The Jakarta Post

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Jakarta Post
The Jakarta Post logo 2016.svg
Jakarta Post Front Page 2009-07-09.jpg
Halaman depan The Jakarta Post pada tanggal 9 Juli 2009
TipeKoran harian
FormatLembar lebar
PemilikPT Bina Media Tenggara
Didirikan25 April 1983
PusatJl. Palmerah Barat 142–143
Jakarta, Indonesia
ISSN0215-3432
Situs webwww.thejakartapost.com

The Jakarta Post adalah sebuah harian berbahasa Inggris di Indonesia. Harian ini dimiliki oleh PT Bina Media Tenggara yang berkantor pusat di Jakarta.

The Jakarta Post didirikan oleh gabungan antara empat media Indonesia atas desakan dari Menteri Penerangan Ali Moertopo dan politikus Jusuf Wanandi. Setelah pertama kali terbit tanggal 25 April 1983, The Jakarta Post selama beberapa tahun dapat bertahan hanya dengan beberapa iklan dan sirkulasinya makin meningkat. Setelah pergantian kepala editor tahun 1991, harian ini mulai mengambil posisi pro-demokrasi. The Jakarta Post adalah salah satu harian Indonesia berbahasa Inggris yang selamat dari krisis keuangan Asia 1997 dan saat ini memiliki sirkulasi sebesar 40.000 eksemplar.

The Jakarta Post juga memiliki edisi daring yang memuat berita dari koran dan juga berita-berita lainnya. Sasaran pembaca harian ini adalah masyarakat asing dan masyarakat Indonesia yang berpendidikan, meskipun jumlah pembaca Indonesia dari kelas menengah juga terus meningkat. Dikenal sebagai tempat latihan para wartawan lokal dan internasional, The Jakarta Post telah memenangkan sejumlah penghargaan dan dijuluki sebagai "harian berbahasa Inggris paling terkemuka di Indonesia".[1] The Jakarta Post adalah anggota dari Asia News Network.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendirian dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Mantan logo The Jakarta Post. Digunakan sampai 31 Maret 2016.

The Jakarta Post merupakan gagasan dari Menteri Penerangan Ali Moertopo dan politikus Jusuf Wanandi. Moertopo dan Wanandi kecewa pada bias yang dirasakan terhadap Indonesia dalam sumber-sumber berita asing.[2] Pada saat itu, ada dua harian berbahasa Inggris, Indonesia Times dan Indonesian Observer.[3] Namun, karena persepsi publik yang negatif mengenai koran yang ada mereka memutuskan untuk membuat yang baru. Dalam rangka untuk memastikan kredibilitas, keduanya sepakat untuk meyakinkan sekelompok koran yang bersaing (Suara Karya yang didukung Golkar, Kompas milik Katolik, Sinar Harapan milik Protestan, dan mingguan Tempo) untuk menyokong koran yang baru lahir ini.[2] Koran ini diharapkan menjadi kertas berkualitas berbahasa Inggris, mirip dengan The Straits Times di Singapura, Bangkok Post di Thailand, dan New Straits Times di Malaysia.[4]

Setelah mendirikan PT Bina Media Tenggara untuk mendukung koran ini,[5] Wanandi menghabiskan beberapa bulan menghubungi tokoh-tokoh berpengaruh di koran yang ditargetkan. Untuk menerima kerja sama mereka, Kompas meminta bagian 25 persen di surat kabar baru, untuk menangani operasi bisnis sehari-hari, seperti pencetakan, sirkulasi, dan iklan. Tempo menawarkan untuk membantu dengan manajemen dengan imbalan 15 persen, sementara Sabam Siagian dari Sinar Harapan dipekerjakan sebagai pemimpin redaksi pertama, untuk itu Sinar Harapan menerima saham. Pembentukan koran selanjutnya dibantu oleh Menteri Penerangan Harmoko, yang menerima bunga 5 persen untuk perannya dalam memperoleh lisensi. Secara total, biaya awal mencapai Rp500 juta (US$700.000 pada saat itu).[6] Muhammad Chudori, ko-pendiri The Jakarta Post yang sebelumnya menjadi wartawan untuk Antara, menjadi manajer umum pertama dari koran ini.[7]

Aktivisme[sunting | sunting sumber]

