyatakan diri sebagai negara Buddhis meskipun tidak pernah melakukan persecution secara fisik (CMIIW)

FYI aja, bagi Open Doors ngelarang penginjilan sama sekali itu masuk kategori "persecution", tapi kalo cuman dibatasin (misalnya Thailand masih ngasih tempat buat penginjilan tapi khusus buat orang Tionghoa dan bukannya orang Thai) ya nggak masuk, "persecution" yang terjadi cuman pada masa lampau (contohnya Pemberontakan Shimabara di Jepang, sentimen orang Perancis & Kristen pada masa PDI di Thailand, dlsb) juga nggak termasuk, karena kalo termasuk, berarti jangankan Jepang dan Thailand, negara-negara Eropa yang sekarang udah jadi mayoritas Kristen saya rasa juga bakalan masuk karena dulu juga sempet terjadi penganiayaan terhadap umat Kristen pada zaman pagan Romawi Kuno (contoh: Penganiayaan Diokletianus) hehehe. Cuman yang aneh lagi sih negara-negara yang udah mayoritas Kristen macem Meksiko dan Kolombia juga termasuk, dilihat dari sumbernya katanya yang melakukan penganiayaan orang-orang sono yang masih pagan.

Satu-satunya negara (selain negara-negara Eropa, Amerika, & Australia) yang bener-bener ngebebasin penginjilan tanpa batasan setau ane sih cuman Korea Selatan karena Kristen udah dianggep anak emas sama pemerintah sono, jadi simbol nasionalisme (beda ama Indonesia yang masih nganggep Kristen terkait dengan penjajahan disamping ada Pahlawan nasional Indonesia yang beragama Kristen dan bahkan bule macem Douwes Dekker, Pierre Tendean dan Albertus Soegijapranata), karena pas penjajahan Jepang, Kristen justru jadi garda terdepan dalam perlawanan terhadap Jepang dibanding Buddhis atau Shamanisme. Mbah buyutnya Kim Jong-un aja pastor lho, cuman kakek (Kim Il-sung), bapak (Kim Jong-il) sama anaknya (KJU) aja yang ndablek & malah bikin negara penganiaya Kristen no. 1 di dunia, disana yang namanya nganut Kristen dianggap kejahatan disamping Korut sendiri malah ngelegalin ganja.

Cuman karena saking sayangnya ama Kristen, orang Buddhis & Katolik Korea malah jadi cemburu & nganggep pemerintah Korsel pengen Kristenin rakyatnya sendiri. Buat ane sih lebih baik masing-masing pihak mah menahan diri karena kalo ntar terjadi Civil War malah Korutnya senang & bahkan menang. Kek pas menjelang jamannya Park Chung-hee, sesama kalangan militernya pengen tikai tapi nggak jadi karena takut malah nyenengin Korut. Korut menang juga menurut saya nggak bakalan nguntungin umat Buddhis deh karena pas Vietnam Utara menang Perang Vietnam, walaupun umat Buddhis disono kebebas dari Krisis Buddha, tapi yang ada justru jumlah umat Buddhis menurun drastis dari sekitar 80% jadi 8%-12%. Maaf kalo malah jadi OOT, maaf juga kalo nggak berkenan bicarain soal agama, hehehe --Erik Fastman (bicara) 17 Februari 2017 05.42 (UTC)

Itulah mengapa kita perlu lentur terhadap bahasa. Saya ingin memberi contoh paradoks tentang suatu definisi. Simbol adalah lambang yang mewakili suatu nilai. Nah kalau dibalik, Lambang adalah simbol yang mewakili suatu nilai. Mengingat suatu definisi tak elok kalau menyebut dua kali kata yang didefinisikan, maka dicarikanlah persamaan, yaitu simbol bersinonim dengan lambang. Mana yang stratanya lebih tinggi, simbol atau lambang? Sama saja, tergantung keperluan pendefinisian. Begitu juga dengan penindasan dan penganiayaan. Dapat saja kita terapkan bahwa penganiayaan bersifat lebih umum dan penindasan merupakan bagian dari penganiayaan. Namun dalam kesempatan lain, dapat saja kita katakan bahwa penindasan lebih bersifat umum, dan penganiayaan merupakan salah satu bentuk penindasan. Namun jika di sini kita akan membangun kesepakatan dikotomi dua kata itu, ya mari kita bersama-sama membangun kata sepakat. gigho (bicara) 19 Februari 2017 - 02.40 WIB

