Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari ketujuh bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari tujuh bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Call for feedback about Wikimedia Foundation Bylaws changes and Board candidate rubric

Hello. Apologies if you are not reading this message in your native language. Please help translate to your language.

Today the Wikimedia Foundation Board of Trustees starts two calls for feedback. One is about changes to the Bylaws mainly to increase the Board size from 10 to 16 members. The other one is about a trustee candidate rubric to introduce new, more effective ways to evaluate new Board candidates. The Board welcomes your comments through 26 October. For more details, check the full announcement.

Terima kasih! Qgil-WMF (talk) 7 Oktober 2020 17.17 (UTC)

Masalah tentang penghapusan validasi artikel (FlaggedRevs)

Halo, saya Akmaie Ajam. Saya menerjemahkan artikel dan memperbaiki masalah. FlaggedRevs menunda perubahan saya pada hampir semua artikel, jadi saya ingin menghapusnya dan menggantinya dengan sistem yang baru. Setelah saya mendengar bahwa sebagian besar (95%) pengguna ingin mengganti FlaggedRevs dengan sistem yang baru (https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Permohonan_pendapat/Penerapan_perubahan_tertunda_dan_pengguna_terkonfirmasi_lanjutan), saya pergi ke Phabricator. Saya menemukan bahwa isunya ditutup, kemudian saya membukanya kembali dengan alasan yang baru. Saya mencoba menaikkan prioritas, tetapi telah dikembalikan oleh AKlapper (WMF). Saya mencoba membujuk AKlapper (WMF) untuk menaikkan prioritas kembali, tetapi dia tidak merespon. (https://phabricator.wikimedia.org/T172838) Kemudian, saya memanggilnya di pembicaraan pengguna Meta dia, namun dia merespon dengan "semua bisa bekerja dengan pengguna apapun". Kemudian saya merespon dengan alasan untuk menaikkan prioritas, namun dia merespon dengan menanyakan apakah saya akan merencanakan untuk memperbaiki masalah itu. (https://meta.wikimedia.org/wiki/User_talk:AKlapper_(WMF)#Removing_FlaggedRevs_in_Indonesian_Wikipedia) Kemudian saya menambahkan Bennylin dan Meursault2004 sebagai subscriber agar FlaggedRevs bisa lebih cepat diganti dengan sistem yang lebih baik. Terima kasih untuk membaca ini. ᐱᔌᕬᐱɭᕮ ᐱᒍᐱᕬ (Bicara) 13 Oktober 2020 13.16 (UTC)

(I am sorry that I don't speak the language, so I'll comment in English:) To avoid misunderstanding: I tried to express that the "Priority" field in Phabricator reflects reality; the Priority field does not cause reality. I'd be happy to see someone work on this and anybody is welcome to do so... :) --AKlapper (WMF) (bicara) 13 Oktober 2020 14.09 (UTC)
@AKlapper (WMF): FlaggedRevs mempengaruhi pembaca Wikipedia yang tidak terdaftar dengan hanya menampilkan revisi yang sudah terperiksa. Mungkin ada revisi yang memperbaiki masalah, menambah informasi, dll., tapi revisinya tidak ditampilkan karena belum diperiksa oleh Editor/Peninjau. Sebagian besar pembaca Wikipedia tidak terdaftar di Wikipedia. Jadi, apakah ada orang yang bisa menghapus FlaggedRevs dan menggantinya dengan sistem seperti di Wikipedia Inggris? Terima kasih.
FlaggedRevs affects the unregistered readers of Wikipedia by showing them only a revision that has been checked. Maybe, there is a revision that fix problems, add information, etc., but the revision is not shown because it hasn't yet been checked by an Editor/Reviewer. Most of the Wikipedia readers are unregistered. So, can anyone remove FlaggedRevs and replace it with a newer system like in the English Wikipedia? Thanks.
ᐱᔌᕬᐱɭᕮ ᐱᒍᐱᕬ (Bicara) 13 Oktober 2020 14.38 (UTC)
I assume it can be done if anybody volunteers to do it. In any case, this should be discussed in the Phabricator task because there is at least a chance that some developer might look at it if some developer is interested to work on it. --AKlapper (WMF) (bicara) 13 Oktober 2020 14.48 (UTC)

Important: maintenance operation on October 27

-- Trizek (WMF) (talk) 21 Oktober 2020 17.10 (UTC)

Wiki of functions naming contest - Round 2

5 November 2020 22.10 (UTC)

Survei Harapan Komunitas 2021

Magic Wand Icon 229981 Color Flipped.svg

Survei Harapan Komunitas 2021 telah dibuka! Survei ini adalah proses dimana komunitas akan memutuskan apa yang tim Community Tech harus kerjakan selama satu tahun kedepan. Kami mendorong semua orang untuk mengirimkan proposal hingga batas waktu berakhir pada 30 November, atau mengomentari proposal lain untuk membuatnya menjadi lebih baik. Komunitas akan memberikan suara pada proposal antara 8 Desember dan 21 Desember.

Tim Community Tech berfokus pada perkakas-perkakas bagi penyunting Wikimedia berpengalaman. Anda dapat menulis proposal dalam bahasa apa pun, dan kami akan menerjemahkannya untuk Anda. Kami tak sabar ingin melihat proposal Anda! Terima kasih.

