Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari ketujuh bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari tujuh bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Cup-o-coffee-simple.svg

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk saluran komunikasi komunitas di luar Wikipedia (Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, milis, IRC)
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Kartographer coming soon to your wiki

Apologies for writing in English. It would be great if you could help translate this message.

Screenshot of a Kartographer map with multiple markers

Hello, the Kartographer extension, a feature for making interactive maps, works on most wikis – but it doesn’t work on this Wikipedia and eight others. (T138057) The reason is that Kartographer has not been able to handle different page revisions so far, so it doesn’t work on wikis that are using the FlaggedRevision extension for page stabilization.

It looks very promising that Wikimedia Deutschland’s Technical Wishes team can soon offer a solution for this problem and will be able to deploy Kartographer to your wiki within the next few weeks. You don’t need to take any action to get Kartographer, but you can prepare for the deployment by

  • creating templates that use the mapframe or maplink tag, if this is something your wiki wants. They could be based on examples like Template:Maplink from English Wikipedia.
  • translating the Kartographer documentation [1] [2] [3] to your language. We’re currently working on it. As soon as it's updated (within the next few days), you can start translating.
  • telling others about the feature!

Here’s our project page with more information, and the talk page where we’d love to hear any feedback. – Johanna Strodt (WMDE) (bicara) 13 April 2022 07.51 (UTC)

Hello everyone! After some investigation, we realized that Indonesian is already using Kartographer. But I guess you'll be happy to learn that the planned deployment of our solution should fix the problems that exist with pages with "Pending changes". -- A good week to you all, Johanna Strodt (WMDE) (bicara) 2 Mei 2022 09.55 (UTC)
Hello, a little update on this: It is expected that the issues with Kartographer and FlaggedRevisions will be solved on this wiki tomorrow, May 10, around 14:00 UTC. – Best, Johanna Strodt (WMDE) (bicara) 9 Mei 2022 13.30 (UTC)

Penamaan kecamatan & desa di Indonesia

Halo. Saya mengusulkan agar penamaan kecamatan (atau yang setingkat) dan desa (atau yang setingkat) dapat distandarkan menggunakan satu sumber, entah Kemendagri (Kepmendagri 050-145 Tahun 2022[4]) atau Badan Pusat Statistik (merujuk pada data Kabupaten/Kota dalam angka). Saya sendiri condong menggunakan data Kemendagri yang sudah tersusun. Mohon pandangan juga para pengguna yang lain RaFaDa20631 (bicaraAdminwpo.png, Joseagush (bicara), FelixJL111 (bicara), dan Rachmat04 (bicaraAdminwpo.png Adminwpb.png. Salam. Medelam (bicara) 14 April 2022 09.07 (UTC)

Izin memberikan pendapat yang cukup panjang, saya pada prinsipnya setuju pada standarisasi sumber data, namun yang ingin saya komentari adalah apabila terdapat perbedaan nama yang tertulis pada sumber dengan nama riil dari daerah tersebut (entah itu karena typo atau sebab lain), maka bagaimanakah kebijakan selanjutnya?
Dalam hal ini data yang saya kritisi adalah data Kemendagri yang mana saat ini digunakan sebagai acuan pada penamaan artikel di WBI. Saya menemukan sejumlah "kesalahan penulisan" nama-nama daerah di Sumut pada sumber tersebut. Berikut saya paparkan beberapa yang saya temui:
Pada data Kemendagri tertulis Pamatang Silima Huta (hal. 400), dimana kenyataannya penulisan yang benar adalah Pamatang Silimahuta (tidak ada spasi). Penulisan dengan spasi terasa sangat janggal dan aneh pada bahasa daerah setempat. Silakan cek Publikasi BPS Kab. Simalungun ini semuanya tertulis "Silimahuta" atau cek foto-foto kantor kepala desa di artikelnya masing-masing, dimana nama kecamatan juga tidak ada yang menggunakan spasi. Juga nama kecamatan induk sebelum dimekarkan yaitu Silimakuta juga tidak ada spasi, meskipun terdapat perbedaan 1 huruf (k menjadi h) karena alasan perbedaan dialek.
Pada data Kemendagri tertulis Purba Tua (hal. 285), dimana kenyataannya penulisan yang benar adalah Purbatua (tidak ada spasi). Kesalahan ini sama seperti contoh sebelumnya, dimana inti dari permasalahan adalah penggunaan spasi yang pada umumnya jarang digunakan oleh orang Batak sebagai penduduk lokal daerah tersebut. Bahasa Batak sangat lazim menggabungkan kata pada nama daerah, marga, dll, contoh: Lumbantobing, Rajagukguk, Pematangsiantar, Turiturian, Ombusombus, dll. Pada Publikasi BPS Kab. Tapanuli Utara ini juga semua tertulis "Purbatua" dan penulisan pada Kantor Kecamatan (foto dalam artikel) juga tertulis "Purbatua".
Dua contoh ini mewakili nama daerah lainnya yang tidak saya sebut satu-per-satu yang menggunakan spasi, yang mana secara riil tidak digunakan.
Pada data Kemendagri tertulis Siborong-Borong (hal. 285) dan Sitio-tio (hal. 481) dimana kenyataannya penulisan yang benar adalah Siborongborong dan Sitiotio (tidak menggunakan tanda hubung (-)). Inti dari permasalahan juga adalah praktek bahasa setempat, dimana Bahasa Batak (secara khusus Batak Toba) sangat jarang menggunakan tanda hubung pada penulisan kata berulang, pada tahun 2014 saya sudah pernah menjelaskan hal ini di Halaman pembicaraan artikel Sitiotio sebagai justifikasi pemindahan artikel. Boleh di cek di Publikasi BPS Kab. Tapanuli Utara ini dan Publikasi BPS Kab. Samosir ini tidak ada yang menggunakan tanda hubung pada kedua kecamatan tersebut. Argumen saya ini semakin dikuatkan oleh tulisan Siborongborong yang terpampang besar dan tinggi di tengah kota Siborongborong yang juga menjadi ikon kota tersebut (foto dapat dilihat disini).
Dua contoh ini juga mewakili nama daerah lainnya yang tidak saya sebut satu-per-satu dimana terdapat tanda hubung, yang mana secara riil tidak digunakan.
  • Typo, singkatan, dll
Cukup banyak typo yang saya temui di sumber data Kemendagri pada daerah di Sumut, berikut saya paparkan beberapa yang saya temui:
Juga untuk nama daerah yang disingkat pada sumber data Kemendagri, bagaimana kebijakan untuk kata yang disingkat tersebut? Artikelnya disingkat juga kah atau cari sumber lain dari kepanjangannya? Berikut saya paparkan beberapa nama daerah yang disingkat yang saya temui:
Sekian pendapat dari saya, contoh-contoh yang saya berikan hanyalah berasal dari Prov. Sumut, sehingga sangat memungkinkan bila juga terdapat kesalahan penulisan nama daerah pada provinsi lain. Semoga hal yang saya sampaikan ini dapat menjadi pertimbangan untuk kebijakan yang akan diambil kelak. Salam 27christian11 (bicara) 15 April 2022 15.29 (UTC)
Kalau yang saya lihat, di sini perbandingannya adalah data BPS, dan data BPS sepertinya lebih banyak sesuai dengan fakta di lapangan. Apakah kita dapat menggunakan data BPS saja, menurut pandangan @27christian11? Medelam (bicara) 16 April 2022 02.00 (UTC)
Kalau saya pribadi cenderung lebih suka menggunakan data dari Publikasi BPS Kabupaten, karena ruang lingkup dari data yang disajikan lebih kecil sehingga meminimalisir adanya kesalahan. Memang secara ideal lebih praktis menggunakan data yg berasal dari satu sumber terpadu (data Kemendagri), namun melihat fakta dimana sumber terebut masih ada sedikit yang kurang akurat, maka untuk saat ini pilihan saya menggunakan data BPS saja. Mungkin kelak bila data Kemendagri sudah sesuai dengan yang di lapangan atau bahkan mungkin data Kemendagri dan BPS dapat terintegrasi, maka kita dapat menggunakan data tersebut.
Atau.... bila memungkinkan solusi alternatif adalah tetap menggunakan satu sumber (Kemendagri/sumber primer), namun untuk daerah yang namanya tidak tertulis dengan akurat (seperti yang saya contohkan sebelumnya) ada pengecualian khusus untuk menggunakan sumber dari BPS (sumber sekunder) dan dapat dijelaskan di halaman pembicaraan masing-masing.
Sekian pendapat dari saya, mungkin yang lain bisa memberi komentar ataupun ada solusi yang lebih baik 😁. 27christian11 (bicara) 18 April 2022 03.24 (UTC)

Kalau diskusi ini sudah menemukan kesepakatan/musyawarah, jangan lupa untuk menambahkannya ke Wikipedia:Pedoman penamaan/Lokasi geografis. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 26 Juli 2022 13.49 (WIB) 26 Juli 2022 06.49 (UTC)

Saya mohon kepada Saudara @114.125.246.230: yang memberi tanda {{hapus|a7}} pada semua artikel kelurahan/desa yang ada di kecamatan Tebat Karai, Kepahiang untuk berkomentar Azmi1995 (bicara) 29 April 2022 00.19 (UTC)

Saya Tidak Mengerti. Banyak Atikel Wilayah Sekitar Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Lamandau juga Memiliki {{hapus|a7}}. Saya Pikir Itu Dilakukan Oleh Orang Yang Sama. Orang ini Tampaknya sering Menambahkannya pada Artikel Yang Berada Di Kawasan Terpencil. Fazoffic (bicara) 28 Mei 2022 07.42 (UTC)

New Wikipedia Library Collections Available Now - April 2022

Hello Wikimedians!

The TWL owl says sign up today!

The Wikipedia Library has free access to new paywalled reliable sources. You can these and dozens more collections at https://wikipedialibrary.wmflabs.org/:

  • Wiley – journals, books, and research resources, covering life, health, social, and physical sciences
  • OECD – OECD iLibrary, Data, and Multimedia​​ published by the Organisation for Economic Cooperation and Development
  • SPIE Digital Library – journals and eBooks on optics and photonics applied research

Many other sources are freely available for experienced editors, including collections which recently became accessible to all eligible editors: Cambridge University Press, BMJ, AAAS, Érudit and more.

Do better research and help expand the use of high quality references across Wikipedia projects: log in today!
--The Wikipedia Library Team 26 April 2022 13.17 (UTC)

This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

Mari berdiskusi bersama kami perihal Peningkatan Desktop

New table of contents shown on English wikipedia.png

Halo!

Apakah Anda menyadari bahwa beberapa wiki memiliki tampilan yang berbeda? Ingin tahu bagaimana tahapan selanjutnya? Mungkin Anda memiliki pertanyaan atau ide untuk menjadikannya lebih baik?

Mari berdiskusi bersama dengan kami, tim yang mengerjakan proyek Peningkatan Desktop, melalui pertemuan secara daring (online)! Pertemuan ini akan berlangsung pada tanggal 29 April 2022 pukul 13:00 UTC dan 18:00 UTC melalui aplikasi Zoom. Klik di sini untuk bergabung. Meeting ID: 88045453898 Panggil berdasarkan lokasi Anda.

Agenda

  • Menyampaikan informasi terkini perihal perkembangan proyek
  • Tanya jawab dan diskusi

Format

Pertemuan ini tidak akan direkam atau disiarkan. Namun, catatan dari pertemuan ini akan disimpan dalam berkas Google Documents agar bisa diakses kapan saja. Manajer Produk kami yakni Olga Vasileva akan membawakan pertemuan ini. Presentasi akan dibawakan dalam bahasa Inggris.

Terlepas dari presentasi yang menggunakan bahasa Inggris, Anda dapat mengajukan pertanyaan dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, Italia, dan Polandia. Apabila Anda ingin mengajukan pertanyaan sebelum sesi pertemuan berlangsung, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui halaman pembicaraan atau melalui surel ke sgrabarczuk@wikimedia.org.

Pada pertemuan ini, aturan mengenai kebijakan ruang ramah dan kode etik mutlak berlaku. Sementara itu, Zoom tidak termasuk dalam kebijakan privasi WMF.

Kami harapkan kedatangan Anda! SGrabarczuk (WMF) (bicara) 27 April 2022 14.41 (UTC)

The first meeting starts in 40 minutes! We'll be waiting for you. SGrabarczuk (WMF) (bicara) 29 April 2022 12.26 (UTC)

Coming soon: Improvements for templates

-- Johanna Strodt (WMDE) 29 April 2022 11.13 (UTC)

artikel smp yg sudah masuk usulan penghapusan cepat v.s. yang belum masuk usulan penghapusan

Singkat saja. Setelah saya membaca pembicaraan wikipedia:kelayakan artikel/Sekolah, memang ada banyak artikel yang perlu untuk dilakukan tindakan penghapusan. Nah, saya butuh pemastian daripada @Bennylin, @David Wadie Fisher-Freberg, @Hidayatsrf, @Iwan Novirion, @IvanLanin, @Medelam, @Rachmat04, @RaFaDa20631, @REX, @Symphonium264, dan @Veracious: Apakah seratus enam puluhan artikel smp di pulau jawa dan indonesia ini perlu untuk ditindak juga? Kalau iya, nanti saya pantau supaya bisa segera dihapus secara bertahap.

Pertanyaan saya selanjutnya: Apakah kriteria kelayakan sekolah itu perlu untuk diubah/tidak perlu untuk diubah? Barangkali Pak @Gombang bisa bantu jawab Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 04.27 (UTC)

Karena ini melibatkan perubahan besar, saya menyarankan ada baiknya halaman-halaman itu dievaluasi dan didiskusikan secara terpusat agar mudah ditemukan. Selain itu, dengan adanya diskusi, akan memberikan kesempatan kepada pengguna lain untuk beropini.
Saya belum melihat perlunya adanya perubahan kebijakan, tetapi perlu dipertegas pada penerapannya. Dengan ini, di masa depan, akan minim halaman-halaman yang tidak layak dan tidak memenuhi syarat yang tertera dalam kebijakan, ketimbang mengabaikannya lalu dihapus secara massal ketika sudah dirasa terlalu banyak dan bermasalah. Salam, ··· 🌸 Rachmat04 · 16 Mei 2022 13.29 (UTC)
Kalau mau dibilang terpusat, sejauh ini, baru warkop saja yang sesuai dengan kriteria ini. Kalau bilang dipertegas, berarti, alasannya tetap mengacu pada halaman ini, ya, Pak @Rachmat04:?
- Azmi1995 (bicara) 18 Mei 2022 16.28 (UTC)
Mengingat halaman warkop lebih cocok untuk mendiskusikan secara umum, hal-hal yang memerlukan diskusi lebih lanjut dapat diarahkan ke halaman Wikipedia:Permohonan pendapat. ··· 🌸 Rachmat04 · 19 Mei 2022 04.07 (UTC)
Terima kasih sudah memulai lagi diskusi ini, semoga akan ada tindakan ataupun kelanjutannya. Beberapa poin dari saya:
  • Tidak hanya artikel SMP, tapi juga SD. Saya beranggapan bahwa untuk saat ini, artikel yang layak hanyalah sebatas SMA (atau setara) ke atas. Dengan perkecualian sekolah di tingkat bawahnya yang ditulis dengan baik dan disertai referensi (memenuhi kelayakan)
  • Referensi dan kelayakan. Kalau tanpa rujukan, bisa langsung dihapus, sesuai dengan kriteria kelayakan WP:KPC#A7 (termasuk artikel SMA dan atasnya)
  • Kelengkapan data resmi pemerintah. Untuk sekolah negeri, apabila ada data dari pemerintah (Kementrian Pendidikan), bisa digunakan sebagai rujukan tunggal, sebagaimana artikel geografi Indonesia menggunakan data dari Kemendagri. Hal ini merupakan syarat minimal sekolah tersebut ada dan diakui (bisa diklarifikasi). Untuk sekolah swasta perlu rujukan dan referensi tambahan, karena bisa jadi fiktif, atau sudah tidak ada.
  • Contoh artikel yang bagus. Kalau bisa, silakan dicari apakah ada di antara puluhan artikel tersebut (SD maupun SMP) yang sudah ditulis dengan baik, sehingga bisa digunakan sebagai tolok ukur artikel-artikel lainnya.
  • Memantau (pencegahan artikel-artikel ditulis). Apabila artikel-artikel yang tidak layak sudah dihapus, dan yang tertinggal hanya yang benar-benar layak, kita harus pantau bersama-sama, misalnya, karena jumlahnya sedikit, langsung saja kategorikan ke "SMP di Indonesia" atau "SD di Indonesia", tidak perlu dibagi per provinsi, atau kabupaten/kota. Kemudian apabila ada artikel baru, akan langsung ketahuan, dan bisa langsung dihapus apabila tidak layak (atau diberi kesempatan untuk diperbaiki seperti contoh artikel yang baik di poin sebelumnya.
  • Gabungkan ke artikel daftar. Sama seperti artikel geografi, kalau belum layak, bisa saja dialihkan ke artikel daftar sekolah di kabupaten/kota masing-masing. Informasi tersebut masih berguna.
ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 26 Mei 2022 16.26 (WIB)

Untuk artikel geografi, bisa dialihkan ke posisi yang lebih luas. Misalnya, kelurahan dialihkan ke kecamatan. Kecamatan dialihkan ke Kabupaten, kalau dinilai masih belum layak. Saya juga setuju.

Nah, sepengetahuan saya, malahan, hampir semua artikel SMP apalagi SD ini masih belum layak. Artikel SMA yang masuk kategori artikel bagus–karena saya tidak mau menggunakan kriteria artikel pilihan–itu saja baru S.M.A. Nan Chiau, Kecamatan Sengkang. Belum ada artikel SMA di Wikipedia Bahasa Indonesia ini yang layak dinilai sebagai artikel bagus. Adapun artikel SD ataupun SMP yang ada, menurut saya, cuma bisa dibuat di halaman, misalnya SMA Kristen 1 Penabur Jakarta atau SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta saja. Jadi, dengan status quo yang ada, artinya masih lebih "menguntungkan" sekolah swasta dibanding negeri. Akhirul kalam, tindakan yang bisa dilakukan itu baru menghapus saja sesuai dengan wikipedia:kriteria kelayakan.

Kalau mau coba jangka menengah, pun, mungkin kriteria kelayakan sekolahannya yang perlu diubah. Itu saja, menurut saya, tidak mengubah landscape/atmosfir penulisan artikel–yang ujungnya adalah kontrol kualitas–tentang sekolahan, baik artikel sekolah yang ada di Indonesia, Australia, Timor Leste, Papua Nugini, Palau, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, India, Kamboja, Laos, Thailand, Malaysia, ataupun Singapura. Ini sengaja saya tampilkan negara-negara yang masih bertetangga dengan Indonesia terlebih dulu. Azmi1995 (bicara) 27 Mei 2022 12.49 (UTC)

Artikel Wa blast, ini termasuk Riset asli atau promosi?

WA Blast tidak ada dalam fitur Whatsapp. Yang ada hanya Broadcast Message. Mohon, maaf, tapi saya mencurigai pengguna:Rahmadiani rehan sebagai LTA Marsuki si "pakar seo" karena pola penyuntingannya mirip dengan akun-akun bonekanya dan artikel artikel buatannya bertujuan untuk mempromosikan domain baru yang bisa dijual ketika sudah memiliki jumlah klik yang memadai. Hysocc, Let's talk 23 Mei 2022 15.06 (UTC)

saya hanya riset dan membuat halaman berdasarkan banyaknya pencarian, untuk masalah domain jika itu tidak pantas silahkan di sunting lalu di hapus, dan saya selalu mencantumkan template no referensi agar penyunting lain bisa melakukan penyempurnaan. jika tidak layak bisa di usulkan penghapusan halaman, dan soal domain yang di cantumkan dan di jual itu saya gak kepikiran sampai situ, mohon maaf saya hanya pelu mohon di bimbing bukan untuk di curigai. terima kasih Rahmadiani rehan (bicara) 23 Mei 2022 16.08 (UTC)

Perubahan nama artikel Uni Emirat Arab

Halo semuanya, saya membaca di media cetak sejak sekitar 2 bulan lalu menggunakan nama "Persatuan Emirat Arab", alih-alih Uni Emirat Arab yang saat ini digunakan di WBI. Kebetulan ada juga pembicaraannya baru saja di Pembicaraan:Uni Emirat Arab. Oleh karena itu saya di sini ingin memulai diskusi di WBI terkait apakah WBI akan mengikuti situs-situs yang dirujuk di halaman pembicaraan itu (saya salin di sini) atau tetap menggunakan Uni Emirat Arab, yang sudah dipakai sejak 2004. Silakan dimusyawarahkan, dan cantumkan persetujuan ataupun keberatan Anda.

