Wikipedia:Wikipedia bukanlah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Wikipedia:SENSOR)

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia daring dan, sebagai usaha mencapainya, sebuah komunitas daring dari orang-orang yang tertarik membangun dan menggunakan ensiklopedia berkualitas tinggi dengan semangat saling menghargai. Oleh karena itu, Wikipedia bukanlah tempat untuk hal-hal tertentu.

Gaya dan format

Wikipedia bukanlah ensiklopedia cetak

Wikipedia bukanlah ensiklopedia cetak, melainkan sebuah proyek ensiklopedia digital. Selain dapat dipastikan dan poin lain yang disajikan di halaman ini, tidak ada batasan praktis mengenai jumlah topik atau jumlah isi yang dapat dicakup oleh Wikipedia. Namun, ada perbedaan penting antara apa yang dapat dilakukan dan apa yang sebaiknya dilakukan, yang tercakup dalam § Isi ensiklopedis di bawah. Oleh karena itu, kebijakan ini bukanlah izin bebas memuat: artikel harus tunduk kepada kebijakan isi yang layak, khususnya yang tercakup dalam pancapilar.

Menjaga artikel tetap dalam ukuran yang wajar itu penting untuk kemudahan akses Wikipedia, terutama untuk pembaca yang menggunakan jaringan telepon tetap dan peramban seluler, karena itu akan mempengaruhi langsung waktu unduh halaman (lihat Wikipedia:Panjang artikel). Membagi artikel panjang dan menyisakan ringkasan secukupnya adalah bagian pertumbuhan yang alami untuk suatu topik (lihat Wikipedia:Gaya ringkasan). Beberapa topik dicakup oleh ensiklopedia cetak hanya dalam artikel pendek dan statis, tetapi Wikipedia dapat memasukkan lebih banyak informasi, menyediakan lebih banyak pranala luar, dan memperbaharui lebih cepat.

Konten ensiklopedis

Informasi jangan dimasukkan di ensiklopedia ini hanya karena itu benar atau berguna. Sebuah artikel Wikipedia sebaiknya bukanlah sebuah eksposisi lengkap mengenai semua detail yang mungkin, tetapi sebuah ringkasan pengetahuan yang diterima menurut subyeknya. Pernyataan yang bersumber dan dapat dipastikan sebaiknya diperlakukan dengan bobot yang layak. Meskipun ada debat mengenai kegunaan ensiklopedis terhadap beberapa kelas entri, kesepakatannya adalah Wikipedia bukanlah hal-hal yang dicontohkan berikut ini. Contoh-contoh di setiap bagian tidak dimaksudkan untuk mencakup seluruh kasus.

Wikipedia bukanlah kamus

Wikipedia bukanlah sebuah kamus, pedoman penggunaan, atau pedoman jargon. Artikel Wikipedia bukanlah:

  1. Definisi. Artikel perlu dimulai dengan sebuah definisi atau deskripsi yang baik, tetapi artikel yang memuat selain sebuah definisi sebaiknya diperluas dengan isi ensiklopedis tambahan. Jika artikel-artikel seperti ini tidak bisa diperluas lebih dari sekadar definisi, Wikipedia bukanlah tempat untuknya. Dalam beberapa kasus, definisi sebuah kata bisa menjadi subyek ensiklopedis, seperti definisi terorisme. Untuk wiki yang merupakan sebuah kamus, kunjungi proyek saudari kami Wiktionary. Definisi-definisi kamus sebaiknya dipindahkan ke sana.
  2. Entri kamus. Artikel ensiklopedia adalah tentang orang, kelompok, konsep, tempat, hal, peristiwa, dll. Dalam beberapa kasus, suatu kata atau frasa itu sendiri dapat menjadi subyek ensiklopedis, seperti alay. Namun, artikel jarang, kalaupun pernah, memuat lebih dari satu definisi atau penggunaan berbeda dari judul artikel tersebut. Artikel tentang pentingnya angka dalam matematika atau adat kebiasaan juga dapat diterima.
  3. Pedoman penggunaan, bahasa gaul, atau peribahasa. Artikel deskriptif mengenai bahasa, dialek, atau macam-macam bahasa gaul itu diperlukan sekali, sedangkan panduan ketentuan untuk bakal pembicara bahasa seperti itu tidak. Kunjungi Wiktionary, proyek saudari kami, jika Anda ingin membantu membangun sebuah kamus. Mereka akan sunguh-sungguh menghargai bantuan Anda.