Berita

WikiLatih

Halo semua, Akhir bulan ini rencananya Wikimedia Indonesia akan mengajukan hibah untuk beberapa proyek terkait Wiki, salah satunya WikiLatih. Kami berharap dengan hibah ini, para Wikipediawan di luar Jakarta bisa mengadakan WikiLatih sendiri. Saya, @Rachmat04:, @Bonaditya:, @RaymondSutanto: serta @Wirjadisastra: pernah mengadakan WikiLatih dan berencana membakukan formatnya, sebab kita juga harus melaporkan penggunaan dana ke Yayasan Wikimedia. Jika ada usulan terkait program ini, silakan ya, kami berharap upaya ini bisa menumbuhkembangkan jumlah Wikipedawan/wati.

Laporan kegiatan --Beeyan (bicara) 16 Desember 2016 14.08 (UTC)


Beeyan (bicara) 16 Desember 2016 14.08 (UTC)

Lain-lain

Masalah Pemfitnahan & Pencabutan hak akses

Pengguna:Ign christian telah melakukan vandalisme disertai pelanggaran peraturan-peraturan WP:3RR (membatalkan revisi-revisi yang memperbaiki kualitas artikel) juga berulang kali menyulut perang suntingan serta secara sembarangan melecehkan Wikipediawan lain bahkan menimbulkan fitnah.

  1. Ign christian mempermalukan saya di muka publik melalui perkara fitnah dan tuntutan blokir di Warung Kopi.
  2. Ign christian berupaya menghambat kontribusi-kontribusi secara tidak teliti juga tanpa didasari alasan yang kuat. (artikel masih mentah, masalah paganisme, pembatalan revisi secara terburu-buru).
  3. Ign christian mempergunakan hak akses pembalik revisi secara ngawur hingga seenaknya menuduh kontribusi membangun sebagai suntingan spekulatif.
  4. Ign christian tidak menjunjung prinsip etika terhadap topik kontroversial.
  5. Ign christian sering menghakimi secara sepihak melalui pernyataan yang menyerang kontribusi Wikipediawan lain. ([130] [131] [132] [133] [134])
  6. Ign christian terlalu egois menindak permasalahan melalui tuntutan blokir dan "sering menggigit" Wikipediawan lain.
  7. Ign christian tidak menerapkan prinsip asumsikan niat baik, sebab terbukti tidak memajukan kualitas artikel bahkan seenaknya merusak dan menghambat karya orang lain.
  8. Ign christian tetap melakukan penghinaan agresif secara berulang meski telah diperingatkan. (Pembicaraan_Pengguna:MusenInvincible#Suntingan_spekulatif Pembicaraan_Pengguna:MusenInvincible#Arianisme Wikipedia:Warung_Kopi_(Lain-lain)#Pencabutan_status_pengguna_pemeriksa_otomatis)
  9. Ign christian hanya cenderung sembarangan dalam mengomentari maupun membatalkan revisi Wikipediawan lain daripada melakukan perbaikan artikel secara teliti dan konstruktif.
  10. Ign christian tidak pantas mempergunakan hak akses sampai selamanya sebab terbukti telah melecehkan, memvandal, melaporkan bahkan berlaku sembarangan menuntut blokir terhadap akun Wikipediawan lain.

Dengan demikian, Pengguna:Ign christian tidak layak mengemban status editor ataupun rollbacker dan Ign christian lebih baik diblokir selamanya agar mencegah masalah serupa terulang di kemudian hari.