Salinan pesan dari Pembicaraan:Uni Emirat Arab
Di media massa, nama yang umum untuk merujuk ke negara tersebut adalah "Uni Emirat Arab" (UEA). Namun, nama resmi yang digunakan oleh Pemerintah adalah "Persatuan Emirat Arab" (PEA). Haruskah judul artikel ini diganti?
Berikut bukti pranala untuk penggunaan nama "Persatuan Emirat Arab":
  • Artikel di situs web KBRI Abu Dhabi: halaman ke-1 dan halaman ke-2.
  • Artikel berita di situs web resmi Presiden RI: di sini.
  • Artikel berita di situs web Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: di sini.
  • Artikel berita di situs web Kementerian Sekretariat Negara: di sini
  • UU No. 1 Tahun 2019: di sini.
Terima kasih atas perhatiannya. — FelixJL111 (bicara) 15 Mei 2022 16.43 (UTC)

Apabila ada yang bisa mencari tahu, istilah apa yang digunakan di Kedubes negara ini di Jl. Prof. Dr. Satrio Blok C-4 Kav. 16-17, KuninganTimur, Jakarta Selatan, 12950. Sementara itu, kedubes Indonesia di negara itu menggunakan nama "Uni Emirat Arab". Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 26 Mei 2022 16.06 (WIB)

Sementara waktu, foto ini (Maret 2016) menggunakan Uni Emirat Arab. Medelam (bicara) 26 Mei 2022 12.25 (UTC)
Terima kasih. Kalau begitu, untuk sementara bisa disimpulkan, bahwa di "pemerintah" di sini belum konsisten, antara departemen memiliki selingkung sendiri-sendiri, dan tidak ada panduan resmi daftar nama-nama negara di dunia. Menurut saya, hingga ada konsistensi yang standar di pemerintah, maka kita tetap menggunakan judul Uni Emirat Arab, dan bisa dibuatkan penjelasan di bagian paragraf pembuka tentang nama-nama yang lain. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 27 Mei 2022 02.44 (WIB) 26 Mei 2022 19.44 (UTC)

Sekedar menambahkan: nama yang dipakai dalam undang-undang itu belum tentu lebih masyhur/notable ketimbang nama yang dipakai masyarakat luas Azmi1995 (bicara) 28 Mei 2022 03.39 (UTC)

Apa logo-logo ini dapat diekspor ke Commons?

Selamat siang. Beberapa hari ini saya mengunggah logo-logo perusahaan, yang saya unggah disini karena saya lihat Commons tidak akan menerima merek dagang apapun. Namun, saya juga lihat bahwa ada logo perusahaan yang masuk ke dalam Commons karena tidak mencapai "threshold of originality."

Ada beberapa dari logo ini yang saya rasa cukup sederhana, tapi saya masih belum yakin mana yang pantas untuk diunggah ke Wikimedia Commons atau tetap dibuat di sini. Ada yang bisa membantu saya?

Sebagai catatan, ini adalah beberapa file yang saya unggah:

Logo yang diunggah

Hans5958 Bicara 5 Juni 2022 04.58 (UTC)

Dua gambar pertama saya rasa bisa dimuat di commons:, Pak @Hans5958: karena, menurut saya, akan diloloskan dan tidak dihapus oleh admin dengan alasan yang sudah Anda kemukakan di atas. Saya agak ragu dengan logo Surveyor Indonesia walaupun saya masih yakin bahwa logo ini masih bisa lolos dan tidak dihapus oleh admin. Sisanya, saya tidak yakin gambarnya bisa bertahan di sana dalam waktu lama. @David Wadie Fisher-Freberg: atau admin yang lain mungkin bisa memberikan jawaban tambahan Azmi1995 (bicara) 6 Juni 2022 12.12 (UTC)
Saya pribadi sebisa mungkin menghindari berkontribusi di Commons. dwadieff 7 Juni 2022 06.59 (UTC)

Kelayakan artikel (film dan acara televisi)

Halo, semua. Semakin banyaknya artikel film, acara televisi, dan seri web di Wikipedia bahasa Indonesia, saya memutuskan mengusulkan Proposal Kelayakan Film dan Acara Televisi (2022). Setelah berdiskusi selama dua bulan, saya rasa pemungutan suara untuk pengesahan proposal ini harus segera dilaksanakan. Pemungutan suara akan dimulai pada 18 Juni 2022 pukul 00.00 (UTC) hingga 2 Juli 2022 pukul 00.00 (UTC) di sini. Mohon tanggapan dan partisipasinya. Terima kasih. WillsonEP09💬 17 Juni 2022 10.30 (UTC)

Tahukan Anda

Selamat pagi/siang/sore/malam, tergantung kapan anda melihat pesan ini. Dengan meningkatnya aktivitas editor dalam beberapa lama terakhir, dan mulainya pengetatan kualitas artikel yang muncul di halaman utama, saya merasa ini tepat waktunya.

Sebagai latar belakang, saya cukup aktif di en.wiki, khususnya di bagian Did you know?. Menurut saya, bagian ini cukup mengundang bagi editor baru karena kualitas artikel yang ditampilkan tidak sampai Artikel Pilihan/Featured Article, tidak tergantung situasi seperti Peristiwa Terkini/In The News, atau harus merupakan peristiwa bersejarah seperti Hari ini dalam sejarah/On This Day. Selain itu, jumlah artikel yang dapat dipajang juga jauh lebih besar (5-6 per hari, dibandingkan 1 per minggu untuk artikel pilihan, 2-3 per minggu untuk Peristiwa Terkini). Saya rasa bagian ini sangat cocok untuk dipromosikan bagi calon editor yang baru memahami dasar-dasarnya sebelum mereka siap maju untuk membuat AB/AP.

Diskusi ini saya dan Dedhert.Jr sudah mulai di Pembicaraan Wikipedia:Tahukah Anda. Bagi editor yang tertarik, saya persilahkan untuk nimbrung.

Juxlos (bicara) 1 Juli 2022 08.24 (UTC)

Amandemen kelayakan artikel (film dan acara televisi)

Menimbang beberapa masukkan dari pengguna lain pada pemungutan suara terdahulu, saya bermaksud menyampaikan revisi Kelayakan Film dan Acara Televisi (Juli 2022). Mohon pendapat dan saran dari rekan-rekan semua agar kelayakan artikel topik ini menjadi lebih jelas. WillsonEP09💬 2 Juli 2022 02.45 (UTC)

Kategorisasi kelayakan artikel

Selamat malam, mulai tanggal 4 Juli ini, seluruh kelayakan artikel yang sudah menjadi kebijakan atau pedoman umum sudah saya kelompokkan ke dalam Kategori:Pedoman kelayakan Wikipedia. RaFaDa20631 (bicara) 4 Juli 2022 13.29 (UTC)

Syarat calon pengurus

Teks yang ada saat ini:

Pengguna yang sedang dalam masa skors yang diberlakukan oleh pengurus dilarang mencalonkan dirinya sendiri dan/atau dicalonkan.

Saya mengusulkan sebagai ganti teks berikut:

Pengguna yang sedang diblokir (oleh pengurus, birokrat, pengurus global, steward atau WMF) di wiki ini atau wiki lain dilarang mejadi calon pengurus.

Alasan. Taylor 49 (bicara) 23 Juli 2022 13.40 (UTC)

Usul untuk membuat bot tentang sistem AB dan AP

Saya mau mengusulkan untuk membuat bot terkait AB dan AP. Rasanya kalau dilakukan secara manual, menjadi sulit. Karena itu dengan adanya bot, maka harusnya dapat mempermudah serta meringankan pekerjaan. Bot tersebut bekerja dalam

  1. Memberikan bintang perak/emas terkait artikel-artikel yang sudah lolos jadi AB maupun AP (yang seharusnya dapat dilakukan hanya untuk bot sahaja);
  2. Mencantumkan artikel-artikel yang sudah lolos ke dalam daftar-daftar AB dan AP serta menghapus artikel-artikel yang sudah menjadi mantan;
  3. Memberikan templat statusAB/statusAP, statusAB nominasi/statusAP nominasi, dan templat untuk gagal dan mantan secara otomatis. Artikel yang sudah lolos otomatis mengubah templat-templat status.

Sekiranya itu saja. Izin memanggil @Hidayatsrf, @Medelam, dan @Wagino 20100516. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 28 Juli 2022 03.54 (UTC)

Saya pribadi setuju dengan rencana kerja bot anda, silakan diajukan ke permohonan status bot dan lakukan pemanasan kerja beberapa penyuntingan dengan calon bot tersebut. Terima kasih dan salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 28 Juli 2022 04.47 (UTC)
@Wagino 20100516 Terima kasih sarannya. Tapi dimanakah saya harus mengajukan permohonan satatus bot? Dan apakah pengusul juga harus mengerjakan program bot-nya? Saya bahkan belum ahli untuk hal ini, tetapi setidaknya saya mungkin dapat meminta tolong kepada pengguna lain. Dedhert.Jr (bicara) 28 Juli 2022 05.16 (UTC)
@HaEr48 Apakah botnya bisa di-configure untuk juga melakukan hal-hal yang disebut di atas? Salam. Medelam (bicara) 29 Juli 2022 01.08 (UTC)

Pemungutan suara untuk amandemen kelayakan artikel (film dan acara televisi)

Halo, semua. Menimbang beberapa masukkan dari pengguna lain pada pemungutan suara terdahulu, saya telah merevisi pedoman kelayakan artikel film dan acara televisi. Setelah proses diskusi kurang lebih tiga minggu, saya memutuskan untuk memulai proses pemungutan suara. Pemungutan suara akan dimulai pada 30 Juli 2022 pukul 00.00 (UTC) hingga 13 Agustus 2022 pukul 00.00 (UTC) di sini. Kiranya rekan-rekan semua dapat berpartisipasi dan memberi tanggapan. Terima kasih.

WillsonEP09💬 29 Juli 2022 04.25 (UTC)

Usulan


Menulis ulang artikel Wikipedia bahasa Indonesia yang sudah dihapus apakah diperbolehkan?

Hallo perkenalkan saya Mona Aswar, izin bertanya saya menemukan artikel Michael Widjaja, dengan catatan telah dihapus oleh pengurus pada tahun 2002, dan 2011 (kalau tidak salah baca), kemudian saya tulis ulang pada Nov, 2021 lalu dihapus pengurus pada Mei 2022.

Apakah saya boleh menulis ulang artikel tersebut dengan referensi baru, saya baru belajar menulis di Wikipedia, dengan senang hati kalau ada yang keliru,saya perbaiki. Jika artikel saya dihapus, alangkah baiknya saya diajak diskusi dulu, supaya tahu letak ksalahan saya Kak, dan supaya saya belajar cara menulis yang benar. Terima kasih.

Salam --Mona Aswar (bicara) 14 Mei 2022 06.52 (UTC)

Sudah mengecek en:Michael Widjaja, Bu @Mona Aswar? Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 23.15 (UTC)
Mungkin bisa melihat artikel yang di wikipedia bahasa inggris, namun WBI punya ketentuan sendiri dalam menulis ulang artikel walaupun tokoh terkenal sudah ada di wikipedia bahasa inggris namun belum tentu di WBI layak. Argamardi (bicara) 19 Mei 2022 19.40 (UTC)

Pengguna yang tidak menerima saran

Jujur, saya kecewa dengan para kontributor Wikipedia yang tidak mendengarkan saran dari anonim. Saya hanya ingin Wikipedia tidak terburu-buru dalam membuat filmografi tokoh. Film belum ada kabar akan tayang sudah dituliskan di filmografi tokoh, ditambah lagi nama yang dituliskan bisa saja salah karena salah sumber. Mohon dievaluasi ulang. Trims 114.122.101.162 16 Mei 2022 15.28 (UTC)

Di kasih saran malah dibentak. Sungguh 😭😭 menyedihkan wikipedia ini. Tidak adil bagi kaum anon yang ingin memperbaiki kualitas. Tolong dengarkan pngurus terhormat @Veracious, RianHS, WillsonEP09, Symphonium264, dan Azmi1995: 114.122.101.162 16 Mei 2022 15.33 (UTC)
Tolong hargai pengurus, mereka punya pendapat masing masing, mereka tau sumber yang benar dan salah. Argamardi (bicara) 19 Mei 2022 19.44 (UTC)

Hebat sekali Anda bisa victim blaming dengan mengatakan bahwa pengguna tersebut (alias saya) membentak Anda, padahal terlihat jelas bahwa saya hanya berusaha menasihati Anda. Saya sedih sekali melihat budaya victim blaming tumbuh subur seperti ini. Bisa-bisanya Anda memfitnah saya membentak Anda padahal saya hanya sedang berdebat dengan Anda karena kita memang memiliki perbedaan pendapat, dan itu wajar-wajar saja. Anda tidak bisa menerima pendapat saya, padahal perbedaan pendapat seharusnya menjadi hal yang biasa saja dalam kehidupan manusia. Mengapa Anda sangat ingin pendapat Anda dikatakan sebagai suatu kebenaran? Yang namanya SARAN itu adalah hak orang yang diberikan saran mau menerima atau tidak. Anda tidak bisa memaksakan orang yang diberi saran untuk menerima saran Anda. Itu namanya pemaksaan bukan saran. Ngomong-ngomong sekedar mengingatkan; maaf ya, tapi ini Wikipedia, bukan panggung drama. Jujur saja, saya tidak terima difitnah seperti ini. Sayang sekali Anda hanya akun anonim jadi saya tidak bisa membawanya ke jalur hukum. Zaar Dinn 16 Mei 2022 15.33 (UTC)


Saya sudah periksa Istimewa:Kontribusi yang dihapus/114.122.101.162 dan istimewa:kontribusi/114.122.101.162. Ternyata, eh, ternyata, nggak ada apa², tuh! Jadi, pertanyaan saya: Anda @114.122.101.162: mau bicara tentang apa? Azmi1995 (bicara) 16 Mei 2022 23.18 (UTC)
Karena anonim, kemungkinan kontribusinya dilakukan dengan IP berbeda. Saya lihat ini adalah konflik antar penyunting yang dibawa ke Warkop.
Tentang filmografi dan artikel film pada umumnya, saya setuju bahwa artikel tidak seharusnya ditulis untuk film (dsj.) yang belum rilis, karena bisa jadi tidak akan tayang, (misalnya film 2020-2021, karena pandemi), atau karena masalah lain, dan artikelnya informasinya bisa salah dan tidak ada yang membetulkan (pembuatnya tidak peduli atau tidak menyunting lagi).
Secara logis saja, hal-hal yang belum ada, seharusnya tidak boleh masuk ke ensiklopedia.
Ini adalah saran yang valid, dan sebagai pengguna terdaftar, seharusnya tidak menolak begitu saja masukan pengguna lain hanya karena ia menyunting secara anonim. Salam. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 26 Mei 2022 16.47 (WIB)

@Bennylin: Terima kasih telah mendengar saran dari kami pengguna anonim. Kepada @Zaar Dinn: mohon didengar ya! Ini juga maksud baik. Terima kasih. 🙏🏻 2001:448A:3045:843D:E4E8:6D4E:BA61:9330 27 Mei 2022 02.01 (UTC)

Halo, izinkan saya menjelaskan. Saya menambahkan tidak sembarangan menambahkan, ada sumbernya. Even sumbernya dari Instagram story sang artis yang merekam proses syutingnya, saya sertakan. Nyaris selalu saya sertakan di ringkasan suntingan. Semua film yang saya tambahkan rata-rata sudah ada kepastian untuk tayang. Anda hanya perlu bersabar saja untuk menunggu sekitar beberapa bulan atau beberapa tahun dari sekarang. Bahkan beberapa di antaranya sudah dibuatkan halamannya sendiri.
Berkaitan dengan batal tayang, film yang tidak ada kabarnya setelah 5-6 tahun lebih akan saya hapus; bisa saya pastikan itu. Contohnya, sekitar tahun 2014/2015 Reza Rahadian dan Christine Hakim syuting suatu film, saya lupa judulnya, silakan dicari sendiri. Pada 2021 (setelah 6-7 tahun berlalu), film tersebut saya coret dari daftar filmografi mereka karena tidak ada kabar sama sekali.
Jika masih 4-5 tahun jangka waktunya dari waktu syutingnya, masih ada kemungkinan untuk dirilis. Ini merupakan opini saya pribadi, tapi sudah banyak film Indonesia dengan pola seperti itu. Contoh: Film Oma the Demonic, syuting sekitar 2017-2018, tayang 2022. Film Teachers, syuting 2016-2017, tayang 2021. Siapa tahu pola ini bisa berubah, semisal film yang baru syuting tahun ini, ternyata ditayangkannya puluhan tahun kemudian? Di luar negeri pola seperti itu sudah ada. Di Indonesia nampaknya belum.
Kemarin, saya sempat melihat Instastory sang artis A yang merekam proses syuting film yang tidak disebutkan namanya. Ia terlihat melakukan syuting bersama artis B dan C. Di halaman rumah produksinya, artis B dan C sudah confirmed akan main film ini. Oleh karena itu kita bisa ambil kesimpulan kalau mereka syuting film yang sama. Kemudian saya masukkan filmnya ke halaman artis A. Tapi karena belum ada bukti langsung bahwa artis A terlibat, tak sampai beberapa jam setelahnya saya hapus dari daftar filmografi artisnya. Keesokan harinya ternyata betul artis A main film itu bersama artis B dan C. Ya sudah saya tambahkan lagi. Lihat kan, bahkan ketika saya tidak yakin pun akan saya hapus. Saya tidak mau bertindak sembarangan dan malah dianggap melakukan vandalisme meskipun sebenarnya tidak ada maksud ke sana.
Bahkan untuk artikel seperti Jefri Nichol pola suntingannya mengikuti artikel luar negeri: Untitled (nama sutradara) film -> di Bahasa Indonesia menjadi Film nirjudul (nama sutradara). Itu film yang belum ada judulnya saja dimasukkan, apalagi yang sudah ada? Bedanya mungkin di artikel artis luar negeri di daftar filmografinya ada kolom referensi yang memperkuat bukti pembuatan film tersebut. Sementara di halaman artis Indonesia jarang sekali ada kolom referensi di filmografi artis, baru beberapa artis saja seperti artis lulusan Indonesian Idol seperti Tiara Andini, Lyodra, Mahalini, dan Raja Giannuca.
Kesimpulannya, menambahkan film yang belum pasti kapan tayangnya adalah hal yang lumrah di Wikipedia, termasuk Wikipedia Inggris. Akan semakin valid jika halamannya sudah dibuatkan sendiri.
Terima kasih, maaf kalau kepanjangan, semoga dapat dipahami! Maafkan saya yang trauma terhadap pengguna anonim. Saya mengalami trust issues terhadap anonim kalau boleh jujur. Zaar Dinn (bicara) 2 Juni 2022 13.58 (UTC)
Izin nimbrung, setuju dengan bang @Bennylin:. Artikel film dll, yang belum tayang sebaiknya tidak dituliskan artikelnya di wikipedia. Sudah jelas aturannya tercantum bahwa Wikipedia bukan peramal masa depan (WP:PERAMAL), jadi tulislah yang pasti-pasti saja. (WP:PASTI)
Dan menurut pengakuan anda

Even sumbernya dari Instagram story sang artis yang merekam proses syutingnya, saya sertakan.

itu artinya adalah anda melakukan riset asli, dan hal tersebut tidak dibenarkan di Wikipedia (WP:RISET).
Dan statement anda yang ini,

...hal yang lumrah di Wikipedia, termasuk Wikipedia Inggris

lumrah belum tentu benar, ingat "umumkan yang benar, bukan membenarkan yang umum", dan maaf di sini Wikipedia Bahasa Indonesia, bukan bahasa Inggris, jangan disamaratakan. Terima kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 2 Juni 2022 14.42 (UTC)
Ada baiknya hal ini kita jadikan pedoman resmi, bagaimana? Kalau menurut bung aris, dibatasi hanya film, buku, dsb. atau juga untuk hal-hal lainnya, misalnya gedung pencakar langit masa depan, dll.? Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 2 Juni 2022 22.11 (WIB) 2 Juni 2022 15.11 (UTC)
Mohon maaf saya izin membantah untuk tiga poin penting dalam pendapat Anda, aris riyanto.
Poin pertama -

Artikel film dll, yang belum tayang sebaiknya tidak dituliskan artikelnya di wikipedia.

