Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari ketujuh bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari tujuh bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Desa/Kelurahan

Saya hendak mengangkat kembali dengan harapan kita mendapatkan konsesus secara tegas apakah artikel desa/kelurahan (di Indonesia) dianggap layak sebagai entri artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Beberapa informasi tentang hal ini:

Saya memohon tanggapan dan pandangan rekan-rekan sekalian untuk hal ini. Salam. Albertus Aditya (bicara) 10 Desember 2019 11.17 (UTC)

Tanggapan

Saya amat sangat setuju untuk tetap dipertahankan sehingga dapat diperbaiki terus menerus di kemudian hari yang entah kapan selesainya (Bukankah hampir semua artikel wikipedia demikian?). Memang sekarang, Desember 2019, sebagian besar masih mentah karena saya sendiri (dan segelintir kawan2 lain) belum menyentuh banyak artikel tersebut kecuali data di Provinsi Bali, karena fokus saya sendiri sekarang masih dalam membuat katalognya dulu di Daftar kecamatan dan kelurahan di Indonesia dan daftar di tiap kabupaten/kota. Sayangnya ini butuh waktu lebih lama dari yang saya perkirakan karena hanya beberapa orang saja yg tertarik menyunting di ProyekWiki ini dan proyek gratisan ini tentunya butuh dukungan semua pihak.

Harapannya, untuk dapat dipakai oleh semua pihak yang terkait dengan pembagian administratif (seperti kepala desa, lurah, camat dan pemerintah daerah terkait) sebagai basis data di kemudian hari. Dari tahun 2017, saya sendiri terus menerus mendorong dan mencoba membuat standard artikel ini, baik itu:

  • memperbaiki dan membuat standar kotak info (infobox) untuk masing2 desa/kelurahan/gampong/nagari/kampung/dsb,
  • memeriksa keakuratan data sesuai Permendagri/BPS
  • menambahkan titik koordinat kantor desa, dsb yg dapat dilihat di proyekWiki tersebut diatas.
  • membuat peta wilayah masing2 daerah dan memasukkan ke kotak info. (mungkin pakai Template:Infobox mapframe)

ProyekWiki ini sendiri dapat dikembangkan lebih lanjut seperti mendata apakah desa/kelurahan/gampong tersebut sudah mempunyai akses internet, listrik, air bersih, pembuangan limbah, kantor desa, unit kesehatan, sekolah, rumah ibadah, dsb (datanya sudah ada di BPS per kecamatan dalam angka, cuma ya itu sapa yang mau capek2 baca dan mencantumkannya di Wikipedia? kecuali orang gila seperti saya). Saya juga berusaha membuat standarnya untuk mudah dibaca program dan di versi mobile. Sayang rasanya Wikipedia hanya dapat dinikmati segelintir orang saja, sedangkan manfaatnya amat sangat besar untuk semua orang. Ini juga cara saya memperkenalkan Wikipedia ke pemerintahan daerah agar dapat digunakan bersama untuk pemenuhan informasi yang lebih baik. Salam. Joseagush(Bicara) 10 Desember 2019 14.54 (UTC)

Kalau menurut saya tetap artikel yang tidak memenuhi kelayakan perlu dialihkan ke subdivisi di atasnya (tidak perlu dihapus). Per usulan saya di WP:DESA, sebuah kelurahan atau desa disebut layak apabila memenuhi minimal satu kriteria umum berikut:
  • Informasi standarnya lengkap. yang dimaksud dengan informasi standar adalah: luas wilayah, jumlah penduduk, dan informasi administratif lainnya.
  • Memiliki informasi tambahan di luar informasi standar di atas yang menjadikannya layak untuk berdiri sendiri sebagai artikel, alih-alih hanya bagian dari artikel kecamatan.
  • Memiliki minimal satu sumber, baik sumber buku maupun sumber pranala yang membuktikan keberadaan entitas kelurahan atau desa tersebut. (lihat WP:V)

ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komunikasi 14 Desember 2019 10.33 (WIB)

Jika merujuk kepada saran Bennylin tersebut, dengan merujuk ke Peraturan Kemendagri yang ada (137/2017) maka entitasnya dapat dibuktikan ada, dan diperkaya dengan rujukan lainnya yang layak. Albertus Aditya (bicara) 14 Desember 2019 04.13 (UTC)
Betul sekali, Permendagri no.137 tahun 2017 itu dapat menjadi acuan dasar bahwa artikel2 tersebut layak mendapat tempat di Wikipedia. Selain juga data2 di BPS dan instansi2 lainnya dapat memperkaya wawasan terkait artikel tersebut. (Ada juga Permendagri no.56 tahun 2015 sebagai acuan data wilayah sebelum tahun 2017). Alasan lainnya, ProyekWiki ini juga kemudian dapat digunakan sebagai contoh karya terbesar Wikipedia Bahasa Indonesia yg tidak dimiliki Wikipedia lainnya, utamanya Wikipedia dari bahasa2 diluar Indonesia. Kedua, saya sendiri ingin membuat dan menyatukan kode2 di masing2 instansi dalam katalog daftar kecamatan dan kelurahan tersebut (kenapa ya masing2 instansi punya kode sendiri2?), contoh kode BPS 2019, kode Kemendagri dan kode Depdikbud, agar dapat dilihat di Wikipedia. Saya usulkan untuk dimasukkan juga ke kotak info dan wikidata nie.Joseagush(Bicara) 16 Desember 2019 08.11 (UTC)
Setuju untuk dipertahankan dan dilengkapi dengan data-data BPS dan Kemendagri. JohnThorne (Bicara) 17 Desember 2019 21.04 (UTC)

Usulan


Gambar Pilihan

Saya usul saja, bagaimana kalo bagian lisensi, ukuran dan dimensi pada bagian slot GP dihapuskan saja. Di Wikipedia Inggris saja nggak dicantumkan kok, nggak guna juga buat dikasih tau ke para pembaca. Seringkali juga bagian lisensi, ukuran dan dimensi juga asal-asalan dicantuminnya --Glorious Engine (bicara) 15 Desember 2019 10.39 (UTC)

Lisensi diperlukan untuk kepastian hak cipta. Wikipedia dapat mengalami masalah jika dianggap menampilkan gambar-gambar dengan hak cipta tanpa seijin pemilik hak. Karenanya pengurus perlu memeriksa dan menghilangkan gambar tanpa lisensi jelas, atau memperbaiki lisensi supaya jelas, demi melindungi Wikipedia. JohnThorne (Bicara) 17 Desember 2019 21.06 (UTC)

