Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari ketujuh bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari tujuh bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk saluran komunikasi komunitas di luar Wikipedia (Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, milis, IRC)
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Keluhan

Saya lihat sering kali ada yang suka mengganti gambar tokoh menjadi gambar bermasker yang tidak terlihat jelas mukanya, misalnya ini, ini, dan ini. Ini memang sedang musim pandemi dan gambar bermaskernya mungkin memang lebih baru, tapi ensiklopedia Wikipedia bersifat jangka panjang dan masih akan tetap berlangsung walaupun pandemi sudah berakhir. Mengganti gambar yang sudah ada menjadi gambar bermasker saya rasa malah jadi menghilangkan informasi karena mukanya jadi tidak terlihat seperti apa. Usul saya agar dibuat pedoman yang menyatakan bahwa gambar yang diutamakan adalah gambar yang terlihat jelas mukanya, dan gambar bermasker hanya bisa ditambahkan kalau memang tidak ada gambar bebas hak cipta sama sekali. Danu Widjajanto (bicara) 25 Maret 2021 10.31 (UTC)

Fase 2 Kode Etik Universal

Kode Etik Universal (UCoC) bertujuan untuk mewujudkan sebuah standar minimum perilaku di seluruh proyek pada gerakan Wikimedia. UCoC saat ini sedang berada pada Fase 2, yaitu fase perumusan panduan penegakan umum. Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang UCoC di halaman proyeknya.

Komite Perumus: Undangan untuk mendaftar

Yayasan Wikimedia mengundang sukarelawan yang berminat untuk ikut merumuskan UCoC. Sukarelawan yang terpilih diminta untuk menyumbangkan 2 hingga 6 jam per minggu dari akhir April hingga Juli dan dari Oktober hingga November. Susunan komite ini diharapkan untuk memiliki anggota yang seberagam dan seinklusif mungkin, dengan tingkat pengalaman yang berbeda-beda: pengguna yang sudah lama menyunting maupun baru bergabung, sudah pernah mengalami atau menangani kasus pelanggaran keamanan ataupun pernah dituduh secara salah.

Untuk mendaftar, silakan lihat halaman Komite Perumus.

Konsultasi komunitas 2021: Pengumuman dan undangan untuk sukarelawan dan penerjemah

Dari 5 April hingga 5 Mei 2021, sebagian besar proyek Wikimedia akan menyelenggarakan diskusi tentang penegakan UCoC. Kami mencari sukarelawan yang bersedia untuk menerjemahkan bahan-bahan utama, sekaligus menyelenggarakan diskusi di komunitas mereka menggunakan pertayaan kunci yang telah disediakan. Jika Anda tertarik untuk bergabung dan melakukan salah satu atau kedua fungsi tersebut, harap hubungi kami dalam bahasa manapun yang Anda gunakan.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang konsultasi ini, silakan lihat halaman konsultasi 2021.

-- Xeno (WMF) (bicara) 5 April 2021 20.57 (UTC)

Pranala spam blog pribadi ke banyak artikel tetang burung

Alimadura (bicarakontr.kontr. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) mohon segera diblokir saja karena melakukan spam ke blog/situs pribadinya:

Pengguna tersebut tidak ada niat baik untuk berkontribusi karena tetap ngotot masukin pranala ke situs pribadinya yang jelas tidak kredibel (WP:ST). Walaupun banyak artikel-artikel yang sudah dia buat, dia cuma nyari back link, kutipan referensinya juga kadang gak nyambung (kandungan gizi di artikel brokoli dia kasih referensi ke situs burung). Ini cuma nurunin kualitas Wikipedia. 36.72.241.145 9 April 2021 03.01 (UTC)

CC pengurus aktif: @Symphonium264:, @Medelam:, @Nohirara:, @Rachmat04:, @RaFaDa20631:, @Bennylin: dan lain-lain. 36.72.241.145 9 April 2021 03.10 (UTC)
Sudah saya hapus pranala-pranala itu. Saya juga mencabut pemblokiran atas akunnya karena ybs. tidak menyunting sejak 1 minggu yang lalu. Untuk informasi, saya menge-ping @Alimadura ke dalam percakapan ini. Hingga ia merespons di sini, saya akan pantau kontribusinya. Trims. ··· 🌸 Rachmat04 · 9 April 2021 05.14 (UTC)

Line numbering coming soon to all wikis

-- Johanna Strodt (WMDE) 12 April 2021 15.08 (UTC)


Usulan


Halo, ada usulan di Pembicaraan:Manokwari (kota). Silakan ditanggapi di sana. Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 21 Maret 2021 22.43 (WIB)

Penambahan Halaman diskusi

Tambahkan topik diskusi di Warung kopi 『𝕯𝖊𝖙𝖊𝖈𝖙𝖎𝖛𝖊🅿🆁🅾 』 (bicara) 10 April 2021 13.45 (UTC)

Teknis

Templat:YYYY short films category header

Ada yang bisa membetulkan Templat:YYYY short films category header yang dipakai pada halaman Kategori:Film pendek tahun 1906 --Glorious Engine (bicara) 8 Maret 2021 09.33 (UTC)

@Glorious Engine: Saya mencoba membuat bak pasir templatnya pada Templat:YYYY short films category header/bak pasir dan saya coba pada Kategori:Film pendek tahun 1906. Dalam bak pasir itu tidak mengecek lokasi transklusi dan nama halaman, sehingga pengawasan (tambahan) mungkin diperlukan terhadap potensi halaman yang menggunakan templat ini. Salam. Medelam (bicara) 10 Maret 2021 02.33 (UTC)

Tech News: 2021-10

8 Maret 2021 17.51 (UTC)

Sōshi-kaimei

Ada yang bisa memperbaiki tag "Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah;" pada artikel Sōshi-kaimei --Glorious Engine (bicara) 9 Maret 2021 09.12 (UTC)