SGrabarczuk (WMF) 20 November 2020 05.13 (UTC)

Wikidata descriptions changes to be included more often in Recent Changes and Watchlist


Usulan

Mengalihkan "Wikipedia:Bak pasir" menuju "Halaman Pengguna/Bak pasir"

Saya ingin mengusulkan untuk membuat tautan "Bak Pasir" diubah dari halaman "Wikipedia:Bak pasir" menuju "Halaman Pengguna/Bak_pasir" (atau membuat tautan baru dibawahnya). Hal ini dikarenakan halaman Bak pasir itu sendiri bersifat universal dan semua dapat melihat isi bak pasir seseorang apabila pengguna halaman Wikipedia:Bak pasir sebelumnya belum menghapus dan / atau memindahkan ke bak pasir halaman penggunanya. Apakah itu memungkinkan? Terima kasih.

Farhan Syafiq Fadhillah Bicara 10 Oktober 2020 12.04 (UTC)

Alihkan artikel Muhammad ke Nabi Muhammad SAW

Halo, yang baca :v

Saya ingin mengusulkan tentang artikel Nabi Muhammad SAW yang hanya diberi judul Muhammad dan tidak diberi kata ṣallā -llāhu ʿalayhi wa-sallām. Saya mengusulkan mengalihkan artikel tentang Nabi Muhammad SAW karena

dianggap tidak sopan, tidak menghormati, dan tidak mengagungkan Rasulullah saw. yang selayaknya jika kita menyebut nabi terakhir itu dengan namanya saja tanpa menyebut shallallâhu ‘alaihi wasallam

—?, NikmatIslam.com

seperti itu

Thx yang baca

Fahri bicara📬 16 Oktober 2020 pukul 20:08 WIB

Menurut buku Tatang Sutarma... eehhh.... maksudnya menurut pedoman gaya artikel bertopik Islam.

Dalam menjaga lingkungan netral di Wikipedia, honorifik (sebutan kehormatan) dalam Islam sebaiknya ditiadakan dari artikel (baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia), kecuali merupakan bagian dari kutipan.


Terdapat beberapa sebutan kehormatan untuk Muhammad yang pada umumnya sebaiknya tidak digunakan pada artikel. Artikel Muhammad in Islam (dalam bahasa Inggris) membicarakan sebutan-sebutan ini lebih detail, yang paling lazim:

  • SAW, S.A.W., {{SAW}}, atau kepanjangannya sallallahu 'alaihi wa sallamsaran tindakan: hapus.
Semoga membantu. (´・ω・`). – komentar tanpa tanda tangan oleh 182.1.85.31 (bk).
Tidak perlu – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 17 Oktober 2020 01.48 (UTC)
Saya mendukung asas kenetralan Wikipedia, dan sebaiknya Wikipedia ini tidak menyediakan privilege ke suatu golongan saja. Jika kurang berkenan, silakan coba merintis Wikia tersendiri khusus topik yang dimuliakan.
Saya dukung WBI senantiasa netral tanpa privilege. -- Adiputra बिचर -- 17 Oktober 2020 02.50 (UTC)
Saya setuju dengan pendapat M. Adiputra karena wikipedia harus netral karena ituh merupakan salah satu asasnya dan tidak membandingkan satu sama lain (artinya semua adil). ♣️Ďīśtörïñg♣️ᮍᮧᮘᮁᮧᮜ᮪? 17 Oktober 2020 04.30 (UTC)
Tidak perlu. Tidak ada unsur ketidaksopanan di judul Muhammad. --N Joyer (pesan) 17 Oktober 2020 04.39 (UTC)
Tidak perlu. Setiap artikel di Wikipedia harus netral. Ini Wikipedia, bukan wiki tentang Islam. Blue Sonic [ ꦉꦩ꧀ꦧꦸꦒ꧀ ] 18 Oktober 2020 15.04 (UTC)

Pemilihan pengurus 2021

Tidak terasa beberapa bulan lagi pemilihan pengurus Wikipedia bahasa Indonesia akan diselenggarakan. Pemilihan pengurus kali ini akan dilangsungkan pada awal tahun 2020. Ada yang ingin bertanya? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 15 November 2020 13.00 (UTC)

Mengenai tingkat kepentingan suatu artikel

Selamat pagi Wikipedia Indonesia.

Dengan adanya peristiwa Google menampilkan Tino Sidin (URL sudah di strip dari analytics) di homepage mereka untuk memperingati kematian beliau, dengan ini saya mengusulkan kepada Portal:Biografi dan para editor yang tertarik untuk menaikkan kepentingan artikel Tino Sidin dari "Stub" menuju artikel dengan kepentingan menengah.

Semua voting bisa dilakukan dengan cara deliberasi ataupun voting dengan template {{vote}}
Terimakasih.

222.165.211.136 25 November 2020 03.11 (UTC)

Teknis

Pelepasan templat pemeliharaan pada artikel Rasyidiyah Khalidiyah

Apakah sudah boleh untuk melepas templat pemeliharaan pada artikel Rasyidiyah Khalidiyah mengingat saya sudah menambahkan tiga referensi sebagai sumber sekunder? Terima kasih. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 7 Oktober 2020 08.27 (UTC)

Tanpa judul

helo bos cekin Bojongkokosan, Parungkuda, Sukabumi udah bener pa belom– komentar tanpa tanda tangan oleh 140.213.167.30 (bk).

Tech News: 2020-42

12 Oktober 2020 15.24 (UTC)

Tech News: 2020-43

19 Oktober 2020 16.31 (UTC)

Tech News: 2020-44

26 Oktober 2020 17.38 (UTC)

AbuseFilter notice: rmspecials() will no longer remove whitespace when used in filters

Hello,

Apologies if you are not reading this message in your native language. Please help translate to your language.