Kejar Norwegia

Ga ada proyek "Kejar Norway" apa? Kita selisih tipis sama Wikipedia Norwegia loh. Kalau seandainya kita bisa kejar Norwegia dan Serbia, kita bisa kejar Katalunya dan Persia juga. Soalnya dua Wikipedia itu jumlahnya beda tipis. ⌜Ananda V Adrian⌟ Customer Service💬 6 Januari 2020 10.41 (UTC)

@AnandaV: Sebaiknya kita mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Percuma punya halaman jutaan kalau isinya tak berbobot. Lagipula sepanjang tahun pasti ada WikiMaraton. flixwito ^(•‿•)^ 15 Januari 2020 09.45 (UTC)

@Veracious: Sepanjang tahun? Hmm, menarik. WikiMaraton tahun ini saya sarankan diberi judul "Kejar Norwegia" karena orang-orang Indonesia sifat nasionalisme nya tinggi, jadi bisa dimanfaatkan buat "main kejar-kejaran" sama Wikipedia bahasa lain. 😄

Mengenai masalah kualitas, jadi begini, di dalam marathon ini ada rules nya kan? Dalam rules itu bikin aturan agar kualitas nya terjamin. Dan satu lagi, kenapa Wikipedia bahasa lain bisa banyak padahal jumlah editor (dalam kata umum) nya sedikit? Itu karena mereka punya bot yang membuat lebih dari 1000 (perkiraan) artikel dalam sehari. Memang yang dibuat oleh bot itu artikel yang kurang berbobot, seperti isinya cuma terdiri dari beberapa bagian kecil, ga ada referensi atau yang lebih parah, cuma pengertian singkat. Tapi itu lebih baik ketimbang kita tidak memiliki nya untuk dimasukkan kedalam database dan membiarkan artikel-artikel kita penuh dengan tulisan merah. Artikel yang para bot itu salin juga berasal dari artikel Wikipedia lain (kebanyakan dari Wikipedia English) yang ga jauh beda bentuknya. Dan sebenarnya itu bukan hanya dilakukan oleh bot, user (brainware) juga seperti itu. Dalam hal ini, saya rasa kita perlu bikin proyek terpisah agar artikel-artikel itu (terutama artikel lama yang sifatnya penting) diperbaiki agar menjaga kualitas Wikipedia Bahasa Indonesia.

Berbicara lebih jauh, pernahkah para Wikipediawan berdiskusi mengenai akar dari masalah ini? Apa yang membuat orang-orang malas membuat artikel yang berbobot? Saya rasa itu perlu dibahas untuk menyelesaikan masalah ini. Kalau dibiarkan terus bakalan semakin hancur dan itu bakalan jadi "blunder" buat Wikipedia kedepannya. -⌜Ananda V Adrian⌟ Customer Service💬 15 Januari 2020 12.25 (UTC)

@AnandaV: Nama kompetisinya agak ofensif ya 😅 , seakan menyalahkan negara lain. Kalau mau lebih nasionalisme, tema kompetisinya bisa diarahkan ke perintisan/pengembangan artikel bertopik Indonesia. Untuk bot, mereka tidak mengambil dari Wiki lain, bot hanya mengambil dari data situs web tertentu dan diolah jadi artikel sesuai templat yang ditentukan, walhasil artikelnya berantakan. Sudah ada berbagai proyek terpisah, tapi peminatnya sedikit atau sudah lama tak aktif.
Akar kemalasan? Karena capek-capek nulis di Wikipedia gak dapet duit; nama kita pun tidak tertulis (harus dicari di riwayat/history artikel, ribet); tulisan bisa disalin sesuka hati oleh blogger/youtuber (yang pastinya mereka dapet duit dari visit/view); dan lain-lain. flixwito ^(•‿•)^ 16 Januari 2020 04.50 (UTC)

@AnandaV: Saya sependapat dengan Bung Veracious, lebih baik mengutamakan mutu ketimbang kuantitas artikel. Kalau botnya mengambil data dan isi artikel dari Wikipedia bahasa Inggris, sudah bisa ditebak akan memakai terjemahan mesin entah menggunakan Google atau Yandex. Ini yang menjadi masalah. Mesin-mesin terjemahan ini tidak bisa mengenali konteks artikel dan seringkali kacau tata bahasanya. Ujung-ujungnya harus dibereskan secara manual, dan ini akan sangat menyita waktu dan tenaga para pengurus serta pengguna lainnya yang masih harus berpatroli atau mengembangkan artikelnya masing-masing. Bung Mimihitam juga sudah ratusan kali menyerukan masalah ini.

Perkara malas membuat artikel berbobot, saya rasa itu terjadi karena untuk membuat artikel yang berbobot seperti artikel-artikel bagus dan pilihan, learning curve-nya curam dan butuh jam terbang yang banyak. Apalagi kalau menulis artikelnya dari nol, bukan menerjemahkan dari Wikipedia lainnya. Dan tentu menulis artikel yang bagus akan menguras pikiran serta waktu, sedangkan para kontributor Wikipedia juga memiliki kesibukan di dunia nyata. Otomatis, pengguna yang masih pemula kebanyakan hanya melakukan suntingan-suntingan kecil saja. Di sisi lain, saya merasa kalau jumlah kontributor aktif di WBI masih sangat kurang jika tujuannya adalah mengembangkan artikel-artikel rintisan menjadi artikel yang lebih baik secara massal. Untungnya, kini acara pelatihan seperti WikiLatih sudah mulai digalakkan untuk menjaring kontributor-kontributor yang baru. Metal Zero-1 (bicara) 17 Januari 2020 10.35 (UTC)

Kosakata asli Bahasa Indonesia (Melayu)

Ketika saya iseng-iseng mencari hal-hal yang berhubungan dengan bahasa, saya menemukan beberapa halaman yang membahas kosakata serapan seperti serapan dari Sansekerta, Belanda, Arab, Mandarin, Inggris, dan lain-lain. Tetapi saya tidak menemukan halaman yang membahas kosakata asli dari bahasa Indonesia (Melayu) itu sendiri. Ketika saya bandingkan dengan Wikipedia English, saya lihat Wikipedia Bahasa Inggris ada halaman yang membahas kosakata asli mereka.