@Glorious Engine: Apakah masalah ini sudah teratasi? flixwito ^(•‿•)^ 14 Maret 2021 03.21 (UTC)

Sudah --Glorious Engine (bicara) 14 Maret 2021 03.53 (UTC)

Psammomys

Ada yang bisa memperbaiki kesalahan teknis pada artikel Psammomys: Lua error in Modul:Unicode_data at line 293: attempt to index upvalue 'singles' (a nil value). --Glorious Engine (bicara) 13 Maret 2021 04.40 (UTC)

Halo, sudah saya perbaiki yaa. salam BalooNgomong 10 April 2021 16.52 (UTC)

Templat:Category described in year

Ada yang bisa memperbaiki kesalahan teknis pada Templat:Category described in year: Galat skrip: tidak ada modul tersebut "Category described in year". --Glorious Engine (bicara) 13 Maret 2021 05.21 (UTC)

Glorious Engine modul-modul ini perlu dibuat (bisa salin tempel dulu): en:Module:Category described in year, en:Module:Category described in year/conf. --Hidayatsrf (bicara) 17 Maret 2021 08.54 (UTC)

Jalan pintas

Halo, jadi kan saya mau berkata seperti ini. Sebenarnya jalan pintas ruang nama Wikipedia: dan Pembicaraan Wikipedia itu adalah WP: dan WT:. Namun, kedua jalan pintas itu dirender sebagai pseudo-namespace dan bukan alias. Itu artinya halaman dengan awalan WP: dan WT: itu semuanya adalah ruang nama artikel dan bukan ruang nama proyek atau ruang nama pembicaraan proyek. Terkait dengan banyaknya jalan pintas yang dirender sebagai ruang nama utama (artikel) saya mengusulkan agar alias ini diaktifkan saja. Untuk pembicaraan selanjutnya saya mau ngomongkan masalah ini ke Wikipedia:Warung Kopi (Teknis). Nuwun. RaFaDa20631 (bicara) 14 Maret 2021 02.32 (UTC)

Silakan dilanjutkan. Saya kira ini usul yang baik. Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 17 Maret 2021 08.37 (UTC)
Saya kira tidak masalah kalau memang demikian, mungkin bisa sekaligus diajukan ke phab untuk ruang nama lain seperti "Buku:", yang sepertinya juga belum di implementasikan di WBI. --Hidayatsrf (bicara) 17 Maret 2021 10.52 (UTC)
Telah diajukan ke m:Requests_for_comment/Set_short_project_namespace_aliases_by_default_globally. RaFaDa20631 (bicara) 17 Maret 2021 11.59 (UTC)

Tech News: 2021-11

15 Maret 2021 23.21 (UTC)

Artikel Teluk Balikpapan

Selamat pagi. Mohon bantuan dari teman² utk perbaikan peletakan koordinat dari artikel Teluk Balikpapan. Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih. AMA Ptk (bicara) 17 Maret 2021 23.09 (UTC)

Anonim

Menurutku pengguna anonim meresahkan. Tolong awasi karena menurutku berpotensi merusak WBI.


Punten! (ngobrol?) 20 Maret 2021 13.18 (UTC)

Wikipedia:Asumsikan niat baik. Ada pengguna anonim yang berkontribusi secara konstruktif. Di lain sisi, suntingan merusak juga sering dilakukan oleh pengguna terdaftar. enjoyer (pesan) 21 Maret 2021 01.54 (UTC)

Tech News: 2021-12

22 Maret 2021 16.52 (UTC)

Futrue of FlaggedRevs (Pending Changes) extension

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Hello, I’m posting this here because this wiki has FlaggedRevs (Pending Changes) enabled.

This extension is one of the oldest extensions we have in production and currently does not have a maintainer. FlaggedRevs has been the cause of several incidents and visible regressions, especially because software decays and our technology constantly changes.

Another problem with this extension is its scope. While most of its functionalities are not enabled at Wikimedia, or are enabled on a very small set of wikis only (e.g. "multiple dimensions" was enabled only on Hebrew Wikisource, and they agreed to disable it). This has made maintaining the extension a tall order (more of a nightmare). In other words, this extension does too many things, and none well.

To move forward, barely used functionalities of this extension will be removed. Such as: support for multiple dimensions (like “style” and “tone”), multiple tiers (“quality” and “pristine”), several one of its special pages (ProblemChanges, ReviewedPages, ReviewedVersions, QualityOversight), and more. This will make it less of a burden to start maintaining and improving the main functionalities. The user interface will have only one mode in the future (currently it has four).

You can check this Phabricator ticket for more information about functionalities being removed: phab:T277883

These removals would simplify its logic drastically, and enable us to rework its old interface, fix several deprecated dependencies that this extension is the last to block their removal of (like the "action=ajax" API), and reduce the number of issues/incidents/regressions that can be caused by this extension.

Most users of wikis that have this extension enabled (including English Wikipedia and German Wikipedia) won't see any difference. Wikis will still be able to use multiple "levels" (but not multiple "tiers") and will still be able to enable pending changes for whole namespaces, or on a group of pages only (otherwise known as “protect mode”). Those features will not be removed.

To follow the discussion around this, take a look at T185664.