Wikipedia bukanlah penerbit pemikiran asli

Wikipedia bukanlah tempat untuk menerbitkan atau memublikasikan pemikiran dan analisis Anda sendiri atau memublikasikan informasi baru. Berdasarkan kebijakan riset asli kami, mohon jangan menggunakan Wikipedia untuk apapun di bawah ini:

  1. Riset primer (asli), seperti mengajukan teori dan solusi, gagasan orisinil, mendifinisikan istilah, mengajukan kata baru, dll. Jika Anda menyelesaikan penelitian primer di sebuah topik, hasil Anda perlu dipublikasikan di tempat lain, seperti jurnal dengan penilaian sejawat, bentuk tercetak lain, riset terbuka, atau terbitan daring yang dihormati. Wikipedia bisa melaporkan hasil kerja Anda setelah dipublikasikan dan menjadi bagian dari pengetahuan yang diterima; namun, diperlukan kutipan terhadap sumber terpercaya untuk mempertunjukkan bahwa materi tersebut dapat dipastikan, dan tidak hanya opini penyunting.
  2. Penemuan pribadi. Jika Anda atau seorang teman menemukan sebuah permainan kartu atau suatu macam gerakan tari, itu tidak cukup penting untuk diberi artikelnya sampai sumber-sumber sekunder terpercaya dan independen telah melaporkan hal itu. Dan Wikipedia tentu saja bukan untuk hal-hal yang akan diadakan suatu hari.
  3. Esai pribadi yang menyatakan perasaan tertentu Anda tentang sebuah topik (bukannya opini para pakar). Meskipun Wikipedia dimaksudkan untuk mengumpulkan pengetahuan manusia, ia bukanlah kendaraan untuk membuat opini pribadi menjadi bagian pengetahuan itu. Jika opini seseorang cukup penting untuk didiskusikan, lebih baik biarkan orang lain yang menuliskannya. (Esai pribadi di topik seputar Wikipedia dipersilakan di ruang nama pengguna Anda atau di Meta-wiki.)
  4. Forum diskusi. Mohon usahakan untuk tetap dalam tugas membuat sebuah ensiklopedia. Anda dapat mengobrol dengan orang-orang mengenai topik seputar Wikipedia di halaman pengguna mereka, dan Anda perlu menyelesaikan masalah artikel di halaman pembicaraan yang relevan, tetapi tolong jangan bawa diskusi tersebut ke artikel. Sebagai tambahan, selalu ingatlah bahwa halaman pembicaraan artikel hadir murni untuk mendiskusikan bagaimana mengembangkan artikelnya; bukan untuk diskusi umum tentang subyek artikel tersebut, bukan juga pusat bantuan untuk memperoleh arahan atau pendampingan teknis. Material yang tidak cocok untuk halaman pembicaraan bisa menjadi subyek penghapusan menurut pedoman halaman pembicaraan. Jika Anda hendak bertanya pertanyaan spesifik di sebuah topik, Wikipedia memiliki meja referensi; pertanyaan silakan ditanyakn di sana daripada di halaman pembicaraan.

Wikipedia bukanlah direktori segala sesuatu

Wikipedia memiliki banyak halaman daftar ensiklopedis. Berikut ini jenis-jenis daftar atau direktori yang tidak ensiklopedis:

  1. Daftar kutipan. Gunakan Wikiquote.
  2. Daftar genealogi. Sejarah keluarga seorang tokoh hanya dibutuhkan apabila hal tersebut dapat membantu pembaca memahami suatu topik.
  3. Daftar alamat. Wikipedia bukanlah buku petunjuk telepon. Informasi kontak seperti alamat, nomor telepon, alamat surel bukanlah konten ensiklopedis (dan informasi semacam itu sulit dibuktikan pembaca awam dan dapat sewaktu-waktu kadaluarsa). Contoh: Diff/17372369 atau Diff/20671770
  4. Daftar nama lengkap. Halaman disambiguasi nama, misalnya John Smith, tidak dimaksudkan untuk mendaftarkan semua orang dengan nama tersebut, hanya yang terkenal saja.
  5. Daftar programma, acara, atau yang berhubungan dengan bisnisnya. Contohnya, artikel stasiun radio tidak boleh mendaftarkan daftar acara radionya, artikel gedung pertunjukan tidak boleh mendaftarkan daftar acara yang akan datang (acara terkenal yang sudah selesai berlangsung boleh dicantumkan), artikel organisasi bisnis tidak boleh mencantumkan produk bisnis atau daftar patennya, dst.. Selain itu, halaman pembicaraan artikel-artikel semacam itu hanya diperuntukkan untuk membicarakan tentang artikel, bukan untuk bertransaksi bisnis.
  6. Daftar katalog. Sebuah artikel tidak boleh mencantumkan harga atau ketersediaan suatu barang, kecuali sumber tepercaya dan informasi tersebut dapat dijustifikasi keberadaannya. Sumber yang dimaksud haruslah membahas [harga/ketersediaan tersebut] dengan khusus atau memberikan komentari, dan bukan hanya penyebutan sambil lalu, atau ulasan produk saja. Harga dan ketersediaan dapat berbeda dan berubah tergantung waktu dan lokasi, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dicantumkan dalam artikel ensiklopedia. Ingat, informasi yang tercantum di Wikipedia harus tetap relevan untuk pembaca di masa depan. Wikipedia juga bukanlah jasa perbandingan harga antara beberapa merek yang berkompetisi. Perkecualian untuk pencantuman harga, misalnya untuk daftar harga minyak, emas, saham, maupun komoditas penting di pasaran dunia sepanjang waktu.
  7. Daftar kategori silang nonensiklopedis. Misalnya "tokoh etnis / agama X (yang bekerja di) Y", "daftar perusahaan X (di kota) Y", "restoran masakan X (di kota) Y", "bahasa X (di daerah) Y"[1] dan sejenisnya. Salah satu ciri dari daftar kategori silang non-ensiklopedis yaitu pemisahan dan/atau kategorisasi artikel berdasarkan lokasi tertentu. Kategori silang seperti ini tidak dianggap sebagai konten ensiklopedis, dan sebaiknya digabungkan artikelnya dengan artikel utama, kecuali persilangan tersebut memiliki alasan tertentu dan memiliki perbedaan dan dampak signifikan seperti Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris Britania. Lihat pula panduan en:Wikipedia:Overcategorization untuk isu ini.
  8. Daftar sederhana tanpa konteks. Misalnya: daftar aliansi bisnis, klien, kompetitor, pegawai (kecuali eksekutif seperti CEO, direktur, dll.), daftar alat, properi, kantor, lokasi toko/bisnis, daftar produk dan jasa, sponsor, subdivisi dan atraksi turis. Informasi yang relevan dengan konten ensiklopedis harus ditambahkan sebagai prosa, bukan daftar. Perkecualian: daftar karya diperbolehkan untuk dicantumkan.

Wikipedia bukanlah tempat penginangan web

  1. Wikipedia bukanlah tempat menaruh data. Perangkat keras Wikipedia sangat terbatas jumlahnya, sehingga sebaiknya sumber-sumber yang tersedia dijaga sebaik-baiknya.
  2. Wikipedia bukanlah situs blog. Jangan menaruh jurnal harian pribadi Anda di Wikipedia (lihat Wikipedia:Vanitas).
  3. Wikipedia bukanlah basis data kependudukan. Jangan membuat artikel hanya karena anda ingin mejeng di Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedia serius dan jumlah penyimpanannya terbatas. Hindari pembuatan artikel yang tidak memenuhi kriteria kepentingan.

Wikipedia bukanlah buku petunjuk, buku panduan, buku cetak, atau jurnal ilmiah

Antique book cover: Tested Crisco Recipes
Wikipedia bukanlah buku memasak

Wikipedia adalah sumber ensiklopedia, bukan merupakan buku petunjuk, buku panduan, atau buku cetak. Artikel Wikipedia seharusnya tidak dibaca seperti:

  1. Buku panduan dan buku memasak. Ketika Wikipedia menjelaskan tentang tokoh, tempat, atau benda-benda lain, artikel tidak harus dibaca seperti gaya panduan, contohnya panduan pengguna, buku memasak, kolom saran atau kotak saran. Dengan kata lain, isi artikel Wikipedia tidak meliputi tutorial, panduan pengguna, panduan permainan, dan panduan dalam membuat masakan. Selain itu, menjelaskan kepada para pembaca tentang bagaimana cara tokoh atau benda-benda menggunakan atau melakukan sesuatu adalah dikatakan ensiklopedia, sedangkan memberikan instruksi kepada pembaca dalam bentuk modus imperatif tentang bagaimana cara menggunakan atau melakukan sesuatu tidak dikatakan sebagai ensiklopedia. Panduan-panduan tersebut dapat diperbolehkan bila ditulis di dalam sebuah proyek lain, yaitu Wikibuku.
  2. Petunjuk perjalanan. Ketika artikel menjelaskan sebuah tempat wisata, maka yang harus disebutkan adalah markah tanahnya (sebagai contoh, artikel Paris menjelaskan menara Eiffel dan museum Louvre), bukan memberikan nomor telepon atau alamat jalan restoran"terbaik", ataupun harga café au lait di jalan Champs-Élysées saat ini. Dengan kata lain, Wikipedia bukanlah tempat untuk menulis ulang konten yang lebih cocok untuk panduan perjalanan hotel atau kuliner, buku perjalanan, dan lain sebagainya. Lokasi-lokasi yang penting dapat memenuhi kriteria yang dicantumkan, tetapi artikel-artikel yang dihasilkan tidak perlu mencantumkan setiap lokasi seperti lokawisata, restoran, hotel atau tempat kejadian, dsb. Sementara untuk petunjuk perjalanan kota yang seringkali menyebut tempat wisata yang sangat jauh, artikel Wikipedia tentang kota harus menulis tempat yang hanya ada di kota tersebut saja. Jika Anda ingin meminta bantuan untuk menulis sebuah petunjuk perjalanan, kontribusi Anda dapat diterima di proyek lain, yaitu Wikivoyage.
  3. Strategi permainan video. Ketika artikel menjelaskan tentang permainan, rangkum dengan singkat cerita dan aksi utama dari pemain yang bermain di permainan tersebut. Hindari tulisan berupa daftar berpoin mengenai konsep alur permainan dan barang-barang tertentu, kecuali hal tersebut sudah ada di dalam sumber sekunder tersendiri dalam konteks permainan (seperti BFG dari seri Doom). Selain itu, ringkasan tentang alur permainan (seperti nilai-nilai poin yang spesifik, penghargaan, batas waktu, level, macam-macam musuh, dsb.) dikatakan layak jika ringkasan tersebut sangat diperlukan untuk memahami permainan atau kepentingannya dalam industri permainan, namun ringkasan dikatakan tidak layak jika ia menulis petunjuk permainan dan mencakup penjelasan yang detail. Lihat pula WP:MKF dan WP:PVKONTENTAKLAYAK.
  4. Petunjuk internet. Adanya artikel di Wikipedia bukan berarti menjelaskan kealamian, kehadiran ataupun memberikan layanan terkait tawaran situs, melainkan adanya artikel tersebut juga menjelaskan situs dalam cara yang bersifat ensiklopedis, yang menunjukkan detail atas pencapaian situs web, dampak atau signifikansi sejarah, yang dapat diarsipkan atau disimpan secara signifikan lebih mutakhir daripada kebanyakan sumber referensi, karena penyunting dapat memasukkan perkembangan dan fakta baru saat diumumkan. Contohnya dapat dilihat di portal tentang peristiwa terkini.
  5. Pertanyaan yang sering ditanyakan. Artikel Wikipedia bukan tempat untuk menulis pertanyaan yang sering ditanyakan. Sebagai gantinya, ubah informasi tersebut dalam bentuk prosa yang netral dalam artikel yang sesuai.
  6. Buku cetak dan teks anotasi. Wikipedia bertujuan untuk merangkum pengetahuan yang diterima, bukan mengajarkan materi pada mata pelajaran. Dengan kata lain, artikel tidak boleh terlihat seperti buku cetak yang memuat pertanyaan beserta jawabannya yang berupa contoh-contoh. Penulisan tersebut merupakan milik proyek lain seperti Wikibuku, Wikisource, dan Wikiversity. Namun, contoh-contoh tersebut yang bertujuan memberikan informasi alih-alih memberikan instruksi, dapat memenuhi kelayakan mengenai pencantuman artikel Wikipedia.
  7. Jurnal ilmiah. Artikel Wikipedia tidak harus disajikan berupa asumsi yang membuat para pembaca menjadi ahli dalam bidang topik tersebut. Pada bagian pembuka (dan terkadang pada bagian awal), memperkenalkan isi dalam artikel harus ditulis dalam bentuk dan konsep yang sederhana agar para pembaca di Wikipedia yang tidak mempunyai pengetahuan samsek dapat membuat mereka mengerti tentang bidang yang dinyatakan pada bagian tersebut sebelum melanjutkan penjelasan topik yang lebih detail. Ketika Wikipranala disajikan sebagai bentuk dan konsep yang lebih lanjut pada bidang tersebut, artikel harus ditulis berupa asumsi yang membuat para pembaca tidak dapat menekan pranala tersebut, tanpa mencoba untuk menyimpulkan maksud dari teks tersebut. Lihat lebih lanjut di Wikipedia:Pedoman gaya/Bangun jaringan halaman. Penulisan ini dapat diterima di proyek Wikiversity.
  8. Tulisan akademik. Penulisan pada teks tidak hanya sekedar untuk bidang akademik, tetapi juga kepada pembaca dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, judul artikel harus mewakili kegunaan istilah yang umum, bukan istilah yang bersifat akademik. Tulisan akademik dalam teks harus dijelaskan dalam bentuk yang sederhana. Penulisan ini dapat diterima di proyek Wikiversity.
  9. Studi kasus. Banyak topik yang mengaitkan faktor X ke faktor Y, menghasilkan satu artikel penuh atau lebih. Sebagai contoh, kejadian ini dapat mengacu pada situasi X di lokasi Y, atau versi X dari benda Y. Hal ini termasuk pula dalam daftar kategori silang non-ensiklopedis (lihat WP:OVERCAT), dan kategori atau artikel seperti ini dapat diterima dengan sangat jika ada dua variabel yang dapat mewakili fenomena yang signifikan atau beberapa hal yang penting dan menonjol. Penulisan ini dapat diterima di proyek Wikiversity.