Di sini saya hanya membahas artikel film sesuai kontribusi saya. Untuk artikel selain film, saya tidak tahu. Untuk artikel film, mohon maaf boleh saya tahu di mana ketidakpastiannya?
Bagaimana bisa syuting film yang memang akan ditayangkan dikatakan sebagai ketidakpastian? Lalu bagaimana dengan artikel film yang sudah dibuat dengan referensi memadai, tapi belum tahu tanggal tayangnya kapan, alias masih segera? Bagaimana bisa itu dikatakan sebagai sebuah ketidakpastian? Apakah Anda tidak melihat di halaman entertainer Wikipedia Bahasa Inggris terdapat banyak list filmografi mereka yang belum tayang, padahal lalu lintas suntingan mereka jauh lebih intensif dibandingkan yang ada di sini? Begitu pula dengan di Wikipedia Bahasa Inggris, bahkan film yang belum ada judulnya bisa dibuat artikel. "Untitled .... (nama sutradara) film", silakan cari sendiri, kemarin saya lihat banyak artikel yang seperti itu. Bagaimana? Masih bisa mengatakan bahwa itu merupakan ketidakpastian? Dapat Anda lihat dengan jelas bahwa yang tidak pasti hanyalah satu: Judulnya. Makanya ditulis untitled. Proyek filmnya? Jelas sudah pasti. Kalau tidak ngapain dibuat artikel?
Poin kedua -

Sudah jelas aturannya tercantum bahwa Wikipedia bukan peramal masa depan (WP:PERAMAL), jadi tulislah yang pasti-pasti saja. (WP:PASTI)

Ya, saya paham. Tapi pertanyaannya siapakah yang meramal di sini? Memasukkan list film yang masih belum tahu kapan tayangnya berbeda dengan meramal. Meramal itu ketika Anda menyunting tanggal tayang filmnya sesuka hati Anda, padahal rumah produksinya belum memberikan pengumuman resmi. Itu yang namanya meramal.
Poin ketiga -

di sini Wikipedia Bahasa Indonesia, bukan bahasa Inggris, jangan disamaratakan

Hmm, apakah Anda tidak sadar bahwa kalimat ini bertentangan di Wikipedia Bahasa Indonesia sekarang? Saya lihat Anda sudah menggunakan Wikipedia sejak 14 tahun lalu, seharusnya Anda jauh lebih paham apapun tentang Wikipedia Bahasa Indonesia daripada saya yang baru bergabung satu tahun. Sekitar 7-9 tahun lalu, ketika saya pertama kali menyunting Wikipedia (entah secara anonim atau dengan akun yang saya sudah lupa passwordnya, saya tidak ingat), saya ingat bahwa di Wikipedia Bahasa Indonesia terdapat kolom "Agama" di kotak infobox. Kemudian, beberapa tahun setelahnya, saya pernah membaca diskusi di Wikipedia yang menyatakan bahwa "kolom agama dan suku (yang paling saya ingat secara jelas adalah agama) tidak lagi dimasukkan karena mengikuti format Wikipedia Bahasa Inggris". Padahal, kalau dipikir-pikir bukankah bangsa Indonesia dinyatakan sebagai "bangsa yang beragama", jika dibandingkan dengan negara-negara yang Wikipedianya menggunakan Bahasa Inggris? Lalu kenapa kolom agama dihilangkan? Kenapa harus mengikuti format Wikipedia Bahasa Inggris? Padahal tadi Anda sendiri yang bilang bahwa Wikipedia Bahasa Indonesia dan Inggris berbeda. Namun, dalam persoalan yang berbeda, mengapa bisa bertentangan seperti ini? Apakah Wikipedia Bahasa Indonesia tidak boleh menyamai Wikipedia Bahasa Inggris dalam hal tertentu saja? Jika benar, bolehkah saya tahu dalam hal apa saja Wikipedia Bahasa Indonesia tidak boleh menyamai Wikipedia Bahasa Inggris?
Terlepas dari permasalahan itu, sebenarnya Wikipedia Bahasa Indonesia sudah mulai menyamai format Wikipedia Bahasa Inggris tanpa kita semua sadari. Lihatlah halaman-halaman lulusan Indonesian Idol terbaru seperti Tiara Andini atau Naura Ayu; mereka menggunakan format yang sama seperti Wikipedia Bahasa Inggris. Contoh sederhananya dapat kita lihat di bagian "Filmografi", di saat Wikipedia artis lain menggunakan rumah produksi dan keterangan, halaman Wikipedia mereka menggunakan keterangan dan referensi, sama persis seperti yang bisa didapati di Wikipedia milik entertainer luar negeri.
Oleh karena itu, saya rasa tidak ada yang salah dari menyamai Wikipedia Bahasa Indonesia dengan Wikipedia Bahasa Inggris. Salah satu contoh "Wikipedia Bahasa Indonesia menyamai Wikipedia Bahasa Inggris" yang saya sebutkan di atas, membawa dampak positif untuk Wikipedia Bahasa Indonesia. Ketiadaan kolom agama di kotak infobox, membuat para entertainer Indonesia yang tidak ingin agamanya dibeberkan atau bahkan tidak mempunyai agama merasa sangat terbantu. Perhatikan perbedaannya dengan bertahun-tahun lalu di mana pengguna bisa menyunting kolom agama entertainer Wikipedia Bahasa Indonesia dengan informasi agama yang mereka ketahui, misalkan publik memercayai bahwa artis A beragama X, kemudian bisa diubah oleh pengguna lain yang percaya bahwa artis A justru beragama Y, dan seterusnya. Penghapusan kolom agama di Wikipedia Bahasa Indonesia yang konon katanya terinspirasi dari Wikipedia Bahasa Inggris itu terlihat jelas sangat berdampak positif untuk mengakhiri perdebatan tak jelas seperti "apa agamamu" itu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Wikipedia Bahasa Indonesia justru sangat perlu untuk menyamai Wikpedia Bahasa Inggris. Terima kasih. Pengguna: Zaar Dinn bicara 3 Juni 2022 18.56 (UTC)
Salam. Perkenankan saya menjawab.

Untuk artikel film, mohon maaf boleh saya tahu di mana ketidakpastiannya?

Sesuatu yang belum terbit tentu saja belum pasti.

Lalu bagaimana dengan artikel film yang sudah dibuat dengan referensi memadai, tapi belum tahu tanggal tayangnya kapan, alias masih segera?

Kita berpedoman saja dengan WP:PERAMAL dan WP:PASTI ada kok aturannya. Misalkan sudah diterbitkan oleh sumber memadai, boleh untuk dimuat, tapi kita lihat juga kepentingannya. Karena semua artikel mengenai kejadian yang akan berlangsung harus dapat diverifikasi dan subjek kejadian yang dibahas harus mempunyai kepentingan yang cukup yang dapat memenuhi standar kelayakan artikel jika kejadian tersebut telah dilaksanakan. Dan referensi anda yang mengatakan "Instagram Story", Mohan maaf Instagram Story belum termasuk ke dalam sumber yang dianggap memadai.
Dan maksud saya untuk poin saya yang selanjutnya adalah, semua aturan yang ada di Wiki English belum tentu dapat diterapkan, memang ada beberapa aturan yang diadopsi dari Wiki English, tapi tentu saja sesuai konsensus kesepakatan yang ada di WBI.
Bang @Bennylin: Sepertinya memang harus dibuatkan aturan yang lebih rinci untuk hal ini. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 4 Juni 2022 04.54 (UTC)
@Argamardi @Aris riyanto @Azmi1995 @Bennylin @Bennylin Terkait filmografi sepertinya proposal ini perlu segera ditetapkan. WillsonEP09💬 15 Juni 2022 00.14 (UTC)

Would your community be interested by "Add an image"?

Add-an-image-onboarding-ltr.svg

Hello

Sorry to write in English. Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda!

The Growth team has created a feature called "Add an image". It helps newcomers to add an image to an unillustrated article. You can test it at test.wikipedia.org or at any other wikis where it is deployed.

Of course, newcomers won't import a random images: we suggest one image, based on the same topic articles that have an image, or the Wikidata item image. Only articles without any image (or without any infobox) are suggested. Newcomers have to check if the image is correct, and then write a caption based on the article content and the image. At pilot wikis where we test this feature, the revert rate is quite low.

Do you think your community would like to test this feature in advance? The images suggestions with image suggestions will be available at Special:Homepage, for a 50% of newcomers. The test would start mid-June.

Let me know! Trizek (WMF) (bicara) 17 Mei 2022 14.36 (UTC)

@Trizek (WMF): worth a try! Yes, please. Neocorelight (pesan) 18 Mei 2022 01.51 (UTC)
Sorry for the late reply. We are in the final stages to prepare the deployment.
Thank you for your reply, @Neocorelight. We are happy to see someone being motivated! It would be better if more people agree with you. Is there a way to have more people commenting on my offer?
Thank you, Trizek (WMF) (bicara) 15 Juni 2022 13.25 (UTC)
@Trizek (WMF): I would love to try.
If possible (or if there's any tool), I'd also love to see the list of articles that might have the potential to have images added, the data either taken from Wikidata or Wikimedia Commons. Thanks! ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 26 Juli 2022 13.46 (WIB) 26 Juli 2022 06.46 (UTC)
Thank you for your message, @Bennylin! We are still working on the API that will provide the suggestions. I can share it with you in advance, when ready.
Do you think it is okay to deploy the tool at your wiki, even if only two users commented on my proposal? How can we reach at more people? Trizek (WMF) (bicara) 26 Juli 2022 12.14 (UTC)
Can't speak for others, but I am okay with that. Gombang (bicara) 26 Juli 2022 13.33 (UTC)
Hello, and thank you for your support. We are delaying the deployment, because we have been fixing some bugs that took more time than expected, and also because some people in the Growth team go on vacation soon. We will deploy this feature to your wiki in September, if more people agree on. Sorry for the delay! Trizek (WMF) (bicara) 3 Agustus 2022 17.21 (UTC)

Pemungutan suara

@Trizek (WMF): I'm going to take the liberty to start a straw poll for one week. I suppose if nobody have any strong objection, we could try it in our community, because this tool looks like a huge plus to have.

Halo rekan-rekan, seperti yang bisa dibaca di atas, pihak WMF ingin mencobakan fitur "Tambahkan gambar ke artikel" ke WBI. Karena permintaannya sudah sejak Mei, dan tidak terlalu mendapat respons, saya membuka pemungutan suara selama 1 minggu, hingga 2 Agustus 2022. Apabila Anda setuju atau memiliki keberatan, silakan menuliskannya di bawah ini.

Anda juga dapat membantu dengan cara menerjemahkan halaman mw:Growth/Personalized first day/Structured tasks/Add an image dan mw:Help:Growth/Tools/Add an image ke bahasa Indonesia. Terima kasih. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 26 Juli 2022 19.45 (WIB)

  1. Setuju Setuju Menurut saya alat ini sangat membantu, dan sudah dicobakan di 9 Wikipedia yang lain juga. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 26 Juli 2022 19.45 (WIB)
  2. Setuju Setuju kenapa tidak? dwadieff 26 Juli 2022 14.41 (UTC)

Melaporkan pengurus Hysocc

saya ada lihat history kalau pengguna ini pernah di blokir karena melakukan pelecehan, seorang pengurus harusnya memberi contoh yang baik dan memberi nasehat dengan bahasa yang baik, sepertinya pengguna Hysocc sudah saya track sudah sering melakukan pelecehan dengan kata kata yang tidak pantas tolong lihat gambar ini Tolong pak Glorious_Engine diberi nasehat atau teguran, saya bisa tack semua suntingan sebagai bukti bukti beliau sering melakukan perkataan yang tidak pantas dan kasar secara tidak langsung melakukan pelecehan.

Pelecehan Hysocc
Pelecehan Hysocc

Jono200 (bicara) 20 Mei 2022 12.47 (UTC)

@Jono200:, Yap, betul itu saya. Semua user juga bisa melihatnya di Istimewa:Perubahan terbaru. Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 12.53 (UTC)
Hysocc pelecehan
ya anda pernah di blokir karena pelecehan, tapi hingga saat ini anda belum bisa belajar berbicara yang baik, tolong periksakan diri anda ke psikologis secepatnya.
nanti di blokir lagi sama beliau Glorious_Engine, tolong beri nasehat pengurus ini. Jono200 (bicara) 20 Mei 2022 12.58 (UTC)
@Jono200:, betul sekali. Duh, luka lama tahun 2016 malah saya letakkan di halaman pengguna saya sendiri. Kenapa ya? Sebagai perbandingan, ini kontribusi anda --> Istimewa:Kontribusi_pengguna/Jono200 yang telah melakukan spam pranala ke dalam berbagai artikel di Wikipedia. Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 13.05 (UTC)
jika kami salah, anda cukup memberi catatan tolong jangan spam bukan mengatakan, KAMU MISKIN YA, GAK SANGGUP BAYAR IKLAN,
apa kata kata itu pantas buat anda sebagai seorang pengurus ?
anda memberi contoh yang baik ? Jono200 (bicara) 20 Mei 2022 13.14 (UTC)
Baiklah, saya mengaku salah. Btw, saya bukan pengurus, cuma user biasa seperti anda :D Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 13.19 (UTC)
@Jono200: waduh, ada kesalahan ini. Kok anda yang diblokir permanen dan bukannya saya? :D Hysocc, Let's talk 20 Mei 2022 13.36 (UTC)

Perlindungan artikel lawas

Halo, Pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia. Melalui pesan ini saya ingin memberikan sedikit usulan mengenai artikel-artikel film dan serial televisi lawas agar dapat dilindungi dari anon selamanya. Saya merasa miris melihat artikelnya yang sangat berantakan penulisannya (Banyak CAPSLOCK, tidak sesuai EYD, Huruf Awal Besar Semua Seperti Ini, dsb). Mohon agar bisa ditindaklanjuti. Saya saran agar artikel di antara 1980—2020 sudah mulai dilindungi untuk mencegah aksi vandalisme. Terima kasih. Izin memanggil para pengurus @Veracious, RianHS, WillsonEP09, Symphonium264, dan Azmi1995: 2001:448A:3045:843D:C5DF:E318:EE84:1854 2 Juni 2022 02.46 (UTC)

Saya rasa yang sering kena vandal kebanyakan artikel film/serial Indonesia. Kalaupun ada yang luar biasanya yang judul Korea sama Jepang. Artikel film/serial Eropa dan Amerika saya lihat aman-aman saja, jd mungkin gak harus semuanya jg. F1fans (bicara) 2 Juni 2022 14.50 (UTC)
iya setuju sekalian referensi juga di tambahkan, Helmandiana (bicara) 7 Juni 2022 09.29 (UTC)

kuyou.id dan dailysia.com

Bisakah Wikipedia mulai melarang penyisipan kuyou.id dan dailysia.com juga yang sejenisnya ke dalam artikel? Atau setidaknya menandai mereka sebagai "kemungkinan spam". Karena:

  1. Mereka situs user content generated, situs yang isinya merupakan hasil submit dari pengguna internet. Bisa dilihat di bagian "about us", "disclaimer", dan "policy" mereka.
  2. Artikel-artikel mereka tidak dibuat berdasarkan proses jurnalistik, lebih banyak salin tempel dari media sosial seleb terkait, bahkan judul artikel-artikel mereka cenderung serupa seperti "biodata dan koleksi foto selebritis anu". Sehingga "selebritis-selebritis" yang sumber referensi utamanya kuyou dan dailysia seharusnya dicap tidak layak.
  3. Kedua situs tidak terdaftar di dalam dewan pers, semakin menjadikan mereka bukan referensi yang layak digunakan.
  4. Kedua situs punya banyak sekali iklan pop-up. Adblock saya menemukan sampai 17 iklan pop-up, sehingga mereka merugikan pembaca.

Hysocc, Let's talk 12 Juni 2022 04.19 (UTC)

Silakan dibahas di Pembicaraan MediaWiki:Spam-blacklist. dwadieff 12 Juni 2022 05.05 (UTC)

Usulan pengalihan artikel Daftar Penguasa Seleukia ke Dinasti Seleukia

Sesuai dengan laman artikel tersebut di enwiki, agar laman artikel Daftar Penguasa Seleukia dapat dialihkan ke Dinasti Seleukia, karena isi artikelnya sama. Terima kasih. Henri Ngopi Lur? 13 Juli 2022 09.08 (UTC) Setuju Setuju Urang Depok (Silakan Bertamu) 15 Juli 2022 9:09 (UTC)

Usul untuk menambahkan ide untuk tampilan halaman utama

Kebetulan saya punya ide untuk tampilan Halaman Utama di waktu ke depan. Idenya memindahkan daftar halaman yang dijadikan sebagai AP maupun AB, beserta GP, yang ada di spanduk ke kotak Halaman Utama. Jadi, di kotak tersebut, bisa ditulis daftar usulan AP dan juga AB. Dedhert.Jr (bicara) 19 Juli 2022 03.53 (UTC)

ide bagus pak @Dedhert.Jr:. cuma, ada ketidak-setujuan dari david Wadie Fisher-Freberg karena proses untuk men-standarkan artikel bagus kita masih kurang.
dan, syarat lainnya belum terpenuhi: rajin mondar mandir ke halaman wikipedia:artikel bagus. tapi, biar bijimana-pun/bagimana-pun, dua/tiga hal ini bisa dilakukan beriringan selagi konsisten untuk urusin artikel bagus
ustad abu gosok (bicara) 19 Juli 2022 05.53 (UTC)
@Ustad abu gosok: Saya kurang paham "menstandarkan artikel bagus masih kurang" bagaiaman maksudnya? Dedhert.Jr (bicara) 19 Juli 2022 06.03 (UTC)
ya masih kurang itu seperti kurang orang yang mau berkomitmen untuk ngurusin itu pak @Dedhert.Jr:, trus jumlah artikel bagusnya memang masih lebih sedikit ketimbang a.p.{{citation needed}} dan terakhir juga kriteria artikel bagus kita memang hanya sekelebat/singkat saja
Jadi, walaupun jumlah artikel bagusnya lebih dari 12 alias bisa dijatah sebulan sekali muncul di halaman utama hehehehe tapi yaaaaa yang ada saja masih rawan dicabut cabutin kok. Aku ngga bisa jelasin banyak soal artikel bagus ini karena, jujur, selama aktif di wikipedia, aku juga jarang ngurusin yang seperti ini [:
ustad abu gosok (bicara) 20 Juli 2022 14.16 (UTC)
@Ustad abu gosok Mungkin saya akan buat Halaman Utama versi saya dulu, tidak apa-apa? Rasanya kalau saya menjelaskan kata-kata agak susah. Saya buat di bak pasir kalau misalkan bung izinkan untuk menunggu. Dedhert.Jr (bicara) 20 Juli 2022 14.29 (UTC)

Boleh dong! ustad abu gosok (bicara) 20 Juli 2022 22.57 (UTC)

@Ustad abu gosok Sudah kubuat, tapi masih kasar (alias berantakan). Saya berharap bisa paham maksudnya. Pengguna:Dedhert.Jr/Arsip 1. Untuk sel atas kanan, yang saya maksud, adalah bahwa isi spanduk (kayak usulan AP, usulan AB, GP, permohonan pendapat, dsb) dapat diletakkan di sel tersebut. Maksudnya kalau mau tidak usah pakai spanduk, dan sebagai gantinya, dapat ditempatkan ke sel tersebut. Dedhert.Jr (bicara) 21 Juli 2022 07.35 (UTC)

Tampilan di hape saya masih kosong ustad abu gosok (bicara) 21 Juli 2022 07.38 (UTC)

Penulisan nama halaman yang benar

Pertama saya mau menyampaikan bahwa nama yang digunakan di Wikipedia bahasa Indonesia ini yang saya ketahui adalah nama panggung dari yang bersangkutan.

Pendapat saya yang pertama adalah untuk halaman Indro (penghibur), bagi saya nama yang harus tercantum di halaman beliau adalah Indro Warkop bukan Indro (penghibur) atau Indro (pelawak). Perlu saya sampaikan bahwa di dunia komedi Indonesia yang saya ketahui sampai detik ini, pelawak yang memiliki latar belakang berkarier dengan grup lawak dalam kariernya, nama grup lawak mereka melekat pada namanya sebagai nama panggung yang bersangkutan, seperti halnya Aden Bajaj, Eko Patrio, Kasino Warkop, Wendi Cagur dan sebagainya. Bahkan teman satu grup dari Indro (penghibur), yaitu Dono Warkop dan Kasino Warkop tertulis demikian, mengapa dua halaman tersebut tidak dipermasalahkan sedangkan halaman Indro Warkop dipermasalahkan penamaannya. Jujur harus saya sampaikan disini, saya lebih suka Wikipedia yang seragam dan tidak ada perbedaan perlakuan sesuai selera terkait dengan penamaan nama tokoh di halaman Wikipedia bahasa Indonesia, kalau tidak mau nama Warkop menempel pada nama Indro karena menganggap nama tersebut harus berdiri sendiri, kita harus sepakat semuanya dengan mengubah nama Dono Warkop menjadi Wahyu Sardono atau Dono saja tanpa Warkop, Wendi Cagur menjadi Wendi Armoko atau Wendi saja tanpa Cagur, Melki Bajaj menjadi Meilki Balipa Emil atau Melki saja tanpa Bajaj, Parto Patrio menjadi Eddy Supono atau Parto saja tanpa Patrio dan lain-lain, bagaimana apakah kalian semua sepakat? Judul film-film beliau (Indro Warkop) dewasa ini boleh jadi pertimbangan pengurus yang terhormat, silahkan dicek di film-film ini nama beliau tercantum di credit title dengan nama Indro Warkop, Pintu Surga Terakhir, Kapan Pindah Rumah, Miracle in Cell No. 7, Hello Ghost dan Keluarga Slamet.

Yang kedua adalah untuk halaman Rina Hasyim, bagi saya nama yang harus tercantum di halaman beliau adalah Rina Hassim bukan Rina Hasyim, bagi saya pula beliau berkarier sampai saat ini menggunakan nama panggung Rina Hassim, di film-film beliau di awal karier, beliau menggunakan nama Rina Hassim, penggunaan nama Rina Hassim juga dicantumkan di film-film dan serial web beliau beberapa tahun terakhir ini. Umum bagi kita menyebutkan atau mengucapkan Hassim dengan Hasyim atau Widjaja dengan Wijaya karena pembiasaan kita menyebut ejaan lama dengan ejaan yang telah disempurnakan saat ini. Penulisan nama Rina Hasyim dalam beberapa judul film beliau juga bisa saya pastikan adalah sebuah miskomunikasi, tidak dikonfirmasi kepada beliau, atau karena terlanjur melihat sumber di internet yang keliru, media sosial atau fanpage beliau di media sosial bahkan juga menggunakan nama Rina Hassim bukan Rina Hasyim. Judul film-film dan serial web beliau dewasa ini boleh jadi pertimbangan pengurus yang terhormat, kalau film-film beliau di awal karier sudah sangat jelas dan tidak bisa dibantah, beliau memang menggunakan nama Rina Hassim, silahkan dicek di film-film beliau yang saat ini nama beliau di credit title tercantum dengan nama Rina Hassim bukan Rina Hasyim, memang tidak semua, tapi di film-film ini mungkin tim produksi mengkonfirmasi kepada beliau, nama panggung beliau itu siapa untuk dicantumkan di credit title, tidak seperti di film lain, tidak seperti tim produksi di film beliau yang lain yang main asal mencantumkan nama beliau.. silahkan dicek Alangkah Lucunya (Negeri Ini), Hijab, The Lawyers: Pokrol Bambu, Ivanna dan bahkan serial webnya juga Jangan Minta Jatuh Cinta.

