Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Daftar isi

Kebijakan


Overview #2 of updates on Wikimedia movement strategy process

Note: Apologies for cross-posting and sending in English. This message is available for translation on Meta-Wiki.

As we mentioned last month, the Wikimedia movement is beginning a movement-wide strategy discussion, a process which will run throughout 2017. This movement strategy discussion will focus on the future of our movement: where we want to go together, and what we want to achieve.

Regular updates are being sent to the Wikimedia-l mailing list, and posted on Meta-Wiki. Each month, we are sending overviews of these updates to this page as well. Sign up to receive future announcements and monthly highlights of strategy updates on your user talk page.

Here is a overview of the updates that have been sent since our message last month:

More information about the movement strategy is available on the Meta-Wiki 2017 Wikimedia movement strategy portal.

Posted by MediaWiki message delivery on behalf of the Wikimedia Foundation, 9 Maret 2017 19.43 (UTC) • Please help translate to your languageGet help

Yang penting tidak yatim piatu dulu

Beberapa hari lalu, saya menyelesaikan proyek pribadi perintisan dan pengembangan artikel Miss Perancis yang pranala merahnya cukup banyak. Satu persatu, paranala merah itu saya birukan. Beruntung jika saya mendapatkan artikel yang cukup memadai, jadi saya tidak merasa bersalah. Sayangnya, di antara pranala merah yang saya birukan tersebut ada artikel dalam bahasa Inggris yang (bahkan) referensi dan pranala luarnya pun tidak ada, alias sangat tidak memenuhi kriteria kelayakan. Akhirnya, untuk mengapologikan keberadaan artikel tersebut, saya melakukan beberapa langkah yaitu berusaha agar artikel tersebut tidak yatim sama sekali. Di situ saya masukkan pranala wiki yang terkait dengan artikel lain (yang tentu saja sudah biru). Langkah selanjutnya, saat saya hendak menyimpan artikel terjemahan tersebut, saya menuliskan summary "yang penting tidak yatim dulu, lainnya menyusul". Yang penting semua pranala merah sudah biru semua.

Pertanyaan saya, apakah langkah saya ini dapat dibenarkan menurut kebijakan komunitas atau lebih baik menghapus pranala merah menjadi teks biasa agar artikel tidak dibebani oleh pranala merah. Lantas bagaiman dengan nasib artikel yang (bahkan) referensi dan pranala luarnya pun tidak ada tersebut? Sedangkan saya belum berhasil menemukan sumber terpercaya atas artikel itu. Terima kasih gigho (bicara) 21 Maret 2017 - 21.10 WIB

Start of the 2017 Wikimedia Foundation Board of Trustees elections

Please accept our apologies for cross-posting this message. This message is available for translation on Meta-Wiki.

Wikimedia-logo black.svg

On behalf of the Wikimedia Foundation Elections Committee, I am pleased to announce that self-nominations are being accepted for the 2017 Wikimedia Foundation Board of Trustees Elections.

The Board of Trustees (Board) is the decision-making body that is ultimately responsible for the long-term sustainability of the Wikimedia Foundation, so we value wide input into its selection. More information about this role can be found on Meta-Wiki. Please read the letter from the Board of Trustees calling for candidates.

The candidacy submission phase will last from April 7 (00:00 UTC) to April 20 (23:59 UTC).

We will also be accepting questions to ask the candidates from April 7 to April 20. You can submit your questions on Meta-Wiki.

Once the questions submission period has ended on April 20, the Elections Committee will then collate the questions for the candidates to respond to beginning on April 21.

The goal of this process is to fill the three community-selected seats on the Wikimedia Foundation Board of Trustees. The election results will be used by the Board itself to select its new members.

The full schedule for the Board elections is as follows. All dates are inclusive, that is, from the beginning of the first day (UTC) to the end of the last.

  • April 7 (00:00 UTC) – April 20 (23:59 UTC) – Board nominations
  • April 7 – April 20 – Board candidates questions submission period
  • April 21 – April 30 – Board candidates answer questions
  • May 1 – May 14 – Board voting period
  • May 15–19 – Board vote checking
  • May 20 – Board result announcement goal

In addition to the Board elections, we will also soon be holding elections for the following roles:

  • Funds Dissemination Committee (FDC)
    • There are five positions being filled. More information about this election will be available on Meta-Wiki.
  • Funds Dissemination Committee Ombudsperson (Ombuds)
    • One position is being filled. More information about this election will be available on Meta-Wiki.

Please note that this year the Board of Trustees elections will be held before the FDC and Ombuds elections. Candidates who are not elected to the Board are explicitly permitted and encouraged to submit themselves as candidates to the FDC or Ombuds positions after the results of the Board elections are announced.

More information on this year's elections can be found on Meta-Wiki. Any questions related to the election can be posted on the election talk page on Meta-Wiki, or sent to the election committee's mailing list, board-elections(at)wikimedia.org.

On behalf of the Election Committee,
Katie Chan, Chair, Wikimedia Foundation Elections Committee
Joe Sutherland, Community Advocate, Wikimedia Foundation

Posted by MediaWiki message delivery on behalf of the Wikimedia Foundation Elections Committee, 7 April 2017 03.36 (UTC) • Please help translate to your languageGet help

Mohon izin mewakili pengurus

Sepeprti saya usulkan beberapa waktu lalu, hari ini saya memberitahukan kepada pengurus, sekaligus mohon izin mewakili pengurus telah menutup (menolak) permohonan hak editor melalui pertimbangan dua pemeriksaan, dari saya dan Bagas Chrisara. Tujuan saya cuma untuk meringankan kerja pengurus, yaitu menolak permohonan tanpa campur tangan pengurus, tetap dengan merujuk kepada hikmat dan pertimbangan matang atas syarat yang melekat pada diri pemohon. Demikian, semoga para pengurus tidak merasa saya telah melangkahi. Terima kasih. Salam gigho (bicara) 3 Mei 2017 - 14.43 WIB

Prototype for editing Wikidata infoboxes on Wikipedia

Hello,

I’m sorry for writing in English. It’d be great if someone could translate this message if necessary.

One of the most requested features for Wikidata is to enable editing of Wikidata’s data directly from Wikipedia, so the editors can continue their workflow without switching websites.

The Wikidata development team has been working on a tool to achieve this goal: fill and edit the Wikipedia infoboxes with information from Wikidata, directly on Wikipedia, via the Visual Editor.

We already asked for feedback in 2015, and collected some interesting ideas which we shared with you in this thesis. Now we would like to present to you our first prototype and collect your feedback, in order to improve and continue the development of this feature.

We present this work to you very early, so we can include your feedback before and all along the development. You are the core users of this feature, so we want to make sure that it fits your needs and editing processes.

You will find the prototype, description of the features, and a demo video, on this page. Feel free to add any comment or feedback on the talk page. The page is currently not translated in every languages, but you can add your contribution by helping to translate it.