Wikipedia bukanlah media propaganda atau promosi

Wikipedia bukan tempat propaganda, berkampanye, atau mengiklankan sesuatu. Ini berlaku tanpa kecuali pada nama pengguna, artikel, kategori, berkas, halaman pembicaraan, dan halaman pengguna. Konten yang di-host di Wikipedia tidak boleh digunakan untuk:

  1. Advokasi, propaganda, atau rekrutmen dalam bentuk apa pun baik untuk komersial, politik, ilmiah, religius, nasional, olahraga, dan lain-lain. Artikel hanya boleh menjelaskan secara objektif berkaitan dengan subjek tersebut, serta mengupayakan untuk mendeskripsikan topik bahasan dengan pendekatan sudut pandang netral. Silakan menggunakan blog atau forum internet untuk mengungkapkan gagasan Anda sendiri.[2]
  2. Nukilan opini. Meskipun beberapa topik, terutama yang berkaitan dengan suasana politik saat ini, dapat membangkitkan gairah dan menggoda orang untuk "terlibat di dalamnya", Wikipedia tidak cocok untuk tujuan tersebut. Artikel harus seimbang untuk menempatkan entri, untuk peristiwa terkini, dalam perspektif yang masuk akal, dan mewakili sudut pandang netral. Selanjutnya, penulis Wikipedia berupaya untuk menulis artikel yang tidak cepat usang begitu saja. Namun, proyek saudara kita, Wikinews, mengizinkan komentar semacam ini pada artikel-artikelnya.
  3. Media tabloid, termasuk tulisan yang semata-mata hanya gosip. Artikel tentang biografi orang hidup harus memenuhi standar kualitas tinggi, karena isinya dapat berpotensi memfitnah atau melanggar hak pribadi. Artikel tidak boleh memuat serangan secara langsung kepada subjek, atau konotasi negatif yang tidak memiliki sumber tepercaya.
  4. Promosi diri. Anda merasa tergoda untuk menulis tentang diri Anda, proyek Anda, organisasi Anda, atau produk Anda. Namun, ingatlah bahwa standar untuk artikel ensiklopedia tetap berlaku. Salah syarat yang harus dipenuhi adalah sudut pandang netral, yang tidak mungkin dapat digunakan untuk menulis tentang diri Anda, proyek Anda, organisasi Anda, atau produk Anda. Membuat tautan dan referensi yang terlalu banyak ke sumber otobiografi, seperti resume atau curriculum vitae Anda, tidak dapat diterima. Lihat Wikipedia:Autobiografi, Wikipedia:Kelayakan artikel, dan Wikipedia:Konflik kepentingan.
  5. Iklan, pemasaran, dan kehumasan. Informasi tentang perusahaan dan produknya harus ditulis dengan gaya yang objektif dan tidak memihak, tanpa memuat istilah hiperbolis. Semua topik artikel harus dapat diverifikasi dengan sumber pihak ketiga yang independen, jadi artikel tentang grup musik atau perusahaan lokal biasanya tidak memenuhi syarat layak. Artikel Wikipedia tentang seseorang, perusahaan, atau organisasi bukanlah kepanjangan tangan dari situs web mereka, siaran pers, atau upaya pemasaran media sosial lainnya. Pranala luar ke organisasi komersial dapat diterima jika mereka mengidentifikasi organisasi terkenal yang menjadi topik artikel. Wikipedia tidak mendukung organisasi atau menjalankan program afiliasi. Lihat Wikipedia:Kelayakan artikel/Organisasi dan perusahaan untuk pedoman tentang kelayakan topik perusahaan. Setiap orang yang mempromosikan produk atau kegiatan, atau menerbitkan iklan layanan masyarakat, meskipun nonkomersial, harus menggunakan forum selain Wikipedia untuk melakukannya. Penulis wajib mengungkapkan kontribusi bayaran berapa pun yang diterima untuk menyunting Wikipedia. Lihat pula Wikipedia:Konflik kepentingan.