Saya terpikir untuk membuat nya dengan format yang sama seperti artikel Wikipedia English karena saya rasa ini penting untuk mengetahui bagaimana kosakata asli leluhur kita, Austronesia. Tetapi saya kebinggungan mencari sumber nya. Ketika saya searching di Google, saya tidak ada menemukan satupun situs yang menjelaskan semua kosakata asli Bahasa Indonesia (orang Indonesia keknya kurang peduli sama bahasa 😒).

Apakah anda punya solusi? ⌜Ananda V Adrian⌟ Customer Service💬 18 Januari 2020 18.13 (UTC)

Karena bahasa Indonesia adalah turunan dari bahasa Melayu, maka sebaiknya judulnya "Daftar kosakata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu". -- Adiputra बिचर -- 19 Januari 2020 01.41 (UTC)

Teknis

Tidak bisa collapse pada versi mobile

Pada Babak grup Liga Eropa UEFA 2019–2020 menu tidak bisa collapse Chinamoonroll (bicara) 15 Desember 2019 13.06 (UTC)

Tech News: 2019-51

17 Desember 2019 00.15 (UTC)

Bisakah Melampirkan (banyak) Lampiran PDF di satu artikel?

Dear Wikipediawan

Saya ingin bertanya, bisakah atau bolehkah mengunggah file lampiran PDF dalam sebuah artikel. Misalkan saya ingin membuat artikel tentang perbankan, kemudian dalam artikel tersebut, ada tabel yang berisi semua peraturan2 Bank Indonesia/Otoritas Jasa Keuangan yang semuanya berbentuk PDF?

Bagaimana izin hak ciptanya? Apakah dicantumkan atau tidak perlu? Terima kasih

Efendi Dreya (bicara) 18 Desember 2019 07.41 (UTC)

Tech News: 2019-52

23 Desember 2019 20.03 (UTC)

Preview gambar di artikel

Di id.wiki jika gambar diklik akan langsung ke halaman berkas (contoh), sedangkan di en.wiki akan muncul preview seperti ini. Bisa tolong diubah menjadi seperti en.wiki karena menurut saya lebih baik. --Hddty. (bicara) 29 Desember 2019 14.46 (UTC)

Tech News: 2020-02

6 Januari 2020 21.18 (UTC)

Tech News: 2020-03

MediaWiki message delivery (bicara) 13 Januari 2020 18.39 (UTC)

Interwiki di Halaman Utama

Halo semua, terutama pengurus @HaEr48 dan Rachmat04:, Interwiki pada halaman utama Wikipedia Bahasa Indonesia sepertinya sudah usang dan tidak menggunakan wikidata. Contoh Wikipedia Basa Bali tidak ada dalam interwiki tersebut. Kode data masih menampilkan data ini:

[[ace:]][[bjn:]]<!--[[bug:]]-->[[gor:]][[map-bms:]][[jv:]][[ms:]][[min:]][[su:]] [[tet:]][[ar:]][[bg:]][[ca:]][[cs:]][[da:]][[de:]][[en:]][[eo:]][[es:]][[et:]][[eu:]][[fa:]][[fi:]][[fr:]][[gl:]][[he:]][[hi:]][[hr:]][[ht:]][[hu:]][[it:]][[ja:]][[ko:]][[lt:]][[new:]][[nl:]][[nn:]][[no:]][[pl:]][[pt:]][[ro:]][[ru:]][[simple:]][[sk:]][[sl:]][[sr:]][[sv:]][[th:]][[tr:]][[uk:]][[vi:]][[vo:]][[zh:]]

Saya usulkan untuk diperbaiki atau kode diatas dihapus saja dari halaman utama. Terima kasih. Joseagush(Bicara) 15 Januari 2020 04.06 (UTC)

Joseagush Kayaknya itu ada manfaatnya, supaya bahasa-bahasa yang tampil bisa diatur, sehingga bahasa-bahasa Nusantara bisa masuk daftar. Kalau dibiarkan otomatis, nanti yang muncul cuma bahasa-bahasa atas (yang lainnya cuma tampil kalau dipencet "Lagi"), seperti misalnya kalau lihat interwiki di artikel Indonesia. Mengenai Bahasa Bali, sudah aku tambahkan. Ada lagi bahasa Nusantara yang luput? HaEr48 (bicara) 15 Januari 2020 05.27 (UTC)
Wah, terima kasih. Saya sekedar usul saja, tetap menggunakan wikidata sebagai acuan interwiki dan menghapus kode diatas. Seharusnya alasan "nanti yang muncul cuma bahasa-bahasa atas" tidak menjadi masalah, karena wikidata sudah memasukkan semua wikipedia yang ada dengan urutan abjad. Btw, kenapa Wikipedia bahasa Bugis disembunyikan ya? <!--[[bug:]]-->Joseagush(Bicara) 15 Januari 2020 07.57 (UTC)

@Joseagush kok tidak nyambung ya? Tetap menjadi masalah karena nanti yg muncul cuma Wiki Prancis, Jerman dll.. pdhl kita sepatutnya memprioritaskan wiki daerah 2600:387:1:811:0:0:0:1B 15 Januari 2020 19.46 (UTC)

Interwiki dengan Wikidata sudah mencangkup SEMUA wikipedia yg berada dibawah naungan Wikimedia, termasuk wikipedia2 bahasa daerah yg ada di Indonesia, justru bukan hanya ..cuma Wiki Prancis, Jerman dll. Jadi TIDAK HANYA wiki2 yg tercantum dalam kode diatas. Dicoba saja dulu, tidak ada salahnya. Toh kalau keberatan dapat dikembalikan. Terima kasih. Joseagush(Bicara) 16 Januari 2020 00.57 (UTC)

@Joseagush Masih gagal paham dia.. kalau buka artikel tidak semua interwiki ditampilkan, hanya beberapa wiki besar saja, sisanya harus klik (misalnya) "83 lagi". Kalau gini kan bahasa daerah jadi tersembunyi kalau nggak klik "83 lagi". Masak gini aja nggak ngerti sih? wkwkwk. 72.210.126.120 16 Januari 2020 03.39 (UTC)

Setuju Setuju dengan Pengguna:Joseagush, gunakan wikidata, karena penggunaan interwiki sudah usang. Lagipula di wiki lain (misal Bali, Jawa) sudah menggunakan Wikidata, dan link yang muncul bisa disesuaikan dengan mengutamakan link ke Wikipedia Bahasa Nusantara. Aris riyanto (bicara) 16 Januari 2020 03.43 (UTC)