Unfortunately, I won’t be able to follow all the discussions on Wikipedia, so if you want to be sure that your feedback is read, please add it on the Wikidata page, in your favorite language. Thanks for your understanding.

Thanks, Lea Lacroix (WMDE)

Discussion on synced reading lists

CKoerner (WMF) (talk) 20 September 2017 20.35 (UTC)

Wikimedia Movement Strategy phase 2, and a goodbye

Hai,

As phase one of the Wikimedia movement strategy process nears its close with the strategic direction being finalized, my contractor role as a coordinator is ending too. I am returning to my normal role as a volunteer (Tar Lócesilion) and wanted to thank you all for your participation in the process.

The strategic direction should be finalized on Meta late this weekend. The planning and designing of phase 2 of the strategy process will start in November. The next phase will again offer many opportunities to participate and discuss the future of our movement, and will focus on roles, resources, and responsibilities.

Terimakasih, SGrabarczuk (WMF) (bicara) 30 September 2017 21.32 (UTC)

Usulan


Undangan diskusi

Halo para Wikipediawan yang terhormat, ada diskusi mengenai penerapan kebijakan HapusRevisi. Mohon berikan pendapat atau komentarnya disini. -ArdiPras95 (bicara) 12 Agustus 2017 01.55 (UTC)

Pulau Batu Garam

Dear All, Ada yang tahu Pulau Batu Garam di Kec. Palmatak, Kab. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau?
Saya menemukan artikel berbahasa Swedia dan Cebuano (bahasa daerah Filipina) tentang Pulau Batu Garam ini.

  1. sv:Batu Garam
  2. ceb:Batu Garam

Belum ada artikel bahasa Inggris & Bahasa Indonesianya. Mungkin ada yang bisa membuat artikel Bahasa Indonesianya?
--Agung Karjono (bicara) 24 Agustus 2017 02.08 (UTC)

Templat undangan diskusi artikel pilihan/artikel bagus/daftar pilihan

Hello, Gaes. Gue mau usul gimana supaya templat undangan diskusi pemilihan artikel pilihan/artikel bagus/daftar pilihan dilengkapi dengan pranala artikel yang bersangkutan dan pranala sunting undangannya? Gimana, gimaman, gimana? Soalna gini. Kalau gue dapet undangan nih mesti ngeklik beberapa kali. Pertama, gue klik undangannya, kedua gue klik artikel yang diusulkan (biasanya sih buka tab baru), setelah gue yakin nih artikel sreg di hati gue, gue balik ke undangan diskusi terus gue vote setuju atau nggak setuju. Jadi gitu, pranala artikel yang kita usulkan dicantumkan di undangan, termasuk pranala sunting diskusinya. Gue pernah mau ngedit templat undangan itu, tapi sampai sekarang belum nemu caranya. Lu yang punya waktu dan bisa tolong deh biar gak ribet dan makan quota koneksi. Salam, rahayu, sejahtera... (nih gue habis keselak biji salak atau gimana sih kok pakai bahasa kek ginian hahahaha) gigho (bicara) 14 September 2017 19.40 (WIB)

Saran perubahan Templat:Filsafat

Pada templat {{Filsafat}} menurut saya terdapat kekurangan yang dapat diperbaiki karena beberapa kategori tidak mencakup secara utuh tradisi kefilsafatan. Misalnya bagian cabang dalam terminologi kefilsafatan masih diperdebatkan paham yang mana yang didefinisikan menjadi cabang: entah trio basis filsafat (metafisika–epistemologi–aksiologi) atau pemisahan bidang studi umum–khusus. Sekaligus juga pembagian kronologis kefilsafatan perlu diubah. Ada saran yang bisa digunakanuntuk ini? Sevenorbs (bicara) 7 Oktober 2017 04.52 (UTC)

Halo, @Sevenorbs:. Jika dirasa {{Filsafat}} mesti diperbaiki, silakan diperbaiki saja. Dilihat dari sejarahnya memang templat ini sepertinya juga sudah lama tidak ada perbaikan besar. Salam, RaymondSutanto (bicara) 7 Oktober 2017 08.07 (UTC)
Sebelumnya, saya baru di lingkungan wikipedia, sehingga saya kira ada semacam otoritas yang semestinya tahu akan ini. Tidak perlukah ada semacam persetujuan atau konvensi tertentu? Sevenorbs (bicara) 7 Oktober 2017 20.29 (UTC)

presenting the project Wikipedia Cultural Diversity Observatory and asking for a vounteer in Bahasa Indonesia Wikipedia

Hello everyone,

My name is Marc Miquel and I am a researcher from Barcelona (Universitat Pompeu Fabra). While I was doing my PhD I studied whether an identity-based motivation could be important for editor participation and I analyzed content representing the editors' cultural context in 40 Wikipedia language editions. Few months later, I propose creating the Wikipedia Cultural Diversity Observatory in order to raise awareness on Wikipedia’s current state of cultural diversity, providing datasets, visualizations and statistics, and pointing out solutions to improve intercultural coverage.

I am presenting this project to a grant and I expect that the site becomes a useful tool to help communities create more multicultural encyclopaedias and bridge the content culture gap that exists across language editions (one particular type of systemic bias). For instance, this would help spreading cultural content local to Bahasa Indonesia Wikipedia into the rest of Wikipedia language editions, and viceversa, make Bahasa Indonesia Wikipedia much more multicultural. Here is the link of the project proposal: https://meta.wikimedia.org/wiki/Grants:Project/Wikipedia_Cultural_Diversity_Observatory_(WCDO)

I am searching for a volunteer in each language community: I still need one for the Bahasa Indonesia Wikipedia. If you feel like it, you can contact me at: marcmiquel *at* gmail.com I need a contact in your every community who can (1) check the quality of the cultural context article list I generate to be imported-exported to other language editions, (2) test the interface/data visualizations in their language, and (3) communicate the existance of the tool/site when ready to the language community and especially to those editors involved in projects which could use it or be aligned with it. Communicating it might not be a lot of work, but it will surely have a greater impact if done in native language! :). If you like the project, I'd ask you to endorse it in the page I provided. In any case, I will appreciate any feedback, comments,... Thanks in advance for your time! Best regards, --Marcmiquel (bicara) 9 Oktober 2017 14.53 (UTC) Universitat Pompeu Fabra, Barcelona


Marcmiquel (bicara) 9 Oktober 2017 14.53 (UTC)

Teknis


wikipedia logo ganti

mas, saya ganti wikipedia logo di templat:halaman pengguna karena itu logonya lebih baru

Developer Wishlist Survey: propose your ideas

At the Wikimedia Developer Summit, we decided to organize a Developer Wishlist Survey, and here we go:

https://www.mediawiki.org/wiki/Developer_Wishlist

The Wikimedia technical community seeks input from developers for developers, to create a high-profile list of desired improvements. The scope of the survey includes the MediaWiki platform (core software, APIs, developer environment, enablers for extensions, gadgets, templates, bots, dumps), the Wikimedia server infrastructure, the contribution process, and documentation.