Yang ketiga terkait dengan nama vokalis band di Indonesia. Dua halaman yang saya permasalahkan adalah halaman Duta (penyanyi) dan Ariel (penyanyi). Saya mengecek seluruh nama vokalis atau mantan vokalis grup musik Indonesia, bahkan tidak vokalis saja tetapi penggebuk drum, pemetik gitar dan bass, pemain piano atau keyboard grup musik Indonesia di Wikipedia bahasa Indonesia ini, seluruhnya tercantum dengan nama lengkap, kalaupun tidak dengan nama lengkap, paling tidak dua suku kata dari namanya yang dicantumkan, tidak hanya satu kata atau nama panggungnya saja seperti Armand Maulana, Donnie Sibarani atau Kikan Namara. Lagi-lagi saya harus jujur bilang disini, saya lebih suka dan akan senang sekali jika Wikipedia itu informasinya seragam dan tidak ada perbedaan perlakuan sesuai selera terkait dengan penamaan nama tokoh di halaman Wikipedia bahasa Indonesia. Oke saya mengerti seorang Akhdiyat Duta Modjo lebih populer dengan nama Duta dan Nazriel Irham lebih populer dengan nama Ariel, tapi bagaimana dengan Slank, sebuah grup musik rock legendaris, dengan vokalis yang populer dengan nama Kaka, mengapa tercantum nama lengkapnya di Wikipedia, Akhadi Wira Satriaji, kenapa tidak ditulis sebagai Kaka (penyanyi), jika patokannya harus dicantumkan dengan nama populernya.. Letto dengan vokalis yang populer dengan nama Noe tertulis dengan nama Sabrang Mowo Damar Panuluh, kenapa tidak dicantumkan dengan nama Noe (penyanyi), Wali dengan vokalis yang populer dengan nama Faank tercantum Farhan Zainal Muttaqin bukan dengan Faank (penyanyi), dan lain-lain.. bagaimana ini menurut pengurus terhadap perbedaan perlakuan ini, tidak adil bukan? Jadi lagi-lagi kita semua harus sepakat, lebih baik menggunakan yang mana, kalau saya pribadi lebih prefer nama lengkap saja yang dituliskan bukan dengan nama panggung, jadi halaman Duta (penyanyi) diubah menjadi Akhdiyat Duta Modjo dan Ariel (penyanyi) menjadi Nazriel Irham.

Terima kasih semuanya, semoga kita semua ada kesepahaman..

Lazuardi Lazuardi (bicara) 26 Juli 2022 05.59 (UTC)

@Lazuardi Lazuardi Terima kasih atas sarannya. Dibahas satu-satu dulu. Untuk biografi, memang lebih baik ditulis Indro (pelawak). Kenapa? Karena Warkop sebenarnya merupakan nama grup saja, jadi akan lebih baik menggunakan keterangan yang mengindikasi bidang yang dikuasai. Untuk Dono Warkop dan Kasino Warkop dapat dialihkan ke Dono (komedian) dan Kasino (komedian). Dedhert.Jr (bicara) 26 Juli 2022 06.47 (UTC)
Masalah judul nama tokoh memang sudah lama dibahas, namun belum ada pedoman resminya. Berikut proposal pedomannya yang tidak gol, dan pembicaraannya (sejak 2009, terakhir didiskusikan 2013)
Apabila Anda memang ingin ada kepastian dan keseragaman, saya usulkan Anda menghidupkan kembali proposal ini, lengkapi argumennya, dan ajukan jadi pedoman resmi, seperti Wikipedia:Pedoman penamaan ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 26 Juli 2022 13.37 (WIB)

Halo @Lazuardi Lazuardi: terimakasih telah mengusulkan topik ini. Mari kita membuka kembali proposalnya teman-teman Urang Depok (silakan Bertamu) 26 Juli 2022 07.00 (UTC)

Permohonan kepada pengurus

Saya memperhatikan bahwa akun atas nama @Lazuardi Lazuardi: pernah diberikan isyarat oleh akun atas nama @SunDawn: bahwa akun tersebut tidak bermasalah dan yang bersangkutan merasa akun tersebut banyak berkontribusi untuk Wikipedia bahasa Indonesia. Akun tersebut bahkan juga pernah dibuka penanda penghapusan halamannya oleh akun atas nama pengurus @Ustad abu gosok:

Saya juga memperhatikan bahwa karena akun atas nama @Lazuardi Lazuardi: menyunting beberapa halaman tentang kategori Academy Awards, pengurus atas nama @Ustad abu gosok: lantas juga menyunting beberapa kategori di Academy Award tersebut sebagai akibat dari penghapusan pengalihan yang dilakukan oleh akun atas nama @Lazuardi Lazuardi:

Jadi dengan ini saya sangat memohon kepada para pengurus agar supaya membuka blokir akun atas nama @Lazuardi Lazuardi: karena suntingan yang bersangkutan memberikan banyak manfaat kepada Wikipedia bahasa Indonesia ini bahkan memicu untuk beberapa pengurus lebih memperhatikan halaman yang jarang terjamah untuk diperhatikan kembali..

Terima kasih banyak pengertiannya kepada para pengurus sekali lagi semoga bisa mempertimbangkan apa yang sudah saya sampaikan.. terakhir sepertinya saya memperhatikan apa yang dituduhkan kepada akun atas nama @Lazuardi Lazuardi: tidak benar, tidak ada dasarnya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan..

2001:448A:2083:26DF:44A7:22D3:8B26:F13B 2 Agustus 2022 00.48 (UTC)

Saya tidak pernah memberikan isyarat apapun atas editor Lazuardi Lazuardi. Di sisi lain, dari segi kontribusi editor tersebut cukup banyak membuat edit yang baik, namun sepertinya editor tersebut melanggar aturan WP:SOCK seperti yang ada pada investigasi ini. Bila ingin di unblock, lebih baik editor yang dimaksud mengajukan sendiri kepada pihak pengurus, saya rasa di WBI juga ada sistem serupa dengan "standard offer" di en:wiki. ✠ SunDawn ✠ (kontak) 2 Agustus 2022 01.07 (UTC)

Sungai di Jawa

Halo, saat ini saya tengah menggambar peta relief untuk skema peta lokasi untuk wilayah Jawa (Panaitan hingga Kangean paling timur). Ada usul sungai apa yang ingin ditampilkan? Saya baru terpikir 4 sungai: Citarum, Cimanuk, Citanduy, Serayu, dan Bengawan Solo. RXerself (bicara) 7 Agustus 2022 06.37 (UTC)

Ci Sanggarung – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 8 Agustus 2022 07.30 (UTC)

Mohon perhatian pengurus dan penyunting

Halo abang atau kakak pengurus atas nama akun @Glorious Engine:, aku ngeliat kakak membuat halaman Partai Damai Kasih Bangsa.. sebelumnya mohon izin kak, aku mau bilang bahwa benar Ketua Umum dari Partai Damai Kasih Bangsa sebelumnya adalah Ketua Umum atau pendiri dari Partai Indonesia Damai.. tapi jika saya boleh bilang atau saya boleh katakan sepertinya Partai Damai Kasih Bangsa merupakan kelanjutan dari Partai Demokrasi Kasih Bangsa yang pernah ada di pemilu 1998 yang berubah nama sekarang, karena jika dilihat dari logo dan ideologi atau platform partainya sama persis yakni, Kekristenan.. boleh dicek sama abang atau kakak logo dari kedua partai serta platform kedua partai tersebut.. jika abang atau kakak menemukan kesamaan atau punya kesimpulan jika Partai Damai Kasih Bangsa adalah kelanjutan dari partai Partai Demokrasi Kasih Bangsa yang berubah nama, ada baiknya abang atau kakak mempertimbangkan untuk menghapus halaman Partai Damai Kasih Bangsa dan mengubah halaman Partai Demokrasi Kasih Bangsa menjadi Partai Damai Kasih Bangsa karena saya melihat halaman dari Partai Buruh yang ada sekarang adalah kelanjutan dari Partai Buruh yang pernah ada di pemilu tahun 2004 dan 2009 dengan nama Partai Buruh Sosial Demokrat (2004) dan Partai Buruh (2009) dan dua partai ini halamannya sudah tidak ada karena bubar jalan sendiri dan yang tahun ini adalah Partai Buruh yang dihidupkan kembali.. dan ini beda dengan Partai Masyumi (1945) dengan Partai Masyumi (2020), yang mana muncul kembali karena sudah benar-benar dibubarkan sejak dulu, bukan sebuah kelanjutan sebagaimana di atas.. Terima kasih banyak abang atau kakak sudah berkenan membaca dan mempertimbangkan apa yang sudah saya sampaikan..

Dan untuk abang atau kakak pengurus atas nama akun @Zaar Dinn:, aku ngeliat kakak membuat halaman film dengan judul The Last Prank, dan disitu kakak mencantumkan nama pemain filmnya, salah satunya kakak menuliskan nama aktris dengan nama Givina Lukita Dewi atau Givina Lukitadewi dengan penuh kesadaran dan pembenaran bahwa yang bersangkutan memang memiliki nama panggung yang demikian.. nanti jangan salahkan siapapun yaa kak jika ada yang menonton film The Last Prank dan langsung mengubah halaman Givina menjadi Givina Lukita Dewi atau Givina Lukitadewi karena mereka melihat di poster, trailer dan film The Last Prank memang nama beliau ini yaa Givina Lukita Dewi atau Givina Lukitadewi.. yaa kak jangan marah atau ngomel atau ngambek lagi atau keras kepala karena kakak sedari awal menuliskan di halaman tersebut dengan nama tersebut.. jika kakak masih keras kepala atau keras hatinya, saya tidak mengerti lagi dengan kakak karena kakak sendiri yang dengan sadar membuat halaman tersebut.. Terima kasih yaa kak semoga hati anda dibolak-balik oleh Tuhan supaya tidak keras lagi, karena hanya Tuhanlah yang mampu membolak-balikkan hati ummatnya.. 2001:448A:2083:26DF:F169:F35C:5C30:A8C9 13 Agustus 2022 23.30 (UTC)

Terima kasih usulannya! Saya lebih suka usulan yang ramah dan jelas penyampaiannya seperti ini, dibandingkan yang hanya minta blokar-blokir tanpa jelas konteksnya apa, ujung-ujungnya cuma memprovokasi pengguna lain. Zaar Dinn Jangan jadi provokator 15 Agustus 2022, 15:02 (UTC)

Teknis


Berita

Ditransklusikan dari Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Berita


Berita Teknis: 2022-29

18 Juli 2022 22.59 (UTC)

Berita Teknis: 2022-30

25 Juli 2022 19.26 (UTC)

Berita Teknis: 2022-31

1 Agustus 2022 21.21 (UTC)

Berita Teknis: 2022-32

8 Agustus 2022 19.49 (UTC)

Berita Teknis: 2022-33

15 Agustus 2022 21.07 (UTC)


Diskusi

Tidak bisa menampilkan suntingan, tindakan konstruktif terus filter otomatis padahal tidak ada vandalisme

Tidak bisa menampilkan suntingan, tindakan konstruktif terus filter otomatis padahal tidak ada vandalisme


114.79.0.117 4 Juni 2022 04.56 (UTC)

Menambahkan beberapa informasi yang kurang dari halaman ini dengan versi Bahasa Inggris dari halaman wikipedia ini IlhamRH25 (bicara) 4 Juni 2022 05.47 (UTC)

Membuat Halaman Muhammad Zakir Rasyidin

saya mencoba membuat halaman baru Muhammad Zakir Rasyidin kenapa tidak bisa ya? ini sudah saya buat kodenya silakan dilihat kode [14]

Dede Surya William (bicara) 8 Juni 2022 14.09 (UTC)

Tidak bisanya kenapa, tuh, Pak @Dede Surya William? ustad abu gosok (bicara) 10 Juni 2022 13.57 (UTC)
bertuliskan LTA Biografi Mba Azmi. Jadi pas saya sudah selesai membuat halaman baru atas nama Muhammad Zakir Rasyidin dan mempublishnya langsung bertuliskan LTA Biografi. berikut ini adalah rangkuman yang sudah saya buat untuk nama Muhammad Zakir Rasyidin - Pranala Luar
mungkin mba bisa bantu merilis? Dede Surya William (bicara) 11 Juni 2022 07.22 (UTC)

panggilnya pak aja yah hehehe @Dede Surya William: secara umum, saya cuma bisa rekomendasikan anda untuk bicara dengan pemeriksa. barangkali bisa menjawab soal filter penyalahgunaan/l.t.a. biografi ini ustad abu gosok (bicara) 12 Juli 2022 06.46 (UTC)

Pembatalan penghapusan

Akbar Siregar (bicara) 13 Juni 2022 14.43 (UTC)


sata tidak bisa menyunting halaman untuk IMADIKLUS https://id.wikipedia.org/wiki/Imadiklus

Ronggo Tunjung Anggoro 13 Juni 2022 15.36 (UTC)

Historical flags of Olympic countries

Hello! Can you do something regarding the historical flags on the Olympic pages for the 2000, 2004 and 2008 Summer Olympics?. Yours sincerely, Sondre 88.88.4.178 15 Juni 2022 14.35 (UTC) 88.88.4.178 15 Juni 2022 14.35 (UTC)

Can you clarify what should we do? Naufal Farrasbicara 15 Juni 2022 15.54 (UTC)
To be precise I mean all the historical flags which are on the pages for the Olympic Games for 2000, 2004 and 2008. For example the historical flags of South Korea, Paraguay, Saint Lucia, Comoros, Rwanda, Cyprus, Albania, Georgia, Turkmenistan, Iraq, Ethiopia, Belarus, Venezuela, Libya, Lesotho, Belize, Democratic Republic of the Congo, Bahrain, Ecuador and Yugoslavia.
Yours sincerely, Sondre 88.88.4.178 15 Juni 2022 18.50 (UTC) 88.88.4.178 15 Juni 2022 18.50 (UTC)

Izin bertanya

@Azmi1995, WillsonEP09, RianHS, Symphonium264, Bennylin, dan Rachmat04: Bolehkah seorang pengguna menghapus halaman pembicaraan pengguna lain yang bukan miliknya tanpa izin? 2001:448A:3044:816D:A98E:8112:D486:616E 19 Juni 2022 15.17 (UTC)

Penghapusan, pemberian tanda {{hapus}}, apalagi sampai eksekusi log penghapusan, pautan hanya digunakan sebagai contoh, itu tidak boleh dilakukan. Sebab, jejak digital harusnya tetap dipertahankan.
Jadi, kalau ditanya boleh/tidak, jawabannya yaaaaa tidak boleh. Eh, iya, pertanyaan ini Anda tujukan ke @Zaar Dinn:/bukan?
Azmi1995 (bicara) 19 Juni 2022 15.32 (UTC)
@Azmi1995, penghapusannya tanpa {{hapus}} hanya menghapus bagian pesan tertentu. Apa diperbolehkan? 2001:448A:3044:816D:A98E:8112:D486:616E 19 Juni 2022 15.42 (UTC)

Mengapa tag ...

Mengapa tag KCP dan kelayakan di halaman Kepercayaan Jati Buhun tidak boleh dihapus? Padahal tag KCP dan kelayakan tersebut telah melewati tanggal kadaluarsa, dan sebelum lewat tanggal kadaluarsa, telah ada yang memperbaiki sesuai kelayakan dengan memperbaiki artikel dan menambahkan referensi, hari ini pun saya ikut mengembangkan artikel dan menambahkan referensi".

Suryana Burhan (bicara) 20 Juni 2022 09.52 (UTC)

Memang betul, tag-tag tersebut tidak boleh dihapus. Jalan satu-satunya adalah memperbaiki artikel sesuai saran perbaikan dari tag-tag yang ada. Semisal, tag "kelayakan", artinya anda dipersilakan untuk memperbaiki artikel dengan menambahkan rujukan tepercaya sehingga artikel tersebut menjadi layak. Saya lihat rujukan yang ada memang masih belum layak, misal Brainly. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 20 Juni 2022 10.44 (UTC)

Penyalahgunaan LTA Biografi

Saya ingin menerbitkan halaman baru yang saya buat, tetapi tidak bisa karena ada penyalahgunaan LTA biografi. Apa itu LTA biografi? Dan bagaimana caranya agar halaman baru yang saya buat dapat diterbitkan? Aldhita (bicara) 20 Juni 2022 12.59 (UTC)

Pengajuan Usul menerbitkan artikel "Fakultas Hukum Unila"

menambahkan sedikit informasi tentang fakultas hukum universitas lampung karena belum ada informasi di wikipedia tentang fakkultas hukum universitas lampung, sebelumnya ada artikel tentang "universitas lampung" di wikipedia, dan artikel ini sebagai sarana pelengkap agar lebih rinci informasinya di setiap fakultas untuk publik, dan sebagai pelengkap informasi untuk web fakultas sebagai standar nasional website


Fakultas Hukum Unila (bicara) 22 Juni 2022 05.56 (UTC)

Silakan lengkapi di website fakultas yang bersangkutan. – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 22 Juni 2022 13.32 (UTC)

Jumlah AP

Mohon maaf untuk bertanya hal ini. Tapi mengenai jumlah AP, yang saya hitung baik-baik secara manual, lihat Pengguna:Dedhert.Jr/Uji halaman 18, totalnya berjumlah 347. Namun kalau dilihat di halaman utama, jumlahnya menjadi 366. Yang saya dapatkan kemungkinannya adalah: 1) belum ditulis artikel-artikelnya di daftar tersebut; 2) kemungkinan ada pengguna yang langsung meletakkan {{artikel pilihan}} sembarang tanpa adanya peninjauan. Ini gimana solusinya? Dedhert.Jr (bicara) 23 Juni 2022 14.02 (UTC)

DKZ

Ada yang bisa memperbaiki ukuran gambar pada infobox di artikel DKZ ? Glorious Engine (bicara) 1 Juli 2022 09.24 (UTC)

Radyatama

Saya Hanya Menambahkan hal hal yang penting yang saya dapatkan informasinya dari [[15]] dan menerjemahkanya ke bahasa indonesia. tidak ada unsur vandalisme ataupun hal yang buruk lainnya.

Radyatama (bicara) 6 Juli 2022 14.55 (UTC)

Halaman Baru Dianggap Tidak Konstruktif dan Tindakan yang Merusak

Itu terjadi saat saya menulis laman otobiografi. Mengapa demikian?

Itsdw1 (bicara) 7 Juli 2022 10.27 (UTC)

@Itsdw1 Wikipedia bukan tempat untuk menulis biografi Anda sendiri. Naufal Farrasbicara 7 Juli 2022 10.52 (UTC)

Kategori Tokoh Riau dari Direktori perempuan Riau.

Saya melihat banyak sekali artikel tokoh tidak layak yang diambil dari referensi https://www.worldcat.org/title/direktori-perempuan-riau/oclc/646713254 (Direktori Perempuan Riau) dan kategorinya dimasukkan sebagai Tokoh Riau. Ini sudah dari tahun 2019. Apakah tidak diambil tindakan? Saya sudah mengecek beberapa dan menaruh tag {{delete|A7}} Contohnya artikel Yanizar Zainal. Cun Cun (bicara) 8 Juli 2022 04.33 (UTC)

Saya setuju. Artikel-artikel tokoh PNS daerah tapi sumber utamanya dari buku karangan pemda. Itu sudah menyalahi kriteria kelayakan artikel, bahwasanya sumber harus independen atau tidak terkait dengan subjek. Hysocc, Let's talk 8 Juli 2022 22.32 (UTC)

CGF year template

Hello! Is it possible for you to add templates for CGF year, IOC year, OCA year, SEAGF year and all that.

