Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Daftar pilihan di halaman utama

Halo, seperti yang kita tahu, saat ini WBI sedang menghadapi masalah berupa banyaknya terjemahan yang perlu diperiksa (lihat: Wikipedia:ProyekWiki Perbaikan Terjemahan). Saya lihat daftar pilihan di halaman utama setiap harinya berubah, padahal setelah saya amati hampir semua artikel di situ perlu diperiksa terjemahannya (saya belum menambahkan tag satu-satu karena banyak sekali artikelnya, dan saat ini masih kewalahan dengan jumlah artikel pilihan yang harus diperiksa). Jadi sebagai tindakan sementara (dan saya sepertinya juga tidak bisa menemukan konsensus penayangan daftar pilihan di halaman utama), saya akan sembunyikan dulu daftar pilihan dari halaman utama, paling tidak sampai mayoritas artikelnya sudah diperbaiki penerjemahannya. Terima kasih atas pengertiannya.  Mimihitam  17 September 2018 20.47 (UTC)

  • Setuju Setuju dengan tindakan ini. Selain kualitas yang sering kurang memadai, daftar pilihan juga sering kurang informatif karena isinya berfokus ke "daftar" bukan info ensiklopedia. Jadinya malah makan tempat aja. Padahal real estate Halaman Utama Wikipedia Bahasa Indonesia lumayan terbatas karena hanya 1/2 (bagian kiri) yang sekarang dipakai untuk link ke konten. HaEr48 (bicara) 17 September 2018 22.57 (UTC)
  • Komentar Komentar Lho, bukannya GP saja nggak memenuhi konsensus tapi masih bisa masuk HU ya. Jujur, DP didirikan & dicantumkan di HU adalah karena artikel daftar sendiri nggak bisa diangkat jadi AP, makanya daripada nanti teronggok gitu maka dijadikan proyek sendiri. Kalo nggak bisa-bisa artikel-artikel daftar sendiri bisa kurang peminatnya. Apa kalo nggak penayangan DP di HU sendiri disatukan gitu sama AP seperti di Wikipedia Cina tapi untuk pengusulannya tetep dipisah --Glorious Engine (bicara) 18 September 2018 01.32 (UTC)
  • Setuju Setuju Langkah yang sangat bagus mengingat penayangan DP selama sehari saja bahkan tidak mencapai konsensus. Saya harap Mimihitam juga mengambil tindakan atas penayangan AP yang rencananya hanya ditayangkan selama 4 hari. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 September 2018 03.40 (UTC)
Ya udah terserah sampeyan kalo mau menguasai usulan status & usulan jadwal. Terserah sampeyan kalo nggak setuju ama Proyek DP. Terserah sampeyan juga kalo tetep mau slot AP 7 hari. Dikasih perhatian kok malah dilucuti. Toh saya sudah nggak terlalu minat lagi sama DP. Sampeyan juga ngusulin slot 1 kalimat doank sama 1 slot 2 AP juga ditolak. Saya udah kapok ah, nggak mau utak atik HU lagi.--Glorious Engine (bicara) 18 September 2018 04.22 (UTC)
  • Setuju Setuju Di sistem DP tidak ada poin bahwa DP ada jadwal penayangan di halaman utama, sedangkan di sistem AP ada poin yang menyebutkan bahwa setelah artikel disetujui menjadi AP, akan diusulkan jadwal penayangannya di Halaman Utama. Jadi memang tidak ada konsensus yang mengatur penayangan DP di halaman utama. Sebaiknya sih kalau DP ingin ditayangkan di Halaman Utama, ya harus direvisi terlebih dahulu sistem DP-nya (itupun harus melalui diskusi dan konsensus terlebih dahulu). – Arifin.wijaya (bicara)  18 September 2018 pukul 17.43 WIB
  • Komentar Komentar Oke, saya berencana di kopdar Wikipediawan selanjutnya untuk mengecek artikel-artikel terjemahan yang perlu diperiksa. Semoga banyak yang berminat. RaymondSutanto (bicara) 18 September 2018 08.06 (UTC)
@RaymondSutanto andaikan saya juga bisa ikut hadir untuk membantu melakukan briefing mengenai situasinya ^^  Mimihitam  18 September 2018 09.15 (UTC)

The GFDL license on Commons

20 September 2018 18.11 (UTC)

Reminder: No editing for up to an hour on 10 October

4 Oktober 2018 12.03 (UTC)


Usulan


Artikel pilihan

Pengguna HaEr48 baru saja mengangkat isu soal "Proses pengangkatan AP terlalu sederhana?". Dimohon partisipasinya di sini. Terima kasih.  Mimihitam  18 September 2018 06.58 (UTC)

Tahukah Anda

Saya perhatikan, sama halnya dengan Hari Ini dalam Sejarah yang kurang mendapatkan perhatian, Tahukah Anda juga mengalami hal serupa. Mempertimbangkan usulan sebelumnya dari Mas Hariadhi, maka TA nantinya akan dirombak total.

  • Untuk mengapresiasi pengguna (entah baru atau lama), maka nantinya artikel yang dapat tampil di HU nantinya akan dipasangi bintang perunggu. Bintang perunggu ini sebelumnya pernah digunakan sebagai lambang AP, tetapi nantinya bintang tersebut dapat digunakan sebagai bintang artikel TA. Sekilas, artikel TA nantinya mirip dengan artikel teladan (recommended article) di beberapa Wikipedia semisal Wikipedia bahasa Jepang, Turki, dan Rusia. Lambang AP dan AB pun nantinya dapat menyesuaikan dengan bintang TA, dari yang sebelumnya tidak memiliki guratan menjadi memiliki guratan. Jenis bintang seperti ini digunakan oleh Wikipedia bahasa Portugal dan Turki; Wikipedia bahasa Arab dulu pernah menggunakan bintang ini. Jadi nantinya, bintang yang digunakan di WBI akan menjadi 3:
    • Lambang artikel TA: Cscr-featured.svg
    • Lambang AB: Cscr-featured2.png
    • Lambang AP dan DP: Cscr-featured1.png
  • Artikel yang direncanakan diusulkan menjadi AB, AP, dan DP nantinya harus melewati pengusulan artikel TA. Pengusulan ini tidak lagi menggunakan sistem pemungutan suara, tetapi sistem peninjauan yang sangat ketat. Artikel yang diterjemahkan harus melewati proses pemeriksaan terjemahan dll. Bila terjemahan artikel ini berantakan, tentunya artikel tidak dapat menjadi artikel TA. Artikel yang murni karya sendiri harus melewati proses penelusuran sumber, pemeriksaan tata bahasa, gambar dll. Ketika artikel yang diusulkan sudah lolos, maka artikel tersebut dapat diusulkan sebagai AB. Jika lolos menjadi AB, maka dapat diusulkan menjadi AP sebagaimana di Wikipedia bahasa Inggris. Untuk artikel yang berbentuk daftar, setelah lolos menjadi artikel TA, maka dapat langsung diusulkan menjadi DP.
  • Persyaratan artikel TA nantinya akan diatur lebih lanjut di waktu lain, tetapi untuk saat ini saya menyarankan kriteria panjang artikel dapat dipertimbangkan dalam persyaratannya. Misalnya artikel yang diusulkan harus mengandung sedikitnya beberapa ribu karakter, beberapa bagian, beberapa rujukan, dll. Untuk informasi lebih lanjut tentang kriteria artikel TA di Wikipedia bahasa Inggris, sila baca en:Wikipedia:Did you know#DYK rules.
  • Untuk mempermudah proses pengusulan, nantinya sebuah bot akan terlibat dalam proses pembuatan halaman pengusulan. Namun, usulan ini hanya dapat dilaksanakan ketika sistem patroli halaman baru sudah berlangsung dengan baik, sememtara untuk saat ini, tampaknya usulan ini belum dapat dijalankan karena patroli halaman baru masih kurang baik sejak bertahun-tahun yang lalu. Sistem kerjanya adalah, setelah suatu artikel yang lolos patroli halaman baru berusia satu hari (24 jam), maka secara otomatis bot akan membuat halaman pengusulan artikel tersebut jika memenuhi kriteria minimal seperti jumlah karakter, jumlah bagian, jumlah rujukan dll. Pembuat artikel atau pengguna lain dapat juga langsung membuat halaman pengusulan suatu artikel jika suatu artikel dirasa sudah memenuhi kriteria yang ada.
  • Lamanya diskusi pada suatu halaman pengusulan berlangsung paling cepat sehari jika artikel tersebut dinilai baik dari segi penulisan dan sudah memenuhi semua kriteria dan paling lambat bisa sampai berbulan-bulan, tergantung dari diskusi yang terjadi. Tidak ada sistem pemberian suara dalam penentuan lolos tidaknya suatu artikel. Jika dinilai memenuhi semua kriteria yang ada, maka artikel dinyatakan lolos menjadi artikel TA.
  • Akan ada koordinator yang mengatur jalannya diskusi dalam pengusulan artikel. Koordinator ini nantinya dipilih berdasarkan pemungutan suara sebagaimana pemilihan pengurus dan birokrat selama ini. Sistem kerja koordinator mirip dengan koordinator pengusulan AP dan DP di Wikipedia bahasa Inggris.