  6. Media dakwah. Kami di Wikipedia sangat menjunjung kebebasan beragama dan beribadah. Oleh karena itu, cobalah menghormati pula kebebasan orang lain untuk menganut kepercayaannya. Jika ingin menulis sebuah artikel yang berkaitan dengan agama, cobalah bersikap netral. Jangan mengatakan agama yang Anda percayai adalah yang terbaik. Jangan pula mengatakan agama orang lain tidak baik. Taatilah untuk tidak menghujat atau mendiskreditkan golongan lain. Tetapi jangan juga mengolok-olok golongannya sendiri.

Pendapat yang berkaitan dengan kebijakan dan pedoman internal Wikipedia dapat dibuat di halaman pengguna dan di dalam ruang nama proyek (Wikipedia:), karena relevan dengan keberlanjutan proyek di masa kini dan mendatang. Namun, halaman pembicaraan artikel tidak boleh digunakan oleh editor sebagai tempat untuk mengeluarkan pendapat pribadi mereka tentang suatu subjek (lihat Wikipedia:Pedoman halaman pembicaraan).

Wikipedia bukanlah repositori pranala, berkas media, dan gambar

Wikipedia bukanlah situs cerminan atau repositori pranala, gambar, dan berkas media.[3] Artikel Wikipedia tidak boleh sebatas memuat:

  1. Daftar pranala luar atau direktori Internet komprehensif. Tidak salah Anda menyertakan pranala luar di artikel Anda, tetapi terlalu banyak pranala luar dapat menurunkan kualitas artikel Wikipedia. Tambahannya, pencantuman suatu pranala luar tidak akan mengubah peringkat mesin pencari. Mohon baca Wikipedia:Pranala luar.
  2. Pranala dalam, kecuali halaman disambiguasi jika judul artikelnya ambigu, dan daftar untuk membantu navigasi dan organisasi artikel.
  3. Materi sumber domain publik seperti buku tua, kode sumber tua, peraturan perundang-undangan, dokumen bersejarah, surat dinas, deklarasi/proklamasi, dan kitab suci/simbol keagamaan hanya dapat digunakan menggunakan susunan teks sesuai aslinya. Salinan sumber ini harus dimasukkan ke Wikisource, bukan Wikipedia. Sumber daya domain publik seperti 1911 Encyclopædia Britannica boleh digunakan untuk memperkaya artikel (tetapi mohon baca pedoman plagiarisme untuk melakukannya).
  4. Berkas media yang tidak digunakan pada artikel. Jika Anda suka memotret dan mengunggah foto untuk pengembangan ensiklopedia, silakan untuk mengunggahnya di Wikimedia Commons. Jika gambar tersebut sudah domain publik pada suatu situs web, Anda boleh menambahkannya dalam Wikipedia:Sumber daya domain publik.
  5. Lirik lagu populer. Lirik lagu populer baik nasional, internasional, maupun daerah, dilindungi hak cipta dan tidak boleh dimasukkan atau dituliskan di artikel Wikipedia. Lagu-lagu yang sudah masuk domain publik diperbolehkan, tetapi Anda wajib menyertakan informasi tambahan berkaitan lagu tersebut: jangan hanya penciptanya, penampilnya, albumnya, dan tahun perekamannya, tetapi juga latar belakang, sejarah penciptaannya, dan muatan lagunya.