Thank you for understanding and sorry for any inconvenience. Ladsgroup (talk) 23 Maret 2021 17.17 (UTC)

Templat:Cslist

Ada yang bisa memperbaiki kesalahan teknis pada Templat:Cslist --Glorious Engine (bicara) 29 Maret 2021 00.25 (UTC)

Tech News: 2021-13

29 Maret 2021 17.30 (UTC)

Tech News: 2021-14

5 April 2021 19.39 (UTC)


Bahasa

See also

See also itu "lihat juga" atau "lihat pula"? Adaptive611 (bicara) 9 Maret 2021 03.27 (UTC)

Saya biasanya menggunakan "lihat pula". dwf² 9 Maret 2021 03.51 (UTC)
Kalau gitu diubah massal saja dari "Lihat juga" ke "Lihat pula". Wikipedia kan sudah biasa ubah massal. Adaptive611 (bicara) 12 Maret 2021 03.14 (UTC)
@David Wadie Fisher-Freberg: Kapan mau dieksekusi? Adaptive611 (bicara) 25 Maret 2021 05.14 (UTC)
Saya rasa tidak perlu diubah massal; tergantung preferensi masing-masing penulis saja. dwf² 25 Maret 2021 05.24 (UTC)
Kalau ada perang suntingan antara lihat juga dan lihat pula, siapa yang tanggung jawab, siapa yang benar? Adaptive611 (bicara) 25 Maret 2021 05.36 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── @David Wadie Fisher-Freberg: Jadi bagaimana kelanjutannya? Adaptive611 (bicara) 13 April 2021 03.32 (UTC)

Kelanjutannya adalah tidak ada kelanjutan, saya rasa, karena tidak urgen untuk diubah. dwf² 13 April 2021 04.07 (UTC)

Arti dari "confining attention"

Kalau "confining attention" biasanya diartikan "membatasi perhatian". Tapi, apakah terjemahan ini cocok dengan kalimat "...by confining attention to sufficiently small increments."? – komentar tanpa tanda tangan oleh Dedhert.Jr (bk) pada 10 Maret 2021 ‎12.17 (UTC).

Menurut saya sih cocok-cocok saja, memang total error nya ingin dibuat sekecil-kecilnya untuk yang dianalisis lebih lanjut? Kalau konteksnya beda dari pemahaman ini, ya mungkin perlu padanan lain. Adaptive611 (bicara) 12 Maret 2021 03.19 (UTC)

Istilah real dan riil di matematika

Permisi semuanya.

Saya melihat artikel-artikel di WBI kurang konsisten memilih padanan untuk istilah real di bahasa Inggris. Dua padanan yang sering saya lihat adalah kata "real" dan "riil". Sebagai contoh, dapat dikatakan jumlah artikel yang mengandung kata "bilangan real" sama banyaknya dengan jumlah artikel yang menggunakan "bilangan riil". Begitu pula untuk kasus "analisis real" versus "analisis riil".

Kalau merujuk ke Glosarium Daring, istilah real langsung diadopsi ke bahasa Indonesia. Karena itu, "real number" dipadankan dengan "bilangan real". Pencarian di Google juga menemukan hasil untuk kata "real" lebih banyak ketimbang "riil: "bilangan real" lebih banyak ketimbang "bilangan riil", dan "analisis real" lebih banyak ketimbang "analisis riil". Pendapat pribadi saya, kata "real" sudah cukup populer saat ini. Namun di lain sisi, adaptasi istilah real menjadi "riil" sepertinya pernah populer/sering digunakan (lihat diskusi Arsip Warung Kopi tahun 2008 di bagian 'Sistem bilangan' dan 'Sistem angka' ).

Agar konsisten dan tidak membingungkan saat membaca artikel-artikel, saya ada niatan untuk menyeragamkan penggunaan padanan istilah real. Tapi, apakah hal tersebut boleh dilakukan? dan, padanan apa yang dipilih: "real" atau "riil"? keka.vigi (bicara) 12 Maret 2021 13.33 (UTC)

@Gombang: Mohon berkenan memberikan pandangannya. Salam. Medelam (bicara) 12 Maret 2021 14.32 (UTC)
Saya tidak punya preferensi khusus. Istilah riil sepertinya lebih awal (diambil dari bahasa Belanda). Kalau glosarium badan bahasa memilih bentuk real ya boleh saja kita adopsi di WBI, tapi untuk amannya dibatasi di Matematika saja. Gombang (bicara) 13 Maret 2021 13.46 (UTC)
Bandingin saja sama mata kuliah di kampus-kampus. Setahu saya banyak yang pakai "real". Tampaknya bahasa kita akhirnya lebih menyerap bahasa Inggris daripada bahasa Belanda, apalagi untuk istilah kekinian. Adaptive611 (bicara) 25 Maret 2021 05.17 (UTC)
Ijin memanggil @123569yuuift: yang sepertinya juga memiliki pandangan mengenai hal ini. keka.vigi (bicara) 8 April 2021 04.58 (UTC)
Kata riil saya hanya mengikuti dari bilangan riil dan tatanan riil di Wikipedia, dan saya cari di Internet banyak istilah yang menggunakan "Riil" untuk Matematika (bagian ini disalin dari Pembicaraan:Matriks real 2 × 2). Salam 123569yuuift (bicara)
Banyak tidak berarti tepat. Adaptive611 (bicara) 13 April 2021 03.32 (UTC)

"Buku pelajaran" vs "Buku teks" vs "Buku ajar"

Halaman "Buku pelajaran" baru-baru ini dipindahkan ke "Buku teks" (Buku_pelajaran&action=history). Mengapa? "buku teks" adalah istilah yang diterjemahkan secara mesin atau secara harfiah dari kata Inggris "textbook" (yang memang digunakan tetapi tidak masuk akal). Saya mengusulkan pemindahan kembali ke "Buku pelajaran", istilah yang jauh lebih logis. Taylor 49 (bicara) 20 Maret 2021 14.11 (UTC)