Selain itu, saya juga mempertanyakan kepantasan hak akses pengurus yang telah disalahgunakan oleh Pengguna:Erik Fastman sewaktu menindak akun saya lantaran alasan tak masuk akal yang dibesar-besarkan sehingga seorang pengurus WBI seolah sengaja melanggar sikap kenetralan dan tidak mengerti kebijakan yang berlaku.
"Wajarkah lantaran "menghilangkan beberapa tag bermasalah" lalu seorang Pengurus memblokir akun Wikipediawan selama sebulan?"
Erik Fastman juga cenderung memihak Pengguna:Ign christian ketika menengahi masalah; sebab Erik tidak mematuhi prosedur meninggalkan pesan yang jelas ataupun memberi kesempatan secara semestinya kepada saya untuk membela diri sebelum blokir dilakukan.

Saya percaya terdapat banyak Wikipediawan lain yang menjunjung prinsip berasumsi secara baik serta memberi kontribusi secara koorperatif untuk mengganti "kontributor-kontributor perusak" yang menghambat karya orang lain secara vandal. Hal ini sebagai pelajaran agar tidak ada lagi Wikipediawan dengan hak akses tertentu yang dibiarkan memfitnah ataupun "bertindak keterlaluan" menyerang Wikipediawan lain. Demi kebaikan bersama, Pengguna:Ign christian harus diblokir untuk selamanya agar sikap pelecehan secara pribadi beserta "dampak kekacauan vandalisme" tidak terulang kembali.

Salam. - MusenInvincible (bicara) 9 September 2016 23.57 (UTC)

Sebelumnya saya ingin mengingatkan Anda untuk tidak "melakukan pengerusakan" halaman pengguna, gunakan etika ketika berhadapan dengan pengguna lain meskipun sedang ada permasalahan. Dalam kasus ini saya tidak mau terburu-buru mengambil keputusan, mengingat kedua belah pihak memiliki argumen yang saya rasa sama-sama kuat. Jadi, saya harapkan Ign christian dan MusenInvincible untuk menyelesaikan masalah di sini terlebih dahulu. Selain itu, saya mohon keterangan dari Erik Fastman untuk menjelaskan apa yang telah terjadi.
Kali ini saya mengundang seluruh pengguna Wikipedia untuk memberikan komentar maupun masukan terhadap kasus ini. Ingatlah, diskusi dengan baik dan perhatikanlah etikawiki. Salam. — Bonaditya (bicara) 10 September 2016 00.27 (UTC)
Menurut saya, sebaiknya suntingan yang sifatnya kontroversial sangat perlu disertai rujukan/sumber yang kuat sehingga lebih objektif. Dan saya hanya mengingatkan kepada MusenInvincible agar artikel yang sudah menjadi artikel pilihan jangan terlalu banyak diubah isinya. --Anbu (bicara) 10 September 2016 01.19 (UTC)

Mohon ingat bahwa:

  1. Pemblokiran adalah tindakan preventif untuk mencegah vandalisme, bukan hukuman karena pernah bertindak salah.
  2. Pengurus juga dapat lalai dalam melaksanakan tugasnya, jadi mohon diberitahu jika salah, sehingga dapat mengurusi dengan lebih baik lagi.
  3. Dalam hal beda pendapat, mohon didiskusikan bersama di halaman pembicaraan artikel yang bersangkutan dengan memberikan sumber-sumber yang tepercaya.

Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 September 2016 02.46 (UTC)

Saya tidak ingin memberi komentar spesifik pada satu per satu kasus, tetapi secara umum saya mencatat ada beberapa hal yang perlu kita ingat, bahwa: (1) Jika ada dua (atau lebih) pandangan bahkan yang kontradiktif sekalipun, maka ditulis keduanya dalam satu artikel yang sama (atau dapat dipecah menjadi beberapa artikel jika memenuhi kelayakan) -- jangan memaksakan satu konteks untuk satu topik;

(2) Gunakan referensi secara tepat dan jelas, bila perlu dengan kutipan langsung dari literatur yang digunakan serta hindari penggunaan sumber yang tak pasti (pengguna menyimpulkan, bukan mencatat kesimpulan pihak ketiga) yang menjadi ajang riset tanpa metode ilmiah; (3) Etika tetap harus dipergunakan dalam menangani setiap perbedaan pendapat ataupun masalah lainnya. Silakan melakukan instropeksi atas tindakan masing-masing (Erik, Musen, Ign). Dari pengamatan saya, semua melakukan tindakan-tindakan yang tidak diperlukan dan perlu melakukan perbaikan agar tidak terulang ke depannnya. Selebihnya sependapat dengan Kenrick seperti di atas. Salam. Albertus Aditya (bicara) 10 September 2016 02.54 (UTC)