Wikipedia bukanlah peramal, cenayang, bola kristal, atau Tuhan

Wikipedia bukanlah kumpulan spekulasi, rumor, atau perkiraan/ramalan/dugaan yang tak dapat diverifikasi. Wikipedia tidak memprediksikan masa depan. Semua artikel mengenai kejadian yang akan berlangsung harus dapat diverifikasi dan subjek kejadian yang dibahas harus mempunyai kepentingan yang cukup yang dapat memenuhi standar kelayakan artikel jika kejadian tersebut telah dilaksanakan. Anda wajib menjelaskan argumentasi terkait bagaimana kelanjutan proposal atau proyek masa depan atau progresnya, dan tulislah jika sudah pasti terjadi. Penulis tidak diperkenankan menyisipkan opini atau analisis mereka sendiri. Prediksi, spekulasi, prakiraan, dan teori yang dinyatakan oleh sumber yang tepercaya dari entitas yang diakui dalam suatu bidang dapat dimasukkan, meskipun pengguna harus waspada untuk menciptakan bias yang tidak semestinya terhadap sudut pandang tertentu. Untuk produk yang belum dirilis, seperti film dan permainan video, berhati-hatilah untuk menghindari iklan dan klaim yang tidak diverifikasi.

  1. Gelaran terjadwal atau yang diharapkan di masa depan hanya boleh dimasukkan hanya jika acara tersebut penting dan hampir pasti akan terjadi. Tanggal yang dipropagandakan dianggap tidak meyakinkan sampai acara tersebut benar-benar terjadi, karena dapat saja acara tersebut ditunda atau bahkan dibatalkan karena suatu peristiwa dadakan. Jika persiapan acara belum berlangsung, spekulasinya harus didokumentasikan dengan benar. Contoh topik yang sesuai adalah Pemilihan umum Presiden Indonesia 2024. Sebagai perbandingan, Pemilihan umum Presiden Indonesia 2029 tidaklah layak jika tidak ada bukti meyakinkan bahwa itu akan ada. Dilarang memasukkan prakiraan formasi dalam sebuah pertandingan olahraga, yang umumnya tidak akan pernah dapat diverifikasi dan bersifat spekulatif. Jadwal acara mendatang hanya boleh dituliskan jika diverifikasi. Beberapa pengecualian terbatas, bahkan jika artikel tersebut sangat spekulatif berkaitan peristiwa yang jauh di masa depan, dapat diperbolehkan asalkan memenuhi sumber yang dapat dipercaya. Misalnya, nasib akhir alam semesta.
  2. Item individu dari daftar ketetapan atau daftar pola nama sistematis, yang telah ditetapkan sebelumnya untuk peristiwa atau penemuan di masa depan, tidak layak sebagai topik artikel jika hanya tersedia informasi umum. Daftar nama siklon tropis masih diterima karena sudah memiliki ketetapan, tetapi Siklon tropis Aletta (2024) tidak memenuhi syarat layak, bahkan apabila badai dengan nama tersebut akan terjadi. Sama juga, kata yang dibentuk dari sistem numerik yang dapat diperkirakan (seperti "septenquinquagintillion") juga tidak ensiklopedis kecuali jika sudah pernah dianalisis dalam otoritas resmi atau sudah pernah digunakan. Beberapa artikel ilmiah seperti unsur-unsur yang termuat tabel periodik perluasan dapat ensiklopedis asalkan ilmuwan sudah pernah menjelaskan secara signifikan prediksi nontrivial berkaitan dengan sifat-sifatnya.
  3. Artikel yang memuat riset asli dalam bentuk dalam bentuk prediksi, spekulasi, dan "sejarah masa depan" tidak layak ditulis. Meskipun norma ilmiah dan kebudayaan terus berkembang, kita harus menunggu apakah ini betul-betul sudah terjadi, daripada mencoba memperkirakannya. Kami dasarnya memiliki artikel tentang karya seni terkenal, esai, atau penelitian kredibel yang berkaitan dengan prediksi. Artikel daftar senjata di Star Wars dapat layak; tetapi artikel "daftar senjata Perang Dunia III" tidak layak.
  4. Meskipun paradigma ilmiah yang disepakati dapat saja ditolak, dan hipotesis kontroversial atau keliru dapat diterima oleh komunitas ilmiah, Wikipedia bukanlah tempat untuk melakukan proyeksi semacam itu.
  5. Wikipedia bukanlah kumpulan pengumuman dan rumor produk. Meskipun Wikipedia mencakup pengetahuan tentang produk yang baru terungkap, artikel yang hanya memuat pengumuman produk dianggap tidak layak. Hingga pengetahuan ensiklopedis tentang produk dapat diverifikasi, informasi semacam itu masih harus digabungkan ke topik yang lebih luas (seperti artikel tentang produsen, seri produk, atau produk sebelumnya) jika ada.