We are making a change to the AbuseFilter extension, which may impact the behavior of some existing filters. The rmspecials() function currently removes spaces in addition to special characters. We will change it such that it will only remove special characters. The existing rmwhitespace() can be used to remove spaces whenever applicable.

As reported on https://phabricator.wikimedia.org/P12854 we believe at least one filter on your wiki has been identified to use the rmspecials() function. Please consider updating these filters by wrapping rmspecials() inside rmwhitespace() like this: rmwhitespace(rmspecials(....))

We need you to update the relevant filters within 2 weeks of this notice. If one of the community members with proper access is volunteering to take this on, we ask them to please respond below and notify User:Huji in their response or in the edit summary. If we don't hear back from you within 2 weeks, Huji will edit the relevant filters on your wiki per the global abuse filter maintainer policy, to ensure the filters won't break once the change is implemented. Thank you for your consideration!

Best regards,

--User:Huji (bicara) 26 Oktober 2020 23.48 (UTC), sent via MediaWiki message delivery

Templat:Nowrap dan Templat:Math belum berfungsi

Halo. Akhir-akhir ini, saya sering memakai {{nowrap}} dan {{math}} untuk menulis persamaan matematis. Namun, sepertinya kedua templat tersebut belum terlalu berfungsi karena hanya mengandalkan kelas CSS yang belum ada di Common.css. Untuk {{nowrap}} misalnya, kelas nowrap belum didefinisikan di Common.css. Untuk {{math}}, kelas texhtml juga belum ada di Common.css.

Berikut cuplikan kode CSS untuk kedua kelas tersebut dari Common.css Wikipedia bahasa Inggris.

/* Prevent line breaks in silly places:
   1) Where desired
   2) Links when we don't want them to
   3) Bold "links" to the page itself */
.nowrap,
.nowraplinks a,
.nowraplinks .selflink {
	white-space: nowrap;
}
.nowrap pre {
	white-space: pre;
}
/* But allow wrapping where desired: */
.wrap,
.wraplinks a {
	white-space: normal;
}

/* Generic class for Times-based serif, texhtml class for inline math */
.times-serif,
span.texhtml {
	font-family: "Nimbus Roman No9 L", "Times New Roman", Times, serif;
	font-size: 118%;
	line-height: 1;
}
span.texhtml {
	white-space: nowrap;
}
span.texhtml span.texhtml {
	font-size: 100%;
}
span.mwe-math-mathml-inline {
	font-size: 118%;
}

Untuk penyelesaiannya, saya mengusulkan tiga cara:

  1. Perbaiki Common.css dengan menambahkan definisi gaya yang sesuai untuk kedua kelas tersebut. Namun, perubahan ini akan memakan waktu beberapa saat tergantung pada tembolok klien.
  2. Perbaiki isi templat dengan menambahkan gaya alih-alih mengandalkan kelas CSS. Perubahan ini akan langsung terlihat. Namun, perubahan ini akan memperbesar ukuran halaman secara signifikan karena penggunaan gaya yang sama berulang kali.
  3. Perbaiki Common.css dan isi templat sekaligus seperti nomor 1 dan 2, lalu hapus gaya dari isi templat setelah beberapa lama. Perubahan ini akan langsung terlihat dan, setelah penghapusan gaya dari templat, akan kembali berukuran kecil seperti sediakala.

Saya harap tanggapan dari para pengguna WBI, khususnya yang mengerti tentang cara kerja templat dan pemrograman web. Terima kasih. Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 30 Oktober 2020 11.30 (UTC)

@Kenrick95, @Hidayatsrf, ada tanggapan mengenai hal ini? ··· 🌸 Rachmat04 · 25 November 2020 13.52 (UTC)
Sudah ditambahkan ya. Special:Diff/17651239 ·· Kℇℵ℟ℑℭK 27 November 2020 14.15 (UTC)
Terima kasih atas bantuannya. Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 3 Desember 2020 13.10 (UTC)

Uji coba fitur mentoring untuk pengguna baru

Halo!

Saya Rachmat dari Wikimedia Indonesia ingin menginformasikan bahwa Tim Growth dari Wikimedia Foundation sedang menguji coba purwarupa yang bertujuan membantu pengguna baru dalam mengedit Wikipedia. Wikipedia bahasa Indonesia merupakah salah satu Wikipedia yang aktif menyambut dan membantu pengguna baru, misalnya, adanya tempat di mana mereka dapat mengajukan pertanyaan tentang penyuntingan artikel. Oleh sebab itu, diharapkan fitur ini menjadi sebuah jalan untuk membuka kesempatan menumbuhkan jumlah pengguna baru yang akan bertahan di sini.

Sebelumnya, Trizek (WMF) telah mengumumkan hal ini di Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)/Arsip/2020/7#Proposal: menyebarkan fitur Pertumbuhan di wiki Anda, sayangnya masih sedikit anggota komunitas yang merespons. Kami harap, jika fitur ini menarik perhatian para kontributor aktif dan pengurus di Wikipedia bahasa Indonesia, fitur ini dapat diujicobakan di Wikipedia ini.