Setuju, "buku pelajaran" lebih Indonesiawi. dwf² 24 Maret 2021 11.15 (UTC)
Tidak Setuju. Cakupan buku teks lebih luas daripada buku pelajaran. ―Rex AurōrumDisputātiō 24 Maret 2021 15.34 (UTC)
Sumber? Adaptive611 (bicara) 25 Maret 2021 05.15 (UTC)
Memang (hampir) semua buku berisi teks. Tetapi tidak semua buku bersifat buku pelajaran. Cakupan yang paling luas tidak berguna. Taylor 49 (bicara) 26 Maret 2021 21.43 (UTC)
Dari pengamatan saya, pada jenjang pendidikan anak usia dini dan pendidikan menengah istilah buku pelajaran dan buku teks dipakai secara bergantian walaupun istilah buku pelajaran lebih sering dipakai. Untuk jenjang pendidikan tinggi istilah buku teks dan buku kuliah dipakai secara bergantian. Jadi, kesimpulannya buku teks memiliki cakupan lebih luas daripada buku pelajaran. Kalau artikel tersebut mau menggunakan judul buku pelajaran maka cakupan isinya lebih terbatas. ―Rex AurōrumDisputātiō 29 Maret 2021 00.22 (UTC)
Istilah lain yang sempat saya temukan adalah buku ajar. Gombang (bicara) 4 April 2021 04.54 (UTC)
buku ajar https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/buku%20ajar
buku pelajaran https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/buku%20pelajaran (apalagi SD)
buku sekolah https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/buku%20sekolah
buku kuliah https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/buku%20kuliah (apalagi universitas)
buku teks https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/buku%20teks (masalah bahasa Inggris)
Saya mengusulkan pemindahan ke "Buku ajar", istilah yang jauh lebih logis. Taylor 49 (bicara) 4 April 2021 13.55 (UTC)

Dual-tone multi-frequency

Halo! Istilah dual-tone multi-frequency signaling telah dipadankan dengan persinyalan nada ganda multifrekuensi. Namun, Glosarium Pusat Bahasa memadankan dual-tone multi-frequency (DTMF) dengan multifrekuensi dwinada (entri). Dari situ, ada beberapa pertanyaan:

  • Untuk memadankan dual-tone, mana padanan yang lebih cocok antara nada ganda (WBI) dan dwinada (Pusat Bahasa)?
  • Ketika memadankan dual-tone multi-frequency, mana urutan kata yang lebih cocok antara nada ganda multifrekuensi (WBI) dan multifrekuensi dwinada (Pusat Bahasa)?

Terima kasih. Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 21 Maret 2021 01.00 (UTC)

Lebih baik mengikuti istilah populer (dalam konteks ini yang dipakai di WBI). Jangan terlalu terpaku dengan Pusat Bahasa. Karena Pusat Bahasa hanya menawarkan padanan sedangkan masyarakatlah yang menentukan mau menggunakan istilah yang mana. ―Rex AurōrumDisputātiō 24 Maret 2021 15.45 (UTC)
Kalau nanti suatu saat lebih banyak yang gunakan dwinada lalu gimana? Kalau ada berbagai kelompok masyarakat yang masing-masing menggunakan istilah pilihannya bagaimana? Adaptive611 (bicara) 25 Maret 2021 05.15 (UTC)
Tinggal pindahkan saja ke istilah populer saat itu. Tetapi tidak menghapus informasi tentang istilah yang lampau. Kalau di saat yang sama ada lebih dari satu istilah populer, pakai istilah yang paling populer, serta tidak lupa mencantumkan istilah selain itu. ―Rex AurōrumDisputātiō 29 Maret 2021 00.24 (UTC)

Terjemahan mengenai "pushforward" dan "pullback" dalam geometri diferensial

Untuk artikel pushforward dan pullback, jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, biasanya diartikan sebagai "mendorong ke depan" dan "tarik kembali". Tapi, apakah ada terjemahan yang lebih tepat selain ini? Atau tetap tulis "Pushforward" dan "Pullback"? Dedhert.Jr (bicara) 21 Maret 2021 13.44 (UTC)

Kalau konteksnya matematika, coba dicek ke buku matematika. Kalau memang tidak diserap, sebaiknya jangan bikin istilah baru, daripada pusing pala barbie yang baca. Wikipedia rasa Google Translate nanti. Adaptive611 (bicara) 25 Maret 2021 05.18 (UTC)
Baik Dedhert.Jr (bicara) 27 Maret 2021 13.43 (UTC)

Terjemahan mengenai "link" dalam topologi

Untuk mengenai teori buhul (en), kata "link" paling tepat apa yah? Apakah tautan atau jalinan yang lebih baik? Kalau kata "linked" biasanya diterjemahkan "terjalin" di Glosarium Matematika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai contoh, terjemahan yang berkaitan dengan kata "linked" di Glosarium Matematika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,

  • "Linked blocks" diterjemahkan menjadi "Blok terjalin"
  • "Linked paired comparison designs" diterjemahkan menjadi "Rancangan pembandingan berpasangan terjalin"
  • dst.

Dedhert.Jr (bicara) 27 Maret 2021 13.50 (UTC)

Ya, 'jalinan' kalau begitu. enjoyer (pesan) 27 Maret 2021 13.55 (UTC)

Terjemahan mengenai kata "over" yang tepat

Untuk mengenai kata "over" yang tepat apa yah? Saya ingin menerjemahkan halaman satu ini.

Let V be a vector space of dimension n over a field F...

Terjemahan yang saya terjemahkan:

Misalkan menjadi sebuah ruang vektor dimensi di atas sebuah medan ...

Tapi kata "over" yang diterjemahkan menjadi "di atas" masih kurang tepatkah? Dedhert.Jr (bicara) 28 Maret 2021 05.22 (UTC)

Biasanya dalam matematika kata over dipakai untuk pecahan, salah satu padanannya per. Dari contoh di atas ada kemungkinan itu bentuk 'pecahan'. Tetapi karena contoh yang diberikan kurang lengkap, susah untuk memahami konteksnya. ―Rex AurōrumDisputātiō 29 Maret 2021 00.35 (UTC)
Kalau saya terjemahkan menjadi per jadi kurang tepat. Apakah tetap menggunakan kata "di atas"? Dedhert.Jr (bicara) 29 Maret 2021 12.24 (UTC)
Izin memanggil @Kekavigi: Naufal Farrasbicara 29 Maret 2021 14.18 (UTC)
Saya rasa jelas dari konteksnya. Terjemahan yang tepat seharusnya "Ruang vektor berdimensi n atas lapangan F". Memang tidak banyak buku aljabar abstrak berbahasa Indonesia, tetapi saya mengikuti diksi yang digunakan di bukunya Pak Ariffin dan di Glosarium Matematika ―Vale979 (bicara) 29 Maret 2021 14.35 (UTC)
Wah, saya ingin menyatakan penyangkalan: saya sebenarnya tidak tahu terjemahan yang tepat/benar. Saya tumbuh di lingkungan yang menerjemahkan "over" sebagai "atas". Kalimat tersebut saya terjemahkan menjadi "Misalkan adalah ruang vektor dimensi atas lapangan ". keka.vigi (bicara) 29 Maret 2021 14.50 (UTC)
Jadi, saya hanya perlu terjemahkan menjadi "atas" bukan "di atas"? (bicara)
Iya, setidaknya menurut saya dan Vale979. keka.vigi (bicara) 30 Maret 2021 15.11 (UTC)
Baik Dedhert.Jr (bicara) 31 Maret 2021 11.07 (UTC)

Terjemahan kata/kalimat yang tepat

Untuk kalimat ini

...— 2 previously listed in D. Lombardero's 1968 Princeton senior thesis...

Saya menerjemahkannya:

..— 2 daftar sebelumnya di tesis senior Princeton tahun 1968 oleh D. Lombardero...

Apakah ini sudah benar? Dedhert.Jr (bicara) 31 Maret 2021 11.08 (UTC)

Saya tidak yakin objek/hal apa yang dirujuk oleh angka '2' di kalimat tersebut. Saya pribadi akan menerjemahkan kalimat tersebut dengan:
...— 2 sebelumnya dimuat dalam senior thesis karya D. Lombardero di [Universitas] Princeton pada tahun 1968...
Berdasarkan penjelasan di en:Thesis#United_States, sepertinya istilah senior thesis dapat dipadankan dengan istilah "skripsi". Namun mohon seseorang mengecek apakah dua istilah tersebut setara. Salam, keka.vigi (bicara) 31 Maret 2021 16.03 (UTC)

"simpul" vs "buhul"

[22] Istilah yang mana lebih sesuai? Taylor 49 (bicara) 31 Maret 2021 22.06 (UTC)

Saya lebih mendukung pemakaian kata simpul. Ini kata yang lebih umum, sebab lebih mudah dipahami sejak anak-anak (contohnya aktivitas pramuka). Saya ingat ketika guru mengajarkan macam-macam "simpul" Pramuka di sekolah. Kalau kata itu diganti menjadi "buhul", pasti anak-anak (termasuk orang tuanya) akan bingung.
Ingatlah, jangan menjadikan Wikipedia ini sebagai platform gratis untuk mempopulerkan suatu kata, walaupun kata itu sudah diakui. Gunakanlah istilah yang lebih umum. -- Adiputra बिचर -- 1 April 2021 06.48 (UTC)
SetujuSetuju Simpul, buhul lebih banyak dipakai dalam hal yang berkaitan dengn sihir dan klenik https://www.google.com/search?q=Buhul. --180.246.81.135 1 April 2021 06.55 (UTC)
Untuk yang halaman ini, apakah nanti akan diterjemahkan menjadi teori simpul? Kalau menurut Glosarium Matematika Departemen Pendidikan dan Budaya, kata "knot" diterjemahkan sebagai "knot" atau "buhul", sedangkan kata "node" diartikan sebagai "simpul". Dedhert.Jr (bicara) 1 April 2021 13.40 (UTC)
Halaman sudah dipindahkan kembali. Kata Inggris "knot" dan "node" banyak digunakan dalam banyak ilmu [23] [24].
> kata "knot" diterjemahkan sebagai "knot" atau "buhul", sedangkan kata "node" diartikan sebagai "simpul"
Memang benar. Kata untuk "knot" pada tali bisa tetapi tidak harus sama dengan kata untuk "knot" dalam matematika. "Glosarium Matematika Departemen Pendidikan dan Budaya" ini bisa ditambahkan ke halaman Simpul sebagai referensi. Taylor 49 (bicara) 1 April 2021 21.15 (UTC)
Baik Dedhert.Jr (bicara) 2 April 2021 01.05 (UTC)

Permafrost

Dalam karya ilmiah, bahkan di buku-buku pelajaran ibun abadi hampir tak pernah dipakai, istilah ini cuma ada di KBBI, cenderung tidak umum dan membingungkan. Kenapa tidak salju abadi, atau es abadi saja, karena frost juga masih diindonesian sebagai embun beku, bandingkan dengan bahasa melayu frost = ibun? --180.246.81.135 1 April 2021 07.19 (UTC)

Apakah ada kata yang lain digunakan dalam buku pelajaran (untuk fenomena "permafrost", yang tidak bisa ditemukan di Indonesia)? "salju abadi" sama sekali salah. "Permafrost" adalah lapisan tanah beku (di bawah permukaan tanah), bukan salju atau es di atas (dan bukan "embun beku" yang tidak abadi). indonesiainside.id. Mungkin juga tanah beku abadi. Kata Inggris "frost" memiliki beberapa makna: dictionary.cambridge.org/dictionary/english/frost makna ini salah (kurang terkait dengan "permafrost") Taylor 49 (bicara) 1 April 2021 21.51 (UTC)
Halo, saya yang memindahkan halaman Permafrost ke Ibun abadi. Sebagai latar belakang, saya ceritakan pemikiran saya waktu itu.
Waktu itu, saya sedang mencari padanan permafrost untuk sebuah permainan video. Karena rupanya WBI pun masih memakai istilah permafrost, saya coba cari di Glosarium Pusat Bahasa dan menemukan istilah ibun abadi dan lahan beku abadi (entri). Lalu, saya periksa KBBI V untuk memastikan ejaannya (karena biasanya ada perubahan ejaan) dan juga menemukan ibun abadi (entri). Sambil menerjemahkan permainan video tersebut, saya juga merombak artikel Permafrost (waktu itu) karena masih pendek dan kurang referensi (perubahan) serta memindahkannya ke Ibun abadi (perubahan). Saya juga sudah menulis tentang ini di Pembicaraan:Ibun abadi.
Untuk menjawab pertanyaan Saudara 180.246.81.135, iya, saya sendiri juga kesulitan waktu itu untuk mencari bacaan bahasa Indonesia yang menggunakan istilah ibun abadi selain kamus (Kamus Istilah Meteorologi hlm. 45 dan Kamus Hidrometeorologi hlm. 83) dan glosarium (Glosarium Biologi hlm. 382). Yang saya temukan malah bacaan bahasa Melayu (Malaysia) (contoh buku). Pemakaian ibun abadi di Indonesia semakin banyak sejak saya memindahkan artikel Permafrost ke Ibun abadi pada tanggal 23 Mei 2020, salah satunya adalah artikel yang dirujuk oleh Saudara Taylor 49 yang terbit pada tanggal 6 Juni 2020. Pemakaian ibun abadi sebelumnya yang saya temukan hanya dalam makalah tugas kuliah tahun 2011.
Jadi, bila dirasa kurang tepat, artikel Ibun abadi bisa dipindahkan ke Embun beku abadi (dengan tetap mempertahankan istilah lamanya dalam artikel) agar seragam dengan artikel Embun beku, terlebih lagi kata ibun juga berarti 'embun beku' (entri). Sekian, terima kasih. Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 2 April 2021 08.00 (UTC)
Memang definisi "ibun = embun beku" kurang keren. Halaman "permafrost" jangan seragam dengan "Embun". Kalau istilah "ibun" tidak disukai, saya mengusulkan pemindahan ke Tanah beku abadi (istilah yang rupanya sudah agak digunakan). Topik utama halaman itu tanah (yang beku) dan suhunya, bukan air (dalam bentuk baik cair maupun beku) di permukaan, AKA "embun". Taylor 49 (bicara) 2 April 2021 14.48 (UTC)

Terjemahan untuk "determinacy" dan "determination"

Kata "determination" dalam Glosarium Matematika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan diartikan sebagai "determinasi". Contohnya

coefficient of determination diterjemahkan sebagai koefisien determinasi.

Namun, untuk kata "determinacy" tidak ada di Glosarium. Saya cari di kamus dan ternyata diartikan sebagai "determinasi" juga. Mana terjemahan yang paling tepat? Apakah saya terjemahkan kata "determinacy" menjadi "determinasi"? Dedhert.Jr (bicara) 2 April 2021 02.29 (UTC)

wikipedia.org/wiki/Determinacy Mungkin "determinasi permainan" atau "determinasi kemenangan". Taylor 49 (bicara) 2 April 2021 15.01 (UTC)
Untuk sementara akan diterjemahkan sebagai "determinasi permainan" atau "determinasi kemenangan"? Dedhert.Jr (bicara) 3 April 2021 15.49 (UTC)

"Overcrossing" dan "Undercrossing"

Terjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia untuk kata "overcrossing" dan kata "undercrossing" apa, yah? Dedhert.Jr (bicara) 4 April 2021 05.37 (UTC)

Pengalihan titit

Apakah titit hanya digunakan untuk menyebut penis manusia? Sementara kontol juga dialihakan ke Penis bukan penis manusia. --180.246.81.59 6 April 2021 04.49 (UTC)

Ada rujukan lain yang mengatakan tidak? Adaptive611 (bicara) 13 April 2021 03.33 (UTC)

Kata "totient"

Halo, saya ingin bertanya... terjemahan kata "totient" tidak ada di kamus, jadi apakah saya tulis saja sebagai tosien? Soalnya, saya ingin menerjemahkan judul "Highly cototient number". Dedhert.Jr (bicara) 10 April 2021 09.54 (UTC)

Ada yang pakai istilah "tosien"? Apa konteks nya? Adaptive611 (bicara) 13 April 2021 03.34 (UTC)
Contohnya, Euler totient function, biasanya ada situs yang tetap menggunakan totient. Kalau biasanya dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, diterjemahkan menjadi "Fungsi phi Euler". Tapi, kalau untuk co-totient, saya awalnya ingin menerjemahkan co-totientnya menjadi ko-tosien, tapi saya masih agak ragu. Biasanya, kalau di Wikipedia bahasa lain juga pake kata serapan totient. Dedhert.Jr (bicara) 13 April 2021 04.30 (UTC)

Usul pemindahan halaman KDE ke KDE Plasma

Halaman KDE seharusnya dipindahkan ke KDE Plasma atau KDE Plasma 5 karena KDE itu nama komunitas dan proyeknya bukan nama lingkungan dekstopnya. --36.72.219.201 12 April 2021 03.29 (UTC)

SetujuSetuju Dua-tujuh! Adaptive611 (bicara) 13 April 2021 03.34 (UTC)

Terjemahan dari kata reduct

Untuk halaman ini, saya ingin terjemahkan menjadi pengurangan (teori model). Tetapi, ada paragraf yang tertulis sebagai berikut.

...The converse of "reduct" is "expansion".

Yang berarti

...Kebalikan dari "pengurangan" adalah "pengembangan".

Dan disini saya bingung terjemahan yang tepat untuk kata reduct. Dedhert.Jr (bicara) 13 April 2021 04.43 (UTC)

Berita


Lain-lain

Photograph requests at Soekarno Hatta Airport for Wikipedia: Headquarters of Indonesian airlines

Hello! Are any Wikimedians around Tangerang, Banten and/or who can come from Jakarta to Tangerang interested in photographing the following buildings at Soekarno-Hatta Airport? They would be used in the respective Wikipedia articles.