Mengundang HaEr48 dan Mimihitam yang berkomentar di sini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 22 September 2018 07.29 (UTC)

Sebenarnya saya setuju-setuju aja dengan perombakan, karena saya ingat dulu ada yang pernah menambahkan info odong-odong kalau Cheng Ho pernah mencapai benua Amerika. Tapi kayaknya jangan jadikan TA sebagai prasyarat AP/AB/DP deh, karena konsepnya berbeda... TA cuma buat pasang info menarik di halaman utama, kalau mau rombak AP/AB/DP ya buat sistem baru berupa penilaian sejawat sebelum bisa dicalonkan.. untuk TA, halaman pengusulannya cukup untuk fakta menarik/unik yang punya rujukan terpercaya dan lengkap.. terus ntar tinggal diusulkan penjadwalannya kalau sudah diterima dan diverifikasi.  Mimihitam  22 September 2018 07.46 (UTC)
Saya memandang apa yang diusul Sdr. Hanamanteo begitu menarik. Saya lebih sepakat memang, jika halaman yg tlh dibabar (padanan —karangan sy— dari expand) lebih baik dijadikan TA dulu sebelum melangkah ke AB/AP. Mari tengok kenyataan di Wiki English. Toh begitu kan? Saya rasa memang sistem begitu baiknya diadakan saja di Wiki Ind kita ini. Karena kenapa? Kadangkala saya lihat dalam pengusulan DYK d Wiki English itu, segala saran dan perbaikan dari hal yang besar sampai remeh temeh dimasukkan, entah soal kebahasaan, entah soal perbaikan fakta, dll. Nah, nanti baru dia masuk TA. Manakala mau calon AP/AB, ditambah lagi mana² yg perlu dimasukkan, ditambah, dsb. Saya rasa memang jika ada artikel panjang —dan baiknya di atas 10000 bita, ref banyak, hendak jadi AP/AB, calon dulu di TA, sebelum melangkah ke pencalonan dua hal itu. Sekian. --AMA Ptk (bicara) 22 September 2018 08.10 (UTC)
Mimihitam, saya perhatikan cara kerja Tahukah Anda di Wikipedia bahasa Inggris, kebanyakan artikel yang dijadikan artikel TA di sana isinya lebih banyak dan mutunya lebih bagus daripada artikel TA di Wikipedia bahasa Indonesia. Menurut saya, artikel yang lolos menjadi artikel TA bisa menjadi batu loncatan bagi suatu artikel untuk melangkah ke AB, AP atau DP. Itulah sebabnya saya kurang setuju apabila kolom TA hanya menjadi hiasan di HU sama halnya seperti HIDS, karena saya melihat ada potensi bertambahnya minat pengguna WBI untuk menghidupkan kembali TA sekaligus meningkatkan mutu artikel WBI yang semakin hari semakin menurun sebagai dampak dari banjirnya AP dan DP terjemahan mesin. Bahkan saya berharap nama baik WBI yang sempat tercoreng karena banyaknya AP dan DP terjemahan mesin bisa pulih kembali berkat mutu artikel TA yang lebih bagus. Saya kira penilaian sejawat mesti diberlakukan pada pengusulan artikel TA, jadi ketika sebuah artikel yang lolos menjadi artikel TA diusulkan menjadi AB, AP atau DP, maka diskusi AB/AP/DP bisa jadi tidak akan terlalu panjang karena segala permasalahan pada suatu artikel sudah diangkat pada pengusulan TA.
AMA Ptk, saya sepakat dengan Anda. Jikapun nantinya akan ada penyesuaian dengan keadaan WBI, maka ini akan didiskusikan di kemudian hari. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 23 September 2018 06.20 (UTC)
Soalnya setiap hari TA berubah, sementara jumlah AP kalau mau direset dari 0 pasti belum banyak. Nanti tahukah Andanya jadi monoton, isinya gitu2 aja dan topiknya terbatas. Mendingan yang diperiksa secara seksama itu kutipan yang diusulkan. Misalkan statement "tahukah Anda, bahwa Tiranosaurus kemungkinan besar memiliki bulu?", harus diperiksa apakah ada referensinya atau nggak.. kalau ada baru dimasukkan.  Mimihitam  23 September 2018 07.17 (UTC)
Kalau khuatir akan tidak adanya isian dan monoton, kenapa tdk ditentukan saja waktunya? Misal, isi TAnya per 2-3 bulan skali. Dan dalam pada itu, baik dalam sementara tempoh ini, TA itu isinya 2-3 fakta saja dulu. Sambil, kita pelan² menggaet pengguna baru yg bahan bacaannya luas, menulisnya bagus, dan bisa diarahkan agar konsisten di Wikipedia. Mdh²an jika dua hal itu terlaksana, maka terpenting adalah alon² pasti kelakon. --AMA Ptk (bicara) 23 September 2018 12.50 (UTC)
Aku ngerti & setuju dengan komentar dan "keluhan" dari Hanamanteo tentang kurangnya kualitas TA. Kalau mau diperketat, mungkin kendalanya paling besar adalah, kurangnya SDP (Sumber Daya Pengguna) untuk bikin TA disini "hidup" seperti DYK di en.wp. Kalau tiap hari ada 4-5 entri TA, tiap tahun ada ribuan TA. Apa pengguna/admin aktif disini ada waktu untuk melakukan review sebanyak itu? Kalau di en.wp itu banyak sekali "aktivis" yang terlibat untuk TA. Beda dengan misal, AP yang kita cuma perlu 1/minggu (52/tahun), kebutuhan workload untuk review memang tidak terlalu banyak. Kalau memang kita mau bikin kriteria formal untuk TA, aku usul mungkin untuk awalnya tidak terlalu ketat (misal: cukup minimal panjang dan pastikan kalau hook atau kalimat yang dipajang di Halaman Utama itu ada referensinya). Lalu output dari sini perlahan-lahan kita masukkan untuk mengganti TA-TA yang sudah ada. Trus kita lihat outputnya, berapa TA kah yang bisa keluar dari proses ini, lalu kita evaluasi lagi apa metode ini berguna. HaEr48 (bicara) 24 September 2018 03.38 (UTC)
Mimihitam, saya juga sadar kok kalau jumlah fakta pada TA setiap tahunnya pasti berjumlah ribuan, makanya sebagai langkah awal, hanya beberapa fakta yang sudah terlalu lama tidak diganti. Dulu juga ada upaya untuk mengganti semua fakta TA setiap bulannya, tetapi terkendala kurangnya tenaga. Ini berarti, pengubahan suatu fakta artikel lama dengan artikel baru yang lolos menjadi artikel TA itu tidak harus seradikal itu. Oh ya, perihal pemeriksaan keakuratan fakta, boleh juga. Karena pasti ada fakta yang belum diganti, jadi fakta itu diperiksa dahulu sembari menunggu diganti dengan fakta artikel baru.
AMA Ptk, itu dia. Mungkin bisa disamakan seperti AP yang tayang setiap seminggu sekali? Atau bisa jadi dua minggu atau bahkan sebulan sekali? Kalaupun tetap sehari, paling tidak ada beberapa fakta yang lama tidak diganti yang akan dijadikan sasaran artikel baru yang disetujui menjadi artikel TA nantinya. Jumlah faktanya pun mungkin bisa dikurangi dari 4 menjadi 2 atau 3.
HaEr48, sekitar 4 fakta setiap harinya, berarti sekitar 120 fakta setiap bulannya atau 1440 fakta setiap tahunnya. Saya sadar kok usaha ini tidaklah terlalu mudah. Pada 2013 dan 2014 memang ada upaya untuk memperbarui fakta TA, walau tidak semua fakta TA digantikan dengan yang baru karena kurangnya tenaga SDP. Sehingga, saya memiliki gagasan untuk menghidupkan kembali kepedulian terhadap TA. Dengan dihidupkannya kembali halaman pengusulan TA, diharapkan TA akan kembali hidup seperti AP dan Peristiwa Terkini (PT). Bahkan AP yang bisa dikatakan lumayan aktif pun pernah mengalami kejadian serupa. Pada 2013 sebuah AP yang sama pernah ditayangkan selama sebulan tanpa adanya penggantian karena kurangnya stok AP yang belum ditayangkan. Tetapi apakah demikian program AP dibubarkan? Malah sejak peristiwa itu, jumlah AP meningkat dengan signifikan dan hingga saat ini tidak terjadi lagi penayangan AP yang sama secara berulang, walau tentu saja kebanyakan AP yang disetujui pada rentang 2013-2014 bermasalah dengan terjemahan mesin dan beberapa yang lain bermasalah dengan pranala merah dan catatan kaki. Kembali lagi ke TA, harusnya ini dapat menjadi peluang yang cerah bagi peningkatan mutu TA di tengah permasalahan turunnya mutu AP karena bermasalah dengan terjemahan mesin. Tetapi, agar program TA nantinya tidak bermasalah seperti AP dalam hal mutu terjemahan, maka akan ada kriteria yang lebih ketat, walaupun jumlah kriterianya tidak sebanyak AP. Perihal kriteria artikel TA, saya fikir kriterianya tidak perlu banyak dan ketat untuk saat ini. Jika berjalan dengan baik, kriterianya bisa diperbanyak dan diperketat. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 24 September 2018 07.33 (UTC)

┌──────────────────────┘

Hanamanteo - Bisa dibuatkan halaman pengusulan kebijakannya nggak? Saya baru mendapati ada yang mengubah Tahukah Anda untuk tanggal 30 September dan 1 Oktober jadi tentang G30S semua, dan seringkali pakai info2 nggak jelas yang nggak tertulis di artikelnya. Kalau begini dibutuhkan reformasi supaya yang bisa dimasukkan hanya info yang sudah dicantumkan di suatu artikel dengan rujukan. Supaya sederhana, yang penting kalimatnya ada di artikel dan diberi rujukan terpercaya saja, terus nanti tinggal diputuskan bersama2 akan dimasukkan atau tidak. Bagaimana?  Mimihitam  30 September 2018 22.48 (UTC)

Mimihitam, setelah melakukan pertimbangan dengan matang, saya mencoba untuk membuat halaman permohonan pendapat berkenaan dengan ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 07.03 (UTC)

Keminatan akan ilmu di Wikipedia

Stlh melihat adanya fakta yg dipaparkan oleh @HaEr48: dan penggu lain seperti @Hanamanteo: juga @Mimihitam: bahwa kita kurang SDP, atau Sumber Daya Pengguna, untuk menulis artikel, maka sy rasa bahwa kita di real life mustilah mencoba mengajak orang —baiknya muda—, dia suka nulis di internet, suka baca buku/majalah, maka sepatutnya kita ajak nulis di Wikipedia. Entah gimana cara yg baiknya. Sy kira, dengan begitu perlahan² SDP yg kita semua harapkan akan membantu pengawasan artikel² di Wikipedia kita. Sekian. --AMA Ptk (bicara) 26 September 2018 06.54 (UTC)