Dalam kesempatan ini saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak yang merasa dirugikan, khususnya MusenInvincible, karena saya kerap melakukan pembatalan atau pembalikan suntingan secara emosionil. Saya mengakui kesalahan yang saya buat itu dan belajar untuk tidak menyunting dengan cara demikian, sambil mengharapkan agar suntingan-suntingan yang berpotensi mendiskreditkan pihak tertentu seharusnya tercantum secara eksplisit dalam sumber sekunder layak yang disertakan. Atas tindakan-tindakan penyalahgunaan wewenang yang telah saya lakukan, saya siap diberi sanksi oleh pengurus sesuai aturan yang berlaku. Mengenai hal-hal lainnya, saya serahkan kepada penilaian komunitas. Ign christian (bicara) 11 September 2016 10.09 (UTC)
Saya harap Ign christian diblokir selamanya sebab mencemarkan nama baik & melakukan tindakan kriminal berupa fitnah dan pencemaran nama baik. Oleh sebab itu, blokir selamanya adalah solusi terbaik. Kalaupun tidak diblokir maka saya mengharap hak akses Ign christian dicabut sehingga tak bisa mempergunakan hak akses sebagai editor atau rollbacker.

MOHON PENGURUS SEGERA MELAKUKAN PEMBLOKIRAN SELAMANYA. KALAUPUN ADA WIKIPEDIAWAN YANG BERANI UNTUK MELAWAN; MAKA ANDA SEMUA YANG AKAN MENANGGUNG RESIKONYA !

Salam - MusenInvincible (bicara) 17 September 2016 05.42 (UTC)

Saya sepakat untuk mencabut hak rollbacker ybs. tetapi sama sekali tidak menemukan alasan pemblokiran (untuk saat ini). Saya juga mengharapkan agar Musen tetap tenang dan berkata-kata secara etis. Albertus Aditya (bicara) 17 September 2016 06.46 (UTC)
Berdasarkan tindakan MusenInvincible berupa ini; ini; dan ini, maka MusenInvincible diblokir selama 2 minggu. Jika ada pendapat dari pengguna lain, mohon untuk disampaikan. — Bonaditya (bicara) 17 September 2016 15.56 (UTC)
Saya hanya ingin Wikipedia bahasa Indonesia menjadi Wikipedia yang dikelola secara baik serta bebas dari editor yang cenderung memaksakan kehendaknya sendiri. Oleh sebab itu, Ign christian 100 % harus diblokir sebagai "solusi terakhir," karena Ign christian terbukti bersalah sewaktu melakukan pemfitnahan maupun tindakan kriminal lain, sehingga Ign christian semestinya mengetahui etika di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya juga menuntut pengguna Bonaditya supaya bertanggung jawab akibat membela orang bersalah sehingga menyadari kesalahannya sendiri dibanding melakukan pemblokiran akun MusenInvincible secara sepihak.
Saya juga mengharap ada Pengurus Wikipedia bahasa Indonesia yang secepatnya membatalkan blokir akun saya.
Salam. — MusenInvincible (bicara) 18 September 2016 13.45‎ (UTC)
Untuk diketahui, bahwa Ign christian sudah meminta maaf secara terbuka melalui halaman ini dan hal tersebut yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak melakukan tindakan pemblokiran terhadap pengguna tersebut. Meskipun demikian, Ign christian akan dipantau kontribusinya dan untuk tindakan selanjutnya akan didiskusikan lebih jauh dengan pengurus lainnya.
Saya tahu bahwa Anda dengan Ign christian sedang ada masalah, namun tidak berarti Anda harus "beringas" ketika pihak lain sedang memanas. Jangan lakukan serangan pribadi kepada pengguna lain, walaupun sepanas apapun kondisinya. Saya secara pribadi menilai kedua belah pihak sama-sama melanggar hal ini, namun karena salah satu pihak sudah minta maaf (seperti yang telah saya sebutkan di atas) maka saya tidak akan terlalu mengambil tindakan untuk yang satu pihak ini. Mohon bantuannya untuk pengurus maupun pengguna lain yang ingin berpendapat atau memberikan saran. Salam. — Bonaditya (bicara) 19 September 2016 01.58 (UTC)