The best part: we want to have the results published by Wednesday, February 15. Yes, in a month, to have a higher chance to influence the Wikimedia Foundation annual plan FY 2017-18.

There's no time to lose. Propose your ideas before the end of January, either by pushing existing tasks in Phabricator or by creating new ones. You can find instructions on the wiki page. Questions and feedback are welcome especially on the related Talk page.

The voting phase is expected to start on February 6 (tentative). Watch this space (or even better, the wiki page) - SSethi_(WMF) January 21st, 2017 3:07 AM (UTC)

New notification when a page is connected to Wikidata

Hello all,

(Please help translate to your language)

The Wikidata development team is about to deploy a new feature on all Wikipedias. It is a new type of notification (via Echo, the notification system you see at the top right of your wiki when you are logged in), that will inform the creator of a page, when this page is connected to a Wikidata item.

You may know that Wikidata provides a centralized system for all the interwikilinks. When a new page is created, it should be connected to the corresponding Wikidata item, by modifying this Wikidata item. With this new notification, editors creating pages will be informed when another editor connects this page to Wikidata.

Screenshot Echo Wikibase notification.png

This feature will be deployed on May 30th on all the Wikipedias, excepting English, French and German. This feature will be disable by default for existing editors, and enabled by default for new editors.

This is the first step of the deployments, the Wikipedias and other Wikimedia projects will follow in the next months.

If you have any question, suggestion, please let me know by pinging me. You can also follow and leave a comment on the Phabricator ticket.

Thanks go to Matěj Suchánek who developed this feature!

Terima kasih! Lea Lacroix (WMDE) (talk)

Galat Templat:Coord

Hasil tampilan koordinat yang memakai format "dms" terjadi galat untuk "S" (South) dan "W" (West), yang seharusnya LS (Lintang Selatan) dan BB (Bujur Barat) menjadi LU (Lintang Utara) dan BT (Bujur Timur). Ini sudah saya coba perbaiki di Modul:Koordinat dengan padanannya dari Modul Koordinat versi Vietnam namun hasilnya justru banyak galat lainnya yang muncul. Informasi kesalahan ini bisa dibaca juga di Pembicaraan_Templat:Coord. Templat yang juga terkait dengan penulisan koordinat ini: Templat:Coor dms. Mohon dibantu perbaikan tampilan koordinat ini. Terima kasih. Salam, ~~Pierrewee (bicara) 27 Juni 2017 11.10 WIB

Improvements coming soon to Recent Changes

Rc-beta-tour-welcome-ltr.gif

Hello

Sorry to use English. Please help translate to your language! Thank you.

In short: starting on 26 September, New Filters for Edit Review (now in Beta) will become standard on Recent Changes. They provide an array of new tools and an improved interface. If you prefer the current page you will be able to opt out. Learn more about the New Filters.

What is this feature again?

This feature improves Special:RecentChanges and Special:RecentChangesLinked (and soon, Special:Watchlist – see below).

Based on a new design, it adds new features that ease vandalism tracking and support of newcomers:

  • Filtering - filter recent changes with easy-to-use and powerful filters combinations, including filtering by namespace or tagged edits.
  • Highlighting - add a colored background to the different changes you are monitoring. It helps quick identification of changes that matter to you.
  • Bookmarking to keep your favorite configurations of filters ready to be used.
  • Quality and Intent Filters - those filters use ORES predictions. They identify real vandalism or good faith intent contributions that need help. They are not available on all wikis.

You can know more about this project by visiting the quick tour help page.

Concerning RecentChanges

Starting on 26 September, New Filters for Edit Review will become standard on Recent Changes. We have decided to do this release because of a long and successful Beta test phase, positive feedback from various users and positive user testing.

Some features will remain as Beta features and will be added later. Learn more about those different features.

If your community has specific concerns about this deployment or internal discussion, it can request to have the deployment to their wikis delayed to October 1, if they have sensible, consistent with the project, actionable, realistic feedback to oppose (at the development team's appreciation).

You will also be able to opt-out this change in your preferences.

Concerning Watchlists

Starting on September 19, the Beta feature will have a new option. Watchlists will have all filters available now on the Beta Recent Changes improvements.

If you have already activated the Beta feature "New filters for edit review", you have no action to take. If you haven't activated the Beta feature "New filters for edit review" and you want to try the filters on Watchlists, please go to your Beta preferences on September 19.

How to be ready

Please share this announcement!

Do you use Gadgets that change things on your RecentChanges or Watchlist pages, or have you customized them with scripts or CSS? You may have to make some changes to your configuration. Despite the fact that we have tried to take most cases into consideration, some configurations may break. The Beta phase is a great opportunity to have a look at local scripts and gadgets: some of them may be replaced by native features from the Beta feature.

Please ping me if you have questions.

On behalf of the Global Collaboration team, Trizek (WMF) 14 September 2017 15.27 (UTC)

Tech News: 2017-38

18 September 2017 15.31 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-5 dan ke-6 tahun 2018)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 19 September 2017 00.08 (UTC)

Permohonan perbaikan Templat:Chembox dan Templat anakannnya

Selamat Sore idwikiers, Mohon bantuan untuk memperbaiki Templat:Chembox dan Templat Chembox anakannya, supaya tidak muncul seperti pada laman Buckminsterfullerene

--Agung Karjono (bicara) 19 September 2017 12.22 (UTC)

Sepertinya ada masalah pada subtemplat {{Templat:Chembox SMILES}} yang menyebabkan tulisannya tidak bisa bersambung ke bawah. Maaf saya belum berani bertindak lebih jauh karena sintaks yang rumit dan berbeda versi kode antara ID dan EN Wiki. Mungkin yang lain bisa bantu supaya {{Templat:Chembox SMILES}} dijadikan Collapsible List ? RaymondSutanto (bicara) 21 September 2017 17.35 (UTC)

Tolong

mohon maaf atas ketidaknyamanannya, saya menemukan vandalisme lalu saya tidak bisa mebalikkan karena konflik penyuntingan dan akhirny saya memberi tag dihalaman [[4]]

terimakasih atas perhatiannya. Himafethus123 (bicara) 21 September 2017 14.40 (UTC)

Sudah saya ganti dengan informasi baru. Terima kasih telah tanggap terhadap vandalisme yang terjadi. Salam. Irvan Ary Maulana (bicara) 21 September 2017 15.52 (UTC)

Tech News: 2017-39

25 September 2017 15.59 (UTC)

Tech News: 2017-40

2 Oktober 2017 23.25 (UTC)

INRConvert

Ada yang bisa membetulkan pemakaian Templat:INRConvert pada artikel ini --Erik Fastman (bicara) 8 Oktober 2017 03.52 (UTC)

Cara Upload artikel di wikipedia gmn?