Yours sincerely, Sondre 88.88.4.178 11 Juli 2022 10.22 (UTC)

Penghapusan Artikel Jember, Jember

Artikel Jember, Jember saya hapus karena artikel tersebut sudah saya perbarui dengan artikel yang lebih baru dengan judul Jember (kota) sebagai ganti nama yang lebih relevan untuk ibukota Kabupaten Jember. Akhiys Almarain (bicara) 14 Juli 2022 03.14 (UTC)

SALAH PAHAM

terkait adanya tindakan yang diduga merusak, itu merupakan kesalah pahamman yang mungkin melanggar panduan atau syarat beraktifitas di wikipedia, namun pembelaannya adalah penulis salah menghapus tanda otomatis yang telah diperingati, oleh karena itu klarifikasi ini ditujukan untuk meluruskan kesalah pahaman tersebut Fictumverse (bicara) 16 Juli 2022 06.50 (UTC)

MENYUNTING INFOBOX

Menambahkan infobox sebagai penguat informasi dari album yang dimaksud Fictumverse (bicara) 16 Juli 2022 07.02 (UTC)

REKOMENDASI

Halaman tersebut telah memenuhi kriteria U11, dan sekiranya layak untuk diterbitkan karna tidak mengandung informasi persuasif layaknya promosi. Reindependent (bicara) 21 Juli 2022 17.44 (UTC)

@Reindependent Uh... Bukannya itu terbalik? justru jika memenuhi kriteria U11... layak dihapus atas alasan promosi. Ärk sört hoztál? 21 Juli 2022 22.14 (UTC)
halaman tersebut maksudnya halaman yang mana @Reindependent:
ustad abu gosok (bicara) 21 Juli 2022 22.40 (UTC)



Koneksiband (bicara) 26 Juli 2022 07.42 (UTC)

Saat mengembalikan suntingan malah tercopy semua bagian di wikipedia termasuk yang di luar box utk mengetik

Saya mau mengembalikan suntingan dari upaya vandalisme di sini
https://id.wikipedia.org/wiki/Aksi_Cepat_Tanggap
tetapi ketika meng-copy, malah ter-copy semua halaman termasuk yang di luar box isi artikel, dan ketika saya ingin mengembalikan malah kena filter.

Muhammad Sulaiman ar-Rafiq (bicara) 26 Juli 2022 12.31 (UTC)

Pendidikan di Kanada

Tolong agar templat KPC yang ada di artikel dihapus karena saya salah mengasih tag Nadeauww (bicara) 30 Juli 2022 13.53 (UTC)

selesai!!! @Nadeauww:
ustad abu gosok (bicara) 31 Juli 2022 03.15 (UTC)

Kategori:Pages using quote box with unknown parameters

Mau tanya, bagaimana cara menghapus Kategori:Pages using quote box with unknown parameters dari suatu artikel ya ? Banyak soalnya yang kena kategori tersebut, Agama Hindu, Assassin's Creed (film), Crazy Rich Asians (film), dlsb Glorious Engine (bicara) 2 Agustus 2022 01.21 (UTC)

@Glorious Engine:, mereka semua menggunakan Templat:Quote box. Tinggal perbaiki templatnya saja, nanti akan hilang semua. Hysocc, Let's talk 5 Agustus 2022 19.34 (UTC)

Pindahkan FACEBOOK ke Facebook

Mohon untuk pengurus memindahkan FACEBOOK ke Facebook, karena Facebook sudah ada pengalihannya jadi tidak bisa dipindahkan oleh pengguna biasa. Terima kasih. Hanif Al Husaini (bicara) 9 Agustus 2022 01.54 (UTC)

NasDem

pengen mindahin Partai Nasional Demokrat (2011) ke Partai NasDem kagak bisa. Bisanya malah ke Partai Nasdem. Tolong dong siapa aja pindahin bagi yg bisa, di AD/ART partei nama nih partei yg bener tuh Partai NasDem DennyRG (bicara) 12 Agustus 2022 09.06 (UTC)

Kalo gak percaya cek aja AD/ARTnya bandingin ama AD/ART partei lain yang emang berakronim macam GOLKAR, PDI Perjuangan atawa PKB DennyRG (bicara) 12 Agustus 2022 09.21 (UTC)

Laboum

Ada yang bisa membetulkan gambar pada bagian infobox artikel Laboum Glorious Engine (bicara) 15 Agustus 2022 02.35 (UTC) --16 Agustus 2022 06.38 (UTC)Aji Masadji (bicara)


Galat "lower-alpha"

Permisi, Izin bertanya, adakah yang bisa memperbaiki galat dalam Artikel San Francisco, galat tertampil dibagian paling bawah, dibawah template box California. Galat tertampil sebagai berikut:

'Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag '

Mohon bantuannya ya kawan-kawan, terima kasih~ AldianzaFatria (bicara) 16 Agustus 2022 07.51 (UTC)

@AldianzaFatria:  Selesai, masalahnya ada pada penggunaan templat {{efn}} yang tidak disertai dengan penggunaan templat {{notelist}} di akhir artikel. Masalah ini juga terjadi pada banyak sekali artikel seperti Daftar Presiden FIFA, Michael Jordan, Paleontologi, semoga ada bot yang mau mengerjakannya. Hysocc, Let's talk 16 Agustus 2022 19.37 (UTC)
Terima kasih atas bantuannya, saya baru paham ternyata masalahnya di template efn, Terima kasih banyak ya bang Hysocc~ AldianzaFatria (bicara) 17 Agustus 2022 10.05 (UTC)




Bahasa

Iryna Vereshchuk

@Willy2000: "Dia mengklaim dia akan memilih dia karena 'Dia berbuat baik untuk Rusia.'" Ini "dia" 1 "dia" 2 siapa tolong diperjelas dan diberi rujukan. Ini terjemahan dari sini ya? "She claimed she would vote for him because 'He does good for Russia.'". Rujukannya juga bisa direview lagi jangan salin tempel. Seluruh kalimat yang belum dilengkapi rujukan silakan dilengkapi. RXerself (bicara) 15 April 2022 09.59 (UTC)

Ini terjemahan mesin? RXerself (bicara) 15 April 2022 10.01 (UTC)
Bukan. Ini terjemahan asli dari Google Translate. Willy2000 (bicara) 30 April 2022 04.56 (UTC)

Jennifer Morrison: Ini terjemahan mesin? "minat cinta" di sini maksudnya "love interest" ya? Ini tidak perlu diterjemahkan tidak apa-apa, cukup perannya aja sebagai apa di seri apa. Lalu, "Dia membuat debut sutradara film fitur dengan Sun Dogs (2017)." Ini bisa diterjemahkan lagi. Gunakan tanda koma sebelum kata "dan" di kalimat pertama dan sebelum dan sesudah "Jesse Spencer". RXerself (bicara) 15 April 2022 10.07 (UTC)

Artikel dan beberapa artikel lainnya saya hapus karena tidak ada tanggapan untuk pesan ini. RXerself (bicara) 29 April 2022 17.27 (UTC)
Sudah ditulis ulang. Willy2000 (bicara) 30 April 2022 05.07 (UTC)

Pembenahan istilah kepangkatan militer bintang lima

Barusan saya membenahi istilah kepangkatan militer yang (menurut saya) agak berantakan.

Saya juga ingin membenahi kepangkatan bintang lima lainnya, tapi masih agak bingung. Field Marshal sudah diterjemahkan jadi "Marsekal lapangan", tapi sepertinya General of the Army lebih susah dicari padanannya. Belum lagi pangkat bintang enam seperti Generalissimo. Gombang (bicara) 23 April 2022 18.02 (UTC)

Setuju belum ada keberatan dari saya Azmi1995 (bicara) 23 April 2022 22.49 (UTC)
Iya, tanda kepangkatan memang tidak mudah dicari padanannya, karena tidak ada sistem universal. Misalnya, di AS: "it is widely believed the US Armed Forces never adopted the rank of Field Marshall, opting for the five-star "General of the Army" instead, because George Marshall was the first person promoted to the rank and "Marshall Marshall" sounded undignified. en:Field_marshal#United_States". ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 26 Mei 2022 17.04 (WIB)

Penamaan dan Romanisasi Slavia Timur (Kuno, Rusia, Ukraina, Belarus, dll)

Banyak nama-nama tempat dan tokoh Slavia Timur memakai kaidah nama dan romanisasi bahasa Rusia, padahal konsep negara dan bangsa yang umum di zaman modern ini belum eksis pada saat itu, perbedaan bahasa-bahasa Slavia Timur belum terlalu beda seperti sekarang, dan juga banyak tokoh-tokoh dahulu yang lahir di tempat yang sekarang bagian dari Ukraina dan Belarus, malah memakai kaidah penamaan Rusia (salah satunya Vladimir I yang asalnya dari Kyiv tetapi malah memakai kaidah Rusia).

Untuk mengurangi "Rusia-sentris", apakah sebaiknya tokoh-tokoh dahulu dan nama-nama tempat yang sekarang bukan bagian Rusia diganti menjadi nama dengan sesuai kaidah romanisasi setempat seperti Ukraina dan Belarus (salah satunya seperti pemindahan nama Kyiv ini dari Kiev: Istimewa:Diff/20748005)? Atau juga nama-nama tokoh Slavia Timur terdahulu memakai romanisasi Slavia Timur Kuno, jadinya kasus seperti Vladimir I diganti menjadi Volodimer I (Володимѣръ І), bukan Volodymyr I (Володимир I)?

Bagaimana pendapat kawan-kawan? -- Ivan Humphrey (bicara) 27 April 2022 18.42 (UTC)

Nama Vladimir sudah menjadi standar baku sebutan Indonesia sedangkan Volodimer ataupun Volodymyr bukan standar baku. Jadi, saya tidak setuju Azmi1995 (bicara) 29 April 2022 00.21 (UTC)
Menurut saya, jika nama orang sepatutnya dikecualikan dalam ejaan baku (pengecualian lagi untuk ejaan nama-nama tokoh yang sangat terkenal di Indonesia yang berbeda nama/ejaan aslinya, seperti nabi-nabi Samawi), dan nama tempat memang harus ada penamaan bakunya, tetapi beberapa kasus seperti ejaan "Kiev" yang lebih umum (karena pengaruh Soviet berbahasa Rusia yang lebih kuat di Indonesia dan dunia) tidak dipakai lagi karena ada permintaan dari Pemerintah Ukraina untuk lebih menggunakan Romanisasi bahasa Ukraina dan gerakan KyivNotKiev, bukan hanya untuk kasus Kyiv, tetapi juga untuk hal-hal yang berkaitan dengan Ukraina. Jadi untuk kasus ejaan Vladimir/Volodimer/Volodymyr disesuaikan dengan romanisasi bahasa aslinya. -- Ivan Humphrey (bicara) 29 April 2022 08.19 (UTC)
Setuju dengan Ivan Humphrey khusus untuk kasus ini, dengan pemahaman bahwa baik bentuk Vladimir malupun Volodimer sama-sama boleh dipakai. Untuk kasus-kasus lain secara umum, perlu disadari bahwa bangsa-bangsa Eropa tidak punya masalah "menerjemahkan" atau "menyesuaikan" nama diri tokoh ke dalam bahasa, dialek, maupun ejaan lokal. Masalah "nama baku atau tidak baku" ini muncul karena ada kaidah kebahasaan di Indonesia untuk "tidak menerjemahkan nama diri".Stephanus Victor (bicara) 3 Mei 2022 09.10 (UTC)
Hi @Stephanus Victor: hmmm boleh tanya ya, secara spesifik "kaidah kebahasaan di Indonesia" yang mana yang anda maksud (ada pranala kah)? Kalau kaidah itu tidak/belum menjadi bagian dari panduan/kebijakan menyunting di Wikipedia, maka tidak/belum dapat dijadikan alasan untuk diterapkan di Wikipedia. Saya tanyakan ini dengan asumsi niat baik ya, supaya kita terhindar dari penyamaran opini. Salam, Naval Scene (bicara) 9 Agustus 2022 14.13 (UTC)
Terima kasih Bung Naval yang jeli sehingga langsung tahu bahwa kalimat terakhir saya sesungguhnya adalah penyamaran opini. Saya harap penggunaan tanda kutip sudah memperjelas maksud saya bahwa aturan itu sama sekali tidak ada, oleh karena itu jangan diada-adakan, bentuk penulisan nama diri yang dipakai di wikipedia bahasa Inggris tidak perlu dipertahankan mati-matian, dan tidak ada standar baku sebutan Indonesia untuk Vladimir. Stephanus Victor (bicara) 10 Agustus 2022 03.54 (UTC)
Artikel menarik: Volodymyr (Zelensky) vs. Vladimir (Putin): How rival statues explain the Russia-Ukraine conflict ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 2 Juni 2022 22.48 (WIB)

Pengguna yang gemar menambah istilah aneh buatan dia sendiri

Ada seorang pengguna yang hobi menambah kata dan istilah aneh buatannya sendiri. Misalnya dilatasi waktu dia menambahkan "pemekaran waktu" dan yang lainnya. Padahal tidak ada yang salah dengan istilah dilatasi waktu dan memang sudah umum dipakai di bidang fisika atau relativitas. Dia juga menambah, "kebagaimanadenganan" dan "bagaimanadenganisme" ke artikel whataboutisme. Mohon supaya diawasi pengguna tersebut. 180.254.13.214 6 Juni 2022 06.40 (UTC)

@180.254.13.214: Izin nimbrung, saya gak terlalu ahli dalam fisika, namun berdasarkan penelusuran yang saya peroleh, dilatasi waktu disebut juga sebagai pemekaran waktu, [16] Untuk "pelebaran waktu", saya kurang tahu apakah definisi di [17] sama dengan pengertian dilatasi waktu. Silahkan diperiksa kalau ada yang salah. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 7 Juni 2022 04.17 (UTC)

Data Sipebi untuk WP:AWB/Typos

Saya berpikir untuk melengkapi Wikipedia:AutoWikiBrowser/Typos dengan data Sipebi yang telah dibuka sejak beberapa waktu yang lalu. (dan mungkin lain waktu saya bisa jalankan AWB sendiri). Namun, saya belum tahu apa datanya dapat digunakan di WBI. Mungkin ada dari pembaca yang dapat membantu saya mengenai hal ini?

Mungkin tentang secara teknis, bisa dilakukan nanti. Bingung juga apa maksud dari "Dapat Diubah" Hans5958 bicara 7 Juni 2022 08.56 (UTC)

Saya tidak ahli dalam AWB. Mungkin @Eddy bf dan Bennylin:? dwadieff 30 Juni 2022 10.36 (UTC)
ada apa ini? Eddy bf (bicara) 16 Juli 2022 13.41 (UTC)
WP:BAHASA? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 1 Juli 2022 15.25 (WIB) 1 Juli 2022 08.25 (UTC)
Saya rasa itu dapat kita gunakan untuk melengkapi Wikipedia:AutoWikiBrowser/Typos dahulu, namun sebenarnya pertanyaan saya mengenai apakah data Sipebi ini dapat digunakan di WBI, terutama di Wikipedia:AutoWikiBrowser/Typos. Hans5958 bicara 1 Juli 2022 13.39 (UTC)

Judul artikel

Halo, saya ingin menerjemahkan artikel Checker shadow illusion. Sebaiknya artikel ini diberi judul 'Ilusi bayangan papan catur', 'Ilusi bayangan papan kotak-kotak' atau apa ya? Terima kasih. —Klrfl— B ¦ K 14 Juni 2022 04.53 (UTC) en:Checker shadow illusion

@Klrfl: Izin menjawab, kalau dilihat dari konteksnya, harusnya diartikan sebagai "ilusi bayangan papan catur". Karena ada ilusi bayangan di papan catur. Barangkali bisa lihat di situs lain, seperti [18], khususnya di [19]. Mohon maaf kalau ada yang salah. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 14 Juni 2022 14.09 (UTC)

Terjemahan kata "Vicar"

Halo, ada yang bisa membantu untuk menemukan padanan kata en:Vicar? Soalnya, jika lihat halaman en:Vicar of Christ diartikan sebagai Vikar Kristus, sedangkan saat saya cari di KBBI, tidak ada yang namanya "vikar". Barangkali bisa dibantu. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 14 Juni 2022 14.11 (UTC)

Lebih cocok bila diterjemahkan ke wakil kristus Azmi1995 (bicara) 16 Juni 2022 03.48 (UTC)

Khusus jabatan seperti vikar jenderal e.g. Keuskupan Bandung, itu memang sudah kesepakatan komuniti kristian di Indonesia Azmi1995 (bicara) 16 Juni 2022 03.50 (UTC)

Di beberepa gereja protestan Batak, mereka menggunakan istilah "Vikar" dan/atau "Vikaris". Setelah saya cek di KBBI, memang tidak ditemukan kata "Vikar", namun ada untuk "Vikaris". Silakan cek disini dan disini. Salam, 27christian11 (bicara) 16 Juni 2022 04.12 (UTC)

Terjemahan kata "Partners"

Kira-kira padanan yang benar-benar tepat untuk kata "partners" di templat {{Kotak info tokoh}} apa ya? Saat ini padanan terjemahannya adalah "pasangan serumah" tapi apakah kira-kira bisa diganti jadi "pasangan" saja? F1fans (bicara) 25 Juni 2022 03.44 (UTC)

Setuju – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 25 Juni 2022 06.07 (UTC)
Setuju juga, yang penting ditulis konsisten berbeda antara "pasangan" dengan misalnya "pasangan calon gubernur" atau "pasangannya dalam pemilihan x". cmiiw. Handarii (bicara) 27 Juni 2022 08.11 (UTC)
Saya setuju pasangan saja karena konteksnya tetap pasangan sejoli Agus Damanik (bicara) 27 Juni 2022 08.52 (UTC)
Btw... bagaimana nih pendapat para rekan2 lain @Symphonium264 @Azmi1995 @Medelam @Dedhert.Jr @Veracious @Klrfl @Gervant of Shiganshina @NFarras F1fans (bicara) 29 Juni 2022 11.48 (UTC)
Setuju Setuju per @Aris riyanto. Meskipun saya bukan ahli bahasa, namun kalau dilihat dari sudut pandang saya juga, kata "partner" dalam kotak info tokoh, konteksnya dipadankan sebagai "pasangan". Dari yang saya baca, penjelasan parameter mengatakan
Hal ini mengartikan bahwa partner dipadankan sebagai pasangan (dari kehidupan tokoh yang belum menikah). Mohon maklumkan dan beritahu saya secepatnya jika saya melakukan kesalahan. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 29 Juni 2022 11.55 (UTC)
Saya rasa kata 'partner' bisa diterjemahkan menjadi pasangan, mungkin bisa juga kompanyon (tapi saya ga tau istilah kompanyon dipakai secara luas atau tidak). —Klrfl— B ¦ K 29 Juni 2022 12.08 (UTC)
@Klrfl: Menurut saya tidak masalah menggunakan kata "kompanyon". Meski kata ini dipakai luas atau tidak, namun kalau menurut pendapat saya, hal ini juga memperkaya kosakata bagi pembaca umum. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 29 Juni 2022 13.36 (UTC)
Setuju kalau diartikan sebagai "pasangan" saja. Naufal Farrasbicara 29 Juni 2022 13.44 (UTC)
Setuju pasangan sahaja Azmi1995 (bicara) 29 Juni 2022 23.59 (UTC)

Buat para pengurus, apakah hasil diskusi ini sudah bisa dijadikan pedoman untuk merevisi kata "partners" (diterjemahkan sebagai "pasangan serumah") di {{Kotak info tokoh}}? F1fans (bicara) 7 Juli 2022 11.09 (UTC)

@F1fans Dari diskusi ini justru sebagian besar setuju diterjemahkan menjadi "pasangan" saja. Naufal Farrasbicara 7 Juli 2022 11.14 (UTC)
 Selesai sudah diganti menjadi "pasangan" saja. Naufal Farrasbicara 7 Juli 2022 13.01 (UTC)

Kastil Kastel Puri

Ejaan "kastil" salah menurut KBBI.

Apakah semua kategori harus ganti nama ke "kastel" atau "puri"? Taylor 49 (bicara) 27 Juni 2022 16.52 (UTC)

Izin menjawab. Kedua kata tersebut, sebenarnya, bisa dipakai. Namun kalau dilihat lagi subkategorinya, kebanyakan menggunakan kata "kastel". Jadi lebih baik menggunakan kata "kastel" saja. Dedhert.Jr (bicara) 27 Juni 2022 17.28 (UTC)
Sudah: AABot Taylor 49 (bicara) 28 Juni 2022 15.13 (UTC)
Ada kemajuan drastis:
Taylor 49 (bicara) 29 Juni 2022 16.18 (UTC)
@Taylor 49 Menurut saya, lebih menggunakan kata "kastil" untuk halaman Kastel. Jadi bisa ditulis begini saja:

Kastil atau puri (atau dalam bentuk kata bakunya, kastil) ...