Beberapa Wikipedia sudah menggunakannya, seperti Wikipedia bahasa Korea, Ceko, dan beberapa Wikipedia lain. Apabila komunitas ingin mencobanya dahulu sebelum memutuskan mengaktifkan fitur ini di sini, ikuti langkah berikut:

Jika ada pertanyaan mengenai fitur ini, kabari ya. Selamat mencoba! Salam hangat, Rachmat (WMID) (bicara) 25 September 2020 07.25 (UTC)

Rachmat (WMID), thank you for reposting this message. No one replied since one month. Could ce consider it as a "sorry we aren't interested" or as a "go ahead, I don't care"? Thank you for your help. Trizek (WMF) (bicara) 22 Oktober 2020 11.33 (UTC)
@Trizek (WMF): Hi! Based on previous thread you posted and users' interaction, I may assume that the community means the latter, although I am not 100% sure. :) Thanks. Rachmat (WMID) (bicara) 23 Oktober 2020 15.36 (UTC)
Hi @Trizek (WMF):! The education team of Wikimedia Indonesia is interested in this feature. We can use this feature to improve the retention of the participants in training (WikiLatih). However, after I try on Testwiki, it's only limited to English articles. So, I have no idea about the algorithm for determining the editing articles' difficulties in Indonesian Wikipedia. I hope this feature can be implemented in Indonesian Wikipedia. Dimas H (WMID) (bicara) 26 Oktober 2020 10.20 (UTC)
@Dimas H (WMID), test.wikipedia.org is based on English, only with articles in English (and other languages than Indonesian). Anyway, the algorithm works for other languages. We are covering 17 languages with the same algorithm. This means that the features will work when deployed on your wiki.
But to have the features being deployed, I would need a community agreement (ping Rachmat (WMID)). The features are not impacting day-to-day work, but some community members have to be part of it, since more questions will be posted on the help desk and a list of people ready to help newcomers has to be created. Is there people ready to help we could discuss with?
Thank you for your help! Trizek (WMF) (bicara) 26 Oktober 2020 16.30 (UTC)
@Trizek (WMF): I bring up again this thread (from the archive) to see if anyone from the community is interested. Let's wait for their responses until one or two weeks. Thank you! Rachmat (WMID) (bicara) 2 November 2020 03.10 (UTC)
@Rachmat (WMID), thank you for helping. Is there anyone involved in mentoring or responding to the Wikipedia:Warung_Kopi_(Bantuan),, or interested by welcoming new users that should be pinged here? Trizek (WMF) (bicara) 2 November 2020 14.41 (UTC)
Memanggil para pengurus @Danu Widjajanto: @David Wadie Fisher-Freberg: @Gervant of Shiganshina: @HaEr48: @Medelam:@RaymondSutanto: dan pengguna aktif lain @Blue Sonic: @Astronom5109: @Symphonium264: @FBN122645: @Padliansyah553: @Wirjadisastra: @RaFaDa20631: @RianHS: @Jeromi Mikhael: @Juxlos: -- Johnstad Почта 4 November 2020 05.33 (UTC)
Thank you very much Johnstad! Trizek (WMF) (bicara) 4 November 2020 19.22 (UTC)
Saya setuju bila fitur ini diaktifkan di Wikipedia bahasa Indonesia karena tentunya ini akan membantu bagi para pengguna baru yang belum mengerti Wikipedia. Saya sudah mencobanya di test.wikipedia.org dan tidak ada masalah. Blue Sonic (ngobrol) 4 November 2020 06.19 (UTC)
Fitur baru ini menurut saya sudah oke untuk diaktifkan. Namun apakah pengguna yang sudah membuat akun itu langsung diarahkan ke fitur mentoring ini, atau mengaktifkan preferensi ini? Saya juga berharap dengan adanya fitur ini, akan lebih banyak pengguna baru lebih mengerti apa yang layak dan tidak layak ditulis di Wikipedia. RaFaDa20631 (bicara) 4 November 2020 06.28 (UTC)
Setuju Setuju Fitur ini bagus untuk pengguna baru, mengingat bahwa kontributor di Wikipedia setiap tahun jumlahnya semakin bertambah dan meningkat, dengan adanya fitur ini semoga pengguna baru jadi lebih mengerti gaya, kebahasaan, dan tata cara berkontribusi di Wikipedia ini. ♣️໓iŞt໐riຖງ♣️ᦔⅈડ𝕜ꪊડⅈ? 4 November 2020 07.06 (UTC)
Setuju Setuju Setuju dengan usulan untuk mengaktifkan fitur ini di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya rasa fitur ini akan mempermudah pengguna baru dalam menjelajahi Wikipedia, terutama mencari artikel-artikel yang dapat mereka sunting. Namun saya memiliki pertanyaan yang sama dengan @RaFaDa20631, apakah nanti ketika fitur ini sudah diterapkan pengguna baru masih harus mengaktifkannya melalui preferensi atau sudah otomatis akan langsung diarahkan ke fitur ini? Karena sepertinya tidak akan mudah juga jika mereka harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui preferensi. A Cat 🐈 (bicara) 4 November 2020 08.12 (UTC)
Setuju Setuju Kalau mau jujur ya, saya sangat setuju kalau fitur ini diimplementasikan di WBI, terutama karena para Wikipediawan baru seringkali menanyakan hal-hal dasar ke Bantuan Warung Kopi meskipun Wikipedia sendiri sudah menyediakan berbagai pengenalan.
Tapi, saya punya pertanyaan: Apakah fitur ini akan dilepas bila mereka (para wikipediawan baru) mencapai kelompok pengguna tertentu atau mencapai banyak kontribusi? Selain itu, saya juga ingin memberi saran kalau pratinjau teks "Templat:" dalam saran penyuntingan laman diganti dengan isi laman yang sebenarnya.  Astronom5109  4 November 2020 12.14 (UTC)
Thank you for your comments! Sorry to use English for my reply. Please help translate to your language.
When the tools are deployed, they are given to 80% of newcomers. This is a test to see if there is a big difference between these 80% and the last 20%. If we see that the 80% are well responding, we could consider to provide the tools to all users.
The tools are automatically activated when the account is created. There is no need to activate the tools in Preferences for new users. Users who created an account before the deployment will have to activate them in their preferences.
If you wish to help, we need assistance for the configuration of the tools.
Astronom5109, can you detail on your last idea, about the "Templat:"?
Let me know if you have questions! Thank you. Trizek (WMF) (bicara) 4 November 2020 19.22 (UTC)
@Trizek (WMF): Let me rephrase my comment with English.
So basically, I strongly agree this feature to be implemented. But I have one question: Is this feature will be removed if the new user reached new user group or someting like, 1000 contributions? And I have one problem. I see that the article suggestion include text preview, but some of these article displays some "source code thing" like "Template:Infobox video game..." followed by article's content (for example, CS:GO). Can you solve it? Thanks.  Astronom5109  5 November 2020 00.47 (UTC)
Thank you for the clarification and your support about these tools, @Astronom5109. The tools will not be removed for people becoming more experienced. Actually, we have experienced users who use these tools a lot on some wikis, because they like them a lot! But it is possible for users who don't like the tools, to remove them for themselves, in their preferences.
Concerning the other problem, it is not really one. You tried the tools on test.wikipedia.org. It is a wiki where a lot of things are tested. We have a lot of articles there, most of them have been imported from some other wiki. Sometimes, some templates and infoboxes haven't been created yet. This is why you may see "Template:Infobox video game..." in some previews, because this template doesn't exists on test.wikipedia.org and the tool things it is just a normal piece of text. It will work fine on your wiki. :)
-- Trizek (WMF) (bicara) 5 November 2020 11.41 (UTC)
Oh, so it's just the nature of Test Wikipedia I guess.  Astronom5109  5 November 2020 12.37 (UTC)