@AMA Ptk Wikimedia Indonesia sudah sering mengadakan WikiLatih dan kompetisi-kompetisi menulis loh. Ngomong-ngomong, menurut saya kita juga butuh SDP untuk jaga perubahan terbaru, karena setiap pagi/malam waktu saya cek ulang selalu banyak vandal yang lolos. Kamu juga bisa membantu dengan memfilter perubahan terbaru jadi 500 perubahan dan khusus anon dan pengguna baru (harus diakui ini demografi vandal yang paling besar). Terus setiap siang/malam waktu kamu cek ulang, bakal kelihatan mana saja vandal2 yang lolos.  Mimihitam  26 September 2018 06.58 (UTC)
Well, saya lihat sih maksud daripada WikiLatih itu cukup baik, Mas. Gunanya ialah ada org baru mau mengisi Wikipedia ini. Tapi setelah kita lihat, kadang org² yg ikut pelatihan ini apakah berterusan, konsisten di Wikipedia Indonesia? Jarang, Mas. Kadang ia aktif dlm pelatihan belaka, —namun sesudahnya kita sulit pastikan dia akan tetap menulis di Wikipedia. Jadi, sy kadang sedikit sedih pula bilakah ada tenaga² muda yg baru, yg konsisten hendak menulis di sini? Terima kasih. --AMA Ptk (bicara) 26 September 2018 07.06 (UTC)
@AMA Ptk saya lihat sih problemnya struktural yah. Bangsa Indonesia minat bacanya masih rendah, dan yang minat baca pun kebanyakan yang dibaca bukan buku-buku pengetahuan, tapi novel-novel remaja atau buku aneh-aneh seperti "Napoleon/Hitler mati di Indonesia". Dari antara yang minat membaca pun tidak semuanya punya kemampuan mengolah isi bacaan dengan baik; hasil penelitian PISA menunjukkan siswa-siswa di Indonesia punya kemampuan baca yang sangat buruk, peringkat 66 dari 72. Jadinya susah buat banyak orang untuk memahami isi tulisan dan mengolahnya secara kritis untuk membuat konten ensiklopedia di sini. Belum lagi dengan kurangnya kebiasaan untuk berpikir kritis & ilmiah dan buruknya kemampuan untuk menulis secara ilmiah yang dilengkapi dengan rujukan; makanya kalau kita bandingkan sama negara kecil macam Austria dan Hongaria, mereka secara proporsional memproduksi jauh lebih banyak jurnal ilmiah & ilmuwan daripada kita. Selain itu, minat terhadap pengetahuan juga masih rendah. Jadinya ya wajar kalau negara kita kalah dengan negara kecil macam Norwegia atau Finlandia, karena di sana walau jumlah penduduknya kecil, tapi SDMnya berkualitas, minat bacanya tinggi, kemampuan membaca juga tinggi, dan minat terhadap pengetahuan juga tinggi, jadinya kontributornya yang tergerak untuk membuat ensiklopedia tanpa dibayar juga lebih banyak.  Mimihitam  26 September 2018 08.44 (UTC)
Betul sekali, Wikimedia Indonesia saat ini mengadakan pelatihan menulis bahkan dalam berbagai versi bahasa, ada Indonesia, Jawa, Sunda dan Minang, dan ke depannya Gorontalo. Permintaan pelatihan saat ini memang banyak di berbagai daerah, tapi benar yang diungkapkan AMA Ptk kalau kebanyakan dari mereka hanya aktif saat pelatihan saja--dan menghilang setelah pelatihan. Ada sih beberapa yang bertahan, tapi sedikit sekali. Ke depannya, yang saya dan teman-teman di Wikimedia rencanakan adalah program menulis Wikipedia di sekolah-sekolah dan kampus-kampus. Dengan begitu, mungkin retensi menulisnya lebih tinggi, daripada format seperti saat ini. RaymondSutanto (bicara) 26 September 2018 09.04 (UTC)
@RaymondSutanto bikin di Kanisius lah . Walaupun belum kuliah, tapi banyak yang udah jago bahasa Inggris.. bisa banyak membantu menerjemahkan  Mimihitam  26 September 2018 13.36 (UTC)
Yah ke depannya apabila sudah siap, mungkin bisa saja. Masuk ke tempat yang tidak sembarangan tentu butuh persiapan yang matang. RaymondSutanto (bicara) 26 September 2018 14.29 (UTC)
Saya juga mengakui ngajak teman di perkuliahan utk turut nulis di Wikipedia masih kurang berminat mereka. Harapan saya sih, jika temen² ada mengenal anak² muda yg bagus di membaca, dan menulis secara ilmiah, tlg ajak mereka ke Wikipedia Indonesia ini. Soalnya, jika masih SMA-perkuliahan, kesempatan mereka untuk turut nulis pasti masih besar sekali. Dan terakhir, tlg buat mereka bisa terus bertahan di sini, walaupun event pelatihan usai. Terima kasih. Sekian. --AMA Ptk (bicara) 28 September 2018 06.17 (UTC)
@AMA Ptk: Apabila membutuhkan bantuan dari Wikimedia Indonesia, bisa hubungi saya via email ya. RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 07.31 (UTC)

Perbaikan {{hr}}

Saya sedang bermain-main dengan beberapa templat yang tersedia di WBI. Setelah beberapa templat, saya menemukan bahwa templat {{hr}} menghasilkan:

(Kroasia)   

Hal ini tentu saja mungkin menggangu pengguna yang ingin menciptakan garis horizontal (horizontal line) di WBI. Maka sebab itu, saya ingin pengubahan atas templat tersebut.


FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  13 Oktober 2018 13.07 (UTC)

Teknis

Tech News: 2018-37

10 September 2018 22.35 (UTC)

Butuh solusi

Halo, sepertinya ada masalah teknis yang amat sangat besar. Templat convert mungkin telah mengakibatkan banyak sekali ketidakakuratan di dalam artikel-artikel terjemahan akibat penggunaan koma dan titik. Dalam bahasa Inggris, koma adalah ".", dan banyak teks terjemahan yang tidak diubah titik dan komanya di templat convert karena diasumsikan akan berubah secara otomatis (dan dulu memang begitu). Tapi sepertinya templat convert sekarang sudah diindonesiakan, jadinya hasilnya pun ngawur: {{convert|2.5|–|3.5|m|ft|0|abbr=on}} yang harusnya menjadi 2,5 hingga 3,5 m jadi 2,5–3,5 m (8–11 ft). Atau {{convert|3,01|–|5,01|kg|lb|abbr=on}} yang harusnya jadi 3,01-5,01 kg malah jadi 3,01–5,01 kg (6,6–11,0 lb). Padahal sebenarnya convert satuan SI ke satuan non-SI sama sekali tidak penting dalam konteks Indonesia, karena kita tidak mengenal satuan-satuan semacam mil atau lb. Ada beberapa solusi mungkin:

  1. Hapus templat convert dan ganti semua penggunaan templat convert secara otomatis dengan menggunakan bot menjadi penulisan satuan secara manual.
  2. Memperbaiki templatnya, tapi saya rasa ini sangat sulit untuk dilakukan karena ada juga yang memakai templat convert dengan mengubah titik menjadi koma dan koma menjadi titik
  3. Menyelaraskan titik dan koma dengan menggunakan bot.

Mohon bantuannya untuk para ahli-ahli teknis.. karena sudah beberapa tahun ini mungkin banyak pembaca yang disuguhi informasi tidak akurat seperti "hewan X punya massa otak 301 kg (harusnya 3,01 kg)" gara2 hal teknis semacam ini. Kalau saya secara pribadi lebih mendukung penggantian semua templat convert dengan bot untuk menghindari kesalahan-kesalahan fatal di berbagai artikel. @Bennylin Kenrick95 Hidayatsrf Bagas Chrisara Baloo Official  Mimihitam  16 September 2018 07.17 (UTC)

Kalau dari saya lebih ingin memperbaiki templatnya... memang agak sulit karena saya pun pernah menelusuri tapi kebingungan salah di bagian mana. Setelah templat diperbaiki, kemudian memang butuh bot untuk menelusuri semua titik-koma yang masih terbalik-balik. Satuan non-SI masih banyak digunakan untuk bidang-bidang teknik, terutama karena beberapa sudah jadi standar (misal, diameter pipa atau ukuran kunci pas pasti inci, bukan cm). RaymondSutanto (bicara) 16 September 2018 08.13 (UTC)
Saya tidak terlalu paham teknis, tapi saya sering menemukan keganjilan seperti ini saat menerjemahkan kotak info pemain sepak bola. Jika memang akan diselaraskan, sebaliknya pakai opsi terakhir jika (andai memang feasible). Muhraz (bicara) 16 September 2018 08.26 (UTC)
@RaymondSutanto bagi saya penghapusan termasuk solusi potensial untuk menghindari kesalahan serupa untuk ke depannya... karena tidak semua pengguna baru akan langsung tahu kalau templat convert yang disalin harus disesuaikan. Makanya saya lebih mendukung penggantian semua templat convert menjadi teks manual oleh bot.. kalau diganti dari convert 2.5 kg jadi 2.5 kg saja, tdk jadi masalah besar krn orang akan ngerti yang dimaksud itu 2,5 kg.. sementara kalau status quo seperti sekarang malah berubah jadi 25 kg kan berubah drastis... Menurut saya tidak ada salahnya di templat kecuali untuk format yang telah diindonesiakan (kalau entrinya koma akan jadi akurat, 3,06 kg), tapi problemnya penggunaan templat convert sudah merebak luas dan ada yang pakai 3.06 dan 3,06, makanya saya usulkan solusi bot kalau ada yang tahu caranya.  Mimihitam  16 September 2018 08.56 (UTC)
@RaymondSutanto @Farras @Bennylin @Muhraz @Kenrick95 setelah saya otak atik saya sudah ketemu solusinya. Number separatornya saya ganti ke simbol yang sepenuhnya tidak relevan (;), jadi sekarang templat convert sudah bisa dipakai untuk simbol "." dan ",". Contoh: {{convert|5.5|km|mi}} jadi 5,5 kilometer (3,4 mi) dan {{convert|5,5|km|mi}} jadi 5,5 kilometer (3,4 mi). Untuk ke depannya kalau ada update templat convert tolong berhati2 soal numdot/numsep ini, karena sepertinya sudah lebih dari setahun pembaca WBI disuguhi info2 ngawur seperti "massa otak gajah 60 kg", "tinggi pemain bola X 180 meter", atau "suhu rata-rata Beograd 230 derajat Celcius" gara2 galat seperti ini.  Mimihitam  25 September 2018 15.54 (UTC)
Hebat! Terima kasih untuk usaha perbaikannya! Salam, RaymondSutanto (bicara) 25 September 2018 16.45 (UTC)