Interwiki 2020.png
72.210.126.120 kata siapa tersembunyi? Bisa tunjukkan bukti? Di saya enggak tuh. Aris riyanto (bicara) 16 Januari 2020 03.51 (UTC)
Iya saya betul2 gagal paham. Sudah berlindung pakai ip address, jadi saya bingung juga mau nyapa dgn siapa saya diskusi. Masa saya panggil mas @72.210.126.120:. Betul kata mas @Aris riyanto:, tidak ada bukti sahih ".. Kalau gini kan bahasa daerah jadi tersembunyi kalau nggak klik "83 lagi". Saya sendiri sudah melihat di preferensi interwiki saya tidak ada yg ditutup atau disembunyikan, justru dengan kode diatas banyak wiki yang tidak ditampilkan. Wikipedia sudah mendukung 309 bahasa, tapi interwiki disini hanya mendukung 53 wiki saja. Contoh Wikipedia bahasa Bugis tidak ditampilkan di halaman muka Wikipedia ini, apakah ada alasan khusus? @HaEr48 dan Rachmat04: Joseagush(Bicara) 16 Januari 2020 04.07 (UTC)
@Joseagush, Aris riyanto, dan HaEr48: Sudah saya hapus dan diuji coba sementara selama sehari. Jika ada masalah atau galat atau hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka akan dikembalikan dan akan dicari solusi lainnya. ··· 🌸 Rachmat04 · 16 Januari 2020 05.18 (UTC)
Sempurna, silahkan dilihat. Mas @Rachmat04:, memang joss. Saya tadi sudah sempat melihat, justru yg paling atas adalah bahasa2 daerah. Keren. Joseagush(Bicara) 16 Januari 2020 05.25 (UTC)
Malah lebih mantap yang sekarang. Aris riyanto (bicara) 16 Januari 2020 06.06 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Baiklah kalau sudah sesuai dengan harapan. Jika tidak ada masalah lainnya, sepertinya diskusi ini dianggap selesai. :) Salam, ··· 🌸 Rachmat04 · 17 Januari 2020 04.21 (UTC)

infobox country at games

Saya minta tolong pembetulan Templat:infobox country at games karena pada artikel Singapura pada Olimpiade Musim Panas 1960 format linknya jadi "Singapura at the 1948 Olimpiade Musim Panas" dan bukannya "Singapura pada Olimpiade Musim Panas 1948" --Glorious Engine (bicara) 18 Januari 2020 08.57 (UTC)

Pencarian Wikipedia

Saya baru saja menemukan kejanggalan di fitur pencarian di situs Wikipedia bahasa Indonesia versi selular. Kejadiannya hari ini pukul 10.13 WIB. Tadi saya iseng mencoba membuka Wikipedia melalui situs Free Basics, saat mencoba melakukan pencarian dengan kata kunci “Perang Dunia”. Tapi anehnya tidak muncul artikel dengan judul “Perang Dunia”. Hal ini tidak terjadi saat saya mencoba langsung melalui pranala situs Wikipedia bahasa Indonesia. Ada yang tahu perihal hal ini?

 NawanPangestu95  Aiga mail.png 20 Januari 2020 03.28 (UTC)

Tech News: 2020-04

20 Januari 2020 19.40 (UTC)

Asian Film Awards.jpg

Berkas yang saya sebutkan pada judul memiliki templat lisensi yang tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, apa yang perlu saya lakukan? Nicholas Michael Halim (bicara) 22 Januari 2020 10.28 (UTC)

Bahasa

Sentaurus

KBBI V mencatat entri Sentaurus. Bagaimana jika halaman Centaurus (rasi bintang) dipindahkan ke Sentaurus? Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 18 Desember 2019 00.25 (UTC)

@S Rifqi: Sudah dipindahkan. Diki Ananta Bicara 22 Desember 2019 04.44 (UTC)
Terima kasih. Apakah halaman-halaman lain yang memuat kata tersebut (sebagai rasi bintang, bukan sebagai dewa mitologi Yunani) bisa diganti? Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 13 Januari 2020 14.10 (UTC)

Langsung pindahkan saja kalau memang sudah sesuai kaidah KBBI, jangan lupa tambahkan catatan/referensi. Gunakan {{gnt:KBBID|sentaurus}}. Aris riyanto (bicara) 13 Januari 2020 23.53 (UTC)

Scythe

Minta saran buat penerjemahan en:Scythe --Glorious Engine (bicara) 26 Desember 2019 06.11 (UTC)

Sabit besar. ―Rex AurōrumDisputātiō 12 Januari 2020 04.10 (UTC)

Host star

Saya mau tanya, bahasa Indonesia yang benar dari Host star apa ya? Menurut Google Translate, artinya Bintang tuan rumah. Tapi saya kurang yakin. Salam, Sonic Speedy (bicara/talk) 2 Januari 2020 07.00 (UTC)

Bintang induk mungkin Nicholas Michael Halim (bicara) 2 Januari 2020 13.20 (UTC)
Sepertinya yang tepat "Bintang induk". Terima kasih. Sonic Speedy (bicara/talk) 2 Januari 2020 13.29 (UTC)

Ventricular septal defect

Ventricular septal defect artinya yang tepat apa ya? Nicholas Michael Halim (bicara) 2 Januari 2020 13.15 (UTC)

@Nicholas Michael Halim: Defek septum ventrikel mungkin? Sonic Speedy (bicara/talk) 3 Januari 2020 10.18 (UTC)

Tag @Ardzun. @Nicholas Michael Halim di situs alodokter sih kelihatannya diserap mentah-mentah. Di jurnal ini juga sama.  Mimihitam  6 Januari 2020 23.05 (UTC)

Betul, di Indonesia memadankannya dengan Defek septum ventrikel. Banyak istilah kedokteran yang jika diindonesiakan memang seperti ini polanya, seperti istilah Infark Miokard Akut untuk padanan Acute Myocardial Infarction. Ardzun (bicara)
Ok sip Nicholas Michael Halim (bicara) 8 Januari 2020 11.26 (UTC)

Crypt

Minta saran buat penerjemahan en:Crypt --Glorious Engine (bicara) 3 Januari 2020 09.52 (UTC)

Ini merupakan contoh kasus untranslatability karena kita tidak mengenalnya dalam kacamata budaya Nusantara. Tidak ada arsitektur yang serupa dengan crypt dalam budaya Nusantara secara umum, maka padanan katanya pun tidak ketemu. Solusinya adalah penyerapan kata. -- Adiputra बिचर -- 4 Januari 2020 05.17 (UTC)
Untuk kata yang sama (memiliki akar kata dan ejaan yang sama) tetapi bermakna (sense) berbeda, kata ini telah diserap ke bahasa Indonesia menjadi kripta. ―Rex AurōrumDisputātiō 12 Januari 2020 05.57 (UTC)