Tech News: 2020-45

2 November 2020 16.09 (UTC)

Tech News: 2020-46

9 November 2020 15.49 (UTC)

Tech News: 2020-47

16 November 2020 15.36 (UTC)

Tech News: 2020-48

23 November 2020 17.18 (UTC)


Dear Wikipedia/wikimedia team,

Greetings from Undiknas University Denpasar,  semoga dalam keadaan sehat selalu,  sehubungan dengan pergantian LOGO Universitas kami, kami mohon bantuan dari wikipedia team untuk mengganti logo tersebut dengan logo terlampir,  kami sudah mencoba untuk menyunting namun tidak bsa kami lakukan. ini adalah link kami : https://en.wikipedia.org/wiki/University_of_National_Education

mohon memberikan info terkait pergantian logo untuk dapat kami tindak lanjuti,  terimakasih,  Kind Regards,  Dayu Iswari Pidada (Ms) Marketing Manager of Partnership and Entrepreneurship.  Undiknas University. Jalan Bedugul No. 39 Sidakarya, Denpasar - Bali  email : marketing@undiknas.ac.id / website : www.undiknas.ac.id [1]phone : (0361) 72386, fax : (0361) 723077


Undiknas University (bicara) 27 November 2020 08.31 (UTC)

Tech News: 2020-49

30 November 2020 17.44 (UTC)


Bahasa

Wikipedia:Gambar pilihan/77 2020

Wikipedia:Gambar pilihan/77 2020 seharusnya menggunakan huruf kapital "K" pada kata "Kota". RXerself (bicara) 2 November 2020 16.15 (UTC)

Kata baku

Halo! Kalo boleh tau kata Handal dan Andal ituh mana yah yang baku. Mohon jawabannya. Salam, FBN122645Negosiasi 9 November 2020 03.37 (UTC)

andal Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 9 November 2020 08.39 (UTC)
@S Rifqi: Terima kasih atas jawabannya. FBN122645Negosiasi 9 November 2020 08.43 (UTC)

Lain kali untuk mengecek kata baku atau tidak, cukup buka KBBI ya. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 12 November 2020 02.22 (UTC)

Kata

Bagaimana penggunaan kata strategi, strategis dan Stratejik, mohon masukannya agar bermanfaat Yasanto Lase (bicara) 12 November 2020 07.38 (UTC)

Usulan perubahan istilah pada halaman-halaman badai

Halaman-halaman badai di WPID sebagian besar menggunakan istilah badai, seperti Badai Harvey dan Badai Katrina. Padahal, tidak semua nama peristiwa tersebut berawalan storm, melainkan ada yang menggunakan istilah hurricane dan typhoon. Oleh karena itu, saya mengusulkan perubahan judul pada halaman badai menjadi:

  1. Hurikan [nama badai] untuk badai bernama Hurricane [nama]
  2. Topan [nama badai] untuk badai bernama Typhoon [nama]

Hurikan dan Topan sudah ada di KBBI.
Catatan: Untuk badai bernama Typhoon [nama], saya sebenarnya masih ragu apakah harus menggunakan istilah Topan atau Taifun karena Taifun sebenarnya lebih cocok digunakan pada kasus ini. Naufal Farrasbicara 13 November 2020 04.33 (UTC)

Seingat saya (dari beberapa sumber bacaan yang saya sudah lupa di mana), taifun khusus dipakai buat badai yang tercipta di sekitar Asia, sedangkan topan dapat digunakan secara umum untuk badai yang muncul atau terjadi di selain wilayah Asia. ··· 🌸 Rachmat04 · 25 November 2020 13.56 (UTC)
Benar. Typhoon yang saya maksud adalah badai yang melintasi wilayah Filipina atau Asia Timur. Naufal Farrasbicara 26 November 2020 08.26 (UTC)

Beberapa masalah bahasa

"makna" vs "arti" (en: meaning)

Kata EN "meaning" memiliki beberapa arti (makna?), atau sedikitnya 2 arti (makna?) utama yang cukup berbeda:

  • (tentang kata)
  • (tentang hidup dsb) (EN: juga "significance" | ID: kepentingan)

KBBI sama sekali tidak berguna. Apakah kata "makna" dan "arti" sinonim yang sempurna? Taylor 49 (bicara) 20 November 2020 11.42 (UTC)

Hmmm, dari yang saya lihat "arti" itu digunakan sangat sering sekali dalam kehidupan, dan kalo "makna" saya lebih sering menemukannya dalam karya-karya fiksi kayak novel-novel yang banyak menggunakan kata-kata kiasan... --Nicholas Michael Halim (bicara) 22 November 2020 08.19 (UTC)

"pandemi" vs "pandemik" (en: pandemic)

Kata EN "pandemic" memiliki dua kelas kata yang berbeda:

  • kata benda / nomina
  • kata sifat / adjektiva

Dalam bahasa SV ada 2 kata yang terpisah: "pandemi" (nomina) dan "pandemisk" (adjektiva). KBBI sama sekali tidak berguna. Apakah Kategori:Pandemik salah dan harus dipindahkan ke Kategori:Pandemi ? Taylor 49 (bicara) 20 November 2020 11.42 (UTC)

KBBI sama sekali tidak berguna? – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 22 November 2020 06.31 (UTC)
Menurut saya—betulkan aku jika salah—pandemik itu contohnya: "Vaksin pandemik, institusi pandemik" Kalo dalam bahasa Inggris, ya kayak star yang menjadi stellar (contoh: stellar classification, stellar black hole, stellar mass) atau moon menjadi lunar (contoh: lunar phase). Sementara kalo pandemi kayak begini: "Virus tersebut telah mengakibatkan sebuah pandemi". Itu pendapat saya... Kalau masalah kategori pandemik, saya setuju kalo itu dipindahkan ke pandemi... --Nicholas Michael Halim (bicara) 22 November 2020 08.16 (UTC)
"Kategori:Pandemik" sudah dikosongkan. Taylor 49 (bicara) 22 November 2020 18.57 (UTC)

Mengembalikan judul halaman Wangsa Syailendra

Judul pada halaman Wangsa Sailendra untuk dikembalikan kembali ke judul sebelumnya, yaitu Wangsa Syailendra. Berdasarkan pemeriksaan saya dalam KBBI kata bahasa Sanskerta: Śailendra ditulis sebagai Syailendra. Śa dibaca Sya, sama seperti mengeja kosakata: Syin, Syeikh, Syarat, Syarif, Syariat, Syukur dll.

Śa adalah Aksara Tālawya yang bila dieja kedalam bahasa Indonesia berbunyi Sya. Sedangkan Sa (biasa) adalah Aksara Dantya yang bila dieja kedalam bahasa Indonesia tetap dibaca Sa. Jadi ejaan yang benar menurut KBBI adalah Syailendra. Karena Wikipedia bahasa Indonesia adalah ensiklopedia yang menggunakan bahasa Indonesia saya mengajak untuk menggunakan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada artikel yang tersedia pada Wikipedia bahasa Indonesia.

Terima kasih atas perhatiannya,

Syzyszune (bicara) 28 November 2020 08.57 (UTC)