Tech News: 2018-38

17 September 2018 21.58 (UTC)

Feedback wanted on mobile web contribution prototype

CKoerner (WMF) (talk) 18 September 2018 15.34 (UTC)

Menampilkan Referensi dengan halaman berbeda dari satu sumber

Bagaimanakah caranya menampilkan referensi yang berbeda-beda halamannya namun sebenarnya berasal dari satu buah buku saja? Dian (bicara) 19 September 2018 09.56 (UTC)

@NaidNdeso: Biasanya menggunakan Templat:sfn pak. flixwito ^(•‿•)^ 25 September 2018 16.34 (UTC)

Tech News: 2018-39

24 September 2018 15.23 (UTC)

Kotak info pemegang jabatan

Kotak info pemegang jabatan masih error, jabatan yang diwikifikasi dan disertai dengan parameter order malah munculnya jadi kayak gini --> [[Kepala Staf Gedung Putih]] ke-28, lalu bila menambahkan info lain semisal karier militer, infonya malah gak muncul sama sekali. Dimohon pencerahannya pengurus tercinta Denny eR Ge (bicara) 25 September 2018 18.17 (UTC)

Semua templat sudah saya kembalikan ke versi stabil. Kalau ada bug lain, tolong beritahu ya. Terima kasih. — Farras💬 25 September 2018 23.17 (UTC)
Terima kasih kak sebelumnya, tapi masih ada errornya tuh dengan parameter order, tampilan jabatan diartikel contoh masih begitu --> [[Kepala Staf Gedung Putih]] 28 Denny eR Ge (bicara) 28 September 2018 14.54 (UTC)
Oh ya, balikin tuh petikan kata "ke-"nya. Bagaimana pun, nama jabatan ya kalo pake penomoran ya pasti pake kata sandang "ke-" (misal Presiden Indonesia ke-8). Tapi kalo misalnya di artikelnya sudah ditambahin kata "ke-" bisa sekalian otomatis nggak jadi "ke-ke-". Kayak di en.wiki gitu, tampilin gambar pake format "|image=Bla bla bla.jpg" bisa nongol gambarnya, bukan tulisannya, tapi kalo pake format "|image=[[File:Bla bla bla.jpg|100px]]" nanti bisa keluar gambarnya sendiri tanpa keteteran ama kata "100px". Saran aja sih --Glorious Engine (bicara) 28 September 2018 15.04 (UTC)

Peninjau otomatis

Soal ini, rupanya sudah ada sejak 3 tahun yang lalu, tapi saya belum menemukan halaman pemungutan suara berkenaan dengan ini. Apakah kebijakan ini tetap sah walau tidak melewati konsensus? Soalnya persyaratan menjadi peninjau otomatis saja tak jelas: pengertian "pengguna tepercaya" sendiri bisa jadi berbeda-beda antara satu pengurus dengan pengurus lainnya. Apakah jabatan ini perlu ditiadakan mengingat persyaratan menjadi editor sendiri sebetulnya tidak rumit bagi pengguna? Contoh terkini adalah Mouche yang baru saja kehilangan jabatan ini karena terlalu sering membuat artikel yang bermasalah dengan terjemahan.

Mengundang Mimihitam, Muhraz, RaymondSutanto, Rachmat04, Murbaut, Johnstad Di Maria, Pierrewee, Bagas Chrisara, Ricky Setiawan. Pengurus dan pengguna lain juga turut dijemput bagi menyuarakan pendapat perihal ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 02.54 (UTC)

Pengertian "pengguna tepercaya" memang akan berbeda antarsesama Pengurus. Bagi saya sendiri, memberikan akses "Peninjau otomatis" sama halnya seperti saya akan memberikan editor. Yang membedakannya adalah pada pengguna yang menerima status. Terkadang, ada pengguna baru yang berkontribusi baik dan frekuensi penyuntingan dalam artikel yang ditandai "terperiksa" sangat tinggi, sehingga suntingannya akan terus harus melewati pemeriksaan editor. Bagi editor sendiri, ini akan cukup melelahkan karena ia harus membuka semua kontribusi pengguna baru tersebut dan menandai suntingannya sebagai terperiksa. Dalam pemikiran saya, status editor bagi sebagian pengguna mungkin tidak tertarik, namun kalau ia melakukan suntingan yang baik dan pengguna lain harus memeriksa suntingannya berulang kali, saya kira status "Peninjau otomatis" cukup membantu. ··· 🌸 Rachmat04 · 1 Oktober 2018 04.44 (UTC)
Pemikiran saya kurang lebih sama seperti Rachmat04. Salam, RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 05.30 (UTC)
Rachmat04 dan RaymondSutanto, berarti apakah perlu dibuat kriteria menjadi peninjau otomatis? Saya perhatikan tampaknya jabatan ini tiba-tiba saja muncul di WBI tanpa konsensus dari pengguna. Padahal, kalau dilihat-lihat, menjadi seorang editor tidaklah terlalu sulit, hanya menunggu dua bulan sejak pendaftaran akun, memiliki 150 suntingan di 5 ruang nama yang berbeda dalam jangka waktu 3 bulan, memiliki halaman pengguna sebesar 100 bita, mengaktifkan surel, dan tidak pernah diblokir selama 6 bulan terakhir. Dan mengingat kriteria peninjau otomatis sendiri memang tidak jelas dan terkesan subjektif, maka setiap pengurus memiliki pandangan yang berbeda mengenai seorang pengguna. Ini menyebabkan terkadang terdapat seorang pengurus yang mengangkat pengguna yang memiliki rekam jejak suntingan yang buruk tanpa diketahui oleh pengurus lain yang tidak memeriksa log perubahan hak akses. Dengan adanya kriteria, maka keberadaan peninjau otomatis akan menjadi lebih jelas. Tentu saja kriteria menjadi peninjau otomatis nantinya lebih ringan menjadi editor, cukup berumur sebulan misalnya. Atau kriteria editor perlu dibuat menjadi lebih ringan, dengan penerapan yang lebih ketat untuk mencegah penyalahgunaan jabatan? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 09.17 (UTC)
Saya pikir peninjau otomatis perlu ditiadakan saja, tapi tidak pula pemberian status editor dipermudah. Membuat selapis lagi "jabatan" (saya secara pribadi tak terlalu suka istilah ini di Wikipedia) saya pikir hanya akan sia-sia saja. Salam, Muhraz (bicara) 1 Oktober 2018 10.21 (UTC)
Saya kira status "Peninjau otomatis" ini adalah turunan dari status "Editor". Dengan kata lain, jika ingin menghilangkan status "Peninjau editor" harus menghapus status "Editor" juga. CMIIW. Sementara ini, kriteria status Editor cukup yang sudah ada saja mengingat banyak pengguna dengan status ini kadang kala tidak terlalu aktif. ··· 🌸 Rachmat04 · 1 Oktober 2018 11.56 (UTC)
Muhraz Berarti cukup status editor dan peninjau yang berlaku di WBI, tidak perlu peninjau otomatis lagi?
Rachmat04 Benar bahwa peninjau otomatis berada tepat satu tingkat di bawah editor, tetapi apakah karena demikian lantas ketika jabatan peninjau otomatis dicabut lalu jabatan editor ikut dicabut juga? Jabatan editor dan peninjau sudah mencapai konsensus dari komunitas, sedangkan jabatan peninjau otomatis? Bahkan diskusi tentang peninjau otomatis saja sangat jarang diangkat ke dalam diskusi di Warung Kopi. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 2 Oktober 2018 07.41 (UTC)
Saya belum mendapati ada pengguna yang status Peninjau otomatis dan Editor dicabut sekaligus. Dua status ini memang redundan jika diberikan kepada pengguna yang sama. Apabila seorang pengguna dengan status Peninjau otomatis meminta status Editor, maka Pengurus akan memberikan status Editor dan menghapus status Peninjau otomatis padanya, karena status Peninjau otomatis yang berwenang untuk menandai suntingan sendiri secara otomatis sudah ada dalam status Editor. Saya kira kalau ada pengguna yang dicabut dua status tersebut sekaligus, mungkin dia melakukan penyalahgunaan yang berat (seperti vandalisme atau hal lainnya yang menyalahi ketentuan Wikipedia) sehingga status tersebut dicabut agar suntingannya dapat diperiksa lagi oleh Editor lain. ··· 🌸 Rachmat04 · 3 Oktober 2018 00.06 (UTC)
Rachmat04 Ah, saya baru paham maksud Anda. Saya sebelumnya berpikir maksud Anda adalah jika meniadakan jabatan peninjau otomatis di WBI, maka jabatan editor juga perlu ditiadakan. Hmmm... menurut Anda, apakah perlu dibuat kriteria bagi jabatan peninjau otomatis? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 3 Oktober 2018 07.04 (UTC)

Ide: reviewer/peninjau

Daripada pusing-pusing, saya usulkan agar fungsi peninjau otomatis, editor, dan pengembali revisi digabungkan saja. Saya tidak pasti bagaimana teknisnya nanti di meta dan saya tidak tahu apakah ada wiki lain yang sudah menerapkannya, namun menggabungkan ketiga fungsi yang hampir-hampir mirip ini akan mempermudah kerja pengurus dan tidak merepotkan bagi yang ingin memohon. Bisa dinamakan "peninjau", atau apapun yang bisa dirundingkan nanti. Muhraz (bicara) 3 Oktober 2018 15.22 (UTC)

Muhraz Lebih tepatnya istilah "peninjau" yang berlaku saat ini didefinisikan ulang karena "peninjau" merujuk kepada pengguna yang dapat memeriksa suntingan sebagai revisi layak. Perihal penggabungan, peninjau otomatis, editor, dan peninjau dapat saja digabung menjadi satu karena fungsinya yang mirip, tetapi apakah pengembali revisi perlu digabung juga? Banyak editor yang tidak terlalu aktif dalam mengembalikan suntingan vandalisme dan lebih berfokus dengan membuat dan mengembalikan artikel baru dll. Selama ini banyak permohonan menjadi editor yang disetujui tanpa menyinggung riwayat pengembalian suntingan vandal. Memang, pengembalian suntingan vandal termasuk dalam kriteria editor, tetapi seberapa efektifkah kriteria ini? Kenyataanya hanya ada 6 kriteria yang digunakan dalam penilaian suatu pengguna yang mengajukan diri. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 5 Oktober 2018 09.42 (UTC)

Tech News: 2018-40

1 Oktober 2018 17.34 (UTC)

Tech News: 2018-41

8 Oktober 2018 23.38 (UTC)

Templat:Halaman Utama/Modul partisipasi

Bagaimana jika pengisian artikel-artikel di sana berdasarkan Templat:Recent changes article requests/list alih-alih pemilihan artikel secara pribadi? Dahulu pengisian artikel masih menggunakan Templat:Recent changes article requests/list, tetapi saat ini berganti menjadi pemilihan secara pribadi. Sayangnya Templat:Halaman Utama/Modul partisipasi tidak bisa disunting selain pengurus dan tidak banyak pengguna yang tahu Templat:Recent changes article requests/list, jadi bagaimana?