Karena "kastil" juga banyak dipakai orang, menurut saya, maka tinggal beri saja penegasannya "dalam bentuk kata bakunya". Salam, Dedhert.Jr (bicara) 4 Juli 2022 01.37 (UTC)
Saya sudah menambahkan bentuk tidak baku ke halaman: Kastel atau puri (atau bentuk kata tidak baku tetapi sering digunakan: Kastil) adalah jenis bangunan pertahanan. Taylor 49 (bicara) 4 Juli 2022 01.47 (UTC)
@Taylor 49 Saya sudah perbaiki. Jangan pakai kapital sama tanda titik, saya ubah jadi tanda koma dan tanpa huruf kapital. Dedhert.Jr (bicara) 5 Juli 2022 07.07 (UTC)

Year 1 dan Year 6

Pada kalimat "Year 1 and Year 6 of the England education system", apakah sebaiknya diterjemahkan secara harfiah untuk kata "Year 1" dan "Year 6" menjadi "Tahun 1 dan Tahun 6 berdasarkan sistem pendidikan di Inggris"? Mohon maaf bila saya kurang ahli dalam bidang seperti ini. Dedhert.Jr (bicara) 30 Juni 2022 10.33 (UTC)

"Tahun 1 dan Tahun 6" menurut saya baik. dwadieff 30 Juni 2022 10.34 (UTC)
@David Wadie Fisher-Freberg Terima kasih sarannya, tapi saya baru kepikiran apakah bisa menggunakan "tahun pertama" dan "tahun keenam"? Dedhert.Jr (bicara) 30 Juni 2022 11.09 (UTC)

Lebih setuju tahun pertama dan kedua dan ketiga, @Dedhert.Jr:

Azmi1995 (bicara) 30 Juni 2022 17.36 (UTC)

Padanan "hook" untuk DYK

Pada saat saya membaca halaman en:WP:DYK, saya menemukan kata "hook" di halaman tersebut, khususnya ketika sedang membahas sistem pengusulan TA. Berdasarkan Merriam-Webster, "hook" berarti

a device especially in music or writing that catches the attention

Sayangnya, pada kasus ini, saya tidak menemukan padanan yang tepat. Barangkali ada yang dapat membantu. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 1 Juli 2022 10.01 (UTC)

Sepertinya, ciri khas, kekhasan, penarik perhatian, atau yang menarik perhatian bisa jadi padanannya. Menurut Cambridge Dictionary, salah satu arti kata hook adalah sebagai berikut:
  • (dalam lagu) a repeated part of a song or piece of music that is particularly pleasing and easy to remember
  • (dalam pemasaran) something that is used to attract customers' attention, and encourage them to buy a product or service
Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 4 Juli 2022 09.00 (UTC)

Major third

Sejujurnya setelah melakukan penelusuran di Google, saya tidak menemukan padanan dari istilah "major third". Jangankan "major third", apalagi "just major third". Dedhert.Jr (bicara) 5 Juli 2022 07.05 (UTC)

Google cukup buruk. Di halaman Interval_(musik) sudah ada istilah "mayor ketiga" yang rupanya sama sekali salah. Mungkin "ketiga mayor" atau "interval ketiga mayor" https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mayor. Harus menemukan seorang musikus. Taylor 49 (bicara) 5 Juli 2022 16.11 (UTC)
@Taylor 49 Hmm... setelah saya periksa lagi. Ternyata di https://id.eferrit.com/ketiga/ menyebutnya sebagai "Mayor ketiga". Meski ini tiada mengandung bahasa sumber dengan bahasa sasaran, namun pengertiannya sama. Kalau berdasarkan id.efferit: Sama dengan empat setengah langkah ; jarak antara G - B adalah sepertiga besar. Sedangkan menurut https://www.musictheory.net/lessons/31,

A minor interval has one less semitone than a major interval. For example: since C to E is a major third (4 half steps)

Saya rasa bahwa "major third" dapat dipadankan sebagai "mayor ketiga", yang berarti padanan "major third" di halaman Interval (musik) sudah benar. Sekarang masalah lainnya adalah padanan untuk "just major third". Apakah sebaiknya ini diterjemahkan harfiah saja, melalui hukum diterangkan-menerangkan? Dedhert.Jr (bicara) 6 Juli 2022 10.04 (UTC)
@Pengguna:Dedhert.Jr "id.eferrit.com" ternyata sebuah sumber yang sama sekali tidak bagus:
Angle Akut - Ukuran sudut dengan ukuran antara 0 ° dan 90 ° atau dengan kurang dari 90 ° radian.
Cylinder - A Tiga dimensi bentuk dengan lingkaran paralel dan masing-masing ujung dan bergabung dengan permukaan melengkung.
Rupanya semua halaman diterjemahkan dari bahasa Inggris secara literal:
"a tree-dimensional form" -> "A Tiga dimensi bentuk" -- sebaiknya "bentuk berdimensi tiga"
"musictheory.net" mungkin bagus tetapi tidak dalam bahasa Indonesia. Saya mengusulkan istilah "ketiga mayor" sesuai "Hukum D-M", bukan "mayor ketiga", sama dengan "media sosial", bukan "sosial media". Untuk "just major third", halaman Just_intonation harus diterjemahkan dulu.
Malangnya hampir semua teks di internet yang kelihatannya dalam bahasa Indonesia sesungguhnya diterjemahkan dari bahasa Inggris secara otomatis dan literal. :-( Taylor 49 (bicara) 7 Juli 2022 19.20 (UTC)
@Taylor 49 Sayang sekali. Mau tidak mau harus menggunakan padanan berbahasa asing. Tapi kalau bung usulkan menggunakan Hukum D-M, mungkin mau tidak mau "just major third" diterjemahkan saja menjadi "hanya ketiga mayor". Sejujurnya, saya tidak mau menerjemahkan langsung pakai hukum D-M, akan lebih baik diteruskan cari padanannya yang tepat. Dedhert.Jr (bicara) 8 Juli 2022 03.48 (UTC)
Memang ... "just" (adverbia) -> "hanya"
kata "just" dalam istilah "just major third" -> ??? saya tidak tahu ... mungkin bukan "hanya" ... sumber berkualitas tinggi untuk terjemahan istilah "just intonation" harus ditemukan dulu
Taylor 49 (bicara) 9 Juli 2022 19.10 (UTC)

"Piza" vs "Pizza"

Mengusulkan pemindahan Kategori:Pizza ke Kategori:Piza. Alasan: ejaan baku dan halaman Piza. Taylor 49 (bicara) 17 Juli 2022 10.12 (UTC)

  • Setuju Setuju Kata "pizza" merupakan kata asing dari bahasa Inggris, sedangkan tulisan yang baku adalah "piza". Dedhert.Jr (bicara) 18 Juli 2022 06.59 (UTC)
  • sepaket! silakan dipindah @Taylor 49:
    ustad abu gosok (bicara) 18 Juli 2022 15.56 (UTC)
Kategori sudah dipindahkan, dan Templat:Pizza -> Templat:Piza juga, serta diperbaiki. Taylor 49 (bicara) 19 Juli 2022 18.14 (UTC)

Padanan wine-gauger

Ada satu kalimat yang mengandung kata "wine-gauger". Sepertinya saya kesulitan menemukan padanannya. Adakah yang bisa memberikan bantuan terkait hal ini? Dedhert.Jr (bicara) 18 Juli 2022 07.02 (UTC)

bunyi kalimat/paragrafnya seperti apa, yah?
ustad abu gosok (bicara) 18 Juli 2022 15.57 (UTC)
@Ustad abu gosok Nih contohnya, The numerals were used by wine-gaugers in the Bruges area at least until the early eighteenth century. Sejujurnya, konteksnya mengacu pada alat, menurut saya, soalnya karena web di sini. Dedhert.Jr (bicara) 19 Juli 2022 13.04 (UTC)
Komentar dari saya, jika melihat konteks dari pranala tersebut, gauger merujuk kepada orangnya. "...The city employed men to do the measuring, and Leeuwenhoek was appointed in 1679 as wine gauger (wijnroeier)". Mungkin dapat diartikan sebagai "para pengukur anggur" atau hanya "pengukur anggur". Mohon maaf bila tidak berkenan atau ada padanan lain. Henri Ngopi Lur? 19 Juli 2022 13.48 (UTC)
@Henri Aja Aku awalnya juga berpikiran begitu. Namun adakah kata lain untuk "anggur" pada "wine", atau hanya itu saja? Dedhert.Jr (bicara) 19 Juli 2022 15.07 (UTC)
Dalam konteks kalimat wine-gauger diatas, menurut saya, sepertinya belum ada padanan lain dari "wine" selain anggur, karena yang diukur memang minuman anggur dalam tong. Mungkin dapat ditambahkan catatan kaki singkat ({{efn}}), di belakang kata "pengukur anggur", yang menjelaskan tentang seseorang yang melakukan pengukuran volume anggur dalam tong, agar memudahkan pembaca dalam memahami konteks si "pengukur anggur" ini. Demikian pendapat saya, mohon dimaklumi jika ada padanan lain yang lebih sesuai. Henri Ngopi Lur? 19 Juli 2022 15.35 (UTC)
Memang "pengukur anggur" atau "pengukur volume anggur" sesuai. Taylor 49 (bicara) 19 Juli 2022 17.21 (UTC)

Penerjemah lieutenant governor

Ini cuma masalah kecil, cuma saya ingin bertanya. Bukankah lebih tepat lieutenant governor diartikan sebagai "letnan gubernur" daripada "gubernur letnan" seperti yang terlihat di halaman Gubernur jenderal.

Rasionalisasinya berasal dari "gubenur jenderal" itu dipahamkan sebagai gubernur keseluruhan (wilayah), sedangkan letnan adalah pangkat penanda bahwa pemegang ialah wakil/naib/deputi dari pemegang di atasnya. Maka dari itu, kalau diartikan "gubenur letnan" akan dipahami sebagai gubernur para letnan bukan wakil dari gubernur jenderal. Penggunaan lieutenant governor, juga didasari dengan keberadaan gubernur jenderal di India, yaitu atasan Thomas Raffles. FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  22 Juli 2022 11.39 (UTC)

setuju, pak @Firman.Nst:!
ustad abu gosok (bicara) 29 Juli 2022 02.15 (UTC)

Setuju per @Ustad abu gosok: – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 29 Juli 2022 02.28 (UTC)

Setuju Setuju Letnan Gubernur merupakan terjemahan yang tepat untuk lieutenant governor Urang Depok (Silakan Bertamu) 29 Juli 2022 02.53 (UTC)

@Firman.Nst, @Ustad abu gosok, @Aris riyanto, @Urang Depok, saya Menolak Menolak dengan kata "lieutenant governor" diartikan sebagai "gubernur letnan". Menurut kamus Inggris-Indonesia oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, lieutenant governor diartikan sebagai "wakil gubernur". Dedhert.Jr (bicara) 15 Agustus 2022 03.49 (UTC)
Menolak Menolak. Setuju dengan Bung Dedhert.Jr, karena "lieutenant governor" diartikan sebagai "a deputy or subordinate governor" atau "Wakil Gubernur". Henri ngopi lur? 15 Agustus 2022 04.15 (UTC)

Dedhert.Jr hm.... Bisa tuh artinya wakil gubernur kalau kita melihat [20] maka mungkin itu terjemahan yang tepat Urang Depok 🏠 15 Agustus 2022 04.21 (UTC)

Di Wikipedia:Panduan_dalam_menerjemahkan_artikel#Pemerintahan sudah ada dijelaskan kalau Lieutenant Governor = Wakil Gubernur, bukan "letnan gubernur". GuerraSucia 15 Agustus 2022 07.58 (UTC)
Kalau begitu saya sepakat Lieutenant governor adalah wakil gubernur Urang Depok 🏠 15 Agustus 2022 12.15 (UTC)

Fonetis vs Fonetik

Halaman Alfabet Fonetis Internasional dipindahkah ke Alfabet Fonetik Internasional tanpa mencantumkan alasan (atau mungkin ada namun saya tidak tahu). Jika melihat istilahnya dalam bahasa Inggris, "Phonetic" merupakan adjektiva dan berfungsi sebagai pewatas dari "Alphabet". Entri untuk "fonetis" tidak tercantum dalam Kamus Linguistik Kridalaksana yang saya punya, namun definisi "fonetis" di KBBI ini cukup sepadan dengan definisi phonetic dalam bahasa Inggris: sesama adjektiva dan definisinya serupa. Sementara definisi "fonetik" di KBBI sepertinya lebih cocok sebagai padanan untuk phonetics. Salam. Mbee-wiki (bicara) 30 Juli 2022 05.30 (UTC)

Setuju untuk fonetis. Lebih dekat dengan bahasa Belandanya fonetisch. Banyak kata sifat serapan di bahasa Indonesia yang berakhiran -is itu dari bahasa Belanda -isch. RXerself (bicara) 4 Agustus 2022 13.39 (UTC)

Esa=Satu? (KBBI vs Bhagavant.com)

Begini, kasus ini sebetulnya sempat saya majukan pada Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Piagam Jakarta, tapi saya tergelitik lagi untuk membahasnya ketika bung SV rupa-rupanya membuat dan menerjemahkan artikel en:Oneness Pentecostalism menjadi Pentakosta Keesaan. Nah, yang saya persoalkan apakah tepat "Oneness" bisa diterjemahkan jadi "Keesaan" ? Pasalnya saya jadi ingat dengan pernyataan dari website Bhagavant.com berikut ini:

Mayoritas masyarakat Indonesia percaya bahwa kata “esa” dalam kalimat “Ketuhanan Yang Maha Esa” berarti “satu” (mengacu pada bilangan). Jika mengacu pada KBBI, “esa” memang berarti satu, tunggal. Tapi harus diakui bahwa kata “esa” juga kata “maha” diambil dari bahasa Sanskerta, yang kemudian diadopsi oleh KBBI.

Kata “maha” dalam KBBI berarti 1. sangat; amat; teramat; 2. besar. Namun dalam bahasa Sanskerta ataupun bahasa Pali (satu keluarga dengan bahasa Sanskerta), kata “maha” juga berarti “agung”.

Kata “esa” itu sendiri dalam bahasa Sanskerta maupun bahasa Pali bukan berarti “satu” atau “tunggal”, tapi berasal dari kata “etad” yang berarti “ini” (Inggris: this), sebuah kata tunjuk, terutama yang menunjuk pada apa yang paling dekat dengan si pembicara (Sanskrit-English Dictionary, oleh M. Monier William dan Pali-English Dictionary, TW Rhys Davids, William Stede, ). Kata dalam bahasa Sanskerta yang berarti “tunggal” atau “satu” adalah kata “eka”.

Berikut contoh penerapan kata “esa” yang berarti “ini” dalam bahasa Sanskerta: esa mama sakhi (Skt: एषा मम सखी; baca: esha mam sakhee). Artinya: Ini teman saya.

Penerapan kata “esa” dalam bahasa Pali: “Tasmātihānanda, eseva hetu etaṃ nidānaṃ esa samudayo esa paccayo jarāmaraṇassa, yadidaṃ jāti” (Oleh karena itu Ānanda, ini adalah akar, ini adalah penyebab, asal-mula, kondisi bagi penuaan-dan-kematian—yaitu kelahiran) – Mahānidāna Sutta (Dīgha Nikāya 15. Tipitaka Pali).

Tidak diketahui sejak kapan kata “esa” yang bermakna “ini” menjadi berarti “satu” dalam bahasa Indonesia. Dan pada akhirnya, mengartikan kata “esa” sebagai “satu” yang mengacu pada bilangan, akan menimbulkan kontradiksi.

Ada kemungkinan kata yang dimaksud bukan kata “esa” tetapi sebenarnya adalah kata “eesha” (Skt: ईशा ;baca: isha) dari kata “eesh” (Skt: ईश ;baca: ish) yang terdengar hampir sama dengan kata “esa”. Kata “eesha” sendiri bisa berarti berkuasa, unggul, atau kuat, yang semuanya merupakan kata sifat.

Dari sudut pandang filsafat atau ajaran agama yang meyakini adanya sesuatu yang tidak bisa dilihat dan tidak berbentuk, tindakan memberikan atribut “esa” yang diartikan sebagai “satu” dalam pengertian bilangan, tentu merupakan suatu kesalahan tersendiri. Jika sesuatu dapat dihitung jumlahnya maka sesuatu tersebut berarti dapat dilihat dan ini menyalahi ajaran tersebut.

Secara filsafat keagamaan tersebut di atas jelas kata “esa” tidak mengacu pada arti “satu” dalam hal jumlah (bilangan).

Jika mengacu pada arti dalam KBBI maka “maha esa” berarti “sangat/teramat satu/tunggal” atau “sungguh-sungguh/hanya ada satu/tunggal”.

Berbeda jika kata “esa” yang dimaksud adalah kata “eesha” sehingga jika dipasangkan dengan kata “maha” menjadi maha berkuasa (sangat berkuat), maha unggul (sangat unggul), maha kuat (sangat kuat).

Dan jelas dalam bahasa Sanskerta tentu saja “maha esa” bukan berarti “sangat/teramat/sungguh-sungguh/hanya satu”, tetapi menunjuk pada keberadaan apa adanya.

Lalu juga ada ulasan dari Kaskus:

Nah masih banyak yang gagal paham soal pancasila terlebih sila pertama yg berbunyi, "Ketuhanan yang maha esa". Seharusnya, pahami dahulu bagaimana perumusan pancasila ini. Sejarah awalnya bagaimana, dan konteks ketuhanan yg dimaksud itu apa. Lalu arti ESA dalam kalimat tersebut itu maksudnya apa.

Singkatnya, esa dalam pancasila sila pertama bukan lah merujuk pada definisi bilangan yang berarti 1. Melainkan Esa adalah sifat tuhan dengan segala Maha nya. Esa berasal dari bahasa sansekerta yaitu estad atau isa yang berarti mutlak dan maha kuasa yg menunjukkan sifat bukan jumlah / bilangan, nah kalau jumlah itu ika atau eka seperti pada bhinneka tunggal ika yang artinya satu atau tunggal. Definisi Esa sebagai bilangan 1 ini adalah kbbi terbitan pemerintahan Orde Baru.

Padahal, definisi kata Esa dalam pancasila mengambil dari bahasa sansekerta bukan dari kbbi. Jika yang dimaksud tuhan dengan bilangan maksudnya 1 tuhan, maka seharusnya yang dipakai adalah Eka bukannya Esa.

— Kaskus

Nah, yang jadi pertanyaannya, apakah perlu judul Pentakosta Keesaan perlu diubah misalnya jadi "Pentakosta Kesatuan" atau "Pentakosta Manunggal" --Glorious Engine (bicara) 9 Agustus 2022 05.29 (UTC)

Keberatan Keberatan Saya kurang setuju dengan usulan bung karena saya beranggapan begini. Keesaan sekarang ini telah diartikan secara resmi oleh KBBI sebagai "sifat yang satu". Meskipun, pemahaman "Esa" dahulu berbeda dengan sekarang, kita tidak bisa mengubah apa yang sudah dipahami oleh tidak hanya khalayak ramai, tetapi juga oleh lembaga resmi bahasa seenak hati. Karena demikian, saya merasa lebih baik mempertahankan penerjemahan Oneness ke "Keesaan", sebab akan sesuai dengan pemahaman khalayak dan lembaga resmi. FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  9 Agustus 2022 05.47 (UTC)
Tidak setuju Tidak setuju saya sependapat dengan Firman.Nst bahwa kata Oneness artinya keesaan sedangkan Unity berarti kesatuan jadi judulnya tidak perlu diganti Urang Depok 🏠 9 Agustus 2022 07.36 (UTC)
Tidak setuju Tidak setuju "kesatuan" dan "keesaan" memiliki makna yang berbeda. Walaupun kata "esa" yang ada di KBBI sudah bergeser makna asal-nya menjadi kata "1" (satu), dan bukan sesuai makna asli dalam bahasa Sansekerta, toh masalahnya di mana? Bukannya bahasa itu fleksibel ya? Beberapa kali KBBI direvisi pun karena ada beberapa makna yang bergeser, kan? – komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 9 Agustus 2022 10.50 (UTC)

Lha, kalo KBBI "hanya mengikuti pergeseran makna", maka ini apa: Ternyata Masih Banyak yang Salah Mengartikan Kata-Kata Ini, Gan!. Ada istilah "canggih" yang tetap diartikan dalam KBBI sebagai "rumit" (karena jaman dulu komputer "canggih" itu rumit) tapi tidak diganti "modern" dalam pengartian saat ini, ada juga kata "acuh" yang tetap diartikan dalam KBBI sebagai "peduli" tapi tidak diganti jadi "tidak peduli" (antonimnya malah) dalam pengartian saat ini, dan masih banyak lagi --Glorious Engine (bicara) 9 Agustus 2022 11.11 (UTC)

Memang ada kata-kata yang belum diganti karena kemungkinan belum diperhatikan sama redaksi. Kalau masalah seperti itu mending kita coba usulkan perubahan lewat KBBI daring. Kita keberatan karena sudah lama "keesaan" dipahami sebagai sifat Tuhan yang bermakna satu, kalau kita lihat dari tulisan-tulisan perihal akidah (teologi Islam) juga memaknai "esa" sebagai satu, seperti contohnya di "Aqidatul-Awam" terjemahan bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh NU menerjemahkan "Wahdaniat"/"Wahid" menjadi "esa/satu". Maka alasan kami keberatan dengan perubahan penerjemahan bisa dirangkum:
1. Esa sudah lama dipahami sebagai "satu"
2. Pemahaman ahli akidah agama
3. Pemahaman khalayak ramai
4. Pengukuhan tersebut oleh KBBI

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  9 Agustus 2022 12.35 (UTC)

Betul kata bung @Firman.Nst:, jika ada kata-kata yang ada di KBBI yang tidak sesuai dengan penggunaan "umum" silakan usulkan perubahan, toh bahasa itu fleksibel. Yang pasti, jangan mengumumkan via Wikipedia, karena Wikipedia bukan tempat untuk mempopulerkan suatu istilah. Kalau kita kembali ke topik "esa", kata yang anda usulkan (1) tidak umum (2) tidak sesuai kaidah KBBI. Maka usul saya, (1) bisa populerkan via media lain, misal Kaskus yang anda kutip, (2) usulkan via KBBI perubahan makna dari kata "esa". Jika kedua hal tersebut terpenuhi, maka Wikipedia bisa mengikuti kaidah yang umum dan baku. Kalau saya boleh mengutip, saya setuju dengan statement bung Firman:

– komentar tanpa tanda tangan oleh aris riyanto (bk). 9 Agustus 2022 22.32 (UTC)

Grenadier Guards dan sebagainya

Saya bingung mana yang lebih tepat untuk penerjemahan "Grenadier Guards", "Pengawal Penggranat" atau "Penggranat Pengawal". Saya ada kawan yang mengatakan "guards" itu bisa dimaknai sebagai "pasukan", tetapi kenyataannya Grenadier Guards itu berasal dari gabungan pasukan pengawal, sehingga disebut "pengawal". Istilah "penggranat" dari peng- (orang) dan granat, karena itu memang terjemahan langsung untuk istilah "grenadier", kalau memang sudah ada padanannya mohon diberitahukan. Kembali kepada masalah pokok, saya ragu menerjemahkannya ke "Pengawal Penggranat" karena bisa disalahpahami sebagai pengawalnya penggranat, karena "pengawal presiden" dipahami sebagai pengawalnya presiden.

FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  9 Agustus 2022 12.49 (UTC)

"Guards" itu kata jamak dari "Guardian" yang berarti penjaga sedangkan "grenadiers" artinya granat maka kalau kita rangkai menjadi penjaga granat. Bagaimana menurutmu bung? Urang Depok 🏠 9 Agustus 2022 13.01 (UTC)

Grenadier itu bukan berarti "granat", bung. Grenadier itu berarti pasukan yang menggunakan granat, karna itu kuterjemahkan menjadi penggranat sebab setahu saya enggak ada padanannya dalam bahasa Indonesia. FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  10 Agustus 2022 03.39 (UTC)

@Firman.Nst: bagaimana kalau kita menerjemahkan "grenadiers guards" menjadi pasukan pengawal atau penjaga istana? Karena saya lihat di Google mereka itu pasukan penjaga istana Kerajaan Inggris Urang Depok 🏠 15 Agustus 2022 04.09 (UTC)

@Urang Depok: Namun, ada pasukan lain yang juga disebut pengawal/penjaga istana dalam tentara Britania Raya FirmanNstLogo.jpg Firman.Nst  ✉  16 Agustus 2022 02.25 (UTC)

Padanan yellow-back

A yellow-back or yellowback is a cheap novel which was published in Britain in the second half of the 19th century. Setelah saya membaca ini, saya memikirkan padanan bahasa Indonesia untuk kata "yellowback". Namun sayangnya, saya tidak dapat menemukan padanan di mesin penelusur. Dedhert.Jr (bicara) 15 Agustus 2022 03.44 (UTC)

Padanan numeral

Saya mulai mempertanyakan tentang padanan kata "numeral". Biasanya numeral system dipadankan sebagai "sistem bilangan", tetapi untuk numeral yang terdapat asal-usul daerah (katakan Sundanese numerals = angka Sunda). Pertanyaan saya, apakah untuk kasus ini juga dipadankan sebagai "bilangan Sunda"? Atau contoh lain, "Cistertian numerals" sebagai "bilangan Sistersien"? Dedhert.Jr (bicara) 16 Agustus 2022 10.08 (UTC)

Setuju untuk menggunakan "bilangan..." sebagai terjemahan "numerals". JohnThorne (Bicara) 17 Agustus 2022 01.55 (UTC)

Berita


Lain-lain

Ikuti perbincangan mengenai Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia bersama Maryana Iskander

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Salam,

Tim Komunikasi Komunitas dan Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang Anda untuk membincangkan Rencana Tahunan Yayasan Wikimedia 2022-23, yaitu rencana penyelenggaraan kerja Yayasan Wikimedia untuk masa kerja satu tahun ke depannya.

Perbincangan ini merupakan lanjutan dari "tur mendengar" Direktur Eksekutif Maryana Iskander.

Perbincangan ini akan membahas pertanyaan berikut ini:

  • Strategi Gerakan Wikimedia 2030 memandatkan "pengetahuan sebagai sebuah layanan" dan "keadilan pengetahuan" sebagai suatu arah. Yayasan Wikimedia merencanakan kerjanya untuk mencapai kedua arah tujuan ini. Menurut Anda, bagaimana Yayasan Wikimedia dapat menerapkan kedua arah ini dalam pekerjaannya?
  • Yayasan Wikimedia sedang terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya di tingkat wilayah. Kami telah mempertajam fokus di bidang tertentu seperti hibah, fitur baru, dan perbincangan komunitas. Apa yang sudah bekerja dengan baik? Apa yang dapat diperbaiki?
  • Semua orang dapat berkontribusi dalam proses Strategi Gerakan. Mari kumpulkan kegiatan, gagasan, permintaan, dan hal yang dapat dipelajari. Bagaimana Yayasan Wikimedia dapat mendukung para sukarelawan dan organisasi mitra lokal dengan lebih baik dalam aktivitas terkait Strategi Gerakan?

Jadwal perbincangan terlampir di Meta-wiki.

Bahan perbincangan akan tersedia dalam beberapa bahasa. Setiap sesi perbincangan terbuka untuk umum. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam beberapa sesi.

Salam hangat,

RamzyM (WMF) 14 April 2022 15.55 (UTC)

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan - Edisi 6

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 6, April 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi keenam Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan! Nawala ini mengabarkan acara dan pembaruan terbaru mengenai Piagam Gerakan, Kode Etik Universal, Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas WMF, dan topik MSG yang relevan lainnya.

Nawala ini akan terbit empat bulan sekali, sementara Berita Mingguan juga akan diterbitkan setiap pekan. Harap berlangganan di sini jika Anda berminat untuk mendapatkan kabar terbaru.

  • Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan - Pendaftaran untuk menjadi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan telah ditutup pada 10 April 2022. 12 orang anggota komunitas akan dipilih untuk berpartisipasi dalam kelompok kerja ini. (lanjutkan membaca)
  • Hasil ratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal - Pemungutan suara global tentang Pedoman Penegakan UCoC diadakan dari tanggal 7 hingga 21 Maret 2022 melalui SecurePoll. Lebih dari 2.300 pemilih yang memenuhi syarat dari setidaknya 128 proyek Wikimedia yang berbeda menyampaikan pendapat dan komentar mereka. (lanjutkan membaca)
  • Diskusi mengenai Hub - Percakapan Global tentang Hub wilayah dan tematik diadakan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022, dihadiri oleh 84 orang Wikimedian. (lanjutkan membaca)
  • Hibah Strategi Gerakan masih dibuka - Sejak awal tahun ini, enam proposal dengan nilai total sekitar $80.000 USD telah disetujui. Apakah Anda memiliki ide proyek untuk melaksanakan Strategi Gerakan? Hubungi kami! (lanjutkan membaca)
  • Komite Perumus Piagam Gerakan - Komite yang beranggotakan lima belas orang yang dipilih pada Oktober 2021 ini telah menyepakati nilai-nilai dan metode-metode penting untuk proses kerjanya, dan telah mulai membuat garis besar rancangan Piagam Gerakan. (lanjutkan membaca)
  • Memperkenalkan Berita Mingguan Strategi - Mari berkontribusi dan berlangganan! - Tim MSG baru saja meluncurkan format berita yang terhubung ke berbagai halaman Strategi Gerakan di Meta-wiki. Mari berlangganan mendapatkan berita terbaru tentang berbagai proyek yang sedang berlangsung. (lanjutkan membaca)
  • Blog Diff - Lihat publikasi terbaru tentang Strategi Gerakan di blog Diff. (lanjutkan membaca)

RamzyM (WMF) 16 April 2022 06.44 (UTC)

Habis Gelap Terbitlah Terang

HGTT.png

https://w.wiki/54Dp ꦱꦭꦩ꧀Bennylin obrol 16 April 2022 16.31 (WIB)

Kabar terkini Pembaruan Desktop

Salam. Saya ingin memberi kabar mengenai proyek Pembaruan Desktop yang sedang dikerjakan oleh tim Web Wikimedia Foundation dalam beberapa tahun terakhir. Pekerjaan kami hampir selesai! 🎉

Tujuan proyek ini adalah untuk membuat antarmuka lebih ramah dan nyaman untuk para pembaca dan berguna untuk pengguna tingkat lanjut. Proyek ini terdiri dari serangkaian pembaruan fitur yang diharapkan dapat membantu dalam membaca dan mempelajari konten, berpindah dari satu situs ke situs lainnya, mencari konten, mengubah bahasa, membuka tab-tab dalam artikel, menggunakan menu pengguna, dan lain-lain.

Fitur terbaru
  • Daftar isi - versi terbaru yang kami buat akan memudahkan Anda dalam mencari dan memahami konteks dari suatu halaman tanpa perlu menggulir tetikus Anda. Ini akan diuji pada wiki percontohan kami minggu ini.
  • Perkakas - tidak seperti sebelumnya, sekarang terdapat dua jenis pranala yang terdapat di bilah sisi. Akan ada perkakas yang berbeda untuk halaman individual (seperti Perubahan terkait) maupun wiki secara menyeluruh (seperti Perubahan terbaru). Kami akan memisahkan kedua perkakas tersebut ke dalam dua menu yang intuitif.
Cara mengaktifkan pembaruan ini
  • Pengguna dapat mengaktifkannya untuk semua wiki dengan menggunakan preferensi global.
  • Di wiki tempat perubahannya terlihat secara baku bagi semua orang, pengguna yang masuk log dapat mematikan perubahan ini dan menggunakan Legacy Vector. Terdapat pranala yang mudah diakses di bilah sisi Vector yang baru.
Pembaruan ini menjadi standar tampilan terbaru

Pembaruan ini sudah menjadi standar bagi pembaca dan kontributor di lebih dari 30 wiki, termasuk di antaranya adalah Wikipedia bahasa Prancis, Portugis, dan Farsi.

Pembaruan tersebut hanya mempengaruhi pengguna atau pembaca yang menggunakan kulit Vector. Pengguna yang menggunakan kulit Monobook atau Timeless tidak akan melihat pembaruan-pembaruan ini.

Pelajari lebih lanjut dan ikuti acara-acara kami

Jika Anda ingin mengetahui perkembangan terbaru mengenai proyek ini, Anda dapat berlangganan nawala kami.

Silakan membaca halaman proyek ini, lihat pertanyaan umum, beri saran di halaman pembicaraannya, dan ikuti pertemuan daring dengan kami.

Terima kasih. SGrabarczuk (WMF) (bicara) 25 April 2022 02.08 (UTC)

Langkah selanjuntya mengenai Kode Etik Universal dan Pedoman Penegakannya

Komite Urusan Komunitas Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya bagi semua orang yang telah berpartisipasi dalam pemungutan suara global mengenai Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC).

Sukarelawan pengawas telah menyelesaikan peninjauan atas hasil pemungutan suara dan melaporkan total suara yang masuk sebanyak 2,283 suara. Dari jumlah tersebut, total 1,338 (58.6%) anggota komunitas mendukung pengesahan Pedoman Penegakan, dan 945 (41.4%) menolak. Selain itu, 658 pemilih memberikan komentarnya, dengan 77% dari komentar yang masuk ditulis dalam bahasa Inggris.

Kami menyadari dan menghargai semangat dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh anggota komunitas dalam menciptakan budaya yang aman dan ramah yang menghentikan perilaku yang bermusuhan dan beracun, mendukung orang-orang yang menjadi sasaran perilaku tersebut, dan mendorong orang-orang yang beritikad baik untuk berkontribusi secara produktif dalam proyek-proyek Wikimedia.

Bahkan dalam tahap ini, hal tersebut dapat dilihat dari komentar-komentar yang masuk. Pedoman Penegakan mencapai ambang batas dukungan yang diperlukan untuk ditinjau oleh Dewan Pengawas. Namun begitu, kami mendorong semua pemilih, terlepas dari apa yang mereka pilih, untuk memberikan masukan tentang elemen pedoman penegakan yang mereka rasa perlu diubah atau diperbaiki, beserta alasannya, jika pada akhirnya nanti diperlukan suatu periode revisi yang lebih lanjut untuk mengatasi hal-hal yang menjadi perhatian khusus dari komunitas.

Staf WMF yang bertugas meninjau komentar telah memberi tahu kami tentang beberapa tema yang muncul dari komentar yang masuk. Oleh karena itu, kami sebagai Komite Urusan Komunitas telah memutuskan untuk meminta WMF agar membentuk kembali suatu Komite Perumus dan mengadakan satu periode permohonan pendapat dari komunitas lagi menyempurnakan Pedoman Penegakan berdasarkan masukan yang diterima dari pemungutan suara yang baru saja selesai.

Untuk kejelasan, masukan-masukan ini telah dikelompokkan menjadi 4 bagian sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah oleh mereka yang bukan ahli;
  3. Menggali lebih dalam mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya;
  4. Untuk meninjau peran yang bertentangan mengenai privasi/perlindungan korban dan hak untuk didengar.

Isu-isu lain mungkin muncul selama percakapan berlangsung, dan khususnya ketika rancangan Pedoman Penegakan berkembang, tetapi kami melihat empat hal di atas sebagai isu-isu yang menjadi perhatian utama bagi para pemilih dan meminta staf untuk memfasilitasi peninjauan terhadap isu-isu ini. Setelah itu, WMF harus menjalankan kembali pemungutan suara komunitas untuk mengevaluasi Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk melihat apakah dokumen baru tersebut kemudian sudah siap untuk ratifikasi secara resmi.

Selanjutnya, kami menyadari kekhawatiran dengan catatan 3.1 dalam naskah kebijakan Kode Etik Universal. Kami mengarahkan WMF untuk memfasilitasi peninjauan atas bahasa yang digunakan pada bagian ini untuk memastikan bahwa naskah kebijakan UCoC akan memenuhi tujuan yang dimaksudkan untuk mendukung suatu komunitas yang aman dan inklusif, tanpa menunggu tinjauan menyeluruh atas UCoC pada akhir tahun.

Sekali lagi, kami berterima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam memikirkan dan memecahkan tantangan yang kritis dan sulit ini, serta berkontribusi untuk menciptakan pendekatan yang lebih baik demi terwujudnya kerja sama yang baik dalam gerakan Wikimedia.

Teriring salam,

Rosie

Rosie Stephenson-Goodknight (she/her)
Pelaksana Tugas Ketua, Komite Urusan Komunitas
Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 02.39 (UTC)

Pendaftaran calon untuk pemilihan anggota Dewan Pengawas 2022 telah dibuka

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia membuka pendaftaran calon anggota untuk pemilihan tahun 2022. Baca pengumuman selengkapnya di Meta-wiki.

Pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai! Anda diundang untuk mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Pengawas selanjutnya.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya Yayasan Wikimedia. Para anggota Dewan dipilih dari unsur komunitas dan mitra lokal serta unsur yang diangkat oleh Dewan sendiri. Setiap anggota bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun. Komunitas Wikimedia berhak untuk memilih para anggota Dewan dari unsur komunitas dan mitra lokal.

Komunitas Wikimedia akan memberikan suara untuk mengisi dua kursi di Dewan pada tahun 2022. Pemungutan suara ini adalah kesempatan untuk meningkatkan keterwakilan, keragaman, dan keahlian para anggota Dewan secara kolektif.

Siapa sajakan calon yang berpotensi? Apakah Anda salah satunya? Cari tahu lebih lanjut di halaman Pendaftaran Calon.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih.

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 25 April 2022 15.47 (UTC)

Improving moderation tools on mobile web - share your opinions!

Sorry for writing this message in English - please feel free to help by translating it below.

The Moderator Tools team at the Wikimedia Foundation is working on improvements to the mobile web interface. In particular, we are exploring improvements to tools for content moderators, including patrollers and administrators.

If you edit from a mobile device, or would like to do so more, we want to hear from you so that we can prioritise work on the features which you need most!

Please share your opinions on our project page on MediaWiki. Samwalton9 (WMF) (bicara) 26 April 2022 10.20 (UTC)

Panggilan sukarelawan: pemilihan anggota Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan mengundang anggota komunitas Wikimedia untuk menjadi sukarelawan pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia yang akan datang.

Gagasan mengenai program Sukarelawan Pemilihan diterapkan pada pemilihan Dewan Pengawas 2021. Ternyata, program ini cukup sukses; dengan bantuan para sukarelawan, kami dapat meningkatkan jangkauan dan partisipasi dalam pemilihan dengan tambahan sekitar 1.753 pemilih lebih banyak dibanding pemilihan tahun 2017. Total pemilih adalah sekitar 10.13% (peningkatan sebesar 1.1%) dan 214 proyek Wikimedia berbeda terwakili dalam pemilihan tersebut.

Pada pemilihan tahun 2017, tidak ada pemilih dari sekitar 74 proyek wiki. Pada pemilihan tahun 2021, proyek-proyek ini tercatat sudah memiliki pemilih. Apakah Anda ingin ikut serta melakukan perubahan seperti ini?

Para sukarelawan akan membantu dalam:

  • Menerjemahkan pesan-pesan pendek dan mengumumkan proses pemilihan yang sedang berjalan pada saluran percakapn komunitas
  • Pilihan: mengawasi saluran komunitas untuk menjaring komentar dan pertanyaan

Para sukarelawan mesti:

  • Mematuhi kebijakan ruang ramah selama perbincangan dan acara pemilihan
  • Mempresentasikan panduan dan informasi pemilihan kepada komunitas senetral mungkin

Apakah Anda ingin menjadi sukarelawan dan memastikan komunitas Anda terwakili dalam pemilihan tahun ini? Daftarkan diri Anda di sini untuk menerima pembaharuan. Anda dapat meninggalkan pesan atau pertanyaan mengenai penerjemahan di halaman pembicaraan.

Teriring salam,

RamzyM (WMF) 5 Mei 2022 10.17 (UTC)

Pengumuman hasil seleksi anggota Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan

Rekan-rekan Wikimedian yang baik,

Menyambung kabar yang saya sampaikan sebelumnya mengenai Kelompok Kerja Pembinaan Kepemimpinan: the tim Pengembangan Komunitas telah menyelesaikan proses seleksi bagi para calon yang mendaftar. Denagn senang hati, kami mengumumkan lima belas orang sukarelawan yang akan menjadi anggota dan memulai pekerjaan pada kelompok kerja ini.

Atas kerja sama dan dukungan yang Anda berikan selama proses ini, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Atas nama tim Pengembangan Komunitas,

RamzyM (WMF) 12 Mei 2022 16.29 (UTC)

Kabar terbaru mengenai proses perumusan Pedoman Penegakan Kode Etik Universal

Para Wikimedian yang baik,

Bersama pesan ini, saya ingin membagikan kabar terbaru mengenai proses perumusan Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC):

Anda dapat menghubungi saya langsung bila Anda punya pertanyaan mengenai proses ini.

Atas nama tim proyek UCoC,
RamzyM (WMF) 30 Mei 2022 12.57 (UTC)

Pembuatan halaman game Terraria

Pindahan dari Pembicaraan:Terraria. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin dialog 1 Juli 2022 21.36 (WIB)

Di sini apakah ada yang bermain Terraria? saya bukan pemainnya, namun saya tergerak untuk membuat halaman ini karena ada pranala dari Minecraft. Mari bantu saya membuat halaman ini. --Saipul Al-Boghori (bicara) 25 Mei 2022 01.53 (UTC)

Pendaftaran calon anggota Dewan Pengawas 2022

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Pendaftaran calon anggota Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah ditutup. Ada 12 (dua belas) orang anggota komunitas yang telah mendaftarkan diri. Pelajari lebih lanjut tentang para calon di sini.

Sekarang, Komite Analisis akan meninjau pernyataan para calon dengan membandingkannya pada matriks keterampilan dan kriteria tertentu untuk meningkatkan kapasitas Dewan, sebagaimana yang ditetapkan oleh Dewan Pengawas. Setelah Komite Analisis menyelesaikan tinjauan mereka, peringkat masing-masing calon akan dipublikasikan untuk tujuan memberikan informasi kepada pemilih.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemilihan Dewan Pengawas 2022, Anda dapat menemukan garis waktu, informasi pemungutan suara, dan cara-cara lain untuk terlibat di Meta-wiki.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih,

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 1 Juni 2022 03.57 (UTC)

Tim Peningkatan Desktop mengundang Anda untuk berdiskusi!

Rekan-rekan kontributor Wikipedia bahasa Indonesia,

Mungkin Anda menyadari bahwa tampilan dari situs Wikipedia bahasa Indonesia sudah mengalami perubahan yang signifikan, tetapi bukan berarti perubahan itu berhenti sampai di sini. Tim Peningkatan Desktop, yaitu mereka yang bertanggung jawab dalam perubahan tampilan di beberapa situs wiki (salah satunya adalah Wikipedia bahasa Indonesia), meminta kesediaan Anda untuk menghadiri pertemuan secara daring yang akan diadakan pada 13 Juni 2022 pukul 12:00 UTC (19:00 WIB, 20:00 WITA, dan 21:00 WIT) atau 19:00 UTC (14 Juni 2022 pukul 02:00 WIB, 03:00 WITA, dan 04:00 WIT).

Catatan: pertemuan ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Silakan kunjungi halaman ini untuk informasi lebih lanjut. Kami harapkan kehadiran dan masukan dari Anda yang akan membantu perkembangan proyek ini. Salam. BAPerdana-WMF (bicara) 12 Juni 2022 16.03 (UTC)

Looking for some volunteers

Hi, I'm Aafi, the founder of Deoband Community Wikimedia, a recognised affiliate user group. The group aims to improve Wikipedia and its sister projects with information related to Deobandi scholarship and movement at a global level. I've been directed to this venue by Wikimedia Indonesia through Instagram. If any one feels to help in this, please connect with me. My home-wiki is English. Thanks. TheAafi (bicara) 17 Juni 2022 09.27 (UTC)

Undangan diskusi mengenai pembaruan di halaman Istimewa:Pencarian

Halo, rekan-rekan kontributor proyek Wikimedia!

Perkenalkan, kami dari tim Data Terstruktur Lintas Wikimedia. Saat ini kami sedang mencoba untuk melakukan pembaruan terhadap sistem pencarian yang ada di situs web Wikimedia agar memudahkan pengguna dalam memperoleh hasil pencarian secara akurat. Maka dari itu, mewujudkan inisiatif tersebut dengan membuat proyek yang diberi nama “Pencarian yang disempurnakan”. Namun, kami tidak bisa berjalan sendiri dan sangat membutuhkan masukan dari Anda.

Apa yang ingin kami lakukan?

Kami berencana untuk memperbarui tampilan dan bagaimana cara pengguna mencari informasi di halaman Istimewa:Pencarian. Tujuan kami adalah memudahkan dan memberikan hasil pencarian secara lebih akurat kepada pengguna, serta mempromosikan situs kerabat Wikimedia lainnya yang tentunya berhubungan dengan hasil pencarian.

Secara lebih rinci, berikut adalah hal-hal yang ingin kami lakukan:

Anda juga dapat mengunjungi halaman proyek pencarian yang disempurnakan di Mediawiki.org untuk informasi lebih lanjut.

Apa yang ingin kami ketahui dari Anda?

Kami ingin meminta pendapat Anda perihal perubahan yang akan kami lakukan, karena kami percaya bahwa pendapat yang Anda berikan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan proyek ini

Secara spesifik, kami ingin mengetahui hal berikut:

  • Bagaimana pendapat Anda mengenai cara kerja yang kami sebutkan di atas?
  • Apakah perubahan tersebut akan memengaruhi Anda dalam berkontribusi? Jika iya, apa alasannya?
  • Apakah jendela informasi singkat yang diberikan membantu Anda? Jika iya, bagaimana Anda menggunakannya?
Bagaimana caranya untuk memberikan umpan balik (masukan)?

Anda dapat membalas pesan ini (mohon kerjasamanya untuk menyebut (ping) Pengguna:BAPerdana-WMF agar mendapat balasan secepat mungkin) atau melalui halaman diskusi di Mediawiki.org. Kami berencana untuk membuka sesi umpan balik selama tiga minggu ke depan, yaitu mulai hari ini hingga tanggal 10 Juli 2022.

Selain itu, kami juga berencana untuk melakukan diskusi secara langsung pada 28 Juni pukul 15:00 UTC atau 22.00 WIB (pranala diskusi) di mana Anda bisa mengajukan pertanyaan secara langsung mengenai proyek ini. Diskusi akan berlangsung menggunakan bahasa Inggris, tetapi Anda dapat memberikan masukan dan pertanyaan dalam bahasa Indonesia.

Kami tunggu kabar dari Anda! Salam. -- BAPerdana-WMF (bicara) 24 Juni 2022 16.11 (UTC)

Universitas STEKOM Semarang

Saya cukup penasaran, mengapa ya Universitas STEKOM Semarang ini nampaknya mengcopy artikel-artikel dari Wikipedia Bahasa Indonesia? Setiap kita mengetikkan pencarian yang muncul di google, juga muncul seperti salinan artikel Wikipedia dari situs Universitas STEKOM tersebut. Apakah badan ini melakukan kerja sama? Terima kasih Cun Cun (bicara) 27 Juni 2022 05.34 (UTC)

Maksud Anda mengenai link https://p2k.stekom.ac.id, @Cun Cun? Dedhert.Jr (bicara) 29 Juni 2022 07.15 (UTC)
Benar. Contoh salah satu artikel Wikipedia yang dipasang di sana: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Penembakan_Buffalo_2022 Cun Cun (bicara) 29 Juni 2022 08.37 (UTC)
Ini mirror. Mungkin jadi bahan praktikum di kampusnya? Karena banyak yang membuat demikian. RXerself (bicara) 23 Juli 2022 10.07 (UTC)

Fitur "Saran untuk gambar" untuk melengkapi gambar di artikel Wikipedia

Halo, rekan-rekan kontributor proyek Wikimedia!

Kami dari tim Data Terstruktur Lintas Wikimedia berencana untuk meluncurkan fitur baru di Wikipedia bahasa Indonesia yang bernama “Saran untuk gambar”, serta kami tertarik untuk mendengarkan masukan dari Anda akan fitur ini.

Cara kerjanya adalah pengguna dengan suntingan lebih dari 500 akan mendapatkan notifikasi berupa saran gambar untuk disertakan di artikel Wikipedia yang belum memiliki gambar sama sekali. Setelah mengklik notifikasi yang masuk, Anda dapat memeriksa apakah gambar yang diberikan sudah sesuai dan langsung menyunting melalui VisualEditor maupun sintaks wiki.

Notifikasi akan dikirimkan seminggu sekali setiap hari Rabu yang dimulai per tanggal 6 Juli 2022 rencananya dimulai pada pertengahan 20 Juli 2022. Apabila Anda tidak ingin menerima notifikasi tersebut, maka Anda dapat menonaktifkannya melalui halaman preferensi Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara kerja dari fitur ini, silakan kunjungi halaman proyek terkait di MediaWiki. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan di halaman pembicaraan proyek ini maupun di halaman pembicaraan saya.

Terima kasih atas perhatiannya dan kami mengharapkan masukan dari Anda. Salam!

BAPerdana-WMF (bicara) 4 Juli 2022 04.56 (UTC)

Karena terjadi suatu hal, maka fitur ini direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan bulan Juli 2022. ― BAPerdana-WMF (bicara) 5 Juli 2022 11.25 (UTC)
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari tim, maka diputuskan bahwa pada tanggal 20 Juli 2022 fitur ini akan diluncurkan. ― BAPerdana-WMF (bicara) 8 Juli 2022 18.19 (UTC)

Wikistories: Berbagi pengetahuan dengan cara kekinian

Halo, rekan-rekan kontributor Wikipedia!

Pada hari ini kami, Tim Inuka dari Wikimedia Foundation, telah meluncurkan fitur terkini di Wikipedia bahasa Indonesia yang akan memberikan cara baru dalam berbagi pengetahuan yaitu Wikistories.

Wikistories adalah fitur di mana setiap kontributor dapat membuat konten singkat dan mudah diakses layaknya stories di media sosial, yakni menggunakan artikel Wikipedia sebagai teks dan Wikimedia Commons sebagai gambarnya. Saat ini, Wikistories masih dalam tahap beta dan Anda dapat mencoba fitur ini secara langsung.

Latar belakang

Wikistories merupakan inisiatif dari Tim Inuka yang dimulai pada tahun fiskal 2021 hingga 2022. Kami berfokus mengembangkan peralatan untuk dapat membantu kontributor dalam membuat konten visual yang edukatif dan mudah dipahami khalayak di seluruh proyek Wikimedia.

Kami memilih Wikimedia Indonesia sebagai mitra kami dalam proses pembuatan Wikistories karena pengalaman mereka dalam mengelola kegiatan komunitas Wikimedia di Indonesia. Sejak bulan September 2021, kami telah melaksanakan hal sebagai berikut:

  • memberikan masukan perihal pengembangan fitur
  • berpartisipasi dalam penelitian dan uji coba peralatan
  • merencanakan kegiatan promosi Wikistories ke komunitas Wikimedia di Indonesia.

Apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya?

Berhubung Wikistories sudah aktif di Wikipedia bahasa Indonesia, maka kami meminta kesediaan Anda untuk mencoba dan menggunakannya.

Bagi pengguna yang sudah memiliki akun dan masuk log, maka Anda dapat melihat isi dari Wikistories dan membuat Wikistories Anda sendiri. Untuk mengakses Wikistories, silakan kunjungi pranala ini lalu centang opsi Wikistories dan pilih Simpan.

Setelah mencobanya, kami sangat mengharapkan masukan terhadap fitur ini. Silakan bagikan pengalaman Anda dalam menggunakan Wikistories melalui halaman ini. Selama bulan Juli hingga November 2022, Wikimedia Indonesia akan mengadakan kegiatan kunjungan ke beberapa komunitas Wikimedia di Indonesia dengan agenda sebagai berikut:

  • mengenalkan fitur Wikistories
  • membuat konten di Wikistories
  • menyambut kontributor baru
  • membagikan pengalaman dan masukan dari kontributor setelah menggunakan Wikistories.

Kontak

Bonaventura Aditya Perdana merupakan perwakilan dari Wikimedia Foundation untuk komunitas Wikimedia di Indonesia. Apabila ada yang ingin ditanyakan dan/atau disampaikan, silakan kunjungi halaman tersebut.

Lain-lain

Untuk informasi lebih lanjut perihal Wikistories, silakan mengunjungi halaman ini. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas minat Anda dalam membebaskan pengetahuan.

Salam.

BAPerdana-WMF (bicara) 4 Juli 2022 12.00 (UTC)

Sesi umpan balik "Pencarian yang disempurnakan" akan segera berakhir

Halo, rekan-rekan kontributor Wikipedia!

Kami dari tim Data Terstruktur Lintas Wikimedia memberitahukan bahwa sesi umpan balik proyek “Pencarian yang disempurnakan” akan berakhir pada 10 Juli 2022, serta kami juga ingin membagikan informasi perihal perkembangan proyek ini.

Berdasarkan umpan balik dari seluruh komunitas Wikimedia, kami memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan dan adaptasi terhadap hal-hal yang kami ingin lakukan demi penyempurnaan sistem pencarian:

  • mempertimbangkan kembali penambahan tag ruang nama
  • melakukan sedikit modifikasi keluku (thumbnail) agar memudahkan pengguna dalam menyembunyikannya
  • membatalkan untuk penerapan pencarian lanjut yang dapat dibentangkan.

Untuk hal penyempurnaan yang lainnya, semuanya mendapatkan tanggapan positif sejauh ini. Maka dari itu, kami akan menerapkannya pada 11 Juli 2022.

Masih ada beberapa hari untuk memberikan umpan balik (masukan) Anda terhadap proyek ini. Terima kasih atas perhatian Anda!

Salam.

BAPerdana-WMF (bicara) 6 Juli 2022 16.00 (UTC)

Tahap selanjutnya untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Pesan ini mencakup dua kegiatan mendatang untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022.

Pemilihan Dewan Pengawas akan memiliki Kompas Pemilihan untuk membantu para pemilih dalam proses pengambilan keputusan mereka. Pemilih yang memenuhi syarat dapat mengusulkan pernyataan sepanjang bulan Juli dan memberikan suara pada pernyataan mana yang akan digunakan dalam Kompas Pemilihan pada akhir bulan Juli. Silakan kunjungi halaman Kompas Pemilihan untuk informasi lebih lanjut.

Bergabunglah dalam percakapan dengan para calon anggota Dewan Pengawas 2022 pada 27 Juli hingga 7 Agustus. Setiap calon akan melakukan percakapan selama satu jam dengan komunitas. Setiap percakapan akan direkam dan tersedia untuk dilihat di masa mendatang. Interpretasi langsung akan tersedia pula. Bahasa yang tersedia akan diumumkan ketika tanggal percakapan sudah ditetapkan. Percakapan ini akan dijadwalkan dengan para calon setelah hasil seleksi oleh organisasi mitra lokal tersedia. Informasi ini akan dibagikan di halaman acara kampanye pemilihan Dewan Pengawas 2022.

Teriring salam,

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 11 Juli 2022 01.17 (UTC)

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan - Edisi 7

Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan
Edisi 7, Juli-September 2022Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi ke-7 Nawala Strategi dan Tata Kelola Gerakan! Nawala ini memuat berita dan acara yang relevan tentang pelaksanaan rekomendasi Strategi Gerakan, topik relevan lainnya mengenai tata kelola gerakan Wikimedia, serta berbagai proyek dan kegiatan yang didukung oleh tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) dari Yayasan Wikimedia.

Nawala MSG dikirimkan setiap triwulan, sedangkan Movement Strategy Weekly akan dikirimkan setiap minggu. Harap berlangganan di sini jika Anda ingin menerima edisi mendatang.

  • Keberlanjutan: Laporan keberlanjutan tahunan Yayasan Wikimedia telah diterbitkan. (lanjutkan membaca)
  • Peningkatan pengalaman pengguna: perbaikan terbaru pada antarmuka desktop untuk proyek-proyek Wikimedia. (lanjutkan membaca)
  • Keamanan dan inklusi: pembaruan tentang proses revisi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal. (lanjutkan membaca)
  • Kesetaraan dalam pengambilan keputusan: laporan dari percakapan purwarupa Hub, kemajuan terbaru dari Komite Perumus Piagam Gerakan, dan kertas putih baru tentang masa depan partisipasi dalam gerakan Wikimedia. (lanjutkan membaca)
  • Koordinasi para pemangku kepentingan: peluncuran meja bantuan untuk organisasi mitra lokal dan komunitas relawan yang bekerja pada bidang kemitraan konten. (lanjutkan membaca)
  • Pengembangan kepemimpinan: pembaruan tentang proyek kepemimpinan oleh penggerak gerakan Wikimedia di Brasil dan Cape Verde. (lanjutkan membaca)
  • Manajemen pengetahuan internal: peluncuran portal baru untuk dokumentasi teknis dan sumber daya komunitas. (lanjutkan membaca)
  • Berinovasi dalam pengetahuan bebas: sumber daya audiovisual berkualitas tinggi untuk eksperimen ilmiah dan perangkat baru untuk merekam transkrip lisan. (lanjutkan membaca)
  • Evaluasi, iterasi, dan adaptasi: hasil dari percontohan proyek Equity Landscape. (lanjutkan membaca)
  • Berita dan pembaruan lainnya: forum baru untuk mendiskusikan pelaksanaan Strategi Gerakan, pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia yang akan datang, siniar baru untuk mendiskusikan Strategi Gerakan, dan pergantian personil untuk tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan WMF. (lanjutkan membaca)

RamzyM (WMF) 18 Juli 2022 04.33 (UTC)

Pengumuman enam calon untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Proses pemungutan suara organisasi mitra lokal pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah selesai. Perwakilan dari setiap mitra lokal mempelajari tentang para calon melalui peninjauan atas pernyataan mereka, jawaban para calon atas pertanyaan yang diberikan, dan mempertimbangkan peringkat calon yang diberikan oleh Komite Analisis. Calon anggota Dewan Pengawas 2022 yang terpilih adalah:

Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang hasil dan statistik dari pemilihan Dewan kali ini.

Mohon luangkan waktu sejenak untuk mengapresiasi para perwakilan organisasi mitra lokal dan anggota Komite Analisis yang telah mengambil bagian dalam proses ini dan membantu menumbuhkan kapasitas dan keragaman Dewan Pengawas. Jam-jam kerja sukarela inilah yang menghubungkan kita dalam perspektif dan kesepaham bersama. Terima kasih atas partisipasi Anda.

Terima kasih kepada anggota komunitas yang mengajukan diri sebagai calon untuk Dewan Pengawas. Mempertimbangkan untuk maju bukanlah keputusan kecil. Para calon telah menyumbangkan waktu dan dedikasi dan menunjukkan komitmen mereka terhadap gerakan Wikimedia. Selamat kepada para calon yang telah terpilih untuk tahap berikutnya. Penghargaan dan rasa terima kasih yang besar disampaikan untuk para calon yang belum terpilih. Harap untuk terus berbagi buah kepemimpinan Anda dalam gerakan Wikimedia.

Terima kasih kepada Anda yang telah mengikuti tahap pemilihan oleh organisasi mitra lokal dalam pemilihan Dewan ini. Anda dapat meninjau hasil proses pemilihan ini.

Bagian selanjutnya dari proses pemilihan Dewan adalah periode pemungutan suara komunitas. Anda dapat melihat jadwalnya di sini. Untuk mempersiapkan tahap ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh anggota komunitas, yaitu:

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) 20 Juli 2022 01.32 (UTC)

Pilihlah pernyataan yang masuk untuk Kompas Pemilihan

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Dalam rangka pemilihan Dewan Pengawas 2022, Anda diundang untuk memberikan suara untuk pernyataan-pernyataan yang akan digunakan dalam Kompas Pemilihan. Anda dapat memberikan suara untuk pernyataan-pernyataan yang ingin Anda lihat dimasukkan ke dalam Kompas Pemilihan di Meta-wiki.

Kompas Pemilihan adalah alat untuk membantu para pemilih memilih calon yang paling sesuai dengan keyakinan dan pandangan mereka. Anggota komunitas akan mengusulkan pernyataan-pernyataan untuk dijawab oleh para calon dengan menggunakan skala Lickert (setuju/netral/tidak setuju). Jawaban para calon atas pernyataan-pernyataan tersebut akan dimasukkan ke dalam alat Kompas Pemilihan. Para pemilih akan dapat menggunakan alat ini dengan memasukkan jawaban mereka atas pernyataan-pernyataan tersebut (setuju/tidak setuju/netral). Hasilnya akan menunjukkan calon yang paling sesuai dengan keyakinan dan pandangan mereka.

Terlampir garis waktu untuk Kompas Pemilihan:

  • 8 - 20 Juli: Para Wikimedian mengusulkan pernyataan untuk Kompas Pemilihan
  • 21 - 22 Juli: Komite Pemilihan meninjau pernyataan untuk kejelasan dan menyingkirkan pernyataan yang bersifat di luar topik
  • 23 Juli - 1 Agustus: Para Wikimedian memberikan suara atas pernyataan yang masuk
  • 2 - 4 Agustus: Komite Pemilihan memilih 15 pernyataan teratas
  • 5 - 12 Agustus: para calon menyelaraskan diri dengan pernyataan-pernyataan yang masuk
  • 16 Agustus: Kompas Pemilihan dibuka untuk digunakan oleh para pemilih dalam memberikan suara mereka

Komite Pemilihan akan memilih 15 pernyataan teratas pada awal bulan Agustus.

Salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan


RamzyM (WMF) 26 Juli 2022 08.38 (UTC)

Video sebagai sumber

Begini, saya sedang menunggu pembetulan terjemahan pada artikel Pembunuhan Muhammad ad-Durrah untuk dijadikan AP. Saya lihat beberapa sumbernya adalah video (Vimeo, YouTube, Dailymotion) terutama yang bertuliskan "Schapira". Awalnya saya sempet ragu terhadap sumber berjenis tersebut. Tapi setelah liat halaman ini, saya jadi sedikit lowes: "The best sources have a professional structure in place for checking or analyzing facts, legal issues, evidence, and arguments"

WPVIDEOLINK flow chart.svg

Tapi menurut para pengguna WBI lainnya bagaimana nih pandangannya soal video dijadikan sumber ? Glorious Engine (bicara) 30 Juli 2022 09.10 (UTC)

Penundaan pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Saya menyampaikan informasi terbaru tentang waktu pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Seperti yang sudah Anda ketahui, tahun ini kami menawarkan Kompas Pemiliohan untuk membantu para pemilih mengidentifikasi keberpihakan para calon pada beberapa topik utama. Beberapa calon meminta perpanjangan batasan karakter pada tanggapan mereka yang memperluas pandangan mereka, dan Komite Pemilihan beranggapan bahwa alasan mereka selaras dengan tujuan proses yaitu untuk menciptakan pemilihan yang berkeadilan.

Untuk memastikan bahwa pernyataan-pernyataan yang lebih panjang dapat diterjemahkan pada waktunya untuk pemilihan, Komite Pemilihan dan Satuan Tugas Pemilihan Dewan memutuskan untuk menunda pembukaan pemilihan Dewan Pengawas selama satu minggu - waktu yang diusulkan sebagai waktu yang ideal oleh staf yang bekerja untuk mendukung pemilihan ini.

Meskipun kami tidak memperkirakan semua orang akan ingin menggunakan Kompas Pemilihan untuk membantu pengambilan keputusan pemungutan suara mereka, Komite Pemilihanmerasa lebih tepat untuk membuka periode pemungutan suara dengan dukungan terjemahan yang penting bagi anggota komunitas lintas bahasa untuk digunakan dalam hal pembuatan keputusan penting ini.

Pemungutan suara akan dibuka pada tanggal 23 Agustus pukul 00:00 UTC dan ditutup pada tanggal 6 September pukul 23:59 UTC.

Salam hangat,

Matanya, mewakili Komite Pemilihan


RamzyM (WMF) 15 Agustus 2022 12.24 (UTC)

A/B test for "subscribe" button finished

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda.

Update:  The new [langganan] button helps people.  You can read more about the test at mw:Talk pages project/Notifications#12 August 2022.

Thank you for participating in this test.  Because this tool helps people, the Editing team will enable this tool for everyone soon.  If you do not like it, you can turn it off "Aktifkan langganan topik" or "Secara otomatis berlangganan ke topik" in Special:Preferences#mw-prefsection-editing-discussion. Whatamidoing (WMF) (bicara) 16 Agustus 2022 17.58 (UTC)