Infobox Actor Awards Tidak Muncul di Wikipedia Bahasa Indonesia

Halo semua, saya ingin menanyakan tentang templat infobox actor awards seperti di Daftar nominasi dan penghargaan yang diterima oleh Lonceng Cinta yang tidak bisa muncul di wikipedia bahasa Indonesia, saya mengambil dari wikipedia bahasa Inggris. Yang saya herankan kenapa infobox K-pop artis awards bisa muncul di wikipedia bahasa Indonesia seperti di artikel Daftar penghargaan dan nominasi yang diterima oleh Super Junior Puchicatos (bicara) 18 September 2016 00.46 (UTC)

Hal itu terjadi karena templat en:Template:Infobox actor awards belum dibuat di WBI. Jadi templat-templat yang ada di Wikipedia bahasa Inggris harus dibuat dan diterjemahkan lebih dulu agar bisa muncul di artikel, templat anda yg anda sebutkan telah saya terjemahkan (Templat:Infobox penghargaan aktor), anda juga bisa ikut membatu membuat templat atau menterjemahkanya apabila menemui hal serupa, terima kasih.

--Hidayatsrf (bicara) 21 September 2016 06.21 (UTC)

Permintaan pemblokiran

Salam semuanya! Pengguna anonim dengan IP 118.137.10.148 telah sering melakukan tindak pengrusakan artikel dengan menambahkan konten yang sebenarnya sudah ada di artikel maupun yang tidak berkaitan dengan artikel-artikel tersebut. Pengguna ini sudah diberi peringatan, tetapi tidak dihiraukannya. Maka saya ingin pengguna ini diblokir saja. Terima kasih Tiktomoro (bicara) 3 Oktober 2016 08.29 (UTC)

Selesai Selesai telah diblokir oleh Rachmat04. --Hidayatsrf (bicara) 6 Oktober 2016 10.24 (UTC)


Tanya - tanya

Hallo..saya baru bikin akun kemarin. Saya tergerak untuk menterjemahkan artikel ke dalam Bhs. Indonesia. Beberapa pertanyaan saya :

  • Apakah ada filter lagi sebelum terjemahan saya ditampilkan? Maksud saya, apakah ada yang memeriksa terjemahan saya sudah baik dan benar?
  • Bagaimana saya tahu bahwa pengguna lain tidak sedang menterjemahkan artikel yang sama dengan saya? Saya bukan ahli bahasa, namun saya merasa cukup bisa. Karena artikelnya cukup panjang, jadi saya kerjakan sedikit2 saat waktu luang. Bagaimana bila misal saya sudah susah2 menterjemahkan, lalu pada saat saya mau submit, ternyata sudah didahului oleh pengguna lain?
  • Apakah memang diperbolehkan menterjemahkan artikel berbahasa Inggris ke dalam Bhs. Indonesia hanya sebagian saja? Karena saya lihat banyak artikel berbahasa Inggris yang cukup panjang, namun menjadi sangat pendek (kurang isi) pada versi Bhs. Indonesia.

Tukang ngayal (bicara) 2 November 2016 01.50 (UTC)

Halo, selamat datang!
  • Wikipedia itu dapat disunting siapa saja. Jadi, apa pun yang Anda lakukan, orang lain dapat memperbaikinya.
  • Jangan takut deh, lakukan saja. Tambahan pula, Anda tidak perlu selesai menerjemahkan seluruh artikel sebelum mempublikasikannya. Anda dapat melakukan terjemahan bagian per bagian.
  • Boleh, asalkan memenuhi kriteria kelayakan yang ada.
·· Kℇℵ℟ℑℭK 2 November 2016 02.15 (UTC)
Terima kasih sudah menjawab dan merapikan tulisan saya.. Oke deh, saya coba saja memulai. Tukang ngayal (bicara) 2 November 2016 03.43 (UTC)
Kok tulisannya di dalam kotak begitu ya?? ahh saya masih harus banyak belajar... Tukang ngayal (bicara) 2 November 2016 03.49 (UTC)
Masalah sintaks aja kok, tidak apa-apa, sambil sunting sambil belajar sintaksnya juga. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 2 November 2016 08.47 (UTC)

Poin

saya lihat disini kok nggak ada satupun artikel yang aku majukan diponten oleh Bonaditya, sementara yang lainnya banyakan udah. Padahal artikel-artikel saya udah ada yang dari kemaren. --Erik Fastman (bicara) 3 November 2016 03.24 (UTC)

Memanggil @Bonaditya:. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 November 2016 03.28 (UTC)
Sebelumnya saya ingin meminta maaf kepada Erik Fastman karena sampai saat ini saya belum melakukan penilaian terhadap artikel yang Anda buat. Alasan saya untuk "menahan" penjurian terhadap artikel Anda (maupun beberapa artikel yang dibuat oleh pengguna lain) adalah karena saya tidak ingin dianggap sebagai juri yang mengerjakan semuanya sendiri (baca: egois), dan mengabaikan kedua juri yang lain. Saya ingin memberikan kesempatan kepada juri lain (Hiro Hamada 1 dan Iwan Novirion) untuk memberikan penilaiannya terhadap artikel yang masuk. Semoga hal yang saya sampaikan ini dapat membantu Anda. Salam. — Bonaditya (bicara) 3 November 2016 05.15 (UTC)
Dear Erik Fastman, Beberapa sudah saya judge artikelnya. Karena memang ada kesibukan di dunia nyata, jadi baru beberapa artikel yang berhasil dijudge. Salam    Hiro Hamada        Let's Talk!        7 November 2016 - 21:54 WIB     

Artikel bertajuk IPB

Kemarin banyak pengguna dari IPB dengan akun yang berbeda-beda membuat artikel secara massal. Sebagian besar artikel itu perlu *dirapikan*, dan sebagian nama pengguna juga menyalahi kebijakan yang ada. Jika ada waktu, bantulah untuk memperbaikinya. ··· 👦 Rachmat04 · 💬 18 November 2016 02.00 (UTC)

Ok Murbaut Bicara 30 November 2016 00.35 (UTC)

IP apa ini ?

Kalo boleh tau jenis IP apakah ini ? Kok saya kayak baru pertama kali lihat:

--Erik Fastman (bicara) 1 Desember 2016 03.15 (UTC)

@Erik Fastman: IPv6. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 1 Desember 2016 09.40 (UTC)

Templat menteri Indonesia

Begini, saya sedang membuat templat-templat menteri Indonesia. Mohon bagi yang bersedia agar membantu saya meletakkan templat-templat tersebut ke artikel-artikel terkait, entah pake bot kek atau secara manual kek. Berikut adalah daftar templat-templatnya:

‎* Templat:Menteri Perhubungan Indonesia

‎* Templat:Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia

‎* Templat:Menteri Luar Negeri Indonesia

--Erik Fastman (bicara) 12 Desember 2016 06.23 (UTC)

Abdul Haris Nasution

Ada yang bersedia melengkapi paragraf pembuka artikel Abdul Haris Nasution. Udah jadi AP tapi pengantarnya cuman 1 kalimat. Saya udah nasehatin agar bagian pengantar pada artikelnya dilengkapin, tapi malah keburu disetujui. Nanggung juga rasanya, udah jadi AP tapi pengantarnya cuman 1 kalimat. Paling enggak ngeringkas bagian-bagian artikelnya pada bagian pengantarnya aja kok. (kalo ane yang ngelakuin belum bisa soalnya) --Erik Fastman (bicara) 14 Desember 2016 07.47 (UTC)

Pengalihan oleh anonim ke Indosat Ooredo

Halo semua, Ada pengalihan besar besaran dari mantan "perusahaan" Indosat ke indonesat ooredo oleh anonim alamat IP yang sama contoh, tolong jangan disetujui, karena menghapus banyak sekali halaman dan sejarah perusahaan tersebut. Yang benar adalah setiap artikel di informasikan bahwa perusahaan tersebut diakusisi oleh Indosat Ooredo. Bukan menghapus artikelnya Serenity (bicara) 16 Desember 2016 14.44 (UTC)

@Serenity: saya sudah kembalikan secara manual ke versi sebelumnya, berikan peringatan saja di halaman pembicaraannya. --Beeyan (bicara) 16 Desember 2016 15.23 (UTC)

Kolese Kanisius

Kepada seluruh pengurus Wikipedia yang terhormat, saya mohon agar segera menghapus seluruh konten yang menghina Kolese Kanisius dari Wikipedia ini. ArdiPras95 (bicara) 29 Desember 2016 01.09 (UTC)

Selesai Selesai! Semua akun siluman tersebut sudah saya blokir. — Bonaditya (bicara) 29 Desember 2016 01.34 (UTC)

Kolese Kanisius II

Halo lagi, ada lagi beberapa akun yang menghina Kolese Kanisius (2 diantaranya menggunakan nama pengguna yang menghina Pengurus Wiki). Mohon diblokir/hapus secepatnya. ArdiPras95 (bicara) 31 Desember 2016 11.48 (UTC)

Proyek The Netherlands and the world

Wood carvings from Bali at the pasar malam in Surabaya - 1905-1906. Image from KITLV, Leiden.

Halo semua! Wikimedia Nederland merintis proyek lintaswiki bernama The Netherlands and the world (proyek di halaman Meta). Melalui proyek ini, mereka ini saling bertukar informasi dan berkas ke dalam proyek Wikimedia tentang ‘kebudayaan bersama’ antara Belanda dan wilayah atau negara yang memiliki hubungan sejarah dengan Belanda (Indonesia dan Suriname khususnya, pada wilayah lainnya pada umumnya).

Wikimedia Nederland berharap banyak menerima masukan untuk proyek ini dan mereka sangat terbuka dengan semua saran yang diberikan.

  • Wikimedia Nederland sudah membuat grup proyek untuk sukarelawan Wikimedia yang ingin ikut serta dalam proyek ini. Jika kalian tertarik, silakan tinggalkan tanda tangan kalian pada halaman proyek di Meta, atau bisa mengontak Spinster secara langsung. .
  • Jika kalian aktif sebagai sukarelawan Commons dalam bidang terkait, apakah ada “pertanyaan atau permintaan informasi atau konten”? Wikimedia Nederland juga mempunyai halaman permintaan khusus untuk hal ini.
  • Semua pertanyaan, saran, atau ide bisa dipos pada halaman berikut atau bisa japri ke biyanto.rebin﹫wikimedia.or.id, nanti biar saya bantu teruskan ke yang bersangkutan.

Titipan tambahan:

Wikimedia Belanda pernah bertemu dengan perwakilan Museum Belanda Bronbeek. Mereka punya sumber informasi yang ingin mereka bagikan.

Pertama tentang grup dan partai politik Indonesia yang dibentuk selama masa kemerdekaan Indonesia 1945-1950. Kedua, pihak museum mempunyai pindaian 'Encyclopedie van Nederlands-Indië' dari tahun 1930-an. Jika ada yang tertarik dengan topik ini, silakan kabari juga di laman proyek atau ke saya.


Beeyan (bicara) 4 Januari 2017 02.52 (UTC)

Featured portals

Sudahkah id.wiki mempunyai featured portal seperti Wikipedia lainnya? Terima kasih RusdianaDablang (bicara) 11 Januari 2017 10.11 (UTC)

Belum ada, karena proyek untuk menentukannya sendiri juga belum ada. Proyek-proyek macem Featued topic, featured media juga belum ada, yang ada cuman GP, AP, & AB doank. Lagipula portal-portal yang aktif diperbaharui di WBI cuman segelintir doank (kek Portal:Pertanian misalnya) jadi kalo ada proyek Portal Pilihan juga untuk masa-masa sekarang bakalan sepi. (nggak tau deh kalo masa mendatangnya) Atau mungkin bung Rusdi mau mengembangkan proyek itu ? Rada susah sih, kudu bikin konsensus dulu terhadap kriteria ama sistem pemungutan suaranya. Lha wong proyek DP aja timpang sebelah kok, sistem pemungutan suaranya disetujuin tapi kriterianya belom, pake acara nyandra belum bisa ditongolin di HU pula --Erik Fastman (bicara) 11 Januari 2017 11.02 (UTC)