Susanto Pudjomartono, mantan pemimpin redaksi Tempo, menjadi pemimpin redaksi kedua The Jakarta Post pada 1 Agustus 1991, setelah Siagian terpilih menjadi Duta Besar Indonesia untuk Australia [8] Di bawah kepemimpinan Pudjomartono, The Jakarta Post mulai menerbitkan tulisan hasil liputan sendiri dan mengurangi porsi terjemahan; wartawan juga diminta untuk mengambil peran lebih aktif dalam operasi sehari-hari dari koran ini. [9] Di bawah kepemimpinan Pudjomartono, The Jakarta Post juga menjadi lebih vokal mengenai politik, mengambil pro-sikap demokrasi seperti Tempo. [9] [10] Perubahan sikap ini juga hadir berkat dukungan dari Raymond Toruan, publisher, yang bersama Pudjomartono ikut menghadap ke Jusuf Wanandi untuk mengusulkan The Jakarta Post untuk berada di garis depan dalam melaporkan gerakan pro-demokrasi yang baru muncul.[11]

Raymond juga lah yang kemudian memenangkan kesepakatan dengan Kompas untuk membangun kantor baru berlantai dua di tempat yang dulunya sebuah binatu, dibiayai oleh uang dana pensiun Kompas.[11]

Pada tahun 1994, The Jakarta Post menandatangani sebuah perjanjian distribusi dengan layanan berita Inggris Reuters dan American Dialog Information Services, yang memungkinkan ceritanya lebih mudah dipromosikan ke luar negeri. [12] Pada pertengahan 1990an, telah dibentuk sebuah lokakarya untuk membantu staf barunya yang baru lahir dalam mempelajari budaya lokal. [13] Pada Desember 1998, The Jakarta Post memiliki sirkulasi sebesar 41.049, dan merupakan satu dari sedikit surat kabar berbahasa Inggris di Indonesia setelah krisis keuangan Asia 1997 sementara enam harian bahasa Inggris lainnya telah gagal.[14] Tahun itu juga menjadi anggota pendiri Asia News Web. [15]

Pada bulan November 2008, The Jakarta Post mendapatkan sebuah persaingan dari Jakarta Globe, yang didirikan oleh konglomerat James Riady[16]. Beberapa wartawan dan editor The Jakarta Post meninggalkan koran tersebut untuk bergabung dengan Jakarta Globe.[14] Pada Desember 2015, Jakarta Globe berhenti mencetak koran dan fokus ke edisi daring[17], sehingga The Jakarta Post kembali menjadi satu-satunya koran Indonesia berbahasa Inggris.

Pudjomartono meninggalkan The Jakarta Post setelah ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Rusia pada November 2003 dan Raymond Toruan mengambil alih posisi pemimpin redaksi sampai 2004, ketika ia digantikan oleh Endy Bayuni.[11] Pada 2010, Meidyatama Suryodiningrat, yang menjadi reporter di The Jakarta Post pada tahun 1993, menjadi pemimpin redaksi sampai 2016 ketika ia ditunjuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menjadi direktur utama kantor berita Antara.[18] Endy Bayuni kembali menjadi pemimpin redaksi bersama Nezar Patria, yang menjadi pemimpin untuk redaksi daring The Jakarta Post, pada periode transisi koran menjadi media daring. Pada 1 Februari 2018, Nezar resmi menjadi pimpinan redaksi The Jakarta Post yang telah terintegrasi antara produksi koran dan daringnya.[19]

Perpindahan ke daring[sunting | sunting sumber]

The Jakarta Post pernah memiliki edisi minggu dan Bali Daily sebagai pelengkap dari koran utamanya. Edisi Minggu The Jakarta Post pertama diterbitkan pada tanggal 18 September 1994. Edisi Minggu meliputi artikel-artikel yang diulas secara lebih dalam, hiburan serta fiksi yang tidak diterbitkan di edisi harian.[20] Pada tanggal 9 April 2012, The Jakarta Post meluncurkan Bali Daily, sebuah harian empat lembar yang dicetak di Bali setelah mengetahui bahwa 4.900 pelanggannya tinggal di pulau ini.[21] Keduanya sudah tidak beroperasi lagi.

Sejak 2016, The Jakarta Post meluncurkan halaman web baru yang lebih interaktif dan beragam kontennya, mengenalkan rubrik baru seperti Community, Academia, dan laporan panjang yang disebut Longform. Selain berita-berita yang ada di koran, versi daring juga memuat liputan yang hanya tersedia di internet. Pada 2018, The Jakarta Post mulai menerapkan sistem paywall di halaman webnya untuk meningkatkan jumlah pelanggan daring. Pembaca yang tidak berlangganan juga bisa membaca berita premium The Jakarta Post jika mereka mendaftar, dengan batasan 8 artikel premium per bulannya.

Pasar[sunting | sunting sumber]

The Jakarta Post ditargetkan untuk pebisnis Indonesia, warga Indonesia berpendidikan, dan warga asing.[1][22] Pada tahun 1991, 62 persen pembaca harian ini adalah ekspatriat. Di bawah kepemimpinan Pudjomartono, harian ini mulai menargetkan lebih banyak pembaca Indonesia.[23] Hingga 2009, sekitar separuh dari 40.000 pembacanya adalah warga Indonesia kelas menengah.[24]

Penghargaan dan pengakuan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, Serikat Wartawan Indonesia mengakui 'The Jakarta Post' sebagai salah satu surat kabar Indonesia yang mengikuti etika jurnalisme dan standar; Surat kabar lain yang sangat dikenal adalah Kompas dan Indo Pos '[25] Makalah tersebut menerima Penghargaan Adam Malik pada bulan Januari 2009 untuk melaporkan politik luar negeri mereka; Liputan tersebut dianggap akurat dan terdidik, dengan analisis yang bagus. [26] Tahun berikutnya tiga reporter menerima Adiwarta Award dari Sampoerna untuk fotografi unggulan di bidang budaya, hukum, Dan politik. Wartawan lainnya menerima Penghargaan Adam Malik pada tahun 2014 untuk tulisan-tulisannya yang membantu kementerian untuk mendistribusikan informasi mengenai pelaksanaan kebijakan luar negeri. [27]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Eklöf 2003, hlm. 14.
  2. ^ a b Tarrant 2008, hlm. 47.
  3. ^ Siagian 2003, Grabbed at the creation.
  4. ^ Tarrant 2008, hlm. 67.
  5. ^ The Jakarta Post, The Jakarta Post.
  6. ^ Tarrant 2008, hlm. 54–56.
  7. ^ The Jakarta Post 2013, Senior journalist.
  8. ^ [https://web.archive.org/web/20150114082709/http://www.thejakartapost.com/news/2015/01/14/former-editor-and-diplomat-susanto-pudjomartono-passes-away.html | archivedate = 2015-01-14}}
  9. ^ a b Tarrant 2008, hlm. 107-109.
  10. ^ Tarrant 2008, hlm. 120.
  11. ^ a b c Tarrant, Bill. (2008). Reporting Indonesia : the Jakarta Post story, 1983-2008 (edisi ke-1st ed). Jakarta: Equinox Pub. ISBN 9789793780696. OCLC 298706093. 
  12. ^ Jakarta Post, Progress and Development.
  13. ^ Tarrant 2008, hlm. 128-129.
  14. ^ a b Gelling, Peter (2009-01-18). "Indonesian billionaire takes on the Jakarta Post". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2019-09-05. 
  15. ^ The Jakarta Post 2011, 'Dawn' Pakistan bergabung.
  16. ^ Gelling, Peter (2009-01-18). "Indonesian billionaire takes on the Jakarta Post". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2019-09-05. 
  17. ^ Post, The Jakarta. "National scene: '€˜Jakarta Globe'€™ folds after seven years". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-05.  C1 control character di |title= pada posisi 18 (bantuan)
  18. ^ Post, The Jakarta. "'€˜Jakarta Post'€™ chief sworn in as Antara CEO". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-05.  C1 control character di |title= pada posisi 2 (bantuan)
  19. ^ Post, The Jakarta. "'Post' welcomes new chief editor". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-05. 
  20. ^ The Jakarta Post, Sunday Edition.
  21. ^ Media Indonesia 2012, Jakarta Post Luncurkan.
  22. ^ Tarrant 2008, hlm. 66.
  23. ^ Tarrant 2008, hlm. 109–111.
  24. ^ Gelling 2009, Indonesian billionaire takes.
  25. ^ Gatra 2006, PWI Give Awards.
  26. ^ Pakpahan 2009, The Jakarta Post.
  27. ^ The Jakarta Post 2014, 'The Jurnalis Jakarta Post.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]