  • Garuda Indonesia headquarters: Garuda Indonesia Management Building, Jl. M1. Area Perkantoran Gedung Garuda City Center, Soekarno-Hatta Internasional Airport Cengkareng 19120-Indonesia P.O.Box 1004
  • Indonesia AirAsia headquarters: AirAsia Redhouse, Jl. Marsekal Suryadharma No. 1 Selapajang Jaya, Neglasari Tangerang, Banten 15127 Indonesia
  • Sriwijaya Air: Sriwijaya Air Tower Jl. Atang Sanjaya No. 21 Soekarno Hatta Airport Tangerang - Banten, Indonesia

Thanks, WhisperToMe (bicara) 14 Maret 2021 21.42 (UTC)

@WhisperToMe: Hello! This is quite complicated as photograph of buildings and structures in Indonesia may not be accepted on Commons on the basis of no FoP law in Indonesia. Some DRs have been raised such as Commons:Deletion_requests/Buildings_and_structures_uploaded_by_David_Wadie_Fisher-Freberg. You may not want to waste the time of Wikimedians to take the photograph of these buildings and see their images get deleted. Best, ··· 🌸 Rachmat04 · 3 April 2021 05.27 (UTC)

Kriteria kelayakan kutipan di Wikiquote

Saya sudah merintis halaman kriteria kelayakan kutipan di Wikiquote. Bisakah langsung dijadikan sebagai pedoman? Tidak ada komunitas aktif disana. Pedoman ini perlu diterapkan karena banyak kutipan-kutipan di Wikiquote yang berisi ujaran-ujaran tanpa konteks. Misal di halaman Gita Gutawa ada kutipan: "Kuncinya jangan minum es.". Meski tokohnya sangat notable (bahkan ada artikelnya di Wikipedia), ucapan seperti itu tidak perlu dimasukkan kan? Coba bandingkan dengan Selena Gomez, pasti jauh lebih "berisi" kutipannya. --36.72.241.145 10 April 2021 02.44 (UTC)

CC: pengurus Wikiquote: @Kenrick95:
@Symphonium264: @Medelam: @David Wadie Fisher-Freberg: @Rachmat04: @RaFaDa20631: @Danu Widjajanto: @Bennylin: @Veracious:, @NFarras: @Great achievement: @Willy2000: dan lain-lain. --36.72.241.145 10 April 2021 02.48 (UTC)

Detektif sedang mencari murid

Ada yang mau menjadi murid saya?『𝕯𝖊𝖙𝖊𝖈𝖙𝖎𝖛𝖊🅿🆁🅾 』 (bicara) 11 April 2021 04.49 (UTC)

Komunitas WBI

Selain di Wikipedia bahasa Indonesia (WBI) sendiri, komunitas Wikipediawan (penyunting) WBI juga memiliki beberapa cara lain untuk berhubungan secara daring (maya). Beberapa di antaranya adalah melalui media sosial, grup obrolan daring, dan surel.

Di situs Wikipedia bahasa Indonesia

Ngopi dulu...

Anda dapat bergabung dengan komunitas WBI di Warung Kopi, yang memiliki 5 ruang obrolan, yaitu Warung Kopi (Kebijakan) untuk hal-hal seputar kebijakan WBI, Warung Kopi (Usulan) untuk mengajukan usulan demi memajukan WBI, Warung Kopi (Bahasa) yang membahas seputar kebahasaan Indonesia, Warung Kopi (Teknis) untuk hal-hal teknis lainnya, dan Warung Kopi (Lain-lain) untuk hal-hal non-teknis lainnya.

Selain itu Anda dapat mengunjungi Portal:Komunitas dan Wikipedia:Pengumuman untuk mengetahui perkembangan terbaru WBI.

Media sosial

Setiap akun media sosial atas nama Wikipedia bahasa Indonesia mengikuti ketentuan kebijakan media sosial. Khusus untuk halaman penggemar di Facebook, diatur oleh kebijakan terpisah.

Facebook

Facebook New Logo (2015).svg

Halaman penggemar Wikipedia bahasa Indonesia di Facebook beralamat di facebook.com/idwiki (Wikipedia bahasa Indonesia). Halaman tersebut dimulai pada 10 November 2009. Di sini, para admin berbagi pengetahuan dari Wikipedia bahasa Indonesia. Setiap harinya, dibagikan (di-share) postingan tentang "Tahukah Anda" dan/atau "Hari ini dalam sejarah". Kadang-kadang dibagikan informasi tentang penggalangan dana, pencapaian Wikipedia, artikel pilihan, gambar pilihan, ataupun peristiwa terkini. Hampir seluruh pengurus WBI yang aktif di Facebook merupakan pengurus halaman ini.

Terdapat dua grup Facebook yang beranggotakan para Wikipediawan:

Untuk daftar halaman penggemar yang berkaitan dengan Wikipedia dalam berbagai bahasa yang ada di Indonesia, silakan lihat daftar Media Sosial Komunitas di id.wikimedia.org.

Twitter

Twitter bird logo 2012.svg

Akun Twitter WBI adalah @idwiki (Wikipedia bahasa Indonesia). Akun ini dimulai pada Maret 2010, dan saat ini memiliki lebih dari 195.000 pengikut.

Instagram

Instagram icon.png

Akun Instagram WBI adalah @idwikipedia, dengan lebih dari 8.000 pengikut.

Grup obrolan daring

Discord

Saluran Discord WBI beralamat di https://s.id/DiscordKomunitasWBI.

Telegram

Telegram logo.svg

Kanal @idwiki (Wikipedia bahasa Indonesia) dimulai pada 3 Februari 2016, saat ini telah memiliki lebih dari 23.000 pirsawan.