Lainnya

  1. Wikipedia bukanlah koran. Wikipedia bukanlah jurnalisme, jadi Wikipedia tidak ditujukan untuk laporan berita. Berita aktual bisa dituliskan ke Wikinews.
  2. Wikipedia tidak menganut penyensoran, oleh karena itu, Wikipedia mungkin berisi konten yang tidak pantas untuk beberapa orang.
  3. Wikipedia bukanlah tempat untuk menulis kumpulan trivia. Informasi trivia perlu ditulis dalam bentuk kalimat ensiklopedis, dan harus mencantumkan sumber.
  4. Wikipedia bukanlah tempat menanyakan jawaban dari tugas Anda. Janganlah menanyakan bagaimana jawaban dari tugas Anda seperti cara membuat program komputer dan tugas sekolah. Kerjakan tugas Anda sendiri.
  5. Wikipedia bukanlah papan tempel tempat menaruh pesan. Tulislah artikel yang berarti bukan cuma pesan-pesan yang ngawur. Jika ingin mencoba-coba, gunakan Wikipedia:Bak pasir.
  6. Wikipedia bukanlah forum politik. Kami di Wikipedia menjunjung tinggi hak bebas berpendapat, tetapi sebuah ensiklopedia harus bersifat netral dan informatif, bukan persuasif.
  7. Wikipedia bukanlah surat pembaca/opini. Karena Wikipedia bukan tempat obrolan/forum, jangan tulis keluhan/opini anda disini.
  8. Wikipedia bukanlah tempat temu penggemar (fan page). Wikipedia adalah ensiklopedia serius, jadi hindari menulis artikel yang muluk-muluk tentang idola Anda, terutama artis-artis ternama.
  9. Wikipedia bukanlah dokter pribadi. Janganlah meminta konsultasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan Anda. Segeralah ke dokter!

Komunitas

  1. Wikipedia bukanlah demokrasi, Wikipedia bukan percobaan demokrasi atau sistem politik, penentuan konsensus diawali melalui tahap penyuntingan dan diskusi, dan jika dibutuhkan, maka pemungutan suara baru akan dilaksanakan.

Lihat pula

Catatan kaki

  1. ^ lihat Wikipedia:Kelayakan artikel/Bahasa
  2. ^ Artikel (dan seluruh halaman navigasinya: kategori, kotak navigasi, disambiguasi, dll.) dilarang digunakan untuk advokasi. Halaman pembicaraan, halaman pengguna, dan esai adalah tempat Anda dapat memberikan advokasi pendapat Anda berkaitan dengan pengembangan Wikipedia.
  3. ^ Wikipedia menerima berkas dan teks yang memenuhi syarat penggunaan wajar/isi nonbebas pada artikel. (Wikipedia bahasa lainnya mungkin tidak) Lihat Wikipedia:Hak cipta.