James Riady

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
James Riady
James Riady.jpg
James Riady pada Forum Ekonomi Dunia, Juni 2010
Informasi pribadi
LahirJames Tjahaja Riady
7 Januari 1957 (umur 63)[1]
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
PasanganAileen Hambali[2]
AnakJohn Riady
Stephanie Riady
Caroline Riady
Henry Riady
PekerjaanPengusaha


James Riady (Hanzi tradisional: 李白; pinyin: Li Bái; lahir di Jakarta, 7 Januari 1957; umur 63 tahun)[1] adalah wakil ketua Lippo Group, konglomerat besar di Indonesia. Dia adalah orang Tionghoa-Indonesia, dan juga anak Mochtar Riady, Lippo Group. Lippo Group baru-baru ini menandatangani perjanjian dengan Khazanah dari Malaysia untuk melepaskan saham mayoritas di Bank Lippo. Karena dia baru saja masuk kristen evangelis, James menjalani studi dalam bidang teologi.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

James Tjahaja Riady lahir pada tahun 1957 di Jakarta, dari pasangan Mochtar Riady dan Suryawati Lidya yang merupakan keturunan Chinese-Indonesia. Saat masih anak-anak, James dikirim ayahnya untuk sekolah di Macau. Sejak kecil, ia diajarkan untuk mandiri. Selama 4 tahun di Macau, ia kembali melanjutkan studinya ke Australia dan kuliah di University of Melbourne. [3] Riady kuliah di University of Melbourne in Australia. Selama delapan tahun di Australia untuk menamatkan kuliahnya di University of Melbourne, kemudian ayahnya mengirim James ke Amerika untuk terjun ke dunia Perbankan pada tahun 1977.[4]

Kegiatan Evangelis[sunting | sunting sumber]

Sejak memeluk agama Kristen pada tahun 1990, dia menjadi evangelis, mendirikan yayasan, sumbangan, sekolah kristen, menyebarkan pengaruh Kristen kepada masyarakat Indonesia.

Di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan, Riady membantu membangun Universitas Kristen Swasta bernama Universitas Pelita Harapan (UPH). Universitas ini adalah salah satu kampus berbiaya mahal yang berlokasi di Karawaci-Banten. Dia bersama dengan Johannes Oentoro membuat program beasiswa unggulan dan merekrut siswa berprestasi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk diberikan beasiswa, di mana nantinya anak-anak penerima beasiswa akan terjun membantu masyarakat. .

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Suryadinata, Leo (1995), Prominent Indonesian Chinese: Biographical Sketches (edisi ke-3), Singapura: Institute of Southeast Asian Studies, ISBN 978-981-3055-04-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]