Wikipedia:Penganvasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:KANVAS

Secara umum, sangat dianjurkan untuk memberitahukan penyunting lain mengenai diskusi yang sedang berjalan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas diskusi melalui partisipasi luas untuk mencapai konsensus penuh.

Penganvasan yang dilakukan dengan tujuan mempengaruhi hasil akhir suatu diskusi melalui cara tertentu dianggap tidak pantas. Hal ini dikarenakan penganvasan mengganggu proses normal pembuatan keputusan konsensus dan secara umum dianggap sebagai kelakuan mengganggu.

  Skala   Pesan   Pemerhati   Transparansi
Perlu Terbatas DAN Netral DAN Tidak memihak DAN Terbuka
Tidak perlu Massal ATAU Bias ATAU Memihak ATAU Rahasia
Istilah Kirim balas berlebihan ("menyampah")   Kampanye   Penumpukan suara   Penganvasan diam-diam

Pemberitahuan perlu[sunting | sunting sumber]

Seorang penyunting yang ingin menarik lebih banyak penyunting ke dalam suatu diskusi dapat meninggalkan pesan di salah satu halaman berikut:

  • Halaman pembicaraan satu atau beberapa ProyekWiki (atau Kolaborasi Wikipedia lain) yang berhubungan dengan topik yang sedang didiskusikan.
  • Halaman terpusat (seperti Warung Kopi atau papan pemberitahuan) untuk diskusi yang memiliki dampak luas seperti diskusi kebijakan atau pedoman.
  • Halaman pembicaaan pengguna yang disebutkan dalam diskusi (terutama jika diskusi ini membicarakan tentang keluhan atas perilaku pengguna).
  • Halaman pembicaraan penyunting tertentu. Misalnya penyunting yang telah berpartisipasi dalam diskusi sebelumnya dengan topik yang sama (atau topik yang sedikit berhubungan), yang dikenal sebagai ahli di bidangnya, atau meminta agar terus diberitahu. Pemerhati tidak boleh dipilih karena opini mereka, jika pemberitahuan dikirimkan kepada penyunting yang sebelumnya mendukung penghapusan suatu artikel, maka pemberitahuan sejenis tidak boleh dikirimkan kepada mereka yang tidak mendukung penghapusannya. Jangan kirimkan pemberitahuan ke pengguna dalam jumlah banyak, dan jangan kirimkan pesan ke pengguna yang telah meminta untuk tidak menerima pesan.

Idealnya, pemberitahuan seperti itu harus sopan, dengan pemilihan kata dan judul netral, presentasi jelas, dan pengguna selalu dapat mencari tahu dengan menekan pranala diskusi. Jangan gunakan bot untuk mengirimkan pesan ke beberapa halaman.

Templat {{Kunjungi}} dapat membantu memberitahukan pengguna dengan cara cepat, sederhana, dan netral.

Pemberitahuan tidak perlu[sunting | sunting sumber]

Pemberitahuan tidak perlu secara umum dianggap mengganggu. Penganvasan biasanya meliputi pengiriman pesan dan permohonan seperti tanda tangan untuk menyetujui beberapa pesan promosi di setiap kiriman bertandatangan.

Perilaku berikut dianggap sebagai karakteristik pemberitahuan tidak perlu (dan dianggap mengganggu):

  • Menyampah: Mengirimkan pesan yang jumlahnya berlebihan kepada seorang pengguna, atau ke pengguna-pengguna yang tidak memiliki hubungan khusus dengan topik yang dibicarakan.[1]
  • Kampanye: Mengirimkan pemberitahuan diskusi mengenai topik yang tidak netral.
  • Penumpukan suara: Mengirimkan pesan ke pengguna-pengguna yang dipilih berdasarkan opini mereka (dilihat dari kotak pengguna, kategori pengguna, atau pernyataan sebelumnya).[2] Penyimpanan suara melibatkan perekrutan penyunting yang dianggap memiliki sudut pandang yang sama terhadap suatu grup, seperti partai politik, dengan harapan bahwa memberitahukan grup tersebut mengenai diskusi berkaitan dengan sudut pandang tersebut akan menghasilkan keuntungan dalam jumlah suara, mirip dengan penumpukan suara yang telah diatur sebelumnya.
  • Penganvasan diam-diam: Menghubungi pengguna di luar wiki (misalnya melalui surel) untuk mendorong mereka agar mau bergabung dalam diskusi (kecuali ada alasan tertentu untuk tidak menggunakan halaman pembicaraan).
  • Soliciting support other than by posting direct messages, such as using a custom signature with a message promoting a specific position on any issue being discussed.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis pemberitahuan tidak perlu yang paling umum:

Menyampah dan kirim balas berlebihan[sunting | sunting sumber]

Mengirimkan pengumumkan kepada penyunting dapat dianggap mengganggu atas bermacam alasan. Jika penyunting tidak terlibat, pesan ini memiliki ciri-ciri "sampah" dan mengganggu pengguna. Selain itu, merekrut terlalu banyak penyunting ke dalam suatu penyelesaian perselisihan malah akan membuat penyelesaian tersebut tidak mungkin. Ingat bahwa tujuan pemberitahuan adalah memperbaiki proses penyelesaian perselisihan, bukan mengganggunya.

Kampanye[sunting | sunting sumber]

Kampanye adalah upaya untuk mengalihkan orang yang membaca suatu pesan melalui penggunaan intonasi, pemilihan kata, atau tujuan. Meski dianggap pantas sebagai bagian dari diskusi individu, kampanye dianggap tidak pantas dalam penganvasan seseorang melalui pesan sejenis ini.

Penumpukan suara[sunting | sunting sumber]

Wikipedia:Penumpukan suara beralih ke halaman ini. Anda mungkin mencari Wikipedia:Pemberitahuan survei.

Penumpukan suara adalah upaya untuk memenangkan konsensus dengan memberitahu penyunting secara selektif yang memiliki atau dianggap memiliki sudut pandang atau opini istimewa (dapat dilihat dari pemberitahuan halaman pengguna seperti kotak pengguna atau kategori pengguna) agar mereka mau berpartisipasi dalam suatu diskusi.

Dalam hal pertimbangan kembali debat sebelumnya, tidak pantas untuk mengirimkan sejumlah pemberitahuan kepada orang-orang yang memiliki sudut pandang tertentu pada debat sebelumnya. Contohnya, memberitahu beberapa pengguna yang memberi suara "Setuju" atau "Tidak Setuju" dapat dianggap sebagai penumpukan suara.

Mengirimkan pemberitahuan perlu di halaman pembicaraan pengguna untuk memberitahukan pengguna mengenai semua "sisi" perdebatan (misalnya orang-orang yang berpartisipasi dalam debat penghapusan sebelumnya) diperbolehkan dalam kondisi-kondisi tertentu dengan dasar kasus-demi-kasus.

Penganvasan diam-diam[sunting | sunting sumber]

Karena kurang transparan daripada pemberitahuan wiki, pemakaian surel atau bentuk komunikasi luar wiki lain untuk memberitahu penyunting tidak disarankan kecuali ada alasan tertentu untuk tidak memakai pemberitahuan halaman pembicaraan. Tergantung situasinya, mengirimkan pemberitahuan kepada sekelompok penyunting melalui surel dapat dipandang lebih negatif daripada mengirimkan pesan yang sama kepada kelompok yang sama melalui halaman pembicaraan mereka.

Cara menanggapi penganvasan tidak perlu[sunting | sunting sumber]

Tanggapan paling efektif terhadap penganvasan terbaru yang jelas-jelas mengganggu adalah dengan baik-baik meminta pengguna pelaku penganvasan agar berhenti mengirimkan pemberitahuan. Jika mereka terus melakukannya, mereka dapat dilaporkan ke papan permintaan perhatian pengurus yang berujung pada pemblokiran menyunting. Pengguna yang pernah melakukan penganvasan mengganggu sebelumnya dan telah diminta untuk tidak melakukannya lagi dapat diblokir langsung tanpa pemberitahuan jika perlu.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Komite Arbitrasi telah memutuskan bahwa "[t]he occasional light use of cross-posting to talk pages is part of Wikipedia's common practice. However, excessive cross-posting goes against current Wikipedia community norms. In a broader context, it is unwiki."
  2. ^ Lihat WP:Konsensus palsu untuk serangkaian penemuan Komite Arbitrasi mengenai penumpukan suara dan penganvasan yang tidak pantas