Remix, mix, dan cover

Halo, saya mau bertanya, apakah ada padanan yang sesuai dalam bahasa Indonesia untuk istilah remix, mix, dan cover dalam konteks musik? Terima kasih. Aviel Dase (Kirim Pesan) 8 Januari 2020 09.32 (WITA)

Kata-kata itu dipertahankan saja biasanya --What a joke (bicara) 8 Januari 2020 10.50 (UTC)
@What a joke: Menurut saya, mungkin alangkah baiknya dicari padanan katanya daripada dipertahankan, karena sangat sulit jika ingin menambahkan imbuhan untuk ketiga kata tersebut. Aviel Dase (Kirim Pesan) 9 Januari 2020 18.37 (WITA)
Kalau cover sih, menurut saya sampul. Contoh: sampul album. Nicholas Michael Halim (bicara) 8 Januari 2020 11.27 (UTC)
@Nicholas Michael Halim: Cover yang saya maksud di sini itu bukan sampul album, tapi kayak menyanyikan ulang, misalnya artis A punya lagu terus ada artis B meng-cover lagu tersebut untuk albumnya. Aviel Dase (Kirim Pesan) 9 Januari 2020 18.37 (WITA)

Literature and Systematic Review

Salam, dalam menerjemahkan artikel di bidang kesehatan, saya menjumpai banyak ketentuan dalam memutuskan alur penggunaan obat. Biasanya hal ini berdasarkan systematic review. Saya ingin menanyakan, dalam bahasa Indonesia, literature review dan systematic review diterjemahkan menjadi apa, ya? Terima kasih. Handarii (bicara) 11 Januari 2020 04.16 (UTC)

Dalam salah satu bidang diterjemahkan menjadi tinjauan pustaka dan tinjauan sistematis. ―Rex AurōrumDisputātiō 12 Januari 2020 04.01 (UTC)

Genre

Coming-of-age film itu bahasa Indonesianya apa ya? Nicholas Michael Halim (bicara) 11 Januari 2020 11.20 (UTC)

Kalau secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi film menjelang dewasa atau film menyambut dewasa. ―Rex AurōrumDisputātiō 12 Januari 2020 03.55 (UTC)
@Nicholas Michael Halim: Arti yang benar dari coming-of-age film adalah "Film beranjak dewasa". Aviel Dase (Kirim Pesan) 18 Januari 2020 04.48 (WITA)

Asian Festival of First Films

Asian Festival of First Films itu bahasa Indonesianya apa ya? Apakah Festival Film Pertama Asia atau lebih baik tidak perlu diterjemahkan. --Nicholas Michael Halim (bicara) 12 Januari 2020 04.54 (UTC)

@Nicholas Michael Halim: Tidak perlu diterjemahkan. Aviel Dase (Kirim Pesan) 18 Januari 2020 04.50 (WITA)

Kalimat

Known for pioneering a change in the portrayal of women in Hindi cinema with her roles in female-led films. Kata-kata yang saya miringin itu artinya apa yah??? Nicholas Michael Halim (bicara) 12 Januari 2020 10.01 (UTC)

Nah ini juga: However, the first of the films she had signed on for was indefinitely postponed, and she was replaced with other actresses in each subsequent project. Nicholas Michael Halim (bicara) 12 Januari 2020 10.02 (UTC)
female-led films: film-film yang bertokoh[-]utama[kan] wanita atau film-film yang berpemeran[kan] utama wanita.―Rex AurōrumDisputātiō 12 Januari 2020 17.33 (UTC)
Namun, film pertama dari semua film yang ia tanda-tangani ditunda tanpa batas waktu, dan ia digantikan oleh aktris-aktris lain di setiap proyek setelahnya. ―Rex AurōrumDisputātiō 12 Januari 2020 17.46 (UTC)

Kalimat

Some of the special honours were awarded to the films released in 2009, as there was no ceremony in 2010. Nah kata-kata yang dimiringkan itu artinya apa? Nicholas Michael Halim (bicara) 17 Januari 2020 10.11 (UTC)

as there was no ceremony in 2010: karena tidak ada upacara penghargaan [isi dengan nama acara/rujukan kata] pada tahun 2010. Kalau konteksnya adalah acara penghargaan film, saya rasa terjemahannya adalah demikian. Metal Zero-1 (bicara) 17 Januari 2020 10.47 (UTC)

Hudhud vs Hupo

KBBI V mencatat entri hudhud. Namun, WBI masih menggunakan hupo untuk Upupa epops. Baru ada satu artikel dengan judul yang menggunakan kata hupo, yaitu Hupo tunggal. Perlukah halaman tersebut dipindah atau cukup ditambahkan istilah hudhud dalam artikel tersebut? Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 18 Januari 2020 17.05 (UTC)

Langsung pindahkan saja Hupo ke Hudhud, sesuai pedoman penamaan. Hupo adalah padanan tidak baku dari kata Hoopo dalam bahasa Inggris. Aris riyanto (bicara) 19 Januari 2020 00.16 (UTC)
Aris riyanto (bicara) 19 Januari 2020 00.24 (UTC)
Terima kasih. Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 20 Januari 2020 13.50 (UTC)

Kalimat

Rani plays to the gallery with ease, ada yang bisa menerjemahkan kalimat tersebut. Nicholas Michael Halim (bicara) 19 Januari 2020 05.29 (UTC)

Sama ini: As a Geeta Poppins, she's one-dimensional, either darting full blast smiles or tetchy scowls. Her costumes, too, are uneasy-on-the-eyes. Nicholas Michael Halim (bicara) 19 Januari 2020 08.14 (UTC)