Terdapat dua grup Telegram umum:

  • Warung Kopi Wikipedia bahasa Indonesia: dimulai pada Maret 2010, beranggotakan pengguna-pengguna Wikipedia aktif. Anggota sekitar 500-600 selama tahun 2020
  • @idwiki_grup (Grup Wikipedia Bahasa Indonesia): dimulai pada 5 Oktober 2020, setelah Telegram mengaktifkan fitur komentar di kanal. Grup publik untuk menampung komentar kanal, diskusi umum (topik Wikipedia maupun OOT), beranggotakan pembaca Wikipedia maupun pengguna aktif. Anggota terus bertambah, dan mencapai 1000 anggota pada tanggal 6 Desember 2020.

Milis

WBI saat ini memiliki dua milis, satu terbuka untuk umum, dan yang lain dikhususkan untuk pengurus proyek-proyek Wikimedia Indonesia (termasuk bahasa daerah). Milis umum terbuka bagi siapa saja, tidak terbatas pada penyunting Wikipedia bahasa Indonesia. Untuk bergabung dengan milis, silakan kirim email kosong ke wiki-id-subscribe@yahoogroups.com. Arsip milis Wikipedia Indonesia bersifat terbuka untuk umum dan beralamat di http://groups.yahoo.com/group/wiki-id/ .

Wikipedia juga mempunyai beberapa milis lain yang terbuka kepada siapa pun yang melanggannya. Detail lengkap tersedia di meta:Mailing list. Pesan dari non-pelanggan dapat tertunda atau dibuang tanpa sengaja karena mereka harus disetujui oleh administrator milis untuk mencegah masuknya surat sampah/iseng (spam/junk mail)

Harap perhatikan etiket dan hindari serangan terhadap pribadi, terutama di judulnya karena ia mungkin akan membuat orang lain mengikuti langkah Anda.

Milis kami tersedia dalam berbagai format: melalui archive web, email atau melalui NNTP menggunakan gateway mail-to-news Gmane. Pesan milis diindeks oleh mesin-mesin pencari seperti Google.

  • Foundation-l untuk pengumuman, hal-hal proyek lain dan hal-hal mengenai Yayasan Wikimedia.
  • Wikipedia-l untuk masalah-masalah mengenai lebih dari satu Wikipedia tetapi bukan mengenai proyek kami yang lainnya.
  • MediaWiki-l untuk orang-orang dengan pertanyaan mengenai pemasangan MediaWiki mereka sendiri (dengan kata lain bukan proyek-proyek Wikipedia).
  • Wikitech-l untuk masalah pengembangan, diskusi teknik, pembelian hardware WikiMedia apapun.
  • Textbook-l untuk masalah-masalah mengenai Wikibook bahasa apapun dan bukan proyek lainnya.
  • Wiktionary-l untuk masalah apapun mengenai Wiktionary dan bukan proyek lainnya.

Lihat meta:Mailing list untuk informasi lebih lanjut.

IRC

Selain milis, Wikipedia Indonesia juga memiliki channel tersendiri di IRC yaitu #wikipedia-id. IRC memungkinkan beberapa orang sekaligus untuk berkomunikasi di sebuah "ruangan" maya. Ruangan IRC ini juga dapat digunakan untuk memantau Istimewa:Perubahan terbaru berkat bantuan bot-bot yang khusus bekerja di IRC.

Ada banyak aplikasi gratis yang disediakan oleh pengembang perangkat lunak untuk bisa mengakses server IRC yang disediakan Wikimedia, di antaranya:

  • mIRC, untuk Windows
  • Colloquy, untuk Mac OS X
  • irssi, untuk Linux

Aplikasi ini biasanya bisa berjalan di banyak platform sekaligus:

  • X-Chat
  • Mibbit (aplikasi IRC bawaan Firefox)
  • Jabber (di bawah Java)

Selain itu bagi Anda yang berada di balik firewall atau tidak ingin menginstal salah satu aplikasi di atas juga dapat masuk melalui situs http://webchat.freenode.net

MIRC

Untuk pengguna yang menggunakan IRC client MIRC, maka langkah-langkah untuk memasuki channel Wikipedia Indonesia menggunakan IRC client adalah sebagai berikut:

  1. Pada layar status, ketik perintah berikut untuk melakukan koneksi ke server: /server irc.freenode.org
  2. Setelah terhubung, ketik perintah berikut untuk masuk ke channel #id.wikipedia: /join #id.wikipedia

Untuk melakukan koneksi:

  • Buka mIRC
  • ketik /server irc.wikimedia.org (kemudian tunggu sampai proses koneksi selesai)
  • ketik /j #id.wikipedia (masuk ke channel perubahan terbaru untuk id.wikipedia) [25]
  • ketik /j #en.wikipedia (masuk ke channel perubahan terbaru untuk en.wikipedia, dst, dst)

Chatroom di irc.wikimedia.org

  • Setiap chatroom yang tersedia di server irc.wikimedia.org adalah perwakilan dari masing-masing proyek wiki yang ada di wikipedia.
  • Penamaan chatroom sesuai dengan nama proyek, misalnya #commons.wikimedia untuk proyek Wikimedia Commons, atau #id.wikipedia untuk proyek Wikipedia Bahasa Indonesia. Jangan berharap menemukan chatroom di luar tata penamaan ini.
  • Chatroom hanya untuk menampilkan perubahan terbaru dari masing-masing proyek.
  • Pengguna biasa tidak dapat menulis apapun di chatroom, namun tidak ada batasan untuk membuka diskusi pribadi dengan pengguna lain di luar chatroom.

Surel

Anda dapat menghubungi masing-masing pengguna melalui surel (jika mereka menyediakan surel yang sah untuk dihubungi) menggunakan fitur surel pengguna.

Para pengurus WBI wajib mengaktifkan surelnya. Jika Anda ingin menghubungi para pengurus melalui surel, kirimkanlah kepada surel yang tertera pada daftar pengurus.

Kopi darat

Lihat pula