Page tentang keseluruhan distro linux

sebel aja kadang2 ngeliat banyak distro linux (dan beberapa OS non-linux/windows/osx lainnya) yang infonya belum terlalu update, malah ada yang ketinggalan beberapa tahun , seperti misal,di ubuntu sebelum saya sunting infonya masih mentok di 15.04 , padahal sekarang udah 16.10 (ketinggalan 1 tahun) (udah diedit sih, cuma belum diapprove tulisannya) tolong dong siapa aja yang sering update tentang linux dan os nonlinux/windows/osx kalau bisa diupdate pagenya . salam nubie hehe...

MuRiIrUm (bicara) 18 Januari 2017 16.29 (UTC)

@MuRiIrUm: Terima kasih sudah membantu memperbarui artikel di Wikipedia, artikel Anda sudah di tinjau oleh seorang pengguna lain. Wikipedia dibangun oleh orang-orang seperti Anda, pada dasarnya Wikipedia itu milik kita semua. Jika Anda melihat ada sesuatu yang perlu diperbarui, ataupun diperbaiki jangan ragu untuk menyuntingnya, apalagi menunggu pengguna lain menyuntingnya, karena semua pengguna menyunting secara sukarela. Selamat datang, selamat berkontribusi. --Hidayatsrf (bicara) 21 Januari 2017 14.54 (UTC)
@Hidayatsrf: makasih sudah merespon, dan saya ada usulan, bagaimana jika tabel rilis untuk setiap distro linux di wikipedia "diperingkas", maksud saya jadi tidak semua rilis dari awal sampai akhir, tapi cuma beberapa rilis terakhir saja yang mencakup sedikit rilis yang sudah tidak didukung (untuk contoh), rilis yang masih didukung, rilis terbaru dan seterusnya, jadi tidak semua rilis dari awal ampe akhir ditulis, hehe.. MuRiIrUm (bicara) 3 Februari 2017 19.34 (UTC)

Bikin SF sendiri di Kaskus

Saya mau usul aja, bagaimana kalo WBI bikin aja Subforum sendiri di Kaskus kek macem Beritagar.id, Gatra.com, Metrotvnews.com, Tribunnews.com, dan Hukumonline.com. Ntar sampein usulannya kalo bisa ya sampe ke kantor Kaskusnya kek. Nanti kan SF-nya jadi tempat resmi share artikel WBI di Kaskus, tempat resmi minta pembuatan artikel bagi para Kaskuser atau jadi tempat trainee bagi para Kaskuser yang pengen jadi Wikipediawan, jadi nggak cuman di WBI itu sendiri dan sosmed lainnya macem FB, Twit, IG, dlsb. Itung-itung sih lumayan bisa jadi ajang promosi WBI di kalangan Kaskuser. Oh ya, kalo bisa saran aja begimana kalo SF-nya ditempatin di SF Education aja. --What a joke (bicara) 7 Februari 2017 11.55 (UTC)

Bendera provinsi

Ada diskusi di Commons tentang bendera-bendera provinsi "palsu". Disini: [135]

Hddty. (bicara) 9 Februari 2017 12.21 (UTC)

Blacklist Woe Ray Raiyan

Kepada seluruh pengurus Wikipedia yg sy hormati, ada diskusi di Meta-Wiki mengenai blacklist Woe Ray Raiyan di sini. @Bonaditya: @Rachmat04: @Aldnonymous: @Hidayatsrf: @Bennylin: @Albertus Aditya: @Stephensuleeman: @RaymondSutanto: @Erik Fastman: @Murbaut: @Kenrick95: @Arifin.wijaya: @Johnstad Di Maria: ArdiPras95 (bicara) 17 Februari 2017 09.24 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/groups/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/groups/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.