Sekadar saran, lebih baik memakai acuan ejaan yang lazim dipakai, daripada mengacu kepada penyesuaian IAST.
Contohnya, kalau mengacu kepada penyesuaian IAST, maka kata Sri dan Sriwijaya semestinya diubah menjadi Syri dan Syriwijaya.
Kalau memakai acuan ejaan yang lazim dipakai, maka kata Sri dan Sriwijaya tetap ditulis demikian.
Dengan demikian, berarti penyesuaian IAST bukanlah acuan yang mutlak. Ternyata prinsip kelaziman lebih diutamakan.
-- Adiputra बिचर -- 28 November 2020 09.57 (UTC)
@M. Adiputra: Karena ini Wikipedia sebuah situs ensiklopedia yang menggunakan bahasa Indonesia saya ingin memberikan ajakan bagi siapa saja untuk menyesuaikan apa yang sudah ditetapkan pada kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Sebagai acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku.
Dalam kasus Syailendra oleh KBBI ditulis sebagai Syailendra. Hal ini juga berlaku pada pronunciation pada bahasa Inggris ditulis sebagai Shailendra. Tidak semua aksara Talawya oleh KBBI ditulis dengan ejaan Sya. Contohnya saja Sriwijaya oleh KBBI tetap ditulis Sriwijaya dan dalam bahasa Inggrispun tetap sama. Jadi tidak perlu repot untuk mentranslisasi kata yang menggunakan aksara Talawya secara keseluruhan. Di sini kita hanya menyesuaikan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Syzyszune (bicara) 14.09, 28 November 2020 (UTC)
Syzyszune, apakah alasan usulan Bung ini berdasarkan yang lebih sesuai KBBI, atau berdasarkan aturan transliterasi bahwa Śa ditransliterasikan menjadi "sya"? Soalnya di awal sepertinya alasannya berkaitan dengan aturan transliterasi, tetapi jawaban terbaru di atas menyebut bahwa tidak harus mentransliterasi aksara Talawya secara keseluruhan. Agar lebih fokus kita bahas yang mana. Dan kalau boleh tahu, di mana ditemukan "Syailendra" di KBBI? Soalnya aku cari di versi daring tidak ada. HaEr48 (bicara) 28 November 2020 17.27 (UTC)
@HaEr48: Berdasarkan Ejaan Bahasa Indonesia yang benar adalah 'Syailendra' atau dalam bahasa Inggris ditulis sebagai 'Shailendra'. Hal ini mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sumber: https://kbbi.web.id/wangsa https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wangsa. Serta buku-buku sejarah yang diterbitkan Kemdikbud dan Perpusnas. Berbagai jurnal yang diterbitkan oleh Balai Arkeologi: https://sangkhakala.kemdikbud.go.id/index.php/SBA/article/view/102 https://onesearch.id/Search/Results?lookfor=syailendra&type=AllFields
Kasus yang sama adalah nama wangsa Iśana, dalam bahasa Indonesia ditulis sebagai Isyana (artikel terkait Wangsa Isyana) dan dalam bahasa Inggris ditulis sebagai Ishana. Begitu pula Śailendra dalam bahasa Indonesia ditulis Syailendra atau dalam bahasa Inggris ditulis Shailendra.
IAST ke bahasa Inggris
  • Śailendra menjadi Shailendra
  • Iśana menjadi Ishana
IAST ke bahasa Indonesia
  • Śailendra menjadi Syailendra
  • Iśana menjadi Isyana
Syzyszune (bicara) 23.51, 28 November 2020 (UTC)
Sebaiknya fokusnya ke buku sejarah saja, bukan ke IAST. Saya yakin penyusun KBBI pun rujukannya ke buku-buku yang sesuai dengan kata bersangkutan. Kesampingkan IAST, lalu kumpulkan rujukan yang menyatakan bahwa penulisannya memang demikian. Kalau Anda fokus ke IAST, Anda tidak akan menemukan konsistensi. Apalagi masalah penulisan Śa dan Sha menjadi Sya. Kelihatannya saja berusaha konsisten, tapi tetap saja mengacu pada penulisan yang lebih lazim. Tidak hanya dalam penyerapan bahasa Sanskerta; dalam penyerapan bahasa asing yang lain pun demikian, tidak konsisten. Memakai prinsip kelaziman, atau rujukan sumber tepercaya.
Lebih baik kumpulkan buku-buku atau sumber yang menyatakan bahwa ejaannya memang demikian. -- Adiputra बिचर -- 29 November 2020 02.36 (UTC)
"Tidak semua aksara Talawya oleh KBBI ditulis dengan ejaan Sya."
Nah, dari sini sudah jelas bahwa IAST bukanlah acuan mutlak. -- Adiputra बिचर -- 29 November 2020 02.41 (UTC)
@Syzyszune: Baik dalam transkripsi bahasa Hindi dan Sanskerta dengan IAST, fonem sya (sa + virama + ya, स्य) TIDAK SAMA DENGAN śa (श) apalagi ṣa (ष). Kalau judulnya diubah menjadi Syailendra, maka saya jadi bingung, ini maksudnya sya atau śa. Mohon dibedakan. RaFaDa20631 (bicara) 29 November 2020 02.50 (UTC)
Dari yang saya pahami, śa (Dev: श , IPA: ʃa) ingin ditulis sebagai sya. Jadi bukan mengalihaksarakan स्य menjadi sya. Inilah yang memicu inkonsistensi sebab kata Sri juga ditulis dengan श. Akhirnya bakal cherry-picking belaka.
Lebih baik mengumpulkan buku-buku topik terkait yang menyatakan bahwa ejaannya memang harus demikian, daripada pakai rumus IAST ke Indonesia yang tak konsisten dan cherry-picking. -- Adiputra बिचर -- 29 November 2020 03.50 (UTC)
@RaFaDa20631: Judul sebaiknya menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar karena ini Wikipedia yang menggunakan bahasa Indonesia, bukan ensiklopedia yang inkosisten. Keterangan IAST bisa ditambahkan di dalam isi artikel, tanpa repot-repot. Banyak terjadi inkosisten pada artikel yang serupa contohnya Wangsa Isyana kalau ditulis dengan ejaan yang lazim maka judulnya menjadi Wangsa Isana. Bandingkan artikel di Wikipedia bahasa Inggris, mereka menyesuaikan pada pronunciation yang berlaku pada bahasa Inggris. Syzyszune (bicara) 05.38, 29 November 2020
Kalau Wikipedia Inggris menyesuaikan pada pronunciation pada bahasa Inggris, apakah Wikipedia Indonesia menyesuaikan pronounciation yang berlaku pada bahasa Indonesia? Hmmm....
Kasus yang bertolak belakang dengan pernyataan di atas, terjadi pada pemindahan artikel Siwa menjadi Syiwa. Padahal kalau mengikuti pengucapan bahasa Indonesia, seharusnya ejaannya menjadi Siwa. Berarti ini hal yang kontradiktif dengan kata-kata yang digarisbawahi: tidak mau ikuti pronunciation.
Kalau kukuh bahwa श harus dialihaksarakan menjadi sya, ini sebenarnya tidak sesuai dengan pronunciation beberapa kata yang sudah telanjur diucapkan masyarakat. Ambil contoh, kata Sri maupun Siwa di Indonesia tidak diucapkan dengan fonem /ʃ/ (sh atau sy). Para editor KBBI mungkin biasa mendengar kata Sri, tapi tidak biasa mendengar kata Siwa (karena non-Hindu), sehingga terjadi cherry-picking.
Saya lebih setuju menerapkan prinsip kelaziman (apa yang lazim diucapkan) dan mampu menyertakan banyak link buku agama Hindu, bahwa ejaan yang dipakai adalah Siwa bukan Syiwa, sebagaimana Sri Wisnu bukan Syri Wisnu. Kesimpulannya: menyesuaikan pronunciation.
Ini hanya perbandingan kasus saja jika mau menerapkan "penyesuaian pronunciation". -- Adiputra बिचर -- 29 November 2020 14.36 (UTC)
Kembali ke topik utama. Jika menerapkan "penyesuaian pronunciation", sekarang tergantung para ahli dan peminat dan penekun sejarah, mana yang biasa diucapkan. Sailendra atau Syailendra? -- Adiputra बिचर -- 29 November 2020 14.41 (UTC)

Berita


SDM Wikipedia

Menurutku SDM Wikipediawan/wati baru masih lemah. Kalau menurut Wikipediawan lain gimana?

Punten! (ngobrol?) 20 November 2020 07.43 (UTC)

Lain-lain

Pemblokiran Ratna Sarita

Halo, kenapa alamat IP 36.90.69.219 dari akun LTA Ratna Sarita tidak diblokir saja ya? Saya lihat alamat IP membuat banyak akun siluman LTA + selalu membuat artikel tak layak yang sudah berulang kali dihapus (meski sudah diberi perlindungan pembuatan) tetapi masih bisa membuat judul halaman Ratna Sarita tapi dalam bentuk nama lain, saran saya sih harusnya alamat IP pengguna Ratna Sarita diblokir dengan jangka waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan (tidak selama-lamanya karena itu mungkin berlebihan). Terima kasih. Salam, ♣️Ďīśtörïñg♣️ᮍᮧᮘᮁᮧᮜ᮪? 21 Oktober 2020 04.41 (UTC)

Rekomendasi Strategi Gerakan Wikimedia 2030

Halo semua,

Wikimedia Indonesia akan mengadakan pertemuan dengan komunitas untuk membahas Strategi Gerakan Wikimedia 2030. Saat ini, ada 10 rekomendasi yang tertuang dalam Strategi Gerakan Wikimedia 2030. Kami mengundang rekan-rekan komunitas untuk menentukan prioritas dari 10 rekomendasi yang ada. Pertemuan akan diadakan pada hari Jumat, 23 Oktober, pukul 18.30-19.30 WIB melalui Google Meet berikut ini: https://meet.google.com/ysj-eyht-tny.

Rekomendasi Strategi Gerakan Wikimedia 2030 dalam bahasa Indonesia sudah tersedia di sini: https://meta.wikimedia.org/wiki/Strategy/Wikimedia_movement/2018-20/Recommendations/id

Jika saat membuka masing-masing rekomendasi munculnya bahasa Inggris, silakan klik tulisan "bahasa Indonesia" yang ada di atas halaman.


Terima kasih
Hillun Vilayl Napis (WMID) (bicara) 22 Oktober 2020 08.21 (UTC)

Pengguna ngawur

Tolong dihapus artikel yang tdk berkualitas, soalnya banyak dan berkeliaran. Punten! (ngobrol?) 14 November 2020 06.45 (UTC)

Beasiswa Daring

Mempertimbangkan kondisi pandemi yang tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat, Wikimedia Indonesia memberikan beasiswa daring bagi sukarelawan proyek Wikimedia. Beasiswa daring ini dapat Anda gunakan untuk kegiatan daring yang bertujuan memperbaiki kualitas infrastruktur dan konten proyek Wikimedia dalam bahasa Indonesia dan daerah.

Karena hanya mendukung kegiatan daring, beasiswa ini hanya mendanai paket internet dan konsumsi harian. Komponen-komponen tersebut mengacu pada standar keuangan Wikimedia Indonesia, yaitu maksimal Rp200.000 untuk paket internet per kegiatan dan maksimal Rp100.000 untuk konsumsi per hari. Tenggat permohonan 15 Desember 2020.

Selengkapnya di Beasiswa Daring.

Cahyo (WMID) (bicara) 30 November 2020 10.56 (UTC)

A/B test for the Reply tool

Hello. Please help translate to your language.

The mw:Editing team is building the Reply tool. This new tool was requested during the mw:Talk pages consultation 2019. If you want, you can turn it on now at Special:Preferences#mw-prefsection-betafeatures.

The Editing team would like to test the tool. They want to study whether it works better, especially for new editors. In the test, they will turn on the Reply tool for half of editors sometime during the week of 14 December 2020. They will not change preferences for the other editors. You will still be able to turn it on or off yourself in Special:Preferences.

The test will run for several weeks. The results will be posted at mw:Talk pages project/replying#Metrics in late January or February. The test results will help Wikipedia editors and the Editing team decide whether the tool should be turned on for everyone.

If your Wikipedia does not want to participate in this test, please contact me as soon as possible. Thank you. Whatamidoing (WMF) (bicara) 2 Desember 2020 21.59 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun akun resmi WBI di:


  1. ^