Mengundang Glorious Engine dan Mimihitam yang sering memperbarui daftar artikel. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 10 Oktober 2018 05.32 (UTC)

Kata Mimi, pemilihan artikel di MP disaring berdasarkan pada kelayakan artikelnya (bebas tag, sumbernya jelas, dlsb) sementara kalo di RCAR itu ada yang kena tag lho. Info aja --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2018 05.34 (UTC)
Jika masalahnya demikian, mestinya artikel yang dirasa bermasalah karena kelayakan dan/atau dipasang tag tertentu dapat dihapuskan dari Templat:Recent changes article requests/list kan? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 10 Oktober 2018 06.41 (UTC)
Monggo aja kalo mau menghapus artikel yang dianggap bermasalah dalam RCAR --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2018 06.45 (UTC)

Tech News: 2018-42

15 Oktober 2018 22.40 (UTC)


Bahasa

Regulasi Perlindungan Data Umum

Artikel Regulasi Perlindungan Data Umum (tentang aturan GDPR Uni Eropa) harusnya berjudul Regulasi Umum Perlindungan Data karen yang bersifat umum di sini regulasinya, bukan datanya. Bisa dilihat pada nama-nama bahasa resmi UE yang menganut hukum D-M seperti b. Perancis (Règlement général sur la protection des données bukan Règlement sur la protection des données générales). RXerself (bicara) 11 September 2018 16.30 (UTC)

Setuju Setuju Saya juga baru sadar setelah melihat judul-judul di Wikipedia lainː Edictum Generale de Protectione Datorum, Reglamento General de Protección de Datos, Regulamento Geral sobre a Proteção de Dados, Regolamento generale sulla protezione dei dati. Tetapi ada juga judul artikel yang penamaannya seperti WBI, yaituː Peraturan Perlindungan Data Umum, Ĝenerala Datum-Protekta Regularo. Ilham Cahyo Nugroho Obrolan I'am 12 September 2018 06.23 (UTC)
Dalam hukum Uni Eropa, regulasi dalam bahasa-bahasa resmi Uni Eropa dianggap berkedudukan sama, jadi yang harus dilihat adalah bagaimana regulasi itu disebut dalam bahasa-bahasa resmi di Uni Eropa dan jangan melihat dari bahasa yang bukan (seperti bahasa Melayu atau Basque). Dari sini bisa dilihat berbagai nama resminya. Seperti yang sudah dikatakan oleh RXerself, memang benar yang dianggap umum adalah regulasinya, bukan perlindungan datanya. Cuma versi Jermannya aja yang memakai istilah berbeda, Datenschutz-Grundverordnung alias "Regulasi Dasar Perlindungan Data." Kalau begitu saya pindah ya ke Regulasi Umum Perlindungan Data  Mimihitam  12 September 2018 09.28 (UTC)
Selesai Selesai -- RXerself (bicara) 12 September 2018 16.47 (UTC)
@Ilham151096: Peraturan Perlindungan Data Umum mungkin salah terjemahannya (sama seperti WBI), sedangkan Ĝenerala Datum-Protekta Regularo sepertinya bahasa MD, jadi memang urutan yang benar begitu (sama seperti bahasa Inggris). Saya simpulkan Basque bahasa DM karena di halaman itu Uni Eropa disebut sebagai Eŭropa Unio (sesuai urutan bahasa inggris) bukan Uni Eropa seperti bahasa Indonesia, Prancis dan sebagainya. HaEr48 (bicara) 12 September 2018 19.42 (UTC)

Janasuci

Saya lihat di Facebook Gereja Ortodoks Indonesia mereka lebih sering memakai kata "Janasuci" untuk padanan "Saint" ketimbang Santo/Santa yang biasa dipakai dalam Gereja Katolik. Kalau gitu apakah Wikipedia bisa pakai padanan Janasuci saja karena tak lebih neologisme ketimbang Santo/Santa. Alih-alih mungkin kata orang kudus/suci yang lebih umum. Atau mungkin minim padanan "Janasuci" perlu saya pakai khusus buat orang-orang kudus dalam Gereja Timur saja karena nampaknya mereka lebih lowes memakai padanan tersebut, sementara untuk orang-orang kudus dalam Gereja Barat tetap dipertahankan dengan padanan "santo/santa". Seperti kata "missionary", kalo dalam ranah Kristen dipadankan dengan kata "misionaris" tapi dalam ranah Islam dipadankan dengan kata "dai/wali" (CMIIW). Sementara untuk orang-orang kudus pada ranah yang lebih umum atau orang-orang kudus yang diakui oleh Gereja Barat maupun Timur bisa disebut dengan padanan "orang kudus/suci". --Glorious Engine (bicara) 15 September 2018 05.49 (UTC)

Di KBBI ada santo dan santa tapi tidak ada janasuci. HaEr48 (bicara) 18 September 2018 05.47 (UTC)
Nope, kalo untuk beberapa kelompok agama memang seringkali memakai istilah mereka sendiri alih-alih istilah umum. Kayak di situs Buddha misalnya yang lebih memakai kata Vihara & Bhiksu alih-alih Wihara & Biksu. Kalo menurut pengakuan pemilik Facebook-nya, "Jana = orang, suci = kudus / suci" --Glorious Engine (bicara) 18 September 2018 05.57 (UTC)

"au" vs "o" dan "pelat" vs "plat" dan lainnya

Beberapa suntingan oleh Penhh:

Taylor 49 (bicara) 21 September 2018 10:19 (UTC)

@Taylor 49 mengenai ejaan yang tepat bisa diperiksa di kateglo.com. Terima kasih.  Mimihitam  28 September 2018 22.37 (UTC)
Menurut "kateglo.com" ejaan yang benar hanya "autopsi" (bukan "otopsi"). Apakah halaman harus dipindahkan ke "Autopsi"? Tetapi terjemahan "EN:astronaut" bisa "astronaut" atau "astronot". "kateglo.com" juga tidak tahu apakah terjemahan "EN:automatic" yang benar "automatis" atau "otomatis" atau "automatik" atau "otomatik". Taylor 49 (bicara) 1 Oktober 2018 10.28 (UTC)

Kulak & Tengkulak

Saya mau nanya, apakah kulak & tengkulak itu ada hubungannya ? Sama-sama soal pertanian masalahnya --Glorious Engine (bicara) 23 September 2018 10.04 (UTC)

Beda. Kulak itu istilah bahasa Rusia yang mengacu kepada golongan petani yang jadi cukup makmur berkat reformasi Stolypin, dan kelak mereka dimusnahkan sama Stalin, sementara tengkulak artinya rentenir. Hati2 dengan "false friends", dua istilah yang terdengar mirip belum tentu punya etimologi yang sama, seperti gift dalam bahasa Inggris artinya hadiah, tapi Gift dalam bahasa Jerman artinya racun. (Mimihitam malas log in) – komentar tanpa tanda tangan oleh 2001:62a:4:431:b513:9e06:5933:9403 (bk) pada 10:07, 26 September 2018 (UTC).– komentar tanpa tanda tangan oleh Mimihitam (bk) pada 10:07, 26 September 2018 (UTC).

Kapal boat terbang

Mau tanya, terjemahan bahasa Indonesia yang tepat untuk flying boat apa ya?
PS:Summon sepuh militer @Mimihitam:,@Dragunova:, @Haditahir:, @Serenity:
Terima kasih. flixwito ^(•‿•)^ 29 September 2018 16.17 (UTC)

Menurut Kateglo, flying boat diterjemahkan perahu terbang. Saya sudah memindahkan artikel tersebut ke judul yang benar. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2018 05.00 (UTC)
@Hanamanteo: Ok, terima kasih gan. flixwito ^(•‿•)^ 5 Oktober 2018 16.53 (UTC)

Distrik elektoral & Dapil

Saya lihat artikel-artikel pemilu di Indonesia memakai kata "daerah pemilihan/dapil" untuk divisi2 pemilu. Kalo gitu boleh tidak saya ubah kata distrik elektoral yang biasa dipakai dalam artikel2 pemilu luar negeri dengan kata "daerah pemilihan/dapil" biar nggak neoglotisme gitu --What a joke (bicara) 5 Oktober 2018 12.33 (UTC)

@What a joke ganti saja. Contohnya "Hungary (European Parliament constituency)" diterjemahkan jadi "Hongaria (daerah pilih Parlemen Eropa)" alih-alih "konstituensi".  Mimihitam  5 Oktober 2018 16.50 (UTC)

Panduan penerjemahan

Buat yang hobi/tertarik menerjemahkan: @Glorious Engine:, @Veracious:, @Hanamanteo:, @AMA Ptk:, @Adeninasn:

Memanggil juga para sesepuh kalau misalkan ada waktu: @Meursault2004:, @IvanLanin:, @Sentausa:

Tambahan: @Farras:, @HaEr48:

Mengingat kemarin baru saja terjadi insiden "periksa terjemahan", saya telah memperbaharui halaman panduan dalam menerjemahkan artikel yang terakhir disusun pada tahun 2007. Silakan ditambahkan kalau dirasa ada yang kurang/keliru.