Penerjemahan akan lebih baik jika disertai konteks yang memadai, mungkin Anda bisa memberi kami artikel aslinya untuk konfirmasi. Akan tetapi saya akan coba dengan asumsi terbatas.
Play to the gallery adalah sebuah idiom yang kurang lebih bermakna "upaya mengikuti selera atau kesenangan/gaya populer (sehingga memenangkan suara dan opini masyarakat) ketimbang melakukan sesuatu yang lebih terencana atau sesuatu yang dipikir seseorang (itu) benar. Dalam definisi Collins Dictionary, idiom tersebut dimengerti sedikit peyoratif, dengan proses menarik perhatian masyarakat populer dimengerti dengan cara yang kasar (crude, rough, bukan violent) dan tidak esoterik.
Sementara itu, one-dimensional merujuk pada suatu kondisi yang merujuk pada karakteristik (biasanya) mental yang menggambarkan selayaknya spektrum garis lurus atau bahkan berkarakteristik kontras hitam–putih. Seperti bidang satu dimensi, karakteristik seseorang digambarkan seperti garis lurus dan polar yang superfisial dan tanpa kedalaman. Dalam kalimat yang diberikan, Greta Poppins digambarkan sebagai spektrum bipolar yang ditunjukkan dalam dua sisi hitam–putih pada …either darting full blast smiles or tetchy scowls yang menunjukkan Poppins biasa/dapat menampilkan dirinya dalam dua titik ekstrem yang sedemikian kontrastif.
Jika ada koreksi atau masukan lebih baik sangat direkomendasikan. Creutzen (bicara) 21 Januari 2020 03.36 (UTC)

Nama umum objek astronomi

Dalam pedoman penamaan, tertulis bahwa nama umum lebih diutamakan daripada nama ilmiah (jika ada). Namun, masih terdapat beberapa artikel yang masih memakai judul nama ilmiah, antara lain Beta Leonis (Denebola) dan Beta Geminorum (Pollux). Artikel-artikel tersebut juga mengalihkan artikel dengan judul nama umum ke artikel dengan judul nama ilmiah. Artikel-artikel lain sudah menggunakan nama umum, misalnya Regulus (Alpha Leonis), TRAPPIST-1 (2MASS J23062928-0502285), dan Galaksi Andromeda (NGC 224). Saya menemukan permasalahan ini ketika menerjemahkan Dofida dan Noifasui. Ada penyelesaian? Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 20 Januari 2020 16.48 (UTC)

Royal Air Force

Permisi, ada sebuah pertanyaan dari Mulyo777, manakah terjemahan yang tepat bagi Royal Air Force? Apakah "Angkatan Udara Kerajaan" atau "Angkatan Udara Britania Raya". Summon: mimihitam Akmal_agassi mouche HaEr48. flixwito ^(•‿•)^ 21 Januari 2020 03.44 (UTC)

Menurutku disebut negaranya saja. Dalam bahasa Inggris Royal Air Force sudah jadi ungkapan yang spesifik artinya, tetapi kalau di bahasa Indonesia malah jadi tidak jelas "kerajaan" mana. HaEr48 (bicara) 21 Januari 2020 03.50 (UTC)

Setuju dengan Angkatan Udara Britania Raya. Kita tidak perlu menerjemahkan harfiah, sama seperti dlm bahasa Indonesia kita tdk terjemahkan Luftwaffe jadi "Senjata Udara".  Mimihitam  21 Januari 2020 11.33 (UTC)

Di berbagai artikel WBI termasuk yang saya tulis, yang digunakan adalah Angkatan Udara Britania Raya. Sepertinya sudah menjadi konsensus di sini juga, saya pernah melihat pembahasannya dalam peninjauan artikel pilihan, tapi terlupa untuk artikel apa. Metal Zero-1 (bicara) 21 Januari 2020 13.06 (UTC)

Berita


Lain-lain


Fungsi Templat : Infobox Settlement

Permisi, mau nanya Templat:Infobox settlement ini fungsinya untuk apa ya? Saya lihat di berbagai artikel mengenai Kota di Indonesia menggunakan templat ini.


Willsonemmanuelp (bicara) 10 Desember 2019 01.03 (UTC)

Willsonemmanuelp: Fungsinya sebagai kotak info mengenai kota tersebut, mungkin bisa dilihat langsung di halaman templat tersebut, Templat:Infobox settlement, di bagian bawahnya ada contoh di sebelah kanan. Saya kira penjelasannya sudah jelas. Aviel Dase (Kirim Pesan) 10 Desember 2019 11.30 (WITA)

Terima kasih.--Willsonemmanuelp (bicara) 10 Desember 2019 05.03 (UTC)

Bekas keuskupan

@Albertus Aditya: @Aviel Dase:

Saya mau tanya, apakah menambahkan bagian "Bekas keuskupan" pada templat-templat berformat "Keuskupan di..." seperti disini dan disini diperbolehkan ? Pasalnya mungkin bekas keuskupan itu cuma ganti nama dan masih diteruskan dengan keuskupan modern. Maksudnya kalo sekarang ada artikel Keuskupan Agung Jakarta apakah mungkin kita juga bikin artikel Vikariat Apostolik Batavia ? Mungkin juga bekas keuskupan tersebut di-convert jadi keuskupan Protestan & Katolik bikin keuskupan sejenis yang baru, seperti yang terjadi di Inggris sama Denmark misalnya (CMIIW). Apa nggak dikasih templat sendiri aja biar nggak terlalu menyumpeki ? --Glorious Engine (bicara) 13 Desember 2019 10.10 (UTC)

Glorious Engine: Boleh juga tuh kalau dibuat sendiri templatnya, tapi harus dibedakan yang mana bekas keuskupan Katolik, yang mana bekas keuskupan Anglikan dan Lutheran. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 18.15 (WITA)
Glorious Engine Tapi perlu diingat kembali bahwa bekas keuskupan masih ada kaitan dengan keuskupan yang ada sekarang. Misalnya bekas keuskupan Katolik, walaupun keuskupan tersebut sudah di-convert menjadi keuskupan Protestan, tetapi masih ada kaitannya dengan keuskupan Katolik yang sekarang. Contohnya bekas Keuskupan Agung Canterbury yang merupakan bekas keuskupan Katolik, namun di masa sekarang sudah menjadi Keuskupan Canterbury milik Gereja Anglikan, namun Keuskupan Agung Westminster yang merupakan keuskupan Katolik saat ini mengklaim bahwa keuskupan tersebut lanjutan dari Keuskupan Agung Canterbury menurut Katolik. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 18.19 (WITA)
@Glorious Engine: Bung, saya belum katakan setuju loh, tapi Anda sudah membuat templat bekas keuskupan tanpa ada konsensus. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 18.24 (WITA)
@Glorious Engine: Untuk artikel keuskupan yang dahulunya adalah vikariat apostolik itu tidak perlu dibuatkan artikel sendiri karena saya selalu mencantumkannya di bagian kronologi atau sejarah di artikel keuskupan tersebut karena masih ada kaitan sejarah di dalamnya, yang dibuat artikel sendiri itu bekas keuskupan yang benar-benar dibubarkan, bukan akibat ditingkatkan statusnya dari vikariat apostolik menjadi keuskupan. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 18.28 (WITA)

Sudah saya buatkan:

Sisanya kalo mau bikin templat-templat berformat "Bekas keuskupan di..." harap minimal ada dua artikel bekas keuskupan ya. Agak aneh misalnya, templat acara RCTI dibikin bagian "bekas acara" lantas acara-acara yang dari tahun 2000 bisa "meluberkan" templat yang ada, atau templat daftar kardinal dibikin bagian "bekas kardinal" lantas kardinal-kardinal dari jaman Renaisans juga "meluberkan" templat yang ada.