Gan, cara upload artikel di wikipedia gmn?, dan juga suting halaman nya kek gmn? Syaeful211 (bicara) 8 Oktober 2017 15.37 (UTC)

Tech News: 2017-41

9 Oktober 2017 14.21 (UTC)

Flagg

Ada yang bisa membetulkan templat ini: Templat:Flagg --Erik Fastman (bicara) 15 Oktober 2017 08.12 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai! (periode ke-7 dan ke-8 tahun 2018)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 15 Oktober 2017 14.50 (UTC)

Tech News: 2017-42

16 Oktober 2017 15.31 (UTC)


Bahasa


Daftar Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Ada yang bersedia ngubah paragraf pengantar pada artikel Daftar Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Masak malah ngejelasin soal kota Jakarta-nya --What a joke (bicara) 16 Juli 2017 11.33 (UTC)

Sudah dikerjakan. JohnThorne (Bicara) 31 Juli 2017 18.03 (UTC)

Padanan artikel "eksotis" Indonesia

Apakah artikel-artikel beristilah "eksotis" Indonesia ini perlu dicarikan padanannya dari artikel di en.wiki atau tetap dipertahankan demikian ?

Seperti artikel en:Groping, saya padankan dengan istilah Membelai --Erik Fastman (bicara) 4 Agustus 2017 09.24 (UTC)

Iya, saya setuju dicarikan saja padanannya dalam artikel bahasa lain untuk kemudian dikaitkan ke artikel bahasa indonesianya, terutama pada artikel yang belum memiliki interwiki. Kecuali ada pengkhususan dengan alasan tertentu atau unik, misal hanya ada di Indonesia. ibensis (What’s the Story?) 5 Agustus 2017 10.47 (UTC)
Tidak perlu dipaksakan, karena Bahasa adalah cermin budaya. Karena perbedaan budaya, pasti ada hal-hal yang tidak dapat dikait-kaitkan. Malah lucu kalo dipaksakan. Misalnya: supir Bajaj apakah bisa disamakan dengan TukTuk driver (Thailand)? Kenapa tidak kita buat saja versi enwikinya dengan judul yang sama sambil memperkenalkan kosa-kata Indonesia ke ranah internasional :) --Agung Karjono (bicara) 22 Agustus 2017 05.40 (UTC)

Weasel words = Kata bersayap?

Saya periksa di Wikipedia bahasa Indonesia belum ada en:Templat:Weasel dan en:Templat:Weasel inline sebagaimana yang ada di Wikipedia bahasa Inggris. Saya rasa perlu dibuat, untuk penanda berbagai pernyataan yang tidak jelas di badan artikel. Nah, apakah kata-kata weasel words itu sesuai kalau kita terjemahkan menjadi kata(-kata) bersayap? Bagaimana pendapat teman-teman? Salam, Naval Scene (bicara) 11 Agustus 2017 15.22 (UTC)

Naval Scene (bicara) 11 Agustus 2017 15.22 (UTC)

Setuju, Pak. Berhubung ternyata sudah ada pedomannya: Wikipedia:Pedoman_untuk_artikel_kontroversial#Kata-kata_bersayap. Walaupun ada artikel yang membahas "Weasel Words alias Pepesan Kosong". Rahmatdenas (bicara) 12 Agustus 2017 03.42 (UTC)

Ekspresi atau kalimat?

Apakah perbedaan antara ekspresi matematika dengan kalimat matematika? Maksud saya, sejak SD saya diajarkan tentang penggunaan kalimat matematika untuk menyelesaikan permasalahan matematis. Silahkan jawab di halaman pembicaraan:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembicaraan:Ekspresi_(matematika)#Kalimat_matematika

Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 14 Agustus 2017 05.26 (UTC)

Penerjemahan 'United Kingdom'

Maaf, saya membuka kembali permasalahan lama. Saya mengusulkan istilah 'Inggris Raya' sebagai padanan dari kata 'United Kingdom', dan bukan 'Britania Raya' atau 'Kerajaan Serikat' dan semacamnya dengan alasan:

  • Britania Raya (Great Britain) jelas berbeda dengan United Kingdom.
  • Istilah 'Inggris' lebih familiar oleh masyarakat Indonesia.
  • Terjemahan 'Kerajaan Serikat' memang lebih mendekati secara harfiah, tetapi terjemahan seharusnya tidak hanya masalah mengalihbahasakan 'kata perkata', tetapi harus dapat juga menyesuaikan 'rasa' dari bahasa terjemahannya. Misal, dalam agama Katolik, "Virgin Mary" sering diterjemahkan menjadi "Bunda Maria", padahal dalam bahasa Indonesia, padanan untuk kata "virgin" adalah perawan. Hal ini karena dalam budaya Indonesia, membahas sesuatu yang terkait masalah seksualitas cenderung tidak dilakukan secara blak-blakan, meskipun konotasinya baik. Kata "virgin" (perawan) yang melekat dengan nama Maria sendiri konotasinya baik, menunjukkan bahwa beliau adalah wanita suci. Namun dalam "rasa" penutur bahasa Indonesia, sekali lagi, kata-kata yang berhubungan dengan keadaan seksualitas cenderung tidak diungkapkan secara blak-blakan, terlebih dikaitkan dengan seorang tokoh yang disucikan, meski memang konotasinya baik. Itu sebabnya kata ini lebih sering disepadankan dengan kata 'Bunda' yang dalam bahasa Indonesia lebih sesuai untuk disandingkan dengan seorang wanita yang disucikan dalam agama seperti Maria. Dalam masalah ini, istilah 'Inggris Raya' lebih sesuai karena lebih sesuai dengan 'rasa' bahasa kita dan lebih dikenal masyarakat Indonesia daripada istilah 'Kerajaan Serikat', 'Kerajaan Bersatu', dan istilah-istilah lain yang serupa yang hampir tidak dikenal masyarakat kita.
  • Secara politis, mungkin terjemahan 'Inggris Raya' seolah mengunggulkan negara bagian Inggris yang sebenarnya hanya salah satu bagian dari United Kingdom. Meskipun secara hukum Inggris (England) dan negara2 bagian lain memiliki kedudukan setara, tidak dapat dipungkiri bahwa England (Inggris) memiliki kedudukan yang spesial di United KIngdom. London yang merupakan ibukota UK dan kediaman Ratu juga ibukota England dan England tidak memiliki parlemen sendiri, tetapi bergabung dengan parlemen UK, seolah UK dan England adalah satu kesatuan. Selain itu, kembali ke masalah bahwa kata 'Inggris' sudah kadung populer untuk merujuk keseluruhan United Kingdom.

Terima kasih. Hafidh Wahyu P (bicara) 22 Agustus 2017 14.25 (UTC)

Tidak setuju dengan "Inggris Raya" karena malah jadi tidak akurat. Inggris memang 'spesial', tapi dari segi identitas mereka menganggap diri mereka sebagai "British citizen" dan bukan "English citizen". Contoh lain: Brexit dan bukan English exit, dan kalau kita tonton debat-debatnya mereka pakai kata Britain dan bukan England. Lagipula istilah Britania Raya tidak asing seperti "Kerajaan Bersatu' kok, di kamus versi Echols/Shadily menjadi salah satu alternatif dan sudah digunakan juga oleh media. Perbandingan dengan "Virgin Mary" saya rasa kurang tepat, karena sepengetahuan saya istilah "Perawan Maria" juga masih digunakan di Indonesia, contoh: Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria. Jadi saya lebih mendukung status quo untuk menghindari kesalahpahaman antara "Inggris" (England) dan "Britania Raya" (Great Britain sebagai singkatan dari United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Salam  Mimihitam  22 Agustus 2017 14.38 (UTC)
Terima kasih @Mimihitam: sudah bersedia menanggapi. Sebelumnya, tolong jangan disangkutpautkan antara Inggris Raya dan Inggris (yang ada dalam usulan saya). Usulan saya, Inggris Raya itu United Kingdom. Alasan ada kata 'Inggris' nya karena kata ini memang yang sering digunakan media-media Indonesia dalam merujuk keseluruhan UK, dan bukan karena kaitannya dengan England (Poin usulan saya terkait keistimewaan England hanya sebatas penguat saja. Fokus saja di masalah terjemahan yang saya persoalkan). Penambahan 'Raya' itu untuk membedakan dengan Inggris (England). Tolong abaikan sejenak penerjemahan secara leterlek. Terkait Perawan Maria, benar bahwa itu juga digunakan di Indonesia, tapi kita semua tahu bahwa istilah 'Bunda Maria' jauh lebih populer di Indonesia dan sering sekali menjadi padanan dari Virgin Mary.
Tapi terlepas dari kebingungan ini, bisakah untuk sementara di badan artikel juga diberi penjelasan tambahan yang intinya bahwa Britania Raya dalam bahasa Indonesia bisa merujuk kepada Great Britain atau UK untuk menjelaskan duduk permasalahannya pada pembaca? Saya sudah menambahkan di badan artikel tapi tidak disetujui. Sepertinya wiki Indonesia ini sering sekali untuk menerjemahkan beberapa istilah2 penting secara leterlek dari bahasa Inggris tanpa mempedulikan perbedaan pemahaman antara masyarakat INA dan Inggris. Salam. Hafidh Wahyu P (bicara) 24 Agustus 2017 10.34 (UTC)
Setuju dengan Mimihitam. Poin si pengusul bahwa: "Britania Raya (Great Britain) jelas berbeda dengan United Kingdom", jelas sekali menunjukkan bahwa si pengusul tidak tahu bahwa nama resminya adalah "United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland". Dari segi entitas politik, keduanya sama (UK dan GB). Beda halnya jika sudut pandangnya adalah geografi (nama pulau). -- Adiputra बिचर -- 24 Agustus 2017 13.14 (UTC)
British Isles ⊃ UK = (GB + NI) dengan NI ⊂ Ireland | Saya rasa terdapat kesalahpahaman di sini. UK dan GB tidak sama, UK lebih luas dari GB karena mengandung irish people. UK mencakup hubungan politis yang ada di GB. Proposisi konstanta di sini bertujuan untuk mencapai istilah dengan daya representasi yang lebih efektif. 202.43.95.5 9 Oktober 2017 05.31 (UTC)

Penerjemahan Gelar Kebangsawanan

Saya mengajukan beberapa usulan terkait gelar kebangsawanan.
Saya usul agar gelar "queen consort" dan "empress consort" masing2 diterjemahkan menjadi "permaisuri raja" dan "permaisuri kaisar", dan bukannya "ratu" atau "maharani" agar
1. Agar tidak terjadi kebingungan antara yang sekadar istri kepala monarki atau yang menjadi kepala monarki itu sendiri.
2. Saya juga kurang sepakat dengan penerjemahan "ratu permaisuri" atau "maharani permaisuri" karena secara rasa bahasa, kurang enak dibaca karena ini memang berangkat dari penerjemahan leterlek dalam bahasa Inggris.
Saya juga mengusulkan agar gelar "duchess" tidak diterjemahkan menjadi adipati wanita karena
1. Akan menimbulkan kebingungan di kalangan pembaca Indonesia karena dapat disalahpahami bahwa sang wanita adalah pemimpin kadipaten.
2. Penerjemahan "duchess" sendiri saya pandang sifatnya tidak darurat, sehingga tidak perlu dipaksakan penerjemahannya, sebagaimana gelar marquess, earl, viscount, dll yang juga tidak perlu memerlukan terjemahan. Sekarangpun sudah tersedia artikel Gelar Kebangsawanan Eropa yang menjelaskan pengertian duchess lebih lanjut, jadi ditautkan ke artikel tersebut saja.
3. Jika memang ada seorang wanita yang menjadi "duchess" atas namanya sendiri, cukup diterjemahkan menjadi adipati sebagaimana duke, sednagkan jika hanya berstatus sebagai istri duke, cukup ditulis istri adipati.
Terima kasih atas perhatiannya. Hafidh Wahyu P (bicara) 30 September 2017 15.32 (UTC)

Saya kurang begitu paham mengenai gelar kebangsawanan dalam bahasa Indonesia. Mungkin bisa minta pendapat bung M. Adiputra. – Yogwi21 (bicara) 1 Oktober 2017 07.49 (UTC)
Ini pernah dibahas panjang lebar pada tahun 2008 --> Arsip. -- Adiputra बिचर -- 2 Oktober 2017 04.48 (UTC)
Bagian yang saya tanyakan di atas belum dibahas secara mendalam di arsip, M. Adiputra. Di sana inti pembicaraan hanya masalah penerjemahan beberapa gelar bangsawan semacam marquess, count, dsb. Hafidh Wahyu P (bicara) 2 Oktober 2017 14.56 (UTC)
Mengenai consort, itu jelas mengikuti kepala pemerintahannya. Jadi, memang sebaiknya diterjemahkan seperti ini→ Queen Consort of Thailand = Permaisuri Raja Thailand. Tentang duchess, penerjemahan ini terbentur perbedaan budaya dan tradisi. Cukup sulit. -- Adiputra बिचर -- 4 Oktober 2017 08.06 (UTC)

Untuk duchess biasanya para penerjemah di WBI pakai istilah "adipati wanita", walaupun yang saya dengar padanannya adalah "adipatni".. mungkin bisa didiskusikan dengan mas Japra Jayapati atau Meursault2004 yang sering menerjemahkan artikel tentang bangsawan dan sejarah Eropa.. soal queen consort saya setuju, istilah Maharani enaknya dipakai untuk ratu penguasa saja, seperti Maria Theresa atau Katarina yang Agung.  Mimihitam  4 Oktober 2017 08.10 (UTC)

Saya sepakat soal consort ini. Bagaimana kalau terjemahannya kita standarkan saja? Masalahnya, consort tidak membedakan jenis kelamin. Consort kaisar/raja sudah lazim diterjemahkan menjadi "permaisuri" kaisar/raja, bagaimana dengan consort seorang maharani/ratu? Bagaimana juga dengan istri/suami dari penguasa-penguasa di bawahnya? Ada usul? Japra Jayapati (bicara) 4 Oktober 2017 08.42 (UTC)
Mimihitam Kalau menurut saya, lebih baik gelar duchess tidak perlu dipaksakan untuk diterjemahkan, sebagaimana count, marquess, dll, karena sistem kebangsawanan kita memang tidak memberikan gelar bagi pasangan. Jika memang duchess di sini adalah wanita yang jadi pemimpin duchy, maka terjemahkan saja menjadi adipati seperti duke. Kalau status duchess itu hanya sebatas istru duke, maka sebut saja istri adipati. Itu usulan saya. Oh iya. Sebagai catatan, Maria Theresia itu permaisuri, bukan Maharani Romawi Suci. Hanya saja memang pengaruhnya lebih besar dari suaminya.
Japra Jayapati:
1. Untuk masalah pasangan maharani/ratu, kita lihat dulu konteksnya, karena di abad pertengahan, biasanya laki-laki mengambil alih segala kepemilikan istri berdasar prinsip jure uxoris, sudah dibahas di artikel Gelar Kebangsawanan Eropa. Jadi saat laki-laki menikah dengan ratu, dia sepenuhnya menjadi raja.
2. Meski begitu memang ada pria yang menjadi "king consort" dan bukan "king jure uxoris". Untuk gelar pendamping ratu semacam "king consort" atau "prince consort", saya sih usulnya diterjemahkan masing2 dengan "raja pendamping" dan "pangeran pendamping" atau cukup "pangeran." Namun jika istri rajanya bergelar "princess consort", saya berpendapat agar diterjemahkan menjadi permaisuri raja sebagaimana "queen consort."
3. Untuk gelar di bawah raja saya rasa itu tidak dipaksakan untuk diterjemahkan. Sistem kita memang beda dengan sistem Eropa, jadi biarkan saja apa adanya. Lagipula sudah ada artikel Gelar Kebangsawanan Eropa yang sudah membahas masalah ini. Jadi tinggal ditautkan saja ke artikel tersebut jika memang membutuhkan penjelasan. Itu usul saya. Hafidh Wahyu P (bicara) 4 Oktober 2017 14.24 (UTC)
@Hafidh Wahyu P: Saya sepakat dengan pemakaian istilah "suami/istri" bagi pasangan dari penguasa selain kaisar/raja. "King (Jure Uxoris)" sebaiknya tetap diterjemahkan sebagai "raja" karena memang memiliki wewenang raja, selain "jure uxoris" saya rasa istilah "suami" sudah mencukupi, mengingat para "consort" pria ini lazimnya adalah bangsawan yang punya gelar dan warisan daerah kekuasaan sendiri. Japra Jayapati (bicara) 4 Oktober 2017 15.46 (UTC)

Berita

WikiLatih

Halo semua, Akhir bulan ini rencananya Wikimedia Indonesia akan mengajukan hibah untuk beberapa proyek terkait Wiki, salah satunya WikiLatih. Kami berharap dengan hibah ini, para Wikipediawan di luar Jakarta bisa mengadakan WikiLatih sendiri. Saya, @Rachmat04:, @Bonaditya:, @RaymondSutanto: serta @Wirjadisastra: pernah mengadakan WikiLatih dan berencana membakukan formatnya, sebab kita juga harus melaporkan penggunaan dana ke Yayasan Wikimedia. Jika ada usulan terkait program ini, silakan ya, kami berharap upaya ini bisa menumbuhkembangkan jumlah Wikipedawan/wati.

Laporan kegiatan --Beeyan (bicara) 16 Desember 2016 14.08 (UTC)


Beeyan (bicara) 16 Desember 2016 14.08 (UTC)


New filters for Recent Changes - Beta deployment schedule for your wiki

Hello!

Sorry to write in English. Please help translate to your language! Please also inform everyone about this change.

The Collaboration team is going to launch a new Beta feature on your wiki, New filters for edit review. This deployment would happen on April 24 (hour to be precised). This new feature will be listed with all other Beta features.

What it this new feature?

This feature improves Special:RecentChanges and Special:RecentChangesLinked by adding new useful features that will ease vandalism tracking and support of newcomers:

  • Filtering - filter recent changes with easy-to-use and powerful filters combinations.
  • Highlighting - add a colored background to the different changes you are monitoring, to quickly identify the ones that matter to you.

Some wikis have also access to Quality and Intent Filters, user predictions based on ORES that identify real vandalism or good faith intent contributions that need assistance. A separate process has to be performed to have access to those predictions that will make Quality and Intent filters working.

What will happen?

When the deployment will be done, users who want to try the new filters will be able to do so by activating them in their Beta preferences. Other users who don't want to try the new filters will have nothing to do. They will see no changes in the Recent Changes page.

How to prepare this change?

You can discover the purpose of this project by visiting the quick tour help page. Also, please check the documentation (and help to translate it).

For an early trial, the new filters are available on mediawiki.org's Beta features.

You can ping me if you have questions. You can also check the FAQ.

All the best, Trizek (WMF) (bicara) 19 April 2017 11.54 (UTC)

PS: if this message is not at the right place, please move it and ping me. :)

The deployment will happen at 14:00 UTC. Trizek (WMF) (bicara) 21 April 2017 12.33 (UTC)
Cool. We await how this will work. Gombang (bicara) 21 April 2017 18.52 (UTC)
Have you tried the filters, Gombang? Or anyone else? Do you have comments about them? :) Trizek (WMF) (bicara) 26 April 2017 10.02 (UTC)

Some updates about Recent Changes page

Hello!

Sorry to write in English. Please help translate to your language!

As the previous topic on this page says, the Collaboration team has created a Beta feature. This feature is on your wiki since few months: "New filters for edit review". You can activate it in your Beta preferences.

What is this feature again?

This feature improves Special:RecentChanges and Special:RecentChangesLinked. It adds new features that ease vandalism tracking and support of newcomers:

  • Filtering - filter recent changes with easy-to-use and powerful filters combinations.
  • Highlighting - add a colored background to the different changes you are monitoring. It helps quick identification of changes that matter to you.
  • Quality and Intent Filters - those filters use ORES predictions. They identify real vandalism or good faith intent contributions that need help.

This last set of filters is not available on your wiki. To get them, you have to finish the labeling campaign (2093 left to do).

You can know more about this project by visiting the quick tour help page.

What's new?

Since the release, we have fixed small bugs and improved the interface. We have also released a way to bookmark your favorite configurations of filters.

We plan to add more new features! The full list is on this Phabricator page (in English) but here are the most important ones:

  • Filters for Namespaces and tagged edits and, later, filters for Categories and Usernames
  • Redesign navigation by using an improved time selector and better integrated navigation options
  • Add live updates
  • Have a more clear interface by putting community-defined 'related links' into a collapsible panel

This last change is about links displayed on top of the RecentChanges (see how they look like on your wiki). We do that change because we have discovered that those links are not that much used. Also, they sometimes take a lot of space on small screens. To help people to focus on recent changes patrolling, we will hide those links, with an option to show them. We have created some examples to show you how it will look like. If you like to see those links all the time, you will have to click on the link to show them and they will remain open. We welcome your feedback about this change.

You can ping me if you have questions. If this message is not at the right place, please move it and tell me. :)

Most of this information was already introduced in the Collaboration monthly newsletter. Please subscribe to get regular updates!

All the best,Trizek (WMF) (bicara) 6 Juli 2017 09.59 (UTC)

Beta feature: advanced filters and more options for Watchlists, starting September 5

Rc-beta-tour-welcome-ltr.gif

Hello!

Sorry to write in English. Please help translate to your language!

As you may already know, the Global Collaboration team has created a Beta feature. This feature is on your wiki since few months: "New filters for edit review". You can activate it in your Beta preferences.

What is this feature again?

This feature improves Special:RecentChanges and Special:RecentChangesLinked. It adds new features that ease vandalism tracking and support of newcomers:

  • Filtering - filter recent changes with easy-to-use and powerful filters combinations, including filtering by namespace or tagged edits.
  • Highlighting - add a colored background to the different changes you are monitoring. It helps quick identification of changes that matter to you.
  • Bookmarking to keep your favorite configurations of filters ready to be used.
  • Quality and Intent Filters - those filters use ORES predictions. They identify real vandalism or good faith intent contributions that need help.

You can know more about this project by visiting the quick tour help page.

What's new?

On September 5, the Beta feature will have a new option. Watchlists will have all features available now on the Beta Recent Changes improvements.

If you have already activated the Beta feature "New filters for edit review", you have no action to take. If you haven't activated the Beta feature "New filters for edit review" and you want to try the filters on Watchlists, please go to your Beta preferences on September 6. It will not be possible to try the filters only on Recent Changes or only on Watchlist.

Please also note that later in September, some changes will happen on Recent Changes. We will release some features at the moment available in Beta as default features. This will impact all users, but we will provide an option to opt-out. I'll recontact you with a more precise schedule and all the details very soon.

You can ping me if you have questions.

All the best, Trizek (WMF) (bicara) 24 Agustus 2017 16.04 (UTC)

Undangan pertemuan dengan Yayasan Wikimedia

Halo semua, saya mewakili Wikimedia Indonesia inging mengundang Wikipediawan untuk hadir dalam pertemuan dengan perwakilan dari Yayasan Wikimedia (WMF). Wikipediawan diharapkan hadir dalam pertemuan ini untuk menyumbangkan ide dan berdiskusi mengenai perkembangan Wikipedia dan hal-hal lainnya yang relevan.

Pertemuan akan dilakukan sebanyak tiga kali di tempat yang berbeda:

  • Kamis, 14 September 2017, di Jakarta (untuk Wikipediawan seputaran Jabodetabek dan luar Yogyakarta/Surakarta)
  • Sabtu, 16 Spetember 2017, di Yogyakarta (Wikipediawan seputaran wilayah Yogyakarta)
  • Minggu, 17 September 2017, di Surakarta (Wikipediawan seputaran Surakarta)

Wikimedia Indonesia menyediakan beasiswa perjalanan terbatas.

Isi formulir berikut atau bisa langsung mengirimkan surel ke nurleni.noertam﹫wikimedia.or.id dan ditembuskan ke info﹫wikimedia.or.id terkait dengan konfirmasi kehadiran atau ingin bertanya-tanya terkait pertemuan ini.

Wikimedia Indonesia akan mengonfirmasi ulang para peserta yang dapat mengikuti acara ini.

Sampai bertemu! Beeyan (bicara) 25 Agustus 2017 04.49 (UTC)

Pertemuannya yang di Solo jadi nggak ya? Saya sudah mengisi form tapi kok tidak (belum?) dikonfirmasi ulang? Alfarq (bicara) 17 September 2017 00.02 (UTC)
Halo Mas @Alfarq:, mohon maaf atas kelalaian kami tidak sempat mengonfirmasi Mas Alfarq. Tanggal 14-17 September 2017 adalah waktu sibuk-sibuknya panitia menyiapkan akomodasi dan transportasi bagi hadirin yang datang dari luar kota sehingga tidak sempat mengecek formulir pendaftaran. Acara tanggal 17 September 2017 jadi diadakan. Dokumentasi kegiatan ada di Wikimedia Commons. Semoga di lain waktu bisa mengundang Mas lagi. Mohon maaf Wirjadisastra (bicara) 4 Oktober 2017 06.31 (UTC)
Oiya. Saya maafkan, tapi jangan diulangi ok? Mungkin memang bukan rizki saya. Saya tunggu undangan selanjutnya. Terima kasih. Alfarq (bicara) 4 Oktober 2017 20.01 (UTC)

Wiki Mrebawani II untuk Wikipediawan yang dapat berbahasa Jawa

Sugeng siyang, Wikipédia Jawa membuka kembali kompetisi Wiki Mrebawani II. Kompetisi ini akan diadakan hingga tanggal 20 Februari 2017. Silakan pagi Wikipediawan-Wikipediawan di sini yang dapat berbahasa Jawa mengikuti kompetisi ini. Banyak hadiahnya dan gratis!

Panjenengan bisa basa Jawa lan péngin olèh laptop lan bebungah liyané kanthi gratis?

Ayo padha mèlu pasanggiri ing Wikipédia Jawa iki, sing bakal lumaku tekan tanggal 20 Fèbruari 2018. Panjenengan kari gawé artikel ènsiklopédhi ing Wikipédia Jawa saakèh-akèhé. Bab ayahané, wacanen kaca iki.

Kanggo panjenengan sing durung mangerti carané gawé artikel Wikipédia Jawa, nanging péngin supaya trampil gawé artikel ing Wikipédia Jawa, panitya mbukak klas-klas palantihan ping pindho saben wulané ing Yogyakarta.

Matur nuwun awit kawigatèné panjenengan! Wirjadisastra (bicara) 4 Oktober 2017 06.35 (UTC)


Wirjadisastra (bicara) 4 Oktober 2017 06.35 (UTC)

Undangan kopi darat di Bali

Selamat pagi semua. Saya, Mas Crisco 1492, dan Mbak Notanotheramy mewakili Wikimedia Indonesia akan berada di Bali pada tanggal 16-18 Oktober 2017 untuk acara WikiLatih dengan Lontar Foundation. Di samping itu, kami juga berencana mengadakan kopi darat dengan teman-teman yang berdomisili di Bali yang akan dilaksanakan:

hari Rabu,
tanggal 18 Oktober 2017,
pukul 16.00-18.00 WITA,
tempat McDonald's Simpang Dewa Ruci (Google Maps: https://goo.gl/maps/uEHzNw2RFqN2).

Teman-teman yang berada di Bali dan memiliki waktu luang pada waktu tersebut silakan bergabung.* Mari kita berbincang-bincang. :)

*Mohon konfirmasi hadir tidaknya teman-teman di halaman ini atau halaman pembicaraan saya. Terima kasih. Suksma. :) Wirjadisastra (bicara) 15 Oktober 2017 22.14 (UTC)

Tembusan: Conanda, Herryz, Joseagush, M. Adiputra, Winana, Yogwi21, Beeyan, RaymondSutanto

Wirjadisastra (bicara) 15 Oktober 2017 21.59 (UTC)

Tanggapan

  1. Joseagush Saya berharap bisa hadir, cuma waktunya masih jam kerja. setelah jam 18.00 baru bisa.
    Baik Mas Joseagush. Kami memilih waktu di atas karena pada pukul 18.30 WITA kami harus sudah di bandara. :) Wirjadisastra (bicara) 16 Oktober 2017 02.03 (UTC)
  2. Boleh saja, cuma saya masih agak bingung kalau ngomongin soal wikipedia, terus yang mau dibahas apa? tapi kalau untuk menambah ilmu pengetahuan, kenapa tidak. I will come Herryz -- 16 Oktober 2017 09.09 (UTC)
    Halo Mas Herryz, kopi darat ini acaranya santai sembari kita berbagi pengalaman. Jadi kalau Mas ada kebingungan jangan sungkan menyampaikannya nanti waktu kopdar. Yang dibahas kurang lebih: (1) Wikipediawan di Bali, (2) WikiLatih, & (3) Wikipedia bahasa Bali. :) Wirjadisastra (bicara) 16 Oktober 2017 02.03 (UTC)
    Point 1 dan 2 Ok, tp kalau point 3 tidak, coz basicly i am not Balinese, hanya stay sementara. Ok deh, saya datang saja, semoga bukan saya saja, yang lain juga bisa ikut..Herryz -- 16 Oktober 2017 11.05 (UTC)
    Ok. Tidak masalah :) Wirjadisastra (bicara) 16 Oktober 2017 03.55 (UTC)
    Hai Mas Herryz, yang konfirmasi sejauh ini baru Mas Herryz. Meskipun demikian, kami besok tetap akan ke lokasi kopdar sembari menunggu penerbangan kembali ke Jogja. Saya harap Mas Herryz tetap bisa datang (meskipun sendiri) dan kita tetap bisa saling berbagi ilmu terkait Wikipedia. Salam :) Wirjadisastra (bicara) 17 Oktober 2017 10.57 (UTC)

Lain-lain


Templat infobox dewan kesenian

Makin bertambahnya artikel bertopik dewan kesenian, memerlukan templat infobox yang mendukung artikel. Berhubung saya masih awam dalam membuat templat, saya sangat memohon sudilah kiranya ada di antara Anda yang bersedia meluangkan waktu untuk membikin templat itu. Field yang diperlukan adalah:

  • nama dewan kesenian (dapat dibikin otomatis)
  • logo
  • Legalitas
    • tahun berdiri
    • dasar hukum
    • masa bakti
  • Informasi
    • nama ketua
    • nama sekretaris
    • nama bendahara
  • Komite
    • nama komite-komite yang ada
  • Informasi
    • alamat
    • no telpon
    • e-mail
    • facebook
    • twitter

Demikian permohonan saya. Atas perhatian dan kesediaan Anda, saya sampaikan terima kasih. Salam. gigho (bicara) 26 Februari 2017 - 23.41 WIB


  • Selesai Selesai Templat {{Infobox dewan kesenian}} sudah saya bikin semampu saya. Yang berminat menggunakan, disilakan. gigho (bicara) 12 Maret 2017 - 19.33 WIB

Templat notable

Sejak beberapa waktu lalu, saya telah membikin Templat:Notable. Tanpa bermaksud mendikte pengurus, templat ini hanya mengingatkan bahwa sebuah artikel, meskipun penulisannya salah, referensinya kurang, penerjemahannya salah, sepanjang subyeknya layak dijadikan sebagai artikel di Wikipedia bahasa Indonesia, maka artikel tersebut tidak layak untuk dihapus. Sematkan templat tersebut di bagian atas artikel. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

{{notable
|deskripsi = tulis deskripsi atau alasan mengapa artikel ini layak dipertahankan dan dikembangkan
}}

Anda dapat menghapus templat tersebut apabila dirasa artikel telah memenuhi kriteria kelayakan minimal. Demikian, terima kasih. Salam. gigho (bicara) 27 Maret 2017 - 21.38 WIB

Hapus Halaman dan Blokir Pengguna

Tolong, halaman RT 06 RW 04 CEPU agar dihapus dan juga pengguna RUDI PANDAWA diblokir karena telah melakukan vandalisme di salah satu halaman.

Memasang pengumuman di ASN mengenai Proyek Ganesha

Halo. Saya mewakili panitia Proyek Ganesha, sebuah proyek yang diadakan oleh Wikimedia Indonesia, meminta izin kepada para pengguna Wikipedia agar saya dapat memasang pengumuman mengenai kompetisi Proyek Ganesha di ASN. Tujuan utama dari pemasangan pengumuman adalah agar dapat menarik peserta sebanyak-banyaknya untuk mengembangkan artikel bertopik ilmu sosial di Wikipedia bahasa Indonesia. Salam. — Bonaditya (bicara) 19 September 2017 06.11 (UTC)

Halo

Halo, teman-teman. Saya kembali lagi ke Wikipedia ini. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 29 September 2017 07.05 (UTC)

Madain Saleh

Qasr al Farid.JPG

Mohon bantuannya. Ada beberapa masalah di keterangan gambar pilihan kali ini (Madain Saleh).

  1. Nama tempatnya مدائن صالح (mada'in salih)
  2. Bangunan batu yang ada spt pada gambar dibangun oleh orang Nabatea (bangsa yg sama yang membangun Petra) pada sekitar abad ke-1 Masehi. Bukan 3000 SM (nyaingin Piramida Mesir kalo gitu soalnya).
  3. Penghunian oleh kaum Tsamud berasal dari tradisi Islam bukan dari temuan arkeologis.

Mohon bantuannya untuk mengedit templat (saya tidak punya hak) serta artikelnya.

Sangat saya sayangkan kenapa kalimat unreferenced seperti ini dapat tampil di halaman utama. :/ Sersan Mayor Kururu (bicara) 13 Oktober 2017 17.30 (UTC)

Pengurus Wikisource bahasa Indonesia

Halo, para Wikipediawan. Saya sedang mengajukan diri menjadi pengurus di Wikisource bahasa Indonesia untuk bantu beres-beres dan merawat proyek tersebut, melihat ketidakaktifan pengurus disana beberapa bulan terakhir. Anda dapat memberikan saran, suara, atau pendapat di halaman Warung Kopinya disana. Salam, RaymondSutanto (bicara) 14 Oktober 2017 17.46 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/groups/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/groups/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.