Atas perhatiannya saya haturkan terima kasih.  Mimihitam  5 Oktober 2018 17.11 (UTC)

Sudah saya tambahkan 2 poin, cuman mungkin yang bagian soal neologisme perlu disempurnakan mengingat perkara ini sering banget dipermasalahin ama M. Adiputra --Glorious Engine (bicara) 6 Oktober 2018 04.07 (UTC)

Oke Mas @Mimihitam:, terima kasih untuk panduannya. Maaf baru dibaca :) --Adeninasn (bicara) 8 Oktober 2018 15.46 (UTC)

Penyingkapan

Saya lihat SSY menerjemahkan Wahyu kepada Yohanes menjadi Penyingkapan kepada Yohanes. Apakah info ini perlu ditambahkan atau tidak usah mengingat cangkupannya hanya pada SSY dan bukannya Kristen mainstream ? --Glorious Engine (bicara) 8 Oktober 2018 08.21 (UTC)

kosakata teknologi

adakah kumpulan kosakata dalam berbagai istilah di dalam teknologi yang udah disepakat? Jangan diklik (bicara) 15 Oktober 2018 13.26 (UTC)

Berita

Lain-lain


Sedikit pandangan bagi teman² Wikipediawan

Kepada seluruh Wikipediawan, sesungguhnya saya ada sedikit harapan. Begini, akhir² ini banyaklah saya lihat artikel terjemah-"sadur" yang diterjemahkan jadi bahasa Indonesia dan ingin dicalon jadi AP. Kepada semua, hendaklah kita menjadi selektief dan hati². Tiada patutlah bagi kita untuk asal "Setuju" belaka. Artikel itu minimal, bacalah dulu sekurang²nya sekali. Sebab, boleh jadi dalam penulisannya rupanya terjemah mesin yg belum lagi diedit. Tiada pantas AP itu terbuat daripada karangan terjemahan mesin belaka. Katakan "Tidak Setuju" ya terus terang saja, apatah lagi di Wikipedia perihal kita setuju dan tak setuju ialah bebas. Terima kasih semua. Selamat siang. Wassalam. --AMA Ptk (bicara) 15 September 2018 06.53 (UTC)

Ya makanya mbok ya halaman usulan AP/DP-nya WBI mbok ya dibikin kek FAC/FLC-nya en.wiki kek dimana ada user2 yang giat melakukan review secara reguler tapi sering bikin argumen yang panjang2. Misalnya kek Nikkimaria gitu yang giat memeriksa lisensi gambar pada FAC misalnya. Lha kalo disini yang ngasih suara juga terbilang jarang (sekarang mungkin dah agak rame ya, tapi dulu banget kagak), makanya permintaan suara juga bisa bebas bahkan kepada para pengguna yang sekadar bisa ngasih suara tapi belum sempet melakukan review ke usulan AP/DP itu sendiri. --Glorious Engine (bicara) 15 September 2018 12.58 (UTC)
Kalau Si Glorious Engine yang mengusulkan, pasti saya baca dahulu. Tapi yang agak menjengkelkan, ya kualitas terjemahannya. Kalau ada 2–3 kesalahan ya masih dimaklumi. Kalau terjemahannya kebanyakan ngaco? Apakah memang sudah dibaca/periksa sebelum mengusulkan? Sudah pernah saya ingatkan, tapi tidak bertaubat juga. Jangan terbiasa menerjemahkan pakai mesin, sekadar copy-paste, tidak dibaca/periksa lagi. Masih lebih baik kalau artikelnya dibaca ulang setelah diterjemahkan pakai Google Translate. Seharusnya, sebagai penutur bahasa Indonesia, kita tahu bagaimana susunan kata-kata yang nyaman dibaca, bukan? -- Adiputra बिचर -- 16 September 2018 04.49 (UTC)
Buat semua yang memiliki kekhawatiran serupa, saya undang untuk ikut bergabung dalam ProyekWiki Perbaikan Terjemahan. Sejauh ini saya merasa puas dengan hasil pemeriksaan artikel Josef Stalin, Vincent van Gogh, dan Abad Pertengahan yang telah dilakukan secara gotong royong. Akan semakin baik jika semakin banyak yang membantu memeriksa, tapi mungkin kalau di sini ada yang lebih berminat untuk membaca, saya undang untuk membantu kami melakukan copyedit untuk mencari kesalahan-kesalahan ketik yang kecil dan juga agar gaya bahasanya alami dan koheren. Terima kasih atas perhatiannya.  Mimihitam  16 September 2018 20.11 (UTC)
Saran aja Mi, gimana kalo sekalian aja bikin proyek macem WikiLatih gitu tapi tugas para pesertanya bukan bikin artikel, tapi koreksi terjemahan pada artikel yang sudah ada. Dengan kayak gini kan membantu daripada tugasnya bikin artikel tapi malah (maaf) menyusahkan karena nggak diajarin juga cara meng-interwiki-kan ke Wikidata sama panitianya. --Glorious Engine (bicara) 17 September 2018 02.41 (UTC)
Hmmm... Mengusulkan koreksi terjemahan pada artikel yang sudah ada, tapi mengapa memeriksa hasil terjemahan mesin saja masih enggan? Oh, ironi... -- Adiputra बिचर -- 17 September 2018 06.19 (UTC)
@Glorious Engine kalau mau diusulkan saja ke WMI, tapi menurut saya sih akan sulit diimplementasikan karena belum banyak orang Indonesia yang mahir bahasa Inggris, terutama untuk membaca teks-teks yang rumit. Contohnya dulu pernah ada pelatihan dengan pengguna2 yang menulis artikel dgn menyadur dari Britannica.. beberapa lumayan kacau terjemahannya.  Mimihitam  17 September 2018 06.32 (UTC)
@Mimihitam: Ditentukan saja pesertanya. Misal terdiri dari guru-guru bahasa Inggris, mahasiswa-mahasiswa sastra Inggris, atau mahasiswa-mahasiswa asing dari jurusan sastra Indonesia.
@M. Adiputra: Lho, saya nih kalo nerjemahin artikel abis itu saya baca berulang kali lho, apalagi kalo sejalan sama peminatan saya. Tapi entah kenapa saya nggak liat ada yang ganjal, paling masalah typo doank. Meskipun saya masih merasa bahwa penerjemahan saya masih perlu diperiksa, tapi saya nggak tau bagian mana yang perlu diperiksa, setidaknya dari sudut pandang saya saja, saya sudah merasa sudah mewakili padanannya, meskipun saya yakin mungkin saja ada pengguna lain yang mungkin punya padanan yang lebih baik, tapi saya kurang tau apa. Contohnya saja kayak review film sama quote gitu, sering banget pake istilah-istilah baru. Ibaratnya kayak ada kecelakaan lah, orang awam mah nolongnya ya paling banter pake P3K, tapi kalo penanganan lebih lanjut ya harus dibawa ke dokter bedah. --Glorious Engine (bicara) 17 September 2018 07.02 (UTC)
Di pesan saya sebelumnya sudah tertulis bahwa sebagai penutur bahasa Indonesia, kita [seharusnya] tahu bagaimana susunan kata-kata yang nyaman dibaca, bukan? Sayangnya, artikel yang Anda usulkan seringkali kena tag periksa terjemahan. Agar tahu letak kesalahnnya, cermati saja perbandingan revisi artikel tersebut, sebelum dan sesudah diperbaiki. -- Adiputra बिचर -- 18 September 2018 01.26 (UTC)
Dari Wikimedia tidak setuju kalau acara WikiLatih hanya memeriksa artikel hasil terjemahan saja. Selain alasan yang telah disebutkan @Mimihitam: di atas, hal itu juga tidak sesuai dengan harapan partner kerjasama kami. Perlu diketahui, mengajari awam menyunting dengan visual editor saja masih banyak kesulitan, apalagi mau disuruh teknis macam Wikidata. RaymondSutanto (bicara) 18 September 2018 04.21 (UTC)
Glorious Engine, masalah Anda sudah wujud sejak 5 tahun yang lalu atau bahkan lebih. Anda melakukan hal yang sama saja, mengembangkan artikel dengan menggunakan terjemahan mesin (atau mungkin terjemahan awuran berdasarkan pemikiran Anda?), lalu langsung mengusulkan artikel itu menjadi AP dan DP, menganvas banyak halaman pembicaraan pengguna, dan kemudian terburu-buru menutup diskusi ketika sudah seminggu sejak pengusulan. Saya tidak tahu apakah Anda pernah meminta bantuan kepada pengguna yang lebih mahir bahasa Inggris sebelum Anda mengajukan artikel tersebut. Dan tiba-tiba Anda malah menyalahkan saya dan pengguna lain hanya karena mereka tidak mengingatkan Anda sebelumnya? Jangan-jangan, sampai Indonesia menjadi negara maju pun, Anda masih melakukan hal yang sama juga. Semoga apa yang saya rasakan ini salah. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 September 2018 07.43 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Mengembangkan artikel dengan menggunakan terjemahan mesin --> Awal-awal kek macem Laika & Thich Quang Duc sih iya, tapi dari itungan Luo Yixiu saya sudah kurang pake Google Translate sampe kurang dari 1/4-nya karena saya sudah agak ngerti banyak istilah Inggris.

Langsung mengusulkan artikel itu menjadi AP dan DP --> Nggak semua, contoh kayak Mumbai & Johor Bahru bertahun-tahun nggak saya birukan atau usulkan sejak pembuatannya. Pengusulan ditentukan dari cepat tidaknya suatu artikel bisa saya birukan.

Menganvas banyak halaman pembicaraan pengguna --> Lha wong halaman pengusulannya saja dulu jarang dikunjungi kok. Kalo halaman pengusulannya ada pengunjung setianya paling enggak 3 orang aja udah pasti nggak ada ceritanya lagi orang perlu capek-capek ngasih undangan. Kayak pengusulannya Anne Frank misalnya, nggak pake undangan saja bisa 3 pengguna ngasih suara lho.

Terburu-buru menutup diskusi ketika sudah seminggu sejak pengusulan --> Ini tradisi justru dimulainya dari Hanamanteo sendiri lho yang sering nutup usulan dalam jangka seminggu. Saya sendiri cuman ikut-ikutan. Awal-awalannya justru pada pengusulan Thich Quang Duc saya pertahankan selama 1 bulan lho. Apa perlu pengusulan saya yang terkini dikembalikan ke tempo selama 1 bulan lagi ?

Saya tidak tahu apakah Anda pernah meminta bantuan kepada pengguna yang lebih mahir bahasa Inggris sebelum Anda mengajukan artikel tersebut. --> Nah ini, awal-awalannya kan saya bantu-bantu nambahin jumlah AP kan lewat pembiruan artikel-artikel berpotensi yang sudah ada kek cem Penyatuan Jerman, Dinasti Tang & Kekaisaran Brasil buatannya Mimihitam. Trus karena berpikir bahwa hanya bergantung pada artikel berpotensi yang sudah ada kemungkinan bakalan mentok, maka saya mulai menawarkan pengembangan artikel-artikel yang sudah jadi AP ke sejumlah pengguna (bisa dicek kok di riwayat-riwayat pembicaraan pengguna), tapi entah kenapa yang bersedia cuman sedikit, dalam hal ini cuman Dikaalnas, Agung.karjono & Ign christian. Nah saya mikir lagi bahwa hanya bergantung pada dari penawaran pengembangan terhadap pengguna lain juga punya kekurangan, yakni selain potensi keaktifannya yang kurang, juga bergantung pada peminatan pengguna tersebut, jadinya kalo nggak minat ya nggak diambil. Dan pada akhirnya saya kembangin artikel & daftar sendiri. Nah, pas tahap pengembangan & pembiruan tersebut saya sering lho minta periksa terjemahan ke pengguna lain, tapi ya kembali lagi, sedikit yang berminat. Contoh nih ya artikel yang bener-bener diperiksa terjemahannya tuh 95 Tesis yang dilakukan oleh Ign christian, mungkin karena memang peminatannya kali ya. Cuman ya seiring berjalannya waktu untunglah sih sekarang ada sejumlah pengguna yang melakukan pengembangan artikel juga selain saya, contoh ya kayak Japra Jayapati dengan artikel Dahagi di atas Bounty.

Jadi sih nih ya, ini kembali lagi, bergantung pada pilihan saja: Pengguna lain mengembangkan artikel & tinggal saya yang birukan atau Saya yang mengembangkan & membirukan artikel & Pengguna lain tinggal memeriksanya saja.

--Glorious Engine (bicara) 18 September 2018 13.11 (UTC)

Vandal lolos

Saya perhatikan kalau malam2 patroli, banyak sekali vandal dari anon dan pengguna baru yang lolos. Maka dari itu saya usulkan kepada yang aktif lihat perubahan terbaru: @Bagas Chrisara, Veracious, Rachmat04, Pierrewee, dll, agar perubahan barunya difilter supaya yang terlihat hanya anon dan pengguna baru saja. Menurut saya kalau difilter begini, insiden vandal2 nakal yang lolos bisa diminimalisasi. Terima kasih.  Mimihitam  24 September 2018 20.28 (UTC)

Tetapan filter saya baik siang maupun malam adalah: Anon + Pengguna baru + No bot. Tetapi untuk malam hari saya biasanya hanya periksa sedikit saja (ritual sebelum tidur :v) flixwito ^(•‿•)^ 29 September 2018 16.12 (UTC)
@flixwito kalau ada waktu pas malam2 sebelum tidur dicek lagi sampai 500 ke ujung2 bawah, kadang suka ada satu atau dua yang lolos. Terima kasih.  Mimihitam  30 September 2018 08.08 (UTC)

Berkaca dari Wikipedia bahasa daerah

Saya heran, kenapa WBI tidak seperti di Wikipedia bahasa Jawa. Saat saya pertama kali rintis artikel saja disana, nggak berapa lama beberapa pengguna berbondong-bondong membetulkan kosakata yang saya buat lho. Contoh:

Begitupun dengan Rachmat04 yang bisa langsung membetulkan kata Modul partisipasi menjadi Jak tateumuléh di Wikipedia bahasa Aceh.

Lha kalo disini pemeriksaannya saja malah baru dilakukan saat artikelnya diusulkan dan bahkan pada saat artikelnya sudah punya status AP/DP. Padahal coba liat deh pada tiap artikel yang saya kembangkan, saya per kali nyunting aja paling banter 1 paragraf lho & itu pun masih ada kesempatan pengguna lain untuk memeriksanya. Harusnya kan pas saya kembangin 1 paragraf pada artikel pengembangan, maka ada orang yang paling enggak memeriksanya langsung seperti di WBJ dan WBA. Ya paling enggak seperti yang dilakukan Mimihitam pada artikel Isis atau Ign christian pada artikel 95 Tesis lah. Padahal apa susahnya juga jika pengembangan per 1 paragraf tiap kali sunting trus yang periksa paling berapa menit sih.

Tapi realitanya, tak satupun yang membetulkan bahkan dalam tempo bertahun-tahun pun nggak ada dan pada akhirnya malah menumpuk pada ProyekWiki Periksa Terjemahan kan. Dan ya paling enggak bisa lah meniru seperti Wikipedia-wikipedia bahasa daerah yang bisa langsung melakukan pembetulan kosakata. Apa mungkin para Wikipediawan lebih suka melakukan pemeriksaan langsung dalam bahasa daerahnya sendiri alih-alih bahasa nasionalnya ? Padahal tanpa penerjemahan dilakukan pada Wikipedia bahasa nasional, kemungkinan nggak akan langsung diterjemahkan ke bahasa daerah lho, kecuali kalo emang ada pengguna yang bisa menerjemahkan dari bahasa internasional ke bahasa daerah atau bahasa daerahnya sendiri jadi bahasa nasional kayak bahasa Melayu. Di luar proyek aja nih artikel Park Chung Hee masih ada yang menerjemahkan Park menjadi Taman padahal Park itu sendiri nama, bukan ejaan harfiah --What a joke (bicara) 26 September 2018 06.00 (UTC)

Saya ngerti dengan kekesalannya. Tapi saya lihat di link2 yang kamu kasih itu biasanya koreksinya cuma satu kalimat atau satu baris, sementara di sini yang perlu dikoreksi adalah artikel2 sangat panjang. Kalau kamu coba pakai terjemahan mesin dari Indonesia ke Jawa untuk artikel2 panjang dan lalu masukkan ke sana (catatan: saya tidak bilang kamu pakai terjemahan mesin loh ya, saya bisa lihat kamu memang nggak pake terjemahan mesin), saya rasa mereka di sana akan kewalahan juga. Salam.  Mimihitam  26 September 2018 08.03 (UTC)
Saya tidak melirik soal panjang pengkoreksiannya, saya melihat disini adalah kesigapan dari pengguna setempat dalam menyempurnakan hasil terjemahan disana dalam waktu kurang dari sehari, bahkan sejam, tanpa perlu diberi tag periksa terjemahan. Ini juga terjadi pada artikel Si Tjonat yang dikembangkan Hanamanteo di ms.wiki. Kemudian juga artikel ms:Katsudo Shashin, ms:Hasan al-Kharrat & ms:We Can Do It! yang lebih dulu dibuat disini, mereka juga mengembangkannya disana, tapi sesambil juga melihat versi en.wiki sehingga bisa lebih disempurnakan dengan bahasa mereka, kendati untuk yang We Can Do It! mereka sendiri tidak turut menyempurnakan versi WBI-nya. Lha saya sendiri kalo ada artikel rintisan tanpa sumber atau bagaimana yang ada padanannya di en.wiki langsung dikasih sumber & dikasih tambahan berkas atau isi, alih-alih dihapus (contoh Hasduk sama Madu hitam). Intinya sih masalah kesigapannya bahkan hanya untuk menyempurnakan kosakata yang dipakai (misal soal kata "julukan saka awu gunung berapi" diganti jadi "araning méga wutahané gunung geni", maklum saya sendiri nggak terlalu bisa bahasa "Kanji"-nya Jawa (Jawa Kromo), bisanya bahasa "Hiragana"-nya Jawa (Jawa Ngoko) --What a joke (bicara) 26 September 2018 11.03 (UTC)
Dulu mas Revi kayaknya ngizinin deh nulis pake Ngoko asalkan konsisten.. kayak artikel Matahari di WP Jawa setau saya pertama kali diterjemahin jadi Ngoko.. tapi nggak tahu juga deh, mungkin kebijakannya sudah diubah. Poin saya, di Wiki Jawa yang langsung dibenerin itu kalimat atau baris pendek, jd ga sebanding sama artikel2 panjang, dan kalau mau cari contoh kyk gitu di WBI sebenarnya banyak juga kok. Kalau di Melayu bisa cepat mbenerin ya bagus lah, tapi ada juga yg nggak langsung dibenerin kyk ms:Paus Sei yang diterjemahkan dari versi lama di WPID yg terjemahannya ngawur.. poinnya di sana yg perlu dibetulkan nggak sebanyak di sini, makanya mungkin mereka lebih sigap.. kalau yg dikeluhkan itu kenapa nggak dari awal distop sblm terjemahannya menumpuk di sini, ya itu memang salah kita semua nggak ada yang pernah menyimak artikel2nya.. padahal sudah berulangkali dicalonin jd AP. Makanya saya setuju sama usulan perombakan dari HaEr48, karena sistem voting mendorong orang untuk lihat panjangnya saja dan apakah setiap paragraf ada rujukannya, tanpa dibaca isinya dan tanpa dilihat format rujukannya sudah lengkap dgn halamannya atau belum atau rujukannya rujukan yg komprehensif dan layak atau tidak.
Saya sendiri juga menyesal kenapa nggak lebih tegas dari awal sewaktu kamu nyalonin Kudeta Guatemala 1954, karena saya sudah curiga waktu itu, tapi saya nggak mau main bertindak saja tanpa membaca secara komprehensif. Tapi ya sudah lah, liat positifnya aja, sekarang artikel macam Josef Stalin, Abad Pertengahan, dan Vincent van Gogh jadi lengkap dan bagus.  Mimihitam  26 September 2018 18.20 (UTC)
Sekali lagi saya bukan ngomongin soal artikel2 panjang tapi ngomongin artikel rintisan, sekali lagi artikel rintisan. Gini, kan mau itu artikelnya panjang sejagat kayang kek atau artikelnya tetep pendek kek, pasti mulanya berwujud artikel rintisan to. Alih-alih menyoroti soal pengusulan AP, mending sorotin aja dari ujung akarnya itu sendiri, yaitu dari rintisan-rintisan artikelnya. Nah, masalahnya sendiri pada Wikipedia2 bahasa daerah sendiri para penggunanya banyak yang lebih sigap dalam hal menyempurnakan kosakata yang dibuat (contoh sudah saya tampilkan di atas) Bahkan para pengguna itu sendiri juga merupakan pengguna WBI tapi malah nggak terlalu memperlihatkan taringnya disini sebagaimana di Wikipedia bahasa daerah. Sementara untuk di WBI sendiri, kok kesannya lebih loyo, baik itu untuk artikel rintisan dan bahkan artikel ... (udah saya nggak usah jelasin lagi ya, nanti ndak melebar lagi) Nih saya kasih contoh lagi: Booza dan Holyland Model Yerusalem. --Glorious Engine (bicara) 26 September 2018 19.19 (UTC)
Tambahan: Oh ya, mungkin dengan adanya penyempurnaan kosakata rutin pada artikel-artikel rintisan (urusan artikel... coba digantung dulu) kayak di Wikipedia2 bahasa daerah juga nanti menarik minat pada bahasa Indo, kayak di Wikipedia Gorontalo misalnya, si Marwan Mohammad bersedia gitu ngasih tau beberapa istilah Gorontalo jadinya Mimi bisa ikut juga membuat artikel disana kan. Bukannya malah acapkali menghapusnya (kecuali untuk kasus2 "tak tertolong") tapi tidak juga dengan mengabaikannya. --Glorious Engine (bicara) 26 September 2018 19.34 (UTC)
Jumlah rintisan yang perlu diperbaiki di sini juga jauh lebih banyak sejujurnya daripada kedua Wiki tersebut. Seperti yang saya bilang, kalau mau dicari contoh ada yang mbetulin rintisan di sini juga banyak kok contohnya. Tapi karena jumlah yang harus diperbaikinya jauh lebih banyak daripada di kedua wiki tersebut, ya wajar kalau terkesan loyo. Ngomong2 itu yang bikin dua artikel itu sudah pernah saya blokir dan hapus massal artikelnya karena dia dalam sehari bisa spamming 10 artikel pakai mesin penerjemah yang sama sekali nggak disesuaikan (alias "nggak ketolong"). Kalau 10 x 7 hari sudah jadi 70, wajar aja kalau terkesan loyo kalau sebanyak itu yang mesti dibenerin. Belum lagi gara2 fitur Translate sekarang jadi banyak yang suka pake Yandex.Translate tanpa diolah lebih dulu (saya sudah komplain ke pengembangnya, nanti katanya di versi baru akan distop kalau ada yang menerbitkan terjemahan tanpa diolah secara signifikan). Kalau mau diberesin masalah ini dari akar2nya, silakan saja kamu prakarsai ProyekWikinya, kalau saya pengennya fokus ke artikel2 panjang dulu. Kalau soal pengusulan AP, itu proyeknya HaEr48, saya cuma mengomentari aja dan memberikan masukan.  Mimihitam  26 September 2018 19.41 (UTC)

Spammer link

Buat yang hobi pantau perubahan terbaru: @Bagas Chrisara, Veracious, Rachmat04, Pierrewee, RaymondSutanto, Hanamanteo dll, tolong direvert kalau ada yang hobi menambahkan link nggak jelas sebagai citation (seperti dari situs "pojokfakta" atau sejenisnya), karena saya baru menemui ada lusinan siluman yang ngespam link2 website mereka untuk promosi (bisa dilihat di kontribusi dan log pemblokiran saya). Saya sedang bersihkan semuanya sekarang, tapi untuk ke depannya mohon bantuannya untuk merevert tukang promosi semacam ini. Terima kasih.  Mimihitam  30 September 2018 09.19 (UTC)

@Mimihitam: Kalau jitunews termasuk juga ya? Trims. flixwito ^(•‿•)^ 30 September 2018 09.26 (UTC)
@flixwito termasuk. Pokoknya yang asal-asalan menambahkan citation dari website yang tidak terandalkan/terpercaya tanpa penambahan konten/penyesuaian yang jelas.  Mimihitam  30 September 2018 09.27 (UTC)
Tadinya saya pikir itu juga spam. Tapi, kalau dilihat lagi dan diklik pranala situsnya, memang ada lho situsnya (saya sudah cek di beberapa artikel). Apalagi dia menambah-nambahkan rujukan di artikel-artikel kesenian daerah Indonesia yang memang jarang sekali diulas media massa. Masalah situsnya kurang kredibel atau bagaimana, ya seperti yang saya bilang tadi, kesenian daerah Indonesia memang jarang diulas oleh media besar. RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 05.26 (UTC)
@RaymondSutanto Situs2nya memang ada, tapi menurut saya situs2nya termasuk situs abal-abal, dan cara penambahannya nggak seperti pengguna berniat baik yang hanya pakai satu akun untuk berkontribusi. Dia punya lusinan siluman (semua sudah saya blokir), semuanya menambahkan pada saat yang sama pada pukul 03:00 pagi tanggal 27 September (ada kemungkinan pakai bot). Kalau begini sudah tidak bisa diasumsikan "berniat baik" lagi.  Mimihitam  1 Oktober 2018 08.06 (UTC)
Nah itu, tadinya juga mau saya tanyai ke salah satu akun tersebut (tapi tidak jadi karena malas), apakah sedang ada program khusus di Wikipedia atau apa. Karena arah suntingannya sebenarnya berniat baik sih (menambahkan rujukan) meski ke situs-situs yang terhitung abal. Dan situsnya tidak hanya satu, tapi ada beberapa macam. Kalau tujuannya mau nyepam 'kan pada umumnya ke satu situs yang sama. Tambahan, akun-akun itu juga tidak menambahkan rujukan yang tujuannya "mengiklankan" produk tertentu. RaymondSutanto (bicara) 1 Oktober 2018 08.24 (UTC)
@RaymondSutanto Ada beberapa macam situs bukan berarti kredibel berniat baik loh.. yang hobi nyepam situs-situs judi dan togel juga situsnya "bermacam2", mungkin malah pemiliknya sama, cuma domainnya memang banyak banget. Lagipula menambahkan rujukan secara asal-asalan seperti itu tidak sesuai dengan esensi rujukan, yaitu memastikan kalau kalimat tertentu didasarkan pada sumber yang terpercaya. Tapi yah, dengan membuat lusinan siluman secara massal seperti itu dan semuanya beraksi pada waktu yang sama pada pukul 03:00 pagi (program macam apa yang beraksi pukul 03:00 pagi), sulit untuk tidak curiga kalau ada mesin yang terlibat di situ dengan niatan untuk meningkatkan traffic. Punya siluman sebanyak itu sendiri sudah cukup untuk memblokir semuanya secara massal. Mimihitam  2 Oktober 2018 22.20 (UTC)

Wikipedia Indonesia sudah punya?

Saya lihat wikipedia Indonesia belum memiliki daftar artikel teraneh dan menarik seperti milik Wikipedia sebelah: Unusual articles. Bagaimana, jika kita menciptakan daftar tersebut juga? Tentu saja, saya akan mengajukan 3 artikel ini:

Salam, Firman.Nst (bicara) 5 Oktober 2018 15.00 (UTC)

Wikipedia bahasa Indonesia sudah memiliki Wikipedia:Artikel-artikel yang tidak lazim. Anda dapat mengembangkan halaman tersebut dengan membuat lebih banyak lagi artikel-artikel yang belum ada di sana dengan menerjemahkan artikel yang ditampilkan di Wikipedia:Unusual articles. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 6 Oktober 2018 01.41 (UTC)
Terima kasih mas. Mungkin kita bisa nyontek wikipedia sebelah, untuk daftarnya.

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  13 Oktober 2018 19.05 (UTC)

Bulan Asia Wikipedia

November ini Bulan Asia Wikipedia akan digelar lagi. Panitia acara tahun lalu apakah ada yang tertarik untuk menggelarnya lagi? @Hiro Hamada 1 @Kenrick95 @Beeyan @RaymondSutanto.

Desember dan Januari kalau misalkan tidak ada halangan saya juga berencana akan mengadakan Tantangan Eropa lagi.

Mungkin kalau dua acara ini jadi diadakan, modul partisipasi di halaman utama bisa diganti jadi artikel-artikel bertopik Asia/Eropa yang belum ada di sini.  Mimihitam  6 Oktober 2018 13.06 (UTC)

Bagaimana jika lomba menulis artikel bertema Afrika, Amerika, dan Oseania diadakan juga? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 9 Oktober 2018 09.26 (UTC)

@Hanamanteo saya kepikiran untuk mengadakan Tantangan Afrika juga sih, mungkin suatu hari nanti.  Mimihitam  9 Oktober 2018 20.24 (UTC)

AlexNewArtBot

Saya ngasih saran aja bahwa gimana kalo WBI ngundang en:User:AlexNewArtBot atau bot sejenis buat ngumpulin laman-laman baru berdasarkan pada temanya (misal Politik, Kuliner, Film, dlsb) biar bisa diperiksa gitu sama pemeriksa yang meminati bidang tersebut (misal buat tema film bisa ngasih kesempatan untuk pengguna yang hobi ngunggah poster film) tanpa perlu menyaring dari Istimewa:Halaman baru. Cuman karena disini nggak seaktif di en.wiki, maka durasinya bisa dibedain gitu untuk tempo sebulan. --Glorious Engine (bicara) 10 Oktober 2018 14.49 (UTC)

pojokmuda.com

Tolong https://www.pojokmuda.com/ mbok diblacklist soalnya sering dijadiin spam. Sekalian saya mau tanya, tempat buat blacklist url tuh mana ya ? --Glorious Engine (bicara) 13 Oktober 2018 03.57 (UTC)

@Glorious Engine: Telah ditambahkan. Letaknya berada di sini. -- Bagas Chrisara (bicara) 13 Oktober 2018 05.30 (UTC)

Pengunggahan berkas

Saya mau tanya jika saya mau mengunggah gambar yang asalnya dari internet boleh tidak ya ?,kalau boleh bagaimana cara mengunggah dan apa jenis lisensinya? --Maulana Adhi NUgraha (bicara) 15 Oktober 2018 06.00 (UTC)Maulananugi58

@Maulananugi58: Bisa, namun resolusi gambar tersebut harus dikurangi di bawah ukuran 300x400 piksel, sesuai kebijakan penggunaan media nonbebas (WP:NFCC). Anda dapat mengunggah berkas di sini. Gunakan templat {{Non-free fair use}} untuk gambar kategori umum, serta berikan ringkasan berkas dengan menggunakan templat {{Non-free use rationale}}. Berkas berupa gambar yang melanggar lisensi dan tidak memiliki ringkasan akan dihapus jika ditemukan. Salam. -- Bagas Chrisara (bicara) 15 Oktober 2018 09.27 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/groups/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/groups/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.