Mengenai kasus keuskupan yang di-convert jadi keuskupan Protestan mungkin buat keuskupan pra-convert dibikin artikelnya sendiri aja, misal "Keuskupan Canterbury (pra-15XX)" atau "Keuskupan Canterbury (pra-Reformasi)" terlepas dari keuskupan tersebut diklaim oleh pihak siapa atau diperebutkan antar siapa. Bikin disambiguasi gitu biar menjelaskan pembedaan yang ada. Diisi:

Keuskupan XXX dapat mengacu kepada:

  • Keuskupan XXX (Katolik Roma)
  • Keuskupan XXX (Lutheran)
  • Keuskupan XXX (Anglikan)
  • Keuskupan XXX (Episkopal)
  • Eparki XXX (Katolik Timur)
  • Eparki XXX (Gereja Ortodoks Rusia)
  • Eparki XXX (Gereja Ortodoks Ukraina)
  • Eparki XXX (Gereja Ortodoks Rumania)

--Glorious Engine (bicara) 13 Desember 2019 10.29 (UTC)

Sebenernya buat "bekas keuskupan" yang cuma ganti nama bisa juga lho dibikin artikelnya, contohnya Prefektur Apostolik Koloni-koloni Prancis di India yang sebetulnya adalah Keuskupan Agung Pondicherry dan Cuddalore pada saat ini. Kalo untuk kasus yang di Italia, ada gitu 2 keuskupan atau lebih yang digabung, dibikin pula informasi soal keuskupan pra-penggabungan, misalnya Keuskupan Montalto yang sekarang digabung ke Keuskupan San Benedetto del Tronto-Ripatransone-Montalto --Glorious Engine (bicara) 13 Desember 2019 10.36 (UTC)

@Glorious Engine: Untuk bekas keuskupan yang sudah di-convert, formatnya tetap Keuskupan XXX (Katolik Roma) untuk pembeda dengan keuskupan versi convert-nya. Tapi kalau ada keuskupan memiliki nama yang sama formatnya Keuskupan Kuno XXX, format itu saya lihat dari WPEN. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 18.49 (WITA)
@Glorious Engine: Untuk keuskupan yang berganti nama atau status, nanti akan saya buatkan artikel sendirinya kalau memang ada konsensus, tapi alangkah baiknya tetap dipertahankan seperti itu karena tetap memiliki kaitan sejarah dengan keuskupan yang sekarang. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 18.49 (WITA)

Sebenernya nggak semua keuskupan Katolik modern merupakan kelanjutan langsung dari keuskupan kuno / pra-Reformasi lho. Ada juga keuskupan dengan nama pra-Reformasi tapi baru dibentuk lagi pada tahun-tahun berikutnya, seperti Inggris pada masa Emansipasi Katolik tahun 1800an sementara pada masa-masa antara pra-Reformasi dan Emansipasi Katolik (zaman Reformasi tentunya) yang ada hanyalah keuskupan yang di-convert ke Protestan itu. Tapi ya terserah Anda mau memutuskan apa --Glorious Engine (bicara) 13 Desember 2019 10.54 (UTC)

@Glorious Engine: Bung, sepertinya Anda kurang paham maksud saya. Maksud saya itu begini, untuk keuskupan yang dahulunya adalah vikariat apostolik, prefektur apostolik Misi Sui Iuris, dan bentuk pra-keuskupan lainnya tidak perlu dibuatkan artikel sendiri karena masih bagian sejarah dari keuskupan tersebut. Aviel Dase (Kirim Pesan) 13 Desember 2019 19.01 (WITA)

Di Wikipedia English, kita tahu di sana ada artikel soal kecelakaan

Dari hal itu, baru² ini ramailah berita soal kecelakaan bis di Sumatera Selatan yang menyebabkan 25 org jadi korban jiwa. Nah, mengingat artikel soal kecelakaan yg menyebabkan banyak korban jiwa, bolehkah artikel soal itu sy buat? Makasih. AMA Ptk (bicara) 24 Desember 2019 23.50 (UTC)

Silahkan. Kalau tidak sibuk, bisa saya bantu . Sonic Speedy (bicara/talk) 25 Desember 2019 00.20 (UTC)
Baik, kawan. --AMA Ptk (bicara) 25 Desember 2019 00.22 (UTC)

Templat:Kotak info lagu

Halo, saya minta tolong untuk Templat:Kotak info lagu diperbaiki dong yang bagian sintaksis lengkapnya. Kalau bagian kronologinya diisi, pasti akan muncul "Kronologi singel [Nama Artis] singles" yang menurut saya terlalu aneh. Soalnya, sudah ada kata "singel" tapi dibelakangnya ada kata "singles" lagi. Saya harap pengurus atau siapapun, tolong diperbaiki templat tersebut. Terima kasih, salam. Aviel Dase (Kirim Pesan) 27 Desember 2019 15.14 (WITA)

Colek @Bagas Chrisara:, @Albertus Aditya:, @Mimihitam: Aviel Dase (Kirim Pesan) 28 Desember 2019 21.19 (WITA)
Selesai Selesai: Sudah saya perbaiki sendiri. Aviel Dase (Kirim Pesan) 28 Desember 2019 22.00 (WITA)

Pendaftaran WikiNusantara 2020 dibuka hingga 31 Desember!

Logo WikiNusantara 2020 A.svg
WikiNusantara 2020

Halo! Wikimedia Indonesia, dibantu oleh para sukarelawan, mengadakan konferensi regional untuk para komunitas Wikimedia di Indonesia. Konferensi ini akan dilaksanakan di Kota Padang, 28–29 Maret 2020. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Kolaborasi dalam Gerakan Terbuka". Selain berdiskusi dengan Wikimediawan lain dan bertemu muka, konferensi ini juga akan mengajak seluruh sukarelawan dan proyek-proyek seinduknya untuk membangun semangat kolaborasi dalam membebaskan pengetahuan.

Konferensi ini menyediakan beasiswa perjalanan penuh (full scholarship) dan beasiswa parsial (partial scholarship). Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat di » halaman ini «. Segeralah mendaftar beasiswa perjalanan ini agar semakin besar kesempatan Anda menghadiri konferensi ini. Pendaftaran akan ditutup pada 31 Desember 2019.

Pastikan Anda mencatat tanggal-tanggal penting konferensi. Semua informasi sudah dicantum di halaman utama WikiNusantara 2020.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai konferensi ini, hubungi konferensi﹫wikimedia.or.id atau melalui halaman Talk:WikiNusantara 2020. Sampai bertemu! ··· 🌸 Rachmat04 · , atas nama Tim Beasiswa WikiNusantara 2020, 28 Desember 2019 07.37 (UTC)

Judul artikel karya asing

Bagaimana cara membuat judul artikel karya asing menjadi miring? Saya kebingungan membuat judul tersebut menjadi miring. Tolong dibantu, terima kasih. Salam. Colek: @Albertus Aditya:, @Mimihitam:, @Bagas Chrisara:, @Rachmat04:. Aviel Dase (Kirim Pesan) 30 Desember 2019 14.46 (WITA)

@Aviel Dase: {{italictitle}} mungkin? Albertus Aditya (bicara) 30 Desember 2019 06.57 (UTC)
@Albertus Aditya: Iya benar, terima kasih. Aviel Dase (Kirim Pesan) 30 Desember 2019 15.47 (WITA)

Wikiloop Battlefield: Alat bantu untuk patroli vandalisme

Salam komunitas Wikipedia Indonesia, Perkenalkan kami dari Tim Wikiloop, ingin memperkenalkan alat bantu untuk patroli vandalisme yaitu Wikiloop Battlefield.

  • Menggunakannya cukup mudah, cukup buka URLnya (battlefield.wikiloop.org), ganti bahasa ke Indonesia, lalu akan muncul satu perubahan terbaru di Wikipedia yang dapat Anda nilai "Bagus", "Patut dibatalkan", atau "Tidak yakin".
  • Kalau ada vandalisme atau perubahan tidak baik, silakan klik "patut dibatalkan" dan akan muncul tombol untuk membatalkan suntingan tersebut.
  • Selesai memeriksa satu halaman, bisa klik "Selanjutnya" dan otomatis akan dilanjutkan dengan suntingan lain. Dengan ini bisa mempatroli banyak suntingan dengan cepat.
  • Bisa login/masuk log dengan profil Wikipedia (di kanan atas) agar username Anda tercatat di hasil penilaian (optional)

Semoga bisa membantu mengontrol vandalisme. Ini masih versi awal dan kami berharap teman-teman mau mencoba dan memberi saran/kritik, silakan sampaikan di m:Talk:WikiProject WikiLoop (Bahasa Inggris) atau di sini. Kalau ingin kontribusi teknis juga bisa, karena program ini open source. Detailnya mari dilihat di m:WikiProject WikiLoop dan mari coba di battlefield.wikiloop.org. Salam. Wikiloop ID (bicara) 31 Desember 2019 13.46 (UTC)

Halo team wikiloop, mau tanya, kalau ada suntingan terakhir yang isinya "permohonan penghapusan" karena kontennya terlalu sedikit (misalnya), ini patutnya di kasi tanda "kelihatan bagus" atau "patut dibatalkan"? Saya kawatir arti keduanya bisa salah interpretasi. Dari sudut pandang saya:
  • 1. Kalau kelihatan bagus: Maksudnya, permohonan penghapusan adalah benar, jadi bukan artikel kosongnya yg terlihat bagus
  • 2. Kalau patut dibatalkan: Apakah ini artinya kita mendukung permohonan penghapusan artikel tersebut (menurut saya ini terlalu convoluted -- komentar seharusnya merujuk ke latest edit, bukan artikel dasarnya).
Menurut kalian yang mana? Saya sendiri lebih suka nomor 1 di atas. Terimakasih. Kortsleting (bicara) 5 Januari 2020 01.52 (UTC)
Wikiloop ID menarik sekali, terima kasih atas pemberitahuannya. Sepertinya ada yang salah dengan ringkasan suntingan otomatisnya, karena yang muncul adalah localhost:8000 dan bukan pranala ke websitenya: Misal [14]. Harusnya begini [15] (aku ganti manual). HaEr48 (bicara) 14 Januari 2020 03.30 (UTC)
Tag Mimihitam dan Veracious, yang suka melakukan aksi anti-vandal. HaEr48 (bicara) 14 Januari 2020 03.31 (UTC)
@Wikiloop ID: 7/10 Sayangnya, alat ini juga bisa digunakan pelaku vandal untuk membalikkan revisi "pembatalan vandalisme". Walaupun dapat membantu data mining dalam pembuatan bot anti-vandal. Terima kasih untuk notifikasinya, HaEr48. flixwito ^(•‿•)^ 15 Januari 2020 09.38 (UTC)
Terus terang saja peralatan ini sama sekali tidak berfungsi ketika digunakan, walau saya sudah berupaya mengikuti langkah yang sudah ada. Saya harus melakukan pengembalian secara manual karena demikian. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 21 Januari 2020 06.30 (UTC)

Mau nanya

Untuk infobox kota di Indonesia lebih baik pakai templat : infobox settlement atau templat: dati2 ?

WillsonEP (bicara) 5 Januari 2020 12.19 (UTC)

Untuk kota di Indonesia lebih baik gunakan {{dati2}} saja. Sonic Speedy (bicara/talk) 5 Januari 2020 13.09 (UTC)

Oke terima kasih WillsonEP (bicara) 5 Januari 2020 15.02 (UTC)

Mau nanya masalah Templat: Ibu kota Provinsi

Saya sudah menambahkan jenis pemimpin2 = pada templat ini tetapi waktu saya uji coba di bak pasir kok gak muncul ya? buat nambahin wakil wali kota nih

36.71.235.87 10 Januari 2020 07.34 (UTC)

Karena tadi Saudara hanya menambahkan pada dokumentasinya, tanpa mengubah templatnya. Coba dicek lagi sekarang. Albertus Aditya (bicara) 10 Januari 2020 07.42 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun akun